Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 30

5 Langkah Membangun Komunikasi Efektif di Bisnis Online

0
komunikasi efektif

Setiap bisnis, online maupun offline, wajib membina komunikasi efektif dengan para pelanggannya. Apakah Anda sendiri sudah tahu seberapa efektif komunikasi bisnis terhadap pelanggan selama ini? Jika belum yakin, maka tepat sekali, berikut kami punya kiat-kiat sederhana tapi manjur untuk mengefektifkan komunikasi brand ke target pasar!

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat terpisah dari komunikasi. Aktivitas ini selalu kita lakukan setiap harinya, baik dengan keluarga, teman, hingga dalam urusan profesional (bisnis).

Namun, faktanya tidak semua pebisnis menguasai cara berkomunikasi efektif yang sesuai dengan situasi di lapangan. Itulah mengapa belakangan ini cukup sering terjadi fenomena brand yang kena roasting warganet di medsos.

Tapi tenang saja, masih belum terlambat untuk mempelajari seluk-beluk komunikasi yang efektif demi memaksimalkan pelayanan bisnis Anda. Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait membangun strategi komunikasi bisnis terbaik dan efektif di bawah ini!

Apa Itu Komunikasi Efektif?

komunikasi efektif

Komunikasi efektif adalah percakapan yang lebih dari sekadar mengobrol biasa. Menurut teori komunikasi, sebuah obrolan dapat disebut efektif jika seluruh pihak yang terlibat di dalamnya sama-sama memahami isi pesan dengan baik.

Dalam hal ini, brand (sebagai pembicara) dan konsumen (sebagai pendengar) berhasil memperoleh informasi yang sama lewat komunikasi yang efektif. Tentunya di sini tidak boleh terjadi kesalahpahaman atau miskomunikasi sama sekali.

Sebagai contoh, Anda menyampaikan informasi terkait voucher flash sale 12.12. Lalu konsumen pun mengerti bagaimana cara mengklaim penawaran yang dimaksud. Dari sini kita bisa tahu bahwa percakapan berlangsung efektif karena pihak pendengar berhasil menangkap tujuan pesan kita.

Terdapat cukup banyak definisi komunikasi efektif dari berbagai sumber ahli. Berikut beberapa di antaranya adalah:

  • Steward L. Tubbs & Sylavia Moss: Komunikasi yang efektif ditandai oleh pengertian antara pihak yang menyampaikan pesan dan yang menerimanya. Efeknya pun beragam, mulai dari muncul rasa senang dalam diri pembicara, terjadi peningkatan hubungan sosial (keakraban) dan tindakan-tindakan positif lainnya.
  • Tommy Suprapto:Komunikasi yang efektif terjadi saat pendengar berhasil menerima ide, pesan, dan makna sebagaimana yang diinginkan oleh pembicara.
  • Eti Wati & Arni Wianti: Pihak-pihak yang terlibat dalam suatu percakapan harus saling mengemukakan pesan dan maknanya agar bisa saling mengerti satu sama lain.
  • Wilbur Schramm:Komunikasi yang efektif adalah proses berbagi (sharing process) yang menimbulkan rasa kebersamaan (commonness).
  • Wikipedia: Komunikasi efektif adalah pertukaran ide, informasi dan perasaan dengan baik yang berujung pada jalinan hubungan akrab di antara orang-orang yang mengobrol.

7 Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Komunikasi

Lebih jauh lagi, terdapat 7 faktor penting yang memungkinkan timbulnya komunikasi efektif. Berikut adalah faktor-faktor tersebut:

1. Konteks Percakapan

Setiap komunikasi pasti mempunyai suatu konteks agar jelas maksud dan arahnya. Konteks adalah segenap wawasan, peristiwa dan hal-hal yang mendukung topik saat percakapan terjadi. Tanpa adanya konteks, maka akan sulit bagi pendengar untuk mencerna maksud pembicara.

2. Kredibilitas Pembicara

Kebanyakan orang saat ini memerhatikan kredibilitas pembicara sebelum memutuskan hendak mempercayai informasi yang ia sampaikan. Dalam hal ini yang menjadi pertimbangan adalah latar belakang keilmuan, pengalaman, sertifikasi profesional dan reputasi sang pembicara.

Sebagai contoh, perusahaan produk kesehatan yang menggandeng dokter spesialis ternama sebagai brand ambassador-nya. Masyarakat pun akan lebih mempercayai omongan sang dokter akibat kredibilitas yang dimilikinya di ranah kesehatan.

3. Konten

Sesuai namanya, konten adalah isi pesan yang Anda sampaikan ke konsumen (pendengar). Komunikasi yang efektif wajib mengandung pesan-pesan yang penting, berarti dan bermanfaat bagi orang lain.

 4. Kemampuan Audiens

Keberhasilan penyampaian pesan juga ditentukan oleh tingkat kemampuan audiens selaku penerima informasi, bukan hanya dari sisi pembicara saja. Jika audiens berhasil mencerna dan memahami pesan yang diberikan, otomatis makin efektif pula komunikasi tersebut—begitu pula sebaliknya.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa ada banyak hal yang bisa memengaruhi tingkat pemahaman audiens. Contohnya seperti wawasan umum, latar belakang pendidikan, status sosial, pengalaman hidup, hingga kesehatan jasmani dan rohaninya.

5. Kejelasan Pesan

Setiap pesan bisnis harus dibuat sejelas mungkin untuk mempermudah penyampaiannya ke masyarakat. Hal ini penting supaya tidak ada resiko multitasfir maksud, ambiguitas, maupun bentuk-bentuk kesalahpahaman komunikasi lainnya. Jadi, hindarilah menulis atau menyampaikan pesan secara bertele-tele ke konsumen.

6. Media Penyampaian

Saat ini ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk bercakap-cakap. Mulai dari percakapan langsung tatap muka, media cetak, elektronik dan digital di dunia maya. Setiap media wajib ditentukan dengan cermat sesuai tujuan komunikasi dan target audiensnya supaya efektif.

7. Keberlanjutan dan Konsistensi

Faktor penentu keberhasilan komunikasi yang terakhir adalah adanya penyampaian pesan secara berkelanjutan dan konsisten. Ada kalanya pesan kita tidak diterima oleh audiens dalam satu kali percobaan, contohnya saat membangun image brand dan produk baru di masyarakat.

Untuk itu, diperlukan upaya komunikasi yang konsisten demi menambah wawasan sekaligus meyakinkan konsumen tentang brand kita.

5 Langkah Membangun Komunikasi Efektif bagi Bisnis Online

komunikasi efektif

Bagaimana cara agar bisnis kita mahir berkomunikasi secara efektif dengan lawan bicara? Tidak perlu bingung. Berikut ini kami punya 5 tips sederhana membangun kebiasaan berkomunikasi yang baik di ranah kerja. Langsung simak dan praktekkan setiap hari, ya!

1. Rancang Pesan dengan Motivated Sequence

Langkah pertama, selalu berikan info-info dan pesan bisnis yang bermutu dan berarti. Pesan yang sarat makna tentunya akan lebih menarik untuk disimak audiens. Apalagi jika informasi tersebut pas dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Mengutip teori komunikasi oleh Monroe (1930), sejatinya ada 5 kiat menyusun pesan yang baik bernama ‘motivated sequence’. Adapun rincian motivated sequence adalah:

  • Perhatian (attention): memuat unsur yang menarik perhatian pendengar.
  • Kebutuhan (needs): terdapat hal-hal yang meyakinkan pendengar bahwa informasi tersebut cocok untuknya.
  • Pemuasan (satisfaction): ada bukti yang menunjukkan validitas atau kebenaran informasi.
  • Visualisasi (visualization): tambahan bukti yang lebih nyata, konkret, dan relevan dengan wawasan pendengar.
  • Tindakan (action): pesan ditutup dengan ajakan untuk bertindak.

2. Memahami Lawan Bicara

Sudahkah Anda mengenal siapa lawan bicara Anda? Kebanyakan orang masih terlalu fokus pada poin-poin informasi yang mau disampaikan saja, sehingga “lupa” untuk mempelajari karakter lawan bicaranya. Padahal, audiens juga memegang peranan penting dalam komunikasi yang efektif.

Memahami lawan bicara akan membantu Anda memilih metode pendekatan dan strategi komunikasi yang terbaik. Hal ini nantinya akan memperkuat ketertarikan audiens pada perbincangan sehingga bisa menerima informasi dengan lebih baik.

Begitupun sebaliknya. Jika Anda memakai metode pendekatan dan komunikasi yang kurang sesuai selera konsumen, otomatis mereka akan mudah bosan.

3. Sampaikan dengan Mimik, Gestur dan Emosi yang Tepat

Komunikasi lebih dari sekadar kata-kata yang Anda ucapkan. Orang-orang bisa lebih mudah memahami maksud Anda berkat bantuan mimik, gestur serta ekspresi emosi yang tepat sesuai kondisi percakapan. Inilah mengapa sering terjadi miskomunikasi akibat penggunaan bahasa tubuh yang tidak pas dengan ujaran.

Contohnya ketika Anda mengucapkan terima kasih pada konsumen, sertakan juga senyum, nada bicara ramah, atau gerak badan membungkuk hormat. Dari sini konsumen akan merasa lebih terapresiasi kehadirannya.

Yang terpenting di sini adalah Anda harus bisa bersikap profesional tanpa melibatkan perasaan pribadi. Memang ada kalanya suasana hati kita buruk, dan kekesalan hati bisa dengan mudah terlihat dari bahasa tubuh kita.

Namun sebisa mungkin tetaplah tunjukkan gestur, mimik dan nada bicara yang baik demi menjaga kualitas layanan toko. Jangan sampai klien berpikir Anda kurang profesional karena tidak bisa memisahkan urusan pribadi dan bisnis.

4. Meningkatkan Efisiensi dengan Teknologi

Anda juga bisa meningkatkan efisiensi komunikasi melalui berbagai perangkat teknologi. Di era serba online saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan media online untuk bercakap-cakap dengan konsumennya.

Contoh paling sederhananya adalah penggunaan sosial media marketing. Akun sosmed memungkinkan kita bertukar pesan dalam hitungan detik. Jadi siapapun bisa mendapatkan informasi dari Anda secara real time, terlepas dari mana posisi keberadaannya.

Ada juga bisnis yang menyampaikan informasi melalui email, website dan push notification aplikasi. Teknologi-teknologi tersebut tentunya lebih efisien dari segi waktu, tenaga serta modal yang dikeluarkan.

Bandingkan saja dengan media pemasaran seperti brosur atau iklan TV yang lebih mahal dan rumit pembuatannya. Mengiklankan bisnis di web online hanya memerlukan kuota, skill copywriting dan desain grafis yang sepenuhnya bisa dikerjakan lewat smartphone. Iklan Anda pun bisa segera tayang detik itu juga.

5. Lakukan Tindak Lanjut (Follow Up)

Terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan tindak lanjut (follow up) terhadap audiens. Sebenarnya ada banyak orang yang tertarik mencoba produk Anda di luar sana. Namun sayangnya, kapasitas otak manusia berbeda-beda sehingga banyak yang “lupa” mengklaim penawaran dari brand.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk melakukan follow up secara berkala ke konsumen. Konsumen bisa mendapatkan waktu berpikir yang matang sebelum akhirnya memutuskan hendak membeli produk atau tidak. Ada juga konsumen yang baru teryakinkan mencoba produk usai menerima follow up.

Disamping seluruh poin di atas, Anda juga harus bisa menjadi sosok pendengar yang baik. Komunikasi efektif biasanya berlangsung dua arah, di mana konsumen pun berhak menyampaikan komentar, pertanyaan, saran maupun keluhan kepada Anda.

Jangan sia-siakan momen ketika Anda kebetulan menerima feedback tersebut. Lebih baik mencoba memosisikan diri dari sudut pandang konsumen, pahami keluh-kesahnya, lalu berikan solusi terbaik untuk mengembalikan kepuasan mereka.

Anda juga bisa menampung semua kritik dan masukan yang sifatnya membangun sebagai bahan evaluasi. Nantinya Anda dapat memperbaiki layanan online shop agar lebih pas sesuai kemauan konsumen. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait strategi membangun komunikasi yang efektif bagi bisnis online. Temukan lebih banyak wawasan baru seputar digital marketing hanya di MARKEY. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan AppStore untuk membaca koleksi artikel terbaru kami, ya. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Digital Public Relation? Ini Arti & Prospek Kerjanya

0
digital public relation

Digital public relation adalah metode pemasaran yang sedang berkembang pesat saat ini. Ada banyak sekali perusahaan yang memiliki tim tersebut demi mendongkrak kualitas pemasarannya. Namun apa itu public relation digital?

Istilah public relations atau humas sejatinya tak lagi asing di telinga kita. Humas sering menjadi garda depan dalam berbagai aksi pemasaran offline, seperti berinteraksi dengan konsumen, klien, masyarakat umum, hingga awak media.

Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, strategi humas ikut berevolusi ke ranah online sebagai ‘digital public relation’. Tugas mereka pun bertambah dengan melayani warganet sekaligus menumbuhkan brand awareness online.

Yuk simak penjelasan lebih lengkap terkait apa itu public relation digital, termasuk fungsi dan prospek karirnya di bawah ini. Siapa tahu posisi tersebut cocok dengan passion atau bakat Anda selama ini!

Pengertian Digital Public Relation (Digital PR)

digital public relation

Secara sederhana, digital public relation (digital PR) adalah perpaduan strategi humas tradisional dengan teknologi digital marketing. Hal ini bisa kita cermati dari nama istilah itu sendiri, yakni ‘digital’ dan ‘public relation’.

Melalui penggabungan strategi marketing tersebut, harapannya, bisnis bisa lebih mudah mendekatkan diri ke calon-calon konsumen di dunia nyata maupun maya. Digital PR juga memiliki efektivitas pemasaran yang lebih baik ketimbang humas biasa.

Sebagai contoh, dalam sistem PR tradisional, biasanya hanya perusahaan besar yang mudah mengakses publikasi ke awak media. Sedangkan bisnis-bisnis kecil dengan sumber daya marketing terbatas lebih sulit untuk berkembang.

Tapi dengan sistem digital PR, semua orang bisa bersaing secara sehat memakai beragam tool marketing. Contoh metode pemasaran humas digital ini adalah optimasi SEO, kerjasama influencer, konten marketing, sosmed marketing, dan juga press rilis melalui portal media online.

Perbedaan Digital Public Relation dan Digital Marketing

Banyaknya bentuk kolaborasi antara digital PR dengan digital marketing sering kali mengaburkan garis batas di antara keduanya. Misalnya ada strategi humas yang menggandeng influencer, atau optimalisasi press release di web dengan SEO.

Jadi tidaklah mengherankan juga jika masih ada yang salah kaprah justru menyamakan kedua strategi pemasaran ini. Padahal, digital PR mempunyai fokus kerja yang berbeda dari digital marketing.

Tujuan digital public relation adalah membina dan mengelola relasi brand dengan berbagai pihak di dunia maya. Hal ini sama dengan tujuan humas biasa, yang membedakannya adalah platform yang digunakan. Manajemen relasi tersebut pun nantinya akan berbuah pada kematangan reputasi bisnis di masyarakat.

Sementara digital marketing bertujuan untuk mempromosikan bisnis agar memperoleh konsumen dan sales. Aktivitas digital marketing selalu menyasar tindakan instan dari konsumen. Misalnya orang-orang jadi tertarik men-check out produk usai menonton konten video marketing.

Selengkapnya, inilah beberapa poin perbandingan tugas dan fokus antara digital PR dan digital marketing:

Digital Public Relation Digital Marketing
Mempublikasikan prestasi, pencapaian dan seluruh bentuk apresiasi terhadap brand. Menumbuhkan engagement pembeli.
Melakukan manajemen resiko atas pemberitaan dan komentar negatif terhadap brand di internet. Menciptakan angka penjualan produk atau jasa sesuai target.
Membangun dan memelihara image positif brand di kalangan warganet. Menemukan target pasar yang tepat, yang berguna untuk penjualan sehari-hari maupun melakukan ekspansi bisnis.
Memperkuat keunggulan brand dari pesaing lainnya. Menciptakan aneka ulasan positif dari konsumen.

5 Fungsi Public Relation Digital dalam Bisnis

Sudahkah bisnis online Anda mempunyai tim public relation online? Mengapa tim tersebut dipandang sebagai hal yang wajib oleh perusahaan masa kini? Berikut adalah 5 fungsi utama dari digital PR bagi suatu perusahaan:

1. Mempercepat Pertumbuhan Traffic Organic

Fungsi pertama dari mempunyai tim PR digital adalah mempercepat pertumbuhan traffic bisnis secara alami (organic). Traffic organic terjadi ketika ada orang yang mencari dan mendatangi akun bisnis online Anda atas keinginannya sendiri.

Pertumbuhan organik ini memang agak sulit tercipta, khususnya jika brand awareness masih belum tumbuh dengan optimal. Untuk itulah diperlukan tim PR digital yang membangun kedekatan bisnis di kalangan masyarakat.

2. Menciptakan sekaligus Memperluas Brand Awareness

Berbisnis saat ini memang tidak bisa fokus 100% menawarkan produk saja. Kita juga harus membangun kedekatan emosional, kepercayaan, dan wawasan seputar brand di benak calon konsumen. Hal-hal tersebut pun turut menjadi tanggung jawab tim online public relation.

Tim PR wajib melakukan sejumlah pendekatan untuk memperkenalkan produk ke target pembeli. Semakin baik pengetahuan seseorang tentang produk, maka makin besar juga tumbuh rasa kepercayaan dan motivasi mereka untuk mencobanya.

3. Menjalin Kerjasama Marketing dengan Influencer

Fenomena brand berkolaborasi dengan artis terkenal atau influencer kini bukan barang baru lagi. Strategi influencer mempunyai dampak sangat baik terhadap sales berkat daya pikat dan pengaruhnya yang kuat di pasaran. Jadi, tak heran kalau banyak bisnis berani mengucurkan modal lebih untuk menggandeng seorang artis dalam promosinya.

Namun tahukah Anda bagaimana caranya agar kerjasama tersebut bisa terwujud? Ya, jawabannya adalah melalui tangan-tangan cerdas tim PR digital!

Para staf public relation digital lah yang menjalin hubungan dengan influencer terbaik sesuai goal perusahaan. Merekalah yang getol mengupayakan agenda-agenda kampanye influencer yang sering kita lihat di sosmed. Mulai dari menjapri, berdiskusi, membantu selama kampanye, sampai memelihara hubungan baik dengan talent usai proyek berakhir.

4. Membangun Backlink Berkualitas Tinggi

Fungsi public relation digital lainnya adalah membangun backlink berkualitas untuk website bisnis Anda.

Backlink adalah tautan sebuah laman web yang merujuk ke suatu situs lain. Biasanya pun, backlink merupakan link referensi atau sumber yang dinilai kredibel atas sebuah artikel. Oleh sebab itu kehadiran backlink sangat penting bagi kelancaran bisnis online.

Nah, tim PR digital bisa membantu membangun backlink-backlink berkualitas untuk situs bisnis Anda. Semisal dengan mengoptimalkan isi laman web bisnis Anda, sehingga orang-orang dapat menjadikannya sebagai rujukan dalam artikel.

Lalu pembaca yang tertarik dengan ulasan produk Anda di artikel tersebut pun bisa langsung mengunjungi web dengan memencet backlink. Semakin banyak backlink yang bisa Anda peroleh, maka makin besar pula peluang web menduduki ranking 1 Google.

5. Membantu Menumbuhkan Angka Penjualan

Seluruh fungsi-fungsi PR digital di atas pada akhirnya akan menciptakan pertumbuhan angka penjualan pada bisnis Anda. Jadi, meskipun tim digital PR berfokus menjalin relasi dengan pihak-pihak eksternal brand, mereka tetap mendorong penjualan produk secara tidak langsung.

Makin banyak orang yang percaya dan suka dengan image brand, tentunya akan makin banyak juga yang tertarik membeli produk Anda. Mempunyai tim humas online seperti ini akan sangat membantu pertumbuhan awareness bisnis Anda di pasaran.

5 Jenis Public Relation Digital Terpopuler di Bisnis Online

digital public relation

Humas digital juga turut hadir dalam berbagai bentuk, tergantung pada bentuk interaksi yang dilakukan. Berikut adalah 5 jenis digital PR yang paling sering dilakukan bisnis online:

1. Marketing Influencer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi marketing influencer sejatinya merupakan agenda digital PR yang paling marak dilakukan saat ini. Bukan tanpa alasan, para influencer sengaja dipilih karena mereka mempunyai pengaruh yang kuat di masyarakat. Alhasil, produk atau jasa yang mereka promosikan dijamin cepat terkenal dan laku terjual.

2. Guest Post

Strategi guest post sering dilakukan para humas dan content writer. Tim PR akan menulis artikel terkait brand lalu menayangkannya di situs-situs bertraffic tinggi demi mendapatkan lebih banyak eksposur. Alternatif lainnya adalah kita menulis sendiri sebuah artikel promosi lalu membayar pemilik web agar mau menampilkan artikel tadi di platformnya.

3. Press Release

Ketika membicarakan strategi marketing humas, tentu saja kita tak bisa lepas dari yang namanya press release. Nah, digital PR pun nyatanya masih menerapkan strategi ini.

Bedanya, press release digital diunggah pada platform online milik sendiri seperti akun sosmed dan website bisnis. Ada juga press release yang dikirim ke portal-portal berita online supaya lebih luas daya jangkaunya oleh masyarakat.

4. Unlinked Mention

Unlinked mention adalah interaksi-interaksi konsumen di dunia maya yang memuat nama brand Anda, tetapi tidak disertai oleh backlink atau tag ke situs/akun sosmed bisnis. Mention tersebut bisa muncul di mana saja, mulai dari konten sosmed, podcast, artikel website dan ulasan-ulasan lainnya.

Strategi PR yang satu ini memang agak sulit dilacak. Namun Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen engagement seperti Crowdfire dan Social Buzz untuk mengetahui seberapa sering nama brand disebut-sebut warganet.

5. Web Directory Inclusion

Terakhir ada web directory inclusion. Strategi PR digital ini cukup simpel. Anda hanya perlu menambahkan website bisnis ke direktori dengan niche yang relevan. Semisal Anda berbisnis di bidang fashion, maka carilah direktori yang memuat web-web bisnis pakaian.

Kisaran Gaji Staf Digital Public Relation

Posisi digital PR sedang banyak dicari perusahaan masa kini. Kira-kira berapakah kisaran gaji untuk posisi tersebut?

Mengutip dari berbagai portal info lowongan kerja populer di Indonesia, nominal gaji untuk posisi digital PR ternyata cukup menjanjikan. Rentang gaji seorang digital PR berkisar antara 3 juta untuk level fresh graduate sampai 28 juta untuk posisi senior.

Peluang kenaikan gaji pun sangat besar untuk posisi ini. Adapun rincian nominal upah PR digital menurut status karyawannya bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Fresh graduate: 3 juta rupiah.
  • Staf junior: 5 juta rupiah.
  • Staf senior: 7 – 7,5 juta rupiah.
  • Manajemen junior: 9 juta rupiah.
  • Manajemen middle (mid): 12 – 12,5 juta rupiah.
  • Manajemen senior: 28 – 29 juta rupiah.

4 Skill Wajib Seorang Digital Public Relation

Tertarik mencoba berkarir sebagai tenaga digital PR? Atau, Anda ingin memaksimalkan performa bisnis sendiri dengan teknik-teknik humas digital?

Apapun keperluan Anda nantinya, Anda perlu menguasai 4 skill wajib yang dibutuhkan seorang public relation digital profesional. Keempat skill tersebut adalah:

1. Jago Public Speaking

Meskipun bekerja di ranah digital, seorang PR digital juga tetap harus bisa public speaking selayaknya PR biasa. Keterampilan berbicara ini akan sangat bermanfaat ketika Anda menjalin relasi dengan influencer, partner bisnis, media massa, ataupun saat menjawab pertanyaan dan kritik dari warganet.

2. Jago Content Writing Artikel

Skill penting PR digital yang kedua adalah kemampuan menulis artikel (content writer). Anda akan dituntut untuk membuat press release, artikel, dan tulisan-tulisan menarik lainnya demi mendongkrak image brand. Namun tidak seperti menulis konten marketing yang menonjolkan kualitas produk, tulisan khas PR digital akan lebih mengedepankan nilai-nilai brand kepada audiens.

3. Jago Memakai Sosial Media

Ketika bekerja sebagai PR digital nanti, maka secara otomatis Anda akan mengelola seluruh interaksi dengan audiens di sosial media. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menguasai seluk-beluk pemakaian setiap akun sosmed yang digunakan brand.

Minimal Anda harus menguasai dasar-dasar cara mengoperasikan sosmed yang terkenal seperti Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, YouTube dan TikTok.

