Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Tingkatkan Penjualan Dengan Merchandise Unik Ini!

Tingkatkan Penjualan Dengan Merchandise Unik Ini!

-

Pernahkah Anda mendengar kata merchandise? Atau, pernahkah Anda menerima merchandise dari sebuah perusahaan?

Jika Anda pernah menerima benda seperti totebag, baju, payung, dan perlengkapan tulis yang memuat logo suatu perusahaan, maka sesungguhnya yang Anda terima adalah merchandise. Pemberian merchandise masih menjadi sarana promosi perusahaan yang tergolong efektif, murah dan efisien dimasyarakat.

Pemberian merchandise adalah sebagai sarana mendongkrak minat beli masyarakat terhadap produk atau jasa dari suatu perusahaan. Oleh sebab itu, tak heran jika makin banyak perusahaan memberikan produk cuma-cuma ini kepada konsumen. Akan tetapi, bagaimana cara suatu merchandise bisa meningkatkan daya jual perusahaan?

Yuk cari tahu jawabannya pada artikel kali ini! Kami akan mengajak Anda mengupas tuntas perihal apa itu merchandise, manfaat pemberian merchandise kepada konsumen untuk perusahaan, hingga contoh merchandise unik, murah dan bermanfaat.

Apa Itu Merchandise? Pengertian Merchandise

merchandise

Pemberian merchandise adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan guna membangun branding dimata masyarakat. Tidak ada salahnya untuk perusahaan Anda ikut mencoba memberikan merchandise kepada konsumen sebagai bentuk promosi guna meraup lebih banyak keuntungan.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, apa itu merchandise? Seperti apa wujud dari merchandise? Merchandise adalah sebuah hadiah kecil atau pernak-pernik yang diberikan suatu perusahaan kepada konsumennya.

Mengetahui sebuah benda adalah merchandise dari adanya logo tertentu yang disablon pada permukaan benda tersebut. Merchandise adalah hadiah yang diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi terhadap kesetiaan konsumen berbelanja ditempat mereka. Umumnya, merchandise adalah sarana perusahaan untuk mempromosikan brand. Hal ini dimungkinkan sebab merchandise memuat beragam informasi terkait perusahaan dan brand, seperti logo, merk dan tagline khas perusahaan.

Alhasil, orang yang mendapatkan atau menggunakan merchandise tersebut akan senantiasa teringat dengan produk atau jasa perusahaan. Ada banyak sekali contoh merchandise yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari merchandise yang paling murah seperti pulpen, pensil, totebag, dan buku, hingga merchandise yang dinilai eksklusif seperti flashdisk, jaket dan baju. Setiap merchandise yang Anda terima pasti akan memuat gambar logo perusahaan yang memberikannya.

Artikel terkait  Panduan Membangun Brand untuk Bisnis Online Anda!

 

Memajukan Perusahaan dengan Merchandise: 4 Manfaat Merchandise

Mengapa banyak perusahaan gemar memberikan merchandise kepada pelanggannya? Jawabannya ada dipembahasan berikut ini.

Mengapresiasi Loyalitas Konsumen

Sudah menjadi hal umum bahwa mempertahankan pelanggan merupakan hal wajib bagi perusahaan. Ada beragam cara yang dapat ditempuh oleh perusahaan untuk mempertahankan loyalitas konsumen, salah satunya yakni dengan memberikan apresiasi.

Konsumen selalu senang jika diapresiasi oleh perusahaan. Beragam bentuk apresiasi terhadap konsumen dapat dilakukan dengan pemberian diskon hingga merchandise. Pemberian merchandise adalah sebuah bentuk tanda terima kasih atas loyalitas konsumen membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan. Selain itu, merchandise juga dapat diberikan kepada masyarakat yang telah hadir dalam event perusahaan seperti seminar ataupun jalan santai.

Sarana Promosi Antar Konsumen

Merchandise juga dapat digunakan sebagai sarana promosi antar konsumen. Semisal Anda memberikan merchandise totebag kepada seorang konsumen. Kemudian dia menggunakan merchandise tersebut dalam aktivitasnya, dan dilihat oleh lebih banyak orang. Disinilah, proses penyebaran informasi atau promosi berlangsung

Totebag merchandise tentunya memuat semua informasi yang dibutuhkan seperti nama perusahaan, logo, hingga tagline dari brand. Jadi saat konsumen tersebut menggunakan totebag Anda, maka secara tidak langsung mereka juga telah melakukan promosi brand Anda kepada lebih banyak masyarakat.

Artikel terkait  Apa itu Consumer Insight? Mengetahui Konsep dan Tekniknya Untuk Meningkatkan Penjualan

 

Sarana Promosi untuk Jangka Panjang

Manfaat selanjutnya dari merchandise adalah sebagai sarana promosi jangka panjang. Untuk promosi jangka panjang ini, perusahaan biasanya memanfaatkan merchandise yang dapat digunakan berulang kali seperti totebag, alat tulis, tumbler, baju, dan lainnya.

