Last Updated on August 9, 2021 by
Kalau dilihat-lihat, saat ini ada banyak sekali aplikasi bisnis online terbaik bertebaran di mana-mana. Setiap aplikasi terbaik pun menawarkan fitur-fitur yang tampak serupa ke pengguna. Namun jangan salah, aplikasi bisnis online terbaik tidak bisa dibuat ala kadarnya, lho.
Peluang bisnis e commerce dewasa ini sedang sangat gemilang. Inilah mengapa banyak sekali pebisnis meluncurkan usahanya dalam bentuk aplikasi terbaik. Menurut survey terkini, jumlah pengguna aplikasi bisnis online terbaik di Indonesia ada kurang lebih sebanyak 85 juta jiwa. Pasar yang sangat menjanjikan, bukan?
Sisi buruknya, aplikasi terbaik Anda harus sanggup bersaing dengan ratusan aplikasi bisnis online lain. Untuk itulah Anda harus tahu 7 fitur yang biasanya ada di sebuah aplikasi bisnis online terbaik. Berikut ulasan selengkapnya langsung untuk Anda.
Daftar Isi
Fitur Aplikasi Terbaik Mampu Meningkatkan Kepuasan Konsumen
Dalam dunia bisnis, termasuk peluang bisnis e commerce, kepuasan konsumen adalah hal nomor satu terpenting. Meskipun peluang bisnis e commerce sedang bagus dan Anda sudah punya aplikasi bisnis online terbaik, tetapi kalau konsumen kecewa dengan pelayanan, maka usaha Anda tetap akan sepi.
Performa dan fitur aplikasi terbaik faktanya sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen saat belanja online. Semakin kencang dan praktis cara pakai aplikasi, otomatis konsumen akan semakin puas. Begitupun sebaliknya.
Kalau sampai hari ini aplikasi bisnis online terbaik Anda masih belum berkembang dengan baik, bisa jadi penyebabnya ada pada fitur-fitur yang dimiliki. Banyak pebisnis online tidak sadar kalau fitur-fitur di aplikasi terbaiknya ternyata belum cukup menarik atau sesuai kebutuhan konsumen.
Akibatnya pun bervariasi. Mulai dari konsumen merasa kesulitan membeli produk, tidak bisa menemukan produk di toko, atau tidak tertarik berbelanja dengan aplikasi Anda. Jika dibiarkan untuk jangka panjang, aplikasi bisnis online Anda bisa ditinggalkan oleh masyarakat karena kurang nyaman dipakai.
Jadi jangan sampai godaan peluang bisnis e commerce mendorong Anda sekadar membuat aplikasi bisnis biasa. Lebih baik maksimalkan fitur dan keunggulan aplikasi supaya bisnis online Anda benar-benar diminati konsumen!
7 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Terbaik: Khusus E Commerce
Cara memulai bisnis e commerce sejatinya cukup gampang. Anda bisa memulai dengan memiliki aplikasi bisnis online terbaik dengan fitur-fitur lengkap seperti berikut ini:
1. Login Pengguna
Pertama adalah fitur login pengguna. Sebuah aplikasi terbaik pasti dilengkapi fitur login canggih dengan sistem keamanan kuat. Selain itu, fitur login pada aplikasi e commerce umumnya dapat menyimpan data pengguna dengan baik. Alhasil konsumen tidak perlu login berulang kali setiap ia ingin membuka app.
Kebanyakan konsumen tidak senang jika diharuskan login berulang kali ke aplikasi. Bagi mereka, cara tersebut sungguh sangat tidak praktis dan ribet. Akibatnya, orang-orang cenderung meninggalkan aplikasi yang sedikit-sedikit mewajibkan pengguna login ulang.
Maka dari itu, pastikan aplikasi e commerce Anda mempunyai sistem login yang baik dan praktis, ya. Beberapa aplikasi e commerce pun sengaja menambahkan fitur login 1x klik dengan memakai e-mail atau tautan ke sosial media saja.
2. Keranjang Online (Cart)
Fitur e commerce terbaik berikutnya adalah keranjang online atau cart. Keranjang online berguna untuk “menampung” sementara item-item yang hendak dibeli konsumen. Fungsinya sama saja seperti keranjang belanja biasa.
Pembeli bebas mau menambah, mengedit, ataupun mengurangi jumlah produk di keranjang masing-masing. Begitu selesai, meeka bisa langsung check out semua produk belanjaan dan membayarnya sekaligus.
Selain itu, keranjang online mempermudah pembeli membayar belanjaan dalam hitungan total (bukan satu per satu), memudahkan penjual mengemas daftar pesanan, dan tidak menjadikan barang belanjaan tercecer atau hilang.
3. Search atau Pencarian Produk dengan Filter
Sebagian besar aplikasi pasti mempunyai fitur searching atau pencarian produk. Bahkan fitur search terbaru umumnya dilengkapi dengan filter pencarian item yang spesifik.
Walaupun sepele, ternyata fitur search amat penting dalam dunia aplikasi, terutama aplikasi bisnis online. Sebuah aplikasi e commerce bisa menjual ribuan hingga jutaan produk sekaligus. Jelas akan sangat sulit bagi konsumen untuk mencari produk idaman tanpa dibantu fitur searching.
Beberapa e commerce modern sudah memodifikasi fitur searching-nya dengan menambah pencarian memakai foto (gambar) dan suara. Jadi, pembeli bisa menelusuri produk online hanya dengan mengupload foto produk atau menyebut kata kunci yang relevan. Sangat praktis!
4. Wishlist atau Likes Produk
Tidak semua konsumen yang membuka aplikasi e commerce akan langsung tertarik membeli produk. Kebanyakan orang justru suka menyimpan produk ke dalam wishlist untuk dibeli kapan-kapan. Oleh sebab itulah, fitur wishlist (daftar keinginan) atau likes produk sering dibutuhkan oleh konsumen.
Konsumen yang tertarik dengan produk bisa menyimpannya sementara dalam wishlist agar tidak hilang ketika tiba waktunya untuk di-check out. Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak langsung membeli produk. Bisa jadi mereka menunggu adanya voucher diskon dari e commerce atau promo gratis ongkir. Maka untuk sementara waktu, produk idaman disimpan dalam wishlist bukan keranjang.
5. Payment Gateway
Selanjutnya adalah fitur payment gateway. Ini adalah fitur khusus yang memproses pembayaran di toko online. Payment gateway bisa memverifikasi pembayaran dengan kartu kredit, debit, transfer bank, ataupun e-wallet dengan praktis.
Penambahan fitur payment gateway pada aplikasi memberi banyak opsi pembayaran bagi konsumen. Setiap orang bisa bebas memilih metode ternyaman untuk melunasi tagihan pesanan. Cari tahu keuntungan lengkap serta rekomendasi payment gateway terbaru selengkapnya di sini.
6. Customer Service dan Support 24 Jam
Jangan lupakan fitur customer service dan support center 24 jam, ya! Fitur ini amat penting untuk membantu konsumen yang mengalami kendala atas transaksi.
Kita memang tidak bisa tahu kapan masalah datang menghampiri konsumen. Bisa saja masalah tiba saat pengiriman, sebelum check out, ataupun ketika barang tiba di rumah pembeli. Jadi Anda harus siap sedia menangani keluhan dan pertanyaan pembeli.
Aplikasi bisnis online terbaik pasti didukung oleh tim customer service yang prima. Fitur ini membantu konsumen menyampaikan pertanyaan dan keluhannya dengan praktis, lalu kemudian mendapat solusi terbaik dari penjual. Ada juga toko-toko online yang memasang chatbot otomatis supaya bisa melayani chat pembeli selama 24 jam.
7. Promosi (Voucher, Diskon, dan Lain-Lain)
Fitur terakhir yang wajib ada adalah laman promosi dari e commerce. Bagian ini umumnya memuat aneka penawaran terbaru dari toko; baik itu voucher, cashback, diskon, flash sale, dan lain-lain.
Halaman promosi termasuk sebagai fitur paling dicari di aplikasi bisnis online karena siapa, sih, yang tidak suka belanja saat promo? Anda bebas memberi banyak tawaran belanja menggiurkan demi menarik sebanyak mungkin konsumen!
Bonus: Fitur Aplikasi E Commerce Lain yang Bisa Ditambahkan
Selain 7 fitur di atas, Anda masih bisa menambahkan fitur-fitur pemanis lainnya yang tak kalah menarik di aplikasi bisnis seperti:
1. Informasi Ongkos Kirim
Ketika bicara aplikasi e commerce, pastinya kita tidak bisa lepas dari ongkos pengiriman pesanan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pesanan online akan dibebankan tambahan ongkir. Ini karena pengiriman paket ke rumah pembeli dilakukan dengan jasa ekspedisi.
Tarif ongkir pun cenderung bervariasi karena tergantung jauh-dekat jarak alamat konsumen dengan posisi toko. Alhasil konsumen memerlukan fitur tambahan berupa informasi ongkir pada laman aplikasi supaya mereka tahu berapa ongkos tambahan yang dikenakan untuk pesanan.
2. Logo Bisnis
Anda boleh menambah logo bisnis di aplikasi untuk mencirikan platform tersebut sebagai toko Anda yang sah. Jika diperhatikan, memang kebanyakan aplikasi mencantumkan minimal logo perusahaan untuk mencirikan karakteristik atau nuansa brand.
Taktik pemasangan identitas perusahaan pada aplikasi bisnis juga tergolong baik sebab mampu mendongkrak branding reputasi. Konsumen bisa dengan mudah mengingat perusahaan Anda karena sering melihatnya saat transaksi menggunakan aplikasi.
Memasang logo bisnis ke aplikasi juga bisa menambah kepercayaan serta profesionalitas usaha dalam perspektif konsumen. Mereka jadi semakin tertarik belanja karena yakin bahwa aplikasi Anda benar dan asli, bukan penipuan.
3. Call To Action
Tombol Call To Actions atau CTA juga bisa ditambahkan dalam aplikasi untuk meningkatkan penjualan. CTA bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah penjualan olshop dalam waktu singkat.
Tombol ini bisa Anda modifikasi untuk mendorong konsumen melakukan tujuan tertentu. Semisal mengklik/mengklaim promo, men-check out produk, atau mendaftar dan berlangganan sebagai member bisnis.
4. Review Pembeli
Pernah ragu saat hendak membeli produk online? Nyatanya hampir semua masyarakat mengalami masalah tersebut saat bertransaksi online. Meskipun aplikasi e commerce sudah menampilkan katalog foto dan video, sebagian orang masih belum yakin dengan kondisi asli produk. Sebab mereka sudah tahu bahwa foto dan video di katalog sudah diedit sedemikian rupa agar tampak menarik.
Di sinilah peranan kolom/fitur review pembeli diperlukan. Pada bagian ini pembeli bisa saling memberi rekomendasi serta penilaian terhadap produk. Tingkat kepercayaannya pun lebih tinggi, karena para pembeli tidak punya tujuan menjual produk seperti layaknya penjual.
5. FAQ (Frequently Asked Question)
Terkadang, kolom deskripsi produk masih belum cukup untuk menjawab pertanyaan konsumen. Ada saja hal-hal tentang produk atau sistem pengiriman yang membingungkan pembeli. Alhasil toko online Anda memerlukan laman khusus bernama FAQ (Frequently Asked Question).
Halaman ini memuat semua pertanyaan umum yang sering ditanyakan pengunjung. Dengan menyediakan laman FAQ, Anda tidak perlu repot menjawab pertanyaan serupa dari setiap konsumen.
6. Rekomendasi Produk
Terakhir adalah fitur rekomendasi produk. Mungkin Anda sendiri pernah menelusuri produk di e commerce dan menemukan tulisan “Rekomendasi Produk Terkait”. Nah, fitur ini biasanya dibuat dengan teknologi komputer AI (Kecerdasan Buatan) dan bisa menampilkan produk-produk sejenis dengan yang dicari pembeli.
Semisal konsumen menelusuri produk baju kemeja wanita di aplikasi. Secara otomatis sistem app akan menunjukkan lebih banyak rekomendasi baju kemeja wanita untuknya. Fitur ini terbukti mampu memberi efek “mengikat dan mendorong” ke konsumen. Ketika melihat rekomendasi produk sejenis, pembeli jadi tertarik untuk men-check out banyak lebih banyak produk. Alhasil penjualan Anda akan meningkat.
Cara Memulai Bisnis E Commerce Praktis di Sini
Bagaimana, tertarik untuk ikut mencoba cara memulai bisnis e commerce? Sekarang Anda bisa memulai bisnis olshop praktis hanya dengan mempunyai aplikasi bisnis online saja. Pun Anda tidak perlu repot mengembangkan aplikasi e commerce canggih sendiri, karena ada layanan APPKEY yang siap membantu!
APPKEY adalah layanan pengembang aplikasi serta website bisnis populer di Indonesia yang sudah menangani banyak klien. Kali ini APPKEY hadir menawarkan aplikasi e commerce terbaik murah berkualitas khusus untuk Anda.
Aplikasi online shop APPKEY sudah dilengkapi dengan semua fitur unggulan yang dibahas di atas. Anda bisa langsung menggunakannya untuk bisnis tanpa perlu pusing lagi menyusun sendiri.
Selain itu, APPKEY juga menawarkan berbagai bonus tambahan untuk Anda secara langsung:
- Gratis konsultasi dengan tim ahli berpengalaman untuk menyelesaikan aneka kendala pada bisnis online Anda.
- Garansi seumur hidup tanpa biaya tambahan. Jika aplikasi mengalami masalah di kemudian hari, segera hubungi APPKEY untuk langsung mendapat perbaikan.
- Bebas kustom tampilan aplikasi. Beri tahu kami bagaimana logo dan tampilan yang Anda inginkan untuk aplikasi bisnis. Tim desainer profesional APPKEY akan segera menyiapkannya sebaik mungkin.
- Dukungan multi bahasa. Langsung siap go internasional dengan APPKEY karena aplikasi kami sudah dilengkapi berbagai bahasa untuk mendukung penjualan ekspor.
- Fleksibel dan keamanan terjamin. Aplikasi olshop dari APPKEY tersedia untuk Android dan iOS, bisa disesuaikan untuk beragam jenis bisnis, dan dilengkapi sistem keamanan data tercanggih.
Jadi mau tunggu apa lagi? Mari mulai bisnis Anda bersama kami!
Segera dapatkan aplikasi e commerce APPKEY di sini, ya. Jangan ragu juga untuk menghubungi APPKEY jika masih ada pertanyaan lebih lanjut.
Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.