4. Jago Menganalisis Tren dan Isu Terkini di Masyarakat

Terakhir namun tak kalah penting, seorang PR digital wajib tahu cara menganalisis trend dan isu terhangat di masyarakat. Tujuannya adalah agar brand tetap dipandang relevan dengan kebutuhan/keinginan audiens. Apalagi di zaman sekarang yang mana informasi online berkembang dan berganti dengan cepat. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan kereta, ya!

Itulah dia penjelasan lengkap terkait digital PR yang banyak dibutuhkan saat ini. Apakah Anda tertarik mencoba berkarir di bidang ini? Atau, untuk Anda yang mempunyai bisnis sendiri, apakah sudah siap merekrut tim digital PR terbaik?

Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah wawasan digital marketing Anda, ya! Jangan lewatkan update tips-tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaiknya di https://markey.id/ atau lewat MARKEY APP (Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi.

25 Instagram Tools Terbaik untuk Bisnis Online Tahun Ini

0
Instagram tools

25 Instagram tools berikut ini telah banyak membantu perkembangan olshop di IG tahun ini, lho. Sudahkah Anda memanfaatkannya juga untuk bisnis online milik sendiri?

Instagram kini lebih dari sekadar sosial media biasa. Ketika sosmed lain kebanyakan hanya untuk media entertainment, di Instagram justru ada ribuan online shop yang saling berlomba-lomba menumbuhkan brand awareness dan sales mereka.

Berbisnis di Instagram memang bukan hal baru bagi masyarakat dunia. Namun fenomena ini disambut baik oleh konsumen online, sebab ketika disurvey, hampir 60% orang mengaku lebih mudah dan terbantu menemukan produk/jasa yang dibutuhkan di Instagram. Tentunya peluang emas ini tidak boleh Anda sia-siakan!

Nah, supaya online shop Anda lebih sukses lagi di Instagram, maka Anda harus memaksimalkan performanya memakai 25 tools Instagram marketing berikut ini. Yuk langsung kita intip rekomendasinya bersama!

25 Instagram Tools Gratis yang Wajib Dimiliki Online Shop

Instagram tools

Masih ada banyak pebisnis awam yang keliru memahami konsep toko online di Instagram. Sebagian masih mengira bisa mendatangkan konsumen ke lapak toko dengan sekadar rajin memposting konten. Padahal kenyataannya, cara kerja Instagram marketing itu cukup kompleks.

Ibarat berperang, kita tidak bisa memenangkan persaingan bisnis tanpa ‘senjata’ alias peralatan yang memadai. Oleh sebab itulah Anda wajib memfasilitasi online shop dengan aneka Instagram tools canggih berikut ini:

Instagram Tools untuk Mengedit Konten Foto dan Video

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain foto gratis di smartphone yang ramah bagi pemula. Tidak perlu punya skill desain sama sekali, Anda bisa langsung mengolah beraneka template desain di Canva. Cukup pilih template dan foto yang mau Anda gunakan, lalu edit-edit sedikit seperti menambahkan teks, filter, stiker atau mengganti warna background.

Pun ada kategori khusus di Canva yang memuat beraneka jenis template postingan IG: feed, stories dan video. Tema templatenya juga bermacam-macam, seperti sales, seasonal sales, food, summer, hari raya Idul Fitri, Natal, Valentine, family, friendship, dll.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.canva.editor

2. VSCO

Berikutnya ada VSCO yang terkenal kaya akan filter-filter estetik. Anda bebas memilih filter dan mengatur tampilannya untuk memaksimalkan kualitas foto. Banyak selebgram dan brand di Instagram memanfaatkan VSCO agar postingan mereka tampil rapi senada. Di sini pun Anda bebas membuat sendiri preset custom sebagai ciri khas yang membedakan konten IG Anda dari milik brand lain.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vsco.cam

3. Snapseed

Snapseed adalah kamera sekaligus editor foto yang dikembangkan Google. Aplikasi Snapseed cukup praktis, karena Anda bisa langsung membuat katalog produk atau konten marketing Instagram dari sini. Mulai dari menjepret foto atau merekam video, mengedit, hingga memposting. Jadi tidak perlu lagi untuk menginstal banyak app!

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.niksoftware.snapseed

4. Unfold

Unfold adalah aplikasi andalan para selebgram untuk membuat IG Stories yang estetik. Unfold mempunyai ratusan template layout Stories, lengkap dengan filter, font teks, dan tool-tool editor foto ala profesional. Aplikasi ini tergolong wajib punya mengingat mayoritas pengguna Instagram kini lebih tertarik menyimak Stories daripada Feeds.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.moonlab.unfold

5. PicsArt

Mirip dengan Canva, PicsArt adalah aplikasi editor foto dan video dari HP yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Bedanya, PicsArt mempunyai menu paint, remove background otomatis, dan create sticker yang bisa memaksimalkan level kinerja Anda tanpa perlu bersusah payah.

Canva juga menyediakan pustaka gambar gratis dan tutorial edit foto yang lagi trending seperti gaya edit foto AI yang lagi viral.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.picsart.studio

Instagram Tools untuk Manajemen Konten

6. Sendible

Memposting konten di IG sebaiknya terjadwal untuk menghindari anggapan spam. Namun masih banyak yang bingung menentukan jadwal pengunggahan konten. Tapi kini Anda bisa memanfaatkan Sendible untuk membuat jadwal upload konten. Aplikasi ini sangat mudah dipakai dengan format tampilan kalender.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sendible.app

7. Hootsuite

Hootsuite juga terkenal sebagai Instagram tool untuk manajemen konten, terutama mengatur jadwal post foto/video. Bedanya, Hootsuite turut menyediakan fitur monitor performa setiap konten yang Anda unggah.

Anda juga bisa menghubungkan sosmed bisnis lain selain IG ke Hootsuite (seperti Facebook, Twitter, dll) dan langsung mengelolanya di satu dashboard.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hootsuite.droid.full

8. Buffer

Kalau Anda ingin memposting lebih dari 1 konten sehari, maka tools Instagram Buffer bisa menjadi pilihan terbaik. Fitur-fitur Buffer tidak jauh berbeda dari Hootsuite. Namun di sini ada fitur tambahan untuk mengetahui jam posting terbaik.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.buffer.android

9. Sked

Berikutnya ada Sked, aplikasi manajemen jadwal konten Instagram dengan fitur yang lebih beragam. Kehebatan utama Sked adalah Anda bisa langsung mengedit foto Instagram lalu menjadwalkan tanggal uploadnya di aplikasi ini. Proses upload juga bisa untuk satu foto atau yang banyak sekaligus.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lumissolutions.SkedApp

10. Later

Sedari tadi kita telah melihat Instagram tool yang bisa mengatur jadwal unggah foto. Nah, Later menyediakan fitur yang lebih canggih lagi, di mana Anda bisa mengatur jadwal unggahan konten Stories, Reels dan video feeds secara rinci.

Anda wajib mencoba Later karena ada fitur-fitur tambahan untuk memaksimalkan performa setiap konten IG marketing Anda, yakni:

  • Riset hashtag: mencari tahu hashtag populer untuk mendongkrak view.
  • Regram: merepost ulang konten UGC.
  • Preview: melihat konten sebelum diupload.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=me.latergram.latergramme

Instagram Tools untuk Membangun Engagement (Interaksi Followers)

Instagram tools

11. Shortstack

Membangun interaksi dengan followers di Instagram sangatlah penting. Semakin kuat nilai engagement akun bisnis Anda, tentu makin besar juga peluang terciptanya transaksi.

Namun memancing interaksi bukan perkara mudah. Daripada pusing, Anda bisa mengandalkan Shortstack sebagai sumber ide-ide konten yang menyenangkan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengumpulkan dan memilah interaksi dari akun IG bisnis. Data-data tersebut nantinya bermanfaat untuk mengadakan giveaway, kontes dan polling online.

Link download: https://www.shortstack.com/

12. Sprout Social

Sprout Social adalah tool Instagram terbaik untuk mengelola engagement publik. Fitur-fiturnya tersedia lengkap mulai dari mengecek dan menganalisa engagement, hingga mengungkap postingan kesukaan audiens.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sproutsocial.android

13. Repost For IG

Ada kalanya followers kita membuat konten foto atau video terkait bisnis, misalnya seperti postingan review produk. Nah, Anda boleh merepost konten-konten tersebut disertai ucapan terima kasih sebagai bentuk apresiasi konsumen.

Merepost Stories tentu sudah bisa kita lakukan langsung dari apk Instagram. Namun bagaimana dengan konten lainnya, seperti Reels atau feeds? Cobalah menggunakan aplikasi Repost For IG sebagai solusi!

Cara pakainya sangat simpel. Cukup masukkan link konten yang mau direpost, tulis caption, dan tekan tombol ‘repost’.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=ventures.bench.repost

14. Crowdfire

Meski banyak digunakan untuk melacak performa konten, Instagram tools Crowdfire memiliki fitur canggih untuk mengumpulkan social buzz—seluruh percakapan, mention dan konten yang menyinggung nama bisnis Anda.

Tidak hanya melacak dari data Instagram saja, Crowdfire bisa mengakurasi setiap konten yang tersebar di internet, seperti website maupun sosial media selain IG. Jadi Anda bisa tahu seperti apa bentuk engagement dan image bisnis di masyarakat.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.justunfollow.android

15. Socialbakers: Emplifi

Penasaran dengan engagement setiap postingan IG Anda? Aplikasi Socialbakers: Emplifi bisa mengungkap datanya secara gratis.

Selain mampu memonitor traffic dan engagement per post, Socialbakers juga dapat memprediksi konten yang akan trending di masa depan dari riwayat konten marketing.

Tak lupa ada prediksi waktu terbaik memposting konten, dan tipe-tipe akun IG yang paling sering menyimak postingan Anda.

Link download: https://emplifi.io/

Instagram Tools untuk Mengecek Performa Akun IG Bisnis

16. Social Rank

Buat yang sering penasaran dengan performa akun Instagramnya, Anda wajib menginstal aplikasi Social Rank. Instagram tool ini siap membantu menguak karakteristik followers Anda. Mulai dari usia, lokasi asal, sampai kata-kata yang sering mereka pakai di sosmed. Data-data tersebut bisa Anda olah untuk mengetahui target konsumen terbaik untuk kelak ditawari produk/jasa.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.socialnewsdesk.rankings

17. Social Insider

Sedangkan Social Insider adalah tool Instagram untuk membandingkan traffic, engagement dan performa profil bisnis Anda dengan kompetitor. Itulah mengapa banyak brand memiliki app ini agar mereka tak kalah saing nantinya. Social Insider juga berguna untuk mengukur efektivitas Instagram marketing yang sedang Anda laksanakan saat ini.

Link download: https://www.socialinsider.io/?fpr=hugo99

18. Instagram Insight

Fitur Instagram Insight kini marak dipakai juga oleh marketer, khususnya untuk mengevaluasi performa akun brand masing-masing. Anda tidak perlu menginstal aplikasi eksternal, sebab fitur ini sudah langsung ada di profil Instagram untuk bisnis.

Sesuai namanya, Insight menyediakan banyak wawasan berupa data-data bisnis Anda di IG. Contohnya seperti tipe konsumen yang melihat profil dan yang memesan produk, lokasi, sumber traffic, rata-rata jam aktif, interaksi yang dilakukan, dan sebagainya. Pakailah data-data tersebut sebagai bahan evaluasi pencapaian target bisnis.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.android

19. Awario

Cara kerja Awario sepintas mirip dengan Crowdfire. Dengan aplikasi Instagram marketing ini, kita dapat mengetahui seberapa banyak dan sering orang-orang membicarakan brand atau produk Anda.

Caranya adalah dengan memasukkan keyword tertentu, seperti nama brand atau produk Anda. Kemudian, aplikasi akan bekerja mengumpulkan komentar dan hashtag yang sesuai dari berbagai platform sosmed, termasuk Instagram.

Link download: https://awario.com/

20. Iconosquare

Fungsi utama Iconosquare sejatinya ada tiga, yaitu mengidentifikasi trend konten di IG, melacak performa akun dan unggahan, serta mengatur jadwal posting agar tidak ada yang terlewat.

Iconosquare sangat populer khususnya di kalangan bisnis agensi. Sampai sekarang tercatat lebih dari 10 ribu brand mengandalkan app ini untuk keperluan riset marketing.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tripnity.iconosquare

Instagram Tools untuk Menunjang Profil Instagram

Instagram tools

21. Pally

Sering bingung bagaimana cara membuat bio Instagram yang singkat namun menarik? Tenang, kini ada Pally, aplikasi khusus untuk membuat bio IG yang keren tapi tetap menggambarkan visi-misi brand Anda dengan sempurna.

Cukup masukkan nama bisnis dan pilih kategori jenis bio yang Anda kehendaki. Kemudian tool IG ini akan mulai membuat bio profil secara otomatis.

Link download: https://pallyy.com/tools/instagram-bio-generator

22. LinkTree

Strategi marketing IG populer berikutnya adalah dengan mencantumkan link di bio. Sayangnya kita tidak bisa mencantumkan banyak link sekaligus di bio.

Padahal sebuah bisnis bisa mempunyai beragam tautan eksternal untuk mengarahkan konsumen sesuai kebutuhannya, seperti link web ecommerce, link chat customer service, link katalog dan maps.

Untuk itu Anda bisa memakai LinkTree. Aplikasi ini dapat merangkum seluruh link Anda dengan rapi ke dalam 1 tautan pendek.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=ee.linktr.admin

23. All Hashtag

Caption IG sebaiknya dibubuhi hashtag untuk mempermudah ditemukan pengguna. Kali ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi All Hashtag agar tidak salah pilih tagar. All Hashtag menyediakan 3 opsi pencarian hashtag terbaik, yakni:

  • Live: berisi tagar-tagar yang sedang ramai dibicarakan/viral secara real-time.
  • Top: koleksi tagar populer sepanjang masa.
  • Random: pilih tagar secara acak.

Link download: https://www.all-hashtag.com/

24. AutoHash

Rekomendasi hashtag generator untuk caption Instagram lainnya adalah AutoHash. Cara kerjanya sedikit berbeda dengan All Hashtag, sebab di sini Anda perlu mengunggah foto konten untuk memperoleh rekomendasi hashtag yang relevan.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.clarifai.clarifaiandroidstarter

25. Words to Use

Optimalkan daya tarik unggahan Instagram Anda dengan rekomendasi kata-kata menakjubkan dari Words to Use. Tools copywriting ini sangat cocok untuk Anda yang masih belajar menulis caption promosi menarik.

Link download: https://www.words-to-use.com/

Demikianlah 25 Instagram tools yang bermanfaat untuk mengelola online shop di IG! Jadi tunggu apa lagi? Segera kembangkan potensi bisnis online Anda di Instagram memakai aplikasi-aplikasi di atas, lalu dapatkan omset yang maksimal setiap harinya.

Mau mendapatkan lebih banyak insight terkait dunia digital marketing? Baca MARKEY solusinya!

Yuk perkaya wawasan bisnis Anda secara gratis dengan membaca koleksi artikel terbaik kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP yang tersedia di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!

8 Cara Pasang Iklan Shopee dan Rincian Biayanya

0
iklan shopee

Bisnis Anda di Shopee masih terasa sepi? Yuk segera pasang iklan Shopee supaya produk-produk terbaik Anda lebih sering dilirik konsumen!

Bertransaksi di ecommerce kini merupakan salah satu kebiasaan masyarakat, khususnya setelah melalui era pandemi Covid-19. Berjualan di lapak online seperti Shopee menjadi alternatif karena simpel, gratis, dan tentunya laris-manis dikunjungi ribuan calon pembeli setiap hari.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar toko di Shopee kini sangat ketat karena ada ribuan orang yang mencari peluang bisnis di sini. Tapi Anda tidak perlu risau, sebab Anda bisa mencoba memasang iklan Shopee untuk mengungguli kompetisi tersebut.

Bagaimana cara beriklan di Shopee? Yuk cari tahu langsung dengan membaca ulasan manfaat, jenis-jenis dan cara memasang iklan di Shopee berikut ini!

Apa Itu Iklan Shopee?

iklan shopee

Tidak hanya fokus menyediakan fitur-fitur transaksi online saja, Shopee juga menyediakan menu iklan khusus bagi para penjual (seller) agar dagangannya lebih cepat dilirik konsumen.

Iklan Shopee membantu Anda memasarkan nama toko dan produk ke seluruh pengguna Shopee di website dan aplikasi. Tentu hal ini akan mendorong brand awareness atau pengetahuan masyarakat terkait produk Anda. Kemudian barulah muncul peluang besar bagi produk untuk laku terjual.

Pihak Shopee sendiri mengklaim adanya peningkatan omset hingga 20% di kalangan seller yang pernah memasang iklan. Sedangkan awareness produk bisa bertambah hingga 28%. Oleh sebab itu, setiap seller hendaknya mencoba beriklan di Shopee, apalagi jika bisnis Anda tergolong baru atau masih sepi pengunjung.

Anda tidak perlu cemas dengan performa iklan karena produk terbaik Anda akan sengaja ditempatkan di beragam posisi strategis, yakni:

  • Halaman beranda Shopee.
  • Halaman hasil pencarian produk.
  • Halaman “Keranjang Saya” milik setiap pembeli.
  • Halaman “Pesanan Saya” dan “Rincian Pesanan” dari setiap pembeli.
  • Halaman rincian suatu produk.

Bagaimana, tertarik mencoba? Fitur iklan di Shopee bisa Anda akses secara langsung melalui aplikasi Shopee atau tautan web resminya di https://iklan.shopee.co.id/.

4 Jenis Iklan Shopee Terbaik untuk Promosi Produk

Nah, tidak seperti iklan online shop yang membosankan, iklan di Shopee hadir dalam 4 varian strategis yang bebas Anda pilih. Tentunya setiap jenis Shopee ads mempunyai karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis iklan yang ada Shopee:

1. Iklan Pencarian Produk

Pernahkah Anda mencari produk di Shopee dan menemukan rekomendasi item dengan label “iklan”? Ya, itulah contoh nyata dari iklan pencarian produk.

Iklan pencarian produk akan menampilkan item dagangan Anda di posisi teratas laman penelusuran pengguna. Bahkan posisi produk Anda akan langsung ‘mengungguli’ item yang teroptimasi secara SEO di Shopee. Alhasil peluang klik-nya akan lebih besar karena sudah berada di urutan pertama.

Namun iklan pencarian produk bekerja dengan sistem relevansi keyword. Semisal Anda mempromosikan smartphone Samsung. Nah, produk hanya akan muncul jika ada pembeli yang menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Keuntungan Iklan Pencarian Produk:

  • Meningkatkan ranking produk secara instan (tidak perlu melakukan optimasi SEO).
  • Memperbesar peluang penjualan produk.

Kelemahan Iklan Pencarian Produk:

  • Biaya iklan dihitung per klik (Pay Per Click). Jika konsumen hanya mengklik iklan produk dan tidak membelinya, maka Anda akan rugi.
  • Penayangan iklan berdasarkan keyword Anda harus melakukan riset agar tidak salah memilih keyword.

2. Iklan Produk Serupa

Tipe iklan di Shopee yang kedua adalah iklan produk serupa. Biasanya promosi ini diletakkan di bagian bawah halaman rincian produk dengan tanda “Produk Serupa” atau “Kamu Mungkin Juga Suka”.

Tujuan iklan ini adalah memberikan rekomendasi sebanyak-banyaknya bagi calon konsumen yang masih ingin membuat perbandingan. Biasanya pembeli akan tertarik melirik produk serupa yang memiliki tampilan lebih unik, lebih murah, sedang diskon atau punya rating yang lebih tinggi.

Keuntungan Iklan Produk Serupa:

  • Iklan Anda bisa tayang di menu “Rekomendasi” pada halaman utama Shopee selama 30 hari.
  • Nilai visibilitas produk menjadi sangat tinggi karena lebih mudah dilihat konsumen.
  • Lebih mudah menjangkau calon pembeli baru.

Kelemahan Iklan Produk Serupa:

  • Biaya iklan dihitung per klik. Anda bisa rugi kalau konsumen hanya mengklik iklan tanpa membelinya.
  • Persaingan tetap terbilang ketat, terutama untuk produk yang bersifat pasaran dan dengan harga terjangkau.

3. Iklan Pencarian Toko

Sesuai namanya, iklan kali ini berfokus pada promosi toko, bukan sekadar produk tertentu saja. Tipe promosi ini sangat pas bagi brand yang ingin menumbuhkan awareness di Shopee serta meraih lebih banyak pengikut.

Iklan pencarian toko biasanya tampil pada bagian teratas hasil pencarian. Cara kerjanya mirip dengan iklan pencarian produk. Contohnya profil toko Samsung Official akan muncul sebagai rekomendasi store ketika Anda menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Profil toko pun hanya berupa ringkasan, mencakup nama, logo, rating, slogan dan terkadang beberapa item terbaik (best seller) yang mereka miliki.

Keuntungan Iklan Pencarian Toko:

  • Menumbuhkan brand awareness bisnis di kalangan pengguna Shopee.
  • Mendatangkan followersbaru ke toko.
  • Meningkatkan peluang transaksi toko secara keseluruhan. Iklan bisa mengarahkan konsumen langsung ke halaman utama bisnis, list produk best seller, maupun laman kategori toko.
  • Membangun loyalitas konsumen dan image bisnis melalui tampilan slogan serta rating dalam iklan.

Kelemahan Iklan Pencarian Toko:

  • Tidak bisa digunakan oleh semua orang. Hanya seller Shopee dengan >40 pesanan ternilai saja yang bisa mengakses fitur ini.
  • Menggunakan sistem bayaran per klik.

4. Iklan Produk Otomatis

Terakhir ada iklan produk otomatis. Keunggulan utama Shopee ads ini adalah paling ‘agresif’ dibandingkan iklan-iklan jenis lainnya.

Iklan produk otomatis bisa muncul di berbagai tempat sekaligus, menyesuaikan dengan penelusuran keyword konsumen dan algoritma web dan app Shopee. Otomatis, iklan ini sangat manjur untuk memaksimalkan penjualan produk di Shopee.

Keunggulan Iklan Produk Otomatis:

  • Muncul di banyak tempat secara bersamaan, di antaranya pada halaman hasil pencarian produk, rekomendasi produk sejenis, hingga beranda produk rekomendasi Shopee.
  • Optimalisasi iklan berlangsung secara otomatis oleh sistem. Anda tidak perlu repot mengatur rincian iklan secara manual seperti pada tiga jenis Shopee ads
  • Mendatangkan traffic, awareness, followers serta peluang transaksi semaksimal mungkin.

Kelemahan Iklan Produk Otomatis:

  • Tarif iklan mengikuti periode penayangan. Semakin lama penayangan, maka makin besar modal iklan yang dihabiskan. Dalam kurun waktu tersebut pun Anda harus berusaha agar produk laku terjual agar tidak rugi.

Rincian Biaya Iklan Shopee

iklan shopee

Seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya, Shopee membebankan tarif iklan untuk setiap item yang kita promosikan. Namun biaya beriklan di Shopee masih cukup terjangkau ketimbang platform marketing lain.

Terdapat tiga metode penentuan tarif iklan di Shopee, yaitu:

  • Biaya iklan per klik: berkisar antara 150 sampai 200 perak (rupiah) per satu kali iklan diklik.
  • Biaya iklan berdasarkan budget: seller bebas menentukan sendiri jumlah modal pemasaran. Misalnya Anda mematok dana iklan 50 ribu rupiah. Nantinya iklan akan berhenti tayang ketika seluruh modal telah habis terpakai.
  • Biaya iklan berdasarkan periode: Shopee menyediakan pilihan paket iklan berdasarkan waktu penayangan. Misalnya 1 minggu, 3 minggu, 1 bulan atau 6 bulan. Anda bebas memilih paket sesuai kebutuhan. Promosi pun akan berhenti otomatis ketika melewati batas waktu pilihan.

Tentunya pihak Shopee mengizinkan seller memilih sendiri metode pembayaran iklan serta alokasi budget sesuai kemampuan masing-masing. Jadi Anda bisa lebih leluasa berpromosi tanpa perlu takut kantong jebol.

Agar promosi lebih efektif, tim Seller Centre Shopee secara resmi menyarankan para penjual untuk menyiapkan dana 50 ribu rupiah sebagai modal promosi.

8 Cara Membuat Iklan di Shopee untuk Pemula

Sekarang tibalah kita pada bagian yang paling dinantikan: tutorial membuat iklan Shopee pertama Anda untuk menarik pembeli.

Memasang Shopee ads terbukti sangat gampang, bahkan untuk pemula yang baru pertama kali mencoba. Ini karena seluruh fitur promosi sudah tersedia lengkap di platform.

Yuk langsung simak dan praktekkan 8 cara membuat iklan di Shopee berikut ini:

1. Mendaftar Akun Shopee

Anda wajib mempunyai akun Shopee jika ingin mempromosikan barang dagangan di platform ini. Jadi daftarkan diri Anda sebagai pengguna Shopee atau log in ke akun Shopee jika Anda sudah memilikinya.

Proses pendaftaran Shopee sangat mudah, cepat dan gratis dengan nomor telepon dan alamat email aktif. Setelah memiliki akun, aktivasi fitur Seller (Toko) agar Anda bisa berjualan.

2. Akses Seller Centre

Fitur Shopee ads tersedia di menu Seller Centre. Jika Anda mengakses Shopee dari website, lakukan log in ke Seller Centre, lalu scroll sedikit ke bawah untuk menemukan menu “Promosi Saya”. Klik pada menu kemudian pilih “Iklan Shopee”.

Namun jika Anda masuk dari aplikasi, klik menu profil atau “Saya”. Kemudian, cek bagian pojok kiri hingga menemukan ikon “Toko Saya”. Klik menu tersebut dan cari “Iklan Shopee”.

Catatan penting: jangan gunakan tools blokir iklan (adblock) karena hal tersebut akan mengagalkan loading menu Shopee ads.

3. Buat Iklan Baru

Setelah berada di laman fitur iklan, geser pandangan ke bagian kanan dashboard untuk menemukan tombol oranye berlabel “+ Buat Iklan Baru”. Pencet tombol tersebut.

4. Pilih Jenis Iklan

Anda akan melihat keempat jenis iklan di Shopee yang bisa dipilih sendiri sesuai kebutuhan. Klik salah satu jenis iklan dan lanjutkan. Anda juga bisa mempelajari kembali rincian deskripsi dari setiap opsi ads agar tidak salah pilih.

5. Pilih Produk yang Akan Dipromosikan

Jika Anda memasang iklan pencarian produk, iklan produk serupa, atau iklan produk otomatis, maka Anda wajib memilih barang dagangan yang hendak dipromosikan. Sebaiknya fokuskan pilihan Anda pada item yang best seller atau sedang trending untuk memperbesar peluang keberhasilan promosi. Namun lewati tahap ini jika Anda memilih iklan pencarian toko.

6. Tentukan Budget dan Waktu Kampanye

Setiap seller bisa menentukan sendiri budget serta durasi penayangan iklan. Anda dapat memilih dua opsi yang ditentukan:

  • Budgetdan waktu tanpa batas: iklan akan terus berjalan mengikuti saldo penjual yang Anda punya; tidak ada batasan waktu penayangan iklan.
  • Budget dan waktu yang ditentukan:tetapkan budget khusus untuk setiap kampanye, misalnya 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Iklan bisa berhenti ketika budget habis atau sudah melewati batas waktu ketentuan.

7. Atur Kata Kunci (Keyword)

Pilih kata kunci yang mampu menggambarkan produk dengan baik agar iklan bisa muncul ke hadapan calon konsumen yang tepat. Anda bisa mengatur keyword produk secara otomatis memakai fitur Shopee “pilih otomatis”, atau melakukan riset sendiri dan melakukan input manual.

Jika melakukan riset manual, ada baiknya untuk menggunakan aneka tool riset keyword seperti Google Trends supaya tidak salah pilih keyword.

8. Konfirmasi Iklan Anda

Selamat, iklan bisnis Shopee Anda kini sudah siap diluncurkan! Anda hanya perlu mengklik tombol “konfirmasi” dan iklan pun sudah langsung meluncur ke beranda konsumen.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait tata cara beriklan di Shopee. Ayo tunggu apa lagi, segera tingkatkan omset bisnis Anda di Shopee dengan mengiklankannya sesuai tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Tak lupa untuk terus ikuti MARKEY karena ada lebih banyak tips sukses bisnis online menanti Anda setiap hari. Baca gratis koleksi artikel terbaik MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan Appstore). Sampai jumpa lagi.

Impressions Instagram Adalah: Arti, Cara Hitung & Manfaatnya

0
impressions Instagram adalah

Impressions Instagram adalah hal yang sering kita jumpai saat mengelola Instagram marketing. Fitur ini bisa mengungkap seberapa menarik postingan IG yang kita unggah menurut warganet.

Mengelola bisnis di Instagram sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini. Pasalnya, Instagram adalah sosial media dengan jumlah pengikut terbesar sedunia. Bahkan jumlah total penggunanya kini telah melampaui Facebook yang sempat dijuluki “Raja Sosmed”.

Meski begitu, Anda tetap wajib memantau performa unggahan Instagram melalui impressions. Fitur ini menjadi “senjata wajib” para marketer karena menyimpan segudang fungsi penting bagi bisnis-bisnis online di IG. Apa sajakah mereka?

Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkap terkait Instagram impressions berikut ini!

Arti Impressions Instagram Adalah

impressions Instagram adalah

Apa itu impressions Instagram? Impressions Instagram adalah jumlah penayangan suatu konten di IG. Konten yang dimaksud mencakup postingan yang Anda unggah sendiri maupun iklan-iklan Instagram (IG Ads).

Impressions juga merupakan salah satu metrik penting dalam aktivitas Instagram marketing. Metrik impressions mempunyai sejumlah fungsi, salah satunya adalah mengukur efektivitas konten IG Anda untuk menjaring perhatian audiens. Alhasil, fitur impressions sangat berguna dalam evaluasi keberhasilan pemasaran di IG.

Penting untuk diperhatikan juga bahwa fitur impression hanya tersedia di profil Instagram Business atau Profesional. Postingan pribadi masih belum menampilkan data impressions.

Perbedaan Reach dan Impressions Instagram Adalah

Selain impression, ada juga fitur reach di IG dengan fungsi dan pemakaian yang mirip. Sampai saat ini pun masih banyak digital marketer yang keliru memahami perbedaan antara impressions dan reach di Instagram.

Perbedaan utama reach dan impressions adalah objek yang menjadi fokus perhitungan. Impressions Instagram adalah perhitungan view konten (seberapa banyak konten Anda muncul di layar pengguna). Sedangkan reach memberitahu kita jumlah orang atau akun yang menyimak konten.

Hitungan impressions mencakup dua hal, yakni:

  • Konten yang diklik dan disimak user.
  • Konten yang sekadar muncul di timelineuser akibat efek algoritma.

Contohnya, postingan Anda di klik oleh 200 orang, lalu lewat di beranda (tanpa diklik) sebanyak 150 orang. Alhasil total impression post adalah 350 kali.

Namun bisa saja seseorang membuka postingan yang sama berkali-kali. Semisal user A yang menyimak post Anda 5x. Jadi hitungan impression yang Anda dapat adalah 5.

Sedangkan reach IG menghitung orang yang melihat postingan Anda. Jika nilai reach konten Anda adalah 100, itu berarti ada 100 orang berbeda yang melihat konten Anda.

Pun jika ada 1 user yang menyimak postingan Anda berulang kali, maka hitungan reach-nya tetap 1. Misal user A melihat post bisnis Anda sebanyak 5x, maka nilai reach tetap 1 bukannya 5 seperti pada impressions. Ini karena akun yang melihat konten masih sama (1 user).

Sumber-Sumber Impressions Instagram Adalah

Impressions Instagram mempunyai sumber yang cukup banyak dan beragam. Berikut adalah jenis-jenis sumber impressions yang wajib Anda perhatikan ketika mempromosikan bisnis di sosmed IG:

1. Profil Instagram

Sumber impression pertama adalah profil Instagram bisnis Anda sendiri. Orang-orang yang mengunjungi profil Anda secara otomatis terhitung telah melihat konten.

2. Feeds Followers

Seluruh followers Anda tentunya bisa memberikan impressions terhadap postingan bisnis Anda. Pasalnya, postingan Anda tentu akan selalu lewat di timeline (feeds) mereka.

3. Tag Lokasi

Pernahkah Anda men-tag sebuah lokasi tertentu di unggahan Instagram? Nah, tag lokasi ini juga bisa mendatangkan impression, lho. Ini karena Instagram akan menampilkan konten Anda ketika ada user yang menelusuri tempat yang di-tag.

4. Hashtag Postingan

Mirip seperti tag lokasi, konten-konten dengan hashtag tertentu bisa mendatangkan impression saat ditelusuri audiens. Semisal Anda menyematkan #digitalmarketing pada caption post. Nantinya konten tersebut akan mendapat impressions dari user yang melihat kategori digital marketing.

5. Explore Instagram

Sumber terakhir impressions Instagram adalah kolom explore. Explore merupakan fitur khusus untuk menjelajahi berbagai postingan baru sesuai preferensi audiens. Jadi peluang memperoleh impression sangat besar di sini!

5 Fungsi Impressions Instagram bagi Bisnis Online

impressions Instagram adalah

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari fitur impressions IG yang wajib Anda ketahui:

1. Menjadi Indikator Kesuksesan Konten

Impressions Instagram adalah salah satu indikator kesuksesan konten marketing Anda di IG. Semakin besar angka impression sebuah post, maka bisa dikatakan makin banyak orang yang melihat dan menyukai konten Anda.

Apalagi jika data impressions tersebut turut dipadukan dengan engagement. Jika angka keduanya sama-sama besar, itu berarti postingan Anda sudah tepat sesuai selera pengguna Instagram.

2. Sumber Data Penting untuk Pemasaran

Banyak marketer memanfaatkan impression sebagai sumber data agenda pemasarannya. Ini karena setiap konten yang kita unggah ke Instagram mempunyai jumlah penayangan berbeda. Alhasil akan lebih mudah untuk menerka tipe konten favorit audiens dari impressions.

3. Membantu Ekspansi Target Audiens

Di beberapa kasus, impressions bisa turut mengungkap darimana saja asal penonton alias sumber traffic konten. Hal ini akan menambah wawasan Anda terkait pasar-pasar yang bisnis potensial. Siapa tahu kelak Anda bisa melakukan ekspansi ke pengguna Instagram dari wilayah tersebut.

4. Menghindari Ad Fatigue

Ad fatigue adalah kebosanan audiens akibat terlalu sering melihat materi promosi tertentu. Masalah ini cukup sering menjadi penghambat kesuksesan promosi online. Tapi Anda tidak perlu cemas lagi, sebab impressions Instagram adalah salah satu strategi ampuh untuk mengatasi ad fatigue.

Anda cukup mengatur angka impressions sesuai tujuan iklan Instagram supaya pemasaran berjalan baik. Misal mematok target impressions yang tinggi untuk postingan yang bertujuan meningkatkan sales. Sedangkan konten dengan fokus brand awareness lebih baik menyasar angka lebih rendah demi menghindari fatigue atau spam.

5. Membantu Evaluasi Pemasaran di Instagram

Fungsi impressions Instagram yang terakhir adalah membantu proses evaluasi taktik marketing Anda. Cari tahu konten mana saja yang sedikit disimak, kemudian telaah penyebabnya. Sementara post-post yang ramai traffic bisa menjadi inspirasi untuk pembuatan konten selanjutnya.

Tutorial Melihat Impressions Instagram Bisnis Adalah

Anda tidak perlu repot menghitung impressions karena sistem IG sudah langsung menghimpun seluruh data view konten. Jadi kita sudah bisa langsung tahu berapa jumlah impressions yang sukses diraih dalam sekali lihat.

Namun bagaimana cara melihat impression postingan kita di Instagram? Tidak perlu bingung. Di bawah ini sudah kami rangkum cara termudah mengecek impression Instagram:

  • Login ke akun Instagram Business Anda. Ingat, fitur impressions hanya tersedia untuk akun profesional (bukan pribadi).
  • Buka profil Instagram Anda.
  • Pencet tanda bergaris tiga di pojok kanan atas profil.
  • Pencet “Insights”.
  • Buka halaman “Overview”.
  • Pilih opsi “Accounts Reached”. Di sinilah seluruh data impressionakun IG Anda terkumpul secara utuh.
  • Untuk melihat impressions di setiap postingan, Anda bisa beralih membuka postingan yang ingin dicek dari profil.
  • Cek bagian bawah foto/video postingan.
  • Klik “View Insight” > “Discovery”.
  • Data impressionpostingan tersebut akan langsung tampak.

3 Strategi Impression Instagram untuk Menambah Prospek Bisnis Online

Setelah mempelajari seluk-beluk fungsi fitur impressions di Instagram, kini tiba waktunya mencari tahu cara memanfaatkan impressions untuk menyukseskan bisnis online. Dalam hal ini, kami telah merangkum 3 strategi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Mencari Tahu Kebutuhan Followers

Impression IG bisa mengungkap beragam kebutuhan dan hal-hal yang sejatinya disukai followers Anda. Cukup cek postingan yang pernah Anda unggah satu per satu, lalu bandingkan. Kira-kira topik konten manakah yang paling ramai mendapat perhatian warganet?

Setelah mengetahui hal ini, Anda bisa membuat rancangan strategi marketing baru yang lebih tepat sasaran. Jangan pula mengulangi membuat konten yang sepi peminat karena hanya akan membuang-buang modal, waktu dan tenaga.

2. Mengadakan Evaluasi Kampanye

Selalu evaluasi performa konten maupun kampanye iklan Instagram yang Anda jalankan. Hal ini penting guna mengetahui tingkat efektivitas dan kelemahan pemasaran untuk segera diperbaiki.

Nah, impressions Instagram merupakan metrik indikator yang baik untuk tugas ini. Buatlah patokan target angka impressions yang ingin Anda raih dari sebuah post, lalu bandingkan dengan impression yang sesungguhnya. Apabila hasil akhir masih belum mencapai target, berarti ada hal yang perlu ditingkatkan dari pemasaran.

3. Membandingkan dengan Postingan Kompetitor

Apakah impression yang Anda kumpulkan sudah memadai? Jika Anda masih ragu-ragu, maka ada baiknya membandingkan dengan impression dari postingan milik pesaing. Anda bisa memanfaatkan tools analisis marketing gratis untuk mengetahui seberapa jauh performa konten pemasaran bisnis lain di niche Anda.

Itulah rangkuman lengkap terkait Instagram impressions mulai dari pengertian, cara menghitung dan strategi pemanfaatannya di bisnis online. Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah wawasan Anda, khususnya terkait Instagram marketing, ya!

Follow terus MARKEY agar tak ketinggalan lebih banyak artikel digital marketing terbaru setiap harinya. Baca gratis ulasan yang Anda suka di https://markey.id/ atau via MARKEY APP yang tersedia di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!

Tutorial WhatsApp Blast Terlengkap untuk Promosi Olshop

0
whatsapp blast

Sudahkah Anda pernah mencoba promosi di WA dengan fitur WhatsApp Blast? Fitur canggih satu ini akan membantu Anda mengirim pesan marketing ke ratusan konsumen sekaligus!

Berbisnis di sosial media saat ini bukanlah hal yang aneh. Sosmed seperti WhatsApp justru menjadi platform komunikasi yang baik bagi konsumen dan brand. Calon pembeli bisa dengan mudah mengontak Anda untuk menanyakan produk atau melakukan transaksi online.

Namun salah satu kendala bisnis di WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Tidak seperti Instagram, Facebook dan Twitter yang sifatnya publik, komunikasi WhatsApp cenderung lebih pribadi dalam ruang obrolan yang aman terenkripsi end to end.

Nah, kabar baiknya, kini Anda bisa mengirimkan satu pesan ke banyak orang di WhatsApp melalui fitur WhatsApp Blast. Yuk kenalan lebih lanjut dengan arti, manfaat dan strategi marketing memakai WhatsApp Blast selengkapnya di sini.

Apa Itu WhatsApp Blast?

whatsapp blast

Para pebisnis online wajib mengetahui fitur terbaru dari WhatsApp Business API yakni “WA Blast”. WhatsApp Blast adalah fitur pengiriman pesan massal ke seluruh kontak WhatsApp yang Anda punya. Fitur Blast dikenal dengan serangkaian nama, antara lain “WA Broadcast”, “WA Blaster”, “WA Bulk Sender” dan “WA Blasting”.

Cara kerja WA Blast sama dengan pesan broadcast. Anda hanya perlu mengetik sebuah pesan lalu memencet tombol kirim. Nantinya seluruh konsumen Anda di WhatsApp akan menerima pesan tersebut.

Tentunya fitur Blast akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya promosi Anda di WhatsApp. Namun dengan catatan, Anda harus memiliki daftar kontak nomor telepon konsumen. Pastikan juga daftar kontak tersebut tersinkronisasi dengan akun WhatsApp Business Anda untuk mempermudah promosi.

WhatsApp Blast bisa Anda download gratis dari Play Store pada link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vinfo.wamsgsender

5 Manfaat WhatsApp Blast untuk Bisnis Online

Mengapa online shop Anda wajib menggunakan WA Blast untuk promosi? Sejatinya ada banyak sekali ragam manfaat promosi dengan fitur WA Broadcast satu ini. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih Hemat Biaya Promosi

Anda tidak perlu keluar uang tambahan untuk mempromosikan bisnis di WA Blast. Layanan broadcast satu ini tersedia gratis dan langsung siap pakai. Alhasil siapapun bisa memanfaatkan WhatsApp Bulk Sender untuk menggencarkan promosi masing-masing.

Akan lebih baik lagi jika pesan broadcast langsung Anda buat sendiri untuk menekan budget marketing. Anda bisa mulai dengan menyiapkan desain grafis pamflet promo, atau hanya teks pesan dengan strategi copywriting AIDA yang menggugah.

2. Lebih Hemat Waktu Promosi

Tidak hanya menghemat biaya, fitur WA Blaster juga bisa menghemat waktu promosi Anda. Mengirim pesan promosi 1 per 1 tentunya akan memakan waktu berjam-jam. Namun dengan WA Blast, cukup sekali buat pesan saja lalu informasi akan terkirim merata ke ratusan bahkan ribuan orang dalam hitungan detik.

3. Lebih Mudah Menjangkau Konsumen

Manfaat WhatsApp Broadcast berikutnya adalah lebih mudah dalam urusan menjangkau konsumen. Calon konsumen dapat teryakinkan untuk membeli produk apabila mereka rutin menerima pesan broadcast Anda. Terutama jika Anda menawarkan promo diskon yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

4. Lebih Ampuh Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya minat konsumen terhadap produk tentu akan berimbas pada pertambahan angka penjualan. Dengan kata lain, promosi di WA Blast turut ampuh meningkatkan transaksi dan omset bisnis. Semakin sering Anda mengiklankan produk/jasa melalui WA Blast, otomatis makin besar pula peluang terjadinya transaksi.

5. Lebih Efektif Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Keuntungan menarik yang terakhir dari pemakaian WhatsApp Broadcast adalah efektif meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini dapat terwujud jika Anda mengustomisasikan isi pesan broadcast semenarik mungkin.

Misalnya dengan menyapa konsumen di awal pesan dengan nama panggilan mereka. Cara lainnya yang tak kalah efektif adalah menyelipkan gambar desain iklan yang menggugah disertai promo diskon terbatas. Atau, bisa juga dengan menyesuaikan isi penawaran dengan item-item favorit pembeli supaya mereka makin tertarik berbelanja.

4 Langkah Mengirim WhatsApp Blast untuk Mempromosikan Usaha

whatsapp blast

Setelah mengetahui apa itu WA Blast dan manfaatnya, kini barulah kita melihat cara mengirim pesan broadcast di WhatsApp yang tepat untuk mempromosikan bisnis.

Hanya ada 4 langkah sederhana untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan orang di WA. Yuk siapkan catatan Anda dan simak tutorialnya di bawah ini:

1. Verifikasi Akun WhatsApp API

Anda memerlukan akun WhatsApp API yang telah diverifikasi agar bisa mengirim pesan broadcast ke banyak orang. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Jadi, WhatsApp API adalah software yang menghubungkan WhatsApp Business ke program khusus milik perusahaan.

Lalu bagaimana cara memverifikasi WhatsApp API? Anda bisa menghubungi layanan khusus API WA yang tersedia gratis di internet. Siapkan juga dokumen-dokumen pendukung yang akan diminta oleh tim verifikator nanti untuk memperlancar prosesnya.

Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp biasa atau WhatsApp Business agar tersinkron dengan API. Namun memakai WA Business lebih dianjurkan mengingat tujuan broadcasting kali ini adalah untuk mempopulerkan usaha online Anda.

2. Buat Template Pesan Promosi

Setelah akun WhatsApp Business Anda terverifikasi, lanjutkan dengan membuat draft template pesan yang akan di-share. Anda bebas membuat isi pesan sesuai tujuan marketing yang hendak diraih. Misalnya mempromosikan produk/jasa baru, menciptakan peluang penjualan, memberikan promo, mengadakan giveaway dan lain-lain.

Isi konten pun bebas ditentukan sekreatif mungkin. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Anda bisa menjadikan konten broadcast lebih menarik dan personal dengan berbagai cara:

  • Menggunakan teknik copywriting yang memikat emosi pembaca.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak dengan CTA (call to action).
  • Memakai sapaan khusus dan emojiuntuk mengakrabkan diri dengan audiens.
  • Menyelipkan gambar pendukung agar konsumen lebih mudah mencerna informasi.
  • Menyertakan tautan ke situs bisnis untuk membantu transaksi.
  • Memberikan konten edukatif atau hiburan yang relevan dengan situasi dan trend masa kini.

Pesan yang telah dibuat pun akan melalui serangkaian pengecekan terlebih dahulu oleh sistem sebelum bisa terkirim. Tujuannya tak lain supaya pesan broadcast tidak melanggar ketentuan WhatsApp dan kenyamanan pengguna. Namun tenang saja, proses verifikasi ini terbilang cepat dalam hitungan detik.

3. Siapkan Daftar Kontak Konsumen

Jangan lupa untuk menyiapkan daftar kontak calon penerima pesan alias target pembeli! Namun daftar kontak tersebut tidak harus disimpan di ponsel. Anda bisa mengimpor data berupa file Excel dan CSV, lalu sistem WA Blast lah yang akan langsung mengolahnya. Cukup praktis, bukan?

Proses pengumpulan daftar kontak ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • Mengumpulkan data pengguna website dan aplikasi bisnis.
  • Mengadakan survey followers di sosial media.
  • Memberikan hadiah atau voucher gratis yang mana syarat klaimnya konsumen harus mencantumkan nomor telepon aktif mereka.
  • Mendata pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda.
  • Mendata konsumen yang mengunjungi event bisnis Anda.
  • Dan masih banyak lagi!

4. Tekan Tombol “Kirim”

Selamat! Persiapan Anda kini sudah selesai. Sekarang Anda hanya perlu mengklik tombol kirim atau “submit” untuk mengirim pesan broadcast yang telah lolos pengecekan.

Pesan-pesan tersebut akan langsung masuk ke kotak masuk WhatsApp target konsumen. Jangan lupa untuk segera membalas apabila ada yang membalas pesan promo. Anda bisa membalas secara langsung atau memanfaatkan fitur pembalas pesan otomatis “bot WA”.

Poin terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan evaluasi. Hitung persentase orang yang menanggapi pesan broadcast WA Anda, mulai dari yang membalas, memberikan reaction, atau langsung mengunjungi toko online dan berbelanja.

Proses evaluasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pemasaran ke depannya. Cari tahu hal-hal yang sekiranya masih perlu diperbaiki supaya pesan promosi WA Anda lebih menarik minat dan engagement.

Kekurangan WA Blast yang Patut Diperhatikan

Terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan, fitur WhatsApp Bulk Sender tetap mempunyai sejumlah kekurangan. Kekurangan-kekurangan ini ada baiknya Anda perhatikan agar tidak menjadi penghambat aktivitas marketing di kemudian hari.

Apa sajakah kekurangan WA Blast? Melansir dari berbagai sumber, WA Blast hanya menyediakan akses gratis kirim pesan ke 1000 kontak per bulan. Jika Anda sudah melewati batas tersebut, maka ada kemungkinan Anda dikenakan biaya di pesan-pesan berikutnya. Tarif tambahan tersebut sekitar 275 perak per 1 message.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengatur jadwal pengiriman pesan di WA Blast agar tidak dianggap sebagai spam oleh sistem. Isi pesan juga sebaiknya tidak memuat konten dewasa, kekerasan atau rasisme. Segala bentuk pelanggaran saat pemakaian WA Blast bisa berakibat pada pemblokiran nomor bisnis Anda.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar tutorial WhatsApp Blast. Ayo segera coba gunakan fitur ini untuk memaksimalkan daya jangkau promosi bisnis Anda!

Temukan lebih banyak strategi marketing yang efektif untuk bisnis online Anda hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbarunya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Interactive Marketing Adalah: 5 Strategi Naikkan Engagement

0
interactive marketing adalah

Interactive marketing adalah strategi pemasaran yang banyak diterapkan perusahaan masa kini, khususnya jika bisnis masih sepi interaksi dengan konsumen.

Setiap pebisnis tentu ingin konten-konten marketingnya mendulang engagement yang tinggi. Postingan bisnis yang ramai komentar cenderung lebih mudah menarik kepercayaan dan loyalitas masyarakat. Alhasil, image brand Anda akan menjadi lebih positif.

