Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 32

Consumer Insight Marketing: 4 Cara Mudah Memahami Konsumen

0
consumer insight

Consumer insight adalah metode terampuh untuk memahami keinginan konsumen Anda. Melalui analisis ini, kita bisa menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan menguntungkan. Seperti apa cara kerjanya?

Memahami konsumen selalu menjadi tantangan besar bagi setiap bisnis. Namun tugas ini tentunya tidak segampang membalikkan telapak tangan, terutama karena target pembeli bersifat cukup luas dan bisa terdiri atas beragam karakter orang.

Oleh sebab itulah diciptakan strategi analisis marketing khusus bernama consumer insight. Apa itu consumer insight dan bagaimana cara kerjanya? Yuk langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya di sini!

Pengertian Consumer Insight

consumer insight

Consumer insight adalah upaya-upaya perusahaan untuk mengerti tindak-tanduk target konsumennya. Kelakuan tersebut mencakup sejumlah poin, yakni:

  • Minat.
  • Kebutuhan.
  • Ketertarikan.
  • Cara berpikir.
  • Pandangan.
  • Saran.
  • Perilaku belanja.

Tujuan utama analisis insight konsumen adalah mencari tahu pendapat konsumen terkait produk atau pelayanan usaha Anda selama ini. Feedback-feedback tersebut bisa turut menjadi sumber inspirasi inovasi marketing jangka panjang. Tools marketing ini juga dikenal dengan nama customer insight.

Nah, customer insight inilah yang banyak melandasi hadirnya produk, jasa dan penawaran baru dari sebuah perusahaan. Misalnya produk sabun cuci Unilever yang selama ini kaya akan busa. Setelah mendengarkan pendapat cukup banyak konsumen, kini mereka menghadirkan sabun baru yang sedikit busa dan gampang dibilas.

7 Manfaat Consumer Insight bagi Bisnis

Mengapa customer insight penting untuk dilakukan? Seperti yang sudah sempat disinggung sedikit sebelumnya, insight konsumen memainkan peran yang krusial dalam marketing. Anda akan mampu membuat penawaran yang tepat sesuai kebutuhan konsumen jika sudah mengetahui bagaimana cara pikir dan pola belanja mereka.

Namun lebih jauh lagi, masih ada cukup banyak manfaat penting dari analisis customer insight yang bisa kita petik. Adapun benefit tersebut adalah:

  • Mempererat rasa suka dan loyalitas konsumen pada brand. Pelanggan akan mengutamakan berbelanja di toko Anda sebab mereka merasa lebih dipahami dan didengarkan kebutuhannya.
  • Mudah mengadakan inovasi, perbaikan kinerja dan penjagaan mutu bisniskarena bisnis secara konsisten mengambil feedback dari konsumen.
  • Memperbesar peluang transaksi dan mempermudah pemasaran (iklan). Ini karena Anda sudah mengetahui siapa target konsumen yang tepat.
  • Mengefektifkan budgetpromosi. Isi materi iklan telah disesuaikan dengan kebutuhan, trend dan hal-hal lain yang menjadi preferensi konsumen.
  • Mengungguli kompetitor dan persaingan ketat di pasaran. Bisnis lain akan sulit menebak langkah inovatif Anda sebab seluruh analisis customer insight bersifat rahasia.
  • Mempersiapkan tim menghadapi perubahan trend. Bisnis Anda tidak akan “kaget” apalagi kelabakan menghadapi perubahan trenddan situasi konsumen. Hasil analisis justru akan memberikan sejumlah tanda apabila akan terjadi perubahan tertentu, sehingga Anda dan tim lebih mudah bersiap.
  • Memperkuat visi dan misi branduntuk jangka panjang. Data dan hasil analisis customer insight bisa menginspirasi brand untuk menyusun strategi usaha jangka panjang.

7 Cara Mudah Mengumpulkan Consumer Insight Bisnis untuk Pemula

consumer insight

Kita telah melihat apa itu customer insight beserta manfaatnya bagi perusahaan. Sekarang tiba waktunya mencari tahu cara-cara mengumpulkan dan mengolah customer insight.

Untungnya, mengelola customer insight cukup mudah bahkan untuk pemula. Anda bisa langsung mulai dengan mengikuti 7 poin strategis berikut ini:

1. Melakukan Riset terhadap Target Konsumen

Mulailah dengan melakukan riset target konsumen. Proses ini akan membantu memaksimalkan strategi marketing berbasis customer insight Anda nantinya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kebutuhan pembeli sekaligus poin-poin yang harus dibenahi dari penawaran Anda saat ini.

Seluruh data penelitian bisa Anda kumpulkan dari berbagai platform, misalnya website ecommerce, sosial media, kuesioner dan telepon/SMS. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan analisis. Ada banyak jenis riset konsumen yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Survei konsumen online.
  • Survei kepuasan konsumen via telepon.
  • Telaah kuesioner.
  • Analisis kolom testimoni.
  • Forum FGD (Focus Group Discussion).

2.  Memanfaatkan Metode Ethnography

Ethnography adalah salah satu metode yang sering digunakan dalam analisis customer insight. Tidak seperti strategi analisis lainnya, metode ethnography menghasilkan laporan analisa yang lebih mendalam terkait perilaku konsumen, misalnya menguak alasan dan motivasi belanja seseorang.

Kebanyakan perusahaan memanfaatkan metode ethnography berkat keunggulannya tersebut. Anda akan mampu melihat kondisi pasar dan perusahaan secara akurat dari kacamata pembeli.

3. Mengajukan Feedback Consumer

Ada juga perusahaan yang mengoptimalkan pengelolaan customer insight melalui pengajuan feedback customer secara berkala. Contohnya adalah aktif meminta feedback pembeli melalui survey atau kuesioner kepuasan pelanggan.

Cara ini tentunya merupakan strategi customer insight termudah karena seluruh opini pelanggan sudah langsung tertuang jelas di kolom komentar feedback. Anda hanya perlu mengobservasi penilaian tersebut; mencatat poin-poin plus dan minusnya; lalu mencarikan solusi dari masalah-masalah yang disebutkan dalam feedback.

4. Merancang Desain Brand Sesuai Emosional Konsumen

Customer insight bisa diterjemahkan sebagai hubungan emosional antara konsumen dengan produk bisnis. Anda sesungguhnya bisa menilai perspektif konsumen terhadap sebuah brand dari kemasan produk mereka, lho.

Banyak perusahaan secara sengaja merancang desain produk mereka agar sesuai dengan emosi terdalam yang dirasakan konsumen. Semisal brand kesehatan yang memakai warna hijau untuk menumbuhkan nuansa alami, sehat dan organik.

Akibatnya, para konsumen akan merasa lebih sehat saat menggunakan produk-produk kesehatan dari brand tersebut. Lalu pada akhirnya bisnis Anda bisa membentuk suatu citra dan insight konsumen yang kuat melalui strategi ini.

5. Memanfaatkan Data Pihak Ketiga (Third Party)

Banyak perusahaan juga turut memanfaatkan data-data pihak ketiga (third party) untuk memperdalam analisis insight konsumen mereka. Strategi ini bisa Anda coba juga, khususnya apabila data yang dikumpulkan secara manual masih dinilai kurang.

Membujuk seseorang untuk memberikan penilaian memang bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang membuat seorang konsumen enggan meluangkan waktu mereview pelayanan bisnis; mulai dari kesibukan hingga ketakutan/rasa tidak enak hati berterus terang kepada pihak perusahaan.

Maka dari itulah layanan third party data bisa Anda manfaatkan selaku alternatif. Perusahaan pihak ketiga bisa berupa organisasi atau servis yang lebih besar dengan massa lebih banyak. Dengan begini Anda dapat memperoleh bermacam-macam data sesuai kebutuhan, termasuk letak permasalahan konsumen (pain point) dan trend konsumsi terbaru.

6. Mengombinasikan dengan Manajemen Pemasaran

Data insight konsumen faktanya masih kurang lengkap jika tidak diambil juga dari manajemen pemasaran bisnis Anda. Manajemen marketing memberi Anda banyak insight terkait efektivitas iklan dalam memengaruhi target market.

Oleh sebab itulah data-data manajemen marketing termasuk penting untuk analisis customer insight. Dari sini kita bisa tahu channel promosi mana yang pas sesuai selera konsumen.

7. Melakukan Pengujian Pengguna secara Real Time 

Strategi terakhir untuk memaksimalkan analisis customer insight adalah dengan melakukan pengujian konsumen (user) secara langsung. Strategi ini juga dikenal dengan nama real time user test.

Uji coba bisa dilakukan memakai platform-platform online yang dimiliki bisnis Anda: website perusahaan, akun ecommerce, aplikasi toko, dan akun sosial media brand. Lalu lakukan pengamatan interaksi konsumen terhadap produk Anda (engagement). Sebagai hasilnya, Anda akan menemukan wawasan baru terkait opsi layanan yang disukai konsumen.

3 Faktor Penting dalam Customer Insight

Tidak hanya mengetahui cara-cara menganalisis customer insight saja, Anda juga perlu memerhatikan faktor-faktor penting yang bisa memengaruhi hasil observasi Anda. Berikut adalah tiga hal krusial yang wajib ada ketika menelaah data insight konsumen:

1. Harus Actionable

Analisis consumer insight Anda tidak akan membawa hasil signifikan pada perusahaan jika tidak actionable (dipraktekkan oleh seluruh komponen bisnis). Oleh sebab itu Anda harus mengemas hasil analisis dalam bentuk visual dan bahasa yang mudah dimengerti semua orang. Pun akan lebih baik lagi jika laporan customer insight bisa langsung dijadikan rencana pemasaran.

2. Wajib Dibudayakan di Perusahaan

Telaah customer insight bukanlah proses yang bersifat sekali dua kali. Anda dan tim wajib membudayakan pelaksanaan analisis tersebut secara berkala demi memperoleh hasil terbaik.

Ini karena pola pikir dan tingkah laku konsumen cenderung bersifat dinamis; berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman. Laporan customer insight Anda hari ini bisa saja tidak relevan lagi di masa depan.

3. Bersifat Kolaboratif

Poin penting terakhir dari customer insight adalah bersifat kolaboratif. Siapapun boleh mengerjakan tugas analisis ini, mulai dari mengumpulkan data hingga menelaah data menjadi laporan. Untuk mempermudah pekerjaan pun ada baiknya membagi jobdesc ke orang-orang yang tepat berdasarkan skill masing-masing.

Demikianlah ulasan lengkap terkait consumer insight, mencakup definisi, manfaat dan strategi pelaksanaannya di perusahaan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, ya!

Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan info-info terbaru seputar digital marketing. Baca koleksi artikel terbarunya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

20+ Ide Usaha Kreatif Modal Kecil Khusus Gen Z

0
ide usaha kreatif

Masih sekolah atau kuliah tapi ingin mencoba berbisnis sendiri? Kebetulan, kami punya 20+ ide usaha kreatif terbaik khusus untuk Anda sang generasi Z (Gen Z).

Banyak pelajar dan mahasiswa mengisi waktu luang mereka dengan berbisnis. Selain bermanfaat menambah uang jajan, ide-ide usaha kreatif ini juga bisa mengasah keterampilan berwirausaha Anda.

Penasaran apa saja rekomendasi bisnis terbaik bagi pelajar saat ini? Yuk langsung simak list selengkapnya di bawah ini!

20+ Ide Usaha Kreatif Terlaris dan Tanpa Modal [Khusus Gen Z]

ide usaha kreatif

Siapa bilang anak muda Gen Z tidak bisa merintis bisnis sendiri? Daripada hanya rebahan dan bermain sosmed sepanjang hari, yuk coba mencari pemasukan tambahan dengan 20+ ide bisnis kreatif tanpa modal berikut ini:

1. Bisnis Reseller

Ide usaha kreatif reseller sangat terkenal karena mudah dan langsung bisa dimulai tanpa modal sepeserpun. Anda hanya memerlukan kuota internet dan smartphone pribadi saja untuk memulai.

Tugas utama reseller adalah mempromosikan katalog milik online shop lain. Jika ada pesanan yang masuk, maka Anda dapat meneruskannya ke agen untuk diproses. Mudah, bukan? Nah, semakin banyak orderan yang Anda dapat, otomatis semakin besar juga keuntungan Anda.

Sekarang Anda hanya perlu mencari toko-toko online di ecommerce atau sosial media yang membuka kerjasama reseller. Lalu daftarkan diri Anda sebagai member reseller baru.

2. Bucket Shop Custom

Berikutnya ada bisnis buket bunga custom yang akhir-akhir ini populer di kalangan mahasiswa. Ide usaha kreatif ini cocok untuk Anda yang memiliki keterampilan merangkai bunga dan kado hampers estetik.

