Pengertian Media dan Beberapa Jenis Media Promosi

Dalam berbagai aspek kehidupan, media memiliki peranan penting dalam membantu mempercepat suatu proses. Baik dalam pembelajaran, komunikasi, maupun dalam dunia bisnis. Media adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia.

Apa sih pengertian media? Apa saja jenis media? Nah, artikel kali ini akan membahas berbagai informasi terkait media. Mulai dari media pembelajaran hingga media promosi. Yuk simak informasi berikut hingga akhir!

Pengertian Media

media-1

Secara umum, pengertian media adalah suatu wadah yang digunakan sebagai alat perantara atau pengantar untuk menyalurkan pesan maupun informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan atau khalayak ramai.

Pendapat lain mengartikan media adalah segala bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Jika kita membahas secara etimologi, kata “media” diambil dari bahasa Latin, “medius” yang memiliki arti “tengah, perantara atau pengantar”. Umumnya istilah media ini merujuk kepada sesuatu yang dijadikan wadah, alat, atau sarana yang berguna untuk melakukan komunikasi. Berikut beberapa pengertian media menurut beberapa ahli:

Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, pengertian media adalah segala jenis alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan tertentu.

Leslie J. Briggs

Menurut Leslie J. Briggs, media adalah suatu alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi sebuah materi. Media yang dimaksud dapat berupa video, gambar, buku, televisi, dan lain sebagainya.

Ahmad Rohani

Menurut Ahmad Rohani, pengertian media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap indera manusia dan memiliki fungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk sebuah proses komunikasi.

Arif S. Sadirman

Arif S Sadirman mengartikan media sebagai segala alat fisik yang dapat penyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

Schram

Menurut Scham, pengertian media adalah teknologi yang dapat membawa pesan, dengan begitu dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas pembelajaran.

Fungsi Media

Secara umum, segala jenis media memiliki fungsi yang sama, fungsi media adalah:

  • Sebagai sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat
  • Media membantu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, juga daya indera manusia
  • Sarana mengekspresikan gagasan, ide, pendapat kepada masyarakat atau khalayak ramai
  • Digunakan untuk mendapatkan hiburan, relaksasi, serta untuk pengalihan perhatian dari ketegangan sosial.
  • Digunakan sebagai sarana dalam melakukan pengawasan atau kontrol sosial masyarakat.

Macam-macam Media

media-2

Media Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar, media memiliki peranan yang cukup penting untuk menyampaikan pesan atau materi pembelajaran kepada siswa. Secara umum, media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar, segala sesuatu yang dapat memberikan rangsangan untuk pikiran, perasasaan, serta perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta didik.

Tujuan adanya media pembelajaran ialah untuk mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan efesiensi proses belajar mengajar, untuk menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan dari pembelajaran, serta untuk membantu konsentrasi peserta didik dalam belajar.

Ada banyak sekali jenis media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar. Terutama di zaman sekarang ini, di mana teknologi sudah berkembang pesat.

Berikut ini jenis-jenis media pembelajaran

Media Audio

Jenis media pembelajaran yang pertama ialah audio yang berfungsi menyalurkan pesan audio dari pengirim ke penerima pesan. Audio ini sangat berkaitan dengan indera pendengaran. Berdasarkan sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal, yaitu bahasa lisan atau kata-kata. Juga dapat menyampaikan pesan nor verbal, yaitu bunyi-bunyian seperti musik. Contoh medianya ialah radio, tape recorder, dan telepon.

Media Visual

Media pembelajaran visual merupakan media yang hanya mengandalkan indera penglihatan, media ini menampilkan materialnya menggunakan alat proyeksi. Beberapa media visual ialah:

  • media visual verbal; berisi pesan verbal atau pesan linguistik dalam bentuk tulisan seperti buku, koran, majalah, dan lain sebagainya
  • media visual grafis; berisi pesan non-verbal yang pesannya berupa simbol atau unsur grafis seperti gambar, foto, sketsa, peta, dan lain sebagainya.
  • media visual non-cetak; berisi pesan yang berbetuk tiga dimensi seperti miniature, specimen, mock up, dan lain sebagainya.

Media Audio Visual

Merupakan jenis media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penglihatan langsung secara bersamaan dalam sebuah proses. Pesan yang disampaikan dalam media ini merupakan gabungan dari media verbal dan non-verbal. Contohnya ialah film, video klip lagu, video documenter, dan lain sebagainya.

Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang dimanfaatkan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi terkait sebuah produk yang ditawarkan dan diperjualbelikan kepada masyarakat.  Di era saat ini, ada banyak sekali jenis media promosi yang digunakan oleh seorang pebisnis untuk mempromosikan produknya. Manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan dengan menggunakan media promosi ialah:

  • Konsumen potensial akan mengetahui dengan lengkap informasi terkait produk yang ditawarkan. Dengan begitu maka perusahaan juga dapat menyediakan semua permintaan konsumen yang berhubungan dengan kriteria produk.
  • Dengan media promosi, perusahaan dapat memberikan penjelasan lengkap sehubungan dengan pemasaran yang dilakukan. Mulai dari kegiatan, produk, desain produk, promosi produk, termasuk pengiklanan, dan juga komunikasi dengan konsumen hingga proses pengiriman.
  • Manfaat terakhir yang akan dirasakan perusahaan ialah dapat mengenali dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menjual produk dan dapat laku keras.

Berikut jenis-jenis media yang secara umum paling banyak digunakan dalam mempromosikan produk:

Internet

Internet merupakan media promosi yang saat ini paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Internet menjadi media yang sangat efektif karena saat ini setiap harinya orang pasti selalu terhubung dengan internet.

Selain mudah dalam hal mengakses, terbukti dengan promosi melalui internet ini akan banyak sekali menghemat biaya. Tentunya ini akan semakin meningkatkan keuntungan dan mempercepat perkembangan bisnis yang Anda tekuni.

Untuk melakukan promosi dengan media internet, Anda dapat memanfaatkan berbagai sosial media yang Anda miliki mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan banyak lainnya. selain media sosial, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan google. Mulai dari mesin pencariannya, Google Maps, Google Ads,  hingga Google Bisnisku. Anda juga dapat melakukan promosi di internet dengan memanfaatkan blog dan artikel dengan jenis penulisan SEO.

Brosur

Media promosi selanjutnya ialah brosur. Brosur adalah lembaran yang dicetak dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas, yang salah satunya dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk.

Brosur biasanya dicetak dalam jumlah banyak dengan kualitas yang baik. Brosur tidak dicetak setiap saat, melainkan di saat-saat tertentu jika dibututuhkan. Contohnya ialah Ketika akan mengadakan suatu event. Maka media promosi yang digunakan dan paling praktis untuk menarik minat masyarakat ialah dengan memanfaatkan brosur.

Poster

poster

Poster merupakan desain grafis atau sebuah karya seni yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas sebuah kertas baik dengan ukuran kecil ataupun besar. Poster adalah salah satu sarana yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi, umumnya digunakan dan akan banyak dijumpai di tempat umum atau fasilitas public yang strategis.

Ukuran poster yang relatif besar memiliki potensi besar untuk menarik perhatian pembaca yang pada dasarnya mengarah pada pesan merek. Seseorang yang menggunakan poster sebagai media promosi haruslah mampu mendesain poster semenarik mungkin. Poster yang menarik memiliki komposisi warna yang cerah, terang, persuasive, dan juga unik.

Banner

Banner adalah salah satu media promosi yang ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan poster. Banner akan dipasang di berbagai tempat strategis agar mudah dilihat. Bentuk serta teknik pemasangan banner sangat bervariasi. Ada juga banner yang disebut dengan X-Banner karena pemasangannya yang menggunakan sebuah rangka berbentuk X agar mudah dipindahkan.

Televisi

Televisi merupakan sarana promosi yang hingga saat ini paling banyak menarik konsumen. Televisi mampu menampung banyak iklan. Televisi yang merupakan media promosi paling efektif ini juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk dapat mengiklankan produk.

Ditambah dengan pembuatan iklan yang membutuhkan banyak waktu, menjadi hambatan tersendiri bagi pebisnis yang ingin memasang iklan di televisi. Iklan yang ditayangkan di media ini umumnya berdurasi singkat, sekitar satu menit karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya. Namun tentu saja bisa lebih, dengan catatan membayar lebih mahal.

Merchandise

Media promosi terakhir yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi sebuah produk adalah merchandise. Merchandise adalah segala bentuk produk yang dibuat dengan tujuan sebagai hadiah. Karena dibuat dengan tujuan sebagai hadiah, umumnya berbagai merchandise diberikan secara gratis atau cuma-cuma kepada mereka yang telah melakukan atau mengikuti kegiatan yang diarahkan atau diwajibkan oleh sebuah perusahaan. merchandise ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari kalender, mug, topi, baju kaos, buku, payung, goody bag, tote bag, bantal, sticker, dan masih banyak jenis lainnya.

Itulah sajian informasi terkait media, mulai dari pengertian media hingga macam-macam media khusus untuk Anda. Manakah media yang sering Anda gunakan dalam berbisnis? Atau jika Anda seorang pelajar atau pendidik, jenis media mana yang lebih sering Anda gunakan?

Dalam memanfaatkan sebuah media, pastikan untuk memilih media yang paling cocok dan sesuai kebutuhan Anda. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga membantu!

Apakah Anda memiliki masalah dalam menjalankan bisnis online? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol