Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Tingkatkan Konversi Online Dengan Planogram E-Commerce

Tingkatkan Konversi Online Dengan Planogram E-Commerce

-

Sejak permulaannya yang sederhana di awal 1990-an, sektor e-commerce telah mengalami pertumbuhan yang pesat dengan proyeksi pertumbuhan penjualan sebesar 599,2 miliar USD pada tahun 2020.

Aksesibilitas dan kenyamanan, harga yang lebih rendah dikombinasikan dengan pilihan yang lebih luas telah menjadikan belanja online sebagai alternatif pilihan di antara kesibukan pembeli saat ini. pembeli.

Sekarang semakin banyak pengecer yang menggunakan platform digital untuk menjual produk mereka, merchandising visual telah menjadi alat penting untuk memaksimalkan penjualan apa pun salurannya. Planogram E-Commerce adalah salah satu alat yang membantu ke arah ini.

Tidak yakin bagaimana planogram E-Commerce dapat diterapkan ke toko E-Commerce (atau bahkan apa planogram itu)? Baca terus untuk mengetahui bagaimana planogram dapat membantu Anda meningkatkan bisnis online dan meningkatkan konversi untuk toko E-Commerce Anda.

Apa Itu Planogram E-Commerce?

ecommerce

Planograms E-Commerce adalah software representasi visual yang sering digunakan untuk mendapatkan gambar detail tata letak toko termasuk produk, rak, dan lorong. Planogram memainkan peran penting dalam mengoptimalkan ruang yang tersedia dengan memastikan ketersediaan produk yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Studi terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 60% keputusan pembelian adalah hasil dari pembelian impulsif. Oleh karena itu, planogram yang dirancang dengan baik dapat menjadi vital dalam memotivasi pelanggan untuk membeli produk selain yang mereka cari secara khusus.

Dengan tren yang meningkat yang mendukung penjualan online dibandingkan dengan fisik, taktik pemasaran juga telah banyak berubah. Namun, planogram tetap menjadi pilihan ideal untuk toko fisik atau situs web online.

Ketika perdagangan berpindah dari toko fisik ke internet, banyak taktik pemasaran berubah. Konsep seperti promosi di dalam toko tidak lagi relevan untuk dunia digital. Namun, satu taktik penjualan supermarket fisik tradisional sebenarnya dapat meningkatkan penjualan jika digunakan dalam pengaturan Planogram E-Commerce.

Artikel terkait  Lindungi Bisnis Online dengan Asuransi | Manfaat Asuransi Aset Bisnis

Mengapa Planogram E-Commerce Berguna?

Planogram terdengar lugas mereka bermanfaat karena dapat membantu Anda melihat dan mengetahui di mana semua yang Anda jual berada. Tetapi planogram memiliki manfaat tambahan dalam pengaturan ritel.

Pertama, mereka memastikan bahwa Anda menggunakan semua ruang yang tersedia untuk Anda. Selanjutnya, mereka memastikan bahwa item Anda menarik secara visual, karena pelanggan lebih cenderung membeli di toko yang terlihat menarik bagi mereka.

Selain itu, planogram memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang inventaris Anda, sehingga Anda tahu apa yang tersedia dan apa yang mungkin perlu Anda perbaiki. Akhirnya, planogram adalah dokumen referensi yang bagus untuk staf di dalam toko yang mungkin tidak memiliki tangan dalam penempatan produk, tetapi yang perlu mengisi barang dengan cepat.

Artikel terkait  Influencer Marketing: Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitif Pada Instagram

Bagaimana Cara Menggunakan Planogram E-Commerce?

planogram-1

Meskipun planogram mungkin terasa spesifik untuk toko ritel fisik, karena pada dasarnya ini adalah skema, planogram E-Commerce juga merupakan alat yang berguna untuk toko online. Planogram E-Commerce adalah rencana visual tentang bagaimana pelanggan akan bertemu dan melihat item Anda saat mereka masuk ke situs web toko Anda.

Ini berarti planogram E-Commerce menjabarkan produk apa yang dijual, bagaimana gambarannya, berapa harganya dan bagaimana pemesanannya di toko online Anda.

Planogram E-Commerce seharusnya tidak hanya memberi Anda, pemilik toko, atau desainer toko ide tentang bagaimana menata halaman dan mengunggah gambar, mereka juga harus menjadi alat strategi. Saat Anda menata toko E-Commerce, Anda dapat menempatkan item di samping satu sama lain yang akan mendorong orang untuk membeli.

Misalnya, Anda dapat menempatkan aksesoris yang cocok dengan pakaian pada halaman di samping pakaian itu. Dengan begitu, pembeli dapat melihat kedua item tersebut secara visual, dan menyadari bahwa pembelian satu item dapat ditingkatkan dengan membeli yang lain.

Kiat untuk memastikan efisiensi planogram E-niaga

Menganalisis data pembelian sebelumnya

Jika planogram diimplementasikan di toko online yang ada, menganalisis data pembelian sebelumnya akan menjadi informatif dalam merancang tata letak yang lebih baik. Misalnya, jika Anda menjual ponsel dan orang-orang sering kali membeli power bank dengan mereka, pertimbangkan untuk menempatkan power bank di sebelah ponsel di planogram Anda .

Jika Anda sudah memiliki toko, lihat data pembelian Anda dan lihat item apa yang dibeli bersama sebelumnya. Kemudian, pertimbangkan untuk menggunakan informasi itu untuk memandu tata letak Anda. Misalnya, jika Anda menjual sepatu lari dan orang-orang sering kali membeli kaus kaki, pertimbangkan untuk meletakkan kaus kaki di samping sepatu lari di planogram Anda.

Akurasi

Dalam situasi di mana data pembelian sebelumnya tidak tersedia, toko online dapat membuat halaman sebagai koleksi dan menatanya menggunakan planogram. Misalnya, jika toko Anda menjual pakaian dan aksesori, buat pakaian yang cocok.

Planograms dapat digunakan untuk meletakkan potongan pakaian di dekat satu sama lain – sehingga memungkinkan pelanggan untuk membayangkan seperti apa tampilan pakaian tersebut.

Teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai macam produk termasuk bahan makanan yang menyatu dengan baik, elektronik dan aksesori yang meningkatkan penggunaannya, dan banyak lagi.

Berpikir Secara Musim

Ubah rencana planogram E-Commerce Anda sesuai dengan musim, festival, atau hari libur yang akan datang. Misalnya, saat musim dingin permintaan jaket, selimut, dan sweater cenderung meningkat.

Begitu pula jika sebuah festival akan tampil menonjolkan produk-produk yang sesuai dengan acara tersebut. Dengan mengubah tata letak planogram pada interval yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan melihat apa yang cenderung mereka beli lebih banyak.

Artikel terkait  Menggunakan Twitter Advanced Untuk Pemasaran, Efektifkah?

Untuk Keberhasilan Planogram E-Commerce, Lakukan Uji  Coba!

Merancang dan menerapkan planogram e-niaga saja tidak menjamin keberhasilan. Menguji planogram secara berkala sangat penting untuk memastikan efisiensi dan tingkat keberhasilan planogram.

Misalnya, mengubah tata letak planograms secara berkala dan menganalisis variasi penjualan setelah setiap tata letak memungkinkan toko e-commerce untuk mengidentifikasi mana yang paling berhasil.

Planogram E-Commerce dapat dirancang dengan menarik dan melepas produk dengan mudah. Ini juga dilengkapi dengan beragam fitur termasuk templat yang dapat disesuaikan, kompatibilitas multi perangkat, kepatuhan yang mudah, mode manual dan otomatis di antara banyak lainnya

Untuk memahami penerapan Planogram e-commerce dengan lebih baik, mari pertimbangkan contoh berikut:

  • Profil perusahaan : Dalam contoh ini kita akan membahas tentang platform layanan video on demand terkemuka yang memiliki aplikasi OTT untuk film.
  • Tantangan Bisnis : Tantangan utamanya adalah memiliki beranda yang ramah pelanggan untuk situs web mereka. Situs web ini memiliki spanduk bergerak yang menunjukkan poster film terbaru yang berubah pada interval tertentu. Namun, ini dilakukan secara manual daripada menggunakan Artificial Intelligence. Persyaratan utama mereka adalah sistem di mana spanduk film secara otomatis akan berubah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan; misalnya, film yang banyak diminati atau film yang mendapat klik maksimum.

Kesimpulan

Meskipun mereka mungkin tampak seperti strategi batu bata dan mortir pada awalnya, planogram juga dapat digunakan secara efektif di ruang digital. Dengan menggunakan planogram, Anda dapat membuat pengalaman belanja yang lebih disesuaikan dan dipersonalisasi untuk pelanggan Anda yang terasa lebih nyaman daripada berbelanja online biasa.

Planogram untuk toko online tidak boleh hanya tentang tata letak halaman atau penempatan gambar di situs web. Hanya dengan menampilkan Anda mungkin juga suka mungkin hanya berhasil dalam jangka pendek karena kebiasaan belanja pelanggan yang bervariasi.

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman belanja yang dipersonalisasi bagi pelanggan dengan saran produk yang sesuai dengan setiap produk. Kadang-kadang menempatkan aksesori yang tepat yang melengkapi produk dapat menjadi faktor penentu apakah item tersebut dibeli atau tidak.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya