Inovasi Adalah | Manfaat, Tujuan dan Contoh Inovasi Produk

Kata inovasi kerap kita dengar dalam keseharian kita. Tak jarang juga orang-orang melontarkan ucapan seperti “inovasi adalah kunci untuk menuju kesuksesan”. Namun sudahkah Anda mengetahui apa arti kata inovasi yang sesungguhnya?

Istilah inovasi diambil dari Bahasa Inggris yakni innovation. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inovasi adalah suatu bentuk temuan baru dan berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Temuan baru ini bisa berupa gagasan, produk, alat, metode dan lain sebagainya. Dalam dunia ekonomi sendiri, inovasi adalah penemuan suatu produk atau jasa baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Hasil dari inovasi di dunia ekonomi tentunya dapat memberikan nilai yang bermanfaat untuk pelanggan serta keuntungan bagi penjual. Oleh karena itu, istilah “inovasi adalah kunci menuju kesuksesan” memang benar adanya di dunia ekonomi. Salah satu kiat kesuksesan dari para pebisnis adalah dengan senantiasa meluncurkan inovasi atas usahanya. Sebuah usaha yang senantiasa berinovasi memiliki peluang lebih besar untuk bertahan, sebab masyarakat menggemari kehadiran produk atau layanan jasa yang belum pernah mereka miliki sebelumnya.

Apa saja manfaat dan keuntungan lainnya dari inovasi untuk bisnis? Berikut ini kami sajikan kepada Anda ulasan terkait manfaat, tujuan dan contoh dari inovasi produk.

Ragam Manfaat Inovasi dalam Bisnis

ragam-inovasi-bisnis

Orang-orang tak akan berlomba-lomba meluncurkan beragam inovasi jika tidak ada manfaat yang bisa mereka dapatkan di baliknya. Termasuk di dunia bisnis dan ekonomi, inovasi membawa manfaat tersendiri bagi pelaku bisnis. Apa sajakah manfaat itu?

Bertahan dalam Persaingan Pasar

Setiap hari, jumlah pebisnis yang muncul di pasar kian bertambah. Manfaat pertama inovasi adalah melindungi bisnis dalam persaingan yang kian hari kian mencekik itu. Sebagai seorang pebisnis, baik dengan usaha besar ataupun kecil, Anda harus senantiasa meningkatkan kualitas bisnis. Peningkatan kualitas ini bisa dengan meluncurkan inovasi dalam proses produktivitas, mempromosikan usaha, dan kualitas produk yang ditawarkan.

Kunci Pemecahan Masalah

Setiap masalah selalu ada solusinya, termasuk dalam berbisnis. Mungkin akan ada kalanya ketika bisnis Anda mengalami masalah yang tergolong rumit untuk diselesaikan. Namun bukan berarti masalah tersebut harus dibiarkan begitu saja. Banyak pebisnis yang kurang cakap dalam berinovasi menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Sikap ini dapat menjadi senjata makan tuan, sebab belum tentu solusi yang lama efektif untuk menyelesaikan permasalahan baru. Sebagai gantinya, coba kerahkan segenap kreativitas Anda untuk menyusun inovasi pemecah masalah yang baru.

Meningkatkan Produktivitas

Inovasi kreatif juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja diri sendiri ataupun karyawan Anda. Sering kali kita mendapati karyawan yang mulai ogah-ogahan bekerja karena bosan dengan rutinitas monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut, lakukan gebrakan baru terhadap kebijakan serta sistem kerja perusahaan Anda. Kehadiran hal baru bisa memberikan “angin segar” baik untuk para karyawan ataupun diri Anda sendiri dalam berbisnis. Dengan semangat baru, produktivitas kerja pun akan ikut meningkat.

Tujuan Para Pebisnis Melakukan Inovasi

tujuan-inovasi-bisnis

Seperti yang telah kita ketahui, tujuan utama inovasi adalah untuk memperbaharui dan memperbaiki hal yang telah ada sebelumnya agar menjadi lebih baik. Proses inovasi tentunya tidak terjadi semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan beragam eksperimen dengan resiko kegagalan yang harus Anda berani ambil agar bisa menciptakan suatu inovasi.

Lantas, apa yang mendasari keberanian para pebisnis untuk menerjang resiko dan eksperimen demi melahirkan inovasi? Simak tujuan para pebisnis melakukan inovasi berikut ini.

Meningkatkan sekaligus Memperbaiki Kualitas Produk

Seorang pebisnis yang sukses tidak akan cepat berpuas diri dengan hasil yang didapat. Justru, ia akan menyadari bahwa produk yang ia jual masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, untuk menjadi pebisnis yang baik, Anda harus terus berinovasi dalam produk. Lewat proses inovasi pula, Anda dapat belajar untuk menelaah kelemahan produk yang ada saat ini. Kemudian, Anda bisa memperbaiki kualitas produk tersebut sehingga produk yang baru nanti akan berkualitas lebih baik.

Menumbuhkan Kenyamanan Pelanggan

Pelanggan adalah orientasi utama dalam bisnis. Keuntungan bisnis didapatkan dari rasa puas dan nyaman pelanggan saat berbelanja ataupun saat menggunakan produk Anda. Inovasi dapat dilakukan dengan tujuan melayani pelanggan semaksimal mungkin. Misalnya, toko Anda memiliki aplikasi khusus sehingga pelanggan bisa memesan barang hanya lewat gadget, tanpa harus repot-repot mendatangi toko. Pelayanan terbaik akan memberikan feedback positif dari pelanggan terhadap bisnis Anda. Alhasil, mereka pun akan mempertahankan loyalitas untuk berbelanja di toko Anda.

Mengembangkan Pengetahuan Anda

Sebagai seorang pebisnis, Anda sesungguhnya perlu senantiasa meng-update pengetahuan Anda sendiri. Hal ini bertujuan agar bisnis dapat terus berkembang. Buah-buah inovasi tidak akan lahir begitu saja tanpa pengetahuan yang luas. Wawasan ilmu yang luas di bidang ekonomi dan bisnis dapat memberikan Anda banyak ide kreatif untuk diterapkan pada bisnis. Juga, inovasi adalah salah satu cara terbaik untuk belajar sekaligus menambah pengalaman baru. Ingatlah! Seorang pebisnis yang cerdas akan selalu selangkah lebih jauh dari para pesaingnya, sebab ia memiliki sejuta ide unik dan kreatif guna memajukan usahanya.

Contoh-Contoh Inovasi yang Bisa Anda Lakukan

Ada beragam contoh inovasi produk yang dapat Anda coba. Kuncinya terletak dari seberapa kreatif Anda saat mengubah benda-benda yang biasa menjadi barang baru dengan nilai ekonomis. Di bawah ini, Anda dapat melihat sejumlah inovasi produk yang bisa memberikan inspirasi.

“Homemade” Televisi Aquarium

Ide bisnis ini cocok untuk para pecinta ikan hias. Selama ini, kita mengenal aquarium ikan dengan bentuk monoton berupa balok panjang dengan dinding-dinding kaca. Agar bisnis ikan hias Anda dapat berkembang dengan lebih baik, lakukan inovasi seperti menjual aquarium ikan kreasi dari televisi bekas.

Aquarium yang dibuat tentunya tidak menggunakan televisi bekas yang berbentuk pipih. Gunakan televisi modal kuno yang memiliki layar cembung dan berbentuk balok panjang. Ganti kaca televisi dengan kaca bening, lalu kosongkan semua komponen mesinnya. Berikan hiasan dan pastikan kerangka televisi tersebut tidak bocor saat terisi air. Kreasi baru aquarium pun kini bisa Anda jual dengan harga tinggi sebab keunikannya yang belum banyak di pasaran!

Inovasi Detergen Hemat Air

Inovasi ini merupakan contoh pengembangan kualitas dari produk awal yaitu detergen atau sabun pencuci baju yang terkenal boros menghabiskan air. Inovasi timbul dari keluhan konsumen yang memerlukan banyak air untuk membilas bersih pakaian mereka dari sisa busa detergen. Untuk meningkatkan kualitas produk, Anda harus menciptakan inovasi baru berupa sabun pencuci pakaian yang dapat dibilas secara cepat, sehingga tidak memakan banyak air. Anda dapat membaca sejumlah referensi untuk mencari tahu kombinasi yang pas untuk menciptakan larutan detergen yang mudah dibilas. Inovasi ini juga akan memberi keuntungan ganda. Bukan hanya konsumen yang akan diuntungkan, melainkan juga lingkungan sebab produk Anda mendukung aktivitas penghematan air.

Jasa Titip (Jastip)

Mungkin Anda pernah melihat di sosial media tentang orang-orang yang membuka jasa titip belanja alias “jastip”. Dibandingkan dua contoh sebelumnya, contoh ketiga ini merupakan bentuk inovasi dalam bidang jasa, khususnya di bidang perdagangan online. Inovasi jasa titip adalah peluang yang menguntungkan masa kini sebab menjadi bentuk alternatif berbelanja, khususnya untuk produk-produk yang susah dicari.

Semisal Anda sering bepergian ke luar negeri. Anda bisa menawarkan jasa titip produk-produk dari luar negeri kepada rekan-rekan atau keluarga Anda lewat sosial media. Tampilkan foto-foto “katalog” berupa produk yang tersedia untuk dibeli, beserta harga jual yang Anda tentukan sendiri (harga barang + harga jasa beli = harga jual). Bagusnya lagi, sistem jasa titip tak hanya berlaku untuk orang yang suka bepergian ke luar negeri. Anda yang sering mengunjungi toko-toko lokal pun bisa membuat jasa titip, khususnya untuk produk yang tidak dijual di wilayah konsumen.

Itulah pembahasan lengkap terkait inovasi. Semoga dapat memberi inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol