Last Updated on May 27, 2022 by appkey
Saat ini ada miliaran orang yang menggunakan ponsel cerdas dan jumlah tersebut akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Dengan bertambahnya jumlah tersebut tentu akan menciptakan pasar yang sangat besar untuk pembuatan dan pembelian aplikasi.
Saat ini terdapat lebih dari empat juta aplikasi yang mendapat peringkat di Apple App Store dan Google Play Store, ini berarti Anda harus memiliki strategi yang efektif untuk pemasaran aplikasi Anda jika ingin menghasilkan unduhan dan keterlibatan seluler yang banyak.
Daftar Isi
Apa itu Pengoptimalan App Store?
Pengoptimalan App Store atau ASO merupakan peningkatan yang dilakukan pada halaman unduhan aplikasi untuk membantu aplikasi yang Anda miliki menaiki tangga visibilitas dan mendorong lebih banyak pengguna untuk mengunduhnya.
ASO difokuskan pada dua platform toko aplikasi terkenal di dunia, yaitu Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android).
Jika Anda sedang membuat aplikasi atau sudah memilikiya di toko aplikasi, kehadiran ASO sangat penting untuk menunjang aplikasi Anda agar menonjol di pasar aplikasi resmi.
Baca juga : App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore
7 Tips Pengoptimalan App Store
Terdapat tujuh langkah dasar untuk memastikan aplikasi Anda dioptimalkan untuk App Store. Dengan mengikuti tips berikut akan memungkinkan Anda memasarkan aplikasi secara efektif, mengidentifikasi pesaing teratas dan membawa aplikasi Anda ke level teratas.
1. Gunakan Kata Kunci Yang Relevan
Dalam dunia pemasaran, kata kunci memiliki peran penting dalam menggapai tujuan pemasaran Anda. Melakukan analisis mengenai kata kunci apa yang tepat bagi audiens sangatlah penting.
Anda perlu menunjukkan dengan tepat kata kunci yang digunakan pelanggan Anda dalam melakukan pencarian dan kata kunci yang digunakan pesaing utama Anda.
Melakukan pencocokan kata kunci dengan kebutuhan pelanggan akan membantu mereka menemukan aplikasi Anda di App Store dengan lebih mudah dan cepat.
Jangan gunakan kata kunci yang tidak terkait dengan aplikasi Anda, itu akan berpengaruh terhadap peringkat Anda. Gunakan hanya satu bentuk kata kunci saja, entah itu tunggal atau jamak. Kemudian jangan gunakan kata kunci yang menyertakan kata aplikasi atau nama dari merek pesaing Anda.
Jika Anda merasa kesulitan untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan, Anda bisa memanfaatkan alat yang tersedia, seperti Google keyword planner
2. Optimalkan Judul Dan Deskripsi Anda
Judul menjadi satu-satunya metadata terpenting yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lebih banyak unduhan dari pengguna.
Buatlah judul yang memiliki karakter kurang dari 25 buah, sehingga judul akan terlihat di layar penelusuran aplikasi. Selain itu, judul juga harus mudah diingat untuk meningkatkan unduhan pengguna.
Dengan menggunakan nama perusahaan Anda dan kata kunci teratas akan memungkinkan aplikasi Anda lebih mudah untuk dicari oleh pengguna.
Setelah memilih judul yang menurut Anda tepat, cobalah untuk mencari aplikasi Anda di App Store. Jika hasil yang Anda dapatkan masih terlampau banyak, bahkan ribuan, hal tersebut berarti judul yang Anda gunakan masih pasaran atau kurang kreatif.
Tak hanya judul yang harus Anda perhatikan, deskripsi juga penting. Deskripsi yang Anda buat harus menyertakan kata kunci yang relevan sebanyak mungkin dalam 250 karakter pertama. Anda harus membuat pengguna mengklik “baca lebih lanjut” untuk menaikkan pemasaran aplikasi Anda.
3. Sertakan Ikon & Tangkapan Layar yang Menarik
Tak hanya kegunaan aplikasi saja, visual aplikasi juga memiliki peran penting. Visual yang menarik dapat memberi Anda keunggulan di pasar aplikasi.
Pilihlah ikon aplikasi yang mudah dipahami dan dikenali oleh pengguna. Jangan sampai ikon yang Anda gunakan sulit untuk diingat dan dimengerti.
Tentukan pula warna dari merek Anda, bila perlu gunakan warna yang berbeda dengan yang digunakan pesaing Anda. Perbedaan warna juga agar pengguna tidak bingung antara satu merek dengan merek lainnya.
Sebagian besar pengguna melihat tampilan layar Anda terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk mengunduh aplikasi tersebut atau tidak. Jadi, visual aplikasi sangatlah penting untuk menarik pengguna.
Mengenai warna, jangan takut untuk mencampurkan beberapa warna. Gunakanlah template warna-warni agar tampilan layar Anda terlihat profesional dan menyenangkan jika dilihat.
Jangan sampai hanya teks saja yang menjadi unsur utama dalam tampilan aplikasi Anda. Sertakan pula fitur visual yang menunjukkan aplikasi Anda lebih unggul daripada pesaing lain.
4. Tambahkan Video
Tak hanya gambar, video juga memiliki peran penting dalam pemasaran aplikasi yang Anda miliki. Menggunakan video di dalam halaman aplikasi dapat meningkatkan unduhan hingga 35 persen.
Peningkatan unduhan yang Anda alami tidak hanya sekedar mengoptimalkan judul dan visual saja. Setiap unduhan yang meningkat, tentu akan berpengaruh juga terhadap peringkat aplikasi Anda. Maka dari itu, jumlah unduhan menjadi hal penting dalam mencapai kesuksesan pemasaran aplikasi.
Kebanyakan orang saat ini lebih suka mencari dan mengunduh aplikasi dalam beberapa menit saja, maka dari itu peran video dalam fitur aplikasi Anda menjadi salah satu media penting untuk menunjang pemasaran aplikasi.
5. Riset Pesaing Anda
Ini sangat penting bagi ASO. Setiap pebisnis harus mengetahui betul siapa pesaing mereka dan strategi apa yang digunakan. Sebelum dipasarkan, sebuah aplikasi harus menentukan kategori terbaik mereka, begitu pula dengan aplikasi yang Anda miliki.
Faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih kategori seperti, jumlah pesaing, jumlah aplikasi yang diperbarui secara konsisten, dan seberapa populer peringkat kategori dalam unduhan.
Setelah berhasil menambahkan aplikasi ke pasar, jangan harap Anda bisa bersenang-senang. Anda harus secara konsisten memantau aplikasi, apakah sudah memiliki kinerja terbaik dalam kategori yang telah Anda pilih atau belum. Perlu juga untuk mengecek apakah peringkat aplikasi Anda berubah ketika menambahkan kata kunci atau mengubah metadatanya.
Untuk menentukan peringkat kata kunci baru, pastikan Anda telah melakukan langkah terbaik sebelum pesaing Anda memiliki kesempatan tersebut.
App Tweak berpendapat, alat analisis pesaing Anda harus mempersempit pesaing teratas Anda menjadi lima saja, sehingga Anda dapat secara efektif mengelola rutinitas ASO yang konsisten.
6. Bangun Tautan Balik
Bagaimana caranya menghadirkan backlink terbaik? Aplikasi Anda harus ditautkan secara aktif di situs web yang relevan dan memiliki otoritas yang sesuai dengan standar algoritme Google saat ini.
Backlink bisa dalam bentuk teks atau gambar dengan menggunakan tag ALT (ALTernative text).
7. Mendorong Traffic Ke Halaman App Store Anda
Memiliki situs web yang telah dioptimalkan SEO yang digunakan untuk melakukan hosting informasi aplikasi Anda akan memungkinkan Anda mengarahkan lalu lintas langsung ke halaman toko aplikasi Anda.
Memanfaatkan situs web ini untuk aplikasi juga dapat membantu Anda dalam menentukan peringkat di Google. Sehingga memungkinkan mereka yang melakukan pencarian web sederhana untuk opsi lain menemukan dan mengunduh aplikasi yang Anda miliki.
Tak hanya itu, iklan aplikasi berbayar juga bisa Anda gunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aplikasi Anda.
Perlu diingat, ASO sama dengan SEO. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang cepat. Namun jika Anda konsisten setiap hari meluangkan waktu untuk mengerjakan daftar periksa pengoptimalan toko aplikasi, tentu akan ada hasil positif atas kerja keras Anda.
Ingin dapat lebih banyak tips dan trik sukses mengelola bisnis online gratis setiap hari? Ayo follow website MARKEY sekarang juga di https://markey.id/ ! Bisa juga download aplikasi MARKEY di Google Play atau Apple Store untuk mode baca yang lebih praktis.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.