Namun kebanyakan audiens masih susah dibujuk untuk mau berinteraksi dengan konten-konten brand, meskipun mereka sesungguhnya menyukai penawaran Anda. Apakah usaha Anda juga menghadapi masalah seperti ini?

Tidak perlu khawatir, kini Anda bisa segera mengatasi isu tersebut dengan menerapkan interactive marketing. Mari cari tahu arti, contoh dan strategi interactive marketing yang efektif memaksimalkan engagement konsumen di bawah ini!

Pengertian Interactive Marketing Adalah

interactive marketing adalah

Interactive marketing adalah strategi yang menghubungkan brand dengan target konsumennya secara aktif di berbagai platform. Perusahaan yang menjalankan taktik pemasaran ini akan menggencarkan beragam upaya demi memperoleh feedback dari audiensnya.

Adapun feedback yang dimaksud tersebut mencakup segala masukan, saran, hingga keinginan dan kebutuhan pembeli dari brand. Data-data opini konsumen tersebut dapat dikumpulkan sebagai bahan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan bisnis.

Selain itu, interactive marketing adalah teknik terbaik untuk memaksimalkan hubungan konsumen dengan brand. Konsumen dijamin lebih puas saat berbelanja karena brand sanggup memahami kebutuhan mereka dengan tepat.

4 Manfaat Interactive Marketing Adalah

Mengapa bisnis Anda membutuhkan interactive marketing? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat utama interactive marketing adalah ampuh meningkatkan interaksi di toko online Anda.

Namun lebih jauh lagi, berikut ada serangkaian manfaat penting lainnya dari interactive marketing:

1. Memperoleh Feedback dengan Cepat

Anda bisa dengan mudah memperoleh feedback dari konsumen terkait pelayanan bisnis. Banyak brand sengaja meminta survey kepuasan pelanggan secara langsung usai transaksi agar mereka bisa berbenah jika terjadi kekurangan dalam layanan.

Contoh pengumpulan feedback instan lainnya adalah sistem rating bintang 1 sampai 5 yang kini banyak digunakan website/aplikasi ecommerce. Sedangkan hal-hal yang biasa dinilai mencakup kualitas produk, pengiriman, harga, dan pelayanan bisnis secara umum.

2. Menambah Angka Penjualan

Manfaat lainnya dari interactive marketing adalah menambah angka penjualan bisnis Anda. Semisal dengan cara meyakinkan konsumen bahwa penawaran terbaik hanya datang hari ini saja, sehingga mereka harus segera melakukan check out produk.

3. Menjadi Sarana Promosi Gratis

Interactive marketing turut memberi kesempatan bagi brand untuk memperoleh promosi gratis. Promosi yang dimaksud bisa terjadi secara word of mouth (mulut ke mulut) di dunia nyata.

Sedangkan di dunia maya, promosi gratis tercipta ketika orang-orang membagikan postingan Anda ke timeline mereka, grup chat, atau platform online lainnya.

Bagaimanapun bentuk promosi gratis yang mungkin terjadi nantinya, keduanya sama-sama berpeluang mendatangkan lebih banyak audiens ke lapak Anda.

4. Memaksimalkan Engagement Audiens

Terakhir, strategi pemasaran interaktif sangat ampuh untuk memaksimalkan engagement audiens, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Kehadiran engagement sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Pasalnya interaksi-interaksi kecil inilah yang sering kali menumbuhkan rasa loyalitas di hati konsumen.

Sedikit-banyaknya interaksi yang diterima akun bisnis juga bisa menjadi tolak ukur kemenarikan akun Anda di mata warganet. Ambil contoh konten-konten yang viral di dunia maya akhir-akhir ini. Seluruh konten tersebut mempunyai tingkat engagement yang tinggi sebelum akhirnya menjadi viral.

5 Contoh Interactive Marketing Terpopuler

Ada banyak jenis dan contoh interactive marketing yang biasa digunakan perusahaan masa kini. Tentunya Anda dapat menggunakan contoh-contoh strategi pemasaran interaktif tersebut saat mempromosikan usaha sendiri:

1. Polling Online

Pernahkah Anda mengisi jajak pendapat alias polling online? Polling adalah strategi meminta feedback termudah yang bisa Anda lakukan. Cukup buat polling dan masukkan opsi pilihan sesuai kebutuhan.

Misalnya pertanyaan “Apakah Anda sudah puas dengan produk?” lalu sertakan pilihan jawaban “Ya” dan “Tidak”. Nantinya konsumen hanya perlu memencet jawaban sesuai kata hati masing-masing.

2. Personalized Contents

Berikutnya ada personalized contents alias konten-konten yang sengaja dipersonalisasi brand. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, tujuan utama personalized content adalah menumbuhkan rasa kepedulian yang spesial dalam benak konsumen.

Banyak brand kekinian yang berusaha menghapus sekat formalitas dengan konsumen lalu menggantinya dengan sikap yang lebih bersahabat. Strategi ini pun terbukti lebih efektif karena konsumen merasa dianggap setara dengan brand, bukan hanya sebagai objek komersil.

Contoh personalized contents adalah menggunakan sapaan nama konsumen dalam pesan marketing, menyesuaikan isi penawaran dengan item atau kategori kesukaan konsumen, dan sejenisnya.

3. Contest dan Quiz

Kontes dan kuis adalah contoh interactive marketing yang paling lawas di masyarakat. Jauh sebelum era digital marketing melanda seperti sekarang pun orang-orang sudah gencar mempromosikan bisnisnya melalui aneka kuis berhadiah.

Contohnya seperti kuis tebak-tebakan berhadiah yang disiarkan di TV, atau kontes dengan cara mengumpulkan bungkus produk bertanda khusus sebanyak-banyaknya.

Kemudian bentuk kuis mulai berubah menjadi lebih modern berbekalkan kecanggihan teknologi masa kini. Sekarang kita bisa menjumpai aneka kontes menarik dalam bentuk giveaway, kuis interaktif, atau game online di ecommerce.

4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi interactive marketing dengan tingkat konversi paling tinggi. Ini karena iklan yang disampaikan jauh lebih spesifik dan sesuai dengan selera konsumen. Namun kelemahan email marketing juga cukup besar, yaitu bisa dengan mudah tertimbun di inbox atau masuk folder spam.

5. Video dan Stories Interaktif

Jumlah angka penikmat konten visual terus meningkat akhir-akhir ini, khususnya untuk konten video pendek dan stories. Salah satu penyebabnya adalah kemudahan memahami informasi dalam bentuk gambar dan suara.

Jadi, tidak heran kalau konten-konten seperti video TikTok, Reels dan IG Stories lebih cocok untuk mendulang interaksi online. Apalagi jika isi konten dikemas dalam bentuk cerita (storytelling) yang santai namun tetap menarik perhatian.

5 Strategi Interactive Marketing untuk Meramaikan Bisnis Online

interactive marketing adalah

Inilah bagian yang sudah kita nanti-nantikan! Pastinya Anda penasaran bagaimana cara menerapkan strategi interactive marketing di bisnis online, bukan?

Kabar baiknya, proses interactive marketing ternyata cukup mudah, bahkan bagi pemula yang baru pertama kali mencoba. Berikut adalah 5 strategi interactive marketing untuk meramaikan bisnis online:

1. Mengidentifikasi Target Konsumen

Pertama-tama, identifikasi siapa target konsumen bisnis Anda. Proses ini penting agar kita lebih mudah menyesuaikan strategi pemasaran dengan tujuan.

Pun saat ini kebanyakan orang hanya menyimak iklan yang memuat produk/jasa yang sesuai kebutuhan maupun selera mereka. Jadi Anda wajib mencari tahu apa saja hal yang diminati target konsumen.

Riset tersebut mencakup sejumlah poin penting, di antaranya:

  • Karakter dan identitas pembeli. Contoh: rentang usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, budaya, domisili, dll.
  • Kebutuhan pembeli, termasuk adanya kemungkinan alternatif produk/jasa yang dibutuhkan.
  • Minat, hobi, atau hal-hal yang disukai pembeli. Contoh: K-Pop, dunia sepak bola, film, novel romansa, makanan pedas, manis, dll.
  • Gaya hidup dan kebiasaan belanja konsumen.
  • Harga produk rata-rata di pasaran.

Pun masih banyak lagi list poin yang bisa Anda tambahkan di sini sesuai kebutuhan.

2. Mencari “Trigger” Pemicu Respon

Hampir semua orang baru mau bertindak menanggapi sesuatu jika ada “trigger” alias pemicu tindakan tersebut. Sebuah trigger haruslah cukup kuat dalam memengaruhi audiens, terutama dari segi emosional.

Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu jenis trigger terbaik untuk memancing interaksi pembeli. Ada banyak jenis kata-kata pemicu yang bisa membangkitkan emosi sekaligus tindakan konsumen, contohnya:

  • Jangan lewatkan.
  • Hanya hari ini.
  • Promo spesial terbatas.
  • Eksklusif bagi Anda.
  • Stok segera habis.
  • Segera amankan akun Anda, dll.

Emosi yang dibangkitkan pun bisa berbeda-beda. Misalnya rasa takut, haru, bahagia, aman, nyaman, kesal, panik, terdesak dan seterusnya. Setelah mengetahui jenis trigger yang cocok dengan karakter konsumen, barulah Anda bisa menyelipkan kata-kata tersebut ke iklan.

Pun tidak ada batasan dalam penggunaan trigger. Anda bisa memakainya di caption konten marketing sosmed, website ecommerce, kalimat push notification hingga isi email marketing.

3. Memanfaatkan Teknologi Tools Marketing

Manfaatkan juga aneka jenis tools marketing demi memperlancar proses interactive marketing Anda! Kini ada banyak aplikasi pemasaran yang memang dirancang untuk mendulang engagement audiens. Contohnya seperti:

  • Chat Bot: fitur pembalas pesan otomatis yang juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen 24 jam.
  • VR (Virtual Reality): teknologi tiga dimensi yang dapat memproyeksikan produk online secara nyata.
  • Aplikasi Infografis: konsumen lebih mudah memahami suatu info jika data disajikan dalam bentuk infografis.
  • Video Interaktif Live Streaming: konsumen dan penjual bisa bercakap-cakap secara langsung melalui video siaran langsung.

4. Merancang Program Marketing yang Interaktif dan Menarik

Strategi jitu memancing interaksi konsumen selanjutnya adalah dengan mengadakan program marketing yang menarik. Metode gamifikasi sederhana bisa menjadi salah satu pilihan alternatif, seperti misalnya mengadakan kuis berhadiah di sosmed.

Iming-iming hadiah selalu ampuh dalam memotivasi audiens agar mau berinteraksi dengan postingan Anda. Cobalah perhatikan bisnis yang mengadakan giveaway. Sudah pasti akun mereka banjir komentar, like, share dan juga follow dari orang-orang yang tergiur atas hadiah.

Nah, audiens yang terkumpul dari game-game seru tersebut secara otomatis menjadi calon pembeli potensial bisnis Anda. Cukup lakukan lebih banyak promosi supaya mereka penasaran dengan produk/jasa yang Anda tawarkan.

5. Mengapresiasi Setiap Interaksi Konsumen

Tips terakhir yang tak kalah penting ketika menerapkan interactive marketing adalah selalu mengapresiasi setiap interaksi konsumen di lapak Anda. Semisal dengan rutin membalas pesan, komentar dan pertanyaan dari calon pembeli.

Lalu jangan ragu untuk memposting ulang konten-konten UGC terkait produk/jasa Anda. Strategi ini bisa menjadi suatu apresiasi khusus terhadap konsumen sekaligus pembangunan social proof bisnis ke masyarakat.

Kelebihan dan Kelemahan Interactive Marketing yang Patut Diwaspadai

Tertarik mempraktekkan metode interactive marketing? Sebelum terjun langsung mencoba, ada baiknya Anda mengetahui rangkuman kelebihan dan kekurangan yang dimiliki strategi pemasaran ini.

Beberapa kelebihan interactive marketing yakni:

  • Meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Hal ini terjadi karena iklan, produk dan jasa yang ditawarkan sudah tepat sesuai kebutuhan pembeli.
  • Lebih mudah mengetahui kebutuhan calon pembeli secara real time. Anda tidak perlu lagi takut menghadapi perubahan tren, minat dan gaya hidup yang memengaruhi permintaan konsumen.
  • Memaksimalkan rasa loyalitas pembeli. Konsumen yang puas bisa memenuhi kebutuhannya di toko Anda akan menjadi pembeli setia.
  • Memperbesar peluang keberhasilan iklan. Iklan dirancang seakurat mungkin sesuai ekspektasi audiens, sehingga memperkecil resiko kegagalannya saat dipublikasikan.
  • Mengefektifkan budgetpemasaran. Iklan yang sukses tentu tidak menghabiskan modal besar. Cukup lakukan beberapa kali pemasaran untuk memperoleh hasil sesuai target.

Namun selain keuntungan-keuntungan di atas, interactive marketing juga mengandung sejumlah kekurangan yang patut disiasati. Adapun poin-poin kelemahan interactive marketing adalah:

  • Penerapan yang kompleks dan panjang. Membujuk konsumen agar mau meluangkan waktu menjawab survey feedbackAnda adalah sebuah tantangan tersendiri.
  • Data konsumen rentan tercecer. Masih banyak perusahaan yang tidak menyimpan, mengelola dan menyinkronkan feedback konsumennya dengan benar. Alhasil, data-data krusial dapat dengan mudah tercecer berantakan.
  • Ujian Trial and Error. Kebanyakan brand harus melalui proses uji coba beragam metode (trial and error) sebelum mengetahui jenis interactive marketingyang paling berpengaruh bagi mereka.
  • Keterbatasan konsumen dalam memberi feedback. Terdapat sejumlah faktor eksternal yang bisa menghambat proses pemberian masukan, misalnya gangguan koneksi internet atau waktu luang.
  • Respon konsumen yang tak terkendali. Brandtetap wajib memilah setiap feedback yang mereka terima guna memastikan relevansi data dengan kebutuhan bisnis.

Itulah pembahasan lengkap interactive marketing, mulai dari arti, contoh, hingga strategi jitu penerapannya. Semoga ulasan lengkap di atas bisa membantu mendongkrak nilai engagement bisnis online Anda, ya!

Jangan lewatkan beragam informasi dan tips digital marketing menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ untuk membaca kumpulan artikel terbarunya, atau dengan mendownload MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!

Captive Market Adalah: Trik Pemaksa Belanja yang “Halus”

0
captive market adalah

Captive market adalah salah satu strategi marketing ‘halus’ yang sering kali tak kita sadari kehadirannya. Meski begitu, captive market terbilang sangat ampuh dalam hal memotivasi konsumen berbelanja di lapak kita.

Contoh captive market yang paling mudah kita jumpai adalah bisnis makanan di bioskop. Pernahkah Anda mengunjungi bioskop dan membeli makanan/minuman di sana? Sebagian besar orang pasti pernah sekadar membeli popcorn di bioskop.

Faktanya, bioskop menerapkan taktik marketing yang ‘memaksa’ konsumen membeli produk tambahan mereka—seperti makanan, minuman atau merchandise film. Ini karena bioskop membatasi kehadiran stand penjual makanan lain sekaligus melarang konsumen membawa camilan dari luar.

Strategi semacam itulah yang dikenal dengan nama captive market. Nah, setiap marketer pun perlu memahami arti captive market demi memperlancar aksi pemasaran yang akan dilakukan.

Untuk itu, mari langsung simak apa manfaat dan strategi memulai bisnis captive market selengkapnya di sini!

Pengertian Captive Market Adalah

captive market adalah

Captive market adalah kondisi konsumen harus membeli suatu produk karena tidak ada pilihan lain yang bisa mereka jangkau. Dalam bahasa Indonesia, istilah captive market diartikan sebagai “Pasar Khusus”.

Menurut teori bisnis dan marketing, captive market adalah kondisi dimana suatu pasar dikendalikan dan dikuasai oleh satu atau sedikit supplier. Ketersediaan stok barang menjadi terbatas sedangkan permintaan masyarakat cenderung tinggi. Hasilnya, konsumen mau tak mau membeli produk yang ada terlepas dari bagaimanapun kualitas dan harganya.

Secara sederhana, pasar khusus adalah pasar di mana produk Anda tidak memiliki pesaing sama sekali. Itulah mengapa kondisi pasar khusus seperti ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Bisnis Anda dijamin bisa mendapatkan omset sebanyak-banyaknya setiap hari karena minim persaingan.

Namun di sisi lain, harga produk bisa melambung tinggi akibat faktor kelangkaan tersebut. Sebagian konsumen mungkin saja tetap mencoba mencari alternatif produk lain sebagai perbandingan, terutama melalui toko-toko online yang mempunyai jangkauan nyaris tak terbatas.

Penyebab Terbentuknya Captive Market 

Mengapa captive market bisa terbentuk? Terdapat beberapa faktor pendukung terjadinya bisnis captive market, yaitu:

  • Kesulitan akses ke suatu daerah karena masalah geografis, seperti jarak tempuh yang jauh, buruknya infrastruktur jalan raya, minimnya jumlah transportasi dan lain-lain.
  • Kurangnya stok produk di suatu pasar atau masyarakat.
  • Terdapat sistem monopoli yang mengakar kuat oleh sebuah brand di suatu pasar selama turun-temurun.
  • Produk atau jasa yang ditawarkan masih bersifat baru dengan fitur-fitur inovatif. Belum ada yang pernah membuat produk/jasa seperti itu sebelumnya.
  • Terdapat persamaan prinsip, nilai-nilai atau ideologi antara brand dan masyarakat. Komunitas kecil (minoritas) cenderung memiliki pasar khusus karena mereka menganut kepercayaan tersendiri.
  • Tingginya loyalitas pembeli terhadap brand dan produk-produknya.

Keuntungan Berbisnis di Captive Market

Meski terkesan seperti aktivitas bisnis monopoli, nyatanya captive market membawa cukup banyak manfaat bagi perusahaan yang menjalankannya. Beberapa keuntungan spesial dari captive market yakni:

  • Memiliki konsumen tetap dengan rasa loyalitas tinggi.
  • Lebih mudah membangun hubungan akrab dengan pembeli akibat minimnya persaingan dan pilihan yang ada.
  • Terjamin memperoleh konsumen serta pemasukan setiap hari.
  • Bisa mematok harga jual produk yang tinggi. Anda dapat meyakinkan konsumen bahwa harga tersebut sepadan dengan manfaat, kegunaan maupun fitur-fitur produk.
  • Menjadi landasan analisis untuk mengembangkan sistem monopoli market yang sesungguhnya.

5 Contoh Captive Market di Kehidupan Sehari-Hari

captive market adalah

Nyatanya ada banyak sekali contoh pasar khusus yang berkembang di sekitar kita hari ini. Salah satunya adalah bioskop—seperti yang sudah sempat dijelaskan di awal artikel.

Selain itu pun masih ada lebih banyak contoh captive market yang mungkin belum Anda sadari juga. Apa sajakah mereka? Contoh-contoh pasar khusus adalah:

Bisnis ATK di Sekolah dan Kantor

Beberapa sekolah dan kantor secara sengaja menghadirkan toko-toko peralatan khusus yang menjadi kebutuhan warganya. Maksud dari hal ini tentu saja untuk menarik pemasukan tambahan.

Misalnya, di sekolah, kita menemukan kantin kejujuran atau toko yang menjual atribut khusus berlabel sekolah. Mulai dari seragam, baju olahraga, topi, dasi, kaus kaki, badge sekolah, sampai ke alat-alat tulis. Para siswa pun tidak punya pilihan selain membeli produk tersebut di sana karena toko lain tak menyediakan seragam yang sama sesuai ketentuan.

Begitu juga di kantor. Ada perusahaan yang menjual seragam pegawai, lanyard, ID card dan ATK untuk mempermudah para karyawan membeli kebutuhan masing-masing.

Kapal Pesiar

Pernahkah Anda berlibur menaiki kapal pesiar? Jika iya, maka Anda pasti sudah menyadari bahwa tidak ada toko lain yang memenuhi kebutuhan liburan Anda selain layanan dari kapal itu sendiri.

Alasan utamanya tentu saja karena Anda pergi berlayar ke tengah laut di kapal pesiar. Akses menuju toko-toko alternatif secara otomatis terputus selama perjalanan. Jadi satu-satunya pilihan yang Anda punya adalah berbelanja dari store di cabin.

Bisnis Makanan di Mall

Sebuah mall terasa kurang lengkap jika tidak memiliki stand makanan alias food court. Nah, contoh lain dari captive market adalah food court yang biasa Anda jumpai di mall-mall besar.

Pemilik mall sengaja menyewakan beberapa slot stand di gedung mereka bagi pengusaha-pengusaha makanan. Lalu penyewa akan membayar uang bulanan kepada pemilik mall sebagai ganti telah mempersilahkannya berjualan.

Ini adalah taktik pembentukan pasar khusus yang baik, mengingat konsumen mall bisa berbelanja selama berjam-jam dan merasa lapar. Jadi daripada repot-repot mendatangi tempat lain, konsumen bisa langsung memesan makanan di food court.

Stadium Olahraga

Mirip seperti bioskop, stadium olahraga juga melarang pengunjung membawa aneka makanan dan minuman dari luar. Namun sebagai gantinya, mereka memiliki beragam stand makanan yang bisa dibeli sembari menonton pertandingan.

Jasa Provider Internet di Desa

Contoh terakhir captive market adalah jasa provider internet di wilayah pedesaan atau pinggiran. Sangat mudah bagi jasa-jasa provider mengembangkan pasarnya di sini, mengingat wilayah urban cukup sulit diakses sebagaimana perkotaan. Jadi jangan heran jika pertumbuhan jasa provider terbilang pesat dan lebih banyak menyasar kawasan pinggir tersebut.

5 Cara Membentuk Captive Market Adalah

Tertarik mencoba berbisnis dengan strategi pembentukan pasar khusus? Anda bisa membentuk captive market dengan beberapa cara yaitu:

1. Memahami Faktor Pembentuk Captive Market

Langkah awal menciptakan captive market adalah memahami faktor-faktor pembentuknya sesuai yang telah dirinci di atas. Setelah itu, Anda bisa mencari tahu apakah daerah Anda layak untuk menjadi tempat pengembangan captive market. Kalaupun tidak, Anda tetap bisa mengecek daerah-daerah potensial lainnya.

2. Menyiapkan Produk atau Jasa Inovatif

Anda juga bisa mendirikan pasar khusus dengan menyediakan produk atau jasa inovatif yang belum pernah ada sebelumnya. Mulailah dengan melakukan riset seputar kebutuhan masyarakat, diikuti dengan produk-produk yang sudah ada. Cari tahu kelemahan dari produk-produk pesaing agar Anda bisa mengembangkannya sebagai produk/jasa yang revolusioner.

3. Memanfaatkan Aset Pribadi

Jika Anda mempunyai aset pribadi seperti mall, kawasan hiburan, hotel atau villa, maka ini juga merupakan peluang bagus untuk mengembangkan captive market. Saat ini ada banyak layanan publik yang dikembangkan menjadi suatu pasar khusus.

Misalnya hotel yang melarang konsumen memesan makanan online atau membawa makanan dari luar. Alih-alih pelanggan dapat membeli makanan dari resto khusus milik hotel.

4. Mengantisipasi Kelemahan Captive Market

Meskipun memiliki cukup banyak keuntungan, nyatanya captive market pun masih tak lepas dari sejumlah kelemahan. Adapun kelemahan captive market adalah:

  • Adanya ‘celah’ bagi konsumen untuk menyiasati aturan bisnis. Misalnya kasus penyelundupan makanan ke dalam gedung bioskop.
  • Akses internet yang semakin meluas memungkinkan konsumen mencari informasi terkait produk pembanding di ecommerce.
  • Kebiasaan baru konsumen membeli produk dari luar daerah melalui ecommerce. Tak jarang konsumen rela menunggu agak lama untuk memperoleh produk berkualitas dengan harga lebih murah.
  • Mencari alternatif lain dari produk atau jasa, seperti membuat sendiri produk memakai daya kreativitas atau mencari produk substitusi.

5. Melengkapi Bisnis dengan Strategi Marketing yang Matang

Poin ini masih berkaitan dengan sebelumnya. Anda membutuhkan suatu rencana marketing yang matang untuk menyiasati berbagai kelemahan captive marketing. Meskipun bisnis Anda adalah ‘satu-satunya’ di suatu lingkungan, Anda tetap harus memberikan pelayanan terbaik bagi pembeli agar mereka menyukai brand Anda.

Semakin loyal konsumen terhadap brand Anda, maka makin besar pula peluang untuk memonopoli pasar. Sebab Anda tidak memberikan celah bagi pesaing untuk berkembang di wilayah tersebut. Jangan sampai Anda terlena dengan kesuksesan bisnis hingga malas berinovasi untuk menjaga kualitas pelayanan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar captive market. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Yuk pelajari lebih banyak istilah dan strategi marketing penting lainnya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel marketing terbaiknya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!