Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Kiat Sukses Memaksimalkan E-mail Marketing di Holiday Season |...

Kiat Sukses Memaksimalkan E-mail Marketing di Holiday Season | Tips Sukses Seasonal Marketing #2

-

Email marketing adalah strategi yang “jadul” dan kalah jauh dengan media sosial? Siapa bilang? Faktanya, email marketing adalah strategi pemasaran yang lebih efektif dibandingkan kampanye promosi di media sosial!

Untuk Anda yang terpikir hendak menjalankan strategi seasonal advertising (pemasaran iklan pada musim liburan), kami sarankan untuk menggunakan email marketing strategy berdampingan dengan pemasaran di media sosial dan website.

Menjalankan email marketing seasonal strategi adalah trik efektif alam mempromosikan produk dan jasa layanan khusus saat musim libur tiba.

Lebih bagusnya lagi, mengaplikasikan email marketing seasonal strategi adalah hal yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kira-kira apa sajakah kiat-kiat dalam menjalankan email marketing strategi?

Anda beruntung sebab pada artikel edisi kali ini, kami akan mengupas tuntas kiat sukses melaksanakan email marketing strategi, khususnya pada musim libur nasional.

Yuk segera simak pembahasannya di bawah ini karena momen penjualan di libur akhir tahun 2020 akan segera tiba! Selamat membaca!

Email Marketing Seasonal Strategi Adalah Metode Promosi Terefektif

email-marketing-1

Ya, email marketing adalah metode promosi terefektif yang pernah ada bahkan sampai hari ini. Metode promosi ini memang sudah ada sedari zaman dahulu kala. Kemunculan pertama dari email marketing adalah di tahun 1978. Namun di tengah kehadiran media sosial yang serba canggih dan praktis pun, strategi ini masih dinobatkan sebagai strategi marketing terbaik!

Email marketing adalah strategi yang masih bayak diaplikasikan oleh perusahaan ternama. Alasan utama dari penggunaan email marketing adalah promosi yang diberikan dapat bersifat lebih personal, tepat dengan kebutuhan dan juga minat konsumen.

Oleh sebab itulah, email marketing adalah teknik pemasaran dengan nilai plus yang baik dan menjanjikan keberhasilan penjualan yang lebih pasti.

Email marketing adalah pilihan metode promosi yang baik untuk diaplikasikan saat Anda hendak mengadakan promo khusus musim liburan alias seasonal advertising. Meskipun di tengah masa pandemi Covid-19 dan ada kelesuan ekonomi di banyak negara, musim liburan tetap menjadi peluang yang banyak dimanfaatkan oleh banyak perusahaan seluruh dunia.

Persaingan dagang selama masa liburan di 2020 tetap tinggi, di mana NRF (National Retail Federation) memperkirakan pertumbuhan persaingan mencapai 3.8% – 4.2%.

Jadi, jika Anda juga ingin sukses dan unggul dalam persaingan dagang di musim liburan 2020, maka email marketing adalah ‘senjata’ yang harus Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Artikel terkait  Pedoman Sukses dan Mudah Mengelola Bisnis Online Shop dari Nol

Mengapa Memilih Email Marketing?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa harus memilih email marketing sebagai strategi pemasaran terbaik untuk ‘bertarung’ di arena pasar musim liburan (seasonal). Jawabannya kembali lagi pada keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berpromosi memakai email marketing tersebut.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, email marketing membawa banyak keuntungan dari sisi perusahaan maupun konsumen. Beberapa nilai plus dari email marketing dibandingkan dengan metode promosi lainnya adalah:

  • Tawarkan promosi yang bisa dipersonalisasikan sehingga lebih tepat menyasar minat dan keinginan
  • Fleksibel alias bisa menggunakan aneka ragam bahasa mulai dari formal hingga sopan dan santai. Sehingga, taktik marketing ini cocok untuk digunakan pada semua kalangan, dari orang tua sampai anak muda.
  • Bersifat dua arah (interaktif). Konsumen yang tertarik dengan produk Anda tentunya dapat bertanya lebih lanjut tentang produk semudah dengan membalas e-mail.
  • Bisa menawarkan aneka konten. Tak hanya tulisan, email juga dapat memuat konten-konten lain seperti visual, foto, video, dokumen, link, dan seterusnya.

Cara Mudah dan Sukses Mengaplikasikan Email Marketing Seasonal

email-marketing-2

Pertanyaan terakhir  sekaligus utama adalah bagaimana cara mengaplikasikan email marketing untuk seasonal advertising? Perlu untuk Anda garis bawahi, mengirimkan email marketing seasonal advertising tidak sama dengan cara Anda mengirim email biasa ke teman atau rekan kerja.

Agar sukses menarik minat dan perhatian pengunjung, email Anda harus eye catching, menarik dan menggugah bahkan dari judul.

Meski terlihat sulit, mengirimkan email marketing seasonal ke pelanggan merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Berikut ini kami rangkum tips lengkap sukses mengaplikasikan email marketing seasonal:

Buat Email yang Personal

Pertama adalah buatlah email yang personal. Jangan gunakan intro atau pembuka yang terlalu general seperti “Dear customer” atau “Kepada para pelanggan sekalian”. Alih-alih, gunakanlah salam pembuka yang hangat dan menyertakan nama setiap konsumen. Cara ini jauh lebih menarik dan menggugah untuk dibaca, bukan?

Hindari Typo / Kesalahan Penulisan

Sebelum mengirimkan email, selalu cek 1 – 2x lagi untuk memastikan seluruh ejaan telah terketik dengan benar. Anda bisa mengecek cara eja suku kata baku/formal yang baik dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) secara online. Email yang dipenuhi dengan kesalahan ejaan tentunya akan sulit untuk dipahami oleh pembaca dan menjadikan usaha Anda sia-sia.

Munculkan (Trigger) Poin-Poin Penting Seperti CTA (Call To Action)

Jangan lupa untuk memastikan email Anda mengandung poin-poin penting yang bisa meningkatkan / memicu konversi website. Setelah menawarkan produk limited edition untuk musim liburan atau promosi khusus pembelian selama masa liburan, Anda bisa langsung menyertakan tautan untuk mendapatkan voucher belanja liburan, tombol khusus untuk membeli barang, dan aksi CTA (Call To Action) lainnya.

Infokan Waktu Promo dengan Detil & Pakai Tema Menarik

Kapan promosi di toko Anda akan berlangsung? Jangan lupa untuk menyertakan detail waktu dan cara singkat berbelanja di toko Anda dengan detil ke konsumen. Jika promo seasonal akan berlangsung pada hari Natal, maka Anda bisa menuliskannya dengan lugas ke konsumen seperti: “Diskon 50% pada hari raya Natal 2020 hanya untuk pembelian via website resmi kami”.

Sebisa mungkin gunakan kalimat langsung (to the point) untuk mempermudah konsumen mencerna informasi yang diberikan. Agar konsumen tidak bosan dengan email yang Anda kirimkan, Anda bisa menggunakan aneka tema email yang berbeda-beda sesuai dengan musim liburan.

Artikel terkait  Berbisnis Unik dengan Pinterest Indonesia

Bercerita dan Berterima Kasih Kepada Konsumen

Tips terakhir adalah bercerita dan berterima kasih kepada konsumen. Ceritakan sudah sejauh apa kontribusi dan peranan konsumen dalam perjalanan perusahaan Anda dari dulu sampai sekarang.

Jangan ragu untuk memberitahukan konsumen bahwa kehadiran mereka memberikan dampak positif yang luar biasa untuk kemajuan perusahaan. Agar cerita di email tampak lebih menarik dan kreatif, Anda juga bisa memberikan sekilas ‘review 1 tahun’ partisipasi konsumen terhadap brand perusahaan.

Terakhir, berikan terima kasih kepada konsumen secara tulus. Apresiasi kesetiaan mereka untuk berbelanja di tempat Anda. Anda juga bisa memberikan special gift card dan promosi diskon atau voucher sebagai bentuk terima kasih ke konsumen via email.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang kiat sukses mengaplikasikan email marketing untuk seasonal advertising. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda, ya! Selamat mencoba berpraktek menjalankan email marketing!

Terima kasih juga karena sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Sampai jumpa juga di artikel menarik lainnya hanya dari Markey.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya