Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi tentunya semakin berkembang, mulai dari Personal Computer (PC), laptop, smartphone, bahkan teknologi internet pun juga berkembang. Terlebih untuk teknologi smartphone, pengembangan aplikasi-nya pun semakin berkembang.
Tentunya Anda sebagai pemilik bisnis di bidang pembuatan aplikasi, setelah menyelesaikan pembuatan suatu aplikasi, tidak perduli seberapa bagusnya aplikasi milik Anda, tidak ada gunanya jika Anda tidak dapat membuat aplikasi Anda dikenali oleh orang.
Oleh karena itu Anda pastinya membutuhkan cara untuk berpromosi. Semakin gencar Anda mempromosikan aplikasi buatan Anda, tentunya akan semakin meningkatkan penjualan aplikasi Anda.
Artikel ini akan membahas beberapa hal sekaligus, yaitu delapan cara untuk berpromosi, kisah sukses promosi aplikasi dua brand ternama yaitu Coca-Cola & GU, pentingnya untuk mengetahui rute download aplikasi, dan yang terakhir adalah pentingnya untuk meningkatkan daya tarik aplikasi itu sendiri.
Untuk mengawali pembahasan artikel ini, berikut ini akan dibahas delapan cara untuk mempromosikan aplikasi milik Anda!
Daftar Isi
Delapan Cara Untuk Mempromosikan Aplikasi
Adapun delapan cara untuk mempromosikan aplikasi milik Anda adalah sebagai berikut!
1. Pengiriman di SNS
Apa yang dimaksud dengan Social Networking Service (SNS)? Social Networking Service atau SNS adalah platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, yang tentunya memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, terutama dari kaum muda. Apalagi untuk platform Instagram, platform yang satu ini memiliki kepopuleran tersendiri. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan platform SNS yang satu ini untuk mengiklankan aplikasi milik Anda, tentunya Anda telah memiliki keputusan yang baik dalam hal mempromosikan produk aplikasi buatan Anda.
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki akun resmi bisnis aplikasi milik Anda di berbagai SNS yang bersifat gratis, kemudian mengumumkannya. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan pengguna pada aplikasi milik Anda dan keuntungan lainnya di masa depan adalah dapat membantu Anda mengumpulkan suara secara langsung dari aplikasi Anda. Selain itu, juga sangat efektif sekali untuk mengirim informasi mengenai pembaruan aplikasi secara berkala.
Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar untuk aplikasi di SNS. Tentunya ini membutuhkan banyak biaya, tetapi Anda dapat menargetkan untuk segmen iklan tertentu yang Anda inginkan tetapi untuk banyak pengguna SNS.
2. Situs Web Resmi
Pada umumnya situs web resmi digunakan untuk tujuan promosi, tetapi pada akhirnya juga digunakan untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas. Dengan memperkenalkan aplikasi di situs web resmi milik Anda, Anda dapat mendorong penggunaan aplikasi yang bersifat gratis, sebagai contoh hanya untuk penggunaan saja.
Dalam kasus nyata, sebagai contoh, Mc. Donald’s di Jepang, sudah menyiapkan tab di situs web resmi perusahaan yang pada akhirnya dapat ditransisikan ke aplikasi resmi, kemudian menyampaikan kegunaan aplikasi tersebut. Selain itu, terdapat informasi yang mendorong pengguna untuk diarahkan ke toko aplikasi dan men-download.
Kasus nyata lainnya adalah situs web resmi Tokyo Disney Resort juga memiliki page yang memperkenalkan aplikasi resmi milik mereka sekaligus memandu transisi ke application store. Aplikasi Tokyo Disney Resort memberikan informasi cara menggunakannya dalam bentuk gambar dan video sehingga Anda dapat melihat secara sekilas layanan apa saja yang akan Anda terima apabila Anda benar-benar menggunakan aplikasi tersebut.
3. Iklan Web
Sebelumnya telah diperkenalkan iklan berbayar untuk Social Networking Service (SNS), tetapi tentunya ada banyak jenis iklan web lain yang dapat mendorong pengguna untuk men-download aplikasi milik Anda. Keuntungan dari metode iklan web adalah Anda dapat membagi materi iklan menurut segmen yang telah Anda targetkan sekaligus mengubah metode pendekatan. Adapun metode pendekatan yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.
4. Daftar Iklan
Apabila Anda melakukan pencarian di search engine Google, pernahkah Anda melihat hasil pencarian yang menampilkan kata “iklan” atau “ad”? Hal tersebut adalah daftar iklan yang merupakan perwakilan dari iklan Web. Mengacu pada iklan yang muncul pada hasil pencarian yang tentunya sesuai dengan istilah pencarian. Anda dapat beriklan pada setiap keyword yang memiliki persentase besar akan dicari oleh calon pengguna aplikasi Anda, dan pada akhirnya Anda dapat menarik perhatian target audiens Anda.
Iklan Bersih
Iklan banner dan iklan teks tergolong sebagai iklan web lama. Pada umumnya situs web atau situs blog tertentu menjual ruang di web sebagai ruang iklan. Melalui hal ini diharapkan dapat memberikan efek tertentu untuk dapat menemukan calon pengguna baru, dan tentunya memiliki kontribusi terhadap branding.
Jaringan Iklan
Metode iklan online yang menempatkan iklan di permukaan iklan di beberapa situs disebut jaringan iklan. Memasang iklan di banyak media dapat memakan waktu, tetapi Anda dapat dengan mudah menggunakan iklan tersebut dengan cara bertanya kepada pengiklan jaringan iklan secara massal.
Periklanan Asli
Iklan artikel yang muncul secara alami selain artikel web biasa disebut iklan asli. Saat pertama kali melihatnya, terlihat seperti artikel biasa, seringkali ini terlihat seperti artikel dengan kata iklan di dalamnya. Sebab, saat iklan yang terkait dengan konten artikel ditampilkan, pengguna dapat merasa nyaman dan dapat membaca iklan secara alami.
Iklan Offline
Promosi aplikasi tentunya tidak hanya efektif secara online tetapi juga secara nyata. Apabila Anda memiliki toko atau tempat usaha secara resmi, Anda juga dapat menggunakan POP dan poster untuk mempromosikan aplikasi. Pengguna yang mengunjungi toko atau tempat usaha Anda dapat melihatnya, sehingga tentunya ini akan sangat efektif.
Selain itu, jika aplikasi dimaksudkan untuk digunakan oleh jumlah pengguna yang tidak dapat ditentukan setiap hari, tentunya menempatkan iklan di tempat-tempat yang dapat dilihat oleh sejumlah besar orang sangatlah efektif, sebagai contoh poster stasiun dan iklan dalam mobil.
5.Tindakan ASO
Apa yang dimaksud dengan ASO? ASO adalah pengoptimalan app store dan kemungkinan besar banyak orang tidak familier dengan istilah ini. Apabila Anda menganggapnya sebagai tindakan SEO versi application store, tentunya mudah sekali dibayangkan, seperti situs internet yang tak terhitung jumlahnya, apalagi jumlah aplikasi sangat besar saat ini. Agar calon pengguna aplikasi dapat menemukan aplikasi pilihan mereka sendiri melalui application store di antara banyaknya aplikasi, tentunya langkah-langkah ASO sangatlah penting.
Jadi, apa saja yang harus Anda lakukan? Berikut ini akan dijelaskan hal-hal penting yang harus Anda lakukan.
- Apakah judul aplikasi unik?
- Apakah Anda memasukkan jumlah kata kunci yang tepat terkait dengan aplikasi?
- Apakah deskripsi aplikasi mudah dimengerti?
- Apakah Anda menggunakan tangkapan layar dan video untuk memperkenalkan aplikasi Anda?
- Apakah evaluasi pengguna baik?
6. Penggunaan Influencer
Anda pun Istilah influencer merujuk pada orang yang melakukan tindakan yang menghasilkan pengaruh besar pada dunia melalui sosial media. Tidak hanya selebritis, orang biasa juga menjadi influencer. Influencer ini, seiiring dengan perkembangan jaman, digunakan sebagai strategi pemasaran, dan umumnya disebut influencer marketing.
Saat memikirkan strategi promosi aplikasi, Anda dapat menambah jumlah unduhan dengan meminta influencer yang cocok dengan aplikasi Anda memberitahu Anda tentang informasi aplikasi.
7. Implementasi Kampanye Acara
Metode yang satu ini berfungsi untuk menarik pelanggan seperti acara dan kampanye tradisional, tetapi dapat diharapkan secara efektif untuk digunakan sebagai tempat pemberitahuan aplikasi. Acara dengan metode ini dapat berupa berbagai cara, seperti acara peluncuran aplikasi atau acara di tempat berkumpul. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat memanfaatkan media.
Contoh lain adalah Anda dapat mengeluarkan kupon hanya untuk mereka yang men-download aplikasi selama periode waktu tertentu, atau mengeluarkan voucher hadiah belanja untuk calon pengguna aplikasi dan temannya, jika calon pengguna aplikasi Anda memperkenalkannya kepada temannya.
Menyadari adanya pelanggan baru dan melakukan acara atau kampanye yang bermanfaat bagi pelanggan Anda akan meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi Anda secara keseluruhan kepada aplikasi Anda. Sangat penting untuk melakukan acara dan kampanye reguler agar aplikasi Anda dapat dengan mudah untuk dikenali.
8.Promosi Kontribusi dari Mulut ke Mulut
Saat membeli sesuatu secara online, harga itu tentulah penting, tetapi tentunya banyak orang di dunia ini menghargai penilaian orang lain. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi, dimana word of mouth atau kekuatan informasi dari mulut ke mulut yang baik dapat secara spontan meningkatkan jumlah unduhan tanpa perlu menghabiskan banyak dana untuk iklan.
Sangat disarankan untuk mendorong sebanyak mungkin ulasan secara efektif dengan menggunakan kampanye seperti, “Dapatkan seratus poin untuk menulis ulasan di app.”
Kisah Sukses Promosi Aplikasi
Selanjutnya, akan dibahas contoh perusahaan yang berhasil membuat banyak orang mengunduh aplikasinya. Apabila Anda melihat di application store, tentunya Anda menemukan bahwa ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di application store. Lalu, apa saja ide dan rahasia aplikasi yang sukses?
Coca-Cola
Coca-Cola, perusahaan terbesar dan ternama di dunia juga memiliki aplikasi tersendiri. Aplikasi tersebut bernama “COKE ON” dan telah di-download lebih dari lima belas juta kali. Hal menarik dari aplikasi ini adalah pengguna aplikasi ini dapat menyimpan perangko atau tiket minuman dengan memegang aplikasi ini saat pengguna aplikasi membeli minuman. Dan apabila pengguna aplikasi menyimpan lima belas perangko atau tiket minuman, maka pengguna aplikasi akan menerima minuman gratis.
Pengguna aplikasi pun dapat menggunakan perangko atau tiket minuman itu sendiri atau memberikannya kepada teman. Aplikasi ini mendapatkan popularitas tinggi, terutama di kalangan muda. Aplikasi ini telah berhasil menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan popularitas Coca – Cola sekaligus iklan offline dengan menggunakan mesin penjual otomatis.
Adapun link yang dapat diakses terkait hal ini adalah: https://www.cocacola.jp/
GU
Merk fashion GU mengoperasikan aplikasi resmi bernama aplikasi GU. Aplikasi milik GU dapat menampilkan kartu keanggotaan dan selebaran, selain itu mencari toko terdekat, menggunakan kupon untuk anggota, dan sebagainya. Aplikasi ini juga memiliki layanan yang memungkinkan pengguna aplikasi untuk mengirim koordinasi milik pengguna aplikasi dan membagikannya seperti dalam Social Networking Service (SNS), sehingga pengguna aplikasi dapat menikmati kegiatan berbelanja dengan merujuk ke pos milik pengguna lain.
Keberhasilan promosi aplikasi GU erat sekali kaitannya dengan fakta bahwa semua application store bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran atas aplikasi brand tersebut dan mengumpulkan informasi dari mulut ke mulut. Adapun link yang dapat diakses terkait hal ini adalah: https://www.gu-japan.com/jp/sp/
Ketahui Rute Download Aplikasi
Ada hal penting yang harus Anda ketahui dalam hal mempromosikan aplikasi buatan Anda, yaitu mengetahui darimana pengguna aplikasi Anda men-download aplikasi buatan Anda dan mengetahui jalur pen-download-an.
Aplikasi berbeda sekali dengan situs web, sebab aplikasi adalah layanan yang tidak mungkin muncul melalui pencarian secara alami. Faktanya, dua faktor paling umum yang memicu calon pengguna aplikasi untuk mengunduh aplikasi adalah, pertama, calon pengguna aplikasi melihat peringkat application store dan yang ke dua adalah, terdapat perkenalan terlebih dahulu.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa, aplikasi dapat di-download dengan berdasarkan informasi dari pihak ke tiga, bahkan termasuk informasi dari mulut ke mulut atau word of mouth. Apabila Anda menciptakan reputasi yang bagus dengan memanfaatkan sepenuhnya Social Networking Service sekaligus word of mouth, tentunya Anda dapat mempromosikan aplikasi buatan Anda dengan sukses.
Tingkat Daya Tarik Aplikasi Itu Sendiri
Sejauh ini, Anda telah diperkenalkan pada metode dan contoh untuk mempromosikan aplikasi. Tentunya metode dan contoh tersebut memiliki potensi-nya masing-masing. Tetapi, jangan lupa dengan kualitas aplikasi itu sendiri. Meskipun aplikasi telah dirilis, titik pembaruan aplikasi jarang, fungsi yang diperlukan tidak di-install, dan sebagainya, meskipun poin peningkatannya jelas, tentunya akan sangat berlebihan jika hanya berfokus pada promosi.
Bahkan meskipun Anda menjalankan kampanye atau acara yang menarik untuk mempromosikan aplikasi Anda, tetapi kualitas aplikasi itu sendiri bukan kunci utamanya, pengguna aplikasi tidak akan terus menggunakan aplikasi Anda atau pun memberikan peringkat yang baik untuk aplikasi buatan Anda.
Demikian informasi menarik mengenai cara untuk mempromosikan aplikasi Anda, yang juga dilanjutkan dengan kisah sukses mengenai dua brand ternama yang berhasil menarik minat masyarakat luas untuk men-download aplikasi milik mereka, pentingnya untuk mengetahui rute download aplikasi Anda sekaligus daya tarik aplikasi itu sendiri. Tentunya informasi ini akan sangat bermanfaat untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai topik-topik yang telah dipaparkan sebelumnya.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.