Last Updated on April 6, 2022 by
Anda sedang bingung mencari trik promosi bisnis yang jitu di sosmed? Anda bisa memakai Guerilla marketing ideas sebagai opsi promosi yang bagus, lho.
Namun Anda perlu mewaspadai kelebihan dan kekurangan Guerilla Marketing agar tidak salah saat mempraktekkan strategi yang satu ini. Sebab, berbeda dengan trik marketing lainnya, Guerilla marketing adalah strategi bisnis yang amat penuh kejutan.
Yuk langsung kita cari tahu seperti apa pengaplikasian Guerilla marketing pada dunia bisnis pada artikel kali ini! Kami juga sudah menyiapkan pembahasan lengkap termasuk contoh Guerilla marketing di Indonesia. Sudah tidak sabar untuk menyimak? Selamat membaca!
Apa Itu Guerilla Marketing Ideas? Definisi dan 5 Prinsipnya
Mungkin Guerilla marketing adalah istilah yang masih terasa asing di telinga sebagian masyarakat. Apakah Anda sendiri juga baru pertama kali mendengar Guerilla marketing? Tenang, kami akan menjelaskan apa itu Guerilla marketing kali ini.
Guerilla marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak diaplikasikan pada beragam jenis usaha online kekinian. Trik bisnis ini baru berkembang seiring dengan masifnya dunia media sosial sebagai tempat transaksi online.
Namun di sisi lain, banyak pihak termasuk pakar bisnis memandang bahwa Guerilla marketing adalah trik promosi beresiko tinggi. Hal ini masuk akal, sebab elemen utama dari Guerilla marketing adalah ‘kejutan’.
Seperti apa ‘kejutan’ yang dimaksud pada sistem Guerilla marketing? Guerilla marketing adalah trik yang mengutamakan unsur kejutan (surprise) dalam prakteknya agar bisa memancing perhatian yang maksimal dari audiens/masyarakat.
Jadi, Guerilla marketing selalu mengedepankan ide-ide mengejutkan yang tidak biasa, out of the box, atau bahkan ‘nyeleneh’.
Atas alasan inilah Guerilla marketing dinilai sebagai trik bisnis yang beresiko. Jika Anda tidak cermat dalam mengagas ide promosi ala Guerilla marketing, maka konten Anda bisa jadi akan berbalik menyerang Anda dalam konteks negatif.
Alhasil, kalau Anda tertarik untuk menjalankan Guerilla marketing, maka Anda perlu sangat berhati-hati saat mengagas ide konten promosi.
Setidaknya ada 5 prinsip yang bekerja dalam siste Guerilla marketing. Kelima prinsip Guerilla marketing adalah:
Daftar Isi
1. Murah Meriah
Prinsip pertama Guerilla marketing adalah murah meriah. Memang jika dibandingkan dengan strategi promosi lainnya, Guerilla marketing adalah trik promosi yang paling murah karena Anda lebih berfokus pada kreativitas dan isi konten, bukan platform dimana iklan tersebut dipasang.
Bahkan memposting iklan secara gratis di media sosial saja sudah lebih dari cukup jika konten Guerilla marketing Anda berhasil meraih engagement yang tinggi.
2. Sangat Inovatif dan Kreatif
Prinsip kedua adalah inovatif dan kreatif. Hanya orang-orang dengan daya kreativitas tinggi sajalah yang sering kali lebih mudah untuk menjalankan strategi Guerilla marketing. Hal ini dikarenakan konten Guerilla marketing selalu menuntut ide-ide segar yang bisa memancing respon audiens.
3. Surprise dan Surprise Lagi!
Inti dari Guerilla marketing adalah kejutan (surprise). Jadi, semakin menghebohkan surprise dalam konten promosi Anda, maka akan semakin baik hasilnya. Engagement yang bisa didapatkan oleh konten Anda pun bisa lebih tinggi dibandingkan konten-konten promosi biasa.
4. Bernilai (Value) Positif
Ini adalah poin terpenting dalam pengaplikasian Guerilla marketing yang wajib untuk Anda perhatikan betul-betul agar konten menghebohkan Anda tidak dianggap sebagai pencari sensasi belaka.
Selalu ingat untuk memberikan value positif kepada masyarakat meskipun konten Anda memiliki unsur kejutan yang menghebohkan. Semisal Anda mengadakan giveaway dadakan dengan banyak hadiah di dalamnya.
5. Promosi Sementara (Temporer)
Prinsip terakhir dari Guerilla marketing adalah bersifat promosi sementara (temporer). Tentunya sifat sementara ini menyesuaikan dengan sifat kejutan yang berefek hanya di awal dan sementara saja.
Kejutan yang diulang-ulang untuk waktu yang lama jelas tidak akan memberikan sensasi yang ‘meledak’ seperti saat konten promosi pertama kali di posting. Jadi, Anda tidak bisa mengandalkan 1 konten untuk dipakai selamanya.
Kembali lagi, menyajikan konten yang ‘nyeleneh’ merupakan tantangan tersendiri yang lumayan berat, akan tetapi hasil engagement yang dijanjikan oleh Guerilla marketing biasanya sangat signifikan. Ingin melihat lebih banyak kelebihan dari Guerilla marketing selain engagement? Yuk lanjutkan membaca ke bagian berikutnya!
Kelebihan dan Kekurangan Guerilla Marketing
Mengapa perusahaan Anda patut untuk mempertimbangkan menggunakan Guerilla marketing? Jika pertanyaan tersebut masih hinggap di kepala Anda saat ini, maka Anda perlu membaca kelebihan dan kekurangan Guerilla marketing berikut ini:
Keuntungan Guerilla Marketing
Inilah keuntungan promosi dengan Guerilla marketing untuk bisnis Anda:
Selalu Sukses Menarik Perhatian Audiens
Audiens lebih mudah memfokuskan perhatian mereka pada konten-konten yang ‘nyeleneh’, unik atau belum pernah mereka temui sebelumnya. Alhasil, mereka akan menyimak konten
Anda sejenak untuk mengetahui isi konten dan menghilangkan rasa penasaran mereka. Iklan-iklan yang tidak biasa juga akan lebih mudah untuk melekat dalam ingatan konsumen, sehingga mereka dapat terus-terusan mengingat nama brand Anda kapanpun dimanapun.
Trik Promosi yang Murah
Anda sedang mencari trik promosi yang minim budget alias murah? Cobalah Guerilla marketing! Trik promosi Guerilla marketing ini sangat murah karena Anda bisa melakukannya secara gratis di media sosial saja.
Kesuksesan Guerilla marketing tidak bergantung pada seberapa mahal platform iklan yang Anda gunakan, melainkan pada seberapa menarik dan efektif isi iklan Anda. Sekali lagi, kunci keberhasilan iklan ini terletak pada ide kreatif Anda.
Bisa Menumbuhkan Kerjasama
Keuntungan lain Guerilla marketing adalah bisa menumbuhkan kerjasama antara brand Anda dengan brand lain. Semisal Anda dan perusahaan A bekerja sama untuk mengadakan giveaway.
Selain hadiah giveaway bisa ditanggung bersama-sama, konten iklan juga akan disebarluaskan oleh kedua akun bisnis yang bekerja sama sehingga mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas.
Kelemahan Guerilla Marketing
Ada banyak keuntungan Guerilla marketing, ya? Namun Anda tetap harus waspada karena di balik kelebihan-kelebihan tersebut juga terdapat kelemahan dari Guerilla marketing. Pun kelemahan-kelemahan tersebut adalah:
Pembuatan yang Lama
Pengagasan ide dan konsep ‘out of the box’ yang fresh bisa memakan waktu sangat lama, padahal, iklan Anda harus tayang secara berkala. Ini adalah kelemahan Guerilla marketing yang sering menjumpai pebisnis. Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan brainstorming ide dengan tim.
Beresiko Tinggi
Iklan Anda juga bisa menimbulkan kesalahpahaman atau tidak cocok dengan paham-paham dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat. Semisal Anda membuat konten ‘prank’ untuk mempromosikan produk.
Namun menurut masyarakat, aksi prank Anda tidak memuat nilai-nilai positif serta menyalahi beberapa norma yang ada. Jika situasinya begini, maka konten Anda bukannya akan viral dan meraih engagement, melainkan akan ramai dihujat warganet.
Untuk itu, Anda harus sangat berhati-hati dalam membuat iklan dengan Guerilla marketing. Hindari hal-hal yang berbau SARA atau pelanggaran norma-norma sosial. Plus, tambahkan pula value-value positif dalam iklan
Kira-kira apa saja contoh Guerilla marketing di Indonesia yang baik dan bisa Anda coba terapkan? Agar tidak salah saat berpraktek, mari kenali dulu contoh Guerilla marketing di Indonesia di bawah ini.
Jenis-Jenis Guerilla Marketing dan Contohnya
Tibalah kita di pembahasan terakhir tentang jenis-jenis Guerilla marketing. Untuk Anda yang masih bingung apa saja jenis-jenis Guerilla marketing yang bisa dipraktekkan, berikut ini kami mengelompokkan Guerilla marketing berdasarkan sasaran audiens beserta contoh-contohnya:
Ambush Marketing
Ambush marketing adalah trik Guerilla marketing yang dengan sengaja masuk ke sebuah acara yang sedang ramai, seperti konser, pertandingan olahraga, event bazzar, dan lain-lain. Masuk ke acara secara tiba-tiba ini bisa menggaet banyak perhatian masyarakat yang sedang berada di lokasi setempat.
Perusahaan perangkat permainan Sony pernah melakukan trik ini pada sebuah arena olahraga. Pihak Sony dengan sengaja membentuk lapangan menyerupai salah satu produk mereka yakni PSP. Alhasil, penonton akan terus melihat bentuk lapangan yang unik selama menyaksikan pertandingan.
Viral Marketing
Pastinya Anda sudah cukup familiar dengan trik marketing ini, bukan? Belakangan ini banyak perusahaan berlomba-lomba membuat aneka konten yang viral untuk mempromosikan dagangannya di media sosial.
Semisal Tokopedia yang tiba-tiba mengumumkan akan mengundang K-Pop Star “BTS” sebagai bintang tamu utama di konser tahunan mereka. Atau, perusahaan Walls yang tiba-tiba memposting bahwa es krim legendaris mereka “Viennetta” sudah diproduksi kembali.
Kami paling merekomendasikan Anda untuk mulai berpromosi dengan strategi Viral Marketing. Untuk mengetahui lebih banyak seputar Viral Marketing ini, Anda bisa membaca tulisan khusus Markey di link ini https://markey.id/blog/marketing/marketing-strategy/viral-marketing-adalah
Ambient Marketing
Ini adalah trik Guerilla marketing yang cukup beresiko, karena Anda harus berani menarik perhatian masyarakat di lingkungan sekitar Anda. Trik Ambient marketing ini dilaksanakan dengan menempelkan pesan promosi ke tempat publik yang ramai.
Namun Anda tentunya tidak bisa menempelkan flyer biasa saja untuk menjalankan Ambient marketing. Anda perlu melakukan usaha yang lebih ‘sensasional’.
Ambient marketing umumnya dijalankan dengan cara menggambar graffiti di tembok-tembok bangunan. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan stiker di instalasi umum dan tiang listrik. Contohnya perusahaan KitKat yang mengecat dan memodifikasi bangku tempat duduk publik sehingga menyerupai produk jualan mereka.
Cara ini memang ampuh untuk menarik rasa perhatian masyarakat, namun juga beresiko melanggar aturan mengotori lingkungan masyarakat. Jadi, Anda perlu melakukan pertimbangan yang matang serta mengurus izin dengan benar sebelum mempromosikan usaha.
Stealth Marketing
Jenis Guerilla marketing terakhir, sekaligus yang paling berbeda dibandingkan jenis-jenis sebelumnya, adalah Stealth marketing. Di sini, Anda justru melaksanakan trik marketing yang ‘sembunyi-sembunyi’. Biasanya, konten promosi tidak dibuat kentara atau jelas-jelas sedang mempromosikan produk.
Sehingga penonton bisa menikmati konten ‘tanpa sadar’ bahwa yang mereka tonton sesungguhnya adalah iklan. Hanya penonton yang jeli saja yang bisa memahami bahwa konten yang tengah Anda viralkan adalah iklan.
Contohnya adalah postingan Twitter video yang menampilkan sepasang muda-mudi bermesraan di pinggir jalan raya pada suatu malam. Video tersebut viral menjadi perbincangan karena aksi romantis mereka.
Namun beberapa audiens sadar bahwa postingan tersebut sesungguhnya adalah konten promosi dari e-wallet DANA, sebab, posisi sang muda-mudi berada persis di depan banner DANA. Selain itu, tampak beberapa kali kamera sengaja difokuskan ke banner DANA yang terpasang.
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang Guerilla Marketing ideas, mulai dari pengertian, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan hingga contoh Guerilla marketing di Indonesia. Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini.
Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya! Selanjutnya, kami akan membahas bagaimana cara membuat konten Guerilla marketing yang baik, jadi selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.