Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyApa Itu Customer Acquisition? 7 Pedoman Lengkap Gaet Pembeli

Apa Itu Customer Acquisition? 7 Pedoman Lengkap Gaet Pembeli

-

Last Updated on February 15, 2023 by appkey

Mau bisnis Anda selalu ramai kedatangan pembeli? Customer acquisition adalah kuncinya! Strategi marketing satu ini akan mengantarkan Anda langsung ke hadapan jutaan konsumen potensial.

Setiap perusahaan wajib melaksanakan strategi akuisisi konsumen karena ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik, khususnya dalam jangka panjang. Metode ini pun dianggap sebagai alat bantu terampuh untuk memahami seluruh kebutuhan konsumen.

Penasaran seperti apa itu customer acquisition dan kiat-kiat menerapkannya? Yuk langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Customer Acquisition

customer acquisition

Arti customer acquisition adalah serangkaian upaya untuk menarik konsumen-konsumen baru ke perusahaan kita. Strategi marketing ini turut dikenal dengan istilah ‘akuisisi konsumen potensial’ dalam bahasa Indonesia.

Aktivitas marketing ini sejatinya lebih dari sekadar menarik calon pembeli potensial saja. Perusahaan akan turut berusaha meyakinkan konsumen agar mau membeli produk/jasa yang ditawarkan. Pun selepas masa transaksi masih ada upaya-upaya pendekatan agar konsumen tetap setia memakai layanan brand yang sama.

Inilah mengapa acquisition customer sangat penting bagi setiap bisnis. Dari sinilah Anda bisa mendapatkan peluang transaksi sekaligus omset bisnis sebesar-besarnya. Perusahaan yang mampu menguasai pasar juga berpeluang memperoleh dana investasi modal dari beragam investor nantinya.

Perbedaan Customer Acquisition dan Lead Generation

Strategi acquisition customer memang sepintas tampak mirip dengan lead generation. Keduanya sama-sama berfungsi menarik konsumen baru sekaligus meyakinkan mereka agar mau mencoba layanan suatu brand. Targetnya pun sama, yakni orang-orang yang belum pernah menggunakan produk bisnis Anda.

Namun acquisition customer dan lead generation menduduki posisi yang berbeda dalam funnel marketing. Lead generation berada di puncak funnel, kemudian disertai oleh lead acquisition dan lead conversion. Sementara akuisisi konsumen justru mewakili seluruh funnel marketing secara utuh.

Aktivitas lead generation juga terbatas pada proses pendekatan brand demi mengetahui minat target konsumen terhadap suatu produk/jasa. Sedangkan consumer acquisition mengawali tindakannya dengan mendapatkan leads, baru kemudian menjaga target agar tetap menjadi konsumen setia brand.

Artikel terkait  7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!

Manfaat Customer Acquisition bagi Bisnis Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat consumer acquisition adalah mengubah target pembeli potensial menjadi konsumen sungguhan. Namun adakah manfaat lain dari strategi marketing ini bagi perusahaan kita?

Jawabannya tentu saja ‘iya’. Ada cukup banyak manfaat positif yang dibawa oleh strategi akuisisi konsumen ini bagi perusahaan Anda, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan angka penjualan sekaligus omset bisnis per hari.
  • Memaksimalkan brand awarenessperusahaan di masyarakat.
  • Mendapatkan lebih banyak popularitas dan orang-orang yang merekomendasikan brand Anda.
  • Mendatangkan lebih banyak orang yang mengecek seluruh produk dan layanan Anda.
  • Memperbesar peluang bisnis memperoleh investor.
  • Menarik peluang kerjasama dengan perusahaan lain atau influencer.
  • Mendatangkan konsumen secara organik (natural; dengan sendirinya).
  • Lebih mudah mempertahankan konsumen setia.
Artikel terkait  Panduan Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

7 Contoh Strategi Customer Acquisition Bisnis

customer acquisition

Kita sudah melihat definisi dan manfaat akuisisi konsumen bagi perkembangan usaha. Lantas seperti apa contoh nyata strategi consumer acquisition?

Nyatanya pun ada banyak contoh acquisition customer sederhana yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Penerapan SEO sejatinya merupakan salah satu strategi acquisition customer, lho! SEO adalah strategi optimalisasi konten website dan blog agar situs kita bisa menduduki peringkat satu di mesin pencari (seperti Google, Bing dan Yahoo).

SEO pun membantu perusahaan menghadirkan beragam konten terbaik dan tepat sesuai selera audiens. Alhasil nama brand Anda akan lebih terkenal serta kebanjiran pengunjung setiap harinya.

2. Marketing Konten

Berikutnya ada strategi marketing konten. Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan metode pemasaran satu ini.

Ya, content marketing adalah upaya pemasaran paling gencar di abad ini akibat dukungan perkembangan media sosial yang kuat. Setiap hari orang-orang menyimak beragam jenis konten untuk menambah wawasan, mengetahui kabar terbaru, atau sekadar mencari hiburan saja.

Begitu juga dengan memperoleh info terkait sebuah produk/jasa. Banyak calon konsumen yang sukses terpikat dengan sebuah brand berkat konten-konten menarik yang berseliweran di internet. Jadi bisa dibilang bahwa content marketing merupakan contoh consumer acquisition yang paling efektif.

3. PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click (PPC) adalah iklan online yang biasa tersemat di situs-situs populer ber-traffic tinggi. Anda bisa menemukannya dalam suatu artikel atau web page. Jika di klik, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman penawaran yang diiklankan.

Meski tidak seefektif SEO dan content marketing, iklan PPC tetap bisa digunakan untuk menjaring beberapa konsumen ke toko online Anda. Strategi acquisition ini cocok bagi Anda yang mempunyai website atau blog yang ramai dibaca.

4. Email Marketing

Banyak perusahaan telah membuktikan bahwa email marketing cukup ampuh dalam menggaet konsumen-konsumen baru. Ini karena sifat email marketing sendiri yang fokus menawarkan item sesuai selera konsumen.

Alhasil konten iklan Anda tidak akan gampang di-skip audiens. Mereka justru akan bersemangat dan penasaran menyimak isi iklan sampai tuntas. Namun Anda juga tetap harus memperhatikan cara membuat email marketing yang benar agar iklan berhasil menggugah emosi konsumen.

5. Iklan Offline

Siapa bilang iklan-iklan tradisional (offline) tidak bisa meyakinkan seseorang untuk mencoba produk Anda?

Justru iklan offline mempunyai daya jangkau lebih luas dibandingkan sosial media. Ia mampu menyasar semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali, mulai dari Gen Z yang aktif di medsos hingga orang tua dan warga di pedesaan.

Memang tidak selamanya target konsumen kita mencari informasi di internet. Maka dari itu ada baiknya untuk ikut memasang iklan offline demi memaksimalkan peluang transaksi.

6. Sosial Media Marketing

Contoh strategi acquisition konsumen ini sejatinya masih berkaitan dengan metode marketing konten. Jika content marketing adalah “isi”-nya, maka sosmed marketing merupakan “wadah” tempat persebaran konten. Oleh sebab itu pemakaian keduanya harus dipadukan demi meraih hasil akhir yang optimal.

Ada dua jenis metode sosmed marketing yang biasa digunakan brand-brand, yakni organik dan anorganik. Pemasaran organik dilakukan secara alami, 100% mengandalkan keefektifan konten. Semisal Anda berhasil mendapatkan 100 followers baru dari suatu postingan yang viral.

Sementara pemasaran anorganik adalah sebaliknya. Anda membayar jasa iklan di sosmed untuk mempromosikan konten brand. Postingan berbayar biasanya dilabeli dengan tag “sponsored”.

7. Event Bisnis

Jenis strategi consumer acquisition yang terakhir adalah melalui event-event bisnis, baik yang online maupun offline. Cukup selenggarakan acara-acara yang sekiranya bermanfaat bagi publik. Contohnya seperti pelatihan bersertifikat, webinar, pameran atau event jalan santai.

Acara-acara yang bermanfaat dan menghibur dijamin lebih mudah menjaring perhatian masyarakat. Tak lupa, nama brand Anda pun pada akhirnya akan ikut mencuat terkenal di masyarakat.

Artikel terkait  Buzz Marketing | Definisi, Jenis, Contoh | Panduan Lengkap

6 Strategi Customer Acquisition yang Efektif untuk Pemula

Sekarang tibalah waktunya untuk langsung mencoba strategi acquisition customer di perusahaan sendiri! Tidak perlu bingung sebab metode marketing ini cukup mudah dilakukan, bahkan bagi para pemula.

Yuk langsung simak dan catat 6 strategi khusus untuk mengakuisisi calon konsumen Anda berikut ini:

1. Membuat Target Pasar yang Tepat

Langkah pertama dari melaksanakan akuisisi konsumen yang sukses adalah menetapkan target pasar yang tepat. Sebab secanggih apapun strategi marketing Anda, tetap akan sia-sia jika target audiensnya tidak tepat.

Anda perlu mengetahui sejumlah informasi terkait konsumen sebelum mendekati mereka. Mulai dari karakteristik pembeli potensial, minat dan kebutuhan mereka, platform terbaik yang sering mereka simak, hingga ke konsep pemasaran dan biayanya.

Misalnya bisnis Anda bergerak di bidang skincare remaja. Jadi Anda bisa memperkirakan bahwa target audiens utama adalah anak-anak perempuan remaja usia sekolah.

Lalu platform terbaik untuk mempromosikan produk adalah sosial media, mengingat banyak remaja gemar mengekspresikan diri di sosmed. Tak lupa, harga produk pun sebaiknya menyesuaikan dengan kantong pelajar agar produk Anda bisa mudah terbeli.

2. Mengedepankan Kefleksibilitasan Strategi

Sebagian besar marketer profesional meyakini bahwa salah satu ciri consumer acquisition yang baik adalah bersifat fleksibel. Fleksibilitas merupakan hal yang penting karena pola kehidupan masyarakat sering gampang berubah; mulai dari tren, lifestyle, selera dan seterusnya.

Maka dari itu pastikan rancangan acquisition Anda bisa dengan mudah beradaptasi dengan tren-tren terbaru, ya!

3. Menggunakan Beragam Media

Mengombinasikan beragam media pemasaran terbukti mampu meningkatkan peluang keberhasilan marketing acquisition. Faktanya, seseorang tidak cuma mengecek satu platform untuk mendapatkan sebuah informasi.

Ambil contoh target konsumen remaja yang sudah dijelaskan sebelumnya. Seorang remaja pun kerap mengecek website, email dan iklan-iklan offline di sekitarnya selain sosial media.

Jika Anda memaksimalkan penayangan iklan di beragam platform, otomatis makin besar pula peluang target konsumen melihat penawaran Anda.

4. Menumbuhkan Engagement

Tips penting lainnya saat menjalankan acquisition customer adalah rutin menumbuhkan engagement (interaksi) dengan target pasar. Interaksi tersebut bisa berupa pembalasan pesan, komentar, atau memposting konten UGC buatan audiens ke platform kita.

Brand yang aktif membaur pun dinilai lebih ramah dan pengertian di mata para konsumennya. Dari sini Anda bisa dengan mudah membangun rasa loyalitas yang memotivasi konsumen berbelanja di toko Anda.

5. Menggunakan Marketing Acquisition Tools

Permudah implementasi strategi acquisition Anda dengan memakai beragam tools marketing. Dalam hal ini, terdapat cukup banyak tools yang bisa Anda coba. Contohnya seperti kode referral, customer loyalty, user generated content, word of mouth dan social proof.

Semua tool tersebut dikembangkan dan berorientasi langsung pada konsumen. Alhasil nilai efektivitasnya cukup tinggi untuk menarik calon pembeli baru.

6. Berorientasi pada Jangka Panjang

Terakhir, rancanglah strategi acquisition Anda untuk proses jangka panjang. Aktivitas marketing ini memang harus terus-menerus dilakukan demi menjaga keberlangsungan usaha.

Terkadang pun hasilnya tidak instan. Dibutuhkan waktu agar rasa kepercayaan konsumen tumbuh, lalu mereka mau berdatangan mencoba produk/jasa Anda. Jadi jangan mudah menyerah dan selalu lakukan evaluasi berkala guna mengetahui sudah sejauh apa bisnis Anda melangkah.

Itulah dia pembahasan lengkap terkait acquisition customer. Sekarang Anda sudah siap untuk mempraktekkan tips-tips di atas demi memaksimalkan jumlah kedatangan pembeli ke toko Anda. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak ulasan strategi marketing bermanfaat setiap hari hanya di MARKEY. Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Playstore dan Appstore untuk baca gratis artikel-artikel terbarunya. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya