Last Updated on June 22, 2022 by appkey
Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang lebih memilih dan menomor satukan pemasaran digital daripada pemasaran konvensional. Hal tersebut timbul dilatar belakangi oleh semakin banyaknya pengguna sosial media dan perkembangan teknologi yang cukup pesat.
Pemasaran digital bisa Anda lakukan melalui beberapa platform, seperti website, email, facebook, instagram, dan lainnya. Dengan cara pemasaran yang satu ini tentunya terdapat beberapa kelebihan dari pemasaran konvensional, salah satunya adalah dengan pemasaran digital Anda dapat memangkas anggaran untuk periklanan produk Anda.
Mengingat pemasaran digital tidak memerlukan pamflet, brosur dan media cetak lainnya. Tentu ini sangat menguntungkan bagi Anda. Artikel kali ini tidak akan membahas mengenai keunggulan dari pemasaran digital, namun akan lebih membahas kepada email marketing.
Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat
Daftar Isi
Apa Itu Email Marketing?
Pernahkah Anda mendengar email marketing? Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan melakukan pengiriman email kepada pengguna dan mendorong pengguna untuk bergerak membeli produk yang Anda tawarkan sehingga tujuan pemasaran tercapai. Email yang dikirim biasanya berisi informasi produk atau promo.
Perbedaan antara Email Marketing dan Pengiriman Majalah Email
Tahukah Anda bahwa pemasaran email dan pengiriman majalah email adalah dua hal yang berbeda? Perlu Anda ketahui bahwa distribusi buletin email adalah upaya yang dilakukan untuk mengirim informasi kepada anggota yang terdaftar dengan mengirim surel yang sama sekaligus atau dengan cara massal.
Sedangkan email marketing adalah memberikan informasi dengan cara mengirimkan email yang disesuaikan kepada setiap anggota terdaftar dan pada waktu yang disesuaikan. Secara khusus, pengiriman email dengan isi yang berbeda dan dengan waktu yang berbeda juga yang telah disesuaikan dengan atribut anggota seperti jenis kelamin, tanggal dan waktu pendaftaran anggota.
Tampaknya hanya terdapat perbedaan yang kecil, namun kenyataannya, perbedaan ini memiliki makna pemasaran yang sangat besar.
Jenis Email Marketing
Dibawah ini terdapat beberapa jenis email marketing adalah yang sesuai dengan tujuan masing-masing.
Surat Langkah
Surat langkah atau step mail merupakan metode mengirimkan banyak email dengan konten yang sudah disiapkan sebelumnya secara berurutan sesuai dengan jadwal, mulai dari tanggal meminta bahan dan tanggal aplikasi. Metode yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengirimkan email kepada pelanggan dalam waktu yang tepat.
Surat Segmen
Berbeda dari yang sebelumnya, email segmen dapat membagi calon pelanggan dan anggota Anda berdasarkan beberapa faktor, mulai dari jenis pekerjaan, usia, jabatan dan lainnya.
Serta memberikan konten yang optimal kepada masing-masing. Dengan sistem membagi seperti ini, tentu akan lebih mudah dijangkau daripada email yang dikirim sekaligus.
Informasi / Pemberitahuan Email
Seperti namanya, email informasi/pemberitahuan adalah email yang bertugas memberitahukan acara seperti seminar dan pameran.
Selain itu, dengan mendistribusikan email acara sebelum dan sesudah, sangat memungkinkan untuk mendekati orang yang ketinggalan acara atau tidak berpartisipasi dan mendorong mereka untuk berpartisipasi di acara berikutnya.
Pelanggan yang Tidak Aktif Menggali Email
Email ini berfungsi untuk mengirimkan email kepada pelanggan yang tidak aktif dan sebelumnya telah menjadi pelanggan atau terdaftar sebagai anggota, tetapi sudah lama tidak memiliki tindakan baru.
Jawab Otomatis Email
Mungkin ini bisa memudahkan Anda dalam membalas email pelanggan dengan tepat waktu. Ini adalah email yang secara otomatis membalas kepada pelanggan dari situs web perusahaan yang menyertakan formulir pertanyaan.
Anda juga dapat menggunakannya untuk menambahkan informasi alfa tambahan diakhir email dan menghubungkannya untuk menarik pelanggan.
Metode Email Marketing
Pengiriman email tidak hanya mengirim email lalu kemudian selesai. Ternyata tidak sesederhana itu. Penting untuk mengulangi siklus PDCA dengan mengulangi metode di bawah ini.
Tentukan KGI dan KPI dalam Email Marketing
KGI sendiri adalah angka target akhir, jadi Anda dapat menetapkannya berdasarkan efek yang diperoleh dari pemasaran email. Contoh dari KGI, jumlah pertanyaan dari email, jumlah kontrak melalui email, dan jumlah aplikasi melalui email.
Sedangkan contoh KPI adalah tarif terbuka, jumlah pengiriman, pengurangan email terpental, dan rasio klik tautan dalam email.
Tentukan Terget
Setelah Anda menetapkan KGI dan KPI, selanjutnya Anda bisa menentukan target pengiriman terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Jika tidak ada target sejak awal, Anda harus mengambil langkah yang bertujuan untuk memperoleh anggota guna meningkatkan jumlah distribusi.
Buat Konten
Konten menjadi salah satu hal yang penting dalam email marketing. ini juga bermanfaat bagi pembaca.
Buatlah konten dengan judul yang menarik sehingga pengguna tertarik dan mengklik konten Anda, kemudian pastikan konten Anda mudah dipahami dan poin banding mudah disampaikan, mempersiapkan tujuan transisi, dan kecerdasan untuk memahami pengirim.
Pilih Alat untuk Distribusi
Jangan sampai Anda lupa memilih alat untuk distribusi. Sistem pengiriman email memiliki mekanisme yang mencegah spam dari disertifikasi oleh penyedia bahkan jika dikirim oleh jumlah besar, dan dalam banyak kasus juga memiliki fungsi laporan analisis numerik seperti pengaturan waktu pengiriman yang terperinci dan klik.
Mengukur Efeknya
Anda juga perlu untuk mengukur efek setelah Anda mengirimkan email. Jika Anda tidak meninjau subjek (judul) dan detail konten guna meningkatkan efisiensi pengiriman per waktu, maka Anda hanya mengirim email, tidak lebih.
Anda bisa melihat siklus PDCA dengan melihat tingkat buka dan rasio klik dari email yang dikirim. Biasanya sebagian besar sistem pengiriman email dilengkapi dengan fungsi analis.
Enam Manfaat Email Marketing
Anda pasti tahu bahwa email marketing adalah sesuatu hal yang penting dalam dunia pemasaran. Email marketing adalah strategi pemasaran yang terbaik bagi Anda, ini bisa saja benar atau salah.
Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan email marketing adalah sebagai berikut:
ROI Tinggi (Laba Atas Investasi) Dapat Diharapkan sebagai Ukuran Pemasaran
Pada dasarnya, email marketing dilakukan dengan hanya pendistribusian email. Biaya bulanan yang Anda harus keluarkan masih masuk akal dibandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan dengan menggunakan pemasaran lainnya.
Kemudian penerima email target adalah anggota terdaftar yag telah terdaftar dimajalah email. Maka dari itu, jika Anda dapat menjalankan email marketing dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai, Anda dapat mengatakan bahwa Anda dapat mengharapkan hasil konversi yang tinggi untuk biaya pengiriman surat.
Biaya Rendah Dibandingkan dengan Langkah Pemasaran Lainnya
Selain mengirimkan email, Anda juga bisa membangun hubungan yang baik kepada pelanggan Anda dalam langkah pemasaran seperti iklan web, faks, dan lainnya.
Untuk perusahaan kecil, Anda juga bisa memulai memperkenalkan produk Anda dengan menggunakan email marketing, karena Anda bisa memulainya dengan harga yang terjangkau.
Informasi yang Optimal Dapat Dikirimkan ke Setiap Anggota Terdaftar
Sampai saat ini, satu-satunya cara mengirimkan bulletin email adalah dengan mengirim surel yang serupa, terlepas dari atribut, preferensi, dan riwayat anggota terdaftar.
Sementara itu, dengan menggunakan email marketing Anda bisa menyesuaikan konten untuk setaip pengguna dengan memahami dan menganalisis atribut dan riwayat perilaku anggota terdaftar.
Bantu Membangun Hubungan Pelanggan
Untuk membantu membangun hubungan pelanggan, Anda dapat memanfaatkan email langkah dan email segmen.
Dengan pelanggan menerima email pada waktu yang tepat, pelanggan akan merasa terkesan dan hubungan baik dengan pelanggan akan dibangun.
Fungsi yang Membantu Memecahkan Masalah Email Marketing
Membuat Email dengan Mudah Menggunakan Email HTML
Jangan dulu berpikiran bahwa ini akan sangat sulit. Karena saat ini, sudah ada banyak alat yang dapat membuat surat HTML dengan mudah walaupun Anda tidak memiliki pengetahuan pemrograman.
Selain itu, karena menganalisis konten yang sesuai dengan pengguna dan secara otomatis akan menghasilkan email HTML, maka Anda dapat mencapai pemasaran email yang efisien bahkan jika jumlah emailnya besar.
Komunikasikan Informasi pada Waktu yang Tepat
Anda dapat mengirim informasi kepada pengguna pada waktu yang tepat melalui surat. Langkah email menjadi metode yang tepat dengan langkah dari riwayat aktivitas pengguna, mulai dari pendaftaran anggota yang didapat dari pendaftaran majalah email.
Pendekatan yang Disesuaikan dengan Tarif Buka Email
Dalam pemasaran email, Anda dapat melakukan sebuah cara untuk menemukan minat pengguna berdasarkan tingkat terbuka dari email yang dikirim.
Secara khusus, mereka akan mendistribusikan konten yang menyediakan judul menarik, rekomendasi yang mengarah kepada perilaku pembelian, dan lainnya.
4 Langkah untuk Mencapai Tujuan Pemasaran Email Anda
[Tingkat Kedatangan] Apakah Pengguna Telah Menerima Email
Darimana Anda bisa menentukan tingkat kedatangan? Tingkat kedatangan email kepada pengguna ditentukan oleh jumlah barang yang dikirim dikali dengan tingkat penerimaan.
[Nilai Pembukaan] Apakah Email Dibuka dan Dibaca?
Dengan menggunakan email HTML yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengukur tingkat buka email.
Jika tingkat pembukaan email Anda rendah, hal tersebut cenderung ada masalah dengan judul email, jadi cobalah untuk tinjau kembali.
[Rasio Klik] Apakah URL Tautan dalam Email Diklik?
Jangan meremehkan tingkat klik URL tautan. Ini juga merupakan indikator penting, karena URL tautan selalu diklik untuk beralih ke situs langsung setelah email dibaca hingga konversi tercapai.
[Tingkat Konversi] Apakah Tujuan Pemasaran Email Telah Tercapai?
Tingkat konversi sendiri disini adalah tingkat dimana tujuan pengiriman email dicapai, dan tingkat dimana situs e-commerce menjual item dengan mengirim email. Dan pada akhirnya, tujuan pemasaran email adalah untuk meningkatkan tingkat konversi ini.
Alat Pengiriman Email yang Dapat Digunakan untuk Email Marketing
WiLL Mail-SAPANA Co., Ltd.
Terdapat beberapa fitur yang terdapat pada alat ini yaitu;
- Siapapun dapat membuat email HTML dengan alat ini dan dalam waktu yang singkat.
- Terdapat 12 jenis analisis beragam termasuk analisis peta panas dan analisis sentuhan pertama.
- Merupakan yang pertama di industri, desain responsif sepenuhnya otomatis.
Email Benchmark
- Editor surat HTML memudahkan pemula untuk menulis surat.
- Sadari pemasaran email tingkat lanjut dengan laporan pengiriman real-time.
- Mendukung 9 bahasa dengan sistem global yang digunakan oleh 500.000 perusahaan diseluruh dunia.
Anda juga dapat meningkatkan kinerja dengan laporan pengiriman email yang datang sebagai standar dengan peta klik, dan Anda juga dapat menggunakan fitur canggih seperti email langkah dan fungsi pengujian.
Pengiriman Surat-Lux Co., Ltd.
- Tidak peduli seberapa banyak email yang Anda kirim, Anda tetap bisa menggunakannya dengan harga tetap.
- Anda dapat dengan mudah membuat surat HTML dengan efek visual yang tinggi.
- Analisis yang efisien seperti analisis kesalahan email dan open rate dapat dilakukan.
Karena sistem biaya pada alat ini didasarkan pada jumlah alamat email terdaftar, surat pengiriman dapat digunakan dalam jumlah yang tetap tidak peduli berapa kali dikirim.
Email yang Anda ingin kirim dapat dikirim dengan operasi sederhana, dan template dapat didaftarkan sehingga Anda dapat menyimpan masalah dalam menyusun email.
Cari Satu
Berikut beberapa fitur yang dimiliki :
- Percepat PDCA untuk situs web.
- Tingkatkan poin kontak dengan pelanggan melalui pemasaran email.
- Mudah untuk melihat dan mengelola informasi prospek.
Cuenote FC-Yumil Link Co., Ltd.
- Dilengkapi dengan editor HTML berkinerja tinggi sebagai standar.
- Email responsif dengan desain luar biasa dapat dengan mudah dibuat oleh siapa saja dengan operasi intuitif.
- Tautan dengan basis data anggota dan situs EC dengan API.
Perusahaan Weimail-Igrex
- Lingkungan pengiriman sepenuhnya independent untuk setiap pengguna.
- Distribusi tanpa batas, pendaftaran pembaca, pembuatan cerita.
- Harga sangat rendah dan berbagai metode pembayaran.
Blastmail
- Jumlah kontrak adalah yang tertinggi diindustri.
- Pengiriman surat yang andal dengan sistem pengiriman berkecepatan tinggi kami sendiri.
Blastmain sendiri adalah sistem pengiriman surat yang telah digunakan tidak hanya oleh perusahaan tetapi juga oleh kantor pemerintah, dengan rekam jejak lebih dari 10.200 kontrak.
Pemasaran Email Name.Com
- Mendukung pengoperasian sejumlah besar alamat email.
- Dimungkinkan untuk mempertahankan kecepatan pengiriman bahkan dalam pengiriman massal.
- Banyak fitur yang tersedia tanpa biaya tambahan.
Pemasaran email ome.com menanggapi berbagai permintaan gratis dari pelanggan dengan cara menawarkan rencana yang disesuaikan dengan status operasional pelanggan dengan berkonsultasi, konfirmasi permintaan, penawaran, dan pengiriman.
Layanan yang Disarankan yang Juga Dapat Digunakan untuk Email Marketing
Pelanggan Berdering
Ini adalah alat otomatisasi pemasaran yang mengintegrasikan semua informasi pelanggan dan informasi respons untuk memvisualisasikan pelanggan. Anda juga dapat mengirimkan konten email yang dirancang khusus untuk pelanggan dengan menggunakan operasi sederhana.
Dengan alat ini juga Anda bisa mengatur tangal dan waktu pengiriman email, sehingga Anda dapat mengirimkan email secara efektif.
Cloud CMO
Apakah situs Anda kurang menarik? Anda bisa menggunakan layanan ini untuk membantu Anda membuat situs yang menarik pelanggan dan nantinya dapat meningkatkan prospek dan peluang.
Dengan menggunakan ini Anda dapat mewujudkan tiga langkah, yaitu “menarik, memperoleh, dan memelihara” calon pelanggan.
Mailwise
Email wise disini adalah alat yang memungkinkan banyak orang untuk berbagi email kealamat email umum, yang digunakan untuk pekerjaan penyelidikan dan perekrutan.
Karena Anda dapat mendaftarkan templat email, Anda tidak hanya dapat membuat kualitas respon seragam anggota, tetapi juga meningkatkan kecepatan pemrosesan.
Yuk temukan lebih banyak artikel menarik dan informatif bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis online hanya dari website Markey, ya. Sampai jumpa di artikel lainnya dari kami.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.