Last Updated on July 14, 2022 by
Email marketing telah berjalan kuat selama beberapa dekade, tetapi karena media sosial dan saluran digital lainnya terus memengaruhi strategi pemasaran, email telah menjadi opsi kedua bagi sebagian merk/brand.
Sebetulnya, email marketing adalah suatu rahasia yang membawa banyak sekali bisnis baru bagi merek/brand Anda.
Daftar email yang solid dapat menguntungkan merek Anda dengan membantu menjangkau pelanggan di luar media sosial atau pemasaran tradisional. Jadi, pada artikel kali ini mari kita membahas mengenai cara membangun daftar email Anda hingga sukses.
Daftar Isi
1. Gunakan alat email marketing
Email marketing bisa cukup membingungkan, jadi mengapa tidak menggunakan alat untuk membantu Anda mengatur hal tersebut? Menjadi teratur adalah langkah penting dalam proses membangun daftar email Anda dan untungnya, ada banyak alat pemasaran email di luar sana untuk membantu Anda dengan langkah ini.
Meskipun setiap platform berbeda, masing-masing menawarkan tempat untuk menyimpan konten email marketing Anda dan informasi tentang daftar email Anda untuk membantu membuat setiap kampanye email menjadi pengalaman bagi pelanggan.
Semua platform memiliki kisaran harga untuk layanan mereka yang terstruktur sesuai dengan ukuran daftar email Anda, dan hampir setiap platform menawarkan beberapa versi paket gratis. Beberapa layanan pemasaran email, bahkan tidak membebani Anda sepeser pun, setidaknya sampai daftar email Anda melampaui apa yang diizinkan oleh paket gratis tersebut.
Luangkan waktu Anda untuk meneliti semua opsi dan putuskan mana yang tepat untuk strategi email marketing Anda. Setelah Anda memilih platform, duduk santailah dulu sambil dan mulai membuat daftar email itu dengan tenang karena mengetahui bahwa fungsi pemasaran email Anda dikelola dengan baik.
2. Tambahkan formulir keikutsertaan ke situs web Anda
Ada pelanggan yang secara aktif ingin mencari cara untuk mendaftar ke daftar email Anda, dan pasti Anda menyukai orang-orang dengan karakteristik tersebut. Jadi jangan membuat proses pendaftarannya rumit agar Anda tidak kehilangan mereka.
Untuk mempermudah pelanggan yang ingin mendaftar, buatlah formulir keikutsertaan yang ramah pengguna. Formulir keikutsertaan pada dasarnya memberikan persetujuan kepada perusahaan untuk mengirim email ke suatu alamat email dan ini sering kali dicapai oleh pelanggan hanya dengan memasukkan email mereka dan menekan “kirim” Kedengarannya mudah, bukan?
Kesederhanaan adalah kunci saat membuat formulir opt-in; tidak ada yang mau melewati rintangan hanya untuk berada di daftar email. Untuk membuatnya lebih mudah diakses, tampilkan formulir keikutsertaan di tempat yang sangat terlihat seperti halaman beranda Anda. Ini akan mencegah formulir hilang bercampur dengan semua konten web Anda yang lain dan membuat pengunjung lebih mungkin untuk mendaftar.
3. Tawarkan insentif untuk berlangganan
Siapa yang tidak suka barang gratisan? Harga penuh sepertinya tidak pernah semenarik itu, tetapi kedengarannya jauh lebih bisa diterapkan dengan diskon yang ditawarkan dengan harga kecil memasukkan alamat email.
Menawarkan insentif adalah cara yang fantastis untuk mengembangkan daftar email Anda, karena hal itu membuat pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan sesuatu sebagai imbalan untuk menerima email merek/brand Anda.
Pastikan diskon yang ditawarkan sepadan dengan waktu pelanggan, karena banyak yang akan melewati penawaran jika mereka merasa itu tidak sepadan dengan uang yang mereka beli. Trik lainnya adalah membuat mereka menebak-nebak keputusan mereka untuk menutup pop-up Anda dengan menjadi kreatif sedikit pun tombolnya.
Lebih mudah untuk menolak tawaran ketika sebuah tombol hanya mengatakan “Tidak, terima kasih” daripada, “Tidak, saya tidak ingin diskon 20 persen dan akses eksklusif ke penjualan khusus pelanggan.” Ini akan mendorong pengguna untuk memikirkan kembali keputusan mereka, memberi mereka diskon berharga sekaligus membangun daftar email Anda.
4. Kirim email selamat datang
Duduk dan pikirkan saat Anda benar-benar merasa diterima di sebuah toko, rumah, atau acara. Apa yang membuat Anda merasa dihargai, hanya karena menginjakkan kaki melalui pintu? Mari terapkan pengalaman itu ke daftar email Anda.
Sama seperti menghadiri suatu acara atau mengunjungi rumah seseorang, pelanggan Anda harus merasa bahwa merek Anda bersemangat karena mereka telah bergabung ke pesta. Dan tidak ada yang dapat menghentikan perasaan luar biasa itu lebih cepat daripada pesan sederhana “Harap konfirmasi alamat email Anda” yang masuk ke kotak masuk mereka. Pelanggan Anda akan merasa dihargai sejak mereka menekan tombol “kirim” untuk bergabung dengan daftar email Anda.
Kabar baiknya adalah, jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan untuk memberikan perasaan hangat itu dalam email. Berterimakasihlah kepada pelanggan baru Anda karena telah bergabung dan menambahkan informasi yang relevan dan terkini tentang konten berharga yang akan mereka terima mulai sekarang.
5. Buat formulir pop-up
Kita semua pernah melihatnya sebelumnya, Anda sedang berbelanja di sebuah situs web ketika tiba-tiba, halaman yang Anda lihat diblokir oleh jendela selamat datang yang menawarkan diskon jika Anda memasukkan email Anda.
Sekali lagi, Anda telah terpikat pada trik email marketing yang umum yaitu formulir pop-up. Formulir pop-up adalah taktik yang sangat baik untuk membangun daftar email Anda dengan mudah.
Saat mendesain jendela pop-up, penting untuk berpikir seperti pelanggan daripada seseorang yang perlu membuat daftar email. Tidaklah cukup hanya dengan mengatakan, “Hai, daftar untuk berlangganan email harian kami sekarang,” karena sangat sedikit pelanggan yang akan mencari sesuatu yang tidak menguntungkan bagi mereka.
Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk memasukkan sesuatu untuk menarik perhatian mereka seperti kode diskon untuk pembelian pertama mereka (referensi # 3). Ini akan membangun fondasi untuk hubungan yang baik dengan pelanggan baru Anda, dan membantu Anda mengembangkan daftar email dengan cepat.
6. Iklankan buletin email di media sosial
Media sosial memainkan peran besar dalam pemasaran. Meskipun media sosial cenderung mendapatkan sebagian besar kredit pemasaran, itu tidak berarti Anda harus mengabaikannya sepenuhnya saat mengembangkan strategi pemasaran email Anda.
Banyak pelanggan potensial yang benar-benar duduk dalam jumlah pengikut Anda sekarang, yang berarti mempromosikan buletin email Anda akan menjangkau lebih jauh daripada pop-up tradisional atau formulir opt-in yang biasa dilakukan.
Ingat, saat mempromosikan buletin email Anda di media sosial, pengguna harus diberi alasan yang baik untuk berlangganan, jika tidak, Anda berisiko membuat upaya media sosial Anda sia-sia.
Untuk membantu pengguna merasa mereka benar-benar harus berlangganan ke daftar email Anda, mendorong diskon dan penawaran lain yang hanya bisa didapatkan pengguna saat mendaftar dengan email mereka.
Lebih baik lagi, detail mengenai bagaimana pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari mendaftar, seperti hak istimewa penjualan dan konten merek eksklusif.
Ketika pelanggan merasa bahwa mereka menjadi anggota dari sesuatu yang berharga daripada email spam harian, mereka kemungkinan besar akan tetap berlangganan dan memberi tahu teman-teman mereka juga.
Penutup
Jika Anda tidak yakin tentang cara mengembangkan daftar email Anda, tenang jangan khawatir. Dengan bergesernya pemasaran ke saluran digital populer lainnya, tampaknya email ada di benak konsumen.
Namun, email masih merupakan cara yang berhasil untuk menjangkau pelanggan Anda dan ada nilai yang sangat besar dalam meluangkan waktu untuk membuat daftar email. Cari tahu teknik apa yang paling cocok untuk Anda dan lihat daftar email Anda berkembang!
Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.
Baca juga
Email Marketing Adalah? Perbedaannya dengan Email Magazines dan Manfaatnya
Email Marketing adalah : Tips Sukses Seasonal Marketing #2
Baru! 8 Cara Membuat Email Marketing Dijamin Ampuh
7 Cara Pakai Preview Text Email Marketing : Naikkan Omset 70%
Trik Jitu Mendapat Banyak Repeat Order dengan Email Marketing
Awas! Inilah 10 Kesalahan E-Mail Marketing yang Sering Tidak Disadari Pebisnis
Contoh Kegagalan Pemasaran Email karena Kehilangan Minat Pelanggan
4 Elemen Mail Magazine yang Baik | Pemasaran Email Gaya Baru
5 Cara Menghubungkan Pemasaran Email ke Penjualan
Contoh Email Promosi atau Penawaran Produk yang Baik
8 Email Marketing Tool Otomatis untuk Bisnis Kecil
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.