Last Updated on July 8, 2022 by
Memakai media pemasaran adalah cara terampuh untuk menaikkan jumlah penjualan. Sudah tahu apa saja jenis media pemasaran yang populer digunakan saat ini?
Memilih media pemasaran adalah hal yang sulit bagi sebagian orang. Setiap hari selalu ada saja bisnis yang gagal karena salah menggunakan media promosi. Akibatnya ada banyak modal, waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia.
Oleh sebab itu Anda wajib cermat memilih sarana pemasaran yang paling cocok dengan target konsumen. Bagaimana caranya? Mari langsung simak ulasan lengkap berikut ini seputar media pemasaran kekinian.
Daftar Isi
Pengertian Media Pemasaran Adalah
Media pemasaran adalah sarana-sarana atau alat yang bisa kita gunakan untuk menawarkan produk dan jasa kepada calon pembeli.
Sederhananya, media pemasaran adalah wadah promosi/iklan bisnis Anda.
Bentuk media pemasaran selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Alhasil kita dituntut untuk selalu up to date demi memaksimalkan distribusi iklan ke calon konsumen.
Misalnya di zaman dahulu, media promosi lebih banyak dilakukan secara langsung (offline). Sebuah produk bisa terkenal hanya dengan promosi percakapan mulut ke mulut saja.
Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi hadir dan mengubah kebiasaan masyarakat menjadi serba online. Masyarakat kekinian cenderung mencari informasi aneka produk dan jasa di internet, website dan sosial media.
Apakah perubahan zaman menghapus pemakaian media pemasaran tradisional? Jawabannya “tidak”. Nyatanya media pemasaran offline seperti baliho, brosur, dan iklan televisi masih tetap eksis berseliweran di sekitar kita
Manfaat Media Pemasaran Adalah
Segala bentuk bisnis tidak mungkin lepas dari yang namanya media pemasaran. Promosi selalu menjadi langkah awal agar produk dikenal dan dibeli oleh masyarakat.
Namun masih ada lebih banyak lagi manfaat “tersembunyi” dari media pemasaran. Beberapa keuntungan berpromosi dengan media pemasaran adalah:
- Memaksimalkan penjualan/transaksi, sehingga omset bisnis bertambah.
- Membangun citra dan kesadaran publik terhadap toko Anda. Usaha dengan image publik positif akan lebih diminati di kalangan masyarakat.
- Mempertahankan kestabilitasan bisnis dalam jangka panjang, karena produk selalu dikenali konsumen.
- Mengedukasi calon konsumen target terkait produk atau jasa yang ditawarkan, lalu menciptakan daya tarik pembelian baru.
- Menjaring sebanyak mungkin pembeli baru sekaligus mempertahankan kesetiaan pelanggan tetap.
- Mengungguli persaingan antar bisnis secara sehat di pasaran.
5 Fungsi Utama Media Pemasaran Adalah
Ketika ditanya terkait fungsi utama media pemasaran, sebagian besar orang pasti akan menjawab “untuk menarik konsumen dan menciptakan penjualan”.
Poin tersebut memang benar, namun ketika didalami, ternyata masih ada lebih banyak lagi fungsi penting dari media pemasaran bagi bisnis. Apa sajakah?
Berikut jawabannya:
1. Menambah Inovasi atau Memperbaiki Kekurangan Produk
Setiap produk dan jasa yang dijual di pasaran pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Poin ini tidak mungkin dihindari.
Namun jika produk atau jasa Anda memiliki kesalahan, maka Anda tidak perlu panik. Cukup perbaiki kekurangan tersebut, lalu promosikan kembali ke konsumen memakai media pemasaran pilihan.
Strategi yang sama juga bisa diterapkan ketika Anda ingin mengimprovisasi produk. Masyarakat akan lebih tertarik jika Anda kerap memperbaharui fitur dan keunggulan produk/jasa.
2. Mengumpulkan Kritik dan Saran
Media pemasaran juga berfungsi mengumpulkan berbagai kritik dan saran terhadap produk/jasa, khususnya jika iklan disebarkan secara online (sosial media).
Hampir semua media online mempunyai fitur komentar dan chat yang memungkinkan audiens memberi saran, pertanyaan atau kritik terhadap bisnis Anda. Alangkah baiknya untuk selalu merespon pesan konsumen, karena pendapat tersebut bisa saja menjadi ide improvisasi bisnis ke arah yang lebih baik.
3. Menjaga Loyalitas Konsumen
Manfaat lain dari media pemasaran adalah ampuh untuk menjaga kesetiaan pembeli. Rajin memberikan promosi juga termasuk ke dalam bentuk customer service, lho.
Konsumen yang sudah betah berbelanja di toko Anda pasti selalu menunggu info-info penawaran menarik. Misalnya tawaran produk/jasa baru, diskon layanan, cashback, dan lain-lain.
Mereka pun pasti tertarik mencoba penawaran baru ini, mengingat sudah pernah puas dengan transaksi terdahulu. Apalagi jika promosi baru tersebut memuat inovasi yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
4. Memperkenalkan Produk ke Konsumen Baru
Cara termudah menggaet pembeli-pembeli baru adalah dengan berpromosi.
Informasi dalam iklan akan mengedukasi calon konsumen terkait spesifikasi, harga, dan manfaat barang yang Anda jual. Dari sinilah bisa timbul keinginan membeli dan mencoba produk.
Promosi harus terus digencarkan agar bisnis Anda tetap eksis. Semakin banyak konsumen baru berdatangan setiap hari, maka bisa semakin besar juga profit yang Anda dapatkan.
5. Menumbuhkan Emosi dan Meyakinkan Calon Pembeli
Anda mungkin menjual produk dengan kualitas nomor 1. Namun barang tersebut tetap tidak akan laku tanpa promosi yang “menggugah emosi”.
Permainan emosi menjadi cara agar konsumen benar-benar membeli produk Anda. Pernahkah Anda merasa “takut” dan “menyesal” karena melewatkan diskon produk besar? Dua emosi tersebut sengaja ditekankan supaya konsumen tidak melewatkan promo.
Membangkitkan emosi konsumen sejatinya cukup mudah dengan bantuan media penawaran. Semakin gencar dan menggiurkan isi iklan, secara otomatis semakin kuat juga hasrat konsumen untuk men-check out produk Anda!
7 Contoh Media Pemasaran Adalah
Sudah tahu apa saja contoh-contoh media pemasaran masa kini? Jika belum, mari simak 7 media promosi paling banyak dipakai oleh perusahaan saat ini:
Internet (Website, Aplikasi, Sosial Media)
Contoh media promosi di posisi pertama sudah pasti internet. Di era teknologi 4.0 saat ini, hampir semua aspek kehidupan berjalan secara daring; khususnya aktivitas promosi bisnis.
Internet mempunyai keunggulan tersendiri untuk promosi bisnis, mencakup:
- Bisa digunakan secara gratis tanpa modal.
- Mudah dikelola dengan smartphone atau laptop pribadi.
- Mempunyai daya jangkau audiens sangat luas tanpa batas.
- Isi konten promosi lebih beragam dan menarik, mulai dari teks, video, foto, musik, atau kombinasi semuanya.
Promosi bisnis di internet sangat dianjurkan karena bisa menjaring konsumen potensial dari berbagai wilayah. Manfaatkanlah juga aplikasi marketplace agar pembeli yang tertarik bisa langsung memesan produk. Dengan begini, peluang penjualan Anda jadi semakin besar!
Merchandise, Souvenir atau Freebies
Siapa yang tidak senang menerima produk gratis? Tapi tahukah Anda, item-item gratis tersebut ternyata merupakan media penawaran bernama merchandise!
Merchandise adalah hadiah gratis yang diberikan oleh suatu perusahaan dengan maksud promosi. Biasanya merchandise dicetak dengan logo atau nama brand supaya calon konsumen terus mengingat perusahaan. Ada cukup banyak bentuk merchandise, seperti:
- Totebag
- Pulpen, pensil, peralatan ATK lainnya..
- Gelas (mug).
- Baju kaos.
- Topi
- Gantungan kunci, payung, kalender, dan lain-lain.
Souvenir gratis ini juga cukup efektif untuk promosi tak langsung di lingkungan sekitar konsumen. Semisal Ani menggunakan totebag merchandise dengan sablon logo brand Anda. Kemudian, orang-orang yang berpapasan dengan Ani akan ikut melihat dan mengenal perusahaan Anda dari logo tersebut.
Iklan Televisi
Iklan TV masih menjadi media pemasaran dengan tingkat efektivitas tinggi. Promosi lewat siaran televisi tergolong ampuh untuk memikat konsumen lokal dari segala usia dan kalangan.
Keuntungan beriklan di televisi adalah siarannya yang berulang-ulang, sehingga memaksimalkan awareness dan interest pembeli terhadap produk/jasa. Sisi negatifnya, biaya pembuatan iklan televisi terbilang mahal sampai puluhan juta per sekali tayang.
Reklame (Billboard)
Papan billboard atau reklame adalah media penawaran yang masih sering dipakai, terutama di kota-kota besar.
Billboard memiliki ukuran yang besar dan tinggi, sehingga bisa disimak oleh banyak orang dari berbagai arah. Namun karena itulah, papan reklame hanya bisa dipasang di tempat-tempat strategi luar ruangan, seperti jalan raya, pusat kota, tol, dan sejenisnya.
Poster & Brosur Digital
Bentuk media penawaran menarik lainnya adalah poster dan brosur. Sarana iklan ini dapat dijumpai dengan mudah di sosial media, seperti Instagram, Facebook dan Twitter.
Poster dan brosur menjadi media iklan dengan jumlah peminat tertinggi di masa sekarang. Ini karena ada banyak tool editing foto gratis yang bisa dimanfaatkan untuk membuat poster dan brosur.
Selain itu, tampilan visual media ini sanggup mencuri perhatian audiens dalam hitungan detik. Jika ingin memperluas pemasaran, Anda bisa mencetak brosur dan poster lalu menempelkannya di tempat-tempat umum.
Siaran Podcast
Podcast adalah media hiburan kekinian yang disukai milenial. Siaran podcast berupa rekaman audio yang bisa dinikmati dengan cara streaming. Isi konten podcast juga bermacam-macam, mulai dari wawasan edukatif, cerita horor, story telling, dan sebagainya.
Kepopuleran podcast lambat laun turut menjadikannya sebagai media pemasaran yang unik (podcast marketing). Anda bisa menyelipkan info produk/jasa secara halus di sela-sela sesi podcast supaya konsumen tak merasa terganggu.
Media Cetak (Koran, Majalah, Buku)
Bentuk media pemasaran yang terakhir adalah media cetak, seperti buku, koran dan majalah. Menerbitkan iklan pada media cetak sudah menjadi strategi sejak jaman dahulu sampai sekarang.
Sama halnya dengan brosur dan poster, iklan-iklan di media cetak kini bisa hadir dalam bentuk digital. Contohnya seperti iklan pada halaman koran digital, e-magazine dan e-book.
Demikianlah pengertian, fungsi dan 7 contoh media pemasaran kekinian. Sekali lagi, media pemasaran kini hadir dalam banyak bentuk, baik online ataupun offline.
Tugas Anda sekarang adalah memilih sarana iklan yang paling cocok dengan kebutuhan serta target bisnis. Anda juga bisa mengombinasikan lebih dari satu media promosi sesuai keinginan.
Jadi bagaimana, sudahkah Anda menemukan media pemasaran yang terbaik?
Yuk perkaya ilmu bisnis marketing Anda secara gratis bersama MARKEY! Cari tahu lebih banyak tips dan trik sukses pemasaran online di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan Appstore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.