Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranSEOClickbait YouTube Adalah? Ini Kata-Kata Promosi Anti Skip!

Clickbait YouTube Adalah? Ini Kata-Kata Promosi Anti Skip!

-

Last Updated on September 16, 2022 by

Clickbait YouTube adalah cara promosi YouTube yang paling manjur. Yuk cek kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” dan cara tepat memakainya di sini!

Terlepas dari pro dan kontranya, clickbait adalah salah satu YouTube marketing strategy yang sukses. Sampai hari ini pun masih banyak orang “terpancing” menonton video YouTube karena termakan oleh judul dan thumbnail clickbait.

Namun tetap ada hal-hal penting yang wajib diperhatikan saat membuat konten YouTube yang clickbait. Apa sajakah? Berikut ulasan selengkapnya khusus untuk Anda!

Pengertian Clickbait YouTube Adalah

Trik clickbait bukanlah hal baru dalam dunia content marketing. Strategi “tipu muslihat” ini pertama kali digunakan pada judul-judul artikel demi memancing pembaca.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mencoba mengaplikasikan kata-kata clickbait pada konten YouTube. Hasilnya terhitung luar biasa!

Video-video dengan judul clickbait dipandang lebih menarik dan membuat penasaran. Otomatis, video Anda berpeluang memperoleh lebih banyak penonton daripada yang lain.

Maka dari itu, sampai hari ini orang-orang masih melestarikan pemakaian kata kata promosi YouTube yang clickbait. Namun dengan menggarisbawahi penggunaan clickbait yang secukupnya saja (tidak berlebihan).

Sebab jika dipakai secara berlebihan, clickbait YouTube dapat menjadi bumerang yang berbalik membahayakan brand Anda sendiri.

Baca juga : 6 Kesalahan SEO Youtube yang Bikin Channel Sepi (+Solusi)

Lokasi Penempatan Terbaik Clickbait YouTube Adalah

clickbait-youtube-adalah

Terdapat dua lokasi terbaik untuk menempatkan kata kata promosi YouTube yang clickbait, yakni di bagian judul dan thumbnail video.

Penonton biasanya memerhatikan judul dan thumbnail video pertama kali, sebelum mereka mengklik konten.

Judul yang “menggetarkan emosi” sangat ampuh memancing rasa penasaran penonton. Apalagi jika kalimat judul relevan dengan informasi yang mereka telusuri.

Contohnya, seseorang dengan masalah jerawat meradang mencari rekomendasi obat jerawat di YouTube. Judul video yang tepat untuk menarik perhatian mereka misalnya, “Akhirnya Sembuh Jerawat dalam Semalam! Cuma Pakai Ini!”

Sedangkan thumbnail clickbait mengedepankan tampilan visual yang mengundang perhatian audiens. Ketika melihat thumbnail yang menarik, unik, atau agak “nyeleneh”, maka penonton pasti langsung ingin mencari tahu isi video selengkapnya.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuat judul beserta thumbnail YouTube yang menarik, ya!

Artikel terkait  Apa Itu Digital Public Relation? Ini Arti & Prospek Kerjanya

4 Contoh Clickbait YouTube Adalah

Kekuatan utama cara promosi YouTube clickbait terletak pada unsur “kejutan tersembunyi”-nya.

Coba perhatikan judul-judul clickbait yang ada di media massa saat ini. Hampir semua judul tersebut pasti mengandung:

  • Emosi yang “mengejutkan” pembaca.
  • Kesan yang “wah”, “rahasia” dan “sensasional”.
  • Informasi yang sengaja disampaikan separuh, dan “mengundang” pembaca untuk mencari tahu sisanya dalam konten.

Poin-poin tersebutlah yang wajib Anda ciptakan ketika membuat judul YouTube yang clickbait. Masih bingung bagaimana caranya? Nah, Anda dapat mencoba contoh-contoh clickbait YouTube populer berikut ini:

Kata Tanya

Kata kata promosi YouTube clickbait yang banyak digunakan saat ini adalah kata-kata pertanyaan. Contohnya seperti:

  • Benarkah?
  • Apakah?
  • Bisakah?
  • Bagaimana ya?
  • Kok bisa?
  • Fakta atau Mitos?
  • Hoax??
  • Dan seterusnya.

Kata-kata tanya membuat penonton turut memikirkan topik video dan menjadi penasaran terkait kebenaran informasi tersebut. Misalnya seperti “Fakta atau Mitos Bahaya Menyisir Rambut di Malam Hari?”, atau “Bisakah Membuat Topokki ala Korea di Rumah??”.

Rasa penasaran inilah yang akan mendorong penonton untuk mengklik video Anda.

Tanda Seru dan Titik

Judul-judul video viral ala YouTuber Indonesia banyak sekali menggunakan tanda seru (!), titik (…), maupun tanya (?). Channel YouTube Deddy Corbuzier, Atta Halilintar dan Ria Ricis sering menggunakan tanda-tanda baca (!) dan (…).

Mengapa? Ternyata, pemakaian tanda-tanda baca seperti ini adalah contoh clickbait YouTube! Pemakaian tanda baca terbukti dapat membangkitkan emosi-emosi tertentu pada audiens.

Tanda seru tunggal (!) digunakan untuk meminta perhatian penonton. Namun ketika penonton melihat pemakaian tanda seru double (!!) atau triple (!!!), maka video akan diartikan sebagai sesuatu yang sangat penting dan wajib disimak.

Sedangkan tanda titik (…) ditujukan untuk “menghapus” separuh informasi pada judul dan membangkitkan rasa penasaran. Contohnya:

  • “5 Fakta Skincare Ini … No 3 Bikin Kaget!”
  • “Yakin masih mau begini?? Dampak Buruk Begadang yang Mengerikan!!”
  • “10 Foto Terbaru Konser BTS … Gantengnya Bikin Gak Tahan …”

Kata-Kata Emosional

Kata kata promosi YouTube yang tak kalah penting adalah koleksi emotional words (kata-kata pembangkit emosi).

Kata-kata emosional sangat berguna untuk meyakinkan calon penonton bahwa isi video tak boleh mereka lewatkan. Uniknya, Anda boleh menggunakan kata-kata emosional positif maupun negatif untuk menarik perhatian audiens.

Beberapa contoh emotional words yang lazim digunakan pada YouTubers:

  • Keren
  • Murah
  • Gampang
  • Asli
  • Real
  • Bagus
  • Baru
  • New
  • Heran
  • Kaget
  • Fake
  • Jelek
  • Bobrok
  • Hoax
  • Dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu pintar-pintar memainkan perpaduan kata-kata di atas untuk menciptakan judul yang clickbait. Contoh clickbait YouTube dengan emotional words:

  • Real No Tipu-Tipu! Segini Omset Bisnis Franchise Boba Kekinian!
  • NEW!! 10 Rekomendasi HP Android 5G Sejutaan!
  • Kaget … Sering Disangka Ori, Ternyata Brand Ini FAKE (KW)??

Angka atau Jumlah

Terakhir, sisipkan angka-angka, jumlah atau persentase ke dalam judul video Anda. Pemakaian angka juga merupakan salah satu cara promosi YouTube yang memikat.

Kehadiran angka dalam judul membawa banyak manfaat, di antaranya:

  • Memberi tahu penonton seberapa lengkap informasi yang dimuat konten.
  • Meyakinkan penonton bahwa isi video terjamin berkualitas.
  • Memperkuat bukti sosial (testimoni) bagi penonton.
  • Memberi gambaran berapa waktu yang akan dihabiskan penonton saat menyimak video.

Adapun contoh pemakaian angka pada judul clickbait YouTube adalah:

  • 30 Tips Sukses Bisnis Online Modal HP à memberi tahu seberapa lengkap info konten.
  • 100% Ampuh!! Usir Nyamuk Bandel di Rumah dengan 1 Cara Ini à meyakinkan kualitas konten.
  • Serum Lokal Terbaik, 80% Pengguna ‘Glowing’ dalam Sebulan à memperkuat testimoni.
  • Cuma 2 Menit! Olahraga di Kasur Terbaik untuk Kaum Mageran à memberi gambaran waktu durasi video.

5 Cara Promosi YouTube dengan Judul Clickbait

Memakai strategi clickbait pada video YouTube memerlukan persiapan yang matang supaya sukses. Jangan asal membuat judul yang “memancing” kalau belum menguasai pedoman YouTube marketing strategy clickbait berikut ini.

1. Buat Penonton Merasa Membutuhkan Informasi

Judul clickbait yang bagus tidak hanya sekadar membuat penonton penasaran. Sebagian orang tetap tidak mau menonton video kalau mereka merasa “tidak membutuhkan” informasi tersebut.

Maka dari itu, Anda wajib membuat penonton merasa terlibat dengan isi konten. Dengan begini, orang-orang pasti akan mau menyimak isi video sampai tuntas.

Bagaimana caranya? Anda bisa memancing penonton dengan hal-hal yang menjadi pertanyaan, masalah, atau kebutuhan mereka. Contohnya:

  • Ingin Dapat Uang dari YouTube? Simak Tutorial Kilatnya di Sini!
  • Punya Masalah Keuangan? Perhatikan 10 Tips dari Ahli Finansial Ini Yuk!
  • Bingung Website Lemot? Penyebab Web Lelet + Cara Mengatasinya.

2. Pilih dan Pakai Informasi Paling Menarik

Banyak orang menyarankan untuk membuat judul setelah selesai menyusun konten. Strategi tersebut sangat tepat dilakukan, terlebih kalau Anda sering bingung menentukan judul yang pas bagi video.

Simak kembali isi dari konten Anda sebelum menentukan judul. Kemudian, cari tahu bagian atau informasi yang paling memikat, dan gunakanlah sebagai judul utama.

Contohnya, Anda membuat video ulasan seputar fenomena burn out di dunia bisnis. Penonton biasanya ingin tahu bagaimana cara menyiasati burn out, alhasil, jadikan topik tersebut sebagai judul: “5 Cara Mengatasi Burn Out Paling Simpel, 100% Ampuh!”

3. Lakukan Copywriting

Trik copywriting akan sangat berguna dalam cara promosi YouTube clickbait. Terapkan prinsip-prinsip penting copywriting untuk memaksimalkan hasil judul Anda, yakni “CRU2”:

  • Concise: buat judul yang singkat, padat, jelas.
  • Relevant: selipkan kata kunci yang relevan dengan isi video.
  • Unique: poles judul Anda seunik mungkin dan beda daripada yang lain.
  • Useful: tonjolkan sisi manfaat/jawaban atas kebutuhan penonton.

4. Bangkitkan Emosi Pembaca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata-kata emosional sangat berperan dalam perumusan judul YouTube clickbait. Judul-judul yang mampu menggugah kuat emosi pemirsa akan berpeluang semakin besar untuk diklik.

Namun tidak hanya sebatas menyelipkan kata-kata emosional ke dalam judul saja, Anda juga perlu memahami emosi yang menjadi masalah bagi konsumen disertai solusinya.

Misalnya, penonton Anda cemas kesulitan melamar pekerjaan karena tidak paham seluk-beluk CV yang baik. Gunakan perasaan tersebut sebagai pendekatan untuk memahami audiens disertai solusi, seperti: “Bebas Cemas Masalah CV, Cek Sekarang di Sini dengan Ahlinya!”

5. Mainkan Unsur Teka-Teki

Tips terakhir, mainkan unsur teka-teki pada judul Anda supaya calon penonton semakin penasaran dengan isi video. Semisal pada video ulasan kamera smartphone terbaru, Anda bisa membuat judul yang memancing seperti: “Bagus atau Burik? Cek Kualitas Asli Kamera iPhone 13!”

Bagaimana, tidak begitu sulit untuk membuat judul YouTube yang clickbait dan baik, bukan?

Clickbait YouTube adalah strategi promosi konten yang masih sangat relevan dan ampuh digunakan. Namun jangan sampai berlebihan menggunakan trik ini, karena bisa membuat konten Anda dicap “Hoax”.

Nyatanya ada banyak sekali konten-konten video dengan judul “bombastis” tapi isinya biasa-biasa saja. Akibatnya, penonton jadi kesal, merasa rugi, dan mengabaikan channel Anda.

Maka dari itu, usahakan membuat judul clickbait disertai isi konten yang sungguh-sungguh berkualitas. Dijamin, penonton Anda pasti akan senang menyimak video Anda.

Itulah kumpulan kata kata promosi YouTube “clickbait” beserta strategi perapannya yang bisa Anda coba! Yuk cari tahu juga kumpulan YouTube marketing strategy ampuh lainnya hanya di MARKEY.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya