Last Updated on October 10, 2022 by
Seperti apa iklan penawaran jasa yang mudah memikat perhatian konsumen? Daripada bingung, mari gali inspirasi dari 10 contoh iklan penawaran layanan perusahaan terbaik berikut ini, yuk!
Iklan adalah komponen terpenting dalam setiap usaha. Tanpa adanya iklan, mustahil layanan perusahaan Anda bisa dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
Hanya saja, bentuk iklan jasa agak sedikit berbeda dibandingkan dengan penawaran produk. Agar tidak salah buat, mari simak dulu pengertian, contoh dan cara membuat iklan penawaran jasa paling kreatif berikut ini.
Daftar Isi
Apa itu Iklan Penawaran Jasa?
Iklan penawaran jasa adalah taktik marketing dengan tujuan memperkenalkan layanan jasa sebuah perusahaan kepada target konsumen. Bentuk pemasaran ini juga dikenal dengan iklan niaga.
Setiap perusahaan jasa sebaiknya memperkenalkan layanan yang dimiliki melalui iklan penawaran. Ini karena iklan-iklan niaga jasa terbukti ampuh menjangkau banyak konsumen dengan cepat. Selain itu, iklan promosi jasa juga bermanfaat untuk membangun brand awareness perusahaan.
Sebuah iklan penawaran layanan jasa yang efektif umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Disampaikan secara luas di berbagai media/platform (misalnya sosial media, website, TV, koran, baliho, brosur, e-book, dan seterusnya).
- Menjelaskan manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh masyarakat apabila menggunakan jasa yang diiklankan.
- Mendeskripsikan fitur-fitur unggulan dari jasa kepada calon konsumen.
- Berisi ajakan atau mendorong masyarakat untuk mencoba layanan jasa dalam iklan.
10 Cara Membuat Iklan Penawaran Jasa yang Menghipnotis Konsumen
Lalu bagaimana cara membuat iklan penawaran layanan/jasa yang bagus? Tidak perlu bingung, cukup ikuti 10 langkah mudah berikut ini dan iklan Anda akan tampil dengan sempurna:
1. Rancang Strategi dan Tujuan Promosi
Langkah pertama, susunlah strategi sekaligus tujuan promosi Anda terlebih dahulu. Prosedur ini penting dalam menciptakan iklan penawaran jasa yang tepat sasaran.
Terdapat sejumlah poin yang wajib Anda riset terkait pelaksanaan promosi, di antaranya:
- Siapa target audiens Anda?
- Apa permasalahan atau kebutuhan utama konsumen Anda?
- Apa tujuan jangka pendek atau panjang dari promosi ini?
- Bagaimana cara terbaik mendekati pelanggan?
- Bagaimana cara kompetitor Anda mempromosikan layanan mereka? Adakah yang bisa Anda improvisasi dari strategi tersebut?
- Kapan waktu terbaik mempromosikan jasa?
- Berapa budget promosi yang bisa Anda anggarkan?
- Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.
2. Tentukan Platform Promosi
Langkah selanjutnya, tentukanlah platform/media yang ingin Anda gunakan saat berpromosi. Pemilihan media akan memengaruhi bentuk konten Anda nantinya.
Semisal Anda ingin menggencarkan iklan di website. Otomatis, materi promosi akan lebih banyak berupa artikel atau tulisan copywriting. Namun jika Anda memilih promosi di sosmed seperti Instagram, maka konten yang cocok adalah aneka foto/video.
Anda boleh memasang iklan lebih dari 1 platform promosi sesuai kebutuhan. Namun jangan terlalu memakai terlalu banyak media demi menjaga efektivitas serta fokus kampanye. Cukup pilih platform yang paling diminati/sering diakses oleh target calon konsumen.
3. Riset Ide dan Tren yang Sedang Viral
Kemas iklan dengan aneka ide atau tren yang sedang viral supaya hasilnya lebih menarik.
Banyak penelitian membuktikan bahwa brand yang up to date dengan isu terhangat lebih gampang mendapat sorotan di masyarakat. Dengan kata lain, nama perusahaan Anda dapat lebih cepat terkenal.
Nah, cara termudah untuk mengetahui tren yang lagi viral adalah dengan memanfaatkan tools analisis seperti Google Trends. Anda juga bisa menyimak informasi terbaru di dunia maya lewat menu ‘explore’ atau ‘now trending’ yang dimiliki hampir semua sosmed kekinian.
4. Gunakan Judul yang Memikat
Langkah selanjutnya adalah membuat kalimat pembuka atau judul iklan yang memikat. Sebisa mungkin kreasikan judul iklan Anda demi menciptakan rasa penasaran audiens. Sangat disarankan untuk memakai strategi copywriting supaya tulisan Anda jadi lebih menarik.
5. Lengkapi dengan Informasi Terkait Jasa
Berikutnya lengkapi iklan Anda dengan beragam informasi terkait jasa. Bagian ini merupakan inti pesan yang mau Anda sampaikan ke calon konsumen.
Bentuk informasi yang dicantumkan dalam iklan promosi jasa juga berbeda-beda, tergantung pada servis yang Anda sediakan. Namun semakin relevan isi informasi dengan kebutuhan pembeli, maka makin besar pula keinginan mereka mencoba layanan.
6. Sisipkan Keyword ke dalam Iklan
Selipkan 1 hingga 2 kata kunci terkait layanan jasa ke dalam deskripsi iklan Anda. Hal ini dapat mendongkrak visibilitas iklan agar lebih mudah ditemukan calon pembeli.
Semisal Anda ingin mempromosikan jasa fotografi murah. Nah, Anda dapat menggunakan banyak varian kata kunci yang relevan seperti: jasa sewa fotografer atau fotografer murah.
Hanya saja, penentuan kata kunci tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Manfaatkanlah alat riset keyword gratis seperti Google Keyword Planner, Semrush atau Ubersuggest, untuk memperoleh rekomendasi yang tepat.
7. Paparkan Manfaat dan Keunggulan Jasa
Poin berikutnya yang wajib ada dalam setiap iklan penawaran adalah manfaat dan keunggulan layanan. Dua hal ini akan membuat audiens merasa kian tertarik mencoba servis brand Anda. Maka dari itu, Anda perlu menulis manfaat jasa dari kacamata konsumen.
8. Jelaskan dengan Sederhana
Semua informasi dalam iklan sebaiknya dipaparkan dengan sederhana, lugas, dan tidak bertele-tele. Hal ini bertujuan untuk mempermudah konsumen mencerna isi iklan. Kesederhanaan iklan sebaiknya dicerminkan dari sisi kepenulisan (copywriting) dan juga desain.
9. Tutup dengan Call To Action
Selalu akhiri iklan Anda dengan ajakan untuk bertindak (Call To Action). Misalnya seperti:
- “Pesan sekarang”.
- “Beli di sini”.
- “Order sebelum kehabisan”.
- “Langganan langsung dengan klik link ini.”
- “Ketuk banner untuk mendapat promo.”
- “Klaim voucher Anda”.
- Dan masih banyak lagi sesuai tujuan iklan masing-masing.
Poin CTA juga bisa dikemas dalam berbagai bentuk, mulai dari tulisan copywriting, elemen desain grafis, hingga desain tombol khusus dengan warna-warni mencolok.
10. Buat Iklan yang Mobile Friendly
Tips terakhir, cobalah untuk membuat iklan penawaran yang mobile friendly. Trik ini bermanfaat untuk memaksimalkan daya jangkau iklan layanan Anda di masyarakat, mengingat hampir semua orang kini mengandalkan smartphone untuk mengakses informasi terbaru.
Membuat iklan yang mobile friendly tidak begitu sulit. Minimal Anda perlu menyesuaikan tampilan serta format iklan agar pas sesuai standar ukuran layar ponsel. Cara lainnya, Anda bisa menggencarkan promosi di sosial media.
Contoh Iklan Penawaran Jasa dari Berbagai Bidang Bisnis
Berikut adalah beberapa contoh iklan penawaran jasa dari berbagai ranah yang bisa Anda jadikan inspirasi:
1. Iklan Penawaran Layanan Ojek Online
- Kesiangan dan takut telat atau macet? Tenang, pesan jasa Ojek Online kami sekarang lewat app, dijamin auto sat-set-sat-set!
- Pergi kemana saja, tarif tetap sama! Order OjolKu sekarang, tarif hanya 10 ribu rupiah plus banyak diskon menarik!
- Anti laper di jam genting dengan pesan makan siang gratis ongkir di YukFood! Ketuk banner untuk melihat rekomendasi top resto di lokasimu & klaim puluhan voucher diskon menariknya.
2. Iklan Penawaran Layanan Servis
- Spesialis sedot WC mampet/penuh dan keran bocor di rumah. Dikerjakan langsung oleh tenaga profesional. Hubungi @servisandalanku sekarang, harga bisa nego!
- Barang elektronik kesayangan Anda rusak? Jangan panik, kami siap menyelamatkan gadget Anda! Hubungi 081237482xx sekarang untuk konsultasi, GRATIS.
3. Iklan Penawaran Pembuatan Website dan Aplikasi
- Hari gini masih belum punya website bisnis sendiri? Tingkatkan performa olshop Anda bersama APPKEY! Kami menyediakan konsultasi gratis seputar masalah bisnis online dan pembuatan web/app murah se-Indonesia, langsung klik https://appkey.id/ ya!
- 9 dari 10 bisnis online sukses meraup omset ratusan juta dengan website sendiri buatan JagoWeb! Melayani custom website bisnis dan personal sesuai kebutuhan, cek portofolionya di www.jagoweb.com.
4. Iklan Penawaran Bimbel dan Kursus
- It’s time to back to school!! Yuk gapai cita-cita dan jadi juara di sekolah bersama Bimbel Kidi, les privat online dan offline terbaik se-Bali untuk semua mata pelajaran. Segera book slot belajar spesial untuk bulan ini sebelum penuh.
- Mau jago cas-cis-cus bahasa Inggris seperti orang Amerika? Join program Speaking Mastery bersama Mr. Robert sekarang di www.robertenglish.id. Ada cashback hingga 50% bagi 10 pendaftar pertama!
5. Iklan Penawaran Jasa Finance
- Sedang butuh dana cepat?? Ajukan cicilan bunga ringan hingga 0% di BaliBali Credit! Limit besar hingga 80 juta dan langsung cair dalam 24 jam tanpa syarat.
- Buka tabungan bonus iPhone 14 terbaru hanya di AirBank mobile. Banyak program menarik lainnya juga menanti untuk nasabah baru di akhir tahun. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di sini!
6. Iklan Penawaran Jasa Travel
- Galau diputusin ayang? Jangan sedih lama-lama, bestie! Manjakan dirimu dengan program spesial staycation di Gili Trawangan bersama Travel2You. Info selengkapnya klik @travel2you_promo.
- Mari sambut New Year bareng keluarga dengan paket jalan-jalan super hemat ke Singapura, cuma 10 juta untuk 4 orang. Book tiketmu sekarang juga sebelum kehabisan!
7. Iklan Penawaran Jasa Konten Kreator
- Abadikan memori indah pernikahan/ulang tahun/gathering/wisuda dll bersama Ayana Gallery Bandung. Ditangani oleh fotografer dan videografer profesional, ada studio khusus dan set outdoor. Harga terjangkau bisa nego.
- Calling all UMKM se-Indonesia!!! Ruang Kreatif membuka jasa desain produk/kemasan/logo murah dengan hasil bintang 5. Limited slot only; tidak puas, uang kembali! Cek portofolio & info pemesanan di www.ruangkreatif.com.
Demikianlah pembahasan seputar cara membuat iklan penawaran jasa yang menarik beserta contoh-contohnya. Bagaimana, menyusun iklan promosi jasa itu ternyata cukup mudah, ‘kan?
Gali lebih banyak tips dan inspirasi bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Jangan lewatkan koleksi artikel terbarunya setiap hari dengan mengklik https://markey.id/ atau instal MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.