Semakin sering konsumen menggunakan atau melihat merchandise pemberian Anda, maka ia akan semakin mengingat keberadaan produk atau brand Anda. Berbeda dengan media promosi yang cenderung sekali lihat dan kemudian dilupakan seperti pamflet, brosur, atau iklan dikoran.

Berpromosi dengan benda yang sering dipakai akan semakin menanamkan kesan dan image brand dalam benak konsumen. Jadi, jika kelak suatu hari konsumen memerlukan produk, maka ia dapat mempertimbangkan produk buatan Anda. Kesimpulannya, merchandise adalah sarana yang tepat untuk mencapai tujuan ini, bukan?

Menarik Minat Konsumen

Keuntungan terakhir pemberian merchandise adalah untuk menarik minat konsumen. Nyatanya, banyak konsumen tertarik untuk berbelanja setelah diimingi hadiah yang lucu dan menarik. Jadi, pemberian merchandise merupakan pilihan yang pas untuk Anda guna menarik konsumen untuk berbelanja dan menaikkan jumlah penjualan.

Artikel terkait  Apa Itu Micro Influencer | Mengapa Bisnis Memerlukannya?

Contoh Merchandise Unik, Murah dan Bermanfaat

Bingung mau memberikan merchandise apa kepada konsumen? Don’t worry, karena berikut ini kami punya 4 contoh merchandise unik dan murah! Merchandise ini dijamin efektif untuk promosi brand perusahaan sekaligus memberikan manfaat daya guna untuk konsumen.

Totebag

Merchandise yang tengah populer saat ini adalah totebag. Penggunaan totebag semakin melejit dimasyarakat semenjak adanya anjuran pemerintah untuk berbelanja dengan menggunakan kantong tas sendiri.

Totebag sendiri merupakan nama lain dari tas jinjing. Anda bisa membawa totebag dengan menyampirkannya disalah satu bahu atau memegang dengan satu tangan. Totebag menjadi merchandise yang umum diberikan perusahaan kepada konsumen sebab memiliki harga produksi yang murah plus daya guna yang tinggi bagi masyarakat.

Agar memiliki kualitas yang baik dan kuat, totebag merchandise dapat dibuat dari kanvas dan kain blacu. Anda bisa menyablon logo perusahaan atau logo event perusahaan disisi totebag agar dapat dilihat jelas oleh publik.

Tumbler

Jenis merchandise berikutnya yang juga digemari konsumen adalah wadah minum isi ulang atau tumbler. Tumbler memiliki ukuran yang beragam, mulai dari kecil hingga besar.

Biasanya, perusahaan memberikan merchandise tumbler berukuran sedang atau besar sebab lebih banyak informasi promosi yang bisa dimuat dalam sisi body tumbler. Tumbler sangat diminati sebab merupakan benda yang sering dipakai masyarakat dalam beraktivitas.

Selain itu, tumbler dapat digunakan berulang kali selayaknya totebag. Tumbler dapat diberikan sebagai bonus hadiah dari pembelian produk, hingga souvenir saat perusahaan mengadakan suatu event.

Alat Tulis

alat-tulis

Alat tulis menjadi bentuk merchandise murah dan bermanfaat selanjutnya. Anda bisa memberikan alat tulis yang umum digunakan oleh masyarakat seperti pensil dan pulpen dengan logo brand perusahaan.

Merchandise alat tulis menjadi pilihan yang tepat jika perusahaan ingin melakukan promosi efektif dengan budget terbatas. Anda bisa memberikan merchandise alat tulis sebagai hadiah atas pembelian produk atau kepada peserta seminar atau workshop yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Artikel terkait  8 Forum Online Gratis, Tempat Sharing Pengalaman, Diskusi, Sekaligus Mengembangkan Bisnis Anda!

Baju Kaos

baju kaos

Merchandise unik terakhir dengan budget murah meriah adalah baju kaos. Merchandise baju kaos dapat dikatakan sebagai sebuah pilihan promosi yang sangat baik sekaligus efektif. Ini dikarenakan baju kaos memiliki space yang sangat besar untuk memasukkan logo perusahaan, sponsor, merk, hingga tagline perusahaan. Merchandise baju kaos cocok diberikan kepada konsumen saat perusahaan mengadakan event olahraga seperti sepeda santai atau jalan sehat.

Baju kaos juga dapat diberikan sebagai hadiah jika konsumen telah memenuhi pembelanjaan sesuai syarat, seperti mencapai jumlah minimal ataupun paket tertentu. Selain itu, pemberian baju kaos untuk merchandise juga dinilai eksklusif dan “mewah” bagi konsumen.

Konsumen akan sangat senang jika diberikan merchandise super bermanfaat seperti baju kaos ini. Sebab baju kaos dapat mereka gunakan juga untuk beraktivitas setiap hari.

Itu dia pembahasan lengkap terkait merchandise sebagai sarana promosi perusahaan! Tertarik untuk mencoba memaksimalkan penjualan dengan berpromosi lewat merchandise? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya! Sampai bertemu diartikel selanjutnya dari kami.

[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya