Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Mengintip 6 Strategi “Growth Hacking SEO” Milik Start-Up Sukses...

Mengintip 6 Strategi “Growth Hacking SEO” Milik Start-Up Sukses Dunia

-

Banyak orang salah mengira bahwa kunci kesuksesan startup adalah mendapat gelar unicorn. Padahal, kunci sukses startup sesungguhnya terletak pada kecepatan pertumbuhannya. Semakin cepat pertumbuhan bisnis startup Anda, maka hasilnya akan semakin baik.

Sebagai perintis, Anda harus memahami betul-betul bahwa startup sengaja didesain agar bisa bertumbuh dengan cepat. Startup tidak sama dengan model bisnis biasa. Startup memiliki kewajiban untuk terus meningkatkan potensi ekspansinya dan pemasukannya. Namun yang menjadi pertanyaan penting di sini adalah bagaimana kita bisa membuat bisnis startup bertumbuh dengan cepat?

Jawabannya sederhana: gunakan growth hacking SEO startup.

Apa itu growth hacking SEO startup? Bagaimana cara kerjanya untuk mendorong kecepatan pertumbuhan startup? Semua pertanyaan Anda akan kami jawab secara tuntas pada artikel edisi kali ini. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya bersama!

Artikel terkait  Usaha Tanpa Modal | Hasil Melimpah

Definisi, Tujuan dan Contoh Growth Hacking SEO Startup

growth-hacking

Bagi pemula, istilah growth hacking startup mungkin masih asing di telinga. Growth hacking startup memiliki arti yang sama dengan digital marketing hacks, yakni kumpulan cara untuk mempercepat laju marketing bisnis startup Anda.

Istilah growth hacking startup ini pertama kali digagas pada tahun 2010 oleh CEO dan founder web GrowthHackers, Sean Ellis. Kata ‘growth’ berarti pertumbuhan perusahaan dan keuntungan yang didapat, sementara kata ‘hacking’ berarti ‘jalan pintas (shortcut)’. Jadi, growth hacking startup adalah jalan-jalan pintas untuk mendulang kesuksesan marketing dan hasil yang besar pada bisnis startup.

Jadi dengan memanfaatkan trik growth hacking startup ini, bisnis Anda dapat dengan lebih mudah untuk melakukan ekspansi bisnis ke level yang lebih besar. Sementara istilah ‘growth hackers’ disematkan pada para pelaku strategi growth hacking ini.

Seorang growth hacker memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan tenaga marketing biasa. Ciri utama dari growth hacker adalah menguasai aneka strategi untuk memaksimalkan perkembangan startup. Selain itu, ia memiliki kepedulian lebih terhadap brand recognition, yaitu hubungan brand dengan konsumen.

Strategi digital marketing hacks juga sering dimanfaatkan para pengusaha untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Memperoleh hasil bisnis yang lebih cepat.
  • Mengembangkan bisnis dengan lebih sedikit biaya dan tenaga.
  • Lebih mudah memperbesar usaha ke skala yang lebih tinggi seperti nasional dan global.

Contoh Growth Hacking Startup

Seperti apa contoh growth hacking tersebut di dunia nyata? Tanpa kita sadari, ada banyak sekali perusahaan di sekitar kita yang sukses berkembang dengan memanfaatkan strategi digital marketing hacks ini. Contohnya adalah brand Hotmail.com dan AirBnB.

Strategi growth hacking pun dapat dipraktekkan dengan cara-cara mudah, seperti memasang iklan, melakukan content marketing dan product marketing. Trik yang terdengar familiar di telinga Anda, bukan? Namun tentunya dalam aturan growth hacking startup, Anda tidak dapat sekadar memasang iklan. Agar bisa mendapatkan hasil maksimal dalam waktu singkat, terdapat aturan-aturan khusus pelaksanaan growth hacking startup yang harus Anda ikuti.

5 Tahap ‘AARRR’ dalam Growth Hacking Startup

startup

Terdapat sebuah skema khusus bernama ‘AARR (2A 3R)’ yang menjadi pedoman dalam melaksanakan growth hacking. Skema ini terdiri dari 5 tahap yang harus dilalui saat mempraktekkan digital marketing hacks, yaitu:

1. Acquisition

Pertama adalah acquisition alias pengenalan. Di sini, terjadi kontak pertama dari brand Anda ke masyarakat. Kontak bisa terjadi melalui banyak media, seperti melalui website, promosi brand, media sosial dan lain-lain.

Dari tahap acquisition, Anda bisa mengetahui seperti apa tanggapan masyarakat terhadap brand startup Anda. Jika brand berhasil mendapat engagement yang baik, maka Anda bisa meneruskan ke tahap selanjutnya. Namun apabila sebaliknya, Anda bisa melancarkan strategi pemasaran yang lebih memikat.

2. Activation

Tahap kedua adalah activation. Tujuan dari tahap ini adalah untuk memperoleh pelanggan awal dari brand startup Anda. Pelanggan yang dimaksud di sini bisa dalam berbagai bentuk, seperti pelanggan newsletter, subscribers, followers, dan lain-lain.

Anda boleh mulai memberikan produk sampel atau masa trial pemakaian produk ke calon konsumen target. Selain bermanfaat untuk brand, trik ini juga membawa keuntungan kepada konsumen. Mereka bisa mengetahui dengan persis seperti apa produk yang ditawarkan. Dari uji coba pemakaian pertama, konsumen dapat menilai mengirimkan feedback kelebihan dan kekurangan produk kepada Anda.

3. Retention

Setelah tuntas di tahap ‘A’, kini kita masuk ke tahap ‘R’ pertama yakni retention. Bisnis startup Anda sudah bisa disebut memasuki tahap retention jika sudah mempunyai konsumen yang memakai produk/jasa Anda dari tahap sebelumnya. Sekarang, tugas Anda adalah menjadikan mereka konsumen tetap.

Seorang konsumen yang merasa terbantu dengan produk layanan Anda di tahap activation berpeluang lebih besar untuk menjadi konsumen tetap. Di sinilah Anda harus terus meningkatkan kualitas produk agar setiap orang yang pernah memakai produk Anda memilih untuk terus berlangganan.

4. Referral

Selanjutnya adalah tahap promosi referral untuk memaksimalkan pertumbuhan organic website dan brand Anda. Strategi referral sama halnya dengan promosi word-of-mouth (promosi dari mulut-ke-mulut). Bedanya pada strategi referral, Anda akan mendapatkan kode khusus. Jika kode khusus tersebut dipakai oleh calon pengguna baru saat registrasi, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Strategi ini sering dipilih karena menjadi metode terbaik untuk mempromosikan usaha di masyarakat. Sebab banyak studi membuktikan bahwa seseorang lebih mudah diyakinkan melalui testimoni orang lain yang pernah memakai produk.

5. Revenue

Tahap terakhir adalah revenue. Ini adalah hasil yang selama ini ditunggu-tunggu oleh pebisnis. Ya, pada tahap revenue-lah Anda baru bisa mendapatkan keuntungan bisnis. Setelah melakukan promosi dan menyebarkan produk, barulah proses transaksi dan perolehan keuntungan terjadi.

Selalu catat dan hitung semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Jangan pula khawatir jika hasilnya masih belum optimal. Anda masih bisa memaksimalkan pertumbuhan dan pendapatan startup Anda dengan 6 strategi growth hacking terbaik.

Artikel terkait  6 Bisnis Online Gratisan Tanpa Modal Terbaru

6 Strategi Growth Hacking Startup yang Wajib Dicoba

startup-seo

Semua pebisnis tentunya sepakat bahwa memiliki strategi bisnis adalah senjata wajib. Tanpa adanya strategi, Anda pasti akan kebingungan bagaimana menjalankan sebuah usaha. Bisnis startup pun sama demikian halnya. Agar bisnis startup berjalan dengan baik, Anda bisa mempraktekkan 6 strategi growth hacking berikut:

1. A/B Testing

Strategi pertama adalah melakukan A/B testing. Tak dapat dipungkiri, melakukan test/evaluasi secara berkala adalah aktivitas wajib dalam berbisnis. Tanpa evaluasi, Anda tidak akan pernah tahu sudah sebaik apa bisnis yang dijalankan beserta titik-titik kelemahan yang dapat diperbaiki kembali.

Ada banyak metode evaluasi bisnis yang bisa digunakan, namun, metode uji A/B testing menjadi pilihan terbaik dalam strategi growth hacking. A/B testing adalah metode pengujian dua variabel dan lebih secara bersamaan. Pengujian dilakukan untuk mengetahui variabel bisnis mana yang mempunyai performa terbaik dalam membesarkan usaha.

Salah satu contoh uji A/B testing adalah melakukan pengujian convension rate halaman website. Dari pengujian ini, Anda bisa mengetahui halaman website mana (selaku variabel) yang memiliki convension rate tertinggi untuk dimaksimalkan penggunaannya.

2. Afiliasi Marketing

Strategi kedua adalah melakukan afiliasi marketing. Strategi afiliasi marketing adalah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk berpromosi. Contoh afiliasi marketing adalah melakukan promosi referral dengan komisi. Cara promosi ini jauh lebih efektif, gratis, dan manjur ketimbang iklan di media massa.

Promosi mulut-ke-mulut lebih meyakinkan calon konsumen untuk mencoba produk, terlebih jika pihak yang mempromosikan adalah teman dekat atau keluarga yang dipercaya oleh calon konsumen. Konsumen yang bergabung dengan sistem referral pun berpotensi lebih besar menjadi pengguna tetap produk Anda.

3. HARO (Help A Reporter Out)

Sudah pernah mendengar strategi HARO? HARO adalah singkatan dari ‘Help A Reporter Out’. Strategi HARO adalah sebuah platform yang menghubungkan bisnis startup dengan media massa. HARO juga menjadi salah satu trik unggulan dalam growth hack, khususnya untuk mendapatkan perhatian dari media massa.

Di HARO, Anda bisa mempromosikan brand startup sebaik-baiknya agar wartawan dari beragam kalangan media bisa mendapatkan inspirasi tulisan berita. Jawablah pertanyaan dan berikan informasi sejelas-jelasnya terkait keunggulan dan perkembangan startup Anda ke media. Sehingga, akan ada semakin banyak audiens yang memahami peranan startup Anda.

4. Trend Terbaru di Masyarakat

Tidak ada metode penarik perhatian yang paling baik ketimbang memanfaatkan trend terbaru di masyarakat, bukan? Faktanya, masyarakat selalu menyukai trend terbaru untuk dibahas. Oleh sebab itu, startup Anda harus senantiasa memantau perkembangan topik terhangat di masyarakat. Dari trend-trend terbaru itulah, Anda bisa mendapatkan ide-ide fresh untuk membuat aneka promosi dan kampanye memikat.

5. Influencer Marketing

Growth hacking juga bisa dilaksanakan dengan strategi influencer marketing. Sesuai namanya, influencer marketing adalah strategi berpromosi dengan memanfaatkan jasa influencer. Influencer dipilih sebab ia memiliki pengaruh tersendiri untuk memengaruhi masyarakat melalui personal branding maupun konten-konten positifnya.

Namun sebelum melakukan influencer marketing, jangan lupa untuk mengetahui hal-hal penting dalam memilih influencer. Baca selengkapnya di: Jangan Tertipu! Ketahuilah Hal-Hal Ini Sebelum Mencoba “Influencer Marketing”

6. Memakai Website Unggulan

Tips growth hacking paling penting terakhir adalah memakai website unggulan. Sebagian besar persebaran informasi, promosi, hingga aktivitas transaksi di bisnis startup akan berlangsung di website. Dengan kata lain, website adalah rumah digital terpenting sebagai lokasi bisnis startup Anda bernaung. Untuk itu, website startup Anda harus memiliki penampilan dan performa sesempurna mungkin, mulai dari navigasi, nama domain, UI/UX, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara membangun web startup yang baik? Membangun website yang canggih dan berkualitas memang memerlukan skill coding pemrograman tingkat lanjut. Namun Anda tidak perlu cemas. Sekarang, semua orang bisa punya web bisnis bagus sendiri di Appkey!

Hubungi https://appkey.co.id/ sekarang juga dan dapatkan paket murah pengembangan website dari nol. Ada juga layanan konsultasi dengan tenaga profesional IT gratis yang siap membantu segala permasalahan Anda kapan saja. Selamat mencoba!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

7 Dasar Belajar Komputer dengan Cepat Untuk Pemula

Apakah Anda ingin belajar komputer? Rasanya agak ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya