Last Updated on June 23, 2022 by
TikTok shop seller kini hadir untuk membantu Anda berjualan lebih mudah di TikTok! Bagaimana cara daftar TikTok shop seller ini?
Berjualan di sosial media, seperti TikTok, merupakan upaya yang menguntungkan saat ini. Banyak orang sukses meraup untung sekaligus membesarkan dagangannya semudah mengikuti cara-cara jual di TikTok shop saja.
Anda juga pastinya tidak boleh melewatkan kesempatan meraup cuan di TikTok seller shop! Ayo langsung kita simak cara membuat TikTok shop yang mudah plus menguntungkan bagi pemula di sini!
Daftar Isi
Apa Itu TikTok Shop Seller?
Siapa yang tidak mengenal aplikasi sosmed video pendek menghibur TikTok? Berbekal ketenarannya sejak 2020 lalu, kini TikTok menjadi salah satu platform terbaik untuk berjualan online.
Tak tanggung-tanggung, pihak TikTok turut memfasilitasi pebisnis kecil maupun besar yang ingin mengembangkan usahanya lewat fitur baru TikTok seller shop. Apa itu?
TikTok seller shop adalah media sosial commerce di mana pengguna bebas menjual dan mempromosikan bisnisnya. Fitur spesial ini hanya bisa kita temukan jika mengaktifkan akun bisnis TikTok (bukan akun pengguna biasa).
Kemunculan TikTok Shop Seller
Fitur TikTok seller masih tergolong baru karena dirilis pada September 2021. Namun sedari awal peluncurannya, fitur seller TikTok sudah bisa digunakan langsung di banyak negara.
Sebut saja saja Indonesia, Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Negara-negara ini dipilih karena memiliki jumlah pengguna TikTok terbanyak.
Fitur TikTok seller muncul sebagai inovasi sekaligus jawaban atas pesatnya kehidupan jual beli online via TikTok akhir-akhir ini. Banyak sekali bisnis kecil, rintisan, UMKM hingga brand ternama yang sukses memancing minat belanja lewat konten-konten TikTok seru.
Dari sinilah lantas muncul ide menciptakan cara jual di TikTok shop yang lebih praktis agar masyarakat lebih mudah bertransaksi. Apalagi semenjak tahun 2020, dunia dilanda pandemi global yang memaksa orang-orang melakukan aktivitas secara online termasuk berbelanja kebutuhan.
Cara jual di TikTok shop terbukti ampuh mendatangkan omset tinggi. Melalui sejumlah survey, diketahui bahwa 49% masyarakat membeli produk atau mencoba jasa usai melihat promosi atau reviewnya di TikTok.
Kini, ribuan orang dari berbagai belahan dunia tertarik mencoba cara daftar TikTok shop. Fitur ini bisa menjadi alternatif social commerce baru Anda selain Instagram shopping, Twitter business atau Facebook Market.
3 Cara Jual di TikTok Shop yang Efektif Menjaring Konsumen
Apa saja yang bisa kita lakukan di fitur TikTok seller? Umumnya ada 3 cara membuat TikTok shop iklan yang dipraktekkan bisnis-bisnis besar yaitu:
1. Membuat Slides Collection Ads
Pertama, Anda bisa membuat konten collection ads. Konten ini merupakan video iklan yang dilengkapi fitur slides khusus. Dengan begini, penonton bisa mengeksplor lebih banyak katalog produk semudah menggeser slide video ke samping saja.
Uniknya, setiap slide collection bisa Anda kustomisasi supaya menampilkan katalog produk berbeda-beda. Anda juga dapat menambahkan link eksternal (misalnya link website olshop) untuk mengarahkan konsumen supaya langsung atau lebih mudah membeli produk.
Konten collection ads terbukti sukses menciptakan penjualan 6x lebih banyak, serta menambah kunjungan olshop sebesar 50% dari traffic normal. Anda bisa memanfaatkannya ketika hendak merilis produk baru, mengadakan flash sale atau promo spesial liburan (holiday season sale).
2. Iklan Lead Generation
Selain collection ads, bisnis-bisnis online TikTok pun kerap menyajikan konten lead generation. Video iklan ini bertujuan untuk mengumpulkan pendapat, informasi serta survey pengguna TikTok secara online.
Konten lead generation juga memuat banyak sekali call to action (CTA) untuk tujuan-tujuan tertentu. Misalnya mengarahkan pengguna TikTok mendownload aplikasi bisnis Anda, mendaftar jadi pengguna baru, atau mencoba sebuah layanan online secara cuma-cuma.
Namun iklan satu ini lebih cocok untuk bisnis online yang sudah punya proses siklus transaksi lama (stabil).
3. Iklan Dynamic Showcase (DSA)
Terakhir ada konten iklan dynamic showcase atau DSA yang sering berseliweran di timeline fitur TikTok seller. Iklan TikTok ini bisa membantu Anda mempromosikan jutaan produk dengan mudah sekaligus unik.
Iklan DSA tidak akan mungkin di-skip audiens karena bisa dipersonalisasikan sesuai minat dan kebutuhan penonton. Konten-konten iklan DSA sengaja dirancang agar bisa menyasar target audiens yang pas.
Risetnya pun dilakukan dengan beragam strategi khas. Misalnya dengan menyortir tipe konsumen berdasarkan jenis-jenis item yang mereka simpan di keranjang belanja olshop.
Membuat konten video DSA tidak sulit! TikTok sudah menyiapkan template video klip DSA yang bisa Anda ganti isi fotonya, teks serta musiknya. Simpel, bukan?
7 Cara Daftar TikTok Shop untuk Pemula
Tertarik mencoba fitur TikTok seller? Ternyata cara membuat TikTok shop akun sangat mudah, lho. Yuk langsung ikuti pedoman cara daftar TikTok shop berikut ini:
- Pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok bisnis terlebih dahulu. Hanya akun bisnis saja yang akan mendapatkan fitur seller resmi.
- Jika belum memiliki akun bisnis, segera daftar terlebih dahulu.
- Setelah mempunyai akun bisnis, Anda akan menemukan pop up berjudul ‘Become Seller’ (Menjadi Seller).
- Daftarkan diri dengan akun TikTok bisnis. Sertakan pula email dan nomor telepon aktif.
- Lengkapi data diri sesuai formulir yang diberikan dengan benar.
- Isi menu profil seller center sesuai informasi bisnis Anda (misalnya nama usaha, kategori, deksripsi, logo, dan lain-lain).
- Klik ‘Lanjutkan’ dan tunggu sampai proses verifikasi selesai. Setelahnya, akun TikTok seller Anda sudah siap digunakan untuk berpromosi, membuat konten iklan, atau berjualan online!
4 Strategi Menguasai Promosi di TikTok Seller Shop
Tunggu apa lagi? Ayo mulai promosi bisnis online Anda dengan fitur TikTok seller!
Eits, tapi jangan sekadar membuat iklan. Supaya promosi Anda sukses menguasai persaingan kompetitor, yuk ikuti 4 strategi beriklan di TikTok seller berikut ini:
1. Berkolaborasi dengan Influencer (Seleb TikTok)
Ingin promosi produk atau jasa Anda lebih cepat terkenal? Berkolaborasi membuat konten dengan influencer (selebriti TikTok) bisa menjadi jalan pintas!
Seleb TikTok adalah orang-orang yang populer di TikTok. Mereka memiliki banyak followers, pengaruh dan konten-kontennya selalu trending di linimassa TikTok. Maka dari itu mereka bisa membantu mempercepat masyarakat mengenal produk-produk Anda lewat konten-konten unik.
Akan tetapi ingatlah tetap selektif saat memilih influencer untuk diajak bekerja sama. Pilihlah seleb TikTok yang memiliki pengaruh positif, prestasi dan image baik di masyarakat agar citra bisnis juga ikut terdongkrak naik.
2. Optimalisasi Katalog Produk
Jangan sekadar membuat video iklan TikTok! Pastikan katalog produk tetap ditampilkan secara optimal untuk menarik rasa penasaran audiens.
Menu tab TikTok seller shop sejatinya sama saja dengan etalase toko online. Maka dari itu, penting sekali bagi penjual agar mengoptimalkan tampilan akun TikTok seller masing-masing.
Tidak perlu bingung, Anda bisa mencoba tips mengoptimalisasi katalog produk TikTok berikut ini:
- Beri nama produk sesuai batasan karakter (maksimal 34 karakter).
- Sertakan deskripsi atau informasi dasar produk (apa produk yang Anda jual dan keuntungan utamanya?)
- Pilih foto produk yang berkualitas dan diambil dari angle
- Deskripsi lengkap produk bisa dijabarkan pada kolom deskripsi khusus yang terletak di bagian bawah.
- Tak perlu masukkan link ke deskripsi karena tidak bisa diklik.
3. Rajin-Rajin Berpromosi
Jangan takut ketika mempromosikan produk di TikTok. Hilangkan semua rasa malu atau cemasmu ketika memposting konten. Justru sebaliknya—sesering mungkin tunjukkan produk yang Anda jual kepada publik agar cepat laku.
Bisnis yang rajin berpromosi dijamin akan sukses mendulang penjualan. Supaya tidak bosan atau dianggap spam, kreasikan konten promosi agar orang-orang tetap terhibur meski mereka menyimak video promosi.
Beberapa contoh konten video TikTok yang menarik misalnya:
- Review produk.
- Konten BTS (behind the scene / di balik layar seputar pembuatan dan pengemasan produk).
- Testimoni pengguna produk atau UGC (user generated content).
- Video informasi trivia, dan tutoril DIY (do it yourself).
4. Aktif Mengejar Konsumen
Walaupun TikTok digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia, faktanya Anda tetap harus aktif ‘mengejar’ penonton.
Sekadar membuat akun dan konten TikTok belum tentu bisa mendatangkan audiens. Kesalahan sejumlah orang adalah mereka sekadar memposting konten dan menunggu penonton datang sendiri. Cara ini tidak efektif.
Akan lebih baik jika Anda tetap aktif membuat dan mengoptimalisasi konten-konten iklan di TikTok. Setelah membuat konten, pastikan untuk mempostingnya dengan beraneka strategi SEO TikTok terbaru agar video Anda sukses masuk FYP. Selamat mencoba!
Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang cara jual di TikTok shop seller untuk pemula. Semoga tips cara membuat TikTok shop di atas bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda, ya!
Mencari lebih banyak tips sukses jualan online? Atau penasaran apa saja ide-ide dan tren bisnis online yang paling baru kekinian?
Anda beruntung karena semua tips, berita dan info terupdate seputar bisnis online kini tersedia gratis di MARKEY! Klik https://markey.id/ sekarang, atau download app MARKEY di Google Play (android) dan Apple Store (iOS) untuk langsung mendapat akses ke ratusan artikel bisnis setiap hari. Sampai bertemu lagi!
Baca juga
Tiktok Shop VS Instagram Shop, Mana yang Lebih Laris Manis?
Pakai +50 Hashtag TikTok FYP Ini Agar Banyak Likes!
9 Aplikasi Edit Video TikTok Paling Top untuk Konten Jualan
Relevansi Hash Tag | Bagaimana Cara Melakukan Analisis Hash Tag yang Benar?
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.