Bisnis buket pun dijamin laris manis di kalangan mahasiswa, mengingat ada banyak momen penting yang memerlukan produk ini. Contohnya seperti perayaan sidang skripsi, yudisium, wisuda, hingga anniversary. Alhasil bisnis ini pun terjamin selalu laris manis kapanpun dimanapun.

3. Content Creator

Daripada cuma scroll-scroll sosial media tanpa menghasilkan apa-apa, lebih baik jadikan hobi ini sebagai ladang pemasukan tambahan. Anda bisa mencoba terjun menjadi seorang content creator atau influencer.

Ide usaha kreatif ini juga sedang naik daun selama beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, seorang content creator bisa memperoleh pemasukan hingga puluhan juta dari adsense serta endorsement. Selain itu, mereka pun bisa mendulang popularitas dan berkarir ke jenjang yang lebih serius, seperti menjadi brand ambassador.

Anda bisa mulai dengan membuat konten-konten kecil edukatif sekaligus menghibur sesuai passion. Misalnya membuat konten ulasan kisah mistis jika Anda menyukai cerita-cerita horor.

4. Thrift Shop

Siapa yang tidak pernah mendengar ide usaha kreatif thrift shop? Para Gen Z pastinya sudah sangat familiar dengan toko baju second hand ini.

Tidak hanya menguntungkan dari sisi konsumen saja, usaha thrift juga menjanjikan keuntungan fantastis bagi pengelolanya. Bisnis ini juga low budget karena Anda bisa mulai dengan menjual koleksi baju pribadi secara online.

Namun ada baiknya untuk tetap menyusun rencana pemasaran yang kreatif agar bisnis sukses dilirik pembeli. Hampir setiap thrift shop kekinian juga mengusung tema katalog yang estetik.

5. Bisnis Fotografi

Bisnis fotografi juga tak kalah ramai dijajal oleh para mahasiswa. Saat ini nominal upah fotografer terbilang besar dan jasanya sering dibutuhkan di mana-mana. Misalnya pada acara wisuda, reuni, pernikahan, arisan, hingga pembuatan iklan-iklan olshop.

Pun tidak perlu untuk menunggu sampai Anda punya kamera DSLR. Sekarang ada banyak smartphone android dan iOS yang kualitas kameranya setara perangkat fotografi profesional. Lalu sembari bekerja, Anda bisa terus mengasah keterampilan editing foto di aplikasi editor foto terbaik demi menyempurnakan foto pesanan klien.

6. Freelance

Ada juga ide jasa kreatif yang tidak menggunakan modal sama sekali. Sesuai namanya, freelance adalah tenaga kerja lepas yang menangani berbagai jenis proyek. Anda bebas menentukan sendiri tipe pekerjaan serta waktu pengerjaannya. Otomatis, aktivitas utama Anda tidak akan terganggu jam kerja.

Sekarang pun ada banyak sekali jenis pekerjaan freelance online untuk dicoba. Contohnya:

  • Penulis konten (contentdan copywriter).
  • Desainer grafis dan illustrator.
  • Fotografer.
  • Videografer.
  • Penerjemah.
  • Programmer software.
  • Admin online shop.
  • Data entry.
  • Tenaga survey.
  • Dan masih banyak lagi.

Anda dapat menemukan job-job freelance secara langsung di situs penyedianya, seperti Sribulancer, Upwork, dan Freelancer. Yang terpenting, sesuaikanlah pekerjaan yang diambil dengan keterampilan, skill serta passion Anda, ya!

7. Layanan Hotline Curhat

ide usaha kreatif

Pernahkah Anda terpikir untuk membuat layanan jasa mendengar curhatan? Konsep ide jasa kreatif ini sepintas tampak mirip dengan jasa konsultasi psikologi, namun bentuknya lebih sederhana.

Jasa ini tidak memberikan terapi bagi klien sebagaimana dalam konsultasi psikolog. Anda hanya mendengarkan unek-unek klien dan menemaninya mengobrol selama durasi tertentu.

Ide bisnis ini cukup menarik dicoba karena ada orang-orang yang membutuhkan teman curhat setiap hari. Namun Anda perlu mempunyai kemampuan komunikasi, pendengaran, serta pengelolaan emosi yang baik selama menjalani profesi ini.

8. Pengajar atau Tutor

Berikutnya ada peluang bisnis sebagai pengajar atau tutor. Inilah ide bisnis kreatif yang paling mudah ditemukan di kalangan mahasiswa. Para pelajar SMA juga bisa membuka les privat kecil-kecilan untuk jenjang SMP, SD, bahkan TK.

Seorang tutor bisa memberikan les secara intensif, membantu dan membimbing pembuatan tugas, hingga mempersiapkan siswa sebelum menghadapi ujian. Proses mengajar pun bisa dilakukan secara offline atau online via Zoom. Segera cari tahu mata pelajaran yang Anda kuasai lalu mulailah berpromosi.

9. Jasa Penitipan Hewan

Ada juga ide bisnis menarik bagi Gen Z pecinta hewan! Anda dapat membuka layanan penitipan hewan peliharaan bagi orang-orang yang hendak pulang kampung, bekerja keluar kota, dan sejenisnya.

Tarifnya bisa disesuaikan dengan durasi penitipan, seperti 1 hari, 3 hari, 1 minggu atau beberapa minggu. Semakin lama waktu penitipan biasanya makin mahal pula biayanya. Namun pastikan Anda mempunyai ruangan yang cukup di rumah untuk meletakkan hewan-hewan titipan.

10. Bisnis Makanan

Bagaimana dengan yang hobi masak? Tenang saja, Gen Z yang doyan makan tentu bisa mencoba peluang bisnis menguntungkan di bidang kuliner.

Bisnis kuliner terdiri atas berbagai varian. Mulai dari jual beli camilan manis atau pedas, makanan beku, salad sehat, jajanan tradisional atau street food, hingga katering dan makan berat. Semuanya berpotensi menghasilkan keuntungan berlimpah, jadi Anda hanya perlu menyesuaikan usaha kuliner dengan minat.

11. Affiliate Marketing

Trend bisnis affiliate marketing tengah naik daun di berbagai sosmed akhir-akhir ini. Bisnis affiliate marketing lebih simpel ketimbang reseller namun masih memiliki konsep yang mirip.

Tugas utama seorang affiliate marketer adalah mempromosikan link katalog produk sebuah olshop ke masyarakat. Lalu mereka akan memperoleh komisi jika ada seseorang yang membeli produk melalui link affiliate tadi.

Ada juga affiliate marketing dengan kode referral. Dalam sistem yang ini, Anda akan memperoleh bayaran kalau berhasil mengundang orang lain menjadi pengguna suatu aplikasi/brand dengan kode referral.

12. Admin Sosmed Online Shop

Selain menjadi content creator, Anda juga bisa mencoba bekerja paruh waktu atau freelance sebagai admin sosial media online shop. Pekerjaan ini masih terbilang santai, mudah, tapi tetap menghasilkan uang yang lumayan besar.

Tugas admin Anda adalah membalas pesan-pesan dan komentar yang diterima sebuah akun bisnis. Pekerjaan ini menuntut skill komunikasi dan problem solving yang baik, jadi tidak ada salahnya mencoba mempelajari keterampilan customer service online sebelum melamar.

13. Jasa MUA (Make Up Artist)

Apakah Anda suka merias wajah (make up)? Yuk jadikan hobi tersebut sebagai peluang bisnis sampingan dengan membuka jasa MUA murah.

Jasa MUA banyak dicari ketika musim wisuda tiba. Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan promosi ke teman-teman kuliah. Jangan lupa untuk selalu mengambil testimoni hasil riasan dan mengunggahnya ke sosial media sebagai portofolio bisnis.

Setelah bisnis MUA Anda terkenal, barulah Anda bisa melebarkan sayap menangani klien pernikahan, pre wedding, event modeling, serta menata rias wajah artis sungguhan!

14. Toko Pulsa dan Kuota

ide usaha kreatif

Menjual pulsa dan kuota juga terbilang menjanjikan saat ini. Pasalnya hampir semua orang kini beraktivitas secara daring (online), mulai dari mengobrol, berbelanja, bekerja, belajar hingga mencari hiburan.

Alhasil permintaan masyarakat terkait kuota dan pulsa selalu tinggi. Kuota pun bisa dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan primer di berbagai kalangan generasi. Jadi mengapa tidak mencoba peluang bisnis menjanjikan ini?

15. Blogger

Masih belum menemukan ide bisnis kreatif yang sesuai passion Anda? Mungkin Anda tertarik mencoba peruntungan sebagai blogger.

Blogger adalah orang-orang yang mengelola sebuah blog. Mereka menulis berbagai konten edukatif lalu memaksimalkan performanya memakai strategi SEO. Hasilnya, blog Anda bisa memiliki banyak view dan berpeluang untuk disisipi iklan adsense.

Tidak sedikit blogger yang sukses meraih pemasukan hingga puluhan juta. Contohnya adalah Raditya Dika, penulis best seller Indonesia yang mengawali karir sebagai blogger. Lalu ada Michelle Gardner yang menghasilkan 1,5 juta USD per tahun dengan blog pribadinya.

16. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis kreatif selanjutnya untuk Gen Z adalah membuka jasa pembuatan website. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang berstatus sebagai mahasiswa ilmu komputer.

Tenaga programming sedang sangat banyak dibutuhkan abad ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan bisnis online (marketplace). Anda bisa menawarkan jasa web development berharga terjangkau untuk bisnis-bisnis rintisan baru, UMKM, hingga perusahaan besar yang ada di sekitar Anda.

Tidak cuma efektif menjadi ladang cuan, bisnis programming ini pun bisa turut mengasah keterampilan coding yang Anda pelajari di bangku kuliah.

17. Bisnis Terrarium

Pernahkah Anda mendengar nama bisnis terrarium sebelumnya? Terrarium adalah salah satu jenis usaha agrobisnis yang sedang trending belakangan. Meskipun pada awalnya terrarium adalah hobi pribadi di kalangan pecinta tanaman.

Cara penanaman ala terrarium mempunyai keunikan tersendiri di mana tanaman dipelihara dalam wadah akuarium, botol kaca ataupun plastik berisi tanah. Bentuk tanaman terrarium pun biasanya unik dan modis sehingga cocok sebagai dekorasi pemanis interior rumah.

Contoh bisnis terrarium yang populer saat ini adalah budidaya kaktus mini. Tanaman ini banyak peminatnya karena sangat mudah dirawat.

18. Penyewaan Kostum Cosplay

Bisnis penyewaan kostum pesta dan cosplay juga berpotensi sebagai ladang cuan. Ide usaha kreatif satu ini banyak digeluti oleh para cosplayer serta komunitas anime. Jadi Anda bisa menekuni hobi mengoleksi kostum sekaligus mendapatkan penghasilan dari sana.

Tapi bisnis penyewaan kostum ini masih bisa dimodifikasi dan diperluas jangkauan konsumennya. Seperti misalnya membuka penyewaan setelan jas, gaun, serta kebaya untuk acara-acara penting.

19. Grup Order Merchandise K-Pop dan Anime

Faktanya, ada banyak sekali Gen Z yang tertarik mengoleksi berbagai merchandise K-Pop dan anime. Mereka mengumpulkan beragam item official (resmi) terkait idola masing-masing, mulai dari photocards, album, light stick hingga figurine.

Nah, dari sini Anda bisa mengambil peluang bisnis baru yakni dengan membuka jasa grup order merchandise official! Sebuah grup order berisikan orang-orang yang mau membeli sebuah produk secara kolektif. Pembelian kolektif lebih diminati karena praktis dan bisa mendapat potongan harga ketimbang pembelian satuan.

20. Desain Casing HP

Ide bisnis kreatif yang terakhir adalah jasa desain casing smartphone. Menambahkan casing atau pelindung pada gadget saat ini sudah terasa seperti sebuah keharusan bagi banyak orang.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan keamanan ponsel dari benturan, banyak casing kekinian hadir dalam desain custom yang menarik, khususnya bagi Gen Z. Jadi Anda bisa membuka toko casing smartphone yang menyediakan jasa desain custom sesuai permintaan klien.

Itulah 20+ ide usaha kreatif untuk Gen Z yang bisa Anda coba sebagai pengisi waktu luang. Maksimalkan pula bisnis online Anda dengan mempelajari berbagai strategi digital marketing gratis di MARKEY.

Langsung baca koleksi artikelnya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore, ya. Sayonara!

Brand Voice adalah: Arti, Fungsi dan 7 Cara Mengembangkannya

0
brand voice adalah

Brand voice adalah cara komunikasi yang unik dari brand kepada para pembeli untuk menonjolkan kelebihan diri. Strategi ini wajib Anda praktekkan demi menjaga loyalitas konsumen serta memaksimalkan omset.

Kepuasan dan loyalitas konsumen merupakan dua hal penting agar toko kita selalu laris-manis. Apalagi di era bisnis online saat ini, banyak brand berlomba-lomba menawarkan diskon dan promo yang cukup sering menggoyahkan hati konsumen kesayangan kita.

Nah, sekaranglah waktu yang tepat untuk memperkuat image dan kesetiaan konsumen pada brand kita memakai strategi brand voice. Jangan sampai Anda baru menyesal ketika toko mulai sepi ditinggal pembeli. Ayo lanjutkan membaca guna mengetahui apa itu brand voice selengkapnya di sini!

Arti Brand Voice Adalah

brand voice adalah

Apa itu brand voice? Dalam ilmu marketing disebutkan bahwa brand voice adalah cara komunikasi yang unik dari setiap brand kepada para konsumennya.

Jika Anda perhatikan, saat ini setiap brand memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda tergantung pada target, karakter, dan visi misi masing-masing. Ada brand yang bergaya elit, mahal dan profesional; namun ada juga bisnis yang hangat, santai dan kental nuansa kekeluargaannya.

Namun brand voice tidak sama dengan brand character, sebab brand character adalah penilaian atau anggapan publik terkait bisnis kita. Bisa dikatakan bahwa brand voice merupakan alat untuk membangun brand character yang kuat.

Fungsi utama brand voice yakni mempertahankan para konsumen setia melalui hubungan yang erat, akrab dan kian hangat. Dengan begini, Anda bisa terus mendulang transaksi setiap hari, mengefektifkan budget promosi, serta tidak perlu takut kehilangan konsumen akibat masalah sejenis brand switching.

Manfaat Brand Voice Adalah

Tujuan utama brand voice adalah menambah peluang transaksi dan pemasukan bisnis. Hal ini tentunya bisa terwujud akibat keampuhan brand voice dalam mempererat hubungan antara bisnis Anda dan konsumen.

Brand voice mengubah cara pandang konsumen terhadap suatu bisnis. Alih-alih melihat perusahaan sebagai pihak komersial, strategi brand voice justru “menunjukkan” sisi humanis sebuah bisnis. Alhasil kini banyak masyarakat berinteraksi dengan brand dengan cara dan gaya bahasa yang santai, selayaknya mengobrol dengan teman sepermainan.

Masyarakat pun cenderung lebih mudah mempercayai sebuah brand dengan tone of voice yang  menarik. Seperti yang Anda sudah ketahui, rasa kepercayaan (trust) adalah fondasi awal sebuah transaksi. Berbekalkan trust inilah para konsumen akan termotivasi sekaligus teryakinkan untuk berbelanja di toko Anda.

Manfaat lain brand voice adalah menonjolkan karakter bisnis Anda dari pesaing. Toko-toko lain boleh jadi menghadirkan produk atau jasa yang mirip dengan milik Anda, namun mereka tidak akan pernah bisa meniru image bisnis yang Anda bangun. Jadi masyarakat akan selalu mudah membedakan brand Anda dari toko pesaing di pasaran.

5 Strategi Brand Voice untuk Memaksimalkan Loyalitas Konsumen

brand voice adalah

Setelah memahami apa itu brand voice, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Bagaimana cara mempraktekkan brand voice untuk memaksimalkan loyalitas konsumen?”.

Tidak perlu khawatir. Anda bisa langsung mencoba strategi brand voice dengan mengikuti 5 tips simpel berikut ini saja:

1. Menjelaskan Brand Anda dengan Rinci

Langkah paling pertama untuk bisa menumbuhkan brand voice adalah dengan menjelaskan siapa sesungguhnya brand Anda. Bagaimana Anda bisa mewujudkan image khas di benak orang lain, kalau mereka tidak pernah tahu siapa Anda?

Terdapat sejumlah cara untuk menjelaskan brand kita secara rinci. Pertama, Anda bisa mulai dari mendeskripsikan brand sejelas-jelasnya. Cari tahu sifat-sifat atau kepribadian apa saja yang dirasa paling mewakili “jiwa” perusahaan Anda. Cara ini mirip seperti ketika kita mencoba mengenal diri sendiri atau orang lain berdasarkan wataknya.

Pun akan lebih bagus lagi jika bisnis Anda mempunyai visi misi dan cerita latar belakang tertentu. Sebab kebanyakan orang lebih mudah menangkap image brand usai membaca kisah pendirian, motivasi serta visi misinya.

Selain itu, brand voice juga juga mencakup poin-poin penting berupa gaya bahasa yang dipakai brand. Jadi Anda dapat mengidentifikasi karakter brand lewat pilihan-pilihan kata yang sering Anda pakai di sosmed.

2. Menentukan Suara dan Citra Brand

Selanjutnya, tentukanlah suara (voice) dan citra (image) brand yang ingin Anda tonjolkan. Dua komponen ini terbukti saling berkaitan dalam membentuk suatu karakter yang kuat. Nada komunikasi bisa menunjukkan terkait karakter lawan bicara kita, yang akhirnya membentuk  suatu image khas di benak kita.

Hal tersebut pun tidak jauh berbeda dalam dunia marketing. Misalnya brand A sering berkomunikasi menggunakan nada suara yang ramah namun disisipi gaya bahasa gaul khas anak muda kekinian. Dari sini kita sudah bisa membayangkan image brand A sebagai perusahaan berjiwa muda, dinamis, dan disukai para millennial.

Kini tugas Anda adalah memilih sebuah tone of voice (nada suara) yang sekiranya tepat mewakili tujuan, visi dan misi perusahaan. Sertakan juga pedoman hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak (do and don’t list) ketika mengaplikasikan karakter pilihan ke rencana marketing.

3. Menggunakan Gaya Bahasa yang Konsisten

Poin ini juga sangat penting untuk diperhatikan: jangan sampai gaya bahasa dan nada komunikasi brand Anda tidak konsisten. Misalnya di sosmed Anda memakai gaya bahasa gaul-hangat-ramah, akan tetapi di website menjadi kaku-baku-dingin.

Sayangnya ketidakkonsistenan sikap ini bisa saja terjadi tanpa sengaja. Apalagi jika ada banyak orang yang mengurus channel marketing Anda. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba membuat pedoman khusus brand voice berisikan ciri-ciri gaya bahasa, deskripsi karakter dan visi misi brand. Pedoman ini akan menjadi patokan bagi setiap pegawai ketika membuat konten marketing.

4. Mengaudit Strategi Brand Voice

Entah disadari atau tidak, semua bisnis sudah menerapkan gaya bahasa tertentu ketika berpromosi ke konsumen. Tapi tidak perlu cemas, karena brand voice yang sudah Anda jalankan selama ini masih bisa diperbaharui kalau dirasa kurang relevan.

Proses memperbaharui strategi brand voice tersebut dikenal dengan nama audit. Aktivitasnya mencakup penyesuaian voice dengan nilai brand dan karakter target pasar Anda.

Caranya pun cukup mudah: lihat-lihat kembali interaksi (engagement) di setiap konten marketing Anda. Kemudian lakukan evaluasi mandiri untuk menilai jika bahasa dan isi konten sudah efektif membantu pencapaian target marketing atau belum.

Cara konsumen menanggapi konten juga patut mendapat perhatian khusus. Seperti misalnya apakah mereka menggunakan gaya bahasa yang formal atau tidak. Atau justru konsumen Anda lebih suka menanggapi dengan humor, pertanyaan, atau komentar serius.

5. Melakukan Evaluasi dan Revisi secara Berkala

Tips terakhir dari strategi brand voice adalah rajin melakukan evaluasi dan revisi. Proyek marketing ini adalah proses jangka panjang, sehingga Anda perlu memantau perkembangannya secara berkala.

Bukan hal yang tidak mungkin bahwa brand voice Anda saat ini ternyata kurang relevan dengan situasi target market ke depannya. Oleh sebab itu, evaluasi dan revisi amat diperlukan demi menjaga hubungan emosional antara bisnis Anda dengan para konsumen.

Implementasi brand voice pun merupakan eksperimen trial and error. Tidak semua perusahaan bisa langsung menemukan voice terbaiknya dalam satu kali percobaan. Jadi jangan ragu untuk memperbaiki atau mengubah strategi brand voice jika hasil akhirnya ternyata kurang memuaskan di masyarakat.

Contoh Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Brand Voice Adalah

Strategi brand voice tentunya sudah pernah diterapkan oleh sejumlah perusahaan di dunia. Tak sedikit brand yang berhasil mempererat hubungan dengan para konsumen melalui taktik marketing ini.

Siapa sajakah mereka? Berikut adalah beberapa contoh perusahaan terkenal yang sukses mengaplikasikan brand voice:

Gojek Indonesia

Hampir semua masyarakat Indonesia tentu mengenal nama layanan ojek online “Gojek”. Nah, kepopuleran tersebut bisa diraih Gojek dengan mulus berkat strategi brand voice.

Gojek memakai pendekatan brand voice berupa pesan-pesan yang personal, semisal dengan menyapa langsung nama konsumen di push notification atau pesan-pesan penawaran. Contohnya:

  • Budi, lagi ada promo menarik buatmu nih!
  • Selamat sore, Ani. Mau makan apa?
  • Tawaran spesial untuk Ayu di Gojek.

Strategi seperti ini berhasil membuat konsumen merasa lebih spesial, dekat dan disambut hangat oleh brand.

Starbucks

Salah satu alasan Starbucks begitu digemari oleh masyarakat berbagai negara adalah akibat kekuatan brand voicenya. Agak berbeda dari Gojek, brand voice Starbucks mayoritas dilakukan pada platform media sosial.

Mereka mengemas penawaran dengan kata-kata santai, lugas, namun tetap kaya akan emosi. Misalnya pada kalimat, “Minuman favoritmu hadir lagi!”, yang lebih terasa seperti memberitahukan informasi dengan akrab alih-alih menawarkan produk.

Coca Cola

Contoh terakhir adalah Coca Cola. Brand minuman bersoda ini pun sukses bertahan di pasar internasional selama puluhan tahun berkat implementasi brand voice yang tepat.

Setiap konten marketing Coca Cola selalu dibawakan memakai bahasa yang ramah, rendah hati, dan bernada positif. Mereka pun gencar mengkampanyekan serunya menikmati Coca Cola dalam kebersamaan. Alhasil, kita selalu melihat minuman Coca Cola di tengah-tengah momen penting seperti kumpul keluarga dan event.

Itulah dia pembahasan lengkap terkait brand voice, mulai dari arti, contoh, hingga strategi aplikasinya untuk bisnis.

Sekarang Anda sudah bisa mencoba mengembangkan brand voice bisnis sendiri mengikuti tips-tips di atas. Tapi jangan lupa, proses ini membutuhkan konsistensi upaya dan kesabaran sebelum menuai hasil yang diinginkan. Selamat mencoba!

Dapatkan lebih banyak info, berita dan wawasan terkini seputar dunia digital marketing gratis hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store sekarang juga, ya. Sampai bertemu lagi.

Twitter Create: Serba-Serbi Jadi Kreator Berbayar di Twitter

0
twitter create

Twitter Create kini hadir untuk memfasilitasi para kreator berkarya di Twitter. Anda pun bisa memperoleh pendapatan baru dengan memaksimalkan fitur Twitter yang satu ini. Tertarik mencoba?

Tingginya angka pengguna Twitter di seluruh dunia membuka peluang bisnis yang menarik, baik untuk perusahaan maupun konten kreator. Dari sinilah muncul beragam strategi Twitter marketing yang bertujuan menarik engagement sebanyak mungkin.

Kali ini Twitter menghadirkan menu spesial yang memudahkan konten kreator memonetisasi hasil karyanya. Fitur tersebut bernama Create. Penasaran apa itu Twitter Create, manfaat dan cara menggunakannya? Tanpa basa-basi lagi, mari simak penjelasan selengkapnya terkait Create di bawah ini!

Apa Itu Twitter Create?

twitter create

Twitter Create adalah menu terbaru Twitter yang berisi serangkaian tools pembuatan konten interaktif. Dengan memanfaatkan fitur ini, para kreator atau selebtwit bisa lebih leluasa menciptakan berbagai konten yang interaktif dan menarik.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa meraih lebih banyak peluang monetisasi di Twitter jika mampu memaksimalkan daya guna fitur Create dengan tepat. Create juga tersedia bagi akun Twitter resmi perusahaan bisnis yang memudahkan tim marketer mempelajari insight Twitter marketing mereka.

Informasi detail terkait Create bisa Anda akses di https://create.twitter.com/, atau langsung mengakses menunya pada side bar di aplikasi Twitter versi terbaru (android dan iOS).

Siapa yang Bisa Menggunakan Twitter Create?

Fitur Create bisa diakses oleh siapa saja, namun fitur-fiturnya lebih dikhususkan untuk orang-orang yang berbisnis di Twitter. Hal ini mencakup konten kreator, influencer, selebriti, dan perusahaan (brand official).

Selengkapnya, inilah kategori profil Twitter yang direkomendasikan untuk upgrade menjadi pengguna Create:

  • Konten Kreator (Creators): Orang-orang menciptakan berbagai konten inspiratif, bermakna, edukatif, dan/atau menghibur. Contohnya Twitter thread.
  • Podcaster (Podcasters): Konten kreator podcast di Twitter. Konten dibuat dalam bentuk audio dengan beragam pembahasan menarik, contohnya Twitter Spaces dan voice note.
  • Penulis (Writers): Akun para penulis yang rutin menyebarkan ide-ide menariknya di Twitter dalam bentuk thread ataupun tautan website/blog eksternal.
  • Portal Berita (News): Official accountdari media massa online yang populer di suatu negara maupun internasional. Contohnya The Jakarta Post, BBC News, dan VoA.
  • Industri Entertainment (Film, TV): Para aktris, aktor, sutradara yang juga aktif berkicau di Twitter.
  • Industri Game (Gamers): Para streamers game online, atlet e-sport, pengembang game, dan akun resmi komunitas game tertentu.
  • Industri Olahraga (Sports): Mencakup para komentator, pelatih (coach), pemain dan akun resmi penggemar cabang dan tim olahraga tertentu.
  • Musisi: Seniman musisi solo, band, boy/girl group, dan akun resmi agensi musik.
  • Bisnis Profit: Akun resmi perusahaan yang berkembang di Twitter.
  • Organisasi Non Profit: Komunitas/organisasi nirlaba yang berusaha menumbuhkan awareness seluas-luasnya di Twitter. Contohnya KitaBisa, Change.org, dan American Heart Association.

9 Fitur Penting Layanan Create di Twitter

twitter create

Pengguna Twitter for Create akan mendapat banyak fitur tambahan dan eksklusif yang tidak ada di layanan Twitter biasa. Apa sajakah itu? Berikut jawabannya:

1. Twitter Blue

Pengguna Twitter yang mengupgrade akunnya ke layanan Create bisa langsung mendapat akses ke menu spesial “Twitter Blue”. Pun terdapat banyak kelebihan baru dari Twitter Blue, antara lain:

  • Mencari tweet yang tersimpan di bookmark.
  • Mengedit tweet yang sudah diposting.
  • Memasang tanda centang biru pada profil sendiri (tanpa perlu verifikasi).
  • Menunda pengunggahan konten di Twitter selama satu menit (Undo Tweet).
  • Lebih banyak pilihan custom layout profil Twitter sehingga akun Anda bisa tampak lebih profesional.
  • Dan masih banyak lagi update fitur premium yang kelak akan hadir menyusul.

2. Twitter Spaces

Spaces adalah fitur ngobrol langsung antara pengguna Twitter. Namun tidak seperti interaksi umum di Twitter yang berupa teks, di sini Anda bisa mengobrol sahut-menyahut secara verbal (audio) dengan orang lain.

Pengguna yang memulai Spaces akan disebut host, dan bisa membuat room yang terbuka bagi publik. Di dalam room inilah aksi bercakap-cakap terjadi. Anda bisa berdiskusi secara real time membahas topik apa saja dengan semua orang di Twitter.

Dulunya fitur Spaces tersedia bagi semua pengguna Twitter. Namun seiring berjalannya waktu, pihak pengembang merasa bahwa Spaces lebih berguna jika dikelola oleh para kreator, perusahaan, influencer dan podcaster.

Adapun versi terbaru Twitter Space kini menghadirkan lebih banyak fitur canggih, yaitu:

  • Recorded Spaces: mode siaran ulang untuk sesi diskusi yang telah terlewat.
  • Ticketed Spaces: tiket pendaftaran berbayar untuk orang-orang yang ingin masuk ke agenda space Anda. Dari sini Anda bisa memonetisasi layanan Spaces.
  • Super Follows: memberikan akses awal kepada audiens yang berlangganan Spaces Anda. Fitur masih terbatas hanya untuk beberapa negara saja.

3. Tweet Deck

Sering bingung memikirkan ide-ide konten Twitter terbaik? Tidak perlu khawatir. Sekarang Anda bisa memaksimalkan performa setiap konten tweet melalui menu Tweet Deck.

Tweet Deck adalah dashboard analisis khusus Twitter yang memuat beragam matriks penilaian sekaligus indikator-indikatornya. Insight tersebut mencakup traffic, view, engagement dan impresi dari konten Twitter Anda.

Seluruh data Tweet Deck dijamin akurat dan realtime karena diambil langsung dari sistem internal Twitter. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat untuk memetakan strategi content marketing di Twitter dan mengevaluasi hasilnya–apalagi jika Anda turut memperhatikan poin-poin penting Twitter analytics ketika menelaah data.

4. Twitter Tip

Sesuai namanya, menu Twitter Tip berfungsi untuk menampung dukungan dari para followers Anda dalam bentuk donasi sukarela (tip). Tidak seperti layanan subscribing per bulan, sistem Twitter Tip lebih bebas serta tidak mengikat. Siapapun bebas memberikan tip sesuai kemauannya. Lalu seluruh uang yang terkumpul akan disalurkan langsung ke rekening Anda.

5. Twitter Analytics

Cara kerja Twitter Analytics mirip seperti Tweet Deck. Bedanya, Tweet Deck berfokus mengecek performa setiap postingan tweet Anda. Namun Twitter Analytics mempunyai daya jangkau analisa yang lebih luas, yakni secara keseluruhan dari profil Anda.

Banyak kreator dan tim marketing bisnis yang mengandalkan fitur ini guna mengetahui sejauh apa dampak/pengaruh kinerja mereka di Twitter. Dari sini pun Anda bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi terkait konten-konten yang bekerja paling baik dan yang tidak; pola interaksi audiens dengan Anda; dan lebih banyak lagi ide strategi menguntungkan lainnya.

6. Twitter Moment

Ada juga fitur Moment yang tak kalah bermanfaat. Moment adalah tools Create yang berfungsi sebagai ‘sorotan’ atas karya-karya terbaik Anda. Kurang lebih fungsinya mirip seperti Highlight di Instagram.

Cukup buat sebuah grup memakai Moment lalu kumpulkanlah konten-konten buatan Anda kesana. Tweet-tweet tadi secara otomatis akan langsung tersusun berdasar urutan waktu, mulai dari yang paling lama hingga terbaru (ditandai dengan keterangan “You’re Up to Date”).

7. Twitter Communities

Jangan lupa untuk membangun keakraban dengan para followers Anda! Fakta di lapangan membuktikan bahwa kreator yang ramah cenderung lebih mudah disukai dan terkenal.

Nah, mendekatkan diri ke orang lain di Twitter kini jadi kian mudah berkat adanya fitur Communities. Fungsi utama fitur ini adalah menambah peluang interaksi di kalangan pengguna Twitter dengan berbagai cara:

Pertama, orang-orang dengan minat yang sama bisa bergabung ke halaman khusus untuk berkenalan dan mengobrol.

Kedua, tweet Anda dapat dipromosikan secara otomatis mengikuti keyword topik yang Anda gunakan di dalamnya. Semisal Anda menulis tweet tentang boygroup K-Pop BTS. Algoritma Twitter dapat merekomendasikan postingan tersebut ke orang-orang yang mengikuti topik K-Pop dan Musik.

8. Twitter Media Studio

Tidak cuma konten tertulis (thread) saja yang bisa dimonetisasi di Twitter, konten video juga bisa. Anda dapat menggunakan menu Media Studio untuk mengiklankan konten video di Twitter.

Pengguna pun diperbolehkan memilih sendiri iklan yang mau disematkan ke tayangan video, lengkap dengan durasi, jadwal penayangan, dan target audiens sasaran. Kombinasikan tools ini dengan Analytics dan Tweet Deck agar strategi marketing Anda lebih tepat sasaran.

9. Twitter Amplify Sponsorship

Fitur Create yang terakhir adalah Amplify Sponsorship. Melalui menu ini, Anda bisa menyisipkan iklan ke video-video original unggahan sendiri, mirip seperti pada Twitter Media Studio.

Bedanya, materi-materi iklan Amplify tersemat dalam video yang “tak sengaja” viral tetapi sudah terunggah. Contohnya seperti video meme lucu atau rekaman-rekaman yang kebetulan sukses mengundang perhatian warganet.

Dengan kata lain, fitur Amplify membantu Anda memaksimalkan peluang monetisasi yang ada di setiap unggahan. Pun semakin panjang durasi tayangan iklan, maka makin besar pula profit yang Anda dapat.

Aneka Ragam Manfaat Twitter Create bagi Kreator

twitter create

Mengapa content creator Twitter sebaiknya beralih menjadi pengguna Create? Tentunya fitur terbaru Twitter ini menyimpan banyak ragam manfaat yang menguntungkan para kreator; salah satunya adalah memaksimalkan engagement sekaligus keuntungan promosi via konten.

Selain itu, inilah sejumlah manfaat lainnya dari layanan Create Twitter yang sayang untuk dilewatkan:

  • Mempermudah penumbuhan brand awareness dari kreator ke masyarakat.
  • Menambah daya jangkau sebuah tweet. Postingan Anda bisa disimak oleh lebih banyak orang dan direkomendasikan di berbagai timeline
  • Memberi kesempatan bagi tweet untuk menjadi sorotan berdasarkan topik yang sedang viral.
  • Memaksimalkan potensi interaksi  terhadap konten (retweet, like, komentar dan quote retweet) dari sesama pengguna Twitter.
  • Menambah followers pada akun Twitter Anda.
  • Menciptakan peluang transaksi dari orang-orang yang tertarik dengan konten penawaran Anda.
  • Memudahkan kreator menganalisis performa konten yang diunggah ke Twitter. Semua insight terangkum lengkap, akurat dan real time dalam satu dashboard.
  • Mempermudah kreator melakukan diversifikasi konten (memposting dan mengelola beragam jenis konten dalam satu akun). Anda bisa memposting Spaces, Thread dan jenis-jenis konten Twitter menarik lainnya tanpa perlu membuat banyak akun.
  • Menata jadwal pengunggahan konten. Anda dapat mengatur timeline konten menggunakan fitur khusus yang ada di Tweet Deck.

Cara Mendaftar Twitter Create

Tertarik mencoba fitur-fitur Twitter premium ini? Anda bisa langsung berlangganan menu Create dan Twitter Blue dengan 10 langkah simpel berikut ini:

  1. Mengakses website Twitter atau menginstal aplikasi Twitter di smartphone.
  2. Login ke akun Twitter Anda (jika punya). Apabila belum punya akun, silahkan lakukan registrasi menggunakan nomor telepon atau alamat email yang aktif.
  3. Klik “Profil” Twitter Anda sendiri. Sebuah sidebar akan muncul dari sisi kiri layar.
  4. Klik menu “Alat Profesional” di bagian bawah sidebar.
  5. Anda akan menemukan dua opsi: “Twitter untuk Profesional” dan “Monetisasi”. Ketuk opsi pertama untuk mengaktifkan layanan Create.
  6. Pilih “Setuju & Lanjutkan”, lalu aktivasi langganan.
  7. Pahami rincian syarat dan ketentuan langganan, mulai dari tarif, cara pembayaran dan aturan-aturan lainnya.
  8. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  9. Konfirmasi pembayaran Anda.
  10. Selesai! Kini akun Twitter Anda sudah resmi menjadi akun profesional (creator) dan mendapat akses baru ke fitur-fitur Create.

Penting untuk diingat di sini bahwa terdapat perbedaan harga langganan Create di Twitter. Pengguna yang berlangganan via website akan dikenakan tarif sekitar $8 USD (125,000 IDR), sedangkan untuk Twitter for iOS seharga $11 (172,000 IDR).

Demikianlah pembahasan lengkap terkait Twitter Create untuk para kreator. Semoga ulasan tutorial di atas membantu Anda jadi lebih mudah berkarya di Twitter, ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!

Apa Itu Analisis Sentimen? Ini Manfaatnya bagi Olshop Anda

0
analisis sentimen

Analisis sentimen adalah cara termudah mengumpulkan pendapat masyarakat terkait bisnis kita. Seperti apa cara kerjanya dan pengaruhnya terhadap bisnis? Kebetulan sekali, semuanya akan kami kupas tuntas di sini!

Pendapat konsumen merupakan hal yang penting bagi setiap bisnis. Dengan memahami suara hati pembeli, maka kita bisa memetik banyak inspirasi ide usaha, inovasi, maupun rencana strategi bisnis dengan mudah.

Analisis pendapat masyarakat terhadap bisnis inilah yang dikenal sebagai analisis sentimen. Metode ini membantu menguak emosi serta penilaian asli konsumen terhadap usaha kita—apakah itu positif, negatif, atau justru netral.

Lalu bagaimana cara melakukannya? Daripada penasaran, yuk langsung simak tips rahasia mengkaji pendapat konsumen selengkapnya di sini!

Pengertian Analisis Sentimen

analisis sentimen

Analisis sentimen (dalam Bahasa Inggris: sentiment analysis) merupakan kajian yang mendalami pendapat konsumen terhadap sebuah brand. Metode marketing ini juga dikenal dengan nama opini mining.

Tujuan utama sentiment analysis adalah untuk mengetahui penilaian asli seseorang terkait bisnis kita, baik dari segi produk/jasa, penawaran dan pelayanannya. Penilaian tersebut terbagi ke dalam tiga kelompok: positif, negatif dan netral.

Tentu saja tidak semua orang akan menyukai toko kita. Pasti ada beragam kelebihan serta kekurangan yang patut diperbaiki, namun belum tentu semua orang mau jujur menyuarakan opini masing-masing. Oleh sebab itulah kita harus mencari tahu suara hati terdalam pembeli melalui sentiment analysis.

Objek kajian utama sentiment analysis adalah komentar-komentar masyarakat yang ditinggalkan pada laman bisnis kita. Hal itu bisa berupa kolom testimoni (review), postingan sosial media, forum, blog, maupun isian kuesioner yang kita bagikan ke mereka.

Perbedaan Analisis Sentimen dan Analisis Semantik Bisnis

Analisis opini pembeli masih berkaitan dengan analisis semantik SEO yang juga banyak dipakai di bisnis online. Persamaan keduanya terlihat jelas dari alat olah data yang digunakan, yaitu machine learning (ML) dan objek kajiannya yaitu teks-teks di internet.

Akan tetapi, sentiment dan semantic analysis mempunyai fungsi yang berbeda. Analisis semantik digunakan untuk mengetahui makna dan fungsi sebuah teks yang ada di internet. Alhasil sistem komputer bisa mencocokkan dan merekomendasikan sebuah postingan kepada seseorang.

Sedangkan fungsi sentiment analysis adalah mendongkrak kualitas suatu brand. Anda dapat mengetahui kesan dan perasaan masyarakat terhadap bisnis untuk dimanfaatkan sebagai strategi marketing. Misalnya mengedepankan penawaran yang disukai masyarakat atau membenahi kekurangan yang masih mengganggu pelayanan publik.

Manfaat Analisis Sentimen bagi Bisnis Online

Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya, manfaat utama opini mining adalah menggali perspektif warga terhadap bisnis kita. Hal ini penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Tetapi selain itu, masih ada beberapa manfaat sentiment analysis yang tak kalah menarik bagi perusahaan, yaitu:

  • Meningkatkan kualitas produk dan jasa dari perusahaan ke masyarakat.
  • Membantu perusahaan berbenah dan berinovasi.
  • Mempererat rasa loyalitas konsumen terhadap brand.
  • Menurunkan potensi brand switching.
  • Memperluas wawasan serta cara panjang yang objektif terhadap kebutuhan masyarakat.
  • Memberikan analisis yang akurat dalam hitungan waktu terkini (real time update).

5 Jenis Sentiment Analysis untuk Bisnis Online

analisis sentimen

Sejatinya ada cukup banyak model sentiment analysis yang bisa Anda terapkan pada bisnis online saat ini. Berikut adalah 5 tipe analisis opini konsumen berdasarkan tujuan dan metodenya:

1. Emotional Detection and Analysis

Jenis analisis pendapat konsumen yang pertama adalah emotional detection. Tujuan analisis ini adalah mendeteksi aneka emosi yang dirasakan konsumen terkait pengalaman belanja mereka di sebuah brand. Contoh emosi tersebut misalnya rasa bahagia, puas, jengkel, sedih, marah dan lain-lain.

Bisa dikatakan, analisis emotional detection adalah yang paling mudah dilakukan. Dengan membaca komentar-komentar pembeli saja kita bisa tahu bagaimana perasaan mereka saat bertransaksi di toko kita.

2. Fine Grained Sentiment Analysis

Berikutnya ada fine grained sentiment analysis yang paling banyak digunakan saat ini, khususnya oleh ecommerce dan marketplace. Penilaian fine grained lebih terukur secara kuantitatif karena menggunakan sistem rating 5 bintang.

Setiap bintang menunjukkan penilaian yang berbeda, yakni:

  • Bintang 1: sangat buruk.
  • Bintang 2: buruk.
  • Bintang 3: netral.
  • Bintang 4: baik.
  • Bintang 5: sangat baik.

Pun setiap bisnis bebas membuat indikator penilaian dengan rating sesuai kebutuhan. Misalnya di ecommerce ada kolom rating untuk penilaian kecepatan pelayanan dan jasa ekspedisi.

3. Multilingual Sentiment Analysis

Sesuai namanya, multilingual sentiment analysis berguna untuk menelaah maksud konsumen berdasarkan komentar mereka dari beragam bahasa. Sistem ini sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berskala internasional dengan konsumen dari berbagai negara.

Sayangnya, analisis multilingual terbilang cukup sulit dan kompleks. Anda harus rajin membuat dan mengupdate list kata-kata dari setiap bahasa yang digunakan para konsumen Anda.

4. Sentiment Analysis Based on Aspect

Beberapa pebisnis kerap kesulitan menilai performa layanannya karena ada terlalu banyak aspek yang bisa dinilai. Oleh sebab itulah tercipta metode telaah sentimen berdasarkan aspek usaha.

Setiap konsumen pun belum tentu memberi review pada aspek yang sama. Mungkin saja ada orang-orang yang lebih memerhatikan bentuk kemasan produk, sedangkan sebagian lainnya memfokuskan segi harga dan manfaat produk.

Misalnya Anda menerima ulasan produk yang berbunyi: “Packing super aman, dilapisi bubble wrap tebal sehingga produk mendarat mulus meski dikirim ke luar daerah.” Dari sini terlihat bahwa aspek yang dinilai konsumen adalah keamanan pengemasan.

Masih sama seperti penilaian opini konsumen lainnya, sentiment analysis based on aspect terdiri atas tiga jenis skor yakni positif, negatif dan netral.

5. Intentional Sentiment Analysis 

Jenis sentiment analysis yang terakhir adalah intentional analysis. Di sini kita berusaha mencari tahu motivasi utama dari komentar atau pesan konsumen. Motivasi yang dimaksud bisa berupa:

  • Pertanyaan.
  • Saran.
  • Kritik.
  • Keluhan.
  • Apresiasi/penghargaan.

Cara Kerja Analisis Sentimen Pembeli

Sedari tadi kita telah membahas apa itu sentiment analysis beserta manfaat-manfaatnya. Namun bagaimanakah cara kerja opini mining?

Sentiment analysis dapat dipecah ke dalam tiga prosedur kerja sederhana yakni

  • Klasifikasi: Mesin mengumpulkan lalu mengelompokkan data-data yang relevan dari berbagai sumber (website, sosial media, forum, ecommerce dan lain-lain).
  • Evaluasi: Data-data akan ditelaah memakai berbagai teknik, seperti recall, F-score, accuracy dan precision.
  • Visualisasi: Pengolahan hasil evaluasi ke dalam laporan yang mudah dipahami pengguna, misalnya ke bentuk grafik, matriks, pie chart atau histogram.

Perlu diingat bahwa proses analisis hendaknya dilakukan memakai tools-tools machine learning demi memperoleh hasil yang optimal sekaligus akurat.

Contoh Penerapan Analisis Sentimen di Bisnis Online

analisis sentimen

Ada banyak sekali contoh nyata penggunaan analisis sentimen di sebuah perusahaan, baik yang berskala besar maupun kecil. Beberapa di antaranya yakni:

  • Penilaian sikap konsumen ketika menghubungi dan berinteraksi dengan customer service Anda.
  • Analisis beragam komentar, review, dan konten UGCyang konsumen buat terkait brand di sosial media, forum, blog dan vlog.
  • Analisis beragam pemberitaan media massa terkait brand.
  • Penilaian feedback konsumen terhadap pengalaman belanja melalui survey atau interaksi langsung di sosial media (engagement).
  • Analisis market research guna mengetahui hal-hal yang sedang disukai dan tidak oleh konsumen.

4 Cara Melakukan Sentiment Analysis untuk Pemula

Selamat, Anda sekarang sudah mengetahui sebagian besar wawasan terkait opini mining! Nah, apakah Anda tertarik mencoba metode analisis marketing yang satu ini?

Namun sebelum benar-benar terjun menganalisis pendapat konsumen terhadap brand Anda, berikut ada 4 strategi sentiment analysis khusus bagi pemula. Ayo dicatat!

1. Menggunakan Teknik Dasar Rule Based Analysis

Teknik pertama sentiment analysis adalah rule based analysis. Ini adalah teknik dasar sekaligus termudah dari opini mining, di mana Anda hanya perlu membuat kamus kata-kata emosional yang dilengkapi skor sentimen tertentu.

Setiap kata wajib diberikan skor untuk mempermudah perhitungan rating secara kuantitatif. Misalnya kata “baik” mempunyai skor 0.5, “luar biasa” (0,8), “sangat buruk” (-0,8), dan “cukup” (0 alias netral).

2. Melatih Sistem Machine Learning

Cara menganalisis pendapat konsumen lainnya yakni menggunakan machine learning. Strategi ini adalah yang paling banyak dilakukan perusahaan karena menghasilkan output yang akurat dan praktis. Namun perusahaan Anda tentunya harus memiliki tim IT yang jago mengoperasikan machine learning.

Mesin pintar ini pun tidak bisa langsung menghasilkan analisis yang sempurna. Dibutuhkan serangkaian latihan agar sistem bisa menelaah dan menilai sentimen dalam teks seakurat mungkin. Di beberapa kasus, ada sistem machine learning yang diprogram untuk menganalisis tanpa perlu memasukkan teks sumber secara manual.

3. Mendeteksi Emosi Seseorang dari Statusnya

Berikutnya cobalah untuk mengenali emosi yang tertuang dalam tulisan status seseorang. Proses opini mining ini dikenal dengan nama “pendeteksian emosional”.

Setiap manusia menuangkan perasaan yang berbeda-beda saat menulis. Ada yang mengomentari produk dengan perasaan senang/puas, jengkel, penasaran, tertarik, dan lain-lain. Nah, analisis emosi ini sejatinya cukup mudah dilakukan, asal kita cukup jeli mengamati pilihan kata yang mereka gunakan.

4. Menyiasati Kendala-Kendala Analisis

Poin terakhir namun tak kalah penting adalah mewaspadai hadirnya beragam kendala dalam proses telaah sentimen. Masalah-masalah tersebut mencakup pernyataan yang ambigu, seperti:

  • Sarkasme atau sindiran halus.
  • Multipolaritas: sebuah kalimat yang mengandung banyak sentimen, bisa negatif maupun positif. Contohnya: “Produk asli sesuai dengan gambar, tapi pengiriman lambat.”
  • Negasi: pemakaian kata-kata bernada negatif untuk membalikkan makna sebuah kalimat. Contohnya: “Rasa makanan ini sangat buruk, jadi tidak bisa berhenti nambah lagi dan lagi.”
  • Typo atau kesalahan pengetikan kata/kalimat.

Hati-hati, penafsiran sentimen Anda bisa jadi salah kalau Anda tidak jeli membaca kalimat demi kalimat review konsumen.

Itulah penjelasan lengkap terkait metode sentiment analysis di dunia bisnis, mulai dari pengertian, manfaat, contoh dan cara kerjanya. Sekarang Anda bisa langsung mencoba mempraktekkan tips-tips melakukan opini mining dengan tepat. Selamat mencoba!

Yuk terus follow MARKEY untuk mendapatkan ratusan artikel digital marketing terbaru gratis setiap hari! Baca gratis koleksi artikelnya sekarang di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (download di Playstore dan Appstore). Sampai jumpa lagi.

Intrapreneurship Adalah: Arti, Contoh & Cara Implementasinya

0
intrapreneurship adalah

Intrapreneurship adalah strategi jitu untuk menciptakan beragam inovasi bisnis. Pernahkah Anda mendengar istilah ini sebelumnya?

Selain entrepreneurship, ada juga istilah intrapreneurship yang tak kalah penting di dunia bisnis. Meski sepintas tampak mirip, arti keduanya sesungguhnya sangat berbeda, lho.

Lalu apa itu intrapreneurship beserta peranannya dalam perusahaan? Daripada penasaran, yuk langsung simak rangkuman definisi intrapreneurship, contoh, dan cara implementasinya selengkapnya di bawah ini!

Definisi Intrapreneurship Adalah

intrapreneurship adalah

Apa itu intrepreneurship? Dalam dunia kewirausahaan, intrapreneurship adalah sosok entrepreneur andalan sebuah perusahaan yang bertanggung jawab dalam berbagai bidang.

Ia memiliki beragam kecakapan untuk mengatur banyak hal penting dalam bisnis, mulai dari skill kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, penyelesaian masalah, dan menggali inovasi-inovasi marketing.

Oleh sebab itulah, tenaga intrapreneur amat dibutuhkan dalam tim marketing, baik untuk bisnis tradisional maupun online. Bekerja sama dengan seorang berjiwa intrapreneur tentunya akan membawa banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Tak sedikit perusahaan melatih skill intrapreneur para karyawannya guna mendukung implementasi strategi marketingnya. Dari sini terlihat jelas perbedaan intrapreneur dengan entrepreneurship—perusahaan turut andil mengembangkan skill intrapreneur dengan menyediakan beragam fasilitas terbaik.

Perbedaan Entrepreneurship dan Intrapreneurship Adalah

Sederhananya, intrapreneur adalah orang-orang dengan semangat entrepreneur yang masih berstatus sebagai karyawan di perusahaan lain. Lalu apa yang membedakan intrapreneur dengan entrepreneur?

Nah, berikut adalah perbedaan mendasar antara entrepreneurship dan intrapreneurship yang mungkin belum Anda sadari:

Aspek Perbedaan Intrapreneurship Entrepreneurship
Ruang gerak Lebih terikat dengan peraturan perusahaan. Ide-ide yang dibuat cenderung menyesuaikan dengan strategi marketing yang ditetapkan perusahaan. Memiliki kebebasan penuh untuk menggagas ide dan memutuskan tindakan dalam bisnis.
Modal dan fasilitas Seluruh modal dan fasilitas bisnis disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Harus menyiapkan seluruh modal, fasilitas dan kebutuhan bisnis secara mandiri.
Keuntungan yang diperoleh Keuntungan berupa upah/gaji sesuai kesepakatan dengan perusahaan. Terkadang bisa mendapat bonus atau fasilitas tambahan sesuai keperluan kerja. Seluruh keuntungan bisnis masuk ke kantong pribadi (100%).
Tantangan Tidak dalam posisi terancam walaupun menghadapi resiko. Mereka masih bisa tetap bekerja semasih perusahaan tetap bergerak. Kegagalan bisa berdampak langsung pada keberlangsungan bisnis dan diri sendiri, seperti kebangkrutan.

6 Karakteristik Intrapreneurship Adalah

Kehadiran sosok intrapreneurship dapat mendongkrak kualitas tim marketing Anda. Tapi bukan hanya sekadar memiliki jiwa bisnis yang kuat, skill intrapreneurship yang berkualitas pun memiliki kriterianya tersendiri.

Berikut adalah karakteristik atau ciri-ciri seseorang dengan skill intrapreneurship yang baik, catat ya!

1. Berinovasi Tinggi

Ciri pertama dari intrapreneur adalah mempunyai jiwa inovasi yang tinggi. Inovasi yang dimaksud mencakup berbagai hal, mulai dari pembaharuan produk yang ditawarkan, strategi marketing, hingga proses kerja di perusahaan saat ini.

Menciptakan inovasi tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa tim marketing Anda sebaiknya memiliki anggota dengan jiwa intrapreneurship. Mereka cukup jeli melihat beragam peluang baru demi meraih tujuan usaha.

2. Bisa Memimpin Tim (Leadership)

Kemampuan memimpin tim juga bisa menandakan bahwa seseorang mempunyai jiwa intrapreneurship. Seseorang dengan skill leadership yang bagus akan senantiasa proaktif membimbing rekan-rekan seperjuangannya sehingga proses kerja dapat berjalan lebih efisien.

3. Berani Menghadapi Risiko

Tidak ada bisnis yang pernah lepas dari risiko, baik itu risiko internal maupun eksternal. Namun hal ini bukan masalah, melainkan sebuah tantangan yang menarik bagi para intrapreneur.

Orang-orang dengan jiwa intrapreneurship yang kuat dalam dirinya tidak akan lari ketika menemui masalah. Mereka justru akan menggunakan momen tersebut untuk mengasah skill penyelesaian masalah, pengendalian emosi dan komunikasi.

Alhasil, seorang intrapreneur mempunyai manajemen resiko dan kecerdasan emosional yang lebih baik ketimbang pegawai biasa.

4. Bertanggung Jawab dan Berkomitmen

Ciri-ciri seorang intrapreneur yang baik selanjutnya adalah mempunyai rasa tanggung jawab serta komitmen kerja yang baik. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, sosok intrapreneur menolak untuk menyerah pada keadaan. Mereka akan berusaha mencari cara terbaik untuk menuntaskan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab.

5. Mampu Menyelesaikan Masalah

Tidak hanya berani menghadapi masalah, sosok intrapreneur juga punya cara-cara cerdas dan logis untuk menuntaskan akar problem. Hal ini biasa disebut dengan strategic thinking.

Mereka dapat menganalisa letak masalah lalu memetakan berbagai ide solutif sebagai jawabannya. Proses ini juga dapat mencakup brainstorming, pengorganisasian sumber daya perusahaan, dan perancangan alur kerja yang strategis.

Tak lupa, para intrapreneur akan turut mengajak rekan-rekan timnya mengevaluasi hasil kinerja. Mereka pun menyambut penuh seluruh feedback yang diberikan demi mengimprovisasi pekerjaan di kemudian hari.

6. Berjiwa Kompetitif

Skill penting yang terakhir dari sosok intrapreneurship adalah mempunyai jiwa kompetitif yang sehat. Orang-orang ini tidak akan ragu untuk “menantang” diri sendiri maupun timnya untuk melampaui target yang telah dibuat, ataupun mengalahkan kompetitor. Alhasil, kinerja bisnis Anda dapat senantiasa bertumbuh dan menjadi yang nomor satu.

Contoh Intrapreneurship Adalah

intrapreneurship adalah

Ada banyak sekali orang-orang yang hidupnya menjadi sukses berbekalkan skill intrapreneurship, lho! Berikut adalah beberapa contoh intrapreneur terkenal di dunia yang bisa Anda jadikan panutan:

Anjali Sud “CEO Vimeo”

Ia dulunya salah satu pegawai Dolby Lab. Namun seiring perkembangan YouTube, Anjali pun menemukan celah untuk berkompetisi sendiri. Akhirnya ia sukses menciptakan platform streaming film online berkualitas yang diberi nama Vimeo.

Ken Kutaragi “Founder PlayStation”

Siapa yang tidak tahu konsol game PlayStation? Permainan PlayStation yang melegenda ini ternyata diciptakan oleh Ken Kutaragi yang merupakan pegawai teknisi Sony Entertainment.

Kutaragi mendapat inspirasi dari konsol game Nintendo yang sempat populer pada masa itu. Meski sempat mendapat penentangan dari tim Sony, ia tetap gigih memperjuangkan ide kreatifnya dan berhasil mengembangkan produk saingan Nintendo yakni PlayStation.

Paul Buchheit “Developer Gmail”

Terakhir ada Paul Buchheit, salah satu karyawan Google yang mencetuskan ide pengembangan Gmail (Google Mail). Sama seperti Kutaragi, idenya sempat ditolak oleh atasannya. Namun melalui aksi pantang menyerah, Buccheit berhasil mengembangkan software layanan email paling mutakhir yang kini dipakai miliaran orang di seluruh dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Intrapreneurship Adalah

Semangat intrapreneurship nyatanya tetap tidak terlepas dari berbagai kelebihan maupun kekurangan. Adapun beberapa keuntungan yang bisa kita petik jika mempunyai jiwa intrapreneur adalah:

  • Mampu mendongkrak keuntungan bisnis dan keberhasilan perusahaan, baik di kancah nasional maupun global.
  • Mudah menghadirkan inovasi produk, penawaran maupun kinerja perusahaan.
  • Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan potensi diri mereka.
  • Menaikkan angka produktivitas karyawan perusahaan.
  • Menambah loyalitas karyawan terhadap perusahaan, sebab mereka dapat bekerja sembari mengembangkan passion.
  • Mengungguli persaingan di pasaran. Kompetitor akan sulit mengikuti kegesitan inovasi bisnis Anda.
  • Mengefektifkan modal bisnis, karena Anda telah memaksimalkan sumber daya internal perusahaan semaksimal mungkin.

Namun di balik semua keuntungan tersebut, tetap ada berbagai tantangan terhadap skill intrapreneurship yang wajib Anda waspadai:

  • Terdapat kemungkinan perusahaan menolak ide-ide inovatif dari pegawai. Contohnya seperti pada kasus Ken Kutaragi dan Paul Buccheit.
  • Masih ada perusahaan yang tidak mampu memfasilitasi kebutuhan karyawannya secara optimal.
  • Masalah komunikasi antara sesama rekan kerja maupun atasan dengan bawahan.
  • Masalah keterbatasan sumber daya manusia di perusahaan.
  • Masalah-masalah lain yang berpotensi muncul, seperti bersikap gegabah, minim reward atau apresiasi, dan persaingan politik antar karyawan yang tidak sehat.

6 Strategi Mudah Mengasah Skill Intrapreneurship Adalah

Bagaimana caranya menumbuhkan jiwa intrapreneurship dalam diri seseorang? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perusahaan juga turut andil dalam mengasah jiwa intrapreneurship karyawannya.

Berikut adalah 6 strategi mudah untuk menciptakan skill intrapreneur berkualitas yang bisa Anda terapkan di lingkungan perusahaan.

1. Memberikan Kesempatan Bagi Karyawan untuk Berkembang

Tips pertama untuk mengasah skill intrapreneur karyawan adalah dengan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

Sediakan fasilitas yang memadai demi memudahkan karyawan bekerja. Pun sebisa mungkin posisikan karyawan sesuai dengan minat dan passion-nya di perusahaan.

Misal ada karyawan Anda yang mempunyai keterampilan menulis. Anda bisa menempatkannya sebagai content writer atau copywriter, sehingga ia dapat terus mengembangkan skill-nya.

2. Menampung Ide-Ide Karyawan

Selalu tampung ide-ide yang dilontarkan oleh karyawan Anda dalam sesi diskusi. Strategi ini bisa memupuk keberanian public speaking serta rasa toleransi antar karyawan. Siapa tahu juga dari sini Anda bisa memperoleh ide-ide inovatif segar untuk diterapkan ke strategi pemasaran.

Ada banyak momen di mana Anda bisa mengumpulkan ide-ide dari rekan kerja. Misalnya ketika meeting, sesi brainstorming, ataupun menyelenggarakan event menarik seperti hackaton.

3. Memilah dan Menganalisis Gagasan

Setelah mengumpulkan ide-ide, kemudian lanjutkan dengan memilah dan menganalisisnya. Tentu tidak semua ide yang dilontarkan rekan kerja bisa selaras dengan visi misi atau target perusahaan.

Anda juga perlu memerhatikan goals perusahaan yang hendak dicapai. Tanyakan kepada diri Anda kembali, “Apakah ide tersebut bisa dikembangkan untuk menggapai target? Jika iya, bagaimanakah rancangan alur strateginya?

4. Mengadakan FGD (Focus Group Discussion)

Sesekali adakan juga sesi FGD (Focus Group Discussion). Acara ini merupakan sesi diskusi santai yang bertujuan untuk mengakrabkan seluruh anggota kerja. Mereka dapat mengasah kemampuan berkomunikasi serta memahami satu sama lain. Lalu sebagai pemimpin, Anda bisa turut menilai anggota mana yang mempunyai potensi intrapreneur.

5. Memilih Pemimpin yang Berkualitas

Alangkah baiknya jika setiap divisi di perusahaan Anda mempunyai pemimpinnya masing-masing. Anda bisa merekrut leader dari karyawan yang paling besar potensi intrapreneurnya. Strategi ini dapat mengasah jiwa kepemimpinan dalam diri anggota, sekaligus meringankan beban kerja Anda dalam memonitor aktivitas bisnis.

6. Melakukan Evaluasi Bersama

Tips terakhir menumbuhkan jiwa intrapreneur adalah rutin melakukan evaluasi bersama para anggota. Momen ini biasanya dilakukan di akhir pelaksanaan kinerja atau secara berkala mengikuti jadwal-jadwal yang telah direncanakan. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang perlu ditingkatkan perusahaan demi memaksimalkan potensi intrapreneurship karyawannya.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar arti intrapreneurship dalam dunia kewirausahaan. Ayo segera aplikasikan ilmu bisnis ini untuk memajukan kualitas perusahaan Anda!

Mau mendapat lebih banyak ilmu digital marketing terbaru? Yuk baca terus koleksi artikel MARKEY di https://markey.id/ atau via MARKEY APP di Playstore dan Appstore. Sampai jumpa lagi!

Inovasi Bisnis Clothing Online: Buka Toko Baju Tanpa Modal

0
bisnis clothing

Bisnis clothing online kini populer di kalangan milenial & Gen Z. Jumlah omsetnya pun tak main-main, bisa mencapai ratusan juta rupiah dalam sebulan. Kira-kira bagaimana cara mendirikan usaha clothing line yang sukses?

Jual-beli pakaian selalu menjadi bisnis yang tidak pernah sepi. Tentu saja, sebab pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Lalu seiring berjalannya waktu, industri ini berkembang menjadi kian modern berbasis teknologi masa kini.

Usaha clothing online adalah salah satu inovasi besar tersebut. Penasaran apa perbedaan  clothing line dengan toko pakaian biasa?

Yuk langsung simak penjelasan lengkap terkait peluang clothing online store di sini! Pastikan membaca hingga tuntas karena ada ulasan rincian modal dan strategi ampuh mendirikan bisnis clothing online dari nol.

Apa Itu Bisnis Clothing Online?

bisnis clothing

Bisnis clothing line adalah usaha fashion online yang autentik, dan tidak sekadar mengikuti gaya kekinian. Alih-alih mengikuti trend baju musiman, toko-toko clothing line lebih banyak mendesain produknya sendiri sehingga mempunyai harga jual lebih tinggi.

Keunggulan lain dari usaha ini adalah bersifat ramah lingkungan (sustainable eco-friendly). Banyak masyarakat kini mengedepankan berbelanja di toko baju yang ramah lingkungan karena sudah menyadari pentingnya melestarikan alam. Toko Anda pun dijamin senantiasa laris!

Penjualan clothing line umumnya dilakukan melalui platform sendiri, misalnya website atau akun sosmed rintisan dari brand. Taktik pemasaran seperti ini dikenal dengan nama marketing bergaya indie.

Maka dari itu, Anda bisa menjadikan usaha clothing online sebagai pilihan ide berbisnis terbaik saat ini! Clothing line sangat mudah dikembangkan, bahkan bagi pemula. Anda juga tidak perlu mencari modal besar untuk mendirikan toko fisik, cukup kembangkan bisnis secara online memakai ecommerce dan marketplace populer.

Perbedaan Clothing dengan Toko Baju Biasa (Apparel, Garmen, Distro)

Industri fashion terdiri dari berbagai jenis. Mungkin masih banyak masyarakat yang mengira bahwa semua toko baju adalah sama, padahal sesungguhnya tidak.

Berikut adalah perbedaan antara usaha clothing line dengan toko-toko baju lainnya, yakni apparel, garmen dan distro. Sangat disarankan untuk memahami perbedaan di antara keempatnya agar Anda tidak salah menyusun konsep berbisnis:

Aspek Clothing Line Apparel Garmen Distro
Pengertian Usaha pakaian yang memproduksi barang dagangannya sendiri secara manual. Proses ini mencakup pembuatan desain, label, hingga pemasaran. Bisnis pakaian yang menjual koleksi baju siap pakai, sudah terjahit rapi. Usaha produksi baju skala besar (kodian). Mereka menjahit baju sesuai pesanan dalam porsi banyak, bukan satuan.

 

 

Toko pakaian yang mewadahi penjualan pakaian dari pihak ketiga. Mereka tidak memproduksi sendiri, melainkan hanya menjadi penyalur dagangan (distributor).
Barang yang dijual Pakaian buatan sendiri dalam hitungan satuan. Setiap baju mempunyai desain unik yang tidak mengikuti trend baju musiman. Contohnya baju kaos custom. Baju-baju formal dan semi-formal. Turut menjual pakaian bernilai khusus, seperti busana pernikahan.

 

Selain itu, apparel juga turut menjual aksesoris pendukung fashion. Misalnya perhiasan, alas kaki, dan lain-lain.

 

 

Baju seragam, seperti seragam kantor, sekolah, jas almamater, toga wisuda, dan lain-lain. Produk-produk “titipan”, mulai dari baju, merchandise band/komunitas, skateboard, topi, dan seterusnya.

 

istilah distro sekarang lebih dekat ke toko penjual pakaian khusus anak muda
 

Ciri khas Memiliki desain baju yang khas, bersifat autentik, sustainable dan eco friendly Menjual koleksi pakaian siap pakai dalam konsep/tema tertentu sesuai musimnya. Alhasil setiap seri pakaian mempunyai “makna” tersendiri. Produk dibuat mengikuti desain dan ukuran yang spesifik dari penggunanya. Konsumen harus merekap data pesanan secara lengkap.

 

Menjual koleksi barang-barang dari komunitas yang jarang ditemukan di pasaran, misalnya koleksi baju punk atau band indie.

6 Cara Memulai Bisnis Clothing Online dari Nol

bisnis clothing

Lalu bagaimana cara mendirikan usaha clothing line? Kabar gembira, usaha jualan pakaian ini ternyata bisa dimulai dengan mudah—termasuk untuk pemula yang belum berpengalaman berbisnis fashion sebelumnya.

Yuk langsung praktekkan 6 kiat memulai toko clothing line tersimpel berikut ini:

1. Melakukan Riset dan Membuat Konsep Brand

Langkah pertama dari mendirikan sebuah bisnis adalah menyusun konsep brand dan melakukan riset. Hal ini penting untuk mempermudah pengelolaan bisnis di masa depan sekaligus meraih impian-impian Anda dengan mudah.

Awali usaha clothing Anda dengan proses riset terlebih dahulu. Cari tahu potensi keuntungan dan tantangan dari usaha ini, lengkap dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya. Sertakan pula rincian perkiraan budget yang dibutuhkan.

Berikutnya barulah Anda merancang konsep usaha secara mendetil. Konsep yang kuat akan membuat brand Anda lebih mudah diingat calon pembeli nantinya. Anda dapat memulai tahap ini dengan membuat nama usaha, logo, jargon, visi misi, hingga memilih warna khas merek.

2. Menetapkan Target Konsumen

Setiap bisnis pasti mempunyai target konsumennya masing-masing. Kira-kira, siapakah target pembeli dari brand clothing online Anda?

Anda harus melakukan pemetaan karakteristik konsumen guna mengetahui calon pembeli potensial. Analisis tersebut biasanya mencakup identitas pembeli, seperti kelompok usia, minat/hobi, kebutuhan, kelas ekonomi, domisili, pekerjaan, dan seterusnya.

Kemudian gunakan data tersebut untuk mengefektifkan promosi. Memberi penawaran ke target yang tepat tentunya akan membuka banyak peluang transaksi baru.

Contohnya, jika target konsumen Anda kebanyakan adalah pecinta film anime Jepang. Maka Anda bisa memperbanyak koleksi baju dengan desain karakter anime yang lagi booming atau favorit.

3. Merancang Desain Pakaian

Sekarang Anda sudah bisa mulai menyiapkan desain pakaian untuk diproduksi dan dijual. Seperti yang sudah sempat disebutkan pada poin sebelumnya, buatlah desain terbaik sesuai selera target konsumen.

Anda dapat membuat desain baju memakai aplikasi-aplikasi desain baju gratis di PC maupun smartphone. Cukup instal app-nya, lalu kustomisasi bentuk baju sesuai keinginan—termasuk menyesuaikan ukuran, warna, dan gambar/teks.

Cobalah juga untuk melihat-lihat desain baju milih brand pesaing untuk menggali lebih banyak inspirasi. Dari sini Anda bisa sekalian mencari inovasi model desain yang belum pernah dibuat sebelumnya.

4. Mencari Supplier Kain

Mendirikan usaha clothing memang tidak bisa berdiri sendiri, apalagi jika Anda sudah mulai masuk ke tahap produksi. Di sini Anda perlu bekerjasama dengan supplier kain terbaik di kota Anda demi memperoleh bahan baku kaos yang berkualitas.

Anda bebas menentukan sendiri apakah ingin membuat kaos sendiri atau memakai jasa konveksi. Jika memiliki peralatan produksi baju, maka Anda hanya perlu membeli kain di supplier.

Begitu juga sebaliknya. Banyak pebisnis clothing line pemula yang membuat produknya di konveksi. Mereka hanya merancang desain, lalu menyerahkan tanggung jawab produksi ke pihak lain.

5. Mendaftar Ecommerce dan Sosmed Bisnis

Lanjutkan dengan mendaftar akun ecommerce atau sosial media khusus bagi bisnis. Di sinilah Anda akan memasarkan katalog produk sekaligus menerima pesanan.

Ada banyak jenis ecommerce gratis untuk dicoba, contohnya Shopee, Tokopedia dan Lazada. Kalau ingin memasarkan produk ke konsumen luar negeri, Anda bisa memakai platform Amazon, eBay dan Ali Express.

6. Menggencarkan Strategi Marketing

Tips terakhir adalah menggencarkan strategi marketing bisnis. Gunakan beragam cara kreatif untuk mempromosikan brand clothing Anda dan meraih atensi audiens. Semisal dengan melakukan content marketing di sosial media. Pastikan untuk rajin mengunggah konten dan menanggapi interaksi dari calon pembeli supaya brand Anda meninggalkan image yang positif.

Perkiraan Modal Bisnis Clothing Online

Mungkin Anda juga masih penasaran berapa perkiraan modal usaha clothing online? Mengingat usaha ini dijalankan secara online, maka Anda bisa memangkas modal secara signifikan dengan tidak mendirikan toko fisik.

Berikut perkiraan rincian modal untuk membuka store clothing online. Anda bisa memodifikasinya kembali sesuai kebutuhan maupun kondisi saat ini:

No Item Jumlah Harga
1 Tempat penyimpanan barang (bisa menggunakan rumah sendiri) 0
2 Platform ecommerce dan sosmed bisnis 0
3 Internet bulanan 1 paket per bulan 100.000
4 Smartphone atau laptop (bisa menggunakan yang dimiliki saat ini) 1 buah 0
5 Stok produk awal 20 pcs (@ 30.000 per pcs) 600.000
6 Promosi online melalui konten marketing (bisa menggunakan aplikasi editing dan modal peralatan seadanya) 0
Total Rp700.000

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait bisnis clothing online. Bagaimana, tertarik untuk menggarap peluang usaha menarik satu ini? Semoga informasi di atas bermanfaat menginspirasi Anda, ya!

Dapatkan lebih banyak insight peluang bisnis dan tips sukses berwirausaha hanya di MARKEY. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore sekarang juga. Sampai jumpa lagi!

Integrated Marketing Communications Adalah [Arti Terlengkap]

0
integrated marketing communications adalah

Integrated Marketing Communications adalah strategi promosi yang membuat konsumen merasa sangat membutuhkan produk kita. Oleh sebab itu, banyak brand mencoba menerapkan trik pemasaran satu ini. Kira-kira seperti apa cara kerja dan manfaatnya?

Meyakinkan seseorang untuk mencoba produk kita memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan pendekatan khusus agar calon pembeli mulai mempercayai produk atau brand kita. Setelah itu, barulah peluang transaksi bisa tercipta dengan baik.

Nah, Integrated Marketing Communication (IMC) adalah salah satu cara pemasaran yang efektif memikat keinginan belanja konsumen. Mari lanjutkan membaca untuk mengetahui pengertian, contoh dan tips implementasi IMC selengkapnya di sini.

Pengertian Integrated Marketing Communications adalah

integrated marketing communications adalah

Integrated Marketing Communications adalah taktik marketing di mana brand menyampaikan memaparkan informasi yang sama di seluruh media pemasaran mereka. Dalam ilmu bisnis, IMC juga dikenal sebagai Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Adapun tujuan utama dari integrated marketing communications adalah menanamkan pengetahuan terkait produk, jasa atau brand Anda ke dalam benak audiens sekuat mungkin. Dari sini bisa timbul keyakinan di diri konsumen bahwa mereka membutuhkan produk Anda.

Uniknya, integrated marketing communication bukanlah strategi pemasaran yang baru. Konsep IMC sudah diperkenalkan semenjak tahun 1980 oleh Don Schultz melalui bukunya yang bertajuk “Integrated Marketing Communication”.

Kemudian konsep IMC terus berkembang seiring berjalannya waktu hingga kini bisa dipraktekkan secara online maupun offline. Pelaksanaan IMC pun cenderung menggunakan metode campuran antara soft selling dan hard selling (mix marketing).

6 Prosedur Integrated Marketing Communications Adalah

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu tidak berlangsung dalam satu tahap saja. Terdapat setidaknya 6 langkah prosedur IMC yang saling berkesinambungan untuk menggapai tujuan pemasaran. Adapun tahap-tahap pelaksanaan integrated marketing communications adalah:

1. Promotional Program Situation Analysis

Langkah paling awal yang harus Anda lakukan adalah menganalisis kondisi bisnis saat ini. Cari tahu dan kumpulkan data-data penting terkait kelebihan, kelemahan, masalah, tantangan, peluang, serta resiko dari bisnis maupun target konsumen.

Hasil analisis ini bisa memberikan Anda gambaran yang akurat terkait situasi dan posisi perusahaan kalangan pasar. Dari sini pun Anda dapat memetik banyak ide-ide pemasaran yang cocok dengan kebutuhan target.

2. Communication Process Analysis

Berikutnya, lanjutkan dengan menganalisis target konsumen bisnis. Anda bisa melakukan identifikasi buyer persona guna mengetahui siapa pembeli ideal Anda, lengkap dengan kebutuhan, permasalahan serta ekspektasi mereka.

Analisis ini mencakup beberapa poin, seperti:

  • Permasalahan yang dihadapi konsumen.
  • Kebutuhan konsumen.
  • Solusi yang bisa ditawarkan oleh brand.
  • Karakteristik konsumen (mencakup jenis kelamin, usia, domisili, latar pendidikan, pekerjaan, kelompok ekonomi, gaya hidup, minat dan seterusnya).
  • Cara atau kebiasaan konsumen dalam berbelanja dan memperoleh informasi.

3. Budget Determination

Kini waktunya menyusun rencana modal promosi IMC Anda. Aktivitas ini bertujuan untuk mengefektifkan budget marketing dan melindungi arus kas perusahaan.

Dalam strategi IMC, terdapat dua cara penyusunan modal marketing, yaitu:

  • Top down: Menggunakan anggaran biaya yang sudah disiapkan dari awal.
  • Bottom up: Meninjau jumlah biaya sesuai rencana dan menyusun alokasi barunya.

Manapun strategi yang Anda akan gunakan nantinya, yang terpenting adalah memastikan anggaran modal tetap efisien serta mencukupi kebutuhan. Ingat juga untuk membuat rincian pengeluaran sebagai acuan dan tolak ukur evaluasi marketing kelak.

4. IMC Program Development

Tahap keempat IMC adalah mengembangkan program marketingnya. Anda bisa berdiskusi dengan tim pemasaran terkait cara-cara komunikasi untuk menjangkau perhatian audiens. Lakukan sebanyak mungkin brainstorming demi memperoleh ide-ide inovatif terbaik.

5. Implementation and Integration

Sekarang Anda sudah siap mempraktekkan integrated marketing communication. Sangat disarankan untuk memakai metode mix marketing demi mengoptimalkan hasil promosi.

Di samping itu, Anda juga tetap harus melengkapi strategi dengan beragam komponen pendukung promosi. Misalnya membuat jadwal beriklan, menyusun materi iklan, dan membagikan jobdesc secara adil ke tim marketing.

6. Monitor and Control

Tahap paling terakhir dari integrated marketing communications adalah melakukan monitoring plus evaluasi hasil pemasaran. Evaluasi wajib dilakukan guna mengetahui seberapa jauh dampak serta penghasilan bisnis pasca promosi.

Hasil promosi juga akan memberitahu poin-poin kekuatan dan kelemahan kampanye IMC yang telah berlalu. Lakukan peningkatan layanan supaya agenda promosi berikutnya berjalan lebih baik lagi.

Manfaat Integrated Marketing Communications Adalah

integrated marketing communications adalah

Mengapa bisnis Anda sebaiknya mencoba menerapkan integrated marketing communication? Berikut adalah serangkaian manfaat baik dari strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu:

  • Memastikan target konsumen benar-benar mengerti informasi atau pesan dari brand, mulai dari nama, spesifikasi kelebihan produk, hingga cara belanja termudah.
  • Meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan produk atau jasa Andasebagai jawaban dari permasalahan sehari-hari.
  • Memperkuat branding image bisnis di masyarakat. Ini karena konsumen secara konsisten melihat bentuk logo, warna brand, jargon, hingga beragam ciri khas unik lainnya.
  • Memberikan pengalaman baru bagi konsumenketika berinteraksi dengan layanan brand. Misalnya ada konsumen yang baru pertama kali belanja online, atau mendatangi event perusahaan Anda.
  • Mengungguli persaingan antar bisnis dengan mudah. Perusahaan Anda kini mempunyai ciri khas serta peminatnya tersendiri. Kompetitor akan sulit untuk meniru imageyang telah Anda bangun.
  • Mengurangi resiko pesan iklan diabaikan oleh pembeli. Mereka akan terus melihat iklan Anda dimana-mana, baik secara online maupun offline.
  • Menghemat dan mengefektifkan biaya pemasaran, sebab Anda tidak perlu berulang-ulang memperkenalkan produk dari nol kepada audiens. Anda bisa menghemat seluruh waktu, tenaga maupun uang untuk beriklan.
  • Menciptakan kekompakan di tempat kerja. Dari sisi internal perusahaan, seluruh anggota tim Anda akan belajar pentingnya kerjasama, konsistensi visi misi, serta komunikasi selama menjalankan strategi IMC.

9 Contoh Integrated Marketing Communications Adalah

Lalu seperti apa contoh strategi IMC tersebut? Sejatinya ada cukup banyak contoh implementasi integrated marketing communication di sekitar kita, terutama karena strategi ini menerapkan mix method marketing.

Inilah 9 contoh promosi IMC yang bisa langsung kita jumpai sehari-hari:

1. Sales Promotion

Pernahkah Anda mendapat voucher atau sampel produk gratis yang dibagikan di tempat umum? Aktivitas pemasaran seperti ini dikenal dengan nama sales promotion.

Tujuan sales promotion adalah memberikan konsumen pengalaman yang positif dengan produk. Dari sini bisa timbul wawasan, image baik brand, sekaligus motivasi konsumen untuk kembali membeli produk yang sama

2. Advertising

Advertising atau iklan adalah cara komunikasi brand ke target konsumen melalui beragam media massa. Media ini banyak diminati karena sanggup menyebarkan informasi seluas mungkin ke seluruh lapisan masyarakat.

Contoh integrated marketing communication dengan iklan misalnya penayangan promosi di TV, media cetak, baliho dan brosur.

3. Word of Mouth

Promosi word of mouth alias “mulut ke mulut” merupakan cara pemasaran tradisional yang masih kuat dampaknya sampai sekarang. Elemen promosi ini mempunyai daya persuasif paling tinggi sebab produk direkomendasikan langsung dari sosok kerabat yang dipercayai target.

Perkembangan teknologi pun turut mempermudah aksi promosi word of mouth di dunia maya. Contohnya seperti konten testimoni pembeli, User Generated Content dan social proof.

4. Direct Marketing

Berikutnya ada taktik pemasaran langsung, atau direct marketing. Dalam strategi ini, pihak brand secara langsung memberikan penawaran terbaik kepada target pembeli (hard selling). Anda bisa menemukan contoh direct marketing pada kegiatan email marketing dan telemarketing.

Kelebihan utama pemasaran langsung adalah isi promosinya yang lebih spesifik dan bisa di kustomisasikan menurut minat setiap individu. Alhasil, peluang transaksi tercipta lebih mudah karena penawaran Anda sesuai dengan item kesukaan calon pembeli.

5. Experiential Events

Ada juga brand yang menggencarkan integrated marketing communication melalui pagelaran events. Momen ini menjadi ajang yang sempurna untuk menciptakan kesan baik di mata pengunjung sekaligus memperkenalkan keunggulan produk ke mereka.

Terdapat banyak cara penyelenggaraan event yang biasa dilakukan brand saat ini. Mulai dari menjadi sponsor, hingga mengadakan sendiri kegiatan yang menghibur masyarakat. Contohnya seperti pertunjukan hiburan, pesta olahraga, aksi sosial, dan lain-lain.

6. Internet Marketing

Inilah aktivitas pemasaran yang paling gencar dilakukan abad ini! Ya, internet marketing adalah komponen integrated marketing communication yang paling mudah, menguntungkan, dan gratis tanpa biaya iklan sepeserpun.

Anda bisa memasarkan produk atau jasa seluas-luasnya dengan mudah melalui aneka konten internet. Misalnya dengan membuat artikel yang diunggah ke website, membuat postingan sosial media, ataupun video YouTube. Konten-konten ini nantinya bisa disimak oleh ratusan juta orang dari berbagai wilayah.

7. Personal Selling

Sesuai namanya, personal selling adalah elemen marketing di mana penjual secara langsung menawarkan produk ke konsumen. Interaksi ini membawa banyak keuntungan, seperti memungkinkan konsumen untuk langsung bertanya dan melihat bentuk asli produk, hingga melakukan tawar-menawar.

8. Point of Purchase Communication

Metode IMC lainnya adalah point of purchase communication. Pihak toko akan menyusun booth khusus dengan desain menarik, atau sengaja menata produk terbaik di etalase, dengan harapan mampu “menginterupsi” perhatian calon konsumen. Hasilnya, orang-orang yang tertarik akan langsung mampir berbelanja.

9. Publicity in Society

Terakhir ada metode publisitas yang digencarkan oleh tim humas sebuah brand. Tidak sama seperti iklan biasa, konten publisitas dirancang, dikelola, hingga dirilis langsung oleh anggota humas bisnis. Contohnya adalah pemberian press release terkait momen-momen penting bisnis kepada awak media.

4 Tips Sukses Melaksanakan Integrated Marketing Communication

Supaya makin sukses meraih omset, yuk simak 4 kiat sederhana berikut saat hendak mencoba integrated marketing communication:

1. Menetapkan Tujuan Promosi

Selalu tetapkan tujuan utama yang melandasi kampanye IMC Anda. Apakah Anda ingin mencapai goals jangka pendek, atau justru jangka panjang?

Tujuan promosi mempunyai banyak manfaatnya bagi perusahaan. Anda bisa menjadikannya sebagai acuan pengukuran keberhasilan progres, hingga alat untuk menjaga aktivitas pemasaran tetap berada di lajur yang tepat.

Anda pun bebas menyesuaikan tujuan promosi sesuai kebutuhan. Beberapa contoh goals promosi misalnya menambah pengikut sosmed bisnis, mencapai target penjualan bulanan, atau meningkatkan engagement dan traffic.

2. Menciptakan Keselarasan Kerja

IMC bekerja dengan banyak komponen, metode, serta sumber daya manusia. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa menciptakan keselarasan kerja bagi seluruh pihak.

Semua aspek marketing IMC harus bekerja dengan selaras supaya pesan yang tersampaikan ke masyarakat menjadi lebih kuat. Sebagai langkah awal, Anda dan tim bisa mencoba mempraktekkan kiat-kiat bekerja sama di lingkungan kerja.

3. Menyusun Alur Kerja dengan Seksama

Seluruh usaha Anda juga akan sia-sia dan berantakan kalau alur kerja tim masih berantakan. Hindari resiko miskomunikasi atau tanggung jawab tumpang tindih dengan menyusun alur kerja yang jelas—sebisa mungkin hal ini sudah langsung dilakukan sejak awal project.

Minimal Anda harus mengatur deadline penyelesaian tugas-tugas, serta susunan alur kerja dan koordinasi dari atasan hingga bawahan. Pastikan semua anggota memahami batas-batas tanggung jawabnya dengan baik. Gunakan juga aplikasi pengatur produktivitas seperti Trello dan Slack untuk melacak progres.

4. Menugaskan Pemimpin yang Baik

Tips terakhir, tugaskan seorang pemimpin/manajer yang baik bagi setiap tim. Sosok manajer memang kerap dibutuhkan sebagai pemantau sekaligus pengatur alur pekerjaan yang panjang dan melibatkan banyak orang.

Anda boleh saja langsung turun tangan menjadi koordinator bagi tim marketing bisnis sendiri. Namun untuk perusahaan skala besar dengan ratusan pegawai, akan lebih baik untuk menyewa beberapa orang manajer profesional.

Demikianlah ulasan lengkap seputar strategi Integrated Marketing Communication. Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah pengetahuan Anda terkait rekomendasi strategi marketing unggulan, ya!

Yuk belajar lebih banyak cara mengelola bisnis hingga sukses bersama MARKEY. Langsung baca kumpulan artikel digital marketing terbaru kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa lagi!