Last Updated on March 4, 2023 by
Ingin mendapat keuntungan yang lebih banyak dari bisnis IT? Yuk coba promosikan usaha Anda memakai beragam contoh inbound marketing berikut ini!
Inbound marketing adalah sebuah trik promosi yang efektif untuk memikat konsumen. Banyak perusahaan kecil maupun besar yang sukses memakai taktik marketing satu ini. Keuntungan lainnya, strategi marketing inbound dapat divariasikan supaya lebih sesuai dengan ranah serta tujuan bisnis Anda.
Kali ini, kami akan mengajak Anda melihat berbagai contoh inbound marketing untuk bisnis IT yang menjanjikan. Yuk langsung kita simak info selengkapnya!
Daftar Isi
Apa Itu Inbound Marketing?
Studi dari Impactplus menunjukkan lebih dari 70% orang memutuskan membeli produk setelah menyimak konten marketing inbound. Jadi, apa itu inbound marketing?
Apa itu inbound marketing adalah taktik promosi melalui konten seperti artikel blog, foto, video marketing, ebook gratis dan sebagainya. Strategi ini masih merupakan bagian dari digital marketing dan bermanfaat dalam membangun kepercayaan konsumen.
Melalui inbound IT marketing, Anda bisa menarik perhatian calon pembeli lebih mudah dan banyak melalui jalur organik (konsumen asli). Anda pun tidak akan hanya sekadar menawarkan produk atau jasa, tetapi turut serta membangun kedekatan masyarakat terhadap brand.
Apa Itu Inbound Marketing untuk Bisnis IT?
Dewasa ini ada banyak sekali prospek untuk bisnis IT yang menjanjikan. Sayangnya, tidak sedikit juga perusahaan IT yang bangkrut karena service mereka tidak laku walau sudah rajin berpromosi. Di sinilah taktik IT marketing inbound dibutuhkan.
IT marketing inbound bisa mendorong pertumbuhan trafik, lead dan angka penjualan kantor IT Anda secara signifikan. Peredaran iklan Anda pun dapat menjadi lebih terarah menggapai target konsumen yang benar.
Ada juga yang menggunakan trik IT marketing inbound untuk menciptakan image bisnis yang unik, berbeda dari para kompetitor usaha IT lain. Faktanya memang ada banyak sekali jasa IT yang menjanjikan dengan layanan mirip-mirip. Jadi sangat penting bagi kita untuk mulai menciptakan promosi dengan ciri khas unik tersendiri.
Menerapkan IT marketing inbound tidak sesederhana memposting konten marketing sesuai niche bisnis setiap hari. Terdapat strategi khusus agar masyarakat mempercayai bisnis Anda dan tertarik untuk berlangganan. Minimal, konten marketing inbound Anda harus memuat salah satu dari 3 customer journey berikut ini:
Fase Kesadaran
Di sini konsumen menyadari masalah yang mereka hadapi perlu untuk diselesaikan. Mereka akan mulai mencari lebih dalam perihal masalah beserta perkiraan jawaban awal untuk mengatasinya.
Konten Anda bisa menjabarkan definisi permasalahan dan ciri-cirinya untuk membantu menjawab pertanyaan konsumen. Biasanya, konten marketing fase kesadaran bersifat umum dan menjawab pertanyaan dengan unsur what (apa), when (dimana) dan where (kapan).
Fase Pertimbangan
Konsumen menggali lebih dalam terkait permasalahan mereka dan jadi semakin paham solusi terbaik atas masalah. Anda dapat menulis atau memposting video konten ‘pembedahan’ masalah disertai promosi layanan bisnis ke masyarakat.
Konsumen di fase pertimbangan biasanya akan menyimak informasi sekaligus menentukan sikap; apakah mereka akan membeli produk yang ditawarkan sebagai solusi atau tidak? Konten fase pertimbangan pun bersifat lebih mendalam, dan lebih banyak menjawab pertanyaan why (mengapa) atau how (bagaimana).
Fase Keputusan
Artikel konten dikhususkan untuk memperkuat sikap konsumen terhadap penawaran. Anda bisa menuliskan semua keunggulan, fitur maupun spesifikasi dari layanan pada pembeli. Konten ini juga turut membantu memudahkan konsumen memilih paket layanan terbaik dari bisnis Anda.
Apa Keuntungan Inbound Marketing untuk Bisnis IT?
Setelah mengetahui apa itu inbound marketing, sekarang mari simak beberapa keuntungan taktik promosi ini dalam mewujudkan bisnis IT yang menjanjikan:
Meyakinkan Pembeli
Tujuan utama promosi inbound adalah menciptakan penjualan produk. Faktanya, konsumen hanya akan berbelanja setelah mereka yakin terhadap produk. Bagaimana caranya?
Jawaban termudah adalah dengan mengedukasi pembeli lewat konten-konten marketing inbound. Ulasan artikel atau video marketing seputar masalah konsumen bisa menjawab semua pertanyaan yang mereka cari selama ini. Setelah memahami informasinya, barulah pembeli merasa yakin untuk berbelanja.
Menjadikan Promosi Lebih Kuat dan Terarah
Konten marketing Anda tidak hanya sekadar memperkenalkan produk, jasa atau harganya ke masyarakat tetapi juga membantu konsumen menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Alhasil, konsumen akan merasa lebih terkoneksi, dekat dan mengandalkan brand Anda dari bisnis lain.
Item promosi juga otomatis dijangkau kelompok-kelompok yang membutuhkan service Anda, sehingga peluang penjualan jadi lebih tinggi. Promosi tidak akan membuahkan hasil kalau menyasar masyarakat yang pada dasarnya tak membutuhkan layanan.
Meningkatkan Efektivitas Kerja
Promosi yang terarah secara otomatis mengefektifkan kinerja promosi di masyarakat. Anda tidak perlu keluar banyak biaya memasang banyak promosi tanpa hasil jelas. Anda juga bisa meminta bantuan langsung dari konten kreator profesional untuk membantu mengarahkan content plan yang rapi, tepat dan jelas tujuannya.
Mengungguli Kompetisi
Jadikan kantor IT Anda lebih unggul dalam kompetisi dengan strategi marketing inbound. Jawaban yang Anda hadirkan lewat konten marketing dijamin lebih mudah menarik perhatian sekaligus kepercayaan masyarakat. Jadi inilah kesempatan Anda ‘menyalip’ persaingan ketika jasa IT lain sibuk menawarkan service tanpa menjawab permasalahan konsumen.
10 Contoh Inbound Marketing untuk Promosi yang Efektif
Bingung bagaimana memulai marketing inbound yang efektif khusus bisnis IT? Tidak perlu cemas, kami punya 10 cara dan contoh inbound marketing yang efektif untuk jasa layanan IT:
1. Utamakan Membuat Konten dengan Topik Paling Dicari
Mulailah promosi Anda dengan menggencarkan konten-konten marketing. Tapi bukan sembarangan konten, pastikan artikel atau video marketing Anda memuat pembahasan seputar topik yang sering dicari masyarakat.
Cobalah cek kembali konten yang pernah Anda unggah sejauh ini. Jika jumlah penyimak artikel atau video Anda masih tergolong rendah, bisa jadi, topik yang diulas tidak begitu diminati atau dipermasalahkan orang-orang.
Menulis konten yang dibutuhkan konsumen juga mengefektifkan kinerja Anda. Menulis konten asal-asalan hanya akan membuang waktu, tenaga dan inspirasi Anda. Belum lagi jika hasilnya mengecewakan seperti gagal menarik trafik, leads dan sale yang tinggi.
Bingung bagaimana memilih topik terbaik untuk diulas? Inilah 5 jenis konten yang sering dicari masyarakat di Google:
- Konten Plus Minus Produk: konsumen masa kini sudah terlampau cerdas, mereka sadar tidak ada layanan yang sempurna. Maka dari itu, paparkan semua keunggulan dan hal-hal yang tak termasuk dalam paket service Anda. Tak lupa tentunya dengan tips, trik atau solusi mengatasi kekurangan tersebut.
- Konten Review Harga: banyak orang mencari tahu harga sebuah produk atau jasa di Google sebelum benar-benar berbelanja. Mereka kerap melakukan ‘survey’ produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk dibeli. Konsumen Anda juga ingin tahu apa saja yang mereka dapat dari harga yang dibayarkan.
- Konten Perbandingan: banyak juga konsumen yang gemar membandingkan layanan atau produk sejenis demi mengetahui mana yang terbaik. Apalagi, layanan IT ada banyak dan fiturnya tampak serupa. Di sinilah peranan konten perbandingan dalam membantu konsumen menemukan produk terbaik atas kebutuhan mereka. Anda bisa membandingkan perusahaan IT Anda dengan milik pesaing, seperti menjelaskan persamaan, perbedaan, atau keunikan masing-masing.
- Konten “Terbaik”: banyaknya produk-produk IT sering membingungkan masyarakat khususnya yang masih awam dalam memilih produk terbaik. Topik ini sering dicari dan dipakai sebagai pertimbangan sebelum berbelanja barang-barang IT, seperti smartphone, laptop, printer dan seterusnya.
- Konten Review: konsumen ingin mendapat gambaran nyata kinerja software IT Anda sebelum memesan. Alhasil mereka membutuhkan review spesifikasi, plus maupun minus dari perangkat lunak incaran. Dari sini konsumen dapat menilai sendiri apakah produk pilihan sudah cocok dengan yang dibutuhkan atau belum.
2. Libatkan SEO
Selalu gunakan SEO pada apapun strategi digital marketing yang Anda pilih untuk gunakan, termasuk marketing inbound. Tak dapat dipungkiri lagi, SEO adalah kunci utama bagi kesuksesan promosi online baik hari ini maupun di masa depan.
Selalu libatkan tips dan trik SEO guna memaksimalkan kualitas konten inbound yang Anda buat. Mulai dari menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik, backlink, pemakaian meta deskripsi, membuat judul unik, dan seterusnya.
SEO membantu konten lebih mudah ditemukan pembaca di internet. Minimal Anda harus menyisipkan kata kunci utama (kata kunci yang memiliki volume terbesar dan menjadi topik utama teks) dan kata kunci pendukung (kata kunci lain yang relevan dengan topik) pada konten.
3. Kerahkan Dukungan Seluruh Komponen Perusahaan
Sebuah perusahaan IT pasti memiliki komponen pendukung yang beragam. Mulai dari programmer, desainer, bagian marketing, penulis konten, ahli SEO, dan seterusnya. Taktik marketing inbound tidak akan sukses tanpa dukungan penuh dari seluruh elemen yang ada di kantor Anda.
Banyak pakar digital marketing menemukan perusahaan dengan tim solid jauh lebih sukses ketimbang yang bekerja ‘sendiri-sendiri’. Bukan hal yang mustahil bagi tim content writer menemukan inspirasi dari divisi sales atau customer service yang sering berkontak langsung dengan konsumen.
Jadi tidak ada salahnya memadukan dan mengadaptasi marketing inbound dengan budaya perusahaan demi kemajuan bersama.
4. Berjualan dengan Marketing Inbound
Penjualan lebih cepat tercipta jika melibatkan konten-konten marketing yang telah disiapkan. Daripada hanya sekadar membagikan brosur atau memasang iklan sosmed dan menunggu konsumen, akan lebih meyakinkan bagi pembeli kalau Anda membuka diskusi terkait masalah yang dihadapi lengkap dengan tawaran solusi.
Konten marketing yang kaya wawasan membuka kesempatan Anda untuk lebih aktif mengejar konsumen potensial. Dari sini Anda bisa memperkenalkan produk sekaligus meyakinkan mereka untuk mencobanya.
5. Menggencarkan Pertumbuhan Brand Awareness
Setiap bisnis tentunya harus menggencarkan pertumbuhan awareness agar lebih cepat dikenal masyarakat. Awareness adalah salah satu buah hasil pemasaran yang Anda lakukan. Biasanya semakin kuat brand awareness, maka makin besar pula peluang produk laku terjual setiap hari.
Cobalah perhatikan lagi bisnis-bisnis populer di sekitar Anda, contohnya seperti brand Indomie, GoJek, Azarine, Starbucks dan Nike. Mereka semua sukses menjadi sebesar sekarang karena awalnya berhasil menumbuhkan awareness dengan baik di masyarakat.
Selain itu, brand awareness juga membantu agar produk Anda lebih mudah diterima masyarakat. Orang-orang akan selalu penasaran dengan item baru toko Anda dan dijamin tertarik membeli.
6. Aktif Berinteraksi dengan Audiens
Contoh lain inbound marketing adalah aktif berinteraksi dengan audiens. Meski terdengar sepele, contoh ini mempunyai efek yang sangat signifikan, khususnya untuk mengoptimalkan rasa loyalitas pembeli.
Inbound marketing adalah lebih dari sekadar strategi pemasaran hard selling. Anda tetap harus membuka diri dan menjalin hubungan erat secara emosional dengan konsumen. Tujuannya untuk memberitahu pembeli, sekaligus meyakinkan mereka, bahwa brand Anda siap diandalkan sebagai solusi kebutuhan sehari-hari.
Brand yang aktif berinteraksi dengan pembelinya akan dipandang ramah, hangat dan mau mendengarkan kebutuhan konsumen. Interaksi tersebut juga bisa hadir dalam berbagai bentuk, seperti membalas komentar, memberi reaksi pada post (like), me-repost konten UGC, dan membalas pesan konsumen.
7. Mempraktekkan Social Listening
Contoh inbound marketing menarik berikutnya adalah mempraktekkan social listening. Sesuai namanya, social listening adalah kegiatan mendengarkan opini, penilaian dan pendapat masyarakat terhadap brand Anda di media sosial.
Hasil analisis social listening kemudian bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi kinerja bisnis. Atau, sebagai sumber masukan terkait kebutuhan dan permintaan masyarakat saat ini. Bisnis Anda pun bisa menjadi lebih disukai karena mampu menawarkan solusi terbaik sesuai keinginan konsumen.
8. Mencoba Email Marketing
Tahukah Anda bahwa email marketing merupakan salah satu contoh inbound marketing? Email marketing adalah strategi penawaran produk atau jasa secara eksklusif kepada konsumen melalui email. Disebut eksklusif karena marketer lebih mudah menyesuaikan isi email penawaran sesuai minat setiap konsumen.
Email marketing adalah teknik pemasaran inbound dengan tingkat efektivitas dan konversi penjualan paling tinggi. Oleh karena itu, Anda wajib mencobanya.
9. Mengadakan Event-Event Menarik untuk Masyarakat
Tidak melulu secara online, ada juga contoh inbound marketing offline. Contoh offlinenya adalah mengadakan event menarik secara langsung di tengah masyarakat. Misalnya seperti pasar malam, seminar offline, pagelaran seni, acara jalan santai, dan seterusnya.
Namun tentu saja perkembangan teknologi memungkinkan kita mengadakan event menarik secara online. Contoh online event untuk inbound marketing adalah webinar, live streaming shopping, live launching produk, hingga pemasaran dengan VR (Virtual Reality).
10. Belajar Langsung dari Ahlinya
Tips terakhir, jangan ragu belajar langsung dari ahlinya. Sebagai pengelola perusahaan IT, bukan masalah kalau Anda tidak begitu mengerti cara membuat konten marketing atau menjalankan SEO. Banyak perusahaan IT yang menyewa ahli SEO dan konten untuk mengolah ide-ide promosi kreatif mereka.
Jika Anda tetap mau mengelola konten marketing sendiri pun, pastikan Anda memenuhi tugas-tugas berikut ini supaya mendapat hasil sesuai keinginan:
- Konsisten memproduksi konten berkualitas yang relevan atau menjawab pertanyaan masyarakat.
- Merefleksikan nilai-nilai unik bisnis Anda pada konten demi membangun image positif brand di masyarakat.
- Rajin memonitor pertumbuhan pencarian organik maupun trafik website bisnis.
- Mengelola konten dengan SEO.
- Mengupdate konten lama untuk menjaga kesesuaiannya dengan masalah-masalah atau isu terkini.
- Bersinergi dengan tim sales agar bisa menciptakan konten penjualan yang paling pas atas kebutuhan konsumen.
Catatan penting lainnya, pengaplikasian contoh inbound marketing di atas memerlukan waktu supaya bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Rasa yakin dan percaya konsumen terhadap brand memang tidak bisa dibangun secara instan.
Oleh karena itu, diperlukan upaya, ketekunan dan kesabaran 24/7 supaya konten marketing inbound usaha IT Anda sukses. Anggap saja proses ini sebagai latihan rutin dan investasi kejayaan perusahaan di masa depan!
Demikianlah contoh inbound marketing untuk mendongkrak kemajuan perusahaan IT. Jadi semakin mantap untuk mulai mengelola bisnis IT yang menjanjikan, bukan? Semoga tips di atas bermanfaat menyukseskan usaha IT Anda saat ini, ya.
Butuh lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya secara gratis? Sekarang semuanya tersedia di MARKEY. Yuk follow websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ratusan artikel digital marketing informatif telah menanti Anda. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.