Last Updated on March 1, 2023 by
Digital public relation adalah metode pemasaran yang sedang berkembang pesat saat ini. Ada banyak sekali perusahaan yang memiliki tim tersebut demi mendongkrak kualitas pemasarannya. Namun apa itu public relation digital?
Istilah public relations atau humas sejatinya tak lagi asing di telinga kita. Humas sering menjadi garda depan dalam berbagai aksi pemasaran offline, seperti berinteraksi dengan konsumen, klien, masyarakat umum, hingga awak media.
Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, strategi humas ikut berevolusi ke ranah online sebagai ‘digital public relation’. Tugas mereka pun bertambah dengan melayani warganet sekaligus menumbuhkan brand awareness online.
Yuk simak penjelasan lebih lengkap terkait apa itu public relation digital, termasuk fungsi dan prospek karirnya di bawah ini. Siapa tahu posisi tersebut cocok dengan passion atau bakat Anda selama ini!
Daftar Isi
Pengertian Digital Public Relation (Digital PR)
Secara sederhana, digital public relation (digital PR) adalah perpaduan strategi humas tradisional dengan teknologi digital marketing. Hal ini bisa kita cermati dari nama istilah itu sendiri, yakni ‘digital’ dan ‘public relation’.
Melalui penggabungan strategi marketing tersebut, harapannya, bisnis bisa lebih mudah mendekatkan diri ke calon-calon konsumen di dunia nyata maupun maya. Digital PR juga memiliki efektivitas pemasaran yang lebih baik ketimbang humas biasa.
Sebagai contoh, dalam sistem PR tradisional, biasanya hanya perusahaan besar yang mudah mengakses publikasi ke awak media. Sedangkan bisnis-bisnis kecil dengan sumber daya marketing terbatas lebih sulit untuk berkembang.
Tapi dengan sistem digital PR, semua orang bisa bersaing secara sehat memakai beragam tool marketing. Contoh metode pemasaran humas digital ini adalah optimasi SEO, kerjasama influencer, konten marketing, sosmed marketing, dan juga press rilis melalui portal media online.
Perbedaan Digital Public Relation dan Digital Marketing
Banyaknya bentuk kolaborasi antara digital PR dengan digital marketing sering kali mengaburkan garis batas di antara keduanya. Misalnya ada strategi humas yang menggandeng influencer, atau optimalisasi press release di web dengan SEO.
Jadi tidaklah mengherankan juga jika masih ada yang salah kaprah justru menyamakan kedua strategi pemasaran ini. Padahal, digital PR mempunyai fokus kerja yang berbeda dari digital marketing.
Tujuan digital public relation adalah membina dan mengelola relasi brand dengan berbagai pihak di dunia maya. Hal ini sama dengan tujuan humas biasa, yang membedakannya adalah platform yang digunakan. Manajemen relasi tersebut pun nantinya akan berbuah pada kematangan reputasi bisnis di masyarakat.
Sementara digital marketing bertujuan untuk mempromosikan bisnis agar memperoleh konsumen dan sales. Aktivitas digital marketing selalu menyasar tindakan instan dari konsumen. Misalnya orang-orang jadi tertarik men-check out produk usai menonton konten video marketing.
Selengkapnya, inilah beberapa poin perbandingan tugas dan fokus antara digital PR dan digital marketing:
Digital Public Relation | Digital Marketing |
Mempublikasikan prestasi, pencapaian dan seluruh bentuk apresiasi terhadap brand. | Menumbuhkan engagement pembeli. |
Melakukan manajemen resiko atas pemberitaan dan komentar negatif terhadap brand di internet. | Menciptakan angka penjualan produk atau jasa sesuai target. |
Membangun dan memelihara image positif brand di kalangan warganet. | Menemukan target pasar yang tepat, yang berguna untuk penjualan sehari-hari maupun melakukan ekspansi bisnis. |
Memperkuat keunggulan brand dari pesaing lainnya. | Menciptakan aneka ulasan positif dari konsumen. |
5 Fungsi Public Relation Digital dalam Bisnis
Sudahkah bisnis online Anda mempunyai tim public relation online? Mengapa tim tersebut dipandang sebagai hal yang wajib oleh perusahaan masa kini? Berikut adalah 5 fungsi utama dari digital PR bagi suatu perusahaan:
1. Mempercepat Pertumbuhan Traffic Organic
Fungsi pertama dari mempunyai tim PR digital adalah mempercepat pertumbuhan traffic bisnis secara alami (organic). Traffic organic terjadi ketika ada orang yang mencari dan mendatangi akun bisnis online Anda atas keinginannya sendiri.
Pertumbuhan organik ini memang agak sulit tercipta, khususnya jika brand awareness masih belum tumbuh dengan optimal. Untuk itulah diperlukan tim PR digital yang membangun kedekatan bisnis di kalangan masyarakat.
2. Menciptakan sekaligus Memperluas Brand Awareness
Berbisnis saat ini memang tidak bisa fokus 100% menawarkan produk saja. Kita juga harus membangun kedekatan emosional, kepercayaan, dan wawasan seputar brand di benak calon konsumen. Hal-hal tersebut pun turut menjadi tanggung jawab tim online public relation.
Tim PR wajib melakukan sejumlah pendekatan untuk memperkenalkan produk ke target pembeli. Semakin baik pengetahuan seseorang tentang produk, maka makin besar juga tumbuh rasa kepercayaan dan motivasi mereka untuk mencobanya.
3. Menjalin Kerjasama Marketing dengan Influencer
Fenomena brand berkolaborasi dengan artis terkenal atau influencer kini bukan barang baru lagi. Strategi influencer mempunyai dampak sangat baik terhadap sales berkat daya pikat dan pengaruhnya yang kuat di pasaran. Jadi, tak heran kalau banyak bisnis berani mengucurkan modal lebih untuk menggandeng seorang artis dalam promosinya.
Namun tahukah Anda bagaimana caranya agar kerjasama tersebut bisa terwujud? Ya, jawabannya adalah melalui tangan-tangan cerdas tim PR digital!
Para staf public relation digital lah yang menjalin hubungan dengan influencer terbaik sesuai goal perusahaan. Merekalah yang getol mengupayakan agenda-agenda kampanye influencer yang sering kita lihat di sosmed. Mulai dari menjapri, berdiskusi, membantu selama kampanye, sampai memelihara hubungan baik dengan talent usai proyek berakhir.
4. Membangun Backlink Berkualitas Tinggi
Fungsi public relation digital lainnya adalah membangun backlink berkualitas untuk website bisnis Anda.
Backlink adalah tautan sebuah laman web yang merujuk ke suatu situs lain. Biasanya pun, backlink merupakan link referensi atau sumber yang dinilai kredibel atas sebuah artikel. Oleh sebab itu kehadiran backlink sangat penting bagi kelancaran bisnis online.
Nah, tim PR digital bisa membantu membangun backlink-backlink berkualitas untuk situs bisnis Anda. Semisal dengan mengoptimalkan isi laman web bisnis Anda, sehingga orang-orang dapat menjadikannya sebagai rujukan dalam artikel.
Lalu pembaca yang tertarik dengan ulasan produk Anda di artikel tersebut pun bisa langsung mengunjungi web dengan memencet backlink. Semakin banyak backlink yang bisa Anda peroleh, maka makin besar pula peluang web menduduki ranking 1 Google.
5. Membantu Menumbuhkan Angka Penjualan
Seluruh fungsi-fungsi PR digital di atas pada akhirnya akan menciptakan pertumbuhan angka penjualan pada bisnis Anda. Jadi, meskipun tim digital PR berfokus menjalin relasi dengan pihak-pihak eksternal brand, mereka tetap mendorong penjualan produk secara tidak langsung.
Makin banyak orang yang percaya dan suka dengan image brand, tentunya akan makin banyak juga yang tertarik membeli produk Anda. Mempunyai tim humas online seperti ini akan sangat membantu pertumbuhan awareness bisnis Anda di pasaran.
5 Jenis Public Relation Digital Terpopuler di Bisnis Online
Humas digital juga turut hadir dalam berbagai bentuk, tergantung pada bentuk interaksi yang dilakukan. Berikut adalah 5 jenis digital PR yang paling sering dilakukan bisnis online:
1. Marketing Influencer
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi marketing influencer sejatinya merupakan agenda digital PR yang paling marak dilakukan saat ini. Bukan tanpa alasan, para influencer sengaja dipilih karena mereka mempunyai pengaruh yang kuat di masyarakat. Alhasil, produk atau jasa yang mereka promosikan dijamin cepat terkenal dan laku terjual.
2. Guest Post
Strategi guest post sering dilakukan para humas dan content writer. Tim PR akan menulis artikel terkait brand lalu menayangkannya di situs-situs bertraffic tinggi demi mendapatkan lebih banyak eksposur. Alternatif lainnya adalah kita menulis sendiri sebuah artikel promosi lalu membayar pemilik web agar mau menampilkan artikel tadi di platformnya.
3. Press Release
Ketika membicarakan strategi marketing humas, tentu saja kita tak bisa lepas dari yang namanya press release. Nah, digital PR pun nyatanya masih menerapkan strategi ini.
Bedanya, press release digital diunggah pada platform online milik sendiri seperti akun sosmed dan website bisnis. Ada juga press release yang dikirim ke portal-portal berita online supaya lebih luas daya jangkaunya oleh masyarakat.
4. Unlinked Mention
Unlinked mention adalah interaksi-interaksi konsumen di dunia maya yang memuat nama brand Anda, tetapi tidak disertai oleh backlink atau tag ke situs/akun sosmed bisnis. Mention tersebut bisa muncul di mana saja, mulai dari konten sosmed, podcast, artikel website dan ulasan-ulasan lainnya.
Strategi PR yang satu ini memang agak sulit dilacak. Namun Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen engagement seperti Crowdfire dan Social Buzz untuk mengetahui seberapa sering nama brand disebut-sebut warganet.
5. Web Directory Inclusion
Terakhir ada web directory inclusion. Strategi PR digital ini cukup simpel. Anda hanya perlu menambahkan website bisnis ke direktori dengan niche yang relevan. Semisal Anda berbisnis di bidang fashion, maka carilah direktori yang memuat web-web bisnis pakaian.
Kisaran Gaji Staf Digital Public Relation
Posisi digital PR sedang banyak dicari perusahaan masa kini. Kira-kira berapakah kisaran gaji untuk posisi tersebut?
Mengutip dari berbagai portal info lowongan kerja populer di Indonesia, nominal gaji untuk posisi digital PR ternyata cukup menjanjikan. Rentang gaji seorang digital PR berkisar antara 3 juta untuk level fresh graduate sampai 28 juta untuk posisi senior.
Peluang kenaikan gaji pun sangat besar untuk posisi ini. Adapun rincian nominal upah PR digital menurut status karyawannya bisa dijabarkan sebagai berikut:
- Fresh graduate: 3 juta rupiah.
- Staf junior: 5 juta rupiah.
- Staf senior: 7 – 7,5 juta rupiah.
- Manajemen junior: 9 juta rupiah.
- Manajemen middle (mid): 12 – 12,5 juta rupiah.
- Manajemen senior: 28 – 29 juta rupiah.
4 Skill Wajib Seorang Digital Public Relation
Tertarik mencoba berkarir sebagai tenaga digital PR? Atau, Anda ingin memaksimalkan performa bisnis sendiri dengan teknik-teknik humas digital?
Apapun keperluan Anda nantinya, Anda perlu menguasai 4 skill wajib yang dibutuhkan seorang public relation digital profesional. Keempat skill tersebut adalah:
1. Jago Public Speaking
Meskipun bekerja di ranah digital, seorang PR digital juga tetap harus bisa public speaking selayaknya PR biasa. Keterampilan berbicara ini akan sangat bermanfaat ketika Anda menjalin relasi dengan influencer, partner bisnis, media massa, ataupun saat menjawab pertanyaan dan kritik dari warganet.
2. Jago Content Writing Artikel
Skill penting PR digital yang kedua adalah kemampuan menulis artikel (content writer). Anda akan dituntut untuk membuat press release, artikel, dan tulisan-tulisan menarik lainnya demi mendongkrak image brand. Namun tidak seperti menulis konten marketing yang menonjolkan kualitas produk, tulisan khas PR digital akan lebih mengedepankan nilai-nilai brand kepada audiens.
3. Jago Memakai Sosial Media
Ketika bekerja sebagai PR digital nanti, maka secara otomatis Anda akan mengelola seluruh interaksi dengan audiens di sosial media. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menguasai seluk-beluk pemakaian setiap akun sosmed yang digunakan brand.
Minimal Anda harus menguasai dasar-dasar cara mengoperasikan sosmed yang terkenal seperti Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, YouTube dan TikTok.
4. Jago Menganalisis Tren dan Isu Terkini di Masyarakat
Terakhir namun tak kalah penting, seorang PR digital wajib tahu cara menganalisis trend dan isu terhangat di masyarakat. Tujuannya adalah agar brand tetap dipandang relevan dengan kebutuhan/keinginan audiens. Apalagi di zaman sekarang yang mana informasi online berkembang dan berganti dengan cepat. Jadi jangan sampai Anda ketinggalan kereta, ya!
Itulah dia penjelasan lengkap terkait digital PR yang banyak dibutuhkan saat ini. Apakah Anda tertarik mencoba berkarir di bidang ini? Atau, untuk Anda yang mempunyai bisnis sendiri, apakah sudah siap merekrut tim digital PR terbaik?
Semoga ulasan di atas bermanfaat menambah wawasan digital marketing Anda, ya! Jangan lewatkan update tips-tips sukses berbisnis online hanya di MARKEY. Baca gratis koleksi artikel terbaiknya di https://markey.id/ atau lewat MARKEY APP (Play Store dan AppStore). Sampai jumpa lagi.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.