Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Ikuti 8 Cara Membuat Podcast Bisnis Ini, Auto Ramai...

Ikuti 8 Cara Membuat Podcast Bisnis Ini, Auto Ramai Pembeli!

-

Cara membuat podcast bisnis yang sukses ternyata sangat mudah, lho! Anda juga sudah berada di halaman yang tepat. Berikut ini kami punya 8 cara membuat podcast bisnis sukses untuk pemula.

Dunia podcast Indonesia sedang naik daun dewasa ini. Berkat kecanggihan teknologi, masyarakat kini bisa mendapat berbagai informasi unik terbaru semudah mendengarkan podcast online saja.

Pastinya kita juga bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk memasarkan bisnis online. Tapi masalahnya adalah “bagaimana cara membuat podcast bisnis yang diminati orang-orang”?

Tidak perlu galau! Langsung saja yuk kita simak tips dan trik selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Apa Itu Podcast? Sejarah, Manfaat dan Cara Menggunakannya

8 Cara Membuat Podcast Bisnis Termudah untuk Promosi

Ingin agar podcast bisnis Anda didengar sebanyak mungkin pemirsa online? Mudah saja! Langsung praktekkan 8 tips podcast sukses di bawah ini:

1. Cari dan Pahami Target Pendengar

Podcast Indonesia adalah komunitas yang luas. Ada beragam genre, topik serta pembahasan yang terdapat dalam dunia podcast Indonesia. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk meriset terlebih dahulu siapa saja target pendengar podcast bisnis Anda.

Tahap ini harus dilakukan pertama kali sebelum mulai membuat podcast. Dengan mengetahui siapa target pendengar, otomatis Anda bisa lebih mudah dalam menyusun isi konten lalu memasarkannya.

Terdapat beberapa platform populer distribusi podcast Indonesia yang bisa Anda coba:

  • Spotify
  • iTunes
  • Joox

2. Masukkan Keyword ke Podcast

cara-membuat-podcast

Podcast Anda tidak mungkin bisa ditemukan begitu saja oleh pendengar. Kembali lagi, ada ribuan bahkan jutaan rekaman yang beredar dalam saluran podcast Indonesia.

Sebab itulah Anda wajib memasukkan keyword-keyword yang relevan dengan pencarian konsumen ke dalam judul atau deskripsi podcast bisnis.

Penggunaan keyword dalam judul podcast kurang lebih sama dengan pemakaian keyword pada judul artikel, blog, atau video YouTube. Keyword akan membantu mesin pencari mencocokkan keinginan audiens dengan konten Anda.

Semisal Anda membuat podcast sukses bisnis tentang strategi dropship. Maka gunakanlah kata-kata kunci seputar topik tersebut, seperti ‘bisnis dropship’, ‘tips bisnis tanpa modal’, ‘dropshipper adalah’, ‘taktik dropship’, dan sebagainya supaya mudah dicari pendengar.

Tips jitu memanfaatkan SEO keywords:

  • Pilihlah keyword populer dengan volume pencarian tinggi.
  • Gunakan alat riset keyword gratis, seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan lain-lain.
  • Pilih keyword yang paling cocok dengan topik podcast.
  • Masukkan keyword di judul dan deskripsi podcast.

3. Masukkan Transkrip Podcast

Cara membuat podcast yang baik selanjutnya adalah dengan memasukkan transkrip podcast. Mengapa?

Transkrip rekaman terbukti ampuh membantu sistem Google memahami isi podcast dengan detil. Anda juga bisa menyelipkan keyword-keyword pilihan ke dalam transkrip supaya file podcast bisa lebih terdongkrak secara SEO Google.

Sesungguhnya Google menyediakan fitur pembuat transkrip audio otomatis. Hanya saja sayangnya kualitas transkrip otomatis tidak sebagus dan senatural transkrip buatan sendiri (oleh manusia).

Menyiapkan transkrip memang akan terasa merepotkan, namun pendengar Anda akan lebih nyaman dan puas menyimak podcast yang dilengkapi transkrip. Mereka tidak perlu takut ketinggalan pembahasan atau kesulitan memahami obrolan dengan bantuan transkrip.

Tips tambahan:

  • Buat transkrip yang rinci menggambarkan percakapan.
  • Boleh menyimpulkan poin-poin penting podcast.
  • Masukkan keyword ke dalam transkrip.
  • Jangan masukkan gumaman seperti “Em,” “Eh,” dan jeda-jeda lisan lainnya ke dalam transkrip.

Artikel terkait  5 Kiat Reseller Paket Tanaman Hias Sukses Tanpa Modal

4. Tentukan Tema dan Struktur Alur Obrolan

Tips satu ini terkesan sepele, namun jangan salah. Justru inilah letak kesalahan banyak orang ketika membuat podcast.

Banyak masyarakat awam mengira podcast hanyalah rekaman percakapan biasa yang mengalir begitu saja. Sejatinya tidak demikian. Sebuah podcast sukses harus mempunyai tema dan topik obrolan yang disusun secara runut (terstruktur).

Pastinya Anda sendiri juga akan bingung jika mendengar percakapan yang tak jelas alurnya, bukan? Nah, untuk meminimalisir kebingungan pendengar, akan lebih baik jika podcast disusun secara rinci dari awal sampai akhir.

Tips tambahan:

  • Mulailah dengan menentukan tema atau topik podcast secara jelas. (Contoh: topik utama ‘bisnis dropship’)
  • Boleh memilih sub-sub tema yang masih relevan atau nyambung dengan tema utama. (Contoh: sub topik ‘arti dropship’, ‘beda dropship dan reseller’, ‘cara kerja dropship’, dan lain-lain).
  • Mulai obrolan dari pembuka dan perkenalan topik. Kemudian baru dilanjutkan dengan pembahasan secara terstruktur.
  • Tutup obrolan dengan kesimpulan.
  • Pastikan untuk tidak membahas hal-hal yang berada di luar topik.

5. Selipkan Promosi Halus atau Terselubung (Soft Selling Strategy)

Anda boleh mempromosikan bisnis, produk atau jasa dalam sesi podcast. Hanya saja ingatlah untuk membuat promosi tersebut halus dan terselubung. Jika tidak, maka pendengar akan merasa bahwa mereka tengah menyimak iklan.

Promosi bisa diselipkan pada bagian akhir podcast agar tidak mengganggu. Ada juga yang mengombinasikan promosi produk dan jasa dengan cerita. Semisal Anda menjelaskan keunggulan bisnis lewat cerita testimoni narasumber dalam podcast. Konsumen biasanya lebih percaya dan tertarik dengan produk setelah mendengar testimoninya.

Kerahkan semua kreativitas Anda untuk mengolah ide promosi sehalus mungkin agar podcast tetap nyaman didengar walaupun memuat iklan. Perhatikan juga durasi promosi dalam podcast. Jangan sampai sesi iklan memakan waktu lebih banyak dari konten obrolan utama.

6. Promosikan Podcast ke Sosmed dan Lacak

Salah satu indikator podcast sukses terlihat dari jumlah orang yang membagikannya ke sosial media. Semakin banyak engagement (like, komentar dan share) di sosial media, artinya semakin baik.

Jangan ragu untuk mempromosikan podcast lewat akun-akun sosmed olshop supaya terkenal lebih cepat dan luas. Anda bisa meriset kembali situasi dan kondisi target pendengar dari setiap sosial media. Semisal jumlah peminat podcast datang lebih banyak dari Facebook, jadi kencangkan promosi pada sosmed tersebut.

Tips tambahan:

  • Gunakan fitur pelacak link (tracking links) untuk mempermudah pengamatan perkembangan podcast di sosmed.
  • Sebar podcast di semua platform sosmed, lalu ukur tingkat engagementnya. Dari sini Anda bisa tahu platform sosmed mana yang menyimpan konsumen pendengar podcast terbanyak.
  • Optimasi postingan link podcast Anda dengan tips SEO sosmed agar mendapat hasil terbaik.

7. Masukkan Metadata ke Podcast

cara-membuat-podcast

Jangan lupa masukkan metadata ke podcast Anda supaya podcast bisa menduduki ranking 1 dalam hasil penelusuran Google.

Metadata adalah ruang khusus yang memuat informasi detil tambahan terkait podcast. Gampangnya, bagian ini memuat penjelasan terkait isi episode podcast yang bisa dipahami pendengar maupun algoritma Google.

Menambahkan metadata sangat gampang! Anda hanya perlu memasukkan tag-tag topik atau genre yang sesuai dengan isi podcast. Misalnya tag topik ‘bisnis’, ‘kesehatan’, ‘olahraga’, dan lain-lain.

Tips tambahan:

  • Jangan asal tambah tag. Posisikan diri sebagai pendengar atau konsumen, lalu pikirkan kira-kira bagaimana cara mereka menelusuri podcast sesuai topik.

8. Selalu Minta Review atau Feedback

Cara membuat podcast yang terakhir adalah dengan meminta review atau feedback dari pendengar. Banyak platform podcast menyediakan laman review yang bisa diisi pendengar. Mereka bebas menilai dari 1 sampai 5 terkait kualitas podcast.

Mengapa review ini penting? Faktanya, saat ini sistem Google sangat menghargai review pengguna. Review akan menjadi ‘bukti sosial’ yang membuktikan kualitas asli dari sebuah konten, baik atau buruk. Alhasil calon pendengar baru dapat mempertimbangkan apakah podcast pilihan mereka sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Maka dari itu, Anda wajib memotivasi pendengar untuk selalu meninggalkan review dan feedback pada setiap episode podcast. Anda bisa membubuhkan ajakan yang mendorong di akhir rekaman seperti “Jangan lupa tinggalkan komentar kamu, ya!” atau “Suka dengan obrolan ini? Tinggalkan likesmu ya!”.

Semakin banyak review baik yang bisa podcast Anda raih, otomatis akan semakin bagus pula kualitas channel podcast Anda di mata audiens.

Artikel terkait  Cara Belajar SEO Pemula dari Pakar Ahli dan Buku Penunjang

4 Keuntungan Podcast untuk Bisnis Masa Depan

Tahukah Anda bahwa sebuah podcast bisa mengantarkan bisnis Anda pada beragam keuntungan sekaligus? Podcast Indonesia bukan hanya sebatas hiburan masa kini. Ada banyak sekali keuntungan podcast yang tak boleh Anda lewatkan demi masa depan usaha Anda!

Inilah beberapa keuntungan podcast untuk bisnis pada masa depan:

1. Disupport Penuh oleh Google

Podcast mulai populer dan dilirik banyak orang pada tahun 2019. Saat itu, Google mengumumkan bahwa teknologi terbarunya akan mendukung perkembangan podcast. Masyarakat bisa menikmati banyak kemudahan mencari, membuat dan mendengarkan podcast kapan saja dan di mana saja via online.

2. Sarana Promosi Gratis

Faktanya, semua cara membuat podcast adalah 100% gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk merekam hingga mempublikasikan podcast di platform. Cukup gunakan aplikasi-aplikasi pembuat podcast yang tersedia gratis online di Google Play atau App Store saja.

3. Membantu Branding Bisnis

Keuntungan podcast berikutnya adalah ampuh meningkatkan branding bisnis. Semakin sering brand Anda menyediakan konten podcast edukatif bermanfaat yang disukai konsumen, maka akan semakin baik.

Kepopularitasan brand dijamin akan meningkat pesat di masyarakat lewat podcast. Orang-orang pasti mengingat nama bisnis Anda dan mengutamakan layanan Anda saat hendak bertransaksi.

4. Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Saat ini banyak bisnis berlomba-lomba saling mengakrabkan diri dengan konsumen mereka. Anda juga jangan sampai ketinggalan kereta! Mulailah menjadi lebih dekat dengan masyarakat melalui podcast. Buat beragam pembahasan yang menjawab rasa penasaran atau keingintahuan publik agar bisnis Anda lebih terpandang.

Anda juga bisa meminta topik, saran dan masukan podcast pada audiens lewat sosial media. Dijamin mereka akan lebih tersanjung sekaligus merasa dihargai karena permintaannya dikabulkan. Selamat mencoba!

Itulah dia 8 cara membuat podcast sukses untuk mempromosikan bisnis. Tidak sulit ‘kan tips-tipsnya? Sekarang Anda bisa langsung mulai menggarap podcast promosi dan peluang omset besar dari penjualan online!

Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ ! Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play atau Apple Store untuk mode baca yang lebih praktis.

Sampai bertemu lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya