Brand Awareness Adalah? Berikut Cara Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai konsumen, pastinya tidak mudah dalam memutuskan pembelian suatu produk maupun jasa. Pasalnya, kini banyak produk maupun jasa serupa yang hadir di pasaran. Oleh karena itu, brand awareness adalah suatu aktivitas yang perlu dilakukan dalam sebuah bisnis, salah satunya yaitu untuk menjaring konsumen.

Brand awareness mampu menggiring konsumen untuk memilih suatu produk maupun jasa tertentu dalam sebuah brand. Dengan demikian, sebaiknya mengaplikasikan brand awareness karena memiliki efek jangka panjang yang baik bagi sebuah bisnis. Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana mengaplikasikan brand awareness, sebaiknya ketahui dulu pengertian dari brand awareness berikut ini.

Apa Itu Brand Awareness?

brand-awareness-2

Brand awareness adalah suatu istilah pemasaran yang mendeskripsikan seberapa besar kemampuan konsumen dalam mengenal dan mengingat suatu brand. Termasuk di dalamnya yaitu mengenal dan juga mengingat sebuah logo, tagline, jingle, dan hal lainnya yang berhubungan dengan sebuah brand tertentu.

Brand awareness adalah penting dilakukan dalam sebuah bisnis terlebih jika ingin memasarkan sebuah produk atau jasa yang baru dipasaran. Dengan adanya brand awareness, maka brand tersebut memiliki tingkat kualitas tersendiri yang bisa membedakan dengan brand lainnya yang ada di pasaran. Misalnya, di Indonesia sendiri ada berbagai macam brand mie instant di pasaran.

Tetapi, hanya ada satu mie instant yang paling terkenal di Indonesia. Konsumen di Indonesia kerap menyebut brand tersebut sebagai pengganti kata dari mie instan. Hal tersebut tentu saja wajar karena mie instan tersebut memiliki brand awareness yang sangat baik pada mata konsumen di Indonesia.

Oleh karena itu, apabila ingin produk maupun jasanya dikenal dan juga diingat oleh konsumen, hendaknya membangun dan meningkatkan brand awareness. Brand awareness penting diaplikasikan karena akan menguntungkan sebuah bisnis dalam jangka panjang. Alasan pentingnya brand awareness akan dibahas lebih lanjut dibagian artikel selanjutnya.

Alasan Pentingnya Brand Awareness Pada Sebuah Bisnis

brand-awarnes-1

Setelah memahami pengertian brand awareness dan contoh konsep brand awareness, kini bisa diambil kesimpulan bahwa brand awareness itu penting dilakukan. Pasalnya, membangun dan juga meningkatkan brand awareness akan memiliki efek yang panjang pada suatu brand. Berikut ini adalah alasan betapa pentingnya brand awareness dalam sebuah bisnis.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali maupun mengingat suatu brand. Oleh karena itu, jika menginginkan kepercayaan dan juga menciptakan brand yang familiar dibenak konsumen, sebaiknya membangun dan juga meningkatkan brand awareness.

Dengan brand yang familiar dibenak konsumen, maka kosumen akan percaya pada kualitas suatu brand. Hal ini tentunya secara tidak langsung akan mampu menggerakkan konsumen untuk untuk membeli produk maupun jasa brand tersebut.

Misalnya, jika ada dua brand minuman kemasan, satu produk sudah terkenal namun satunya lagi adalah produk baru. Maka, adanya kecenderungan konsumen untuk memilih minuman kemasan yang sudah terkenal tersebut. Itulah yang akan terjadi jika menciptakan dan juga meningkatkan brand awareness pada suatu brand.

Lebih Mudah untuk Mendapatkan Konsumen Baru

Setiap konsumen lebih cenderung memilih membeli produk maupun jasa dari brand yang sudah familiar dibenak mereka. Meskipun kini sudah banyak brand dengan berbagai macam produk dan juga jasa yang sudah beredar di pasaran.

Hal tersebut menandakan bahwa konsumen akan memilih produk ataupun jasa yang memiliki brand awareness yang baik. Oleh karena itu, setiap brand penting membangun dan juga meningkatkan brand awareness untuk mendapatkan konsumen yang baru.

Selain itu, suatu brand juga tetap harus menjaga kualitas produk maupun jasa yang dipasarkan. Maka, suatu produk maupun jasa yang ditawarkan haruslah memiliki kualitas yang bagus serta brand awareness yang baik. Dengan begitu, suatu brand tersebut akan lebih mudah menjaring konsumen baru yang potensial.

Menjadikan Konsumen Setia

Selain bisa mendapatkan konsumen baru, brand awareness adalah sesuatu yang dapat mendorong konsumen agar loyal terhadap suatu brand apalagi jika memiliki nilai tinggi. Hal ini tentunya tidak mudah, mengingat banyak produk yang sama dipasaran saat ini dan sifat konsumen yang cenderung suka mencoba-coba.

Oleh karena itu, suatu brand hendaknya memiliki kualitas produk maupun jasa yang bagus dengan reputasi konsumen yang baik. Apabila semuanya terpenuhi, maka konsumen akan senang menggunakan produk maupun jasa tersebut. Dengan begitu, mereka juga enggan mencoba-coba brand lainnya dan loyal terhadap brand tersebut.

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness

brand-awareness-4

Setelah membicarakan tentang pentingnya brand awareness, kini saatnya mengetahui bagaimana cara meningkatkan brand awareness. Tentunya ini tidak mudah dan harus dilakukan dengan konsisten dan secara menyeluruh. Berikut ini adalah 5 cara meningkatkan brand awareness yang patut untuk diketahui:

Membuat Logo dan Tagline yang Menarik dan Mudah Diingat

Brand awareness adalah sebuah proses panjang untuk dilakukan agar terllihat hasilnya. Namun, tahapan pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya yaitu dengan membuat logo maupun tagline yang menarik dan juga mudah diingat oleh konsumen. Pasalnya, logo akan muncul disetiap media yang digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis.

Apabila ingin membuat tagline, buatlah tagline yang merepresentasikan brand tersebut. Dengan begitu, konsumen akan mudah menghubungkan tagline dengan brand tersebut. Pilihlah kata-kata sederhana dan dekat dengan kehidupan konsumen sehari-hari.

Menawarkan Reward pada Konsumen

Setiap konsumen tentunya menyukai reward yang ditawarkan oleh setiap brand. Meskipun ada konsumen yang loyal pada brand tertentu, konsumen tersebut cenderung tetap menyukai tawaran reward yang ada pada sebuah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan brand awareness, berikanlah reward pada konsumen.

Contohnya, bisa memberikan potongan harga, cashback, voucher, maupun promo menairk lainnya. Cara ini juga bisa ditempuh untuk menjading konsumen potensial baru agar mencoba membeli produk atau layanan pada sebuah brand. Tidak lupa untuk tawarkan reward dengan beberapa syarat yang bisa meningkatkan brand awareness sebuah brand.

Mengoptimalkan Media Sosial dan Website

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki jumlah pengguna media sosial yang tinggi. Oleh karena itu, hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan brand awarenss dalam sebuah bisnis. Pastikan brand tersebut aktif di media sosial dan juga memiliki website yang berisi informasi menarik dan juga informatif.

Memaksimalkan penggunaan media sosial dan website juga bisa menjangkau konsumen lebih luas dengan target tertentu. Fitur yang bisa digunakan yaitu fitur iklan yang bisa meningkatkan brand awareness konsumen pada suatu brand tertentu. Iklan tersebut dapat menggiring konsumen untuk tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai suatu brand dan menciptakan keputusan pembelian.

Memperhatikan Review Konsumen

Pastikan suatu brand memiliki review positif dari konsumen, baik dalam dunia nyata ataupun pada dunia maya. Hal ini karena akan terasa percuma jika sudah aktif di media sosial maupun website tetapi memiliki review konsumen yang buruk. Selain itu, giring juga konsumen untuk memberikan review yang positif terhadap brand tersebut.

Misalnya, berikanlah reward untuk setiap konsumen yang memberikan review terhadap produk atau jasa yang beli atau digunakan. Cara ini bisa dijadikan sebagai sarana evaluasi tetapi juga mampu memperkuat brand awareness.

Menggunakan Influencer

Influencer adalah seseorang ataupun sekelompok orang yang memiliki followers yang banyak sehingga terhubung dengan konsumen yang luas. Kemudian, influencer akan melakukan promosi suatu produk maupun jasa pada followers-nya.

Biasanya influencer ini dipercaya oleh para pengikutnya sehingga apabila influencer tersebut menggunakan produk tertentu, followers-nya memiliki kecenderungan untuk mengikutinya. Influencer juga aktif diberbagai platform sehingga memiliki jangkauan yang luas. Oleh karena itu, influencer marketing adalah cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Brand awareness adalah bagian penting dari sebuah proses bisnis yang mempengaruhi pengambilan keputusan oleh konsumen. Dengan begitu, brand awareness adalah penting dalam sebuah bisnis harus dilakukan karena bisa menciptakan trust sampai dengan meningkatkan penjualan. Maka, lakukanlah 5 cara yang sudah disebutkan di atas agar memiliki brand awareness yang tinggi.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol