Media Bisnis Online | by APPKEY

BisnisEntrepreneurshipPerbedaan Bisnis Online dan Offline | Pemula Bisnis Online...

Perbedaan Bisnis Online dan Offline | Pemula Bisnis Online Wajib Baca!

-

Last Updated on September 26, 2022 by

Di zaman yang sudah serba online seperti sekarang ini, memulai untuk berbisnis secara online selain memiliki toko offline adalah tindakan yang bijak.

Masing-masing dari bisnis tersebut memiliki pro dan kontra yang harus Anda dipertimbangkan sebelum mulai menjalankan salah satunya atau bahkan gabungan dari keduanya.

Apa pun jenis bisnis yang akan Anda masuki, ada tiga faktor yang harus selalu menjadi prioritas yaitu:

  • Bisnis itu harus memuaskan secara pribadi
  • Harus menguntungkan dan
  • Idealnya, minim resiko

Jika Anda hanya dapat memenuhi salah satu dari tiga kriteria di atas, ada kemungkinan Anda membuat keputusan yang salah. Orang yang membuat keputusan yang buruk biasanya tidak berhasil dalam bisnis.

Jika Anda dapat memenuhi semua kriteria tersebut, ini berarti Anda memiliki peluang sukses yang sebenarnya. Dari ketiga kriteria, yang pertama adalah yang paling penting, karena jika Anda tidak benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan, itu akan tercermin dalam hasil yang Anda peroleh.

Perbedaan Bisnis Online dan Offline

online-marketing

Artikel terkait  Apa Itu Gamification? Dongkrak Omset dengan Strategi Marketing Unik ala Bermain Game

Dan hari ini kita akan membahas tentang beberapa perbedaan bisnis online dan offline, sehingga Anda dapat memutuskan yang mana yang terbaik untuk dijalankan atau Anda mungkin ingin menjalankan keduanya secara bersamaan?

1. Perbedaan bisnis online dan offline dilihat dari fungsinya

Beberapa bisnis tidak berfungsi sebagai bisnis online

Kini, semua bisnis harus beriklan online dan memiliki keberadaan online, tetapi hanya beberapa yang benar-benar dapat berfungsi sebagai bisnis online. Segala jenis bisnis yang mengharuskan Anda untuk secara fisik hadir di lokasi geografis tertentu pada waktu tertentu secara berkala tidak cocok untuk dioperasikan sebagai bisnis online murni.

Di sisi lain, hampir tidak ada yang dapat dilakukan sebagai bisnis online yang tidak bisa dengan mudah dilakukan secara offline. Keuntungan dari online adalah Anda dapat sangat memperluas pasar Anda, menjangkau khalayak global yang berjumlah milyaran orang.

Beberapa bisnis bekerja jauh lebih baik daripada bisnis online

Jika bisnis Anda menjual barang-barang berukuran sangat besar seperti pesawat terbang, kapal, atau mesin industri, Anda dapat berharap untuk membuat lebih banyak penjualan online daripada yang pernah Anda bisa jika Anda hanya mengandalkan orang yang berjalan melalui pintu toko offline Anda.

Pasar yang tersedia untuk orang-orang yang ingin membeli barang-barang seperti itu relatif kecil dan tersebar luas. Mengiklankan produk Anda secara online berarti Anda dapat menjangkau pasar ini dengan lebih mudah dan efektif.

2. Perbedaan bisnis online dan bisnis offline  dilihat dari waktu operasionalnya

online-bisnis-3

Bisnis offline biasanya beroperasi pada jam tetap

Kecuali toko offline seperti CK, bisnis offline cenderung beroperasi hanya pada waktu yang terbatas yang telah ditentukan. Calon pelanggan yang menginginkan apa pun dari bisnis Anda di luar masa-masa itu harus bersabar dan menunggu bisnis Anda buka, atau mereka harus membuat pilihan untuk berbelanja online.

Bisnis online selalu terbuka

Saat kita melakukan bisnis online, kita dapat memberikan pelayanan penuh 24/7 dan hingga 366 hari setiap tahun. Sisi positifnya lagi, kita punya peluang lebih tinggi untuk penjualan.

Kelemahannya adalah pelanggan Anda mengharapkan Anda selalu tersedia untuk membantu dengan masalah mereka, sehingga Anda tidak dapat memiliki waktu istirahat kecuali jika Anda mempekerjakan seseorang untuk menangani semua hal untuk Anda. Ini membutuhkan sumber daya yang besar, jadi semakin kecil bisnis Anda, semakin kecil kemungkinan Anda akan menikmati liburan panjang dan santai.

3.Perbedaan bisnis online dengan bisnis offline dari segi kepercayaan pelanggan

Orang-orang jauh lebih percaya dengan bisnis offline

Ketika pelanggan membeli dari bisnis offline, mereka biasanya tidak perlu khawatir tentang scammed, dan mereka memiliki kesempatan yang sangat baik untuk memeriksa barang dagangan secara menyeluruh sebelum membayarnya.

Dalam dunia bisnis offline, Anda biasanya tidak perlu khawatir kehilangan penjualan karena pelanggan tidak mempercayai Anda, dan Anda biasanya tidak perlu melakukan apa pun untuk meyakinkan mereka bahwa mereka harus mempercayai Anda.

Kepercayaan adalah faktor utama dalam bisnis online

Pelanggan di bisnis online buta tentang siapa yang mereka hadapi, dan akibatnya mereka sering lebih enggan menjadi pelanggan pertama kali dengan bisnis yang tidak dikenal. Fakta yang lebih menakutkan lagi, ada ribuan situs scam di luar sana, dan orang-orang ditipu setiap hari oleh pedagang online yang tidak baik.

Jika Anda memiliki niat yang serius untuk berbisnis online, maka Anda perlu menginvestasikan sesuatu untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan dengan cara yang biasanya tidak perlu dikhawatirkan oleh bisnis offline.

Hal-hal yang menjadi perhatian pelanggan saat berbelanja secara online misalnya:

Artikel terkait  9 Jenis Style Leadership Terbaik, Mana Gaya Anda?
  • Mereka biasanya tidak dapat melihat dan memeriksa barang fisik sebelum membeli
  • Mereka tidak dapat memastikan bahwa bisnis Anda benar-benar ada
  • Mereka tidak dapat memastikan bahwa transaksi mereka akan diproses secara akurat
  • Mereka tidak dapat memastikan bahwa Anda tidak akan membebankan biaya item tambahan kepada mereka
  • Mereka tidak tahu apakah Anda memberikan jaminan uang kembali jika mereka tidak puas dengan produk atau layanan yang Anda sediakan
  • Mereka tidak dapat sepenuhnya yakin bahwa apa yang Anda tawarkan akan sesuai dengan kebutuhan mereka

Dan berikut ini adalah hal yang biasanya tidak perlu mereka khawatirkan saat membeli offline. Anda dapat membantu mendapatkan kepercayaan mereka dengan:

  • Menampilkan informasi pendaftaran perusahaan Anda
  • Memberikan detail kontak lengkap, termasuk alamat jalan yang sebenarnya
  • Menampilkan segala dukungan yang mungkin Anda miliki dari pemerintah atau otoritas industry
  • Menampilkan foto dan informasi tentang pemilik bisnis dan personel kunci
  • Hosting forum terbuka atau setidaknya halaman Facebook di mana pelanggan dapat berinteraksi dengan Anda
  • Pengguna juga bisa melakukan pembayaran melalui payment pihak ketiga seperti Paypal, Doku, Gopay, Ovo dll.

4. Perbedaan bisnis online dan offline dilihat dari segi modal

Bisnis offline membutuhkan investasi awal yang besar

Beroperasi dari lokasi fisik tetap (atau bergerak, misalnya untuk pedagang makanan keliling), sebagian besar bisnis offline harus membayar biaya tinggi untuk bangunan, utilitas, dan bahkan lahan parkir. Bisnis offline, jika menjual barang, harus memelihara inventaris fisik, dan menyimpannya.

Lebih mudah membangun dan mengoperasikan bisnis online

Karena bisnis online yang murni bersifat independen, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk penyediaan tempat, utilitas, ataupun lahan parker untuk pelanggan. Kita juga tidak perlu memiliki stok barang. Itulah mengapa secara keseluruhan, bisnis ini biayanya jauh lebih murah, yang berarti kita memiliki potensi ROI lebih tinggi dalam jangka waktu yang panjang.

5. Perbedaan bisnis online dengan bisnis offline dilihat dari keamanan

Bisnis offline harus selalu khawatir tentang kejahatan

Semuanya, mulai dari tindakan pencurian hingga vandalisme setelah jam kerja adalah ancaman bagi bisnis offline, dan mereka juga perlu memiliki asuransi mahal untuk menutup biaya kerusakan properti, pencurian, tanggung jawab publik, dll.

Bisnis online biasanya hanya perlu khawatir tentang menjadi sasaran peretasan

Keamanan adalah aspek yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online, tetapi karena ini bersifat online kerusakan fisik pada bisnis Anda tidak mungkin terjadi tanpa lokasi fisik.

Ancaman utamanya adalah bahwa situs Anda dapat diretas, namun tetap ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk melindungi diri dari hal itu, dan juga Anda tentu tidak perlu mengasuransikan asset-aset online Anda seperti halnya mengasuransikan asset pada toko offline konfensional.

6. Perbedaan bisnis online dan offline dari segi kekuatan untuk menarik pelanggan

Tidak diragukan lagi, setiap pasar penuh dengan pelanggan sampai batas mereka bisa mengunjungi toko Anda, penjual selalu berusaha menarik lebih banyak pelanggan ke toko mereka. Pada titik ini, penjual offline cenderung memiliki lebih banyak pelanggan daripada toko online. Meskipun pembeli online meningkat namun pecinta toko fisik aktif di pasar juga masih banyak.

Ada orang yang masih percaya pada pengalaman nyata menyentuh, mengamati dan pada kenyataannya bisa mencoba barang yang akan dibelinya, dan hal ini tidak dimungkinkan dalam belanja online.

Tetapi fakta lain adalah bahwa belanja online memberikan banyak pilihan dan bahkan untuk barang-barang kecil sekalipun, sehingga penjual online juga memiliki magnet untuk menarik pelanggan ke toko mereka.

Baik penjualan online maupun offline cenderung memiliki peluang yang sama untuk menarik lebih banyak pelanggan. Ini hanya tergantung pada pilihan pembeli di mana mereka terpengaruh untuk membeli.

7. Perbedaan dari segi pengembalian dana

Dalam pembelanjaan offline, ketika pelanggan menghadapi masalah dalam barang apa pun yang dibeli, mereka dapat segera mengembalikannya ke toko tempat mereka membeli dan dapat menyelesaikan masalah denga meminta pengembalian dana, dan itu juga tanpa formalitas, tidak seperti toko online. Namun, penjual online mengklaim pengembalian dan pengembalian uang tanpa kerumitan bila ada pelanggan yang tidak puas dengan pembelian.

Beda halnya dengan pengembalian barang dalam bisnis online begitu juga pengembalian uang cukup rumit dan mungkin memerlukan waktu lama dalam pemrosesannya. Ketika pembeli meminta pengembalian, prosesnya terkadang memakan waktu hingga seminggu. Terlepas dari ini, Anda harus ada di rumah atau tempat di mana barang bisa dijemput. Kemudian ketika berhasil mencapai gudang, maka hanya proses pengembalian dana yang dimulai.

Pada akhirnya dibutuhkan satu minggu lagi untuk menerima pembayaran oleh pembeli. Prosesnya cukup memakan waktu. Untuk penjual Amazon online, pengembalian dan pengembalian biaya dikenakan biaya. Biaya pengembalian setara dengan biaya pemenuhan untuk unit individu.

Ini berlaku untuk semua pengembalian dalam kategori Pakaian, Jam Tangan, Perhiasan, Sepatu, Tas Tangan, Kacamata Hitam dan Koper kecuali ketika Amazon bertanggung jawab sesuai dengan kebijakan penggantian biaya persediaan FBA yang hilang dan rusak (proses masuk adalah wajib) untuk pengembalian.

Tidak diragukan lagi komplikasi dalam pengembalian online dan pengembalian uang dapat menyebabkan pelanggan lebih rendah dari penjualan offline. Juga, penjual menderita kerugian selama pengembalian dan pengembalian uang di toko online.

8. Kebutuhan Akses Internet :

Satu faktor utama yang dapat mendorong penjualan online adalah kebutuhan internet. Banyak daerah pedesaan belum memiliki fasilitas internet dan kurangnya pengetahuan tentang akses internet.

Ini sangat dapat mempengaruhi industri e-commerce. Tetapi ketika berbicara tentang toko offline, setiap pelanggan dapat mencapainya. Jadi di sini penjualan offline dapat menarik lebih banyak pelanggan dan dapat mendorong lebih banyak penjualan yang pada akhirnya menghasilkan keuntungan maksimum.

9. Faktor utama dalam meningkatkan margin keuntungan dari penjualan offline.

Komisi / biaya rujukan pada penjualan produk: Penjual offline hanya menanggung untung atau rugi di toko nyata. Apa pun yang dijual penjual offline, seluruh laba rugi diakui oleh penjual itu sendiri.

Saat menjual di pasar online seperti Amazon, penjual harus membayar beberapa persen dari harga jual sebagai biaya referensi (mulai dari 3%) ke Amazon karena mereka menggunakan ruang toko Amazon sebagai bagian dari Biaya Pasar (Biaya Pengiriman + Penutupan Fee + Komisi Penjualan).

Jadi ketika harga jual lebih tinggi, penjual harus membayar sejumlah besar ke Amazon. Seiring dengan ini, pajak layanan juga dibayarkan. Kirim tagihan ini, sisa laba sebenarnya adalah margin keuntungan penjual. Pasar online tidak peduli tentang kehilangan atau penjualan yang lebih rendah, hanya berfokus pada komisinya.

Dengan demikian kebijakan komisi ini dapat mempengaruhi penjual online yang lebih kecil daripada penjual offline fisik.

Intinya:

Jadi jika Anda telah memutuskan untuk memulai toko Anda tetapi telah bingung apakah akan menjual online atau offline, ingatlah faktor-faktor di atas dalam pikiran dan kemudian putuskan.

Tetapi satu hal yang menjadi fokus adalah bahwa akses dan digitalisasi internet terus tumbuh, dan dengan demikian tren penjualan online semakin berkembang. Sekitar 51% pembeli lebih suka belanja online dan dengan demikian penjualan online semakin populer. Juga, pasar online telah menarik sekitar 96% orang Amerika pada tahun 2017 dengan 80% hanya pada bulan lalu.

Square dan Mercury Analytics melakukan survei solusi titik penjualan 2017 dari 1.164 pemilik bisnis A.S.: Hasil survei yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Artikel terkait  6 Cara Menentukan Harga Jual Dropship di Shopee agar Untung
  1. 56% pengusaha memiliki toko fisik
  2. 21% memiliki toko pop-up, atau pop-up di acara-acara
  3. 34% penjual menjual di situs web mereka sendiri melalui platform pembuatan situs web
  4. Media sosial menyumbang sekitar 40% penjualan di mana 25% penjualan hanya melalui Facebook

Amazon menyumbang sekitar 16% penjualan

  1. Pasar seperti Amazon, eBay, Etsy, dll. Secara keseluruhan berkontribusi 22% penjualan.

Karena itu, tergantung pada ukuran bisnis Anda dan jumlah yang Anda investasikan, tetapkan anggaran, hitung margin keuntungan dari opsi penjualan dan bekerja dengan strategi yang tepat.

Kesimpulan

Bisnis offline solid dan dapat diandalkan, tetapi jangkauannya terbatas. Bisnis online memiliki potensi besar menjangkau, tetapi mereka melibatkan tingkat risiko yang biasanya lebih tinggi karena persaingan yang lebih besar.

Biaya bisnis online yang relatif rendah menjadikannya pilihan yang menarik bagi pemula. Secara keseluruhan, bisnis online jauh lebih sederhana dan lebih murah, dan Anda akan jauh lebih sedikit kehilangan dengan bisnis online yang gagal dibandingkan dengan menjalankan bisnis yang sama dengan usaha offline.

Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan App Store. Ada ratusan artikel informatif terupdate menanti Anda di sini!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya