Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 29

10 Contoh Inovasi Produk Ramah Lingkungan yang Inspiratif!

0
contoh inovasi produk ramah lingkungan

Kebutuhan akan produk ramah lingkungan semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam untuk masa depan. Inovasi dalam produk ramah lingkungan sangat penting untuk mengurangi dampak negatif yang dihasilkan oleh konsumsi manusia. Dalam artikel kali ini kita akan memberikan daftar lengkap 10 contoh inovasi produk ramah lingkungan yang inspiratif dan dapat menjadi solusi bagi bisnis dan kehidupan yang lebih berkelanjutan.

10 Contoh Inovasi Produk Ramah Lingkungan Terbaik

contoh inovasi produk ramah lingkungan

Produk-produk ramah lingkungan ini dihasilkan dari proses inovasi yang mengedepankan kepentingan untuk menjaga lingkungan serta sumber daya. Berbagai produk ini mencerminkan komitmen para inovator dan pengusaha dalam menciptakan solusi ramah lingkungan yang efisien dan efektif. Berikut adalah 10 contoh inovasi produk ramah lingkungan terbaik yang patut dicontoh.

1. Tumbler bambu

Contoh inovasi produk ramah lingkungan yang pertama adalah tumbler bambu. Produk ini  menjadi alternatif untuk botol minum plastik sekali pakai yang seringkali menjadi penyumbang sampah terbanyak. Bambu sendiri dikenal sebagai sumber daya yang dapat tumbuh cepat dan dapat diperbaharui, sehingga penggunaan bahan bambu untuk tumbler menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengurangi dampak dari plastik. Selain itu, tumbler bambu juga memiliki daya tahan yang baik, serta aman dan mudah digunakan berulang kali.

2. Detergen strip ramah lingkungan

Deterjen dengan bentuk strip tipis menjadi sebuah contoh inovasi produk ramah lingkungan yang dapat menggantikan deterjen cair atau bubuk yang umum digunakan. Strip yang terbuat dari polivinil alcohol (PVA) ini mudah larut dalam air, memiliki efek pembersihan yang sangat baik, dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari lingkungan. Selain itu, kemasan strip detergen ini lebih ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik.

3. Piring jerami gandum

Penggunaan piring plastik dilihat sebagai suatu ancaman untuk lingkungan karena sifat alami plastik yang sangat sulit terurai. Dengan keadaan tersebut, Piring jerami gandum menjadi contoh inovasi produk ramah lingkungan yang dapat menggantikannya untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Piring ini terbuat dari jerami gandum yang merupakan limbah pertanian yang mudah diperoleh. Piring jerami gandum ini dapat terurai secara alami dengan cepat dan tidak merusak lingkungan.

4. Wadah makanan bioplastik

Wadah makanan yang kita ketahui biasanya akan terbuat dari plastik, namun saat ini wadah makanan bioplastik menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Bioplastik terbuat dari bahan alami yang dapat terurai dalam waktu relatif singkat, sehingga mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Wadah makanan ini juga tahan panas dan dapat digunakan berulang kali dalam berbagai kondisi.

5. Sabun bebas karbon

Sabun menjadi alat kebersihan yang paling mudah ditemukan dan paling ekonomis. Tetapi dibalik itu ada dampak besar yang bisa disebabkan dari proses produksinya  yaitu pencemaran. Oleh karena itu, sabun bebas karbon menjadi inovasi produk kebersihan yang dapat  mengurangi emisi karbon dalam proses produksinya. Sabun ini menggunakan bahan-bahan alami dan proses yang ramah lingkungan untuk menghasilkan sabun yang efektif dan aman untuk digunakan.

6. Sedotan stainless steel

contoh inovasi produk ramah lingkungan

Pernahkah Anda memperhatikan sedotan di cafe-cafe kekinian? Kini sedotan plastik yang biasa digunakan telah digantikan dengan sedotan stainless steel untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Sedotan ini dapat digunakan berulang kali dan mudah dibersihkan sehingga mengurangi konsumsi plastik sekali pakai. Selain itu, sedotan stainless steel juga aman digunakan dan tidak mengubah rasa minuman.

7. Pencuci piring dari sabut kelapa

Sabut kelapa dikenal sebagai bahan serbaguna yang bisa dibuat menjadi apapun, salah satunya adalah pencuci piring dari sabut kelapa untuk menggantikan penggunaan spons sintetis. Sabut kelapa merupakan bahan alami yang mudah diperoleh dan memiliki daya serap dan gosok yang baik. Dengan menggunakan bahan alami berupa sabut kelapa, pencuci piring ini menjadi biodegradable yang  tidak mencemari lingkungan.

8. Dompet kertas daur ulang

Dompet kertas daur ulang adalah inovasi yang menggantikan dompet kulit atau plastik dengan menggunakan kertas daur ulang yang ramah lingkungan. Dompet ini memiliki desain yang menarik dan unik, serta cukup kuat untuk menampung barang-barang Anda. Dengan menggunakan dompet kertas daur ulang, Anda turut berkontribusi dalam mengurangi penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan.

9. Serbet katun

Serbet katun merupakan pilihan ramah lingkungan untuk menggantikan serbet sekali pakai yang seringkali mencemari lingkungan. Serbet katun dapat digunakan berulang kali dan mudah dicuci, sehingga mengurangi konsumsi bahan sekali pakai. Selain itu, serbet katun juga lebih nyaman digunakan dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit.

10. Bola pengering berbahan wol

Contoh Inovasi produk ramah lingkungan yang terakhir adalah Bola pengering berbahan wol. bola ini dapat menggantikan penggunaan lembaran pelembut atau pengering pakaian yang mengandung bahan kimia. Bola pengering ini terbuat dari wol alami yang dapat mengurangi waktu pengeringan pakaian. Selain itu, bola pengering wol juga dapat digunakan berulang kali, sehingga mengurangi penggunaan bahan kimia dan limbah.

Kesimpulan

Itu dia 10 contoh Inovasi produk ramah lingkungan yang bisa dicoba sebagai peluang bisnis. Berbagai produk yang telah dijelaskan diatas merupakan contoh nyata dari inovasi yang mengedepankan kepentingan untuk menjaga  lingkungan dan mengurangi dampak negatif yang dihasilkan oleh konsumsi manusia. Selain itu contoh di atas juga dapat dijadikan inspirasi produk untuk bisnis. Semoga bermanfaat!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Kenali Indikator Inovasi Produk Untuk Ciptakan Hal Baru

0
indikator inovasi produk

Inovasi produk menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan suatu bisnis pada perusahaan. Dalam dunia yang terus berubah dan berkembang, kebutuhan konsumen pun semakin meningkat seiring waktu, sehingga perusahaan harus selalu berinovasi untuk menciptakan produk yang lebih baik dan menarik untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Pada artikel ini akan dibahas apa itu inovasi produk, ciri-ciri inovasi produk yang baik, jenis-jenis inovasi produk, dan indikator inovasi produk yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis. Yuk simak selengkapnya sekarang juga!

Apa Itu Inovasi Produk

indikator inovasi produk

Inovasi produk adalah sebuah proses penciptaan atau pengembangan produk atau layanan baru yang membedakan produk tersebut dari produk atau layanan yang sudah ada. Proses ini mencakup penelitian, desain, pengujian, dan promosi yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah bagi konsumen demi meraih keuntungan yang lebih besar untuk bisnis.

Inovasi produk tidak hanya terbatas pada penciptaan produk baru, tetapi juga termasuk perubahan dan penyempurnaan pada produk yang sudah ada. Perubahan ini bisa mencakup peningkatan fitur, desain, atau teknologi yang digunakan dalam produk tersebut, sehingga lebih memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Ciri-ciri Inovasi Produk yang Baik

Inovasi produk yang baik memiliki beberapa ciri khas. Berikut beberapa ciri-ciri inovasi produk yang baik yang wajib diketahui:.

1. Memiliki ciri khas

Inovasi produk yang baik harus memiliki ciri khas yang membedakannya dari produk-produk lain yang ada di pasaran. Ciri khas ini bisa berupa peningkatan fitur, pembaruan desain, atau penambahan teknologi yang unik dan tidak dimiliki oleh produk lain.

Ciri khas yang dimiliki oleh produk inovatif akan membuat produk tersebut lebih menarik bagi konsumen dan meningkatkan daya saing dari perusahaan di pasar. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk selalu menciptakan inovasi produk yang memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri.

2. Memiliki unsur kebaruan

Unsur kebaruan adalah salah satu komponen penting dalam inovasi produk. Produk yang inovatif harus menawarkan sesuatu yang baru pada beberapa maupun keseluruhan produk tersebut. Unsur ini akan membuat produk baru menjadi lebih menarik dan unik di mata konsumen.

Saat ini, konsumen cenderung akan lebih tertarik dengan produk yang menawarkan solusi baru dan lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. Jadi dengan adanya inovasi, daya saing perusahaan di pasar akan semakin meningkat.

3. Terencana dengan baik

Inovasi produk yang baik juga harus direncanakan dengan baik dan matang. Proses ini melibatkan banyak hal seperti penelitian pasar, analisis kebutuhan konsumen, pengembangan konsep, desain, pengujian, dan promosi. Perencanaan yang baik akan memastikan produk yang diciptakan memiliki potensi untuk bisa sukses di pasaran dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan.

Dengan adanya perencanaan yang matang, kesalahan dalam pengembangan produk dapat dihindari dan mengurangi risiko kegagalan dalam produksi. Selain itu, perencanaan yang baik juga dapat membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki secara efisien dan efektif.

Jenis-jenis Inovasi Produk

indikator inovasi produk

Ada beberapa jenis inovasi produk yang perlu diketahui oleh para pebisnis untuk memaksimalkan inovasi yang dilakukan. Berikut ulasan jenis-jenis dari inovasi produk yang dapat digunakan:

1. Penemuan

Jenis inovasi produk yang pertama adalah Penemuan. Jenis ini menekankan pada penciptaan produk atau layanan baru yang benar-benar orisinil buatan sendiri dan belum pernah ada sebelumnya baik di pasaran maupun dibuat oleh perusahaan lainnya. Proses ini melibatkan proses yang panjang mulai dari riset hingga pengembangan yang intensif yang memerlukan keahlian tinggi. Penemuan yang inovatif dan unik seringkali menciptakan pasar baru dan mengubah cara konsumen memenuhi kebutuhan mereka dengan pilihan yang lebih beragam.

2. Pengembangan

Jika perusahaan telah memiliki produk yang dipasarkan, maka pengembangan dapat menjadi pilihan untuk melakukan inovasi. Proses ini akan menyempurnakan atau memperbaiki produk atau layanan yang sudah ada. Inovasi jenis ini mungkin tidak menciptakan sesuatu yang sepenuhnya baru dan orisinil, tetapi nilai pada produk yang ada sebelumnya akan bertambah dan meningkat dengan adanya pengembangan yang menawarkan fitur baru, desain yang lebih menarik, atau teknologi yang lebih canggih.

3. Duplikasi

Apakah anda sering mendengar istilah copy paste? Jenis inovasi produk yang ketiga ini berhubungan dengan istilah tersebut Duplikasi adalah proses pengaplikasian dari ide, teknologi, atau fitur yang sudah ada dalam produk baru. Inovasi jenis ini tidak menciptakan produk baru, tetapi menerapkan ide atau teknologi yang sudah ada pada produk yang berbeda. Dengan jenis ini, perusahaan dapat masuk ke pasar yang baru dengan produk yang serupa.

4. Sintesis

Jenis Inovasi produk yang terakhir adalah Sintesis. Inovasi jenis ini merupakan kombinasi dari beberapa ide, teknologi, atau fitur yang sudah ada untuk menciptakan produk baru yang lebih unik dan orisinil. Inovasi ini melibatkan proses integrasi atau penyatuan dari berbagai elemen yang ada untuk menciptakan produk yang lebih baik dan menawarkan solusi yang lebih baik bagi kebutuhan konsumen.

Indikator Inovasi Produk yang Wajib Diketahui

Untuk menilai dan mengukur keberhasilan dari inovasi produk, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan setiap perusahaan. Berikut Indikator inovasi produk yang menjadi cerminan nilai kesuksesan produk:

1. Keunggulan Relatif

Setiap produk di pasaran memiliki perbedaan pada berbagai lini untuk menciptakan persaingan antar perusahaan. Dengan adanya perbedaan tersebut, indikator inovasi produk yang pertama adalah sejauh mana keunggulan produk yang baru dibandingkan dengan produk atau layanan yang ada sebelumnya. Keunggulan tersebut dapat diukur dari berbagai aspek, seperti kualitas, harga, atau fitur yang ditawarkan. Produk yang memiliki keunggulan relatif yang tinggi akan lebih mudah diterima dan sukses di pasar.

2. Kompatibilitas

Suatu produk dibuat untuk memenuhi dan menyesuaikan segala keinginan konsumen. Indikator Inovasi produk akan dikatakan sukses jika perubahan pada produk sesuai dengan nilai, kebutuhan, dan preferensi dari konsumen yang beragam. Produk yang bisa sesuai dengan segala kebutuhan akan lebih dicari oleh konsumen dengan peluang sukses jauh lebih tinggi.

3. Divisibilitas

Divisibilitas adalah indikator inovasi produk yang menilai kemampuan suatu produk untuk dapat dicoba oleh konsumen sebelum memutuskan untuk mengadopsinya secara penuh. Produk yang memiliki divisibilitas tinggi akan memudahkan konsumen untuk menilai kelebihannya dibanding produk lainnya, sehingga lebih mudah diterima oleh konsumen.

4. Komunikabilitas

Indikator Inovasi produk yang terakhir adalah kemampuan suatu produk untuk dikomunikasikan atau dijelaskan kepada konsumen. Produk yang mudah untuk dijelaskan dan dipahami oleh konsumen akan lebih mudah diterima dan diadopsi. Komunikasi yang baik dari suatu produk juga mempengaruhi efektivitas strategi promosi dan pemasaran dari produk tersebut.

Rangkuman

Itulah dia ulasan lengkap mengenai Inovasi produk mulai dari pengertian, ciri-ciri inovasi produk yang baik, jenis inovasi produk dan indikator dari inovasi produk. Inovasi produk merupakan aspek penting dalam menjaga daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif sehingga diperlukan indikator untuk mengukur keberhasilannya. Dengan memahami indikator-indikator inovasi produk tersebut, perusahaan dapat lebih mudah menciptakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Semoga bermanfaat!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Digital Marketing Plan : Arti, Tujuan, Hingga Cara Buatnya

0
digital marketing plan

Di era digital saat ini, pemasaran telah mengalami transformasi yang signifikan. Konsumen semakin bergantung pada teknologi dan media digital dalam membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk memahami bagaimana merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif dalam dunia digital dengan menggunakan digital marketing plan.

 Artikel ini akan membahas tentang arti, tujuan, dan cara membuat digital marketing plan yang efektif.  Yuk langsung saja simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Digital Marketing Plan?

digital marketing plan

Digital marketing plan adalah rancangan strategi untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan melalui saluran digital seperti media sosial, email marketing, search engine optimization (SEO), dan pay-per-click advertising (PPC). Dalam strategi pemasaran ini, perusahaan menentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan mereka, seperti meningkatkan penjualan, menciptakan brand awareness, atau meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Rencana pemasaran ini berfungsi sebagai panduan bagi perusahaan untuk menavigasi dunia pemasaran digital yang kompleks dan selalu berubah. Dengan memiliki rencana yang jelas dan terperinci, perusahaan dapat mengoptimalkan upaya pemasaran mereka untuk mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, rencana pemasaran ini membantu perusahaan untuk tetap fokus pada tujuan mereka dan mengukur kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut.

Tujuan Digital Marketing Plan

Tujuan utama digital marketing plan adalah menyediakan kerangka kerja yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis melalui pemasaran digital. Rencana ini harus mencakup strategi, taktik, dan alat yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa tujuan umum dari strategi ini adalah peningkatan penjualan, peningkatan brand awareness, dan peningkatan keterlibatan pelanggan.

Selain itu, rencana pemasaran digital juga bertujuan untuk membantu perusahaan mengidentifikasi peluang dan ancaman dalam lingkungan digital. Dengan memahami faktor-faktor ini, perusahaan dapat menyesuaikan strategi untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada. Dengan demikian, strategi ini dapat membantu perusahaan untuk lebih fleksibel dan tangguh dalam menghadapi perubahan dalam pemasaran digital.

Cara Membuat Digital Marketing Plan

Membuat rencana pemasaran digital melibatkan langkah-langkah yang sistematis untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki strategi yang efektif dan efisien. Berikut adalah proses yang direkomendasikan untuk membuat digital marketing plan yang sukses:

1. Tentukan tujuan bisnis Anda

Sebelum membuat digital marketing plan, penting untuk menentukan tujuan bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, menciptakan kesadaran merek, atau meningkatkan keterlibatan pelanggan? Dengan menentukan tujuan bisnis yang tepat, Anda dapat merancang strategi pemasaran digital terbaik yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Setelah menentukan tujuan bisnis Anda, tentukan tujuan pemasaran digital yang spesifik dan dapat diukur untuk mendukung tujuan bisnis tersebut. Misalnya, jika tujuan bisnis Anda adalah meningkatkan penjualan, maka tujuan pemasaran digital Anda mungkin termasuk peningkatan konversi, peningkatan jumlah pengunjung situs web, atau peningkatan jumlah tayangan iklan. Dengan menetapkan tujuan pemasaran digital yang jelas, Anda dapat mengukur kemajuan dan mengevaluasi efektivitas strategi Anda.

2. Menentukan segmentasi audiens melalui buyer persona

Segmentasi audiens adalah langkah penting untuk membuat digital marketing plan yang efektif. Dengan memahami siapa target audiens Anda, Anda dapat merancang strategi dan taktik yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan preferensi mereka. Untuk mengetahui segmentasi tersebut, buat buyer persona dari pelanggan potensial Anda, yang mencakup informasi demografis, perilaku, dan psikografis.

Setelah membuat buyer persona, identifikasi saluran komunikasi dan jenis konten yang paling sesuai untuk menjangkau mereka. Misalnya, jika target audiens Anda adalah generasi muda, Anda mungkin ingin fokus pada media sosial dan video marketing. Dengan menyesuaikan strategi pemasaran Anda dengan preferensi audiens Anda, Anda akan lebih cepat untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

3. Melakukan analisis pangsa pasar

Analisis pangsa pasar melibatkan penelitian tentang ukuran pasar, tren, dan pesaing dalam industri Anda. Dengan memahami dinamika pasar, Anda dapat mengidentifikasi peluang dan menilai efektifitas strategi pemasaran Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Analisis pangsa pasar juga akan membantu Anda mengidentifikasi segmen pasar yang belum dijelajahi, yang dapat menjadi target untuk kampanye pemasaran Anda.

Untuk melakukan analisis pangsa pasar, Anda bisa menggunakan data statistik, laporan industri, atau survei konsumen. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan demografis, perubahan teknologi, dan perubahan kebijakan yang mungkin mempengaruhi pasar Anda.

4. Lakukan analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik untuk mengidentifikasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang dihadapi perusahaan Anda dalam konteks pemasaran digital. Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat memahami posisi perusahaan Anda dalam pasar dan mengembangkan strategi yang tepat dengan memanfaatkan kekuatan Anda dan mengatasi kelemahan Anda.

Ketika melakukan analisis SWOT, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti tren pasar, perubahan teknologi, dan aktivitas pesaing, serta faktor-faktor internal seperti sumber daya perusahaan, keterampilan tim, dan kapabilitas teknologi. Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.

5. Menghitung Anggaran

Anggaran adalah bagian penting dari digital marketing plan, karena dapat menentukan seberapa banyak sumber daya yang dapat dialokasikan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda. Untuk menghitung anggaran, pertimbangkan biaya yang terkait dengan strategi dan taktik pemasaran digital, seperti biaya periklanan, biaya platform, biaya konten, dan biaya analisis.

Setelah menghitung anggaran, pastikan untuk membagi anggaran tersebut ke dalam berbagai saluran dan inisiatif pemasaran yang Anda rencanakan. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran Anda dan memastikan bahwa sumber daya Anda dialokasikan dengan cara yang paling efisien.

6. Tentukan saluran digital Anda

Setelah menentukan tujuan, audiens, dan anggaran Anda, langkah selanjutnya adalah memilih saluran digital yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda. Saluran digital yang umum meliputi media sosial, email marketing, SEO, PPC, dan content marketing. Pilih saluran yang paling sesuai dengan tujuan dan audiens Anda, dan pastikan untuk menyesuaikan strategi Anda untuk masing-masing saluran.

Ketika memilih saluran digital, penting untuk mempertimbangkan bagaimana saluran tersebut akan bekerja sama untuk mencapai tujuan Anda. Misalnya, Anda mungkin menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, sementara menggunakan email marketing untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Dengan mengintegrasikan saluran Anda, Anda dapat menciptakan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan koheren.

7. Kembangkan strategi dan teknik digital marketing Anda

Dengan semua informasi diatas, Anda siap mengembangkan strategi dan teknik pemasaran digital Anda. Ini mencakup perencanaan konten, penentuan waktu, dan penggunaan alat dan teknologi yang mendukung upaya pemasaran Anda.

Pastikan untuk merancang strategi yang fleksibel dan adaptif, yang dapat berevolusi seiring berjalannya waktu dan perubahan dalam tren dan teknologi. Selain itu, pastikan untuk menguji dan mengoptimalkan strategi Anda secara berkala untuk memastikan efektivitasnya.

8. Buat kalender marketing Anda

Kalender marketing adalah alat untuk mengatur dan melacak kegiatan pemasaran Anda. Dengan membuat kalender marketing, Anda dapat memastikan bahwa kegiatan pemasaran Anda dijadwalkan dan disinkronisasikan dengan baik dan konsisten.

Sertakan tanggal peluncuran kampanye, batas waktu untuk pembuatan konten, dan jadwal posting di berbagai saluran pada kalender marketing. Pastikan untuk memperbarui kalender Anda secara berkala untuk mengetahui perubahan dalam strategi atau prioritas.

9. Ukur hasil dan KPI

Untuk memastikan keberhasilan digital marketing plan, penting untuk mengukur hasil dan KPI (Key Performance Indicators) secara teratur. KPI mencakup metrik seperti jumlah pengunjung situs web, tingkat konversi, jumlah tayangan iklan, atau jumlah pengikut di media sosial.

Dengan memantau KPI ini, Anda dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan mengoptimalkan strategi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik. Selain itu, mengukur hasil juga membantu Anda menilai ROI (Return on Investment) dari upaya pemasaran Anda, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang alokasi sumber daya di masa depan.

Tips Penting Membuat Digital Marketing Plan

digital marketing plan

Berikut adalah beberapa tips penting yang wajib diingat dalam membuat digital marketing plan yang sukses:

1. Perhatikan tren pasar dan teknologi

Pemasaran digital adalah bidang yang selalu berubah, dengan tren dan teknologi baru yang terus bermunculan. Penting untuk tetap mengikuti tren dan mengadaptasi strategi Anda sesuai kebutuhan. Dengan mengikuti tren pasar dan teknologi, Anda akan mampu bersaing dalam lingkungan yang dinamis dan strategi Anda akan tetap relevan.

2. Gunakan alat analisis pemasaran digital

Alat analisis pemasaran digital dapat membantu Anda mengumpulkan data, mengukur hasil, dan mengoptimalkan strategi. Beberapa alat analisis yang umum digunakan adalah Google Analytics, SEMrush, dan HubSpot. Dengan menggunakan alat analisis ini, Anda akan mampu mengukur efektivitas kampanye Anda dan membuat keputusan berdasarkan data.

3. Konsisten dalam merek dan pesan

Konsistensi merek dan pesan adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Pastikan bahwa semua elemen pemasaran Anda konsisten di seluruh saluran dan kampanye. Dengan menjaga konsistensi ini, Anda akan menciptakan identitas merek yang kuat dan memudahkan pelanggan untuk mengenali dan mengingat merek Anda.

4. Gunakan konten yang relevan

Konten yang relevan dan berkualitas tinggi adalah fondasi dari pemasaran digital yang efektif. Pastikan untuk membuat konten yang sesuai kebutuhan dan minat audiens Anda, serta konten yang dapat membedakan merek Anda dari pesaing. Dengan menggunakan konten yang relevan, Anda dapat menarik perhatian dan mempertahankan audiens Anda dengan lebih mudah.

5. Fokus pada kualitas daripada kuantitas

Setelah membuat konten yang relevan, fokus pada kualitas daripada kuantitas adalah pendekatan yang lebih efektif dalam jangka panjang. Konten yang relevan dan menarik akan lebih mudah menarik perhatian dan mendorong keterlibatan audiens daripada konten yang diproduksi dalam jumlah besar tetapi kurang menarik.

Kesimpulan

Digital marketing plan adalah alat yang penting untuk membantu perusahaan merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif dalam dunia digital. Dengan menentukan tujuan bisnis, mengidentifikasi audiens, menghitung anggaran, dan mengembangkan strategi dan teknik pemasaran yang tepat, Anda akan lebih mudah mencapai tujuan pemasaran Anda dan meningkatkan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan tren pasar dan teknologi, menggunakan alat analisis yang tepat, menjaga konsistensi merek dan pesan, dan fokus pada kualitas daripada kuantitas. Dengan mengikuti tips ini dan mengintegrasikannya ke dalam rencana pemasaran digital, Anda dapat mengoptimalkan pemasaran Anda. Jadi, mulailah merancang digital marketing plan Anda hari ini dan siapkan diri untuk kesuksesan dalam dunia pemasaran digital!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Brand Promise : Definisi, Cara Membangun, dan Contohnya

0
brand promise

Brand promise merupakan elemen penting dalam dunia bisnis yang membantu menciptakan citra merek yang kuat dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Sebuah janji merek yang baik dapat membantu perusahaan meningkatkan nilai merek dan menciptakan keunggulan kompetitif atas merek yang lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu brand promise, ciri-ciri janji merek yang baik, cara membangun agar efektif, dan contohnya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Brand Promise?

brand promise

Brand promise adalah komitmen yang diberikan oleh suatu merek kepada pelanggannya mengenai apa yang diharapkan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan produk atau layanan tersebut. Ini adalah janji yang menunjukkan nilai dan manfaat yang akan diterima oleh pelanggan ketika mereka memilih merek Anda daripada pesaing.

Secara singkat, janji merek adalah jaminan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya tentang apa yang akan mereka rasakan dan dapatkan jika mereka memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan dari merek tersebut.

Ciri-ciri Brand Promise yang Baik

Sebuah brand promise yang baik harus memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya efektif dan mudah diingat oleh pelanggan.

1. Simple

Ciri yang pertama adalah janji merek harus sederhana dan mudah dimengerti oleh konsumen. Hal ini penting agar pesan yang ingin disampaikan mudah diserap oleh audiens. Sebuah brand promise yang sederhana dan jelas akan membantu pelanggan mengingat merek Anda dan meningkatkan kesetiaan mereka.

2. Consistent

Konsistensi merupakan kunci utama dalam menjaga kepercayaan pelanggan. Brand promise harus konsisten dalam semua elemen komunikasi merek, seperti iklan, packaging, dan interaksi pelanggan. Konsistensi ini akan membantu pelanggan untuk mengidentifikasi merek Anda dengan mudah dan menciptakan kesan yang kuat.

3. Indicative

Janji sebuah merek harus mencerminkan nilai-nilai inti merek dan menunjukkan apa yang membuat merek tersebut unik. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk memahami apa yang mereka dapatkan dari merek Anda dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.

4. Differentiating

Salah satu ciri penting dari brand promise yang baik adalah kemampuannya untuk membedakan merek Anda dari pesaing. Janji dari sebuah merek harus menunjukkan apa yang membuat produk atau layanan Anda berbeda dan lebih baik daripada yang lain, sehingga pelanggan lebih tertarik untuk memilih merek Anda.

5. Creates Value with Actionable Language

Janji merek yang baik harus menggunakan bahasa yang mudah diambil tindakan dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa diuntungkan dengan kehadiran merek Anda dan lebih cenderung untuk berlangganan produk atau layanan Anda.

6. Speaks to What Matters Most

Janji merek harus menjangkau hal-hal yang paling penting bagi pelanggan. Dengan mengetahui apa yang paling penting bagi pelanggan, Anda dapat menciptakan brand promise yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

7. Measurable

Ciri-ciri yang terakhir adalah harus bisa diukur dan dievaluasi. Hal ini penting agar perusahaan dapat mengevaluasi kinerja mereka dalam memenuhi janji merek dan membuat perbaikan yang diperlukan. Dengan cara ini, merek dapat terus berkembang dan memberikan nilai yang lebih baik bagi pelanggan.

Cara Membangun Brand Promise

brand promise

Untuk menciptakan brand promise yang efektif, Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek penting seperti memahami audiens Anda, memposisikan diri sebagai konsumen, dan menyampaikan pesan yang sederhana namun inspiratif.

1. Fokus pada Audiens Anda

Sebelum menentukan janji merek itu efektif atau tidak, Anda harus memahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka inginkan. Fokuslah pada kebutuhan dan harapan mereka untuk menciptakan sebuah janji merek yang sesuai dengan keinginan mereka.

2. Posisikan Diri sebagai Konsumen

Cobalah untuk melihat dari perspektif konsumen saat membuat brand promise. Pertanyakan diri Anda, apa yang akan Anda harapkan dari suatu merek dan apa yang akan membuat Anda tetap setia? Dengan memahami sudut pandang konsumen, Anda akan lebih mampu menciptakan janji yang menarik dan relevan untuk konsumen nantinya.

3. Buat Sesederhana Mungkin Tapi Inspiring

Sebuah janji merek yang baik harus sederhana, mudah diingat, dan inspiratif. Cobalah untuk menyampaikan pesan yang jelas dan singkat, namun tetap menarik dan mampu memotivasi pelanggan untuk memilih merek Anda.

Contoh Brand Promise

Sebuah janji merek yang efektif adalah yang mudah diingat, mampu menyampaikan nilai-nilai perusahaan, dan menciptakan emosi positif pada pelanggan. Berikut ini beberapa contoh brand promise yang telah sukses dalam menciptakan kesan yang kuat dan membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan mereka:

  1. Nike: “To bring inspiration and innovation to every athlete in the world.” Janji merek dari brand olahraga Nike menekankan pada inspirasi dan inovasi yang selalu mereka berikan pada setiap atlet di dunia. Dengan janji ini, Nike berkomitmen untuk menghasilkan produk dan layanan yang mendorong performa atletik dan meningkatkan motivasi individu.
  2. Apple: “Think Different.” Brand teknologi Apple menggunakan janji merek yang sangat singkat tetapi kuat untuk menggambarkan komitmen mereka terhadap inovasi dan desain. Merek ini dikenal karena menciptakan produk dengan desain unik dan teknologi yang revolusioner, dan janji merek yang mereka gunakan ini berhasil mencerminkan misi perusahaan tersebut dengan jelas.
  3. Coca-Cola: “To refresh the world, to inspire moments of optimism and happiness, and to create value and make a difference.” Coca-Cola adalah salah satu merek minuman terkenal di dunia, dan janji dari merek mereka mencerminkan janji mereka untuk menyegarkan dunia dengan minuman-minuman mereka, serta menginspirasi momen kebahagiaan dan optimisme.
  4. Amazon: “To be Earth’s most customer-centric company, where customers can find and discover anything they might want to buy online.” Janji merek dari brand Amazon menunjukkan komitmen mereka untuk senantiasa memposisikan kepentingan pelanggan di atas segalanya, serta menjadi tempat dimana pelanggan mereka dapat menemukan dan membeli apapun yang mereka inginkan secara online.

Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana sebuah janji merek yang efektif dapat menyampaikan nilai inti dari perusahaan sambil menunjukkan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan

Brand promise adalah komitmen yang diberikan oleh suatu merek kepada pelanggannya, mencerminkan nilai-nilai inti dan manfaat yang akan diterima pelanggan saat memilih merek tersebut. Untuk menciptakan sebuah janji merek yang efektif, pastikan pesan tersebut sederhana, konsisten, menunjukkan diferensiasi dengan merek lainnya, dan menciptakan nilai untuk pelanggan.

Dengan memahami apa yang diharapkan oleh pelanggan, memposisikan diri sebagai konsumen, dan menyampaikan pesan yang sederhana namun inspiratif, Anda akan mampu menciptakan janji merek yang kuat dan efektif. Janji merek yang berhasil akan meningkatkan loyalitas pelanggan, membedakan merek Anda dari pesaing, dan pada akhirnya meningkatkan keberhasilan bisnis Anda. Selamat mencoba!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

Employer Branding Adalah : 10 Tips Agar Karyawan Lebih Loyal

0
employer branding adalah

Employer branding adalah konsep pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan yang sangat penting. Bisnis-bisnis yang menerapkan employer branding terbukti mampu meraih angka produktivitas dua kali lebih tinggi daripada biasanya.

Semua bisnis yang sukses tidak pernah hanya berfokus pada pemasaran produk atau layanannya saja. Mereka juga pasti memikirkan kesejahteraan para karyawannya di kantor. Nah, employer branding adalah salah satu strategi pengelolaan karyawan yang banyak dimanfaatkan perusahaan terkenal masa kini.

Seperti apa itu employer branding dan cara penerapannya? Daripada penasaran, mari simak penjelasan selengkapnya tentang definisi, manfaat dan 10 kiat employer branding di bawah ini.

Pengertian Employer Branding Adalah

employer branding adalah

Apa itu employer branding? Employer branding adalah upaya-upaya dari perusahaan agar para pegawainya betah bekerja sekaligus semakin loyal pada brand. Perusahaan dituntut untuk menyediakan ruang kerja beserta fasilitas-fasilitas terbaik untuk memudahkan karyawan dalam menyelesaikan tugas masing-masing.

Ada juga yang mendefinisikan employer branding sebagai proses pembangunan image, citra dan reputasi brand sebaik mungkin di mata tenaga kerja. Tujuannya supaya brand Anda selalu menjadi incaran para pelamar kerja, baik yang fresh graduate maupun profesional.

Kehadiran employer branding inilah yang menjadikan masyarakat berlomba-lomba melamar ke sebuah perusahaan. Anda sendiri mungkin pernah bermimpi untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan yang terkenal berprestise tinggi. Fenomena tersebut memang nyatanya masih banyak terjadi sampai sekarang.

Namun kedua pengertian employer branding tersebut masih saling berkaitan karena sama-sama berfokus pada tenaga kerja atau SDM. Strategi employer branding terbukti sangat bermanfaat bagi brand, mulai dari proses pencarian tenaga kerja terbaik hingga mempertahankannya demi keberlangsungan usaha.

Perbedaan Employee Branding dan Employer Branding Adalah

Selain employer branding, ada juga konsep employee branding yang sama-sama berperan dalam pengelolaan SDM bisnis. Lantas apakah perbedaan di antara keduanya?

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak perbedaan employer branding dan employee branding dalam tabel berikut:

Aspek Employer Branding Employee Branding
Definisi Upaya pembangunan image brand di kalangan para pencari kerja/tenaga kerja produktif. Upaya penanaman visi, misi, cita-cita dan budaya perusahaan dalam diri karyawan.
Fokus Berfokus pada perusahaan. Berfokus pada diri karyawan.
Tujuan Membangun citra perusahaan agar lebih mudah mendapatkan bibit-bibit pekerja terbaik dibandingkan competitor. Membentuk karyawan agar mampu merepresentasikan perusahaan tempatnya bekerja; baik dari segi perilaku, bertutur dan cara pandang.
Strategi aplikasi Promosi kehidupan kantor di sosmed, brand awareness, optimasi situs lowongan kerja. Pelatihan, masa orientasi pegawai baru, upgrading.

3 Tujuan Employer Branding Adalah

Secara umum, employer branding mempunyai dua jenis tujuan. Tujuan pertama adalah membuat karyawan Anda merasa lebih bahagia saat bekerja dan menjalankan kewajibannya. Dari sinilah bisa terjadi peningkatan produktivitas kerja, sales dan profit yang menguntungkan seluruh pihak bisnis.

Lalu tujuan kedua dari employer branding adalah meningkatkan image brand supaya perusahaan lebih mudah menemukan bibit-bibit pegawai terbaik. Memperoleh karyawan unggulan saat ini memang terasa sama sulitnya dengan menjaring konsumen. Salah satu faktor penyebabnya adalah persaingan antar brand yang ketat di masyarakat.

Setiap bisnis pastilah memerlukan tenaga kerja. Namun faktanya, kebanyakan orang hanya mau melamar ke perusahaan dengan citra yang bagus dan jelas. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan angka jumlah pelamar yang mengikuti rating nilai brand.

Bisnis-bisnis berprestise sering diyakini memberi benefit lebih bagi para pegawainya. Mulai dari wawasan yang lebih luas, networking yang berkualitas, fasilitas, gaji besar, sampai status sosial yang lebih tinggi. Itulah mengapa employer branding sesungguhnya menguntungkan kedua belah pihak, yakni para karyawan dan perusahaan tempatnya bekerja.

Selain dua manfaat tersebut, kini ada juga manfaat employer branding yang ketiga, yaitu untuk mempertahankan komitmen pekerja di kantor. Semakin betah karyawan, maka otomatis makin loyal juga mereka terhadap brand. Mereka juga akan terpacu untuk terus mengembangkan skill dan produktivitas di tempat kerja secara mandiri.

Manfaat Employer Branding bagi Perusahaan Online

Masih berkaitan dengan tujuan employer branding, berikut adalah manfaat-manfaat nyata yang bisa Anda rasakan jika mulai mengoptimalkan pengelolaan SDM dengan strategi satu ini:

  • Mudah mendapatkan bibit-bibit tenaga kerja terbaik di bidangnya, termasuk para lulusan terbaik dari universitas ternama.
  • Menambah popularitas dan awareness bisnis Anda di kalangan masyarakat.
  • Memenangkan persaingan perekrutan tenaga kerja dengan kompetitor-kompetitor bisnis serupa di wilayah Anda.
  • Menurunkan angka karyawan yang resign dalam kurun waktu tertentu.
  • Menurunkan budget iklan untuk memasang pengumuman loker. Perusahaan yang sudah terkenal dan tinggi peminatnya sering kali tidak perlu memasang info lowongan lagi.
  • Meningkatkan loyalitas pegawai terhadap brand.
  • Meningkatkan produktivitas pegawai di tempat kerja.
  • Meningkatkan engagement karyawan dengan aktivitas perusahaan.
  • Mendapat bantuan promosi bisnis dari karyawan selaku promotor brand.

10 Strategi Simpel Employer Branding yang Efektif

employer branding adalah

Sudahkah bisnis Anda menerapkan strategi employer branding yang baik? Tidak perlu risau jika belum. Masih belum terlambat untuk segera mempererat bonding antar karyawan sekaligus mengoptimalkan citra bisnis Anda di masyarakat.

Berikut adalah 10 strategi employer branding termudah sekaligus efektif yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Ayo segera catat poin-poinnya!

1. Melakukan Identifikasi Karyawan

Langkah pertama dari employer branding adalah melakukan identifikasi terkait karyawan Anda. Strategi ini sama halnya seperti riset customer insight sebelum melakukan pemasaran.

Tujuan identifikasi karyawan adalah untuk mengetahui segala kebutuhan, ekspektasi, serta poin-poin permasalahan yang mereka hadapi selama bekerja. Anda juga boleh menanyakan alasan pegawai memilih untuk menetap di kantor Anda.

Dengan begini, perusahaan diharapkan bisa lebih menyadari kebutuhan para pegawai dan mampu mewujudkannya demi kepentingan bersama. Memenuhi kebutuhan karyawan juga merupakan suatu langkah preventif agar mereka tidak cepat resign.

2. Membangun Komunikasi

Banyak perusahaan kehilangan pegawai terbaiknya akibat gagal menjalin komunikasi dengan baik. Anda bisa belajar dari pengalaman tersebut dengan berupaya membiasakan komunikasi sebagus mungkin di kantor.

Komunikasi adalah skill sekaligus kebutuhan setiap manusia sebagai makhluk sosial. Termasuk dalam kehidupan bisnis, di mana setiap karyawan Anda akan menjalin komunikasi secara internal maupun eksternal setiap harinya.

Banyak hal bisa terwujud melalui komunikasi yang baik. Misalnya seperti memenuhi kebutuhan, membagi pekerjaan dan mengutarakan ide-ide. Begitu pula ketika ada masalah di kantor, utamakanlah untuk mencari solusinya dengan komunikasi dan pendekatan terbaik.

3. Menyusun Rencana Employer Branding

Rencana employee branding pun perlu dirancang sedemikian rupa supaya mampu meraih goals dengan baik. Anda dapat menyusun rencana dengan mencari tahu terlebih dahulu citra perusahaan di mata tim internal dan masyarakat luar.

Kemudian, barulah Anda memperkirakan metode-metode pendekatan apa yang sebaiknya dilakukan agar brand Anda lebih tinggi peminatnya. Anda juga bisa mempelajari strategi employee branding milik kompetitor disertai sejumlah inovasi tersendiri.

4. Menganalisis Faktor-Faktor Pendukung

Pada kenyataannya, strategi employee branding tetap tidak terlepas dari berbagai faktor pendukung. Contohnya seperti tingkat kepuasan karyawan, sistem operasional, dan hal-hal lain yang bisa memengaruhi work flow seperti gangguan pandemi beberapa tahun lalu.

Ketika terjadi pandemi, hampir semua perusahaan terpaksa mengubah strategi kerja mereka ke sistem online. Perubahan yang signifikan seperti ini sangat mungkin menimbulkan ketidaknyamanan dalam diri karyawan yang telah terbiasa bekerja mengikuti pakem tertentu.

Maka dari itulah Anda sebaiknya melakukan riset dan analisis terkait faktor-faktor pendukung employee branding. Analisis manfaat dan kendala yang mungkin ditimbulkan oleh faktor-faktor tersebut, lalu carilah solusi terbaiknya.

5. Membangun Reputasi di Situs Karir

Situs-situs lowongan kerja dan karir jelas merupakan tempat terbaik bagi Anda untuk membangun branding perusahaan. Anda wajib memperjelas informasi terkait rekrutmen dan perusahaan untuk menarik perhatian lebih banyak kandidat.

Bagaimana caranya? Cukup mudah! Anda bisa mulai dengan menjelaskan profil bisnis disertai keuntungan-keuntungan yang disediakan bagi pekerja. Cantumkan pula poin-poin unik yang membedakan program kerja Anda dari bisnis lainnya.

Apabila memungkinkan, tambahkan juga testimoni atau review terkait masa-masa bekerja di kantor Anda. Testimoni tersebut sebaiknya ditulis oleh para pegawai lama Anda.

6. Memanfaatkan Sosial Media untuk Edukasi

Strategi konten marketing kini sudah sangat populer. Namun ternyata, strategi marketing yang satu ini bisa turut kita manfaatkan untuk employer branding, lho!

Beberapa brand dengan sengaja memperkenalkan kehidupan para stafnya di tempat kerja melalui konten-konten kekinian yang mencuri perhatian warga umum. Contohnya seperti video TikTok “A Day At Office” atau postingan Instagram “Behind The Scene”.

7. Menjadikan Karyawan selaku Promotor

Banyak perusahaan yang secara tidak langsung menjadikan karyawannya sebagai promotor brand. Semisal dengan mengadakan event menarik atau memberikan benefit-benefit yang positif sehingga karyawan merasa senang. Lalu karyawan Anda bisa saja menceritakan pengalaman tersebut kepada kenalan-kenalannya di sosmed atau secara langsung.

8. Menyederhanakan Proses Rekrutmen

Pernahkah Anda membatalkan ajuan lamaran pekerjaan karena prosesnya yang terlalu rumit? Ya, kemudahan dan kejelasan proses rekrutmen juga merupakan salah satu faktor pendukung employer branding.

Perusahaan dengan proses rekrutmen yang bertele-tele akan dengan cepat memperoleh image buruk dari masyarakat, begitu pula sebaliknya. Tak hanya itu saja, banyak kandidat memilih ‘kabur’ usai melihat rincian syarat dan kualifikasi lowongan yang terlalu sulit atau padat.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah:

  • Mencantumkan informasi lowongan sesuai porsinya, tidak menggabungkan jobdesc yang seharusnya dikerjakan oleh lebih dari satu posisi.
  • Tidak meminta dokumen atau data yang bersifat krusial di proses awal pendaftaran, seperti Kartu Keluarga dan KTP.
  • Membuat prosedur rekrutmen yang simpel disertai update status berkala.

9. Mensosialisasikan Nilai-Nilai Perusahaan

Salah satu cara mudah membangun branding perusahaan adalah dengan mensosialisasikan nilai-nilai perusahaan ke karyawan saat ini. Mengapa? Pasalnya, para karyawan lama Anda—termasuk para mantan karyawan—sering kali menjadi sumber terpercaya oleh calon-calon pekerja kelak.

Banyak sekali calon karyawan yang mencari informasi terkait sebuah perusahaan dari pegawai/mantan pegawai yang terkait. Mereka bisa menjadi jembatan informasi yang kredibel karena sudah betul-betul memahami nilai-nilai perusahaan. Di sinilah terjadi pembentukan image bisnis secara tidak langsung.

 10. Mengadakan Evaluasi Berkala

Terakhir, jangan lupa untuk mengadakan evaluasi secara berkala. Evaluasi sangat penting guna memberitahu Anda poin-poin kelemahan dan kelebihan dari penerapan employer branding saat ini. Janganlah ragu untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat demi memaksimalkan hasil branding di masa mendatang. Selamat mencoba!

Itulah dia pembahasan kali ini terkait employer branding, mulai dari pengertian, manfaat, hingga tips-tips simpel melaksanakan employer branding yang efektif di perusahaan. Semoga ulasan ini bermanfaat dalam mempererat persatuan karyawan Anda, ya!

Ingin mendapatkan lebih banyak tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang juga di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

20+ Ide Bio Instagram Bisnis yang Bikin Nambah Followers

0
ide bio Instagram

Masih bingung mau mencantumkan caption apa di bio Instagram online shop Anda? Tenang, +20 ide bio Instagram terbaru berikut ini akan menjadikan profil bisnis Anda lebih menarik di mata konsumen.

Bio Instagram adalah elemen pertama yang memperkenalkan bisnis Anda ke masyarakat. Itulah mengapa setiap online shop di IG hendaknya mencantumkan sebuah bio yang menarik.

Bio IG pun bisa ikut membangun image dan first impression yang baik dari usaha Anda. Tapi masih ada banyak olshop yang kebingungan menulis bio Instagram yang estetik sekaligus memikat.

Apakah Anda juga mengalami masalah tersebut? Yuk langsung simak kumpulan ide bio Instagram bisnis terbaik pilihan kami di bawah ini!

20+ Ide Bio Instagram Bisnis Terbaru dari Berbagai Niche

ide bio Instagram

Tidak perlu pusing-pusing mencari inspirasi bio profil Instagram bisnis yang menarik. Berikut telah kami rangkum aneka ide bio IG dari berbagai brand populer di Indonesia, luar negeri, profil influencer, start-up dan bisnis-bisnis kategori lainnya.

Anda bisa menjadikan ide-ide ini sebagai inspirasi untuk membuat bio IG yang unik sendiri:

Ide Bio Instagram Usaha Makanan

1) “Rehat sejenak, temukan seteguk kebahagiaan dari nikmatnya olahan teh” – @rehat.refreshertea

Terdapat penggunaan nama usaha sebagai jargon dalam bio IG bisnis.

2) “Korean Cakes | Choux | Brownies | Kue Kering | Cupcakes | Burnt Cheesecake
PO H-2″ – @uripatisserie

Mencantumkan menu yang dijual ke bio untuk memudahkan konsumen mengetahui produk.

3) “Tangan ajaib Mak Kembar
Sambal Dadakan Masa Kini” – @sambalgamimakkembar

Menyelipkan slogan khas yang menggambarkan citra bisnis sebagai bio IG.

4) “Bringing the Vibe to the Suburb
Paddy view ���| special dish : Bebek Ketumbar” – @sunfieldbali

Anda dapat membuat bio IG dari kelebihan-kelebihan bisnis. Seperti di contoh ini, terdapat ciri khas resto dan menu spesialnya.

5) “Official Page of Solaria Resto” – @solaria.indonesia

Mencantumkan keterangan ‘official page’ akan memudahkan konsumen membedakan brand Anda dari akun-akun peniru atau kompetitor.

Ide Bio Instagram Bisnis Kafe Kopi

6) “Open daily
10.00 – 23.00 WITA
Available on Gofood” – @moodcoffeebali

Berikan penjelasan ringkas terkait jam operasional dan ketersediaan pesan online untuk membantu konsumen bertransaksi.

7) “Mon – Sun : 8.00 – 22.00
Indoor & Outdoor space
Free WiFi” – @espressoul.coffee

Anda dapat menonjolkan layanan yang dimiliki kafe Anda untuk menjadikannya berbeda.

8) “Make today a good day. ���” – @starbucks

Sebuah kalimat sederhana dari visi brand Anda bisa menjadi bio IG yang menarik. Anda dapat menambahkan emoji yang sesuai dengan tema branding.

9) “World Branding Awards – Retailer Coffee 2022-2023
MURI – Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam 1 Tahun
900+ Jilid di Indonesia” – @kopijanjijiwa

Bisnis Anda punya penghargaan yang membanggakan? Tidak ada salahnya untuk mencantumkannya sebagai bio Instagram agar pembeli merasa terkesan terhadap brand.

10) “Indonesia Specialty Coffee
JKT•BALI•MKS” – @anomalicoffee

Bio IG sederhana dengan mencantumkan ciri utama layanan, produk, dan lokasi-lokasi store cabang yang aktif.

Ide Bio Instagram untuk Influencer

11) “Sharing and collaborating to hand in hand achieve meaningfulness and fulfillment and advance our collective quality of life.” – @awkarin

Visi misi Anda selaku influencer bisa menjadi inspirasi banyak orang juga. Alhasil, pakailah visi tersebut sebagai bio IG untuk memperluas awareness.

12) “Founder Narasi @narasi.tv @narasinewsroom” – @najwashihab

Tulis pencapaian besar atau posisi penting Anda saat ini sebagai bio IG agar orang-orang lebih mengenal sosok Anda.

13) “Your virtual work bestie
Toodaloo!” – @loewhaley

Buat bio IG dari ranah konten yang menjadi spesialisasi Anda. Tak lupa cantumkan juga jargon ciri khas Anda, apabila punya.

14) “The Internet’s favorite American English Pronunciation teacher!” – @rachelsenglish

Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memasang titel yang menggambarkan diri Anda selaku influencer di bio.

15) “RATU SALOMEH COMEBACK” – @lucintaluna_manjalita

Bio influencer tidak harus selalu bernada serius dan kaku. Contohnya seperti bio IG satu ini yang humoris dan sesuai dengan image sang influencer yang jenaka.

Ide Bio Instagram Bisnis Start Up

16) “Nih, aku kasih konten-konten menarik buat nemenin hari kamu!���” – @gojekindonesia

Contoh bio IG bisnis yang singkat, luwes dan to the point menyampaikan fungsi utama laman profil bisnis ke masyarakat. Penggunaan gaya bahasa di bio IG juga bisa disesuaikan dengan target market Anda.

17) “#HanyadiLazada #LazadaCepatGratis” – @lazada_id

Menggunakan hashtag-hashtag bisnis yang unik untuk memperkenalkan brand ke masyarakat.

18) “Go with ease ➡️ Go with friends ➡️
Go with confidence ➡️ Go anywhere ���
Hop in ⬇️
(linktree)” – @uber

Menyusun manfaat-manfaat layanan dalam sebuah alur yang mudah dipahami memakai emoji. Terdapat pula selipan Call To Action di bio Instagram yang mendorong audiens agar segera memesan jasa dari brand.

19) “WEAR YOUR WONDERFUL
���Get featured using #SHEINforAll or tag @SHEINOFFICIAL” – @sheinofficial

Bio IG ini adalah contoh terbaik untuk memotivasi konsumen agar mau aktif terlibat dengan brand.

Ide Bio Instagram Bisnis Kesehatan

20) “Chat Dokter, Beli Obat, Layanan Home Lab
klik ���
(link)” – @halodoc

Cukup tampilkan ringkasan servis pelayanan dan cara memesannya secara ringkas.

21) “���Chat Bersama Dokter
���Buat Janji Konsultasi
���Baca Artikel Kesehatan
☂️Dapatkan Proteksi Kesehatan
���Belanja Produk Kesehatan di Aloshop” – @alodokter_id

Contoh bio Instagram ini mirip dengan sebelumnya, namun mempunyai bentuk layout yang berbeda.

22) “Official Account of PT Kimia Farma Tbk.
���Call Center : 1500-255
FB: Kimia Farma Care
IG: kimiafarma.ind
Twitter: kimiafarmaind” – @kimiafarma.ind

Jika bisnis Anda mempunyai official page di sosmed lain, maka Anda bisa mencantumkannya juga di bio Instagram sebagai info tambahan ke konsumen.

23) “Surga Kesehatan & Kecantikan
#keGuardianYuk #HealthyBeauty” – @guardian_id

Kombinasi jargon dan hashtag unik brand sebagai bio Instagram juga boleh dicoba. Contohnya seperti bio yang satu ini.

Ide Bio Instagram Bisnis Elektronik dan IT

24) “Be inspired to #DoWhatYouCant
What we do���
@samsungmobile
@samsungtv
@samsung_bespoke
@samsungnotebook
@samsungsemiconductor” – @samsung

Tampilkanlah kalimat atau hal yang menginspirasi kehidupan bisnis Anda, lengkap dengan layanan-layanan yang berhasil Anda hadirkan berkatnya.

25) “Everyone has a story to tell.
Tag #ShotoniPhone to take part.” – @apple

Ini adalah contoh bio Instagram dengan CTA yang bisa Anda ikuti.

26) “The future of AI at work” – @microsoft

Bio IG yang memikat bisa Anda ciptakan dari proyek-proyek yang sedang dikembangkan brand. Dalam contoh ini, Microsoft tengah mengembangkan proyek AI di layanannya.

Ide Bio IG Brand Fashion

27) “The global official Instagram #UNIQLO #LifeWear” – @uniqlo

Simpel, lugas dan tegas menggambarkan siapa brand Anda.

28) “Empowering Women With Fashion. Indonesian Brand. Founded by a Girl, Wife & Mother” – @thisisapril_

Merangkum visi misi, asal, dan latar belakang dari brand secara ringkas dan catchy di bio IG.

Ide Bio IG Toko Buku, Mainan dan Hobi

29) “#LebihDekat
Untuk Informasi promo follow @gramediapromo” – @gramedia

Punya lebih dari 1 channel informasi tentang brand? Anda bisa menyebutkan sub-akun tersebut di bio IG utama seperti yang dilakukan brand ini.

30) “Happy The Glory Day, yeoreobun” – @netflixid

Pembahasan terkait produk best-seller Anda selalu bisa menjadi inspirasi ide caption bio IG yang bagus.

8 Cara Membuat Bio Instagram Bisnis yang Memikat dan Kreatif

ide bio Instagram

Menulis bio Instagram memang terkesan mudah. Anda hanya perlu menulis deskripsi yang menggambarkan usaha Anda. Tujuannya supaya konsumen memahami layanan atau produk di store.

Namun kenyataannya, tidak sedikit juga yang kebingungan mengolah informasi untuk dicantumkan ke dalam bio IG bisnis mereka. Apalagi bio Instagram mempunyai limit tulisan sebanyak 150 karakter saja. Otomatis Anda tidak dapat menuangkan seluruh info bisnis ke bio IG secara rinci.

Lalu bagaimana caranya menulis bio Instagram bisnis yang singkat tapi tetap bagus? Berikut ada 8 cara simpel membuat bio online shop di Instagram yang bisa Anda coba:

1. Gali Inspirasi dari Bisnis-Bisnis Serupa

Sebagai pemula, Anda boleh mencari inspirasi bio Instagram dari profil bisnis-bisnis lainnya yang serupa. Misalnya Anda mempunyai usaha toko baju online. Cari dan simak bio-bio Instagram dari akun-akun olshop IG fashion lainnya yang Anda ketahui.

Dari sini Anda akan tahu bio seperti apa yang biasa digunakan bisnis-bisnis di niche tersebut. Anda juga dapat membandingkan beberapa model bio Instagram untuk mengetahui plus dan minus-nya dalam hal memaparkan usaha ke konsumen.

2. Pilih Informasi yang Mau Disampaikan ke Konsumen

Anda mungkin ingin menampilkan banyak info ke konsumen di bio IG. Namun sebaiknya, pilihlah informasi tertentu saja agar calon pembeli lebih mudah memahami pesan Anda.

Di sinilah Anda harus melakukan seleksi informasi dengan cermat demi menemukan info yang paling layak untuk dicantumkan. Misalnya kategori utama produk/layanan, link pemesanan, lokasi dan jam operasional bisnis.

3. Deskripsikan Bisnis Anda dengan Ringkas

Mengingat adanya keterbatasan karakter bio Instagram, maka mau tak mau Anda harus menyingkat deskripsi bisnis. Namun dengan catatan, kalimat di bio tetap mengandung pesan yang penting.

Tidak perlu bertele-tele dalam menyampaikan keunggulan usaha di bio. Cukup cantumkan poin-poin intinya saja, baik dalam bentuk kata atau kalimat sederhana seperti di pada contoh-contoh ide yang sudah kita simak sebelumnya.

4. Tambahkan Kategori

Fitur Instagram bisnis kini sudah semakin lengkap. Kini Anda bisa memilih dan menambahkan kategori usaha sebagai pelengkap informasi bio. Menambahkan kategori bisa membantu audiens memahami niche bisnis Anda, serta memberi gambaran terkait layanan yang mungkin tersedia.

Jenis kategori bisnis IG pun ada bermacam-macam. Mulai dari kecantikan, kesehatan, ritel, belanja, layanan, influencer, profesional, IT, pendidikan, blogger, hiburan dan seterusnya.

5. Gunakan Tagline, Jargon atau Hashtag

Salah satu cara mudah mengoptimalkan bio Instagram bisnis Anda adalah dengan memakai tagline, jargon dan hashtag. Beberapa brand hanya menggunakan jargon atau hashtag tertentu sebagai bio, dan itu saja sudah dipandang menarik oleh audiens.

Di sisi lain, hashtag juga bermanfaat untuk membantu konsumen menemukan postingan bisnis Anda. Mereka hanya perlu mengklik tanda pagar hashtag dan akan langsung diarahkan ke laman khusus berisi seluruh postingan brand.

6. Pakai Link Eksternal

Anda bisa menambahkan link bio IG eksternal untuk menambahkan informasi-informasi penting lainnya. Misalnya seperti link website bisnis, ecommerce, pesan delivery, maps, dan call centre. Jangan lupa bubuhkan keterangan seperti “klik di sini” untuk mengarahkan calon pembeli.

7. Sesuaikan Gaya Bahasa Bio

Tips penting berikutnya ketika menulis bio IG adalah menyesuaikan gaya bahasa yang Anda gunakan. Sejatinya tidak ada aturan khusus mengenai gaya bahasa yang terbaik untuk bio Instagram, asalkan sudah sesuai dengan target audiens Anda.

Anda bebas menggunakan gaya bahasa formal, semi-formal, gaul atau menyelipkan humor candaan ke bio untuk mendukung image olshop. Sebagai contoh, brand yang banyak menyasar Gen Z dan milenial cenderung memakai gaya bahasa santai, tidak formal, namun tetap sopan.

8. Tutup dengan CTA (Call To Action)

Akhiri deskripsi bio Instagram Anda dengan kalimat CTA (Call To Action) singkat. Contohnya seperti, “klik di sini”, “klaim segera”, “klik untuk memfollow”, “unduh sekarang” dan lain-lain. Tujuan CTA adalah mendorong audiens agar mau bertindak sesuai keinginan kita.

Demikianlah pembahasan terkait 20+ ide bio profil IG terbaru dari berbagai brand populer. Semoga dapat menambah inspirasi Anda, ya!

Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan update aneka insight digital marketing terbaru. Klik https://markey.id/ untuk membaca atau download MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sayonara!

10+ Contoh Kalender Konten Terbaik Tahun Ini [Free Template]

0
kalender konten

Konten marketing Anda masih terasa berantakan? Sulit menemukan ide konten promosi yang bagus? Ingin bisa rutin memposting konten dan mendapat traffic tinggi? Seluruh permasalahan Anda bisa dituntaskan dengan kalender konten.

Strategi konten marketing kini sudah merupakan suatu tren tersendiri di dunia bisnis online. Pemasaran dengan konten terbukti berhasil menciptakan angka sales dan awareness yang baik bagi banyak perusahaan.

Sayangnya, membuat konten secara rutin tidak semudah yang terlihat. Sering kali kita justru “mentok” kehabisan ide atau burn out lantaran terlalu banyak membuat konten. Oleh karena itulah kita membutuhkan sebuah alat bantu pengorganisir jadwal konten bernama content calendar.

Seperti apa itu konten kalender dan contoh-contohnya? Langsung simak ulasan berikut ini sampai tuntas karena kami telah menyiapkan 10+ template kalender marketing gratis siap pakai untuk Anda!

Pengertian Kalender Konten

kalender konten

Sesuai namanya, kalender konten (content calendar) adalah susunan jadwal pembuatan dan pengunggahan konten marketing bisnis. Dengan alat ini, kita bisa lebih mudah merencanakan jadwal posting konten ke sosmed bisnis lalu mencapai goal yang diharapkan.

Content calendar merupakan alat sederhana yang sangat membantu mengefektifkan pengelolaan konten marketing. Anda tidak akan bingung lagi mencari ide konten terbaru, atau kehilangan audiens akibat lupa memposting sesuatu.

Seluruh kebutuhan konten marketing Anda bisa diatur serinci mungkin di kalender untuk kemudian dieksekusi satu per satu.

Manfaat Kalender Konten bagi Online Shop

Saat ini hampir semua bisnis mempromosikan layanannya di banyak platform secara bersamaan. Mungkin Anda juga begitu, mengingat promosi konten di sosmed dan website biasanya gratis dan mudah.

Namun di sisi lain, mengelola banyak konten sekaligus jelas bukan perkara mudah. Anda justru bisa kelabakan kalau tidak membuat perencanaan konten yang matang bagi masing-masing platform. Untuk itulah content calendar mulai diperlukan dalam dunia bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda rasakan kalau menggunakan kalender untuk mengelola konten bisnis:

  • Mudah mengatur tenggat waktu pembuatan, pengunggahan dan evaluasi setiap konten.
  • Memudahkan memantau laju progres sebuah pekerjaan.
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan konsistensi terhadap pekerjaan.
  • Mengurangi stres dan beban kerja karena beban yang besar telah terbagi ke kepingan-kepingan yang lebih kecil.
  • Mengasah kreativitas dalam menyusun strategi konten.
  • Mudah menemukan waktu terbaik untuk memposting konten bisnis, semisal menjelang hari raya, event bisnis angka kembar, Black Friday Sale, dan seterusnya.

9 Elemen Penting yang Wajib Ada di Kalender Konten

Membuat konten kalender tidak bisa sembarangan seperti asal mengisi deskripsi di tanggal tertentu. Ada 9 elemen penting yang wajib ada dalam kalender Anda supaya proses tracking konten berjalan dengan efektif. Kesembilan elemen tersebut adalah:

1. Jenis Konten

Pikirkan apa jenis konten yang mau Anda fokuskan. Pemilihan jenis konten biasanya disesuaikan kembali dengan karakter target audiens Anda.

Misalnya, mayoritas pembeli di toko Anda lebih suka menyimak video pendek. Otomatis Anda harus menggencarkan promosi dengan short video seperti TikTok, Reels dan Stories.

Sesuaikan juga jenis konten dengan platform pengunggahannya. Jika Anda ingin fokus berpromosi di Instagram, alhasil materi visual (foto dan video) akan lebih efektif ketimbang artikel.

2. Judul Konten

Jangan lupa untuk memberikan judul pada konten Anda. Meskipun terdengar sepele, kehadiran sebuah judul di kalender dapat memperjelas maksud, arah dan tujuan dari konten yang hendak diposting.

3. Topik Konten

Konten marketing hendaknya dibuat bervariasi agar tidak membosankan. Anda bisa memecah sebuah topik besar ke sub-sub topik yang lebih kecil, lalu membahasnya di konten secara berkala.

Contohnya adalah topik belajar SEO dari blog Semrush. Mereka membagi penjelasan ke beberapa sub topik dengan fokus yang rinci, seperti:

  • Apa itu SEO.
  • Manfaat SEO bagi bisnis.
  • Rekomendasi tool-tool SEO untuk pemula.
  • Jenis-jenis SEO web.
  • Layanan SEO Semrush untuk bisnis online.

4. Platform Pilihan

Seperti yang telah disinggung sedikit pada poin pertama, kalender Anda harus memuat informasi tentang platform yang dipakai untuk promosi. Tujuannya supaya Anda lebih mudah menganalisa performa konten yang telah dibuat.

Tidak ada batasan bagi tiap bisnis untuk memakai satu media saja ataupun lebih (semisal 2 media, 3 sampai 5). Semua tergantung pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing perusahaan.

5. Geo Targeting

Geo targeting adalah penargetan promosi di suatu wilayah tertentu. Biasanya elemen ini menjadi pertimbangan khusus brand-brand berskala besar dengan cakupan pasar internasional.

Misalnya, brand A yang telah terkenal di mancanegara. Setelah mengadakan pengamatan, pihak brand A menemukan bahwa Indonesia merupakan target pasar mereka yang terbaik. Alhasil mereka akan lebih menggencarkan promosi di Indonesia.

6. Konten Kreator

Siapa pembuat konten bisnis Anda? Hal ini juga harus dirinci dalam kalender bisnis Anda, terutama jika Anda bekerja secara kolektif (tim). Jadi jangan lupa untuk mencantumkan nama pembuat sekaligus penanggung jawab konten saat membagi-bagikan jobdesc ke tim marketing.

7. Rincian Waktu Pengerjaan

Anda juga bisa menambahkan rincian waktu atau durasi pengerjaan konten, mulai dari awal sampai proses editing hasil akhirnya. Hal ini pun penting agar konten tampak sesempurna mungkin sebelum diposting.

8. Tanggal Terbit

Inilah poin terpenting dalam sebuah content calendar. Tanggal penerbitan konten atau deadline dapat memudahkan kinerja tim sekaligus mengoptimalkan performa mereka.

Tim marketing Anda akan mengusahakan yang terbaik untuk bisa memenuhi tugas sebelum batas waktu yang ditetapkan. Konsumen pun akan ikut senang karena bisa menerima konten-konten baru secara berkala.

9. Status Konten

Beberapa kalender mempunyai suatu kolom berlabel status yang terletak di bagian paling ujung akhir. Kolom ini dapat Anda update isinya secara berkala agar seluruh tim bisa memantau progres konten masing-masing. Misalnya ada status “draft”, “on going”, “published” dan “reviewed”.

10+ Contoh Template Kalender Konten Bisnis Gratis Download

kalender konten

Tertarik menggunakan konten kalender untuk mempromosikan usaha Anda? Yuk download koleksi template kalender marketing terbaik di bawah ini:

1. Template Kalender Editorial

Keunggulan utama kalender editorial ini adalah bersifat online dan interaktif. Anda bisa dengan mudah mengubah isi kalender lalu menyesuaikannya dengan rencana konten yang diinginkan.

Kalender ini pun bisa diedit secara kolaboratif atau lebih dari satu pengguna sekaligus. Anda dan tim bisa saling mengisi jadwal masing-masing tanpa perlu menunggu lama.

Lalu hasil akhir kalender dapat diekspor ke beragam format, seperti PDF, PNG, JPEG dan SVG untuk memudahkan diprint dan dishare.

Link download : https://creately.com/id/usage/template-editorial-kalender/

2. Template Kalender Blog Content

Template yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang berfokus pada strategi blog marketing. Kini Anda dapat dengan mudah menyusun rencana konten artikel sesuai niche blog masing-masing. Penyusunan topik-topik artikel di kalender ini pun bisa langsung untuk jangka waktu mingguan, bulanan atau setahun penuh.

Menariknya lagi, template ini memuat banyak fitur optimasi blog marketing. Anda bisa langsung memanfaatkan fitur penambahan kategori, keyword, tag judul, heading dan URL agar proses penulisan artikel berjalan lebih lancar.

Link download : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1_yGsyU-NsFAVkXNOJ2oF0knDn8Fc9yNYmQDXbQ2GjT8/copy#gid=647386712

3. Template Kalender Email Marketing

Saat ini masih ada banyak bisnis yang mengandalkan strategi pemasaran email marketing. Menyelenggarakan kampanye email marketing yang efektif pun nyatanya membutuhkan sebuah kalender agar iklan tetap maju terarah mencapai goal.

Template berikut ini bisa menjadi alat bantu terbaik untuk memaksimalkan performa email marketing bisnis Anda. Anda akan melihat fitur-fitur canggih dan lengkap di dalamnya berupa informasi produk, segmentasi target konsumen, penawaran, penanggalan, dll.

Link download : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1XQ8UIEECHxl3QB3V3qO-Jl9RYAs8Nfy-HmWC2WiphAc/copy#gid=1336149975

4. Template Sosial Media (Editorial)

Template ini wajib dimiliki oleh semua bisnis online! Atur kembali tampilan dan penayangan konten promosi Anda di sosmed dengan template kalender satu ini.

Fungsi utama template sosial media ini adalah melacak performa seluruh konten bisnis Anda di sosmed. Termasuk didalamnya mencantumkan tanggal-tanggal penting untuk mengunggah konten, seperti hari raya dan event-event lain.

Link download : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1G2PW8ZOsKjXhXOHPh_W8t-N0EDWnDqPzZTA4IBrd05U/copy#gid=607679110

5. Template Kalender Marketing Semrush

Perusahaan jasa SEO terkenal Semrush rupanya tak mau ketinggalan. Mereka turut menghadirkan kalender marketing spesial dengan beragam fitur canggih di satu aplikasi.

Template kalender Semrush memuat semua tool bisnis yang Anda idam-idamkan selama ini. Mulai dari tombol pengaturan jadwal konten; koordinasi antar tim; sampai melacak performa kampanye bisnis.

Visualisasi template ini pun cukup menarik dan simpel. Alhasil siapapun bisa dengan mudah memahami arah pergerakan bisnis Anda. Kalender ini juga bisa disinkronisasikan dengan akun Google Analytics Anda.

Link download : https://www.semrush.com/calendar/

6. Template Kalender Sosial Media Bulanan

Sedikit berbeda dari kalender konten sosmed sebelumnya, template yang ini memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal posting di setiap bulan selama setahun. Anda pun dapat menyisipkan list hashtag-hashtag yang relevan dengan konten untuk menunjang performanya nanti.

Link download : https://images.template.net/wp-content/uploads/2016/07/12114118/Sample-Social-Media-Calendar.pdf

7. Template Kalender Tracking Sosmed (Weekly)

Kalender sosmed juga ada yang dalam bentuk jadwal mingguan. Tujuannya adalah mempermudah kita saat mencari ide-ide konten yang relevan sesuai koleksi tren terbaru. Memang tak dapat dipungkiri bahwa tren sosial media cenderung cepat berganti dari hari ke hari.

Itulah mengapa sebagian besar orang lebih memilih memakai template kalender bisnis mingguan. Semakin up-to-date konten Anda, jelas makin baik juga engagement yang bisa diperoleh.

Link download : https://images.template.net/wp-content/uploads/2016/07/12113653/Social-Media-Tracking-Calendar-Template.pdf

8. Template Kalender UMKM dan Bisnis Kecil

Siapa bilang bisnis kecil, UKM dan UMKM tidak perlu menggunakan kalender konten untuk merancang strategi promosinya? Justru bisnis kecil Anda bisa lebih cepat mencapai target marketing kalau konten-kontennya diatur sedemikian rupa di kalender.

Anda bisa mencoba template kalender UMKM berikut ini sebagai permulaan. Kelebihan templatenya adalah dibuat dalam format dokumen word sehingga bisa dikustomisasi secara offline.

Link download : https://images.template.net/wp-content/uploads/2016/07/12115012/Social-Media-Calendar-Template-for-Small-Business.docx

9. Template Kalender Sosmed All-In-One

Apakah Anda berpromosi di banyak sosial media secara bersamaan? Tidak perlu bingung soal cara mengatur info konten-kontennya. Anda dapat memanajemen semua konten dengan praktis di template all-in-one ini.

Cukup cantumkan platform sosmed yang Anda pakai, lengkap dengan tanggal posting, topik dan status konten. Template ini mempunyai tampilan sederhana berupa tabel sehingga Anda akan mudah memahaminya.

Link download : https://images.template.net/wp-content/uploads/2016/07/12114721/Social-Media-Posting-Calendar.pdf

10. Template Kalender Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah strategi pemasaran di sosial media yang mengedepankan unsur kejutan. Meski sangat efektif dalam menciptakan sales, sayangnya masih banyak orang yang kesulitan mencari ide-ide kreatif sebagai bahan konten.

Oleh sebab itulah, Anda wajib menyusun rancangan topik konten guerrilla marketing dengan template kalender berikut ini. Proses brainstorming Anda dijamin akan lebih mudah dan terarah!

Link download : https://images.template.net/wp-content/uploads/2016/07/12113422/Social-Media-Marketing-Calendar-Template1.pdf

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar content calendar untuk bisnis online. Semoga koleksi template yang kami sajikan di atas bermanfaat bagi Anda, ya. Yuk segera mulai menyusun jadwal posting konten bisnis Anda!

Ikuti terus MARKEY agar tidak kelewatan info-info, tips dan trik terbaru terkait digital marketing. Baca artikel terbaik kami selengkapnya di https://markey.id/ atau via MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sayonara!

4 Cara Membuat Lead Magnet untuk Menarik Konsumen 10x Lipat

0
lead magnet

Lead magnet adalah umpan terbaik untuk mengumpulkan kontak para pelanggan. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat dalam aktivitas pemasaran nantinya.

Strategi personalized marketing tentunya tidak akan berjalan tanpa daftar kontak konsumen sasaran—baik itu berupa list nomor telepon maupun alamat email. Sayangnya, tidak semua orang secara sukarela mau memberikan info kontak mereka pada suatu perusahaan.

Tapi Anda tidak perlu bingung, karena Anda bisa memberikan item-item gratis bermanfaat sebagai imbalan atas informasi kontak konsumen. Hadiah tersebutlah yang dikenal dengan nama lead magnet.

Masih bingung seperti apa itu lead magnet dalam bisnis online? Yuk langsung simak definisi, jenis-jenis dan cara praktis membuat magnet lead yang efektif selengkapnya di sini!

Definisi Lead Magnet

lead magnet

Pernahkah Anda menerima hadiah-hadiah menarik usai mendaftar ke sebuah website atau program? Strategi pemberian hadiah bagi pengguna baru sering disebut sebagai lead magnet.

Lead magnet adalah servis gratis dari suatu brand yang bertujuan untuk mengumpulkan list kontak calon konsumennya. Nantinya list tersebut akan digunakan dalam strategi pemasaran yang spesifik, seperti email marketing atau phone marketing.

Layanan atau item gratis sengaja diberi sebagai “pancingan” agar orang-orang mau mendaftarkan diri ke situs layanan; atau sekadar memberikan info kontak mereka kepada Anda secara sukarela.

Kebanyakan orang pun cenderung tidak sadar bahwa mereka terpancing oleh sebuah magnet lead. Ini karena brand sengaja membagikan item-item bernilai unik yang juga sesuai minat calon konsumen. Contohnya ebook gratis, layanan konsultasi gratis, webinar gratis, sampai momen free trial sebuah servis di app.

10 Jenis Lead Magnet yang Populer Saat Ini

Tertarik mencoba strategi marketing yang satu ini? Kabar baiknya, kini ada banyak tipe magnet lead yang bisa Anda pakai untuk menjaring calon-calon pembeli baru.

Beberapa jenis lead magnet bisnis online yang populer saat ini adalah:

1. Ebook Gratis

Anda mungkin sudah sering melihat website-website bisnis yang menawarkan ebook gratis. Biasanya juga, ebook tersebut baru bisa diklaim setelah pengunjung mencantumkan alamat email mereka ke kolom ‘subscribe’ di laman web.

Strategi pemberian ebook gratis adalah contoh penerapan magnet lead yang populer. Ebook mempunyai daya pikat yang kuat karena memuat beragam ilmu-ilmu baru. Alhasil para audiens pun menjadi penasaran dan ingin mendapatkannya dari web Anda.

Supaya lebih efektif, ebook gratis yang disajikan sebaiknya memuat topik yang bermanfaat sesuai kebutuhan user. Anda bisa mengulas sedikit isi ebook pada artikel web, kemudian mengarahkan pembaca untuk “mencari tahu lebih lengkap” di ebook.

Desain cover ebook juga bisa dibuat seindah mungkin, mengingat cover yang menarik akan lebih mudah membuat audiens tertarik dengan isinya.

2. Template Konten

Berikutnya ada free item berupa template. Template ini bisa macam-macam jenisnya, tergantung keinginan Anda. Contohnya koleksi template desain Instagram Stories, slide PowerPoint, CV, business plan, logo olshop dan seterusnya.

Anda bisa menyesuaikan free template dengan niche bisnis. Misalnya perusahaan penyedia lowongan kerja membagikan koleksi free CV dan surat lamaran.

3. Giveaway Berhadiah

Pernahkah Anda mengikuti sebuah giveaway? Kontes giveaway kini sangat mudah kita jumpai di sosial media. Acara-acara giveaway adalah contoh magnet lead yang baik karena bisa mendatangkan traffic serta engagement rate yang tinggi.

Peserta giveaway bisa diwajibkan untuk memberi info kontak aktif mereka sebagai syarat partisipasi. Dari sinilah Anda dapat mengumpulkan list kontak calon konsumen potensial.

4. Webinar Gratis

Tren seminar online atau webinar mulai populer setelah masa pandemi Covid-19. Berawal dari sebuah aktivitas pengisi waktu luang, kini webinar merupakan sebuah acara yang dinanti-nanti banyak orang.

Alasannya karena sesi seminar online tersebut memberikan kita banyak ilmu baru, apalagi jika pembicaranya merupakan tokoh-tokoh ternama. Alhasil wajar saja kalau banyak orang tertarik mendaftar ke acara webinar gratis.

Banyak brand pun sengaja mengadakan webinar gratis sebagai upaya menjaring calon-calon konsumen potensial. Orang-orang yang tertarik dengan topik seminar akan memberikan alamat email mereka di form pendaftaran secara senang hati.

5. Grup atau Forum Eksklusif

Magnet lead tidak harus selalu berbentuk hadiah barang, bisa juga berupa akses ke grup eksklusif milik brand. Banyak orang juga mengincar bentuk hadiah ini karena diyakini menyimpan banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa membangun koneksi dengan orang-orang penting yang ada dalam forum tersebut.

6. Free Trial

Free trial atau periode gratis uji coba sejatinya merupakan suatu magnet lead. Memberikan periode gratis pemakaian suatu aplikasi atau jasa bisa meyakinkan seseorang untuk mencoba layanan Anda.

Mereka yang sudah nyaman dengan servis Anda akhirnya memilih lanjut berlangganan begitu periode free trial selesai. Anda pun akan memperoleh konsumen baru dengan sendirinya.

7. Konten Eksklusif

Jika tadi ada grup eksklusif, kali ini ada konten-konten premium yang hanya disebarkan kepada para subscribers bisnis online Anda. Cara kerja magnet lead ini sama dengan newsletter.

Konten eksklusif dapat dikirim melalui beragam media. Namun orang-orang lebih banyak mengandalkan platform email karena lebih privat, praktis dan bisa memuat banyak jenis file sekaligus (teks, dokumen, audio, link, foto dan video).

8. Laporan Hasil (Report)

Pernahkah Anda mengisi sebuah survey atau kuis lalu menerima hasilnya di email? Laporan tersebut adalah tipe magnet lead lainnya yang banyak digunakan.

Report mempunyai angka konversi yang terbaik dibandingkan jenis-jenis magnet lead lainnya. Ini karena konsumen bisa memahami seluk-beluk kebutuhan mereka secara rinci dalam laporan tersebut.

Misalnya klinik psikologi mengadakan kuis cek kesehatan mental. Selanjutnya, report gratis yang diterima konsumen akan membahas rincian informasi terkait hasil tes serta rekomendasi paket konseling terbaik.

9. Seri Panduan atau Tutorial

Ada juga perusahaan yang memberi magnet lead gratis berupa seri panduan mengerjakan sesuatu. Misalnya Anda tertarik memperoleh konten newsletter dari bimbel coding. Nantinya mereka akan mengirimkan seri panduan belajar coding ke email Anda.

Membuat magnet lead tutorial berseri ini cukup mudah. Pilihlah sebuah topik tertentu sesuai target pasar atau niche. Lalu, buat pembahasan dalam bentuk artikel maupun video tutorial. Anda bisa memisahkan pembahasan menjadi sekitar 3 sampai 7 bab (atau lebih sesuai selera).

Begitu selesai, kirimkanlah konten berseri tersebut ke konsumen melalui email secara berkala. Misalnya satu kali dalam seminggu.

10. Voucher Diskon

Contoh magnet lead yang terakhir adalah voucher diskon. Bisnis Anda dijamin segera laris-manis kalau menawarkan klaim voucher gratis sekarang juga!

Jangan lupa buat syarat tertentu untuk mengklaim voucher tersebut. Misalnya wajib mencantumkan alamat email atau membuat akun pengguna baru di website/aplikasi bisnis.

Strategi magnet lead satu ini paling sering diterapkan oleh bisnis-bisnis online atau ecommerce untuk menarik calon pembeli baru.

4 Cara Mudah Membuat Lead Magnet yang Menarik

lead magnet

Kita sudah melihat seperti apa itu magnet lead beserta jenis-jenisnya. Sekarang waktunya mencari tahu cara-cara membuat magnet lead yang menarik di mata audiens.

Tidak perlu bingung. Berikut ada 4 cara membuat konten magnet lead yang bisa Anda coba:

1. Memikirkan Value Tawaran

Sekadar memberikan barang gratis faktanya masih belum cukup. Magnet lead Anda harus mempunyai value atau nilai tertentu agar tampak menarik di mata masyarakat.

Value merupakan alasan utama mengapa orang-orang mau mengklaim produk gratis Anda. Semisal ketika Anda mengadakan webinar gratis, masyarakat tentunya akan melihat manfaat dari webinar tersebut. Misalnya karena ingin memperoleh ilmu baru; merasa punya masalah yang relevan dengan tema webinar; atau sekadar menyukai sosok pematerinya.

Semakin menarik manfaat yang bisa Anda berikan, maka makin efektif pula magnet lead dalam menjaring calon konsumen.

2. Meriset Buyer Persona Bisnis Anda

Sesuaikanlah isi magnet lead dengan buyer persona bisnis Anda. Buyer persona adalah karakteristik target market bisnis Anda sendiri.

Setiap bisnis nyatanya mempunyai buyer persona yang berbeda-beda, tergantung dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun mengetahui buyer persona sangat penting agar iklan kita bisa tepat sasaran sesuai selera maupun kebutuhan konsumen.

Untuk itu, di sini Anda harus melakukan riset buyer persona terlebih dahulu. Setelah mengetahui gambaran karakteristik konsumen bisnis Anda, barulah perkirakan strategi magnet lead yang sesuai kesukaan mereka.

Contohnya, target market Anda adalah anak-anak muda yang sedang bersemangat mempelajari investasi dan financial planning. Lalu, beberapa lead market yang sesuai dengan kebutuhan mereka di antaranya adalah webinar keuangan, ebooks belajar investasi, seri tutorial mengatur keuangan, dan grup eksklusif bersama pakar finansial.

3. Menentukan Tipe Magnet Lead

Kini waktunya menentukan tipe magnet lead terbaik untuk bisnis Anda. Tidak perlu terlalu bersusah payah menyediakan konten super eksklusif. Anda cukup memulainya dari hal-hal yang sederhana sesuai sumber daya yang dimiliki.

Semisal bagi Anda suka menulis, maka Anda dapat membuat konten menarik berupa artikel berseri atau ebook gratis. Begitu juga dengan yang suka membuat video, tuangkanlah ide-ide Anda ke dalam bentuk visual yang ciamik.

Meski sederhana, yang terpenting adalah magnet lead tersebut bisa memenuhi kebutuhan target market dengan baik. Jangan lupa untuk memberikan judul pada magnet lead Anda agar lebih menarik lagi kelihatannya di mata audiens.

Anda juga dapat membubuhkan copywriting deskripsi yang menggugah supaya pengunjung lebih termotivasi untuk mengklaim magnet lead Anda.

4. Melakukan Evaluasi

Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi secara berkala. Proses ini sangat penting dan tak boleh diabaikan karena bisa memberitahu Anda letak kekurangan dari implementasi strategi magnet lead selama ini.

Anda juga bisa mengetahui tipe konten gratis yang paling disukai audiens. Misalnya Anda membagikan lebih dari satu jenis konten kepada pelanggan, lalu cari tahu item mana yang paling banyak peminatnya. Kedepannya, Anda dapat lebih fokus untuk mengembangkan magnet lead tersebut.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait magnet lead bisnis online. Semoga penjelasan di atas membantu menambah wawasan Anda, ya!

Ikuti terus MARKEY agar tak ketinggalan info-info dan tips sukses bisnis online lainnya. Baca gratis seluruh koleksi terbaik kami di https://markey.id/ atau via MARKEY APP di Play Store dan AppStore. Sayonara!