Last Updated on October 7, 2022 by
Mau produk atau jasa Anda terjual lebih cepat? Yuk promosikan bisnis Anda dengan 15 contoh copywriting yang menarik berikut ini!
Copywriting adalah strategi pemasaran dengan kalimat persuasif yang kuat. Trik ini mampu menghipnotis pembaca supaya mau bertindak sesuai keinginan kita. Maka dari itulah kegunaan teknik copywriting tak pernah lekang oleh waktu.
Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan ketika menyusun kalimat copywriting yang menarik. Daripada ikut galau, mari langsung simak aneka tips menulis copywriting yang menarik untuk olshop disertai contohnya di sini.
Daftar Isi
15 Contoh Copywriting yang Menarik untuk Olshop Masa Kini
Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mencari inspirasi caption promosi yang memikat. Langsung simak rangkuman tips dan contoh copywriting yang menarik bagi olshop kekinian berikut ini:
1. Copywriting Headline Kontroversial
Tulisan headline yang kontroversial sukses menjadi contoh copywriting yang menarik dan layak dicoba. Ini karena tulisan kontroversial mempunyai gaya bahasa yang “menantang” serta tak lazim, sehingga lebih mudah mencuri perhatian audiens.
Selain itu, copywriting dengan nada kontroversi juga banyak memakai kosakata yang “mengejutkan” atau “menggebrak” perhatian pembaca.
Contohnya:
- AWAS!!! Ada kopi susu gula aren terenak 10 ribuan di sini!
- Hari gini masih percaya krim pemutih? Mending ganti ke serum whitening “Sakura”.
- Rusak saja buku ini: solusi cepat atasi kegalauan dan overthinking.
2. Copywriting dengan Kategori “Terbaik”
Contoh copywriting yang menarik sekaligus termudah lainnya adalah dengan memakai kata-kata kategori ‘terbaik’. Misalnya seperti “termurah”, “terlaris”, “paling berkualitas”, “terpopuler”, “terviral”, “terbaru” dan seterusnya.
Kosakata tersebut dapat menonjolkan produk atau jasa Anda di mata audiens nantinya. Contoh copywritingnya:
- Finance ABC: Layanan asuransi terlengkap dan termurah se-Indonesia.
- Sudah cobain makaroni pedas terviral “Sambalado”? Segera order di sini!
- Ribuan hotel termurah di Bali sekarang bisa kamu pesan langsung dari “Jalan-Jalan App”. Download sekarang!
3. Copywriting dengan Quotes
Punya quotes atau jargon unik yang memikat perhatian? Jangan ragu untuk menggunakannya sebagai kalimat pembuka tulisan copywriting promosi!
Menyematkan quotes populer ke tulisan copywriting terbukti ampuh menarik perhatian masyarakat. Dengan catatan, jargon yang digunakan tetap sesuai konteks/tujuan promosi.
Contohnya:
- Selalu ada selalu bisa! Beli semua di Tokopedia.
- Si paling bikin happy! Cuma hari ini ada promo seru B1G1 di Sunshine Beauty, kuy mampir!
4. Copywriting dengan Jaminan (Klaim)
Anda boleh mengklaim bisnis/online shop milik sendiri sebagai yang terbaik di bidangnya. Strategi marketing ini dapat menarik perhatian audiens sekaligus memperkuat branding.
Contohnya:
- Dijamin super hemat belanja di We Buy! Ada yang lebih murah? Kami ganti belanjaanmu 2x lipat!
- Rahasia ampuh turun berat badan tanpa menyiksa diri, cuma dengan 1 botol saja.
- Gerai fashion terbesar se-Asia Tenggara kini hadir spesial di kotamu.
- Jadi lebih pintar berbisnis online bersama MARKEY, ribuan orang sudah membuktikannya!
5. Copywriting dengan Pertanyaan untuk Audiens
Pernahkah Anda menemukan deskripsi copywriting dalam kalimat tanya? Bentuk tulisan yang seperti itu memang sengaja dilakukan guna membangun keakraban penulis dan audiens.
Namun Anda harus bisa memahami kesulitan-kesulitan audiens agar dapat membuat rumusan kalimat tanya yang tepat. Dengan begini, konsumen akan merasa bahwa Anda mengerti permasalahan mereka dan menyajikan solusinya dalam tulisan copywriting/promosi.
Contohnya:
- Sering nggak PD karena jerawat membandel? Baca sampai habis untuk tahu solusinya.
- Siapa yang nggak mau dagangannya laris manis diburu pembeli? Kami punya tips dan trik khusus untuk memaksimalkan omset olshop!
- Mau pesan apa hari ini? Yuk cobain menu terbaik khas Indonesia di Lunch Resto, bonus diskon hingga 60% menanti!
6. Copywriting dengan “Warning”
Contoh copywriting yang menarik selanjutnya adalah warning headline (headline dengan peringatan). Penulis dengan sengaja membangkitkan rasa takut audiens sehingga mereka terdorong untuk menyimak isi teks hingga tuntas.
Namun jangan hanya sekadar memicu ketakutan pembaca saja. Berikanlah juga jawaban/solusi terbaik agar audiens merasa puas dan tidak mencemaskan masalah.
Sudah ada banyak contoh copywriting yang menarik dengan warning headline, misalnya:
- Waspada jika sering galau! Bisa jadi tanda awal gangguan kecemasan. Ini solusinya.
- Hati-hati frozen food berbahan kimia! Sayangi keluarga dengan belanja makanan siap santap di NomNom Food, 100% organik.
7. Copywriting Tutorial
Inspirasi tulisan copywriting lainnya adalah mengawali kalimat dengan pertanyaan tutorial (how to). Konten how to banyak dicari audiens karena sering menyediakan jawaban atas pertanyaan mereka. Alhasil, tulisan copywriting ini ampuh untuk meningkatkan engagement sekaligus branding bisnis.
Contoh:
- Bagaimana cara mendaftar Shopee affiliates? Ini tips dan triknya [100% berhasil!]
- Panduan komplit make up flawless untuk pemula [Disertai rekomendasi produk]
8. Copywriting Perbandingan
Sesuai dengan namanya, trik copywriting perbandingan menjanjikan ulasan dua atau lebih produk. Konten perbandingan cukup banyak dicari masyarakat karena membantu mereka dalam memutuskan produk/jasa terbaik.
Anda bisa membandingkan apa saja, mulai dari varian produk yang Anda jual atau spesifikasi produk sendiri versus milik pesaing. Meski begitu, Anda tidak boleh menjelekkan salah satu item. Cukup beri penjelasan yang detail terkait perbedaan antar produk, lalu biarkan audiens yang memilih.
Contoh:
- Moisturizer varian ABC versus XYZ, mana yang paling cocok untuk kulit sensitif? Ini jawabannya!
- Keuntungan dan perbedaan utama IG Reels dan TikTok, content creator wajib tahu!
9. Copywriting dengan Kalimat Perintah
Pernahkah Anda terpikir untuk mempromosikan produk/jasa memakai kalimat perintah? Ternyata ada banyak contoh copywriting yang memikat dengan kalimat-kalimat suruhan, lho!
Tulisan copywriting dengan kalimat perintah ditujukan untuk mengarahkan pemirsa agar bertindak sesuai tujuan kampanye. Kalimat yang digunakan biasanya bersifat mendesak serta jelas alasannya. Misalnya seperti:
- Join live streaming sale untuk menangkan undian iPhone 13 terbaru gratis.
- Segera klaim voucher belanja hingga 100 ribu di aplikasi BukuKu, gratis siapa cepat dia dapat! Download appnya di Playstore sekarang.
10. Copywriting dengan Angka (Number Headline)
Sejumlah studi digital marketing menunjukkan fakta menarik: sebagian orang ternyata lebih mudah dibujuk dengan tulisan copywriting dengan angka di dalamnya. Ini karena angka mendongkrak rasa kepercayaan konsumen terhadap isi tulisan. Otomatis, engagement audiens dengan konten promosi tipe ini terbilang cukup tinggi.
Contohnya:
- 9 dari 10 orang berhasil turun berat badan hingga 10 kg dalam 3 bulan! Apakah kamu yang berikutnya? Daftar kelas work out spesial di sini.
- Join program affiliate Toko Mebel sekarang juga! Gratis tanpa syarat dan bisa cuan hingga 80% per transaksi.
- Spesial Senin Happy! Diskon hingga 50% all item di toko Mom and Baby tanpa minimal belanja, cusss sikat!!
11. Copywriting dengan Rasa Penasaran
Rasa penasaran adalah bentuk emosi baik lainnya dalam hal promosi memakai strategi copywriting. Emosi ini dipandang lebih positif dari rasa takut, plus bisa meningkatkan keinginan audiens menyimak isi konten hingga tuntas.
Contoh:
- Mau dapat omset belasan jutaan sebulan? Tentu bisa! Ini caranya…
- Memutihkan gigi secara alami tanpa obat kimia, ini rahasianya…
12. Copywriting yang Menantang
Tidak ada salahnya memancing rasa penasaran pembaca dengan sedikit bumbu tantangan di headline copywriting. Jika dikemas dengan baik, konten ini bisa meninggalkan kesan mendalam yang positif di benak pemirsa.
Contoh terbaik copywriting dalam kategori ini jatuh pada brand Tolak Angin. Melalui jargon khasnya, “Orang pintar minum Tolak Angin”, mereka ‘menantang’ masyarakat untuk ‘membuktikan diri sebagai orang pintar’ dengan menggunakan produk mereka.
13. Copywriting Mendalam
Penulisan copywriting dengan ulasan mendalam cocok dipakai dalam konten berupa artikel. Pasalnya, tulisan sejenis ini bertujuan mengedukasi audiens terkait alasan/penyebab terjadinya sesuatu hal.
Semisal Anda ingin mempromosikan produk skincare anti kulit kering dan kemerahan secara meyakinkan. Anda dapat membungkus iklan secara soft-selling dengan menjelaskan penyebab terjadinya kulit kering serta kemerahan terlebih dahulu.
Baru nantinya dilanjutkan dengan tawaran solusi (produk Anda). Dengan begini, audiens akan merasa lebih yakin untuk mencoba produk Anda.
Beberapa contoh judul copywriting mendalam yang menarik perhatian:
- Terkuak! Ini 5 penyebab kulit kemerahan yang tak disadari, baca sampai habis untuk tahu solusinya.
- Keuntungan rahasia memiliki website sendiri bagi UMKM [+Jasa Pembuatan Web Murah]
14. Copywriting dengan Urgensi
Satu lagi trik psikologi yang dimanfaatkan dalam strategi marketing: copywriting dengan urgensi/kepentingan. Strategi ini mirip dengan copywriting warning yang memanfaatkan perasaan FOMO (Fear Of Missing Out) audiens.
Hasilnya, pembaca didorong untuk harus segera bertindak usai membaca tulisan copywriting Anda. Tulisan headline dengan unsur urgensi kerap ditemukan dalam promosi diskon, flash sale, sale limited edition, dan sejenisnya:
- Hanya hari ini! Diskon 90% all item di Bali Beauty Shop, plus free ongkir ke seluruh Indonesia!
- Flash sale banting harga semua koleksi sepatu terkece di Shoes Kita! Check out sekarang sebelum kehabisan stoknya!
15. Copywriting Headline “Gimmick”
Strategi copywriting unik yang terakhir untuk mempromosikan usaha adalah headline gimmick. Trik ini memaksimalkan penggunaan gaya bahasa berupa kata-kata pengulangan, click-baiting dan permainan suara (rima).
Menulis headline gimmick bisa jadi sedikit sulit karena penulis harus benar-benar selektif dalam menyusun kata-kata. Beberapa contoh copywriting dengan headline yang bersifat gimmick adalah:
- Rasa baru untuk tujuan yang baru.
- Menu spesial snack wrap, it’s a wrap!
- Olshop sepi? Atasi segera dengan tips ini agar bisnis tak mati.
Itulah aneka tips dan contoh copywriting yang menarik untuk semua online shop. Anda bebas memilih hendak menggunakan ide copywriting yang mana dari kelima belas poin di atas. Selamat mencoba!
Ikuti terus update terhangat seputar kiat-kiat sukses bisnis online hanya dari MARKEY. Baca gratis ratusan artikelnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.