Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingContoh Email Promosi atau Penawaran Produk yang Baik

Contoh Email Promosi atau Penawaran Produk yang Baik

-

Last Updated on July 20, 2023 by appkey

Di zaman sekarang ini, dimana teknologi berkembang pesat, tentunya dunia telekomunikasi juga sudah berkembang pesat, sehingga banyak cara bagi orang-orang untuk berkomunikasi satu sama lain. Mulai dari chat di media khusus telekomunikasi seperti WhatsApp, LINE, Telegram, atau pun media lainnya seperti sosial media Facebook, Instagram, dan Twitter.

Meskipun begitu, mengirim pesan atau informasi melalui email masih tetap digandrungi, apalagi di kalangan pebisnis atau lingkungan perkantoran. Di kalangan pebisnis atau perkantoran, tentunya ada berbagai macam email, namun yang paling umum kita temui adalah email yang berkaitan dengan promosi atau penawaran produk dari perusahaan atau bisnis tersebut.

Namun dibagi lagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebagai contoh, email perusahaan, email marketing, email penawaran produk hingga email bisnis. Adapun contoh email yang telah dipaparkan sebelumnya adalah sebagai berikut!

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

Contoh Email Perusahaan

contoh email

Sebelum mulai membahas email promosi, ada baiknya kita mulai dengan membahas alamat email perusahaan yang kemudian akan dilanjutkan dengan contoh email perusahaan. Alamat email perusahaan adalah hal yang paling dasar yang harus dimiliki sebelum mulai mengirim email promosi.

Anda harus memiliki alamat email, ditambah memilih domain mana yang cocok untuk Anda, sebagai contoh, Yahoo, Gmail, atau mungkin alamat domain lainnya yang dapat Anda pilih sendiri. Tentunya masing-masing domain memberikan kelebihan sekaligus memiliki kekurangan tersendiri.

Sebagai contoh, Gmail, memberikan kelebihan berupa pemberitahuan pesan yang bersifat real time, sekaligus dapat menyimpan email atau data penting dengan aman. Terdapat admin IT yang bertugas untuk mengelola account secara terpusat di seluruh organisasi maupun perangkat Anda.

Selain itu, dengan memilih Gmail sebagai domain Anda, Anda dapat mengakses email kapan pun dan dimana pun, tanpa perlu sambungan internet. Bahkan membaca dan membuat draft pesan dapat dilakukan tanpa memiliki sambungan internet, kemudian pesan siap dikirim saat kembali online.

Apabila Anda memilih domain Gmail, keuntungannya adalah Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan, dengan cara memberikan alamat email yang bersifat profesional kepada domain milik Anda yang nantinya digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan Anda. Contohnya email perusahaan adalah susanti@perusahaananda atau joni@perusahaananda. Anda pun juga dapat membangun milis group, seperti sales@perusahaananda.

Artikel terkait  Cara Memulai Bisnis Sejak Mahasiwa? Yuk Simak Tips Berikut!

 

Contoh Email Marketing

contoh email

Sekalipun Anda adalah master di bidang marketing yang sangat memahami teknologi yang sedang berkembang, atau bahkan seorang pemula yang baru saja bergerak di bidang marketing, Anda pasti membutuhkan contoh-contoh yang luar biasa. Contoh-contoh ini membuat Anda menjadi lebih kreatif, dapat digunakan sebagai bahan eksperimen, sekaligus meningkatkan marketing itu sendiri.

Di zaman sekarang dimana internet berkembang pesat, inspirasi mudah sekali untuk didapatkan sebab pada umumnya konten marketing dapat diakses oleh semua orang. Anda bisa mencari di internet atau bahkan jejaring sosial, untuk melihat apa yang sedang diperbincangkan oleh orang-orang atau koneksi Anda.

Namun, di tengah hal tersebut, terdapat saluran marketing yang sangat sulit untuk diakses untuk menemukan contoh yang baik, yaitu dalam hal email. Hal ini cukup sulit sebab Anda perlu berlangganan dulu ke sebuah contact list demi menemukan contoh email yang baik.

Bahkan sekalipun Anda sudah berlangganan pada email yang bagus, pihak provider email tersebut akan terus memborbardir Anda setiap hari sehingga cukup sulit bagi Anda untuk menemukan yang paling luar biasa di antara contoh-contoh email tersebut. Berikut ini akan dibahas contoh-contoh email yang baik untuk Anda.

Warby Parker

Contoh email marketing yang satu ini memiliki subject email tersendiri, yaitu “Uh-oh, your prescription is expiring.” Email ini adalah contoh email pemicu yang cerdas, Anda atau pun pelanggan lain akan sangat senang sebab email marketing yang satu ini mengingatkan Anda atau pelanggan lain resep kacamata yang akan segera kadaluarsa atau perlu diperbaharui.

Selain itu terdapat trik marketing dalam email ini, tepatnya di bagian bawah email. Apabila Anda atau seseorang tidak tahu kemana harus pergi untuk meng-upgrade subscription, maka informasi bagi seorang optometris atau pemeriksa mata berada tepat dalam email. Dengan begitu, Anda seolah-olah tidak ada alasan untuk tidak berbelanja kacamata.

Charity : Water

Saat berbicara mengenai email marketing, jangan lupa untuk menyebutkan email transaksional. Apa yang dimaksud dengan email transaksional? Email transaksional adalah email otomatis yang masuk ke dalam inbox Anda setelah Anda melakukan tindakan tertentu terhadap sebuah website.

Konten-konten yang terkandung di dalamnya bisa terdiri dari apa saja, mulai dari mengisi sebuah form bahkan membeli sebuah produk. Email jenis ini identik dengan sumbangan kepada sebuah proyek. Kebanyakan kegiatan amal tersebut tidak menjelaskan rute-rute tersebut.

Sementara Charity: Water, mempergunakan email yang bersifat otomatis untuk menunjukkan kepada para penyumbang bagaimana uang yang mereka berikan berpindah dari waktu ke waktu. Disertai dengan timeline proyek jadwal yang menyertai, sekalipun Anda tidak benar-benar membaca email, Anda dapat langsung mengetahui dimana diri Anda dalam proses secara keseluruhan.

Artikel terkait  Inilah Cara Membuat Storytelling Branding yang Memikat untuk Brand Bisnis

 

BuzzFeed

Email marketing jenis ini memiliki banyak keistimewaan. Pertama, BuzzFeed, memiliki subject email yang ditulis dengan keren dan terdapat teks pra-tampil atau teks berwarna abu-abu disamping subject email. Selain itu, subject email yang digunakan selalu bersifat singkat sekaligus memikat yang tentunya sangat cocok dan sempurna dengan konten BuzzFeed.

Banyak sekali orang yang suka dengan ide teks pra-tampil yang berfungsi untuk melengkapi subject email. Contoh yang dapat dilihat adalah, jika terdapat subject email yang bersifat pertanyaan, maka teks pra-tampilnya bersifat jawaban. Atau jika subject email bersifat perintah, maka teks pra-tampilnya tampak seperti pikiran yang logis setelah teks tersebut.

Saat Anda membuka email, isinya pun luar biasa. Coba perhatikan teks alternatif yang terdapat dimana seharusnya logo BuzzFeed dan gambar pertama seharusnya berada. Email tersebut masih dapat menyampaikan apa yang ingin disampaikan sekaligus terlihat sangat baik, terlepas dari apakah seseorang mengaaktifkan gambar atau tidak. Sudah jelas, ini adalah sesuatu yang harus ada dalam setiap email marketing.

Contoh Email Penawaran Produk

Adapun contoh email marketing yang juga dapat dipergunakan sebagai email khusus penawaran produk atau promosi adalah sebagai berikut!

1. Canva

Hal menarik dari email produk Canva adalah dalam hal kesederhanannya. Saat email tersebut muncul dengan konsep desain baru atau “new layouts in Canva”, tim dari Canva memungkinkan para subscriber tahu dengan cara mengirimkan sebuah email, dengan konsep tertentu.

Sebagai contoh, Anda diminta untuk memilih dokumen yang disediakan untuk memulai desain baru. Anda diminta untuk memilih tipe desain baru untuk memulai, seperti card, social media, poster dan yang terakhir adalah presentation.  Email ini, untuk masing-masing memberikan deskripsi singkat, menunjukkan halaman pra-tampil, sekaligus mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri!

2. Birchbox

“Kami Melupakan Sesuatu di Box Februari Anda!” adalah subject email yang berasal dari layanan subscription produk kecantikan Birchbox. Dan tentunya tim Birchbox tidak lupa untuk memberikan kode diskon dalam box-nya, tetapi sebenarnya itu adalah cara yang cerdas demi mendapatkan perhatian.

3. Dropbox

Tentunya sulit bagi Anda untuk menyukai sebuah email dari perusahan atau bisnis yang produknya belum pernah Anda gunakan. Namun, Dropbox menemukan sebuah cara untuk membuat email dengan makna “kembali lagi ke kami” miliknya menawan sekaligus lucu.

Tim Dropbox selalu mempertahankan email-nya terlihat singkat dan cantik, demi menekankan pesan bahwa tim Dropbox tidak ingin menganggu. Tim Dropbox hanya ingin mengingatkan penerima bahwa tim Dropbox ada sekaligus mengapa mereka bisa membantu.

Anda dapat menggunakan konsep seperti yang digunakan oleh tim Dropbox, yaitu ketika mengirim jenis-jenis email seperti ini, Anda dapat memasukkan sebuah insentif bagi penerima email untuk datang kembali demi menggunakan layanan Anda. Hal ini seperti sebuah kupon yang ada batas kadaluarsanya.

Artikel terkait  Cloud Marketing Adalah : Pemasaran Online Tersukses Abad Ini

Ciri-Ciri Email Promosi yang Profesional

contoh email

Menggunakan Alamat Email Khusus Bisnis

Ciri-ciri email promosi profesional yang pertama adalah pengirim email atau email sender-nya menggunakan alamat email dengan nama domain milik sendiri. Khusus alamat bisnis, biasanya memiliki format, yaitu nama@domainanda.ekestensidomain.

Contoh email bisnis, yaitu, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, dan lain sebagainya. Untuk bisa membuat email bisnis seperti yang dicontohkan ini, tentunya caranya sangat mudah. Anda cukup menyediakan hal-hal seperti domain & hosting dan tentunya terdapat tutorial yang mudah untuk diikuti oleh Anda untuk membuat email dengan domain sendiri.

Sedikit Kesalahan Typo

Email adalah media komunikasi yang berfokus pada teks, oleh karena itu penulisan konten dalam email haru benar-benar diperhatikan. Ciri email promosi yang kedua yaitu memiliki kesalahan typo yang sedikit, atau bahkan tidak memiliki kesalahan typo sedikit pun.

Untuk melakukan pengecekan terhadap typo, Anda dapat menggunakan tools berupa Typo Online yang merujuk pada database Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Anda cukup memasukkan teks, dokumen atau halaman website yang Anda inginkan untuk dicek ada atau tidaknya kesalahan penulisan.

Memiliki Link yang Aktif

Ciri ketiga dari email promosi yang profesional adalah memiliki link yang aktif. Maksud dari hal ini adalah link yang disertakan pada sebuah email promosi atau harus bisa di-click dan saat halaman yang dituju terbuka, isinya sesuai apa yang dipromosikan.

Menyediakan Jalan untuk Unsubcribe

Ciri yang ke-empat dari email promosi yaitu menyediakan jalan untuk melakukan unsubscribe. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan pembaca email marketing Anda. Apabila jalan untuk unsubscribe tidak Anda sertakan maka email marketing Anda ditandai sebagai spam atau bahkan dapat diblokir oleh subscriber.

Artikel terkait  Apa Itu Brand Positioning dan Contohnya? Ini Jawabannya

Cara Membuat Email Promosi Produk yang Profesional

Memilih Layanan Email Marketing yang Bagus

Dalam hal memilih layanan email marketing yang bagus, tentunya bagus ini memiliki beberapa parameter, seperti sistemnya stabil, mempunyai pelayanan terhadap pelanggan yang cepat tanggal, sekaligus memiliki konten edukasi yang lengkap.

Mengirimkan Email yang Sesuai sekaligus Relevan dengan Subscriber Anda

Hal ini terkait dengan penyesuaian situasi dan kondisi. Apabila subscriber Anda adalah kalangan ibu-ibu yang memiliki hobi memasak, aka Anda sebaiknya mengirimkan email seputar dunia memasak. Misalnya resep, informasi mengenai alat memasak, tips menjual masakan yang bersifat olahan, dan sebagainya.

Pada intinya, jangan sampai Anda salah dalam hal mengirimkan informasi kepada kalangan masyarakat yang Anda tuju, informasi yang Anda kirimkan harus memiliki keterkaitan dengan kalangan masyarakat tersebut.

Mengukur dan Evaluasi

Cara yang terakhir adalah mengukur sekaligus mengevaluasi. Lalu, apa yang harus diukur sekaligus dievaluasi? Misalnya ada berapa orang yang membuka email Anda, berapa orang yang meng-click link yang Anda kirimkan, dan yang terakhir adalah berapa banyak email yang tidak terkirim.

Setelah Anda ukur dengan metrik yang sudah dipaparkan sebelumnya, Anda dapat mengevaluasi, email yang mana saja yang mempunyai nilai tinggi dan email mana saja yang nilainya rendah.  Email dengan nilai tinggi dapat menjadi referensi Anda untuk membuat email promosi atau penawaran produk berikutnya. Sementara email dengan nilai rendah dapat Anda perbaiki lagi, baik dari segi konten maupun subject email-nya.

Contoh Email Bisnis

Pada dasarnya, email bisnis adalah sama dengan email perusahaan, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pada pembahasan pertama kalinya. Anda diharuskan memilih alamat email sekaligus memilih domain yang cocok, seperti Yahoo, Gmail, dan satu lagi seperti Flockmail.

Dengan menggunakan Flockmail, nama email bisnis Anda menjadi: nama@napaerusahaan.com. Sebagai contoh, sholeh@kirim.email, fahmi@kelasbos.com, seperti yang dipaparkan sebelumnya. Selain itu, memiliki kapasitas 30 Gb dan dilengkapi dengan aplikasi Android, Ios, Windows, dan MacOS. Anda pun dapat melakukan video conference atau e-meeting dan juga memiliki Kalender, Kontak, dan sebagainya.

Jadi pada intinya, untuk membuat email bisnis seperti yang diberikan pada contoh email bisnis sebelumnya, Anda harus menyediakan domain dan hosting, kemudian mengikuti tutorial seperti yang telah dipaparkan sebelumnya untuk memiliki email bisnis.

Demikian informasi mengenai contoh email promosi sekaligus penawaran produk yang baik. Semoga informasi dari Markey ini dapat memperdalam wawasan Anda mengenai jenis email yang bermanfaat dalam kehidupan berbisnis.

Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!

 

Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya