Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Dasar Pemasaran Apa Itu Marketing Mix (4P)? Mengetahui Pemanfaatan dan Kekurangannya

Apa Itu Marketing Mix (4P)? Mengetahui Pemanfaatan dan Kekurangannya

-

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai apa itu marketing mix? Marketing mix biasanya dikenal juga sebagai strategi yang digunakan dalam proses eksekusi pemasaran yang juga disebut “4P”.

4P merupakan akronim untuk produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion). Pada artikel kali ini, saya ingin memperkenalkan marketing mix, komponen bauran pemasaran, dan poin-poin untuk menggunakan bauran pemasaran.

Apa Itu Marketing Mix?

 

apa-itu-marketing-mix

Marketing mix adalah Istilah yang pertama kali oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington. Gagasannya adalah bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai ‘mixer of ingredients’. Borden juga menyusun daftar elemen marketing mix yang terdiri atas 12 aspek.Daftar tersebut kemudian disederhanakan dan dipopulerkan oleh Jerome McCarthy ke dalam empat aspek pokok: Product, Price, Place, dan Promotion, yang kemudian dikenal dengan istilah 4P dengan  mengambil inisial elemen penyusun.

Seiring berjalannya waktu marketing mix telah banyak berubah, sama seperti teori-teori dari ilmu pengetahuan lainnya yang semakin berkembang. Apalagi ilmu di bidang ekonomi dan sosial memang bersifat fleksibel, mengikuti perubahan zaman atau tantangan zaman yang terjadi di sekitar Anda. Merupakan sekumpulan variabel–variabel marketing, yang digunakan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan pada suatu perusahaan.

Artikel terkait  Gratis Download Template Iklan Instagram | Berikut Ulasannya!

Selain itu, marketing mix merupakan strategi eksekusi dalam pemasaran. Strategi pemasaran dibangun dalam serangkaian aliran. Marketing mix adalah “strategi eksekusi” dalam strategi pemasaran secara keseluruhan.

Alur Strategi Pemasaran

 

Analisis Lingkungan

Temukan peluang pemasaran Anda dengan menganalisis lingkungan pemasaran Anda dari perspektif pasar, pesaing Anda, dan perusahaan Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui produk apa saja yang sedang diminati/diganrungi pasar, hal-hal apa saja yang dilakukan oleh pesaing dan menganalisis perusahaan Anda.

Strategi Dasar (Analisis STP)

Berdasarkan hasil analisis lingkungan, kami akan menganalisis pasar secara lebih rinci untuk menentukan arah di mana merek/ brand kami harus menuju dan merumuskan strategi dasar.

Pengembangan strategi dasar dilakukan melalui proses berikut:

Segmentasi (Segmentasi Pasar)

Pasar tersegmentasi untuk membagi pelanggan menjadi unit (segmen) yang memiliki kebutuhan yang sama. Hal ini bertujuan agar perusahaan bias lebih terarah dalam mengarahkan dana serta usahanya ke pasar yang lebih menguntungkan.

Penargetan (Penentuan Target Pasar)

Dari berbagai segmen, pilih segmen target untuk pengembangan bisnis Anda.

Positioning

Putuskan bagaimana membedakan produk atau layanan Anda dari produk atau layanan yang bersaing di segmen target. Buatlah produk Anda menjadi berbeda alias ‘unik’ dari competitor/pesaing Anda.

Strategi pemasaran dasar juga disebut “strategi STP”, yang merupakan singkatan dari Segmentation, Targeting and Positioning.

Strategi Pelaksanaan (Marketing Mix)

Berdasarkan strategi dasar yang telah ditetapkan, kami merumuskan strategi eksekusi yang secara khusus menentukan cara mendekati segmen target. Marketing mix adalah strategi pelaksanaan karena dianggap campuran-campuran dari beberapa komponen terbaik.

Implementasi dan Evaluasi Tindakan

Kami akan menerapkan langkah-langkah yang dirumuskan oleh marketing mix dan mengevaluasi hasilnya. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda harapkan, maka Anda perlu menganalisis apa yang salah dan meninjau strategi pemasaran Anda. Ini juga disebut “4P” dengan mengambil inisial elemen penyusun.

Artikel terkait  Definisi Pemasaran | Fungsi, Jenis dan Konsepnya

Komponen dari marketing mix adalah

 

  • Produk
  • Harga
  • Distribusi (Tempat)
  • Promosi

Secara umum dikatakan empat. Untuk alasan ini, bauran pemasaran kadang-kadang disebut “4P”. Yang secara lengkapnya dapat Anda baca pada link https://marketing.appkey.co.id/blog/marketing-mix-4p/

Komponen Marketing Mix

 

komponen marketing mix

Mari kita lihat lebih dekat setiap komponen bauran pemasaran.

Produk

Komponen pertama dari bauran pemasaran adalah “produk.” Dengan menciptakan “konsep produk” yang mempertimbangkan nilai seperti apa yang akan diberikan kepada segmen target, dan dengan memperbaiki layanan seperti teknologi, metode produksi, paket, dan dukungan untuk mewujudkannya, sebenarnya Kami akan menyelesaikannya sebagai “produk”. Strategi produk adalah komponen terpenting dari bauran pemasaran.

Harga

Harga merupakan pertimbangan yang dibayarkan oleh pelanggan untuk suatu produk, terkait langsung dengan penjualan. Strategi penetapan harga dirumuskan dari perspektif berikut.

Biaya

Penting untuk memahami titik impas produk dari biaya variabel dan biaya tetap.

Pandangan Nilai Pelanggan

Memahami harga yang menurut pelanggan adalah “harga pasar” untuk produk yang ditawarkan. Untuk bias mengetahui berapa perkiraan pelanggan unutuk suatu produk Anda dapat meminta pelanggan untuk mengisi survei kuesioner.

Membandingkan dengan Saingan

Pikirkan bagaimana Anda akan bertarung melawan saingan di segmen target dalam hal harga.

Dua opsi tersebut adalah membuat harga secara drastis rendah untuk menembus produk ke pasar, dan menetapkan harga yang relatif tinggi untuk memulihkan biaya pengembangan dan biaya investasi modal.

Branding

Tergantung pada strategi merek, harga tinggi memiliki efek membuat Anda merasa “bernilai tinggi”.

Distribusi

Strategi distribusi yang menentukan saluran yang menghubungkan produk dan pelanggan memiliki opsi berikut.

  • Secara luas mendistribusikan saluran tanpa batasan.
  • Batasi saluran dan distribusikan.
  • Berikan hak pemasaran eksklusif ke saluran tertentu.
  • Gunakan beberapa saluran tergantung pada situasinya.

Promosi

Artikel terkait  Segmentasi Pasar Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Ada beberapa opsi berikut untuk strategi promosi yang menciptakan kebutuhan dengan mengkomunikasikan keberadaan, fungsi, dan nilai produk secara efektif kepada pelanggan dan distributor.

  • Ciptakan kebutuhan baru dengan PR strategis
  • Memenuhi kebutuhan informasi pelanggan melalui media yang dimiliki, dll.
  • Tingkatkan kesadaran merek melalui iklan massal
  • Ciptakan insentif bagi pelanggan untuk membeli melalui iklan yang canggih
  • Penjualan mendorong bagian belakang pembelian yang tidak direncanakan

Poin untuk memanfaatkan bauran pemasaran

Agar dapat memanfaatkan marketing mix adalah dengan merumuskan masing-masing strategi 4P dan pertimbangkan konsistensi di antara 4P. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Apakah ada kontradiksi antara masing-masing 4P?
  • Apakah saldo 4P sesuai?
  • Apakah 4P mampu menghasilkan efek sinergis?

Manfaat & Kekurangan Marketing Mix

manfaat-dan-kekurangan-marketing-mix

Dengan elemen yang kompleks, tentu saja marketing mix memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis.

Manfaat Marketing Mix

Alokasi Sumber Daya yang Bijaksana

Sumber daya biasanya bersifat terbatas sehingga harus digunakan seefektif mungkin. Dengan adanya marketing mix, pemilik bisnis mampu mengetahui seluruh elemen dalam pemasaran sehingga sumber daya yang digunakan menyesuaikan elemen lainnya.

Sederhana

Melalui konsep ini dapat dilakukan penyederhanaan dan penyatuan berbagai kegiatan pemasaran menjadi satu, agar pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.

Alokasi Tanggung Jawab

Marketing mix akan membuat pemilik bisnis belajar untuk membagi tugas pemasaran yang sesuai dan seimbang. Walaupun dalam usaha membutuhkan tim yang solid dan satu, akan tetapi manajer perlu untuk mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang sesuai dengan jobdesk dan kemampuan yang dimiliki.

Mampu Menganalisa Keuangan

Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana arus biaya dan pendapatan sesuai dengan situasi yang terjadi. Semakin banyak elemen pemasaran yang dijalankan, maka pemilik bisnis akan lebih pintar dalam pengalokasian keuangan. Sehingga dapat membiayai banyak kebutuhan dan tetap menghasilkan keuntungan.

Kekurangan Marketing mix

Dibalik berbagai manfaat yang diperoleh oleh perusahaan, marketing mix pun juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Tidak membahas hal yang berhubungan dengan konsumen dan brand experience.
  • Menganggap konsumen sebagai pihak pasif yang tidak memungkinkan untuk melakukan interaksi Lebih berorientasi pada internal bisnis sehingga tidak mempertimbangkan perilaku konsumen.

Kesimpulan

Seiring berjalannya waktu Marketing mix telah banyak berubah, sama halnya seperti teori-teori dari ilmu pengetahuan lainnya yang semakin berkembang. Apalagi ilmu di bidang ekonomi dan sosial memang bersifat fleksibel, mengikuti perubahan zaman atau tantangan zaman yang terjadi di sekitar Anda.

Secara singkat marketing mix adalah strategi pelaksanaan dalam pemasaran. Ini juga sering disebut dengan 4P merupakan akronim untuk produk, harga, tempat, dan promosi, yang merupakan komponen-komponennya.

Terdapat beberapa alur strategi pemasaran dasar yang selanjutnya disebut dengan “strategi STP”, yang merupakan singkatan dari Segmentation, Targeting and Positioning.

Terdapat beberapa manfaat dan kekurangan dalam menerapkan konsep ini yakni: Alokasi sumber daya yang bijaksana, sederhana, alokasi tanggung jawab, Mampu menganalisa keuangan dan keuntungannya adalah Tidak membahas brand experience serta Menganggap konsumen sebagai pihak yang pasif.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya