Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 31

8 Cara Pasang Iklan Shopee dan Rincian Biayanya

0
iklan shopee

Bisnis Anda di Shopee masih terasa sepi? Yuk segera pasang iklan Shopee supaya produk-produk terbaik Anda lebih sering dilirik konsumen!

Bertransaksi di ecommerce kini merupakan salah satu kebiasaan masyarakat, khususnya setelah melalui era pandemi Covid-19. Berjualan di lapak online seperti Shopee menjadi alternatif karena simpel, gratis, dan tentunya laris-manis dikunjungi ribuan calon pembeli setiap hari.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar toko di Shopee kini sangat ketat karena ada ribuan orang yang mencari peluang bisnis di sini. Tapi Anda tidak perlu risau, sebab Anda bisa mencoba memasang iklan Shopee untuk mengungguli kompetisi tersebut.

Bagaimana cara beriklan di Shopee? Yuk cari tahu langsung dengan membaca ulasan manfaat, jenis-jenis dan cara memasang iklan di Shopee berikut ini!

Apa Itu Iklan Shopee?

iklan shopee

Tidak hanya fokus menyediakan fitur-fitur transaksi online saja, Shopee juga menyediakan menu iklan khusus bagi para penjual (seller) agar dagangannya lebih cepat dilirik konsumen.

Iklan Shopee membantu Anda memasarkan nama toko dan produk ke seluruh pengguna Shopee di website dan aplikasi. Tentu hal ini akan mendorong brand awareness atau pengetahuan masyarakat terkait produk Anda. Kemudian barulah muncul peluang besar bagi produk untuk laku terjual.

Pihak Shopee sendiri mengklaim adanya peningkatan omset hingga 20% di kalangan seller yang pernah memasang iklan. Sedangkan awareness produk bisa bertambah hingga 28%. Oleh sebab itu, setiap seller hendaknya mencoba beriklan di Shopee, apalagi jika bisnis Anda tergolong baru atau masih sepi pengunjung.

Anda tidak perlu cemas dengan performa iklan karena produk terbaik Anda akan sengaja ditempatkan di beragam posisi strategis, yakni:

  • Halaman beranda Shopee.
  • Halaman hasil pencarian produk.
  • Halaman “Keranjang Saya” milik setiap pembeli.
  • Halaman “Pesanan Saya” dan “Rincian Pesanan” dari setiap pembeli.
  • Halaman rincian suatu produk.

Bagaimana, tertarik mencoba? Fitur iklan di Shopee bisa Anda akses secara langsung melalui aplikasi Shopee atau tautan web resminya di https://iklan.shopee.co.id/.

4 Jenis Iklan Shopee Terbaik untuk Promosi Produk

Nah, tidak seperti iklan online shop yang membosankan, iklan di Shopee hadir dalam 4 varian strategis yang bebas Anda pilih. Tentunya setiap jenis Shopee ads mempunyai karakteristik dan keunggulan masing-masing.

Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis iklan yang ada Shopee:

1. Iklan Pencarian Produk

Pernahkah Anda mencari produk di Shopee dan menemukan rekomendasi item dengan label “iklan”? Ya, itulah contoh nyata dari iklan pencarian produk.

Iklan pencarian produk akan menampilkan item dagangan Anda di posisi teratas laman penelusuran pengguna. Bahkan posisi produk Anda akan langsung ‘mengungguli’ item yang teroptimasi secara SEO di Shopee. Alhasil peluang klik-nya akan lebih besar karena sudah berada di urutan pertama.

Namun iklan pencarian produk bekerja dengan sistem relevansi keyword. Semisal Anda mempromosikan smartphone Samsung. Nah, produk hanya akan muncul jika ada pembeli yang menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Keuntungan Iklan Pencarian Produk:

  • Meningkatkan ranking produk secara instan (tidak perlu melakukan optimasi SEO).
  • Memperbesar peluang penjualan produk.

Kelemahan Iklan Pencarian Produk:

  • Biaya iklan dihitung per klik (Pay Per Click). Jika konsumen hanya mengklik iklan produk dan tidak membelinya, maka Anda akan rugi.
  • Penayangan iklan berdasarkan keyword Anda harus melakukan riset agar tidak salah memilih keyword.

2. Iklan Produk Serupa

Tipe iklan di Shopee yang kedua adalah iklan produk serupa. Biasanya promosi ini diletakkan di bagian bawah halaman rincian produk dengan tanda “Produk Serupa” atau “Kamu Mungkin Juga Suka”.

Tujuan iklan ini adalah memberikan rekomendasi sebanyak-banyaknya bagi calon konsumen yang masih ingin membuat perbandingan. Biasanya pembeli akan tertarik melirik produk serupa yang memiliki tampilan lebih unik, lebih murah, sedang diskon atau punya rating yang lebih tinggi.

Keuntungan Iklan Produk Serupa:

  • Iklan Anda bisa tayang di menu “Rekomendasi” pada halaman utama Shopee selama 30 hari.
  • Nilai visibilitas produk menjadi sangat tinggi karena lebih mudah dilihat konsumen.
  • Lebih mudah menjangkau calon pembeli baru.

Kelemahan Iklan Produk Serupa:

  • Biaya iklan dihitung per klik. Anda bisa rugi kalau konsumen hanya mengklik iklan tanpa membelinya.
  • Persaingan tetap terbilang ketat, terutama untuk produk yang bersifat pasaran dan dengan harga terjangkau.

3. Iklan Pencarian Toko

Sesuai namanya, iklan kali ini berfokus pada promosi toko, bukan sekadar produk tertentu saja. Tipe promosi ini sangat pas bagi brand yang ingin menumbuhkan awareness di Shopee serta meraih lebih banyak pengikut.

Iklan pencarian toko biasanya tampil pada bagian teratas hasil pencarian. Cara kerjanya mirip dengan iklan pencarian produk. Contohnya profil toko Samsung Official akan muncul sebagai rekomendasi store ketika Anda menelusuri keyword ‘smartphone Samsung’.

Profil toko pun hanya berupa ringkasan, mencakup nama, logo, rating, slogan dan terkadang beberapa item terbaik (best seller) yang mereka miliki.

Keuntungan Iklan Pencarian Toko:

  • Menumbuhkan brand awareness bisnis di kalangan pengguna Shopee.
  • Mendatangkan followersbaru ke toko.
  • Meningkatkan peluang transaksi toko secara keseluruhan. Iklan bisa mengarahkan konsumen langsung ke halaman utama bisnis, list produk best seller, maupun laman kategori toko.
  • Membangun loyalitas konsumen dan image bisnis melalui tampilan slogan serta rating dalam iklan.

Kelemahan Iklan Pencarian Toko:

  • Tidak bisa digunakan oleh semua orang. Hanya seller Shopee dengan >40 pesanan ternilai saja yang bisa mengakses fitur ini.
  • Menggunakan sistem bayaran per klik.

4. Iklan Produk Otomatis

Terakhir ada iklan produk otomatis. Keunggulan utama Shopee ads ini adalah paling ‘agresif’ dibandingkan iklan-iklan jenis lainnya.

Iklan produk otomatis bisa muncul di berbagai tempat sekaligus, menyesuaikan dengan penelusuran keyword konsumen dan algoritma web dan app Shopee. Otomatis, iklan ini sangat manjur untuk memaksimalkan penjualan produk di Shopee.

Keunggulan Iklan Produk Otomatis:

  • Muncul di banyak tempat secara bersamaan, di antaranya pada halaman hasil pencarian produk, rekomendasi produk sejenis, hingga beranda produk rekomendasi Shopee.
  • Optimalisasi iklan berlangsung secara otomatis oleh sistem. Anda tidak perlu repot mengatur rincian iklan secara manual seperti pada tiga jenis Shopee ads
  • Mendatangkan traffic, awareness, followers serta peluang transaksi semaksimal mungkin.

Kelemahan Iklan Produk Otomatis:

  • Tarif iklan mengikuti periode penayangan. Semakin lama penayangan, maka makin besar modal iklan yang dihabiskan. Dalam kurun waktu tersebut pun Anda harus berusaha agar produk laku terjual agar tidak rugi.

Rincian Biaya Iklan Shopee

iklan shopee

Seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya, Shopee membebankan tarif iklan untuk setiap item yang kita promosikan. Namun biaya beriklan di Shopee masih cukup terjangkau ketimbang platform marketing lain.

Terdapat tiga metode penentuan tarif iklan di Shopee, yaitu:

  • Biaya iklan per klik: berkisar antara 150 sampai 200 perak (rupiah) per satu kali iklan diklik.
  • Biaya iklan berdasarkan budget: seller bebas menentukan sendiri jumlah modal pemasaran. Misalnya Anda mematok dana iklan 50 ribu rupiah. Nantinya iklan akan berhenti tayang ketika seluruh modal telah habis terpakai.
  • Biaya iklan berdasarkan periode: Shopee menyediakan pilihan paket iklan berdasarkan waktu penayangan. Misalnya 1 minggu, 3 minggu, 1 bulan atau 6 bulan. Anda bebas memilih paket sesuai kebutuhan. Promosi pun akan berhenti otomatis ketika melewati batas waktu pilihan.

Tentunya pihak Shopee mengizinkan seller memilih sendiri metode pembayaran iklan serta alokasi budget sesuai kemampuan masing-masing. Jadi Anda bisa lebih leluasa berpromosi tanpa perlu takut kantong jebol.

Agar promosi lebih efektif, tim Seller Centre Shopee secara resmi menyarankan para penjual untuk menyiapkan dana 50 ribu rupiah sebagai modal promosi.

8 Cara Membuat Iklan di Shopee untuk Pemula

Sekarang tibalah kita pada bagian yang paling dinantikan: tutorial membuat iklan Shopee pertama Anda untuk menarik pembeli.

Memasang Shopee ads terbukti sangat gampang, bahkan untuk pemula yang baru pertama kali mencoba. Ini karena seluruh fitur promosi sudah tersedia lengkap di platform.

Yuk langsung simak dan praktekkan 8 cara membuat iklan di Shopee berikut ini:

1. Mendaftar Akun Shopee

Anda wajib mempunyai akun Shopee jika ingin mempromosikan barang dagangan di platform ini. Jadi daftarkan diri Anda sebagai pengguna Shopee atau log in ke akun Shopee jika Anda sudah memilikinya.

Proses pendaftaran Shopee sangat mudah, cepat dan gratis dengan nomor telepon dan alamat email aktif. Setelah memiliki akun, aktivasi fitur Seller (Toko) agar Anda bisa berjualan.

2. Akses Seller Centre

Fitur Shopee ads tersedia di menu Seller Centre. Jika Anda mengakses Shopee dari website, lakukan log in ke Seller Centre, lalu scroll sedikit ke bawah untuk menemukan menu “Promosi Saya”. Klik pada menu kemudian pilih “Iklan Shopee”.

Namun jika Anda masuk dari aplikasi, klik menu profil atau “Saya”. Kemudian, cek bagian pojok kiri hingga menemukan ikon “Toko Saya”. Klik menu tersebut dan cari “Iklan Shopee”.

Catatan penting: jangan gunakan tools blokir iklan (adblock) karena hal tersebut akan mengagalkan loading menu Shopee ads.

3. Buat Iklan Baru

Setelah berada di laman fitur iklan, geser pandangan ke bagian kanan dashboard untuk menemukan tombol oranye berlabel “+ Buat Iklan Baru”. Pencet tombol tersebut.

4. Pilih Jenis Iklan

Anda akan melihat keempat jenis iklan di Shopee yang bisa dipilih sendiri sesuai kebutuhan. Klik salah satu jenis iklan dan lanjutkan. Anda juga bisa mempelajari kembali rincian deskripsi dari setiap opsi ads agar tidak salah pilih.

5. Pilih Produk yang Akan Dipromosikan

Jika Anda memasang iklan pencarian produk, iklan produk serupa, atau iklan produk otomatis, maka Anda wajib memilih barang dagangan yang hendak dipromosikan. Sebaiknya fokuskan pilihan Anda pada item yang best seller atau sedang trending untuk memperbesar peluang keberhasilan promosi. Namun lewati tahap ini jika Anda memilih iklan pencarian toko.

6. Tentukan Budget dan Waktu Kampanye

Setiap seller bisa menentukan sendiri budget serta durasi penayangan iklan. Anda dapat memilih dua opsi yang ditentukan:

  • Budgetdan waktu tanpa batas: iklan akan terus berjalan mengikuti saldo penjual yang Anda punya; tidak ada batasan waktu penayangan iklan.
  • Budget dan waktu yang ditentukan:tetapkan budget khusus untuk setiap kampanye, misalnya 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Iklan bisa berhenti ketika budget habis atau sudah melewati batas waktu ketentuan.

7. Atur Kata Kunci (Keyword)

Pilih kata kunci yang mampu menggambarkan produk dengan baik agar iklan bisa muncul ke hadapan calon konsumen yang tepat. Anda bisa mengatur keyword produk secara otomatis memakai fitur Shopee “pilih otomatis”, atau melakukan riset sendiri dan melakukan input manual.

Jika melakukan riset manual, ada baiknya untuk menggunakan aneka tool riset keyword seperti Google Trends supaya tidak salah pilih keyword.

8. Konfirmasi Iklan Anda

Selamat, iklan bisnis Shopee Anda kini sudah siap diluncurkan! Anda hanya perlu mengklik tombol “konfirmasi” dan iklan pun sudah langsung meluncur ke beranda konsumen.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait tata cara beriklan di Shopee. Ayo tunggu apa lagi, segera tingkatkan omset bisnis Anda di Shopee dengan mengiklankannya sesuai tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Tak lupa untuk terus ikuti MARKEY karena ada lebih banyak tips sukses bisnis online menanti Anda setiap hari. Baca gratis koleksi artikel terbaik MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan Appstore). Sampai jumpa lagi.

Impressions Instagram Adalah: Arti, Cara Hitung & Manfaatnya

0
impressions Instagram adalah

Impressions Instagram adalah hal yang sering kita jumpai saat mengelola Instagram marketing. Fitur ini bisa mengungkap seberapa menarik postingan IG yang kita unggah menurut warganet.

Mengelola bisnis di Instagram sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini. Pasalnya, Instagram adalah sosial media dengan jumlah pengikut terbesar sedunia. Bahkan jumlah total penggunanya kini telah melampaui Facebook yang sempat dijuluki “Raja Sosmed”.

Meski begitu, Anda tetap wajib memantau performa unggahan Instagram melalui impressions. Fitur ini menjadi “senjata wajib” para marketer karena menyimpan segudang fungsi penting bagi bisnis-bisnis online di IG. Apa sajakah mereka?

Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkap terkait Instagram impressions berikut ini!

Arti Impressions Instagram Adalah

impressions Instagram adalah

Apa itu impressions Instagram? Impressions Instagram adalah jumlah penayangan suatu konten di IG. Konten yang dimaksud mencakup postingan yang Anda unggah sendiri maupun iklan-iklan Instagram (IG Ads).

Impressions juga merupakan salah satu metrik penting dalam aktivitas Instagram marketing. Metrik impressions mempunyai sejumlah fungsi, salah satunya adalah mengukur efektivitas konten IG Anda untuk menjaring perhatian audiens. Alhasil, fitur impressions sangat berguna dalam evaluasi keberhasilan pemasaran di IG.

Penting untuk diperhatikan juga bahwa fitur impression hanya tersedia di profil Instagram Business atau Profesional. Postingan pribadi masih belum menampilkan data impressions.

Perbedaan Reach dan Impressions Instagram Adalah

Selain impression, ada juga fitur reach di IG dengan fungsi dan pemakaian yang mirip. Sampai saat ini pun masih banyak digital marketer yang keliru memahami perbedaan antara impressions dan reach di Instagram.

Perbedaan utama reach dan impressions adalah objek yang menjadi fokus perhitungan. Impressions Instagram adalah perhitungan view konten (seberapa banyak konten Anda muncul di layar pengguna). Sedangkan reach memberitahu kita jumlah orang atau akun yang menyimak konten.

Hitungan impressions mencakup dua hal, yakni:

  • Konten yang diklik dan disimak user.
  • Konten yang sekadar muncul di timelineuser akibat efek algoritma.

Contohnya, postingan Anda di klik oleh 200 orang, lalu lewat di beranda (tanpa diklik) sebanyak 150 orang. Alhasil total impression post adalah 350 kali.

Namun bisa saja seseorang membuka postingan yang sama berkali-kali. Semisal user A yang menyimak post Anda 5x. Jadi hitungan impression yang Anda dapat adalah 5.

Sedangkan reach IG menghitung orang yang melihat postingan Anda. Jika nilai reach konten Anda adalah 100, itu berarti ada 100 orang berbeda yang melihat konten Anda.

Pun jika ada 1 user yang menyimak postingan Anda berulang kali, maka hitungan reach-nya tetap 1. Misal user A melihat post bisnis Anda sebanyak 5x, maka nilai reach tetap 1 bukannya 5 seperti pada impressions. Ini karena akun yang melihat konten masih sama (1 user).

Sumber-Sumber Impressions Instagram Adalah

Impressions Instagram mempunyai sumber yang cukup banyak dan beragam. Berikut adalah jenis-jenis sumber impressions yang wajib Anda perhatikan ketika mempromosikan bisnis di sosmed IG:

1. Profil Instagram

Sumber impression pertama adalah profil Instagram bisnis Anda sendiri. Orang-orang yang mengunjungi profil Anda secara otomatis terhitung telah melihat konten.

2. Feeds Followers

Seluruh followers Anda tentunya bisa memberikan impressions terhadap postingan bisnis Anda. Pasalnya, postingan Anda tentu akan selalu lewat di timeline (feeds) mereka.

3. Tag Lokasi

Pernahkah Anda men-tag sebuah lokasi tertentu di unggahan Instagram? Nah, tag lokasi ini juga bisa mendatangkan impression, lho. Ini karena Instagram akan menampilkan konten Anda ketika ada user yang menelusuri tempat yang di-tag.

4. Hashtag Postingan

Mirip seperti tag lokasi, konten-konten dengan hashtag tertentu bisa mendatangkan impression saat ditelusuri audiens. Semisal Anda menyematkan #digitalmarketing pada caption post. Nantinya konten tersebut akan mendapat impressions dari user yang melihat kategori digital marketing.

5. Explore Instagram

Sumber terakhir impressions Instagram adalah kolom explore. Explore merupakan fitur khusus untuk menjelajahi berbagai postingan baru sesuai preferensi audiens. Jadi peluang memperoleh impression sangat besar di sini!

5 Fungsi Impressions Instagram bagi Bisnis Online

impressions Instagram adalah

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari fitur impressions IG yang wajib Anda ketahui:

1. Menjadi Indikator Kesuksesan Konten

Impressions Instagram adalah salah satu indikator kesuksesan konten marketing Anda di IG. Semakin besar angka impression sebuah post, maka bisa dikatakan makin banyak orang yang melihat dan menyukai konten Anda.

Apalagi jika data impressions tersebut turut dipadukan dengan engagement. Jika angka keduanya sama-sama besar, itu berarti postingan Anda sudah tepat sesuai selera pengguna Instagram.

2. Sumber Data Penting untuk Pemasaran

Banyak marketer memanfaatkan impression sebagai sumber data agenda pemasarannya. Ini karena setiap konten yang kita unggah ke Instagram mempunyai jumlah penayangan berbeda. Alhasil akan lebih mudah untuk menerka tipe konten favorit audiens dari impressions.

3. Membantu Ekspansi Target Audiens

Di beberapa kasus, impressions bisa turut mengungkap darimana saja asal penonton alias sumber traffic konten. Hal ini akan menambah wawasan Anda terkait pasar-pasar yang bisnis potensial. Siapa tahu kelak Anda bisa melakukan ekspansi ke pengguna Instagram dari wilayah tersebut.

4. Menghindari Ad Fatigue

Ad fatigue adalah kebosanan audiens akibat terlalu sering melihat materi promosi tertentu. Masalah ini cukup sering menjadi penghambat kesuksesan promosi online. Tapi Anda tidak perlu cemas lagi, sebab impressions Instagram adalah salah satu strategi ampuh untuk mengatasi ad fatigue.

Anda cukup mengatur angka impressions sesuai tujuan iklan Instagram supaya pemasaran berjalan baik. Misal mematok target impressions yang tinggi untuk postingan yang bertujuan meningkatkan sales. Sedangkan konten dengan fokus brand awareness lebih baik menyasar angka lebih rendah demi menghindari fatigue atau spam.

5. Membantu Evaluasi Pemasaran di Instagram

Fungsi impressions Instagram yang terakhir adalah membantu proses evaluasi taktik marketing Anda. Cari tahu konten mana saja yang sedikit disimak, kemudian telaah penyebabnya. Sementara post-post yang ramai traffic bisa menjadi inspirasi untuk pembuatan konten selanjutnya.

Tutorial Melihat Impressions Instagram Bisnis Adalah

Anda tidak perlu repot menghitung impressions karena sistem IG sudah langsung menghimpun seluruh data view konten. Jadi kita sudah bisa langsung tahu berapa jumlah impressions yang sukses diraih dalam sekali lihat.

Namun bagaimana cara melihat impression postingan kita di Instagram? Tidak perlu bingung. Di bawah ini sudah kami rangkum cara termudah mengecek impression Instagram:

  • Login ke akun Instagram Business Anda. Ingat, fitur impressions hanya tersedia untuk akun profesional (bukan pribadi).
  • Buka profil Instagram Anda.
  • Pencet tanda bergaris tiga di pojok kanan atas profil.
  • Pencet “Insights”.
  • Buka halaman “Overview”.
  • Pilih opsi “Accounts Reached”. Di sinilah seluruh data impressionakun IG Anda terkumpul secara utuh.
  • Untuk melihat impressions di setiap postingan, Anda bisa beralih membuka postingan yang ingin dicek dari profil.
  • Cek bagian bawah foto/video postingan.
  • Klik “View Insight” > “Discovery”.
  • Data impressionpostingan tersebut akan langsung tampak.

3 Strategi Impression Instagram untuk Menambah Prospek Bisnis Online

Setelah mempelajari seluk-beluk fungsi fitur impressions di Instagram, kini tiba waktunya mencari tahu cara memanfaatkan impressions untuk menyukseskan bisnis online. Dalam hal ini, kami telah merangkum 3 strategi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Mencari Tahu Kebutuhan Followers

Impression IG bisa mengungkap beragam kebutuhan dan hal-hal yang sejatinya disukai followers Anda. Cukup cek postingan yang pernah Anda unggah satu per satu, lalu bandingkan. Kira-kira topik konten manakah yang paling ramai mendapat perhatian warganet?

Setelah mengetahui hal ini, Anda bisa membuat rancangan strategi marketing baru yang lebih tepat sasaran. Jangan pula mengulangi membuat konten yang sepi peminat karena hanya akan membuang-buang modal, waktu dan tenaga.

2. Mengadakan Evaluasi Kampanye

Selalu evaluasi performa konten maupun kampanye iklan Instagram yang Anda jalankan. Hal ini penting guna mengetahui tingkat efektivitas dan kelemahan pemasaran untuk segera diperbaiki.

Nah, impressions Instagram merupakan metrik indikator yang baik untuk tugas ini. Buatlah patokan target angka impressions yang ingin Anda raih dari sebuah post, lalu bandingkan dengan impression yang sesungguhnya. Apabila hasil akhir masih belum mencapai target, berarti ada hal yang perlu ditingkatkan dari pemasaran.

3. Membandingkan dengan Postingan Kompetitor

Apakah impression yang Anda kumpulkan sudah memadai? Jika Anda masih ragu-ragu, maka ada baiknya membandingkan dengan impression dari postingan milik pesaing. Anda bisa memanfaatkan tools analisis marketing gratis untuk mengetahui seberapa jauh performa konten pemasaran bisnis lain di niche Anda.

Itulah rangkuman lengkap terkait Instagram impressions mulai dari pengertian, cara menghitung dan strategi pemanfaatannya di bisnis online. Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah wawasan Anda, khususnya terkait Instagram marketing, ya!

Follow terus MARKEY agar tak ketinggalan lebih banyak artikel digital marketing terbaru setiap harinya. Baca gratis ulasan yang Anda suka di https://markey.id/ atau via MARKEY APP yang tersedia di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!

Tutorial WhatsApp Blast Terlengkap untuk Promosi Olshop

0
whatsapp blast

Sudahkah Anda pernah mencoba promosi di WA dengan fitur WhatsApp Blast? Fitur canggih satu ini akan membantu Anda mengirim pesan marketing ke ratusan konsumen sekaligus!

Berbisnis di sosial media saat ini bukanlah hal yang aneh. Sosmed seperti WhatsApp justru menjadi platform komunikasi yang baik bagi konsumen dan brand. Calon pembeli bisa dengan mudah mengontak Anda untuk menanyakan produk atau melakukan transaksi online.

Namun salah satu kendala bisnis di WhatsApp adalah tidak bisa mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. Tidak seperti Instagram, Facebook dan Twitter yang sifatnya publik, komunikasi WhatsApp cenderung lebih pribadi dalam ruang obrolan yang aman terenkripsi end to end.

Nah, kabar baiknya, kini Anda bisa mengirimkan satu pesan ke banyak orang di WhatsApp melalui fitur WhatsApp Blast. Yuk kenalan lebih lanjut dengan arti, manfaat dan strategi marketing memakai WhatsApp Blast selengkapnya di sini.

Apa Itu WhatsApp Blast?

whatsapp blast

Para pebisnis online wajib mengetahui fitur terbaru dari WhatsApp Business API yakni “WA Blast”. WhatsApp Blast adalah fitur pengiriman pesan massal ke seluruh kontak WhatsApp yang Anda punya. Fitur Blast dikenal dengan serangkaian nama, antara lain “WA Broadcast”, “WA Blaster”, “WA Bulk Sender” dan “WA Blasting”.

Cara kerja WA Blast sama dengan pesan broadcast. Anda hanya perlu mengetik sebuah pesan lalu memencet tombol kirim. Nantinya seluruh konsumen Anda di WhatsApp akan menerima pesan tersebut.

Tentunya fitur Blast akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya promosi Anda di WhatsApp. Namun dengan catatan, Anda harus memiliki daftar kontak nomor telepon konsumen. Pastikan juga daftar kontak tersebut tersinkronisasi dengan akun WhatsApp Business Anda untuk mempermudah promosi.

WhatsApp Blast bisa Anda download gratis dari Play Store pada link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vinfo.wamsgsender

5 Manfaat WhatsApp Blast untuk Bisnis Online

Mengapa online shop Anda wajib menggunakan WA Blast untuk promosi? Sejatinya ada banyak sekali ragam manfaat promosi dengan fitur WA Broadcast satu ini. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih Hemat Biaya Promosi

Anda tidak perlu keluar uang tambahan untuk mempromosikan bisnis di WA Blast. Layanan broadcast satu ini tersedia gratis dan langsung siap pakai. Alhasil siapapun bisa memanfaatkan WhatsApp Bulk Sender untuk menggencarkan promosi masing-masing.

Akan lebih baik lagi jika pesan broadcast langsung Anda buat sendiri untuk menekan budget marketing. Anda bisa mulai dengan menyiapkan desain grafis pamflet promo, atau hanya teks pesan dengan strategi copywriting AIDA yang menggugah.

2. Lebih Hemat Waktu Promosi

Tidak hanya menghemat biaya, fitur WA Blaster juga bisa menghemat waktu promosi Anda. Mengirim pesan promosi 1 per 1 tentunya akan memakan waktu berjam-jam. Namun dengan WA Blast, cukup sekali buat pesan saja lalu informasi akan terkirim merata ke ratusan bahkan ribuan orang dalam hitungan detik.

3. Lebih Mudah Menjangkau Konsumen

Manfaat WhatsApp Broadcast berikutnya adalah lebih mudah dalam urusan menjangkau konsumen. Calon konsumen dapat teryakinkan untuk membeli produk apabila mereka rutin menerima pesan broadcast Anda. Terutama jika Anda menawarkan promo diskon yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

4. Lebih Ampuh Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya minat konsumen terhadap produk tentu akan berimbas pada pertambahan angka penjualan. Dengan kata lain, promosi di WA Blast turut ampuh meningkatkan transaksi dan omset bisnis. Semakin sering Anda mengiklankan produk/jasa melalui WA Blast, otomatis makin besar pula peluang terjadinya transaksi.

5. Lebih Efektif Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Keuntungan menarik yang terakhir dari pemakaian WhatsApp Broadcast adalah efektif meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini dapat terwujud jika Anda mengustomisasikan isi pesan broadcast semenarik mungkin.

Misalnya dengan menyapa konsumen di awal pesan dengan nama panggilan mereka. Cara lainnya yang tak kalah efektif adalah menyelipkan gambar desain iklan yang menggugah disertai promo diskon terbatas. Atau, bisa juga dengan menyesuaikan isi penawaran dengan item-item favorit pembeli supaya mereka makin tertarik berbelanja.

4 Langkah Mengirim WhatsApp Blast untuk Mempromosikan Usaha

whatsapp blast

Setelah mengetahui apa itu WA Blast dan manfaatnya, kini barulah kita melihat cara mengirim pesan broadcast di WhatsApp yang tepat untuk mempromosikan bisnis.

Hanya ada 4 langkah sederhana untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan orang di WA. Yuk siapkan catatan Anda dan simak tutorialnya di bawah ini:

1. Verifikasi Akun WhatsApp API

Anda memerlukan akun WhatsApp API yang telah diverifikasi agar bisa mengirim pesan broadcast ke banyak orang. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. Jadi, WhatsApp API adalah software yang menghubungkan WhatsApp Business ke program khusus milik perusahaan.

Lalu bagaimana cara memverifikasi WhatsApp API? Anda bisa menghubungi layanan khusus API WA yang tersedia gratis di internet. Siapkan juga dokumen-dokumen pendukung yang akan diminta oleh tim verifikator nanti untuk memperlancar prosesnya.

Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp biasa atau WhatsApp Business agar tersinkron dengan API. Namun memakai WA Business lebih dianjurkan mengingat tujuan broadcasting kali ini adalah untuk mempopulerkan usaha online Anda.

2. Buat Template Pesan Promosi

Setelah akun WhatsApp Business Anda terverifikasi, lanjutkan dengan membuat draft template pesan yang akan di-share. Anda bebas membuat isi pesan sesuai tujuan marketing yang hendak diraih. Misalnya mempromosikan produk/jasa baru, menciptakan peluang penjualan, memberikan promo, mengadakan giveaway dan lain-lain.

Isi konten pun bebas ditentukan sekreatif mungkin. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Anda bisa menjadikan konten broadcast lebih menarik dan personal dengan berbagai cara:

  • Menggunakan teknik copywriting yang memikat emosi pembaca.
  • Memotivasi konsumen untuk bertindak dengan CTA (call to action).
  • Memakai sapaan khusus dan emojiuntuk mengakrabkan diri dengan audiens.
  • Menyelipkan gambar pendukung agar konsumen lebih mudah mencerna informasi.
  • Menyertakan tautan ke situs bisnis untuk membantu transaksi.
  • Memberikan konten edukatif atau hiburan yang relevan dengan situasi dan trend masa kini.

Pesan yang telah dibuat pun akan melalui serangkaian pengecekan terlebih dahulu oleh sistem sebelum bisa terkirim. Tujuannya tak lain supaya pesan broadcast tidak melanggar ketentuan WhatsApp dan kenyamanan pengguna. Namun tenang saja, proses verifikasi ini terbilang cepat dalam hitungan detik.

3. Siapkan Daftar Kontak Konsumen

Jangan lupa untuk menyiapkan daftar kontak calon penerima pesan alias target pembeli! Namun daftar kontak tersebut tidak harus disimpan di ponsel. Anda bisa mengimpor data berupa file Excel dan CSV, lalu sistem WA Blast lah yang akan langsung mengolahnya. Cukup praktis, bukan?

Proses pengumpulan daftar kontak ini pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • Mengumpulkan data pengguna website dan aplikasi bisnis.
  • Mengadakan survey followers di sosial media.
  • Memberikan hadiah atau voucher gratis yang mana syarat klaimnya konsumen harus mencantumkan nomor telepon aktif mereka.
  • Mendata pelanggan yang pernah berbelanja di toko Anda.
  • Mendata konsumen yang mengunjungi event bisnis Anda.
  • Dan masih banyak lagi!

4. Tekan Tombol “Kirim”

Selamat! Persiapan Anda kini sudah selesai. Sekarang Anda hanya perlu mengklik tombol kirim atau “submit” untuk mengirim pesan broadcast yang telah lolos pengecekan.

Pesan-pesan tersebut akan langsung masuk ke kotak masuk WhatsApp target konsumen. Jangan lupa untuk segera membalas apabila ada yang membalas pesan promo. Anda bisa membalas secara langsung atau memanfaatkan fitur pembalas pesan otomatis “bot WA”.

Poin terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan evaluasi. Hitung persentase orang yang menanggapi pesan broadcast WA Anda, mulai dari yang membalas, memberikan reaction, atau langsung mengunjungi toko online dan berbelanja.

Proses evaluasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pemasaran ke depannya. Cari tahu hal-hal yang sekiranya masih perlu diperbaiki supaya pesan promosi WA Anda lebih menarik minat dan engagement.

Kekurangan WA Blast yang Patut Diperhatikan

Terlepas dari segudang manfaat yang ditawarkan, fitur WhatsApp Bulk Sender tetap mempunyai sejumlah kekurangan. Kekurangan-kekurangan ini ada baiknya Anda perhatikan agar tidak menjadi penghambat aktivitas marketing di kemudian hari.

Apa sajakah kekurangan WA Blast? Melansir dari berbagai sumber, WA Blast hanya menyediakan akses gratis kirim pesan ke 1000 kontak per bulan. Jika Anda sudah melewati batas tersebut, maka ada kemungkinan Anda dikenakan biaya di pesan-pesan berikutnya. Tarif tambahan tersebut sekitar 275 perak per 1 message.

Selain itu, Anda juga sebaiknya mengatur jadwal pengiriman pesan di WA Blast agar tidak dianggap sebagai spam oleh sistem. Isi pesan juga sebaiknya tidak memuat konten dewasa, kekerasan atau rasisme. Segala bentuk pelanggaran saat pemakaian WA Blast bisa berakibat pada pemblokiran nomor bisnis Anda.

Demikianlah pembahasan lengkap seputar tutorial WhatsApp Blast. Ayo segera coba gunakan fitur ini untuk memaksimalkan daya jangkau promosi bisnis Anda!

Temukan lebih banyak strategi marketing yang efektif untuk bisnis online Anda hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbarunya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Interactive Marketing Adalah: 5 Strategi Naikkan Engagement

0
interactive marketing adalah

Interactive marketing adalah strategi pemasaran yang banyak diterapkan perusahaan masa kini, khususnya jika bisnis masih sepi interaksi dengan konsumen.

Setiap pebisnis tentu ingin konten-konten marketingnya mendulang engagement yang tinggi. Postingan bisnis yang ramai komentar cenderung lebih mudah menarik kepercayaan dan loyalitas masyarakat. Alhasil, image brand Anda akan menjadi lebih positif.

Namun kebanyakan audiens masih susah dibujuk untuk mau berinteraksi dengan konten-konten brand, meskipun mereka sesungguhnya menyukai penawaran Anda. Apakah usaha Anda juga menghadapi masalah seperti ini?

Tidak perlu khawatir, kini Anda bisa segera mengatasi isu tersebut dengan menerapkan interactive marketing. Mari cari tahu arti, contoh dan strategi interactive marketing yang efektif memaksimalkan engagement konsumen di bawah ini!

Pengertian Interactive Marketing Adalah

interactive marketing adalah

Interactive marketing adalah strategi yang menghubungkan brand dengan target konsumennya secara aktif di berbagai platform. Perusahaan yang menjalankan taktik pemasaran ini akan menggencarkan beragam upaya demi memperoleh feedback dari audiensnya.

Adapun feedback yang dimaksud tersebut mencakup segala masukan, saran, hingga keinginan dan kebutuhan pembeli dari brand. Data-data opini konsumen tersebut dapat dikumpulkan sebagai bahan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan bisnis.

Selain itu, interactive marketing adalah teknik terbaik untuk memaksimalkan hubungan konsumen dengan brand. Konsumen dijamin lebih puas saat berbelanja karena brand sanggup memahami kebutuhan mereka dengan tepat.

4 Manfaat Interactive Marketing Adalah

Mengapa bisnis Anda membutuhkan interactive marketing? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat utama interactive marketing adalah ampuh meningkatkan interaksi di toko online Anda.

Namun lebih jauh lagi, berikut ada serangkaian manfaat penting lainnya dari interactive marketing:

1. Memperoleh Feedback dengan Cepat

Anda bisa dengan mudah memperoleh feedback dari konsumen terkait pelayanan bisnis. Banyak brand sengaja meminta survey kepuasan pelanggan secara langsung usai transaksi agar mereka bisa berbenah jika terjadi kekurangan dalam layanan.

Contoh pengumpulan feedback instan lainnya adalah sistem rating bintang 1 sampai 5 yang kini banyak digunakan website/aplikasi ecommerce. Sedangkan hal-hal yang biasa dinilai mencakup kualitas produk, pengiriman, harga, dan pelayanan bisnis secara umum.

2. Menambah Angka Penjualan

Manfaat lainnya dari interactive marketing adalah menambah angka penjualan bisnis Anda. Semisal dengan cara meyakinkan konsumen bahwa penawaran terbaik hanya datang hari ini saja, sehingga mereka harus segera melakukan check out produk.

3. Menjadi Sarana Promosi Gratis

Interactive marketing turut memberi kesempatan bagi brand untuk memperoleh promosi gratis. Promosi yang dimaksud bisa terjadi secara word of mouth (mulut ke mulut) di dunia nyata.

Sedangkan di dunia maya, promosi gratis tercipta ketika orang-orang membagikan postingan Anda ke timeline mereka, grup chat, atau platform online lainnya.

Bagaimanapun bentuk promosi gratis yang mungkin terjadi nantinya, keduanya sama-sama berpeluang mendatangkan lebih banyak audiens ke lapak Anda.

4. Memaksimalkan Engagement Audiens

Terakhir, strategi pemasaran interaktif sangat ampuh untuk memaksimalkan engagement audiens, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Kehadiran engagement sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Pasalnya interaksi-interaksi kecil inilah yang sering kali menumbuhkan rasa loyalitas di hati konsumen.

Sedikit-banyaknya interaksi yang diterima akun bisnis juga bisa menjadi tolak ukur kemenarikan akun Anda di mata warganet. Ambil contoh konten-konten yang viral di dunia maya akhir-akhir ini. Seluruh konten tersebut mempunyai tingkat engagement yang tinggi sebelum akhirnya menjadi viral.

5 Contoh Interactive Marketing Terpopuler

Ada banyak jenis dan contoh interactive marketing yang biasa digunakan perusahaan masa kini. Tentunya Anda dapat menggunakan contoh-contoh strategi pemasaran interaktif tersebut saat mempromosikan usaha sendiri:

1. Polling Online

Pernahkah Anda mengisi jajak pendapat alias polling online? Polling adalah strategi meminta feedback termudah yang bisa Anda lakukan. Cukup buat polling dan masukkan opsi pilihan sesuai kebutuhan.

Misalnya pertanyaan “Apakah Anda sudah puas dengan produk?” lalu sertakan pilihan jawaban “Ya” dan “Tidak”. Nantinya konsumen hanya perlu memencet jawaban sesuai kata hati masing-masing.

2. Personalized Contents

Berikutnya ada personalized contents alias konten-konten yang sengaja dipersonalisasi brand. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, tujuan utama personalized content adalah menumbuhkan rasa kepedulian yang spesial dalam benak konsumen.

Banyak brand kekinian yang berusaha menghapus sekat formalitas dengan konsumen lalu menggantinya dengan sikap yang lebih bersahabat. Strategi ini pun terbukti lebih efektif karena konsumen merasa dianggap setara dengan brand, bukan hanya sebagai objek komersil.

Contoh personalized contents adalah menggunakan sapaan nama konsumen dalam pesan marketing, menyesuaikan isi penawaran dengan item atau kategori kesukaan konsumen, dan sejenisnya.

3. Contest dan Quiz

Kontes dan kuis adalah contoh interactive marketing yang paling lawas di masyarakat. Jauh sebelum era digital marketing melanda seperti sekarang pun orang-orang sudah gencar mempromosikan bisnisnya melalui aneka kuis berhadiah.

Contohnya seperti kuis tebak-tebakan berhadiah yang disiarkan di TV, atau kontes dengan cara mengumpulkan bungkus produk bertanda khusus sebanyak-banyaknya.

Kemudian bentuk kuis mulai berubah menjadi lebih modern berbekalkan kecanggihan teknologi masa kini. Sekarang kita bisa menjumpai aneka kontes menarik dalam bentuk giveaway, kuis interaktif, atau game online di ecommerce.

4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi interactive marketing dengan tingkat konversi paling tinggi. Ini karena iklan yang disampaikan jauh lebih spesifik dan sesuai dengan selera konsumen. Namun kelemahan email marketing juga cukup besar, yaitu bisa dengan mudah tertimbun di inbox atau masuk folder spam.

5. Video dan Stories Interaktif

Jumlah angka penikmat konten visual terus meningkat akhir-akhir ini, khususnya untuk konten video pendek dan stories. Salah satu penyebabnya adalah kemudahan memahami informasi dalam bentuk gambar dan suara.

Jadi, tidak heran kalau konten-konten seperti video TikTok, Reels dan IG Stories lebih cocok untuk mendulang interaksi online. Apalagi jika isi konten dikemas dalam bentuk cerita (storytelling) yang santai namun tetap menarik perhatian.

5 Strategi Interactive Marketing untuk Meramaikan Bisnis Online

interactive marketing adalah

Inilah bagian yang sudah kita nanti-nantikan! Pastinya Anda penasaran bagaimana cara menerapkan strategi interactive marketing di bisnis online, bukan?

Kabar baiknya, proses interactive marketing ternyata cukup mudah, bahkan bagi pemula yang baru pertama kali mencoba. Berikut adalah 5 strategi interactive marketing untuk meramaikan bisnis online:

1. Mengidentifikasi Target Konsumen

Pertama-tama, identifikasi siapa target konsumen bisnis Anda. Proses ini penting agar kita lebih mudah menyesuaikan strategi pemasaran dengan tujuan.

Pun saat ini kebanyakan orang hanya menyimak iklan yang memuat produk/jasa yang sesuai kebutuhan maupun selera mereka. Jadi Anda wajib mencari tahu apa saja hal yang diminati target konsumen.

Riset tersebut mencakup sejumlah poin penting, di antaranya:

  • Karakter dan identitas pembeli. Contoh: rentang usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, budaya, domisili, dll.
  • Kebutuhan pembeli, termasuk adanya kemungkinan alternatif produk/jasa yang dibutuhkan.
  • Minat, hobi, atau hal-hal yang disukai pembeli. Contoh: K-Pop, dunia sepak bola, film, novel romansa, makanan pedas, manis, dll.
  • Gaya hidup dan kebiasaan belanja konsumen.
  • Harga produk rata-rata di pasaran.

Pun masih banyak lagi list poin yang bisa Anda tambahkan di sini sesuai kebutuhan.

2. Mencari “Trigger” Pemicu Respon

Hampir semua orang baru mau bertindak menanggapi sesuatu jika ada “trigger” alias pemicu tindakan tersebut. Sebuah trigger haruslah cukup kuat dalam memengaruhi audiens, terutama dari segi emosional.

Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu jenis trigger terbaik untuk memancing interaksi pembeli. Ada banyak jenis kata-kata pemicu yang bisa membangkitkan emosi sekaligus tindakan konsumen, contohnya:

  • Jangan lewatkan.
  • Hanya hari ini.
  • Promo spesial terbatas.
  • Eksklusif bagi Anda.
  • Stok segera habis.
  • Segera amankan akun Anda, dll.

Emosi yang dibangkitkan pun bisa berbeda-beda. Misalnya rasa takut, haru, bahagia, aman, nyaman, kesal, panik, terdesak dan seterusnya. Setelah mengetahui jenis trigger yang cocok dengan karakter konsumen, barulah Anda bisa menyelipkan kata-kata tersebut ke iklan.

Pun tidak ada batasan dalam penggunaan trigger. Anda bisa memakainya di caption konten marketing sosmed, website ecommerce, kalimat push notification hingga isi email marketing.

3. Memanfaatkan Teknologi Tools Marketing

Manfaatkan juga aneka jenis tools marketing demi memperlancar proses interactive marketing Anda! Kini ada banyak aplikasi pemasaran yang memang dirancang untuk mendulang engagement audiens. Contohnya seperti:

  • Chat Bot: fitur pembalas pesan otomatis yang juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen 24 jam.
  • VR (Virtual Reality): teknologi tiga dimensi yang dapat memproyeksikan produk online secara nyata.
  • Aplikasi Infografis: konsumen lebih mudah memahami suatu info jika data disajikan dalam bentuk infografis.
  • Video Interaktif Live Streaming: konsumen dan penjual bisa bercakap-cakap secara langsung melalui video siaran langsung.

4. Merancang Program Marketing yang Interaktif dan Menarik

Strategi jitu memancing interaksi konsumen selanjutnya adalah dengan mengadakan program marketing yang menarik. Metode gamifikasi sederhana bisa menjadi salah satu pilihan alternatif, seperti misalnya mengadakan kuis berhadiah di sosmed.

Iming-iming hadiah selalu ampuh dalam memotivasi audiens agar mau berinteraksi dengan postingan Anda. Cobalah perhatikan bisnis yang mengadakan giveaway. Sudah pasti akun mereka banjir komentar, like, share dan juga follow dari orang-orang yang tergiur atas hadiah.

Nah, audiens yang terkumpul dari game-game seru tersebut secara otomatis menjadi calon pembeli potensial bisnis Anda. Cukup lakukan lebih banyak promosi supaya mereka penasaran dengan produk/jasa yang Anda tawarkan.

5. Mengapresiasi Setiap Interaksi Konsumen

Tips terakhir yang tak kalah penting ketika menerapkan interactive marketing adalah selalu mengapresiasi setiap interaksi konsumen di lapak Anda. Semisal dengan rutin membalas pesan, komentar dan pertanyaan dari calon pembeli.

Lalu jangan ragu untuk memposting ulang konten-konten UGC terkait produk/jasa Anda. Strategi ini bisa menjadi suatu apresiasi khusus terhadap konsumen sekaligus pembangunan social proof bisnis ke masyarakat.

Kelebihan dan Kelemahan Interactive Marketing yang Patut Diwaspadai

Tertarik mempraktekkan metode interactive marketing? Sebelum terjun langsung mencoba, ada baiknya Anda mengetahui rangkuman kelebihan dan kekurangan yang dimiliki strategi pemasaran ini.

Beberapa kelebihan interactive marketing yakni:

  • Meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Hal ini terjadi karena iklan, produk dan jasa yang ditawarkan sudah tepat sesuai kebutuhan pembeli.
  • Lebih mudah mengetahui kebutuhan calon pembeli secara real time. Anda tidak perlu lagi takut menghadapi perubahan tren, minat dan gaya hidup yang memengaruhi permintaan konsumen.
  • Memaksimalkan rasa loyalitas pembeli. Konsumen yang puas bisa memenuhi kebutuhannya di toko Anda akan menjadi pembeli setia.
  • Memperbesar peluang keberhasilan iklan. Iklan dirancang seakurat mungkin sesuai ekspektasi audiens, sehingga memperkecil resiko kegagalannya saat dipublikasikan.
  • Mengefektifkan budgetpemasaran. Iklan yang sukses tentu tidak menghabiskan modal besar. Cukup lakukan beberapa kali pemasaran untuk memperoleh hasil sesuai target.

Namun selain keuntungan-keuntungan di atas, interactive marketing juga mengandung sejumlah kekurangan yang patut disiasati. Adapun poin-poin kelemahan interactive marketing adalah:

  • Penerapan yang kompleks dan panjang. Membujuk konsumen agar mau meluangkan waktu menjawab survey feedbackAnda adalah sebuah tantangan tersendiri.
  • Data konsumen rentan tercecer. Masih banyak perusahaan yang tidak menyimpan, mengelola dan menyinkronkan feedback konsumennya dengan benar. Alhasil, data-data krusial dapat dengan mudah tercecer berantakan.
  • Ujian Trial and Error. Kebanyakan brand harus melalui proses uji coba beragam metode (trial and error) sebelum mengetahui jenis interactive marketingyang paling berpengaruh bagi mereka.
  • Keterbatasan konsumen dalam memberi feedback. Terdapat sejumlah faktor eksternal yang bisa menghambat proses pemberian masukan, misalnya gangguan koneksi internet atau waktu luang.
  • Respon konsumen yang tak terkendali. Brandtetap wajib memilah setiap feedback yang mereka terima guna memastikan relevansi data dengan kebutuhan bisnis.

Itulah pembahasan lengkap interactive marketing, mulai dari arti, contoh, hingga strategi jitu penerapannya. Semoga ulasan lengkap di atas bisa membantu mendongkrak nilai engagement bisnis online Anda, ya!

Jangan lewatkan beragam informasi dan tips digital marketing menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ untuk membaca kumpulan artikel terbarunya, atau dengan mendownload MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sampai jumpa lagi!

Captive Market Adalah: Trik Pemaksa Belanja yang “Halus”

0
captive market adalah

Captive market adalah salah satu strategi marketing ‘halus’ yang sering kali tak kita sadari kehadirannya. Meski begitu, captive market terbilang sangat ampuh dalam hal memotivasi konsumen berbelanja di lapak kita.

Contoh captive market yang paling mudah kita jumpai adalah bisnis makanan di bioskop. Pernahkah Anda mengunjungi bioskop dan membeli makanan/minuman di sana? Sebagian besar orang pasti pernah sekadar membeli popcorn di bioskop.

Faktanya, bioskop menerapkan taktik marketing yang ‘memaksa’ konsumen membeli produk tambahan mereka—seperti makanan, minuman atau merchandise film. Ini karena bioskop membatasi kehadiran stand penjual makanan lain sekaligus melarang konsumen membawa camilan dari luar.

Strategi semacam itulah yang dikenal dengan nama captive market. Nah, setiap marketer pun perlu memahami arti captive market demi memperlancar aksi pemasaran yang akan dilakukan.

Untuk itu, mari langsung simak apa manfaat dan strategi memulai bisnis captive market selengkapnya di sini!

Pengertian Captive Market Adalah

captive market adalah

Captive market adalah kondisi konsumen harus membeli suatu produk karena tidak ada pilihan lain yang bisa mereka jangkau. Dalam bahasa Indonesia, istilah captive market diartikan sebagai “Pasar Khusus”.

Menurut teori bisnis dan marketing, captive market adalah kondisi dimana suatu pasar dikendalikan dan dikuasai oleh satu atau sedikit supplier. Ketersediaan stok barang menjadi terbatas sedangkan permintaan masyarakat cenderung tinggi. Hasilnya, konsumen mau tak mau membeli produk yang ada terlepas dari bagaimanapun kualitas dan harganya.

Secara sederhana, pasar khusus adalah pasar di mana produk Anda tidak memiliki pesaing sama sekali. Itulah mengapa kondisi pasar khusus seperti ini sangat menguntungkan bagi perusahaan. Bisnis Anda dijamin bisa mendapatkan omset sebanyak-banyaknya setiap hari karena minim persaingan.

Namun di sisi lain, harga produk bisa melambung tinggi akibat faktor kelangkaan tersebut. Sebagian konsumen mungkin saja tetap mencoba mencari alternatif produk lain sebagai perbandingan, terutama melalui toko-toko online yang mempunyai jangkauan nyaris tak terbatas.

Penyebab Terbentuknya Captive Market 

Mengapa captive market bisa terbentuk? Terdapat beberapa faktor pendukung terjadinya bisnis captive market, yaitu:

  • Kesulitan akses ke suatu daerah karena masalah geografis, seperti jarak tempuh yang jauh, buruknya infrastruktur jalan raya, minimnya jumlah transportasi dan lain-lain.
  • Kurangnya stok produk di suatu pasar atau masyarakat.
  • Terdapat sistem monopoli yang mengakar kuat oleh sebuah brand di suatu pasar selama turun-temurun.
  • Produk atau jasa yang ditawarkan masih bersifat baru dengan fitur-fitur inovatif. Belum ada yang pernah membuat produk/jasa seperti itu sebelumnya.
  • Terdapat persamaan prinsip, nilai-nilai atau ideologi antara brand dan masyarakat. Komunitas kecil (minoritas) cenderung memiliki pasar khusus karena mereka menganut kepercayaan tersendiri.
  • Tingginya loyalitas pembeli terhadap brand dan produk-produknya.

Keuntungan Berbisnis di Captive Market

Meski terkesan seperti aktivitas bisnis monopoli, nyatanya captive market membawa cukup banyak manfaat bagi perusahaan yang menjalankannya. Beberapa keuntungan spesial dari captive market yakni:

  • Memiliki konsumen tetap dengan rasa loyalitas tinggi.
  • Lebih mudah membangun hubungan akrab dengan pembeli akibat minimnya persaingan dan pilihan yang ada.
  • Terjamin memperoleh konsumen serta pemasukan setiap hari.
  • Bisa mematok harga jual produk yang tinggi. Anda dapat meyakinkan konsumen bahwa harga tersebut sepadan dengan manfaat, kegunaan maupun fitur-fitur produk.
  • Menjadi landasan analisis untuk mengembangkan sistem monopoli market yang sesungguhnya.

5 Contoh Captive Market di Kehidupan Sehari-Hari

captive market adalah

Nyatanya ada banyak sekali contoh pasar khusus yang berkembang di sekitar kita hari ini. Salah satunya adalah bioskop—seperti yang sudah sempat dijelaskan di awal artikel.

Selain itu pun masih ada lebih banyak contoh captive market yang mungkin belum Anda sadari juga. Apa sajakah mereka? Contoh-contoh pasar khusus adalah:

Bisnis ATK di Sekolah dan Kantor

Beberapa sekolah dan kantor secara sengaja menghadirkan toko-toko peralatan khusus yang menjadi kebutuhan warganya. Maksud dari hal ini tentu saja untuk menarik pemasukan tambahan.

Misalnya, di sekolah, kita menemukan kantin kejujuran atau toko yang menjual atribut khusus berlabel sekolah. Mulai dari seragam, baju olahraga, topi, dasi, kaus kaki, badge sekolah, sampai ke alat-alat tulis. Para siswa pun tidak punya pilihan selain membeli produk tersebut di sana karena toko lain tak menyediakan seragam yang sama sesuai ketentuan.

Begitu juga di kantor. Ada perusahaan yang menjual seragam pegawai, lanyard, ID card dan ATK untuk mempermudah para karyawan membeli kebutuhan masing-masing.

Kapal Pesiar

Pernahkah Anda berlibur menaiki kapal pesiar? Jika iya, maka Anda pasti sudah menyadari bahwa tidak ada toko lain yang memenuhi kebutuhan liburan Anda selain layanan dari kapal itu sendiri.

Alasan utamanya tentu saja karena Anda pergi berlayar ke tengah laut di kapal pesiar. Akses menuju toko-toko alternatif secara otomatis terputus selama perjalanan. Jadi satu-satunya pilihan yang Anda punya adalah berbelanja dari store di cabin.

Bisnis Makanan di Mall

Sebuah mall terasa kurang lengkap jika tidak memiliki stand makanan alias food court. Nah, contoh lain dari captive market adalah food court yang biasa Anda jumpai di mall-mall besar.

Pemilik mall sengaja menyewakan beberapa slot stand di gedung mereka bagi pengusaha-pengusaha makanan. Lalu penyewa akan membayar uang bulanan kepada pemilik mall sebagai ganti telah mempersilahkannya berjualan.

Ini adalah taktik pembentukan pasar khusus yang baik, mengingat konsumen mall bisa berbelanja selama berjam-jam dan merasa lapar. Jadi daripada repot-repot mendatangi tempat lain, konsumen bisa langsung memesan makanan di food court.

Stadium Olahraga

Mirip seperti bioskop, stadium olahraga juga melarang pengunjung membawa aneka makanan dan minuman dari luar. Namun sebagai gantinya, mereka memiliki beragam stand makanan yang bisa dibeli sembari menonton pertandingan.

Jasa Provider Internet di Desa

Contoh terakhir captive market adalah jasa provider internet di wilayah pedesaan atau pinggiran. Sangat mudah bagi jasa-jasa provider mengembangkan pasarnya di sini, mengingat wilayah urban cukup sulit diakses sebagaimana perkotaan. Jadi jangan heran jika pertumbuhan jasa provider terbilang pesat dan lebih banyak menyasar kawasan pinggir tersebut.

5 Cara Membentuk Captive Market Adalah

Tertarik mencoba berbisnis dengan strategi pembentukan pasar khusus? Anda bisa membentuk captive market dengan beberapa cara yaitu:

1. Memahami Faktor Pembentuk Captive Market

Langkah awal menciptakan captive market adalah memahami faktor-faktor pembentuknya sesuai yang telah dirinci di atas. Setelah itu, Anda bisa mencari tahu apakah daerah Anda layak untuk menjadi tempat pengembangan captive market. Kalaupun tidak, Anda tetap bisa mengecek daerah-daerah potensial lainnya.

2. Menyiapkan Produk atau Jasa Inovatif

Anda juga bisa mendirikan pasar khusus dengan menyediakan produk atau jasa inovatif yang belum pernah ada sebelumnya. Mulailah dengan melakukan riset seputar kebutuhan masyarakat, diikuti dengan produk-produk yang sudah ada. Cari tahu kelemahan dari produk-produk pesaing agar Anda bisa mengembangkannya sebagai produk/jasa yang revolusioner.

3. Memanfaatkan Aset Pribadi

Jika Anda mempunyai aset pribadi seperti mall, kawasan hiburan, hotel atau villa, maka ini juga merupakan peluang bagus untuk mengembangkan captive market. Saat ini ada banyak layanan publik yang dikembangkan menjadi suatu pasar khusus.

Misalnya hotel yang melarang konsumen memesan makanan online atau membawa makanan dari luar. Alih-alih pelanggan dapat membeli makanan dari resto khusus milik hotel.

4. Mengantisipasi Kelemahan Captive Market

Meskipun memiliki cukup banyak keuntungan, nyatanya captive market pun masih tak lepas dari sejumlah kelemahan. Adapun kelemahan captive market adalah:

  • Adanya ‘celah’ bagi konsumen untuk menyiasati aturan bisnis. Misalnya kasus penyelundupan makanan ke dalam gedung bioskop.
  • Akses internet yang semakin meluas memungkinkan konsumen mencari informasi terkait produk pembanding di ecommerce.
  • Kebiasaan baru konsumen membeli produk dari luar daerah melalui ecommerce. Tak jarang konsumen rela menunggu agak lama untuk memperoleh produk berkualitas dengan harga lebih murah.
  • Mencari alternatif lain dari produk atau jasa, seperti membuat sendiri produk memakai daya kreativitas atau mencari produk substitusi.

5. Melengkapi Bisnis dengan Strategi Marketing yang Matang

Poin ini masih berkaitan dengan sebelumnya. Anda membutuhkan suatu rencana marketing yang matang untuk menyiasati berbagai kelemahan captive marketing. Meskipun bisnis Anda adalah ‘satu-satunya’ di suatu lingkungan, Anda tetap harus memberikan pelayanan terbaik bagi pembeli agar mereka menyukai brand Anda.

Semakin loyal konsumen terhadap brand Anda, maka makin besar pula peluang untuk memonopoli pasar. Sebab Anda tidak memberikan celah bagi pesaing untuk berkembang di wilayah tersebut. Jangan sampai Anda terlena dengan kesuksesan bisnis hingga malas berinovasi untuk menjaga kualitas pelayanan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar captive market. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Yuk pelajari lebih banyak istilah dan strategi marketing penting lainnya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel marketing terbaiknya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Strategi Promotion Mix: Arti, Komponen dan Cara Penerapannya

0
promotion mix

Promotion mix adalah kunci rahasia di balik kesuksesan suatu promosi bisnis. Strategi ini kerap terbukti manjur mengefektifkan kampanye marketing sekaligus meningkatkan sales growth.

Tak sampai di situ saja, strategi mix promotion juga bisa Anda manfaatkan untuk memperluas target konsumen dan leads dengan mudah. Namun tentunya Anda harus mengetahui apa itu mix promotion serta kiat-kiat optimalisasinya pada aktivitas marketing.

Penasaran? Yuk langsung simak ulasan lengkap terkait promotion mix yang telah kami rangkum berikut ini!

Definisi Promotion Mix Adalah

promotion mix

Arti promotion mix adalah optimalisasi iklan melalui berbagai metode pendekatan kepada target konsumen. Strategi marketing ini mempunyai nama lain yaitu mix promotion, bauran promosi dan promosi gabungan.

Sesuai namanya, konsep bauran promosi ini menggabungkan beragam komponen pemasaran yang dirasa tepat untuk mencapai target. Komponen yang dimaksud bisa berupa media (channel), alat-alat dan teknik marketing tertentu.

Contohnya seperti menggabungkan kampanye pemasaran di sosial media dengan strategi direct marketing, public relation dan iklan berbayar. Pun tidak ada batasan bagi seseorang untuk menggabungkan berapa jenis strategi marketing; yang terpenting Anda sudah merencanakannya dengan matang.

Lebih jauh lagi, mix promotion masih berhubungan dengan konsep marketing mix 7P. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran elemen marketing 4P + 3P dalam mix promotion, yakni:

  • Product (produk/barang dagangan).
  • Place (lokasi pemasaran).
  • Price (harga produk).
  • Process (proses bisnis).
  • Promotion (aktivitas pemasaran).
  • People (target konsumen).
  • Physical Evidence (bukti sosial dari pemasaran).

Nah, jika sebelumnya Anda sudah menguasai konsep marketing mix, maka menjalankan mix promotion secara otomatis akan terasa mudah.

4 Komponen Promotion Mix yang Paling Penting

Tidak seperti konsep marketing mix yang lengkap dengan tujuh elemen, dalam mix promotion hanya terdapat empat komponen saja yang wajib Anda pikirkan. Adapun keempat komponen tersebut adalah:

1. Product (Barang Dagangan)

Komponen pertama adalah product alias komoditi utama yang Anda tawarkan kepada konsumen. Item tersebut bisa berupa produk (barang) maupun layanan (jasa).

Pemilihan product beserta nilainya menjadi hal penting dalam promosi karena sangat menentukan minat belanja konsumen. Jika produk/jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan seseorang, maka sudah pasti ia akan segera membelinya—begitupun sebaliknya.

Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh agar Anda tidak salah pilih barang dagangan, misalnya:

  • Meriset kebutuhan dan permintaan target konsumen.
  • Memerhatikan tren yang berkembang di masyarakat.
  • Mengecek nilai produk dan orientasi pasar terhadapnya secara berkala.

2. Price (Harga Jual Produk)

Berikutnya adalah price atau harga jual produk ke masyarakat. Faktor harga juga tak kalah krusial sebagai penentu transaksi. Inilah mengapa menetapkan harga jual yang tepat selalu menjadi tantangan besar bagi perusahaan.

Harga yang tepat tidak selalu berarti murah, melainkan sepadan dengan manfaat dan nilai yang ditawarkan produk/jasa. Jika harga produk dirasa kurang cocok, maka konsumen akan memilih mencari alternatif barang yang lain.

Sama seperti saat meriset jenis produk, ada beragam cara untuk mengetahui kisaran harga jual produk yang tepat, misalnya:

  • Menilai dari harga yang ditawarkan kompetitor.
  • Mencari tahu harga pasaran untuk suatu jenis produk/jasa.
  • Memahami nilai dan manfaat yang dimiliki produk/jasa Anda.
  • Menetapkan margin profit produk.

3. Place (Lokasi Pemasaran)

Place atau lokasi pemasaran juga tak kalah penting dalam metode mix promotion. Jenis tempat pemasaran saat ini ada bermacam-macam, mulai dari yang online (seperti sosial media, website, podcast dan YouTube) hingga offline (seperti TV, radio, baliho dan brosur).

Pastikan untuk memilih tempat pemasaran terbaik di mana target konsumen Anda sering berkumpul setiap harinya. Dengan cara inilah Anda bisa memperbesar peluang iklan disimak oleh audiens.

Contohnya jika mayoritas konsumen Anda suka menghabiskan waktu di Facebook, maka berpromosilah di sana.

4. Promotion (Aktivitas Pemasaran)

Elemen bauran promosi yang terakhir adalah promotion atau aktivitas pemasaran secara keseluruhan, baik yang online maupun offline. Contohnya adalah agenda-agenda marketing yang Anda rencanakan, seperti iklan, diskon, flash sale, diskon musiman, penawaran terbatas (limited edition) dan lain-lain.

5 Manfaat Promotion Mix bagi Perusahaan

promotion mix

Mengapa penting bagi kita untuk mengoptimalkan pemasaran dengan metode mix promotion? Tentunya ada banyak keunggulan yang bisa kita raih lewat strategi yang satu ini, seperti:

1. Lebih Mudah Menetapkan Target Konsumen

Anda dapat mengidentifikasi calon konsumen potensial terbaik dari lapisan masyarakat yang luas, sekaligus mengungkap kebutuhan, minat dan channel marketing terbaik untuk menjangkau mereka.

2. Memaksimalkan Popularitas dan Brand Awareness

Aktivitas promosi tentunya bisa meningkatkan popularitas dan brand awareness bisnis di masyarakat. Namun promosi tersebut harus dilakukan dengan tepat supaya menyasar audiens yang benar-benar membutuhkan penawaran Anda.

Jika memanfaatkan mix promotion, maka sudah pasti nama brand Anda lebih cepat terkenal di kalangan konsumen potensial.

3. Mengefektifkan Iklan Perusahaan

Inilah tujuan utama strategi promosi gabungan. Mix promotion dibuat untuk mengefektifkan iklan perusahaan agar tidak memakan terlalu banyak modal, waktu dan tenaga Anda. Jadi Anda dapat meraih pemasukan lebih banyak dengan biaya seefisien mungkin.

4. Menonjolkan Diri di Mata Konsumen

Ada juga perusahaan yang sukses tampil menonjol berkat optimalisasi mix promotion. Ini

karena produk/jasa mereka dipromosikan pada platform dan waktu terbaik. Alhasil iklan tersebut banyak dilihat masyarakat.

Namun promosi tersebut ada baiknya dikombinasikan dengan strategi brand character untuk memperkuat image bisnis. Hasilnya, masyarakat akan lebih mudah mengingat nama perusahaan Anda, termasuk produk-produk yang ditawarkan.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Konsumen

Manfaat promosi gabungan yang terakhir adalah meningkatkan kualitas hubungan brand Anda dengan konsumen. Dengan mencoba berbagai metode promosi, maka Anda bisa mengetahui jenis pendekatan dan komunikasi mana yang paling disukai konsumen. Lalu cukup maksimalkan saja strategi tersebut demi memperkuat loyalitas pembeli pada brand.

Contoh Promotion Mix di Kehidupan Sehari-Hari

Sejauh ini kita sudah memahami bahwa mix promotion adalah gabungan beragam metode pemasaran demi mendapatkan hasil marketing terbaik. Lalu seperti apa contoh bauran promosi tersebut di kehidupan nyata?

Buat Anda yang masih bingung, inilah beberapa contoh sederhana dari mix promotion:

  • Personal Selling: penjual mendatangi calon konsumen dan menawarkan produk/jasanya secara langsung. Contohnya konter-konter atau booth branddi supermarket.
  • Direct Selling: perusahaan memberikan penawaran kepada konsumen di berbagai platform, mulai dari email marketing, sosial media marketing, SMS, website, aplikasi dan seterusnya.
  • Advertising(Iklan): bentuk promosi paling umum. Perusahaan memasang iklan di tempat-tempat strategis dengan tujuan menarik perhatian konsumen.
  • Public Relation(Humas): strategi membangun citra perusahaan melalui serangkaian cerita menarik terkait brand. Metode marketing ini dikelola oleh tim humas perusahaan.
  • Sales Promotion: promosi jangka pendek untuk memaksimalkan angka penjualan. Contohnya pemberian diskon harga, voucher, giveaway, flash sale, bundling, dan lain-lain.

6 Strategi Promotion Mix Termudah untuk Pemula

promotion mix

Sekarang tiba waktunya menerapkan mix promotion dalam kampanye marketing Anda! Bagaimana caranya? Tidak perlu bingung, Anda bisa mulai dengan 6 strategi mix promotion sederhana berikut ini:

1. Mengetahui Tujuan Promosi

Selalu awali strategi marketing Anda dengan menetapkan tujuan promosi. Memiliki sebuah goal itu penting agar proses kampanye berjalan lebih terarah dan mudah diukur hasilnya. Apalagi jika Anda akan menerapkan metode bauran promosi yang mencakup lebih dari satu strategi pemasaran.

Secara umum ada dua jenis tujuan marketing, yakni goal jangka pendek dan goal jangka panjang. Anda bebas menentukan sendiri tipe dan rincian goal marketing. Misalnya seperti menambah angka penjualan, menarik followers baru, mendapat lebih banyak engagement, dan lain-lain.

2. Membuat Rancangan Garis Besar Promosi

Lalu lanjutkan dengan merancang garis besar strategi promosi bisnis. Anda dapat memanfaatkan empat komponen mix promotion yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk mempermudah: product, price, place dan promotion.

Tentukan produk/jasa apa yang mau Anda jual, lengkap dengan harganya, tempat promosinya, dan jenis-jenis pemasaran yang mau dicoba. Tak lupa tentukan juga people alias siapa target konsumen Anda, ya!

Contohnya sebagai berikut:

Komponen Bauran Promosi Rencana/Target
Product Skincare organik anti jerawat
People Orang-orang dengan masalah kulit berjerawat
Price 20,000 – 50,000 tergantung jenis produknya (sabun, serum, lotion, toner, bedak)
Place Social media (Instagram, Twitter, TikTok), website dan aplikasi ecommerce
Promotion Social media marketing, SEO dan SEM

3. Memperhatikan Variabel Promotion Mix

Strategi bauran promosi juga mempunyai sejumlah variabel penting yang hendaknya diperhatikan dan dipenuhi. Adapun variabel-variabel tersebut adalah:

  • Ads (advertising): iklan produk/jasa mencakup isi pesan penawaran, bentuk (digital atau cetak), desain visual dan cara pengemasannya.
  • Personal selling: jalur distribusi produk kepada konsumen. Semakin mudah konsumen mendapatkan info pemesanan dan membeli produk Anda, maka semakin baik.
  • Public relation: nilai hubungan brand dengan konsumennya, mencakup nilai pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas.
  • Sales promotion: aneka stimulus yang diberikan kepada konsumen supaya mereka termotivasi untuk membeli produk/jasa Anda.

Pastikan untuk memenuhi seluruh variabel tersebut demi mendapatkan hasil promosi terbaik.

4. Melakukan Uji Coba (Trial and Error)

Setelah selesai membuat rencana marketing, sekarang tiba waktunya untuk mengeksekusi rancangan tersebut. Namun penting untuk perhatikan bahwa aktivitas ini tergolong trial and error alias uji coba.

Faktanya, kita tidak pernah tahu metode pemasaran mana yang paling disukai calon konsumen. Pun di berbagai kasus, banyak metode promosi yang kerap gagal atau tidak membuahkan hasil sesuai ekspektasi. Tapi ingat, semua ini adalah fenomena yang wajar.

Jadi janganlah takut mencoba dan gagal, sebab dari pengalamanlah Anda akan belajar dan mengetahui strategi pemasaran terbaik bagi perusahaan.

5. Mengumpulkan Feedback dari Konsumen

Cari tahu pendapat konsumen seputar pelayanan dan iklan Anda melalui survei! Hal ini penting agar strategi promosi bauran yang Anda terapkan bisa tetap relevan dengan selera pasar.

Feedback konsumen juga bermanfaat sebagai ladang inspirasi dan inovasi bagi perusahaan untuk berbenah. Dari sini pula kita bisa mengetahui hal-hal yang disukai konsumen dan yang tidak.

Nah, Anda kini bisa mengumpulkan feedback konsumen dengan berbagai aplikasi canggih dan gratis. Misalnya dengan Google Form, email, fitur komentar dan polling di sosmed, serta kolom testimoni di website ecommerce.

6. Melakukan Evaluasi secara Berkala

Langkah terakhir dari penerapan bauran promosi adalah mengadakan evaluasi secara berkala. Evaluasi sangat penting dilakukan guna mengetahui hasil kampanye Anda: apakah sudah sukses sesuai target atau masih ada hal yang perlu diperbaiki.

Evaluasi bisa dilakukan memakai data-data sesuai indikator penilaian. Contohnya feedback konsumen, rekapan laporan hasil penjualan, serta insight data performa akun bisnis.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait strategi bauran promosi, mulai dari arti, manfaat ragam jenis, contoh dan strategi pelaksanaannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda, ya!

Temukan lebih banyak tips digital marketing terbaik lainnya hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaru kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Customer Acquisition? 7 Pedoman Lengkap Gaet Pembeli

0
customer acquisition

Mau bisnis Anda selalu ramai kedatangan pembeli? Customer acquisition adalah kuncinya! Strategi marketing satu ini akan mengantarkan Anda langsung ke hadapan jutaan konsumen potensial.

Setiap perusahaan wajib melaksanakan strategi akuisisi konsumen karena ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik, khususnya dalam jangka panjang. Metode ini pun dianggap sebagai alat bantu terampuh untuk memahami seluruh kebutuhan konsumen.

Penasaran seperti apa itu customer acquisition dan kiat-kiat menerapkannya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Customer Acquisition

customer acquisition

Arti customer acquisition adalah serangkaian upaya untuk menarik konsumen-konsumen baru ke perusahaan kita. Strategi marketing ini turut dikenal dengan istilah ‘akuisisi konsumen potensial’ dalam bahasa Indonesia.

Aktivitas marketing ini sejatinya lebih dari sekadar menarik calon pembeli potensial saja. Perusahaan akan turut berusaha meyakinkan konsumen agar mau membeli produk/jasa yang ditawarkan. Pun selepas masa transaksi masih ada upaya-upaya pendekatan agar konsumen tetap setia memakai layanan brand yang sama.

Inilah mengapa acquisition customer sangat penting bagi setiap bisnis. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan peluang transaksi sekaligus omset bisnis sebesar-besarnya. Perusahaan yang mampu menguasai pasar juga berpeluang memperoleh dana investasi modal dari beragam investor nantinya.

Perbedaan Customer Acquisition dan Lead Generation

Strategi acquisition customer memang sepintas tampak mirip dengan lead generation. Keduanya sama-sama berfungsi menarik konsumen baru sekaligus meyakinkan mereka agar mau mencoba layanan suatu brand. Targetnya pun sama, yakni orang-orang yang belum pernah menggunakan produk bisnis Anda.

Namun acquisition customer dan lead generation menduduki posisi yang berbeda dalam funnel marketing. Lead generation berada di puncak funnel, kemudian disertai oleh lead acquisition dan lead conversion. Sementara akuisisi konsumen justru mewakili seluruh funnel marketing secara utuh.

Aktivitas lead generation juga terbatas pada proses pendekatan brand demi mengetahui minat target konsumen terhadap suatu produk/jasa. Sedangkan consumer acquisition mengawali tindakannya dengan mendapatkan leads, baru kemudian menjaga target agar tetap menjadi konsumen setia brand.

Manfaat Customer Acquisition bagi Bisnis Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat consumer acquisition adalah mengubah target pembeli potensial menjadi konsumen sungguhan. Namun adakah manfaat lain dari strategi marketing ini bagi perusahaan kita?

Jawabannya tentu saja ‘iya’. Ada cukup banyak manfaat positif yang dibawa oleh strategi akuisisi konsumen ini bagi perusahaan Anda, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan angka penjualan sekaligus omset bisnis per hari.
  • Memaksimalkan brand awarenessperusahaan di masyarakat.
  • Mendapatkan lebih banyak popularitas dan orang-orang yang merekomendasikan brand Anda.
  • Mendatangkan lebih banyak orang yang mengecek seluruh produk dan layanan Anda.
  • Memperbesar peluang bisnis memperoleh investor.
  • Menarik peluang kerjasama dengan perusahaan lain atau influencer.
  • Mendatangkan konsumen secara organik (natural; dengan sendirinya).
  • Lebih mudah mempertahankan konsumen setia.

7 Contoh Strategi Customer Acquisition Bisnis

customer acquisition

Kita sudah melihat definisi dan manfaat akuisisi konsumen bagi perkembangan usaha. Lantas seperti apa contoh nyata strategi consumer acquisition?

Nyatanya pun ada banyak contoh acquisition customer sederhana yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Penerapan SEO sejatinya merupakan salah satu strategi acquisition customer, lho! SEO adalah strategi optimalisasi konten website dan blog agar situs kita bisa menduduki peringkat satu di mesin pencari (seperti Google, Bing dan Yahoo).

SEO pun membantu perusahaan menghadirkan beragam konten terbaik dan tepat sesuai selera audiens. Alhasil nama brand Anda akan lebih terkenal serta kebanjiran pengunjung setiap harinya.

2. Marketing Konten

Berikutnya ada strategi marketing konten. Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan metode pemasaran satu ini.

Ya, content marketing adalah upaya pemasaran paling gencar di abad ini akibat dukungan perkembangan media sosial yang kuat. Setiap hari orang-orang menyimak beragam jenis konten untuk menambah wawasan, mengetahui kabar terbaru, atau sekadar mencari hiburan saja.

Begitu juga dengan memperoleh info terkait sebuah produk/jasa. Banyak calon konsumen yang sukses terpikat dengan sebuah brand berkat konten-konten menarik yang berseliweran di internet. Jadi bisa dibilang bahwa content marketing merupakan contoh consumer acquisition yang paling efektif.

3. PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC) adalah iklan online yang biasa tersemat di situs-situs populer ber-traffic tinggi. Anda bisa menemukannya dalam suatu artikel atau web page. Jika di klik, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman penawaran yang diiklankan.

Meski tidak seefektif SEO dan content marketing, iklan PPC tetap bisa digunakan untuk menjaring beberapa konsumen ke toko online Anda. Strategi acquisition ini cocok bagi Anda yang mempunyai website atau blog yang ramai dibaca.

4. Email Marketing

Banyak perusahaan telah membuktikan bahwa email marketing cukup ampuh dalam menggaet konsumen-konsumen baru. Ini karena sifat email marketing sendiri yang fokus menawarkan item sesuai selera konsumen.

Alhasil konten iklan Anda tidak akan gampang di-skip audiens. Mereka justru akan bersemangat dan penasaran menyimak isi iklan sampai tuntas. Namun Anda juga tetap harus memperhatikan cara membuat email marketing yang benar agar iklan berhasil menggugah emosi konsumen.

5. Iklan Offline

Siapa bilang iklan-iklan tradisional (offline) tidak bisa meyakinkan seseorang untuk mencoba produk Anda?

Justru iklan offline mempunyai daya jangkau lebih luas dibandingkan sosial media. Ia mampu menyasar semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali, mulai dari Gen Z yang aktif di medsos hingga orang tua dan warga di pedesaan.

Memang tidak selamanya target konsumen kita mencari informasi di internet. Maka dari itu ada baiknya untuk ikut memasang iklan offline demi memaksimalkan peluang transaksi.

6. Sosial Media Marketing

Contoh strategi acquisition konsumen ini sejatinya masih berkaitan dengan metode marketing konten. Jika content marketing adalah “isi”-nya, maka sosmed marketing merupakan “wadah” tempat persebaran konten. Oleh sebab itu pemakaian keduanya harus dipadukan demi meraih hasil akhir yang optimal.

Ada dua jenis metode sosmed marketing yang biasa digunakan brand-brand, yakni organik dan anorganik. Pemasaran organik dilakukan secara alami, 100% mengandalkan keefektifan konten. Semisal Anda berhasil mendapatkan 100 followers baru dari suatu postingan yang viral.

Sementara pemasaran anorganik adalah sebaliknya. Anda membayar jasa iklan di sosmed untuk mempromosikan konten brand. Postingan berbayar biasanya dilabeli dengan tag “sponsored”.

7. Event Bisnis

Jenis strategi consumer acquisition yang terakhir adalah melalui event-event bisnis, baik yang online maupun offline. Cukup selenggarakan acara-acara yang sekiranya bermanfaat bagi publik. Contohnya seperti pelatihan bersertifikat, webinar, pameran atau event jalan santai.

Acara-acara yang bermanfaat dan menghibur dijamin lebih mudah menjaring perhatian masyarakat. Tak lupa, nama brand Anda pun pada akhirnya akan ikut mencuat terkenal di masyarakat.

6 Strategi Customer Acquisition yang Efektif untuk Pemula

Sekarang tibalah waktunya untuk langsung mencoba strategi acquisition customer di perusahaan sendiri! Tidak perlu bingung sebab metode marketing ini cukup mudah dilakukan, bahkan bagi para pemula.

Yuk langsung simak dan catat 6 strategi khusus untuk mengakuisisi calon konsumen Anda berikut ini:

1. Membuat Target Pasar yang Tepat

Langkah pertama dari melaksanakan akuisisi konsumen yang sukses adalah menetapkan target pasar yang tepat. Sebab secanggih apapun strategi marketing Anda, tetap akan sia-sia jika target audiensnya tidak tepat.

Anda perlu mengetahui sejumlah informasi terkait konsumen sebelum mendekati mereka. Mulai dari karakteristik pembeli potensial, minat dan kebutuhan mereka, platform terbaik yang sering mereka simak, hingga ke konsep pemasaran dan biayanya.

Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang skincare remaja. Jadi Anda bisa memperkirakan bahwa target audiens utama adalah anak-anak perempuan remaja usia sekolah.

Lalu platform terbaik untuk mempromosikan produk adalah sosial media, mengingat banyak remaja gemar mengekspresikan diri di sosmed. Tak lupa, harga produk pun sebaiknya menyesuaikan dengan kantong pelajar agar produk Anda bisa mudah terbeli.

2. Mengedepankan Kefleksibilitasan Strategi

Sebagian besar marketer profesional meyakini bahwa salah satu ciri consumer acquisition yang baik adalah bersifat fleksibel. Fleksibilitas merupakan hal yang penting karena pola kehidupan masyarakat sering gampang berubah; mulai dari tren, lifestyle, selera dan seterusnya.

Maka dari itu pastikan rancangan acquisition Anda bisa dengan mudah beradaptasi dengan tren-tren terbaru, ya!

3. Menggunakan Beragam Media

Mengombinasikan beragam media pemasaran terbukti mampu meningkatkan peluang keberhasilan marketing acquisition. Faktanya, seseorang tidak cuma mengecek satu platform untuk mendapatkan sebuah informasi.

Ambil contoh target konsumen remaja yang sudah dijelaskan sebelumnya. Seorang remaja pun kerap mengecek website, email dan iklan-iklan offline di sekitarnya selain sosial media.

Jika Anda memaksimalkan penayangan iklan di beragam platform, otomatis makin besar pula peluang target konsumen melihat penawaran Anda.

4. Menumbuhkan Engagement

Tips penting lainnya saat menjalankan acquisition customer adalah rutin menumbuhkan engagement (interaksi) dengan target pasar. Interaksi tersebut bisa berupa pembalasan pesan, komentar, atau memposting konten UGC buatan audiens ke platform kita.

Brand yang aktif membaur pun dinilai lebih ramah dan pengertian di mata para konsumennya. Dari sini Anda bisa dengan mudah membangun rasa loyalitas yang memotivasi konsumen berbelanja di toko Anda.

5. Menggunakan Marketing Acquisition Tools

Permudah implementasi strategi acquisition Anda dengan memakai beragam tools marketing. Dalam hal ini, terdapat cukup banyak tools yang bisa Anda coba. Contohnya seperti kode referral, customer loyalty, user generated content, word of mouth dan social proof.

Semua tool tersebut dikembangkan dan berorientasi langsung pada konsumen. Alhasil nilai efektivitasnya cukup tinggi untuk menarik calon pembeli baru.

6. Berorientasi pada Jangka Panjang

Terakhir, rancanglah strategi acquisition Anda untuk proses jangka panjang. Aktivitas marketing ini memang harus terus-menerus dilakukan demi menjaga keberlangsungan usaha.

Terkadang pun hasilnya tidak instan. Dibutuhkan waktu agar rasa kepercayaan konsumen tumbuh, lalu mereka mau berdatangan mencoba produk/jasa Anda. Jadi jangan mudah menyerah dan selalu lakukan evaluasi berkala guna mengetahui sudah sejauh apa bisnis Anda melangkah.

Itulah dia pembahasan lengkap terkait acquisition customer. Sekarang Anda sudah siap untuk mempraktekkan tips-tips di atas demi memaksimalkan jumlah kedatangan pembeli ke toko Anda. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak ulasan strategi marketing bermanfaat setiap hari hanya di MARKEY. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk baca gratis artikel-artikel terbarunya. Sampai jumpa lagi!

15+ Marketing Skill Terpenting yang Wajib Dikuasai Tahun Ini

0
marketing skill

Mempunyai marketing skill adalah tuntutan jika Anda ingin sukses berkarir di perusahaan maupun mengelola bisnis sendiri. Nah, khusus di tahun ini pun ada serangkaian skill marketing yang wajib Anda kuasai. Apa sajakah skill-skill tersebut?

Banyak orang mengira bahwa jenis-jenis keterampilan marketing hanya itu-itu saja. Padahal dunia marketing selalu berkembang di setiap tahunnya. Otomatis, marketing skill pun ikut berevolusi menyesuaikan diri dengan trend, strategi bisnis, dan pola perilaku masyarakat terkini.

Pastinya Anda sudah penasaran dengan aneka ragam keterampilan marketing yang banyak digunakan tahun ini, bukan? Yuk langsung simak rekomendasi marketing skill terpenting serta cara-cara mudah mempelajarinya di bawah ini!

15+ Marketing Skill Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula (Soft Skill dan Hard Skill)

marketing skill

Secara umum terdapat dua jenis skill yakni soft dan hard skill. Sudah tahu apa perbedaannya?

Soft skill adalah keterampilan pribadi mencakup aspek emosional dan perilaku seseorang. Ciri-ciri soft skill adalah mengedepankan kemampuan interaksi seseorang dengan dirinya sendiri maupun orang lain. Contohnya seperti kemampuan komunikasi, pengelolaan emosi, gaya kepemimpinan, dan critical thinking.

Sedangkan hard skill lebih mengarah pada pengetahuan kognitif seseorang. Seluruh ilmu yang Anda dapatkan di bangku sekolah akan membentuk marketing skill satu ini. Contohnya adalah kemampuan berhitung, membaca komprehensif, dan penguasaan berbagai ilmu teoritis.

Kedua jenis skill tersebut bisa kita jumpai dalam kehidupan marketing sehari-hari. Terdapat beberapa jenis soft dan hard skill marketing yang wajib dikuasai setiap marketer atau pebisnis, yakni sebagai berikut:

1. Kemampuan Memecahkan Masalah

Keterampilan marketing yang pertama adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving). Tentunya akan ada berbagai jenis masalah yang bisa menghampiri bisnis Anda sewaktu-waktu. Oleh sebab itulah kemampuan ini akan sangat dibutuhkan.

Problem solving merupakan salah satu soft skill yang cukup sering dicari berbagai perusahaan. Pun terdapat cukup banyak aspek penilaian skill ini, mulai dari penyelesaian masalah personal, internal (semisal dengan rekan kerja), hingga eksternal dari luar perusahaan.

2. Kemampuan SEO dan SEM

Pesatnya perkembangan teknologi ecommerce masa kini menuntut setiap marketer untuk menguasai teknik SEO dan SEM. Bukan tanpa alasan, SEO dan SEM adalah metode-metode paling ampuh untuk menguasai strategi digital marketing tahun ini.

Sebuah website bisnis tidak akan menduduki ranking 1 Google dengan sendirinya. Dibutuhkan optimalisasi web secara berkala memakai kiat-kiat SEO dan SEM supaya situs olshop Anda mulai laris dan dikenal banyak orang. Akibatnya, skill pemasaran ini tidak boleh terlewat dari daftar pembelajaran Anda.

3. Komunikasi

Komunikasi selalu menjadi soft skill yang dibutuhkan dalam berbagai ranah, termasuk dunia marketing. Ini karena kita sebagai makhluk sosial pasti melakukan komunikasi dengan sesama demi memenuhi kebutuhan/tujuan tertentu.

Terdapat setidaknya dua jenis komunikasi yang lumrah ditemukan dalam suatu bisnis, yakni komunikasi internal (dengan sesama rekan kerja) dan eksternal (dengan klien atau konsumen). Keduanya harus diseimbangkan demi mencapai harmoni kerja sesuai yang diharapkan.

Namun, skill komunikasi tidak hanya mencakup kemampuan mengutarakan maksud dan pikiran melalui tuturan saja. Anda juga harus tahu bagaimana cara mendengar dan memahami keinginan lawan bicara demi mencapai kesepakatan dalam komunikasi.

4. Desain Grafis

Marketing skill yang laris manis berikutnya adalah desain grafis. Anda akan merasakan perubahan yang luar biasa jika mampu menguasai teknik pemasaran ini—terutama dari sisi pembuatan konten marketing.

Tak dapat dipungkiri bahwa konten-konten dengan tampilan visual estetik lebih mencuri perhatian audiens saat ini. Di sinilah dibutuhkan keterampilan desain grafis untuk menciptakan aneka karya yang memukau.

Desain grafis juga merupakan skill marketing serba guna. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten iklan bisnis, mendesain produk sendiri, hingga menjadi penyedia jasa dengan tarif bayaran tinggi.

5. Kemampuan Berpikir Kreatif

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “thinking out of the box”? Inti arti dari kalimat tersebut adalah mengajak kita untuk selalu berpikir kreatif dari sisi yang berbeda.

Tentunya skill marketing ini bisa mengantarkan Anda ke beragam bentuk keuntungan. Misalnya Anda jadi lebih mudah menyelesaikan masalah, mencetuskan ide-ide pemasaran terbaru, serta menemukan beragam peluang bisnis terbaik di pasaran.

6. Kemampuan Berpikir Analitis

Selain berpikir kreatif, Anda juga akan dituntut untuk berpikir mendalam atau analitis demi menyelesaikan sebuah kasus. Soft skill marketing ini dapat membuka perspektif Anda terkait banyak hal, sehingga masalah bisnis dapat tuntas tanpa perlu diskusi yang berlarut-larut.

Banyak inovasi marketing menarik juga bisa lahir dari kemampuan berpikir analitis. Misalnya Anda bisa melihat akar permasalahan utama konsumen yang belum dijawab oleh perusahaan; atau lebih mampu menggali plus dan minus dari sebuah rencana pemasaran.

7. Kemampuan Membuat Strategi Konten

marketing skill

Tahukah Anda bahwa setiap konten marketing selalu direncanakan terlebih dahulu? Ya, konten-konten pemasaran yang Anda lihat di internet tidak hanya sekadar diposting. Tim marketer brand selalu menyusun rencana atau strategi konten mereka dari jauh-jauh hari.

Dalam hal ini kita memerlukan suatu keterampilan marketing bernama content strategy. Orang-orang dengan kemampuan ini tahu bagaimana caranya merumuskan strategi konten terbaik demi mencapai tujuan utama bisnis.

8. Kemampuan Copywriting

Copywriting adalah teknik kepenulisan persuasif untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk/jasa Anda. Oleh sebab itu skill marketing ini cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri khas dari strategi copywriting adalah dilengkapi Call To Action (CTA) yang mengajak pembaca untuk bertindak. Contohnya:

  • Klaim tiketmu di sini.
  • Daftar sekarang dengan menekan tombol ini.
  • Download aplikasinya sekarang.
  • Tunggu apa lagi? Segera check outsebelum kehabisan.
  • Jangan lupa subscribedan nyalakan lonceng notifikasinya.

9. Kemampuan Editing dan Proofreading

Tidak hanya jago menulis konten, marketer juga harus tahu bagaimana cara mengedit dan menilai tulisan mereka sebelum dipublikasikan. Minimal Anda harus mengerti aturan ejaan PUEBI (untuk artikel bahasa Indonesia), grammar (untuk artikel Inggris), dan pemakaian tanda baca yang benar. Tak lupa selalu cek apakah tulisan Anda masih mengandung kesalahan kata (typo) sebelum diterbitkan.

10. Rasa Penasaran terhadap Hal Baru

Penting bagi seorang marketer untuk selalu penasaran dengan hal-hal baru. Perasaan ini akan memotivasi seseorang untuk terus belajar mengembangkan usahanya. Mereka tidak akan ketinggalan zaman akibat terlalu lama berada di “zona nyaman”.

Kejatuhan raja ponsel Nokia adalah contoh yang baik dalam kasus marketing skill ini. Saat berada di puncak kejayaannya, perusahaan Nokia justru enggan berinovasi dan mempelajari hal-hal baru. Akibatnya teknologi ponsel mereka pun kalah saing dengan Samsung dan Apple.

11. Kemampuan Multitasking

Multitasking adalah keterampilan berikutnya yang wajib dikuasai semua orang di tahun ini. Walaupun kemampuan kerja ini juga masih kerap menjadi bahan perdebatan di masyarakat.

Dari segi positifnya, kemampuan multitasking dianggap mampu menambah kontribusi bagi perusahaan dan memungkinkan seseorang bekerja lebih cepat. Namun di sisi lain, multitasking turut menyebabkan burn out di kalangan pekerja.

12. Kemampuan Analisis Data

Setiap bisnis pun memerlukan seseorang yang menguasai cara analisis data. Hard skill ini akan sangat berguna untuk memahami hal-hal penting terkait marketing, seperti performa iklan, consumer insight, dan popularitas bisnis di masyarakat.

Sejatinya ada cukup banyak metode analisis data di dunia bisnis. Namun untuk level pemula, Anda hanya perlu menguasai cara analisis dengan Google Analytics saja. Ini karena Google Analytics adalah tool analisis bisnis yang paling marak digunakan saat ini.

13. Kemampuan IT

Anda wajib memiliki kemampuan teknologi dasar agar bisa mengoperasikan bisnis online dengan benar. Tidak perlu sampai mempelajari sistem pemrograman alias coding; cukup cari tahu bagaimana cara mengoperasikan software-software bisnis seperti website, aplikasi ecommerce, dan tools-tools marketing. Anda dapat belajar secara otodidak dari internet atau mengambil kelas bootcamp pelatihan skill IT.

14. Kemampuan Media Sosial Marketing

Adakah brand yang tidak menekuni sosial media marketing saat ini? Faktanya, hampir 90% bisnis kekinian menggencarkan sosmed marketing untuk menggaet konsumen baru setiap hari. Jadi tidak heran kalau keterampilan sosmed marketing menjadi hal yang penting sekarang.

Menariknya, media sosial marketing terbagi-bagi ke beragam jenis. Misalnya seperti Facebook marketing, Instagram marketing, Twitter marketing, TikTok marketing, YouTube, dan lain-lain.

Anda pun bebas memilih mau menekuni ilmu pemasaran mana saja, asal sesuai passion, minat dan target peluang usaha. Contohnya jika target konsumen lebih banyak berdatangan dari komunitas Facebook, maka otomatis Anda harus memperdalam ilmu FB marketing.

15. Kemampuan Membuat Konten Marketing

Keterampilan pemasaran terakhir yang penting untuk dikuasai adalah kemampuan membuat konten pemasaran (content creation). Keterampilan ini mulai banyak dicari semenjak merebaknya strategi konten marketing di sosmed.

Namun skill content creation tidak sesederhana membuat konten saja. Anda harus tahu juga bagaimana cara meriset dan memilih ide, menyusun rancangan konten, lalu memproduksinya. Tak jarang pula seorang content creator turut ikut campur dalam proses editing konten sebelum publikasi.

5 Cara Mudah Meningkatkan Marketing Skill, Ayo Coba!

marketing skill

Masih bingung bagaimana cara memaksimalkan keterampilan marketing dalam diri sendiri? Anda dapat memantapkan potensi bisnis dengan mengikuti 5 strategi simpel di bawah ini:

1. Berlatih Berbicara di Depan Kaca

Apakah Anda masih merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan publik? Nah, ada siasat jitu yang sederhana untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan berlatih berbicara di depan kaca!

Berbicara di depan cermin dapat memperlihatkan langsung bagaimana sorot mata, mimik wajah serta gestur Anda saat menyampaikan pesan-pesan penting. Dari sini pun Anda bisa melakukan evaluasi mandiri dan mencari cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang meyakinkan.

2. Mengikuti Bootcamp dan Sertifikasi Marketing

Kelas-kelas online bootcamp kini sedang menjadi trend tersendiri di kalangan pekerja marketing. Ini karena bootcamp menyediakan pembelajaran skill marketing intensif bersama mentor profesional, plus sertifikat keahlian yang bisa menunjang karir.

Jadi tidak ada salahnya untuk menambah ilmu melalui kelas-kelas marketing yang tersedia di internet ataupun yang ada di kantor Anda sendiri.

3. Rajin Mengikuti Update Berita Dunia Marketing

Strategi mudah untuk meningkatkan skill marketing berikutnya adalah rajin-rajin membaca update berita terkait dunia marketing. Dari sini Anda bisa mengetahui perubahan kebutuhan masyarakat, tren-tren dan strategi marketing yang relevan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya turut mencari tahu jenis-jenis tools marketing yang tengah ramai dipakai perusahaan kekinian. Ini karena perubahan tren dan strategi marketing sering memengaruhi jenis tools yang cocok digunakan.

4. Bertanya Kepada Mentor

Pernah mengalami masalah atau punya pertanyaan mendalam terkait pengembangan skill marketing? Tidak perlu risau, Anda dapat mengatasinya dengan langsung bertanya kepada mentor.

Fungsi mentor di sini sama halnya seperti guru. Mereka akan membimbing Anda hingga berhasil mencapai target pengembangan skill yang diincar. Namun jika Anda kesulitan mencari mentor, Anda dapat bertanya ke referensi lain seperti buku-buku atau komunitas self development.

5. Lakukan Evaluasi Diri

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah rutin melakukan evaluasi diri. Evaluasi akan memberitahu Anda sudah sejauh mana progres belajar dilakukan, berapa nilainya, serta hal-hal yang masih perlu ditingkatkan. Jadi jangan pernah melewati tahapan ini kalau Anda ingin bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Itulah dia aneka skill marketing dasar untuk dikuasai. Apakah masih ada keterampilan bisnis yang belum Anda miliki? Tenang saja, masih belum terlambat untuk segera belajar dan mengasah kemampuan Anda. Tetaplah semangat dan pantang menyerah, ya!

Anda juga bisa memperluas wawasan marketing digital bersama MARKEY. Dapatkan lebih banyak berita, tips dan strategi bisnis online terbaru di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi!