Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Internet marketing Baru! 8 Cara Membuat Email Marketing Dijamin Ampuh

Baru! 8 Cara Membuat Email Marketing Dijamin Ampuh

-

Trend email marketing tahun ini sudah terungkap! Yuk langsung pelajari 8 cara membuat email marketing terbaru untuk menggaet lebih banyak konsumen online di masa depan berikut ini.

Siapa bilang trend email marketing sudah ketinggalan jaman? Justru sebaliknya, dunia email marketing Indonesia di tahun ini diprediksi akan lebih maju dari periode-periode terdahulu. Salah satu penyebabnya adalah pandemi yang mengubah gaya komunikasi bisnis secara jangka panjang.

Pun email marketing lebih ampuh menjaga keakraban serta loyalitas konsumen lama ketimbang sosial media lho. Kira-kira seperti apa cara membuat email marketing terbaru tahun ini? Mari telusuri jawabannya bersama di sini!

8 Cara Membuat Email Marketing : Simpel dan Ampuh

cara membuat email marketing

Tanpa berbasa-basi lagi, yuk langsung catat dan praktekkan 8 cara membuat email marketing 2022 ini untuk memaksimalkan omset bisnis:

1. Pakai Layout Email yang Pas untuk Smartphone

Cara membuat email marketing sukses pertama di tahun depan adalah menggunakan layout email yang pas untuk tampilan smartphone (mobile friendly). Bukan tanpa alasan, strategi ini wajib Anda coba mengingat mayoritas masyarakat kekinian mengakses informasi online via smartphone mereka.

Trend email ini mulai jadi sorotan pasca diungkit oleh media SEO email marketing Emailout. Mereka meyakini bahwa email dengan tampilan smartphone friendly lebih memikat, nyaman dan disukai konsumen.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa dengan mudah menyusun email sesuai template memakai beragam email marketing tools gratis yang ada. Jangan ragu mencoba berbagai strategi format konten demi menemukan model layout terbaik.

2. Personalisasi Isi Email

Kunci utama kesuksesan email marketing Indonesia terletak pada personalisasi isi email. Tidak seperti sosial media yang kontennya lebih bersifat umum, masyarakat menyukai email yang bahasannya spesifik atau sesuai kebutuhan mereka.

Bentuk personalisasi ini mungkin bisa Anda amati sendiri jika kebetulan Anda pernah menerima sebuah email marketing. Salah satu contoh personalisasi email marketing sederhana misalnya menyebut nama diri pelanggan ketimbang memakai sapaan umum “Anda”, “Kamu”, “Bapak”, “Ibu” dan sebagainya.

Personalisasi akan membantu audiens merasa bahwa diri mereka penting, diperhatikan dan ‘eksklusif’ di mata brand. Namun tantangannya adalah Anda harus mempersonalisasi isi setiap email, satu demi satu.

Untuk itu, kami sarankan Anda memakai email marketing tools berbasis AI (kecerdasan buatan). Banyak perusahaan memakai email marketing tools pintar yang bisa meriset minat serta kebutuhan setiap pelanggan; mengolah data otomatis; hingga menyisipkan sapaan nama audiens pada body atau subjek email.

Email marketing tools jelas akan membantu kinerja Anda jadi lebih cepat, akurat dan praktis hemat tenaga.

3. Riset Segmentasi Konsumen secara Rinci

Cara membuat email marketing faktanya tidak bisa sembarangan. Email marketing yang sukses tidak cukup hanya sekadar ditulis lalu dikirim. Jauh sebelumnya Anda harus meriset segmentasi konsumen bisnis secara rinci.

Riset dan segmentasi ini pun diprediksi akan menjadi trend email marketing. Segmentasi akan membantu perusahaan Anda lebih memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan interaksi, sekaligus mempertahankan kesetiaan mereka pada brand (customer retention).

Bagaimana cara melakukan riset segmentasi konsumen ini? Tidak perlu pusing, ada banyak strategi mudah untuk mengetahui isi hati pembeli bisnis Anda. Misalnya dengan membuat polling atau survey online. Di sini Anda bebas memanfaatkan sosial media sebagai alat bantu riset yang praktis.

Setelah mendapat hasil segmentasi, barulah Anda dapat menyusun email list yang lebih mudah plus terarah.

Artikel terkait  Sponsorship Adalah : Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya

4. Gunakan Animasi pada Email

Siapa sangka, cara membuat email marketing selanjutnya adalah dengan menyisipkan animasi-animasi kece pada konten email? Betul, pemanfaatan animasi diyakini akan menjadi salah satu trend email marketing.

Pemakaian animasi dipandang ampuh menghidupkan suasana interaktif email marketing. Konsumen pastinya akan lebih tertarik ketika melihat ada animasi yang turut menghiasi pesan email mereka.

Tenang saja, kehadiran animasi tidak akan menghilangkan kesan profesional dan serius promosi bisnis Anda. Justru sebaliknya, animasi dapat turut memperkuat pesan persuasif promosi email.

Namun ada sejumlah tips yang wajib Anda patuhi ketika menggunakan animasi dalam email seperti:

  • Tidak menggunakan terlalu banyak animasi.
  • Gunakan animasi yang berhubungan atau relevan dengan isi konten.
  • Gunakan animasi dalam format animasi CSS atau GIF.

5. Berfokus pada Performa Marketing CTR

Sudahkah email marketing Anda berfokus pada performa CTR? Jika belum, inilah waktu yang tempat untuk memfokuskan kembali performa marketing Anda ke jalan yang benar.

Sampai saat ini mayoritas bisnis online menggunakan sistem open rate untuk mengukur kesuksesan iklan email marketing. Padahal sistem ini sejatinya tidak mampu menampilkan penyebab atau faktor sukses dan gagalnya sebuah email marketing.

Akan lebih baik jika Anda berfokus pada strategi performa marketing CTR (click through rate) saja. Mencari tahu apakah audiens melakukan tindakan pasca menerima email dirasa lebih bermanfaat, sebab kita menginginkan ada hasil nyata dari kampanye promosi.

6. Pakai Desain Email Sederhana

Jangan terlalu bertele-tele dalam mendesain layout email marketing. Menggunakan template desain yang sederhana saja sudah cukup.

Trend email marketing Indonesia ini hadir pasca ramai kritik dari masyarakat yang menerima email marketing pada tahun 2021. Orang-orang mengeluh ‘pusing’ dan ‘kesal’ menerima email yang terlalu ramai dari segi desainnya.

Tak dapat dipungkiri, desain yang terlalu ramai memang terkesan mengganggu. Ketika unsur visual lebih mencolok ketimbang isinya, maka otomatis kita tidak bisa menangkap pesan yang disampaikan dengan baik.

Maka dari itu, ayo gunakan tampilan desain yang lebih simpel atau minimalis dengan warna-warni kalem. Pakai animasi hanya untuk membantu mempermudah konsumen menemukan info penting di email, seperti mengklik tombol CTA. Sebisa mungkin utamakan kenyamanan konsumen saat membaca email Anda, ya!

7. Kedepankan Sisi Komunikasi Interaktif

Tips membuat email marketing yang menarik berikutnya adalah dengan mengedepankan sisi komunikasi interaktif. Taktik ini akan menambah dorongan interaksi, view, engagement serta keinginan konsumen untuk mencoba produk/jasa Anda.

Kabar gembiranya, ada banyak cara sederhana dan unik yang bisa diterapkan untuk mengembangkan sisi interaktif dalam email seperti:

  • Memakai tombol CTA yang jelas, mencolok atau dilengkapi bumbu animasi.
  • Menerapkan filter efek roll over saat menampilkan promo atau katalog produk yang rinci.
  • Boleh selipkan beberapa gambar dan GIF simpel untuk membantu pembaca menemukan info penting.
  • Modifikasi email Anda dengan strategi gamification.
  • Menampilkan katalog dengan carousel interaktif.
  • Sediakan fitur day atau dark mode (model terang dan gelap) yang bisa dipilih sendiri oleh audiens.
  • Adakan survei, polling pendapat atau UGC (user generated content) pada email supaya rasa penasaran pembaca terpancing.

Artikel terkait  UMOOD : Teknologi Neuroscience Stylist dari UNIQLO Bantu Pilih Baju Sesuai Mood Kamu

8. Gunakan UGC (User Generated Content)

UGC (user generated content) bisa menjadikan konten email Anda lebih hidup. Pun menyelipkan UGC juga direkomendasikan sebagai cara membuat email marketing yang ampuh mendorong penjualan.

Apa itu UGC? Sederhananya UGC adalah konten-konten terkait jasa atau produk yang dibuat oleh sesama konsumen. Misalnya ada orang yang mereview produk dan jasa Anda lalu mengunggahnya ke sosial media. Nah, itulah yang dinamakan UGC.

Kehadiran UGC dalam email terbukti mampu meningkatkan kesempatan serta nilai konversi pemirsa dari membaca email menjadi pembelian produk (transaksi). Ini karena UGC menyediakan suntikan testimoni terkait kualitas asli dari produk atau jasa yang ditawarkan. Akibatnya calon pembeli pun penasaran dan ingin mencoba sendiri.

Media Europe Business juga menegaskan UGC yang akan menjadi trend email marketing di tahun 2022 mendatang. Trik ini begitu simpel namun membawa hasil luar biasa pada traffic bisnis online Anda. Anda bisa mulai dengan menyelipkan foto-foto testimoni atau konten terkait produk dan jasa dari konsumen lama Anda. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini tentang 8 trend dan cara membuat email marketing terbaru tahun depan. Yuk mulai pikirkan strategi email marketing terbaik Anda berbekalkan informasi baru yang sudah disimak sebelumnya!

2022 akan datang dalam hitungan hari. Jadi ikuti terus website dan sosial media MARKEY supaya Anda tidak ketinggalan update info, trend dan juga prediksi insight dunia bisnis online terbaru. Follow websitenya di https://markey.id/ atau download versi aplikasi di Google Play dan Apple Store, ya.

Sampai bertemu lagi di pembahasan inspiratif lainnya dari MARKEY!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya