Last Updated on April 16, 2022 by
Pernahkah Anda mendengar mengenai konsep Ikigai? Ikigai adalah filosofi Jepang yang berasal dari tiga suku kata dan diterjemahkan sebagai ‘alasan keberadaan’. Ikigai membantu orang memperjelas tujuan hidup mereka yang mengarah pada kesejahteraan dan kepuasan.
Ikigai adalah penggabungan antara siapa kita, bagaimana kita bisa melayani orang lain dan apa yang kita sukai untuk dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang merasa hidup mereka memiliki tujuan umumnya merasa lebih bahagia dan positif.
Jika dihubungkan dengan kondisi saat ini, ketika beberapa perusahaan perlahan bangkit lagi ditengah kondisi yang tidak pasti selama pandemi untuk membangun kembali bisnis yang lebih tangguh dan berkelanjutan, saya melihat bahwa konsep ikigai dapat digunakan untuk menyelaraskan kembali tujuan bisnis.
Daftar Isi
Mensejajarkan elemen untuk menemukan konsep ikigai
Berdasarkan sebuah buku terlaris karya Héctor García dan Francesc Miralles yang berjudul IKIGAI-Rahasia Hidup Panjang dan Bahagia Orang Jepang. Terdapat sebuah diagram yang diberi label area tempat keempat lingkaran berpotongan.
- Pertama, menemukan tumpang tindih antara apa yang Anda sukai dan apa yang dibutuhkan dunia dapat menjadi misi Anda dalam hidup.
- Kedua, gairah Anda cenderung menggabungkan apa yang Anda sukai, dengan apa yang Anda kuasai meskipun terkadang kita harus bekerja keras untuk menjadi ahli dalam hal-hal yang kita sukai ini akan menjadi passion
- Selanjutnya, García menyarankan bahwa panggilan Anda adalah kombinasi dari apa yang dibutuhkan dunia, dan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran. Saat ini, kata panggilan umumnya berarti pekerjaan yang membuat kita tertarik untuk sesuatu yang dibutuhkan dunia dan kita dapat diberi penghargaan (bahkan dibayar).
- Keempat, García menyarankan agar profesi kita menggabungkan apa yang Anda kuasai dan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mendapat bayaran.
Konsep Ikigai untuk tujuan bisnis
Merefleksikan filosofi ikigai membuat berpikir tentang bagaimana bisnis menentukan tujuan mereka. Sebuah model bisnis menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan menciptakan, memberikan dan menangkap nilai.
Demikian pula, konsep Proposisi Nilai (sebuah elemen dalam Kanvas Model Bisnis Osterwalder) dengan ini, kita dapat memperjelas tentang apa yang dibutuhkan pelanggan. Binis model kanvas membantu menentukan bagaimana produk dan layanan dapat “menghilangkan rasa sakit” dan “menciptakan keuntungan” bagi pelanggan. Dengan kata lain, ini menggambarkan manfaat yang dapat diharapkan pelanggan dari produk atau layanan Anda.
Mengapa, bagaimana dan apa
Saat berbicara tentang bisnis apapun, kita pasti tertarik dengan pertanyaan mengapa bisnis itu ada? Memahami apa yang dilakukan perusahaan dan yang terpenting, mengapa mereka melakukannya. Apa inti bisnis ini? Apakah itu mencoba membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik?
MENGAPA adalah tujuan, sebab, atau keyakinan yang menggerakkan setiap organisasi dan setiap karier individu’.
Mengapa pelanggan Anda harus peduli? Mengapa karyawan dan pemasok Anda harus peduli dengan bisnis Anda? Perusahaan yang membangun kepercayaan dan loyalitas dan menginspirasi orang dapat membantu kita merasa bahwa kita adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan lebih baik.
Menggunakan konsep ikigai untuk menyelaraskan kembali tujuan bisnis Anda
Menggunakan filosofi ikigai untuk memandu tujuan bisnis dapat membantu bisnis menjelaskan bagaimana penawaran mereka membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Penelitian menunjukkan, jika diberi pilihan, banyak orang akan mendukung perusahaan yang berbuat lebih banyak untuk manusia dan dunia.
Menurut Laporan Imperatif Keberlanjutan pada tahun 2015 Nielsen, 66% konsumen akan membelanjakan lebih banyak untuk suatu produk jika berasal dari merek yang berkelanjutan.
Terhubung dengan orang-orang yang nilainya sejalan dengan Anda berarti mereka menjadi pendukung Anda, bukan hanya pelanggan. Akibatnya, mereka lebih cenderung memberi tahu teman dan kolega mereka tentang perusahaan dan penawaran Anda, membantu menyebarkan berita tanpa kampanye pemasaran yang mahal. Yang terpenting, mereka menjadi bagian dari ‘suku’ Anda, bukan pesaing.
Ikigai – ‘sweet spot’
Bagaimana kita mengadaptasi diagram ikigai untuk bisnis dan organisasi lain? dalam artikel ini disarankan empat tema utama hampir identik dengan satu-satunya perubahan kecil adalah ‘apa yang Anda pedulikan’ sebagai bisnis, bukan ‘apa yang Anda sukai’.
- Apa yang kamu pedulikan
- Apa yang dibutuhkan dunia
- Apa yang Anda kuasai
- Untuk apa Anda dapat dibayar
Di sini, tumpang tindih antara apa yang dibutuhkan dunia dan apa yang Anda pedulikan adalah visi bisnis. Sederhananya, itu adalah tujuan dan masa depan yang ingin Anda lihat dan menjadi bagian darinya.
Konsep Ikigai untuk tujuan bisnis di luar keuntungan
Apa yang Anda pedulikan dan apa yang Anda kuasai (pengetahuan, keterampilan, pengalaman) ketika bertemu akan menjadi misi bisnis Anda. Ini juga menjelaskan tujuan inti bisnis Anda.
Apa yang dibutuhkan dunia itu kompleks dan beragam, dan sekarang kita tahu bahwa kesuksesan masa depan membutuhkan solusi yang berbeda. Kita perlu meregenerasi sistem kehidupan, memulihkan sumber daya yang terbatas, menciptakan solusi yang melingkar dan berkelanjutan.
Sama pentingnya, kita membutuhkan model bisnis yang adil, inklusif, dan bertanggung jawab yang mendukung semua orang dalam sistem pemasok, karyawan, pelanggan, pemegang saham, dan masyarakat luas.
Apa yang dibutuhkan dunia = pekerjaan yang harus diselesaikan
Kita dapat melihat bahwa tumpang tindih antara apa yang dibutuhkan dunia dan apa yang akan dibayar orang dapat menggambarkan berbagai masalah pelanggan untuk dipecahkan. Dalam bahasa Business Model Canvas dan Value Proposition, ini adalah pekerjaan yang harus diselesaikan.
Singkatnya, ini adalah hal-hal yang coba dilakukan pelanggan Anda dalam pekerjaan atau kehidupan mereka. Pekerjaan ini bisa berupa tugas, masalah yang ingin mereka selesaikan, atau kebutuhan yang ingin mereka penuhi
Pada akhirnya, bisnis harus menyelaraskan apa yang kita kuasai dengan apa yang akan dibayar orang. Tumpang tindih dan keselarasan antara keempat lingkaran akan membentuk ikigai, dan itu adalah adalah tujuan dan alasan keberadaan bisnis Anda.
Itulah alasan mengapa Anda selaku pebisnis dan karyawan bangun di pagi hari dan menginvestasikan waktu, upaya, pemikiran, kekhawatiran, dan pemecahan masalah yang berharga ke dalam bisnis.
Manusia, dunia dan profit
Tidak ada orang yang ingin menjadi bagian dari masalah, justru kebanyakan orang menginginkan menjadi bagian dari solusi. Sebelum pandemi datang, dunia kita sudah mengalami banyak permasalahan, mulai dari pemanasan global, kebakaran hutan, kepunahan berbagai spesies dan banyak hal lainnya.
Perusahaan dapat yang menetapkan misi bisnis mereka untuk membuat dunia yang lebih baik, dengan melibatkan orang-orang, mulai dari karyawan, pemasok, pemegang saham, dan pelanggan untuk membantu misi itu terwujud.
Upaya ini adalah komitmen sepenuh hati untuk ekonomi yang regeneratif, adil, dan inklusif. Terlebih lagi, ini berarti menceritakan kisah tentang apa yang Anda lakukan, dengan jujur.
Penutup
Prinsip filosofi ikigai dapat menjadi alat yang sederhana dan efektif untuk tujuan bisnis yang melampaui keuntungan. Ini dapat memperjelas ‘mengapa’ bisnis Anda, memastikannya didasarkan pada apa yang benar-benar dibutuhkan dunia, bukan hanya apa yang akan dibeli orang.
Analisis Anda mungkin mengungkapkan kesenjangan besar antara apa yang dibutuhkan dunia dan penawaran Anda saat ini. Pendekatan ekonomi melingkar dapat membantu Anda menjembatani kesenjangan itu.
Sistem melingkar dapat mengurangi konsumsi sumber daya (dan biaya), menciptakan peluang untuk layanan baru dan aliran pendapatan, serta membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih dalam dengan pelanggan dan pemasok.
Temukan lebih banyak tips, trik serta rekomendasi menarik seputar dunia bisnis online hanya dari MARKEY. Kunjungi websitenya di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.