Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Wajib Baca! Pedoman Lengkap Menjalankan Strategi Marketing “Promo Beli...

Wajib Baca! Pedoman Lengkap Menjalankan Strategi Marketing “Promo Beli 1 Gratis 1” yang Benar

-

Trend promo “Beli 1 Gratis 1” (Buy One Get One Free) tentunya sudah sangat sering kita jumpai. Banyak bisnis, baik yang online ataupun tidak, melaksanakan contoh strategi promosi ini. Namun yang selalu menjadi pertanyaan kita adalah “Apakah strategi promo Beli 1 Gratis 1 benar-benar menguntungkan atau justru sebaliknya?”

Setiap hari, persaingan bisnis semakin ketat dan kompetitif. Orang-orang dituntut untuk memutar otak mencari cara menggaet konsumen demi menciptakan penjualan. Salah satu contoh strategi promosi yang cukup berhasil adalah taktik Beli 1 Gratis 1.

Dari sisi konsumen, pemberian produk “gratis” selalu tampak menggiurkan. Mereka tidak akan segan-segan membeli produk yang Anda tawarkan demi bisa memperoleh 1 item bonus secara cuma-cuma. Anda tentunya bisa juga mencoba contoh strategi promosi ini, asalkan ingat untuk membuat perhitungan yang tepat. Bagaimana caranya?

Tidak perlu khawatir, karena kami sudah merangkum semua informasi terkait promo Beli 1 Gratis 1 khusus untuk Anda! Yuk langsung simak sampai tuntas pembahasannya berikut ini. Selamat membaca!

Arti Sesungguhnya dari Promo “Beli 1 Gratis 1”

Banyak orang memandang promosi Beli 1 Gratis 1 dalam arti yang berbeda-beda. Banyak masyarakat awam percaya bahwa promosi Beli 1 Gratis 1 hanya membawa kerugian karena Anda memberikan banyak produk gratis ke konsumen. Sebagian lainnya menyamakan promosi Beli 1 Gratis 1 dengan diskon 50%.

Manakah dari anggapan tersebut yang benar? Jawabannya tidak dua-duanya.

Secara harfiah, Buy One Get One artinya beli 1 produk dan otomatis mendapatkan 1 produk gratis. Sebenarnya ini adalah contoh strategi promosi yang unik karena bukan hal yang lumrah bagi konsumen untuk mendapatkan produk gratis setelah membeli 1 produk saja.

Kekuatan utama dari promosi Beli 1 Gratis 1 adalah kata “Gratis” yang digunakan dalam sistem promosi. Siapa yang tidak suka dengan item gratis? Faktanya, semua orang ingin mendapatkan produk gratis terlepas dari apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Kata “gratis” adalah kata dengan kekuatan dan emosi yang luar biasa efeknya dalam dunia bisnis. Ketika konsumen mendengar kata “gratis” dalam promosi, maka mereka langsung merasa sedang mendapat bonus yang sayang untuk dilewatkan. Hasilnya, mereka akan langsung berbelanja tanpa berpikir dua kali.

Jadi dapat dikatakan strategi ini sangat cocok untuk menarik keinginan belanja konsumen di toko Anda.

Beli 1 Gratis 1 Tidak Sama dengan Diskon 50%

buy-one-get-one-1

Di balik semua keuntungan promosi ini, sesungguhnya Buy One Get One artinya promosi penjualan dua barang sekaligus. Pakar ahli ekonomi bernama Alex Tabarrok menyatakan kalau promosi Beli 1 Gratis 1 hanyalah permainan harga semata.

Ketika menjalankan promosi Beli 1 Gratis 1, penjual sudah menaikkan harga untuk setiap paket yang dijual. Pembeli akan merasa “lebih untung” karena harga pembelian 2 produk biasa lebih mahal ketimbang Beli 1 Gratis 1.

Contohnya seperti ini. Budi membeli parfum pria dalam promo Beli 1 Gratis 1. Harga promo yang didapatkan adalah 30 ribu rupiah untuk 2 botol parfum, sedangkan harga parfum satuan adalah 20 ribu. Budi membeli parfum tersebut karena berpikir dia berhasil mendapat diskon besar. Daripada membeli dua parfum seharga normal 40 ribu, ia memilih beli 1 seharga 30 ribu dan gratis 1 botol lain.

Padahal sesungguhnya penjual parfum bisa saja sudah menaikkan harga parfum-parfum yang dijual, baik secara satuan ataupun paket Beli 1 Gratis 1. Jika dihitung-hitung kembali, besaran diskon Buy One Get One pun belum tentu sama dengan diskon 50%.

Seperti pada cerita Budi, ia hanya mendapat diskon 25% atau 5 ribu rupiah untuk setiap botol parfum yang ia beli. Jadi sebenarnya Budi tidak mendapat barang gratis. Ia telah diarahkan untuk membeli 2 parfum seharga 15 ribu.

Artikel terkait  Pedoman Lengkap Daftar Free Ongkir di Marketplace

Mengapa Beli 1 Gratis 1 Diminati?

Buy one get one artinya kita seolah-olah mendapat barang gratis setelah berbelanja. Kembali lagi, efek dari kata “gratis” lah yang menjadikan contoh strategi promosi ini marak digunakan bisnis-bisnis online dan offline.

Ketika mendengar “Gratis 1”, konsumen tiba-tiba merasa “butuh” untuk membeli produk yang diiklankan. Namun sejatinya mereka tidak memerlukannya. Sebuah studi psikologi membuktikan bahwa aksi pembelian saat promo Beli 1 Gratis 1 terjadi gara-gara adanya perasaan konsumen seperti “Kapan lagi saya bisa mendapatkan promosi menarik ini?”

Manusia adalah makhluk yang memiliki sisi tamak. Mereka tidak pernah mau melewatkan momen menguntungkan begitu saja demi memuaskan ego masing-masing. Fakta inilah yang sejatinya banyak dimanfaatkan oleh pebisnis untuk menciptakan omset melalui promosi Beli 1 Gratis 1.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena permainan psikologi seperti ini merupakan hal yang wajar. Selama konsumen juga merasa senang bisa mendapat “item gratis”, maka tidak ada yang perlu dicemaskan, bukan?

Keuntungan dan Resiko Pemberian Diskon Beli 1 Gratis 1 untuk Bisnis Online

Setiap contoh strategi promosi pasti mempunyai keuntungan dan resiko masing-masing. Anda wajib memahaminya dengan cermat agar tidak salah dalam melangkah ke depannya.

Keuntungan Promo Beli 1 Gratis 1

  • Menciptakan peluang pembelian yang amat besar dan omset hingga berkali-kali lipat.
  • Menambah jumlah pembeli baru secara signifikan, sehingga jangkauan bisnis Anda semakin meluas.
  • Menaikkan jumlah kunjungan (traffic) website dan aplikasi bisnis online Anda.
  • Mempermudah penyebaran promosi di masyarakat, karena konsumen dengan senang hati mempromosikan iklan Anda kepada rekan-rekannya.
  • Meningkatkan reputasi bisnis dan memungkinkan bisnis menjadi viral.

Resiko Promosi Beli 1 Gratis 1

  • Promosi ini hanya bersifat jangka pendek dan tidak bisa dilakukan terus-menerus atau terlalu sering. Anda bisa merugi kalau terlalu sering memberikan diskon.
  • Menurunkan minat belanja konsumen pada hari biasa. Terlalu sering memberi diskon akan membuat konsumen “menunggu” momen diskon untuk berbelanja. Mereka jadi tidak mau datang pada hari biasa dengan penjualan harga normal.
  • Menurunkan nilai dan prestise dari produk Anda karena terkesan didapat dengan “cuma-cuma”.
  • Bisa mengancam reputasi bisnis dalam jangka panjang, khususnya untuk bisnis yang menjual produk-produk eksklusif.

Perhitungan Diskon Beli 1 Gratis 1 yang Benar

Nah, kalau Anda ingin mempraktekkan promosi Beli 1 Gratis 1 dan sukses, maka Anda wajib mengetahui rumus perhitungan diskonnya yang tepat. Seperti pisau bermata dua, promo Beli 1 Gratis 1 bisa menjadi ancaman bagi bisnis kalau tidak dilaksanakan dengan tepat.

Adapun rumus perhitungan diskon Beli 1 Gratis 1 adalah:

Harga awal x Jumlah produk yang diperoleh – Total harga produk dalam paket dengan harga yang harus dibayar konsumen

Rumus ini dapat diterapkan pada semua jenis promo “Beli … Gratis …”. Tidak harus selalu untuk promo Beli 1 Gratis 1.

Artikel terkait  Mari Mengenal 8 Istilah Konversi untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis Online Anda

5 Cara Mudah dan Lengkap Mempraktekkan Strategi Promo Beli 1 Gratis 1

buy-one-get-one

Sekarang tiba waktunya untuk melihat bagaimana cara mempraktekkan strategi promosi ini. Tidak perlu susah-susah, Anda bisa menerapkan promosi Buy 1 Get 1 dalam 5 tahapan saja:

Pertimbangkan Dulu Kegunaannya

Sebelum memulai, buat dulu tujuan jelas dari promosi Anda. Apa yang ingin Anda raih dari promosi yang diadakan? Pertimbangkanlah juga kegunaan promosi pilihan agar Anda tidak berbalik merugi.

Coba renungkan poin-poin berikut untuk mempermudah Anda berpikir:

  • Apa nilai-nilai positif baru yang bisa Anda tawarkan dan dapatkan dari promosi ini?
  • Siapa target promosi Anda? Kapan Anda akan mengadakan promosi ini?
  • Apa tujuan nyata yang ingin Anda raih dari promosi ini?
  • Mengapa Anda mau memberikan embel-embel gratis dalam promosi? Sudahkah Anda siap dengan semua resikonya terhadap bisnis?
  • Apakah produk atau jasa gratis yang ditawarkan akan memengaruhi ekspektasi konsumen terhadap produk/layanan Anda yang lainnya? Bagaimana cara Anda untuk menanggung dan mengatasi hal-hal seperti kekecewaan konsumen karena mereka hanya mendapat produk/layanan gratis secara terbatas?

Lakukan di Waktu yang Tepat

Sering-sering memberi promo buy one get one artinya menggali kuburan untuk bisnis Anda sendiri. Sebaiknya lakukanlah promosi di waktu yang tepat. Jangan memberi promosi Beli 1 Gratis 1 setiap hari karena akan berdampak negatif kepada usaha.

Anda bisa mengadakan promo ini pada momen-momen spesial untuk meningkatkan antusiasme warga. Contohnya seperti saat hari raya, hari kemerdekaan, harbolnas, atau akhir tahun. Dijamin toko Anda akan kebanjiran konsumen karena momen promo Beli 1 Gratis 1 terjadi pada hari tertentu saja. Mereka pastinya tidak mau ketinggalan kereta, bukan?

Pakai Beragam Kalimat Promosi yang Menarik

Menyuarakan “Beli 1 Gratis 1” memang menarik. Tapi kalau digunakan terus-menerus, pada akhirnya konsumen akan bosan juga melihatnya. Apalagi kalau banyak toko sudah menggunakan istilah yang sama.

Siasati masalah tersebut dengan menggunakan beragam modifikasi kalimat promosi Beli 1 Gratis 1 seperti:

  • Beli 3 Bayar 2.
  • Beli produk A dapat gratis produk B.
  • Beli 1 diskon 50%.
  • Beli 2 diskon setengah harga.
  • Beli 2 produk, dapatkan yang ketiga gratis.

Dan lain-lain.

Berikan Batasan/Limit Produk

Penting untuk penjual menyatakan adanya limit atau batasan produk yang dijual saat hari promo. Cara ini akan semakin mendorong konsumen untuk berbelanja sekarang juga jika tidak, mereka otomatis harus menanggung konsekuensi kehabisan produk.

Anda juga bisa memberi batasan waktu pengadaan promo. Tujuannya sama, supaya konsumen mau berbelanja sekarang juga. Promosi yang tidak dibatasi hanya akan membuat konsumen menunda-nunda berbelanja di toko Anda.

Artikel terkait  Mengintip Strategi Bisnis "Mira Beauty" yang Memaksimalkan Loyalitas Konsumen dengan Bot Asisten

Buat Banyak Promo Otomatis dengan Aplikasi Bisnis Keluaran Baru

Terakhir, permudah sistem promosi Anda secara online dengan memakai aplikasi-aplikasi bisnis. Di era serba teknologi internet kekinian, promosi online jelas jauh lebih cepat menyebar dan diketahui masyarakat ketimbang promosi tradisional.

Saat ini memang sudah ada banyak aplikasi bisnis yang dapat digunakan. Namun Anda harus selektif, sebab tidak semua aplikasi bisnis benar-benar dapat dipakai untuk mengadakan promosi dengan baik.

Daripada salah pilih, lebih baik gunakan Aplikasi Bisnis Online terbaru dari APPKEY! Aplikasi Bisnis Online APPKEY menyediakan lengkap fitur-fitur bisnis online untuk mempermudah transaksi. Anda bisa memposting ratusan produk dan mengadakan diskon dengan mudah dari 1 aplikasi saja.

Aplikasi APPKEY juga mempunyai banyak kelebihan yang sulit ditemukan di tempat lain seperti:

  • Didesain sederhana sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja, tidak perlu pengalaman dan pengetahuan seputar IT.
  • Cocok untuk semua jenis usaha, baik usaha kecil / UMKM, bisnis online biasa, hingga bisnis besar perusahaan.
  • Bebas dikustomisasikan dengan keinginan dan karakteristik usaha Anda. Tim IT ahli APPKEY yang akan mengerjakan semuanya untuk Anda.
  • Dilengkapi fitur-fitur terbaru dan sistem keamanan tercanggih anti dibobol.
  • Tersedia fitur notifikasi push untuk menginfokan beragam jenis diskon serta promo secara tepat waktu ke konsumen. Jadi tidak seorangpun akan ketinggalan informasi dari Anda.

Jadi jangan buang-buang waktu, segera dapatkan aplikasi ini https://appshop.co.id/appshopping/.

Hubungi APPKEY sekarang juga dan dapatkan gratis sesi konsultasi bersama tim ahli terkait permasalahan bisnis online Anda. Bersama APPKEY, mewujudkan target bisnis dijamin jadi lebih mudah. Kami tunggu kedatangan Anda, ya, sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya