Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 57

Wajib Perhatikan! 7 Fitur Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Bikin Konsumen Betah

0
fitur-ecommerce

Kalau dilihat-lihat, saat ini ada banyak sekali aplikasi bisnis online terbaik bertebaran di mana-mana. Setiap aplikasi terbaik pun menawarkan fitur-fitur yang tampak serupa ke pengguna. Namun jangan salah, aplikasi bisnis online terbaik tidak bisa dibuat ala kadarnya, lho.

Peluang bisnis e commerce dewasa ini sedang sangat gemilang. Inilah mengapa banyak sekali pebisnis meluncurkan usahanya dalam bentuk aplikasi terbaik. Menurut survey terkini, jumlah pengguna aplikasi bisnis online terbaik di Indonesia ada kurang lebih sebanyak 85 juta jiwa. Pasar yang sangat menjanjikan, bukan?

Sisi buruknya, aplikasi terbaik Anda harus sanggup bersaing dengan ratusan aplikasi bisnis online lain. Untuk itulah Anda harus tahu 7 fitur yang biasanya ada di sebuah aplikasi bisnis online terbaik. Berikut ulasan selengkapnya langsung untuk Anda.

Fitur Aplikasi Terbaik Mampu Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Dalam dunia bisnis, termasuk peluang bisnis e commerce, kepuasan konsumen adalah hal nomor satu terpenting. Meskipun peluang bisnis e commerce sedang bagus dan Anda sudah punya aplikasi bisnis online terbaik, tetapi kalau konsumen kecewa dengan pelayanan, maka usaha Anda tetap akan sepi.

Performa dan fitur aplikasi terbaik faktanya sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen saat belanja online. Semakin kencang dan praktis cara pakai aplikasi, otomatis konsumen akan semakin puas. Begitupun sebaliknya.

Kalau sampai hari ini aplikasi bisnis online terbaik Anda masih belum berkembang dengan baik, bisa jadi penyebabnya ada pada fitur-fitur yang dimiliki. Banyak pebisnis online tidak sadar kalau fitur-fitur di aplikasi terbaiknya ternyata belum cukup menarik atau sesuai kebutuhan konsumen.

Akibatnya pun bervariasi. Mulai dari konsumen merasa kesulitan membeli produk, tidak bisa menemukan produk di toko, atau tidak tertarik berbelanja dengan aplikasi Anda. Jika dibiarkan untuk jangka panjang, aplikasi bisnis online Anda bisa ditinggalkan oleh masyarakat karena kurang nyaman dipakai.

Jadi jangan sampai godaan peluang bisnis e commerce mendorong Anda sekadar membuat aplikasi bisnis biasa. Lebih baik maksimalkan fitur dan keunggulan aplikasi supaya bisnis online Anda benar-benar diminati konsumen!

7 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Terbaik: Khusus E Commerce

fitur-ecommerce-1

Cara memulai bisnis e commerce sejatinya cukup gampang. Anda bisa memulai dengan memiliki aplikasi bisnis online terbaik dengan fitur-fitur lengkap seperti berikut ini:

1. Login Pengguna

Pertama adalah fitur login pengguna. Sebuah aplikasi terbaik pasti dilengkapi fitur login canggih dengan sistem keamanan kuat. Selain itu, fitur login pada aplikasi e commerce umumnya dapat menyimpan data pengguna dengan baik. Alhasil konsumen tidak perlu login berulang kali setiap ia ingin membuka app.

Kebanyakan konsumen tidak senang jika diharuskan login berulang kali ke aplikasi. Bagi mereka, cara tersebut sungguh sangat tidak praktis dan ribet. Akibatnya, orang-orang cenderung meninggalkan aplikasi yang sedikit-sedikit mewajibkan pengguna login ulang.

Maka dari itu, pastikan aplikasi e commerce Anda mempunyai sistem login yang baik dan praktis, ya. Beberapa aplikasi e commerce pun sengaja menambahkan fitur login 1x klik dengan memakai e-mail atau tautan ke sosial media saja.

2. Keranjang Online (Cart)

Fitur e commerce terbaik berikutnya adalah keranjang online atau cart. Keranjang online berguna untuk “menampung” sementara item-item yang hendak dibeli konsumen. Fungsinya sama saja seperti keranjang belanja biasa.

Pembeli bebas mau menambah, mengedit, ataupun mengurangi jumlah produk di keranjang masing-masing. Begitu selesai, meeka bisa langsung check out semua produk belanjaan dan membayarnya sekaligus.

Selain itu, keranjang online mempermudah pembeli membayar belanjaan dalam hitungan total (bukan satu per satu), memudahkan penjual mengemas daftar pesanan, dan tidak menjadikan barang belanjaan tercecer atau hilang.

3. Search atau Pencarian Produk dengan Filter

Sebagian besar aplikasi pasti mempunyai fitur searching atau pencarian produk. Bahkan fitur search terbaru umumnya dilengkapi dengan filter pencarian item yang spesifik.

Walaupun sepele, ternyata fitur search amat penting dalam dunia aplikasi, terutama aplikasi bisnis online. Sebuah aplikasi e commerce bisa menjual ribuan hingga jutaan produk sekaligus. Jelas akan sangat sulit bagi konsumen untuk mencari produk idaman tanpa dibantu fitur searching.

Beberapa e commerce modern sudah memodifikasi fitur searching-nya dengan menambah pencarian memakai foto (gambar) dan suara. Jadi, pembeli bisa menelusuri produk online hanya dengan mengupload foto produk atau menyebut kata kunci yang relevan. Sangat praktis!

4. Wishlist atau Likes Produk

Tidak semua konsumen yang membuka aplikasi e commerce akan langsung tertarik membeli produk. Kebanyakan orang justru suka menyimpan produk ke dalam wishlist untuk dibeli kapan-kapan. Oleh sebab itulah, fitur wishlist (daftar keinginan) atau likes produk sering dibutuhkan oleh konsumen.

Konsumen yang tertarik dengan produk bisa menyimpannya sementara dalam wishlist agar tidak hilang ketika tiba waktunya untuk di-check out. Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak langsung membeli produk. Bisa jadi mereka menunggu adanya voucher diskon dari e commerce atau promo gratis ongkir. Maka untuk sementara waktu, produk idaman disimpan dalam wishlist bukan keranjang.

5. Payment Gateway

Selanjutnya adalah fitur payment gateway. Ini adalah fitur khusus yang memproses pembayaran di toko online. Payment gateway bisa memverifikasi pembayaran dengan kartu kredit, debit, transfer bank, ataupun e-wallet dengan praktis.

Penambahan fitur payment gateway pada aplikasi memberi banyak opsi pembayaran bagi konsumen. Setiap orang bisa bebas memilih metode ternyaman untuk melunasi tagihan pesanan. Cari tahu keuntungan lengkap serta rekomendasi payment gateway terbaru selengkapnya di sini.

6. Customer Service dan Support 24 Jam

Jangan lupakan fitur customer service dan support center 24 jam, ya! Fitur ini amat penting untuk membantu konsumen yang mengalami kendala atas transaksi.

Kita memang tidak bisa tahu kapan masalah datang menghampiri konsumen. Bisa saja masalah tiba saat pengiriman, sebelum check out, ataupun ketika barang tiba di rumah pembeli. Jadi Anda harus siap sedia menangani keluhan dan pertanyaan pembeli.

Aplikasi bisnis online terbaik pasti didukung oleh tim customer service yang prima. Fitur ini membantu konsumen menyampaikan pertanyaan dan keluhannya dengan praktis, lalu kemudian mendapat solusi terbaik dari penjual. Ada juga toko-toko online yang memasang chatbot otomatis supaya bisa melayani chat pembeli selama 24 jam.

7. Promosi (Voucher, Diskon, dan Lain-Lain)

Fitur terakhir yang wajib ada adalah laman promosi dari e commerce. Bagian ini umumnya memuat aneka penawaran terbaru dari toko; baik itu voucher, cashback, diskon, flash sale, dan lain-lain.

Halaman promosi termasuk sebagai fitur paling dicari di aplikasi bisnis online karena siapa, sih, yang tidak suka belanja saat promo? Anda bebas memberi banyak tawaran belanja menggiurkan demi menarik sebanyak mungkin konsumen!

Bonus: Fitur Aplikasi E Commerce Lain yang Bisa Ditambahkan

fitur-ecommerce-2

Selain 7 fitur di atas, Anda masih bisa menambahkan fitur-fitur pemanis lainnya yang tak kalah menarik di aplikasi bisnis seperti:

1. Informasi Ongkos Kirim

Ketika bicara aplikasi e commerce, pastinya kita tidak bisa lepas dari ongkos pengiriman pesanan. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pesanan online akan dibebankan tambahan ongkir. Ini karena pengiriman paket ke rumah pembeli dilakukan dengan jasa ekspedisi.

Tarif ongkir pun cenderung bervariasi karena tergantung jauh-dekat jarak alamat konsumen dengan posisi toko. Alhasil konsumen memerlukan fitur tambahan berupa informasi ongkir pada laman aplikasi supaya mereka tahu berapa ongkos tambahan yang dikenakan untuk pesanan.

2. Logo Bisnis

Anda boleh menambah logo bisnis di aplikasi untuk mencirikan platform tersebut sebagai toko Anda yang sah. Jika diperhatikan, memang kebanyakan aplikasi mencantumkan minimal logo perusahaan untuk mencirikan karakteristik atau nuansa brand.

Taktik pemasangan identitas perusahaan pada aplikasi bisnis juga tergolong baik sebab mampu mendongkrak branding reputasi. Konsumen bisa dengan mudah mengingat perusahaan Anda karena sering melihatnya saat transaksi menggunakan aplikasi.

Memasang logo bisnis ke aplikasi juga bisa menambah kepercayaan serta profesionalitas usaha dalam perspektif konsumen. Mereka jadi semakin tertarik belanja karena yakin bahwa aplikasi Anda benar dan asli, bukan penipuan.

3. Call To Action

Tombol Call To Actions atau CTA juga bisa ditambahkan dalam aplikasi untuk meningkatkan penjualan. CTA bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah penjualan olshop dalam waktu singkat.

Tombol ini bisa Anda modifikasi untuk mendorong konsumen melakukan tujuan tertentu. Semisal mengklik/mengklaim promo, men-check out produk, atau mendaftar dan berlangganan sebagai member bisnis.

4. Review Pembeli

Pernah ragu saat hendak membeli produk online? Nyatanya hampir semua masyarakat mengalami masalah tersebut saat bertransaksi online. Meskipun aplikasi e commerce sudah menampilkan katalog foto dan video, sebagian orang masih belum yakin dengan kondisi asli produk. Sebab mereka sudah tahu bahwa foto dan video di katalog sudah diedit sedemikian rupa agar tampak menarik.

Di sinilah peranan kolom/fitur review pembeli diperlukan. Pada bagian ini pembeli bisa saling memberi rekomendasi serta penilaian terhadap produk. Tingkat kepercayaannya pun lebih tinggi, karena para pembeli tidak punya tujuan menjual produk seperti layaknya penjual.

5. FAQ (Frequently Asked Question)

Terkadang, kolom deskripsi produk masih belum cukup untuk menjawab pertanyaan konsumen. Ada saja hal-hal tentang produk atau sistem pengiriman yang membingungkan pembeli. Alhasil toko online Anda memerlukan laman khusus bernama FAQ (Frequently Asked Question).

Halaman ini memuat semua pertanyaan umum yang sering ditanyakan pengunjung. Dengan menyediakan laman FAQ, Anda tidak perlu repot menjawab pertanyaan serupa dari setiap konsumen.

6. Rekomendasi Produk

Terakhir adalah fitur rekomendasi produk. Mungkin Anda sendiri pernah menelusuri produk di e commerce dan menemukan tulisan “Rekomendasi Produk Terkait”. Nah, fitur ini biasanya dibuat dengan teknologi komputer AI (Kecerdasan Buatan) dan bisa menampilkan produk-produk sejenis dengan yang dicari pembeli.

Semisal konsumen menelusuri produk baju kemeja wanita di aplikasi. Secara otomatis sistem app akan menunjukkan lebih banyak rekomendasi baju kemeja wanita untuknya. Fitur ini terbukti mampu memberi efek “mengikat dan mendorong” ke konsumen. Ketika melihat rekomendasi produk sejenis, pembeli jadi tertarik untuk men-check out banyak lebih banyak produk. Alhasil penjualan Anda akan meningkat.

Cara Memulai Bisnis E Commerce Praktis di Sini

Bagaimana, tertarik untuk ikut mencoba cara memulai bisnis e commerce? Sekarang Anda bisa memulai bisnis olshop praktis hanya dengan mempunyai aplikasi bisnis online saja. Pun Anda tidak perlu repot mengembangkan aplikasi e commerce canggih sendiri, karena ada layanan APPKEY yang siap membantu!

APPKEY adalah layanan pengembang aplikasi serta website bisnis populer di Indonesia yang sudah menangani banyak klien. Kali ini APPKEY hadir menawarkan aplikasi e commerce terbaik murah berkualitas khusus untuk Anda.

Aplikasi online shop APPKEY sudah dilengkapi dengan semua fitur unggulan yang dibahas di atas. Anda bisa langsung menggunakannya untuk bisnis tanpa perlu pusing lagi menyusun sendiri.

Selain itu, APPKEY juga menawarkan berbagai bonus tambahan untuk Anda secara langsung:

  • Gratis konsultasi dengan tim ahli berpengalaman untuk menyelesaikan aneka kendala pada bisnis online Anda.
  • Garansi seumur hidup tanpa biaya tambahan. Jika aplikasi mengalami masalah di kemudian hari, segera hubungi APPKEY untuk langsung mendapat perbaikan.
  • Bebas kustom tampilan aplikasi. Beri tahu kami bagaimana logo dan tampilan yang Anda inginkan untuk aplikasi bisnis. Tim desainer profesional APPKEY akan segera menyiapkannya sebaik mungkin.
  • Dukungan multi bahasa. Langsung siap go internasional dengan APPKEY karena aplikasi kami sudah dilengkapi berbagai bahasa untuk mendukung penjualan ekspor.
  • Fleksibel dan keamanan terjamin. Aplikasi olshop dari APPKEY tersedia untuk Android dan iOS, bisa disesuaikan untuk beragam jenis bisnis, dan dilengkapi sistem keamanan data tercanggih.

Jadi mau tunggu apa lagi? Mari mulai bisnis Anda bersama kami!

Segera dapatkan aplikasi e commerce APPKEY di sini, ya. Jangan ragu juga untuk menghubungi APPKEY jika masih ada pertanyaan lebih lanjut.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya!

App Store Optimization : 7 Cara Menaikkan Rating Aplikasi di Playstore

0
rating-di-playstore

Tidak sedikit perusahaan pengembang aplikasi bekerja ekstra keras supaya ranking aplikasi bisnis penghasil uang mereka tidak turun drastis.

Pandemi menimbulkan situasi yang bervariasi di dunia bisnis aplikasi Android ataupun iOS. Tentu saja ada aplikasi-aplikasi yang tiba-tiba populer semenjak pandemi, begitu juga sebaliknya. Ketika ranking dan rating app di Playstore menjadi semakin tidak menentu, Anda harus sigap melakukan berbagai upaya untuk memastikan aplikasi buatan Anda tetap populer.

ASO adalah cara memasarkan aplikasi yang paling terkenal selama ini. Pun selain itu, ASO adalah cara menaikkan rating di Playstore terbaik yang wajib Anda coba. Seperti apa kira-kira cara memasarkan aplikasi saat pandemi dengan ASO?

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah 7 cara menaikkan rating di Playstore dengan App Store Optimization yang bisa dilakukan demi menambah pengguna aplikasi bisnis penghasil uang Anda walaupun sedang pandemi.

Sekilas Tentang ASO: Cara Memasarkan Aplikasi Terbaik

Untuk yang belum tahu, ASO adalah singkatan dari App Store Optimization. Strategi ASO diciptakan dengan tujuan yang serupa dengan SEO (Search Engine Optimization). Maka dapat dikatakan bahwa ASO dan SEO sejatinya serupa hanya berbeda “tempat” dan “objek” yang dioptimalkan saja.

Jika SEO adalah proses optimalisasi website di mesin pencari (seperti Google), maka ASO adalah optimalisasi aplikasi di dunia Google Play (Android) dan Apple Store (iOS). Mengaplikasikan teknik ini sangat penting mengingat ada jutaan aplikasi yang beredar di masing-masing Playstore.

ASO adalah cara menaikkan rating di Playstore itu sendiri. Melalui optimalisasi pada sejumlah aspek seperti kata kunci deskripsi, foto icon, dan lain-lain orang-orang dapat menemukan aplikasi Anda dengan mudah. Bahkan aplikasi yang dimaksimalkan dengan ASO seringkali menduduki peringkat 1 halaman depan Playstore, lho.

Jadi kesimpulannya, tanpa menggunakan App Store Optimization, otomatis aplikasi bisnis penghasil uang buatan Anda akan dengan mudah tenggelam “dikubur” oleh app-app kompetitor lain. Anda bisa mempelajari lebih dalam seputar cara kerja ASO di sini.

7 Cara Menaikkan Rating di Playstore dengan ASO

rating-aplikasi-1

Setelah mengetahui apa itu App Store Optimization, sekarang mari simak berbagai cara memasarkan aplikasi sekaligus menaikkan ratingnya di Playstore saat pandemi dengan ASO. Ini dia tips-tipsnya:

1. Gunakan Judul dengan Nama dan Deskripsi App

Pernahkah Anda menemukan laman aplikasi di Playstore yang judulnya memakai nama serta deskripsi inti dari aplikasi tersebut? Misalnya seperti “Gmail – Email by Google”, “Flip: Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin”, atau “SoundCloud – Musik & Audio”.

Rupanya penamaan judul dengan cara tersebut bukan tanpa sengaja, lho. Perusahaan SplitMetrics adalah penemu cara menaikkan rating di Playstore dengan rumus judul: Nama Brand + Inti Deskripsi App.

Maksudnya, Anda wajib menamai judul halaman aplikasi di Playstore dengan rumus kombinasi di atas. Hasil eksperimen uji A/B aplikasi dari SplitMetrics membuktikan rumus tersebut memperbesar peluang masyarakat menemukan app Anda di Playstore.

Apalagi jika brand perusahaan Anda sudah cukup familiar di masyarakat. Orang-orang bisa mudah menemukan aplikasi Anda dengan mengetik nama brand, atau mengetik deskripsi app.

Semisal pada aplikasi “Flip: Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin”. Calon pengguna bisa menemukan aplikasi Flip dengan mengetikkan nama brand (“Flip”) ataupun deskripsi aplikasi (“Transfer bank tanpa biaya admin”). Tak peduli kata kunci mana yang diketikkan, pada akhirnya calon pengguna akan tetap menemukan aplikasi Flip di Playstore.

2. Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Selama pandemi, terjadi perubahan perilaku masyarakat saat menelusuri Playstore. Studi menunjukkan sebagian besar masyarakat sudah berhenti menelusuri kata kunci general sejak 2020. Sebagai gantinya, mereka mulai mencari aplikasi secara spesifik.

Masyarakat menjadi bosan akibat pengaruh lockdown panjang. Oleh karena itu, mereka mencari rekomendasi nama-nama aplikasi yang menarik untuk digunakan. Kebiasaan inilah yang akhirnya mengubah gaya penelusuran konsumen di Playstore dari menggunakan kata kunci general menjadi spesifik.

Kebiasaan tersebut nyatanya masih berlaku sampai hari ini di 2021. Jadi, cara memasarkan aplikasi berikutnya adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap brand Anda (menumbuhkan brand awareness).

Semakin terkenal nama perusahaan dan aplikasi Anda, maka minat orang-orang untuk mencoba memakai app akan semakin besar. Merekapun bisa dengan mudah mengenali app Anda, baik dari namanya, deskripsi ataupun icon logo app.

3. Selalu Jalankan A/B Testing

Nama “A/B Testing” sangat terkenal dalam dunia IT, khususnya perkembangan aplikasi. Peranan A/B testing sangat penting untuk mengetahui apakah App Store Optimization yang dilakukan sudah berhasil atau belum.

Khusus untuk saat ini, uji A/B bisa Anda lakukan untuk menguji performa beberapa elemen di Playstore: preview aplikasi, icon/logo aplikasi dan screenshots yang digunakan untuk melengkapi deskripsi app. Jika ketiga elemen di atas sudah lolos uji A/B dengan optimal, itu artinya aplikasi Anda sudah aman beroperasi di Playstore!

Beberapa tips tambahan yang penting diperhatikan ketika melakukan A/B testing:

  • Letakkan keyword/kata kunci pencarian yang paling efektif hasilnya di screenshot aplikasi paling pertama. Strategi ini dapat membantu konsumen menyadari bahwa aplikasi Anda menawarkan jawaban persis seperti yang mereka cari. Anda bisa mengetahui keyword mana yang paling efektif atau banyak dicari konsumen lewat A/B testing.
  • Screenshot preview aplikasi pertama dan kedua adalah yang terpenting. Kedua bagian ini adalah elemen terpenting untuk membangun kesan pertama konsumen terhadap app Anda. Sebisa mungkin gunakan screenshot terbaik pada posisi pertama. Jika menggunakan video untuk memperkenalkan app, cek juga performa tampilan covernya.
  • Pastikan ikon/logo aplikasi jelas menggambarkan maksud inti kegunaan app. Jadi konsumen bisa mendapat gambaran bahwa aplikasi tersebut asli dan berkualitas dari Anda. Usahakan membuat logo yang simpel, tidak banyak pernak-pernik dan memakai warna yang kontras/menarik.

4. Jalankan Penelusuran untuk Apple Ads

Untuk Anda yang melakukan App Store Optimization di Playstore Apple, jangan lewatkan cara memasarkan aplikasi satu ini. Lakukan penelusuran khusus Apple Ads (iklan) untuk mengetahui sudah seberapa populer nama aplikasi Anda di kalangan pengguna iOS.

Pengguna seringkali tertarik dengan sebuah aplikasi usai melihatnya tayang di iklan (ads). Selain itu, penelusuran ini juga membawa berbagai manfaat ASO menarik lainnya:

  • Mengetahui apa saja keyword/kata kunci populer yang digunakan oleh pesaing Anda di Playstore. Anda bisa turut memanfaatkan kata kunci tersebut untuk menaikkan popularitas.
  • Menjadi sarana pengujian pre-launch (sebelum aplikasi benar-benar dirilis). Jalankan kampanye promosi dengan titel pre-order untuk mengetahui antusiasme masyarakat terhadap kehadiran aplikasi baru Anda.
  • Ada fitur “Creative Sets” yang bisa digunakan untuk menjalankan eksperimen uji A/B dan optimalisasi preview aplikasi, keyword, serta screenshots.

5. Optimalisasikan Kembali Desain Visual App

rating-aplikasi-2

Tidak seperti SEO yang optimalisasinya lebih banyak menggunakan kata-kata, App Store Optimization adalah strategi yang lebih menekankan pada aspek visual. Menata desain visual aplikasi dengan cermat dinilai sebagai cara menaikkan rating di Playstore termudah.

Tujuan utama dari strategi ini menjadikan setiap objek visual pada laman Playstore menonjol dengan baik. Cara ini akan memudahkan mata pengunjung menangkap objek-objek menarik di laman aplikasi Anda, lalu mendorong mereka untuk mendownload app.

Beberapa tips optimalisasi visual pada Playstore adalah:

  • Letakkan judul pada ikon aplikasi atau screenshots preview app.
  • Gunakan warna-warni yang kontras, khususnya untuk men-highlight atau memperjelas bagian tertentu.
  • Highlights bagian CTA (Call To Action), semisal ajakan untuk mendownload app ataupun fitur-fitur utama aplikasi.
  • Gunakan screenshot dengan bentuk horizontal. Bentuk ini terbukti lebih baik dan nyaman dilihat daripada vertikal.
  • Letakkan teks pada bagian kanan, sedangkan elemen-elemen desain seperti ilustrasi pendukung di sisi kiri. Menurut psikologi, otak kanan lebih aktif mencerna elemen tulisan. Sedangkan bagian kiri lebih cepat memproses elemen visual/gambar.
  • Letakkan item vektor yang lebih besar atau kecil di sekitar objek yang berukuran sama dengan ikon/logo utama.

Setelah menyusun desain visual, jangan lupa untuk melakukan uji test A/B guna mengetahui keefektifannya, ya!

6. Cermat Waspadai Update Playstore

Cara menaikkan rating di Playstore berikutnya adalah dengan mewaspadai update Playstore itu sendiri. Biasanya, update aturan baru Playstore bisa berdampak pada App Store Optimization yang dilakukan. Hal ini sama persis ketika Google Update memengaruhi SEO.

Jadi mau tak mau, Anda harus rajin mengecek perubahan ketentuan, aturan atau cara kerja Playstore setiap ada update. Jika tidak, aplikasi Anda akan otomatis kalah saing dengan aplikasi pesaing yang memperbarui ASO-nya sesuai aturan terbaru Playstore.

Sama seperti Google, setiap Playstore pasti akan memilih dan mengutamakan aplikasi yang ASO-nya terupdate. Sistem Playstore menanggap ASO terupdate lebih relevan dengan peraturan terbaru yang berlaku.

Untuk tahun 2021 sendiri, ada 3 update aturan baru Playstore yang wajib Anda waspadai dan sesuaikan ASO-nya:

  • Laman informasi privasi pengguna: ini adalah bagian baru yang dirilis oleh masing-masing Playstore. Sekarang, setiap aplikasi wajib untuk mengisi laman informasi privasi pemakai app dengan detil. Informasi yang harus Anda cantumkan misalnya data-data apa saja yang bisa dikumpulkan atau diakses oleh aplikasi saat digunakan.
  • Auto correct: Playstore terbaru sudah dilengkapi dengan perbaikan kesalahan ejaan (auto correct). Jadi Anda tidak bisa berkreasi dengan sengaja memelintir kata pada deskripsi, judul, dan lain-lain. Beberapa brand memang ada yang sengaja memelesetkan kosakata atau memakai bahasa-bahasa gaul untuk meningkatkan rating pencarian.
  • App Clip: fitur aplikasi versi mini untuk memperkenalkan app kepada masyarakat sebelum mereka benar-benar mendownloadnya. Fitur app clip bisa membantu konsumen mencoba app untuk menyelesaikan tugas-tugas awal sederhana. Jika dirasa cocok, barulah masyarakat mendownload aplikasi versi utuh.

7. Selalu Tingkatkan Kualitas Aplikasi

Cara memasarkan aplikasi yang terakhir dengan ASO adalah selalu tingkatkan kualitas app Anda. Konsistensi kinerja perbaikan pada app merupakan hal penting untuk menjaga ranking aplikasi di Playstore.

Rajin melakukan pengecekan berkala bisa membantu Anda mengetahui kekurangan pada app secara cepat. Jadi Anda bisa dengan mudah memperbaikinya sebelum terlambat. Konsumen setia app Anda pasti juga akan senang dan nyaman jika kualitas kinerja aplikasi selalu dijaga dalam jangka panjang.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar tips App Store Optimization (ASO). Semoga pembahasan di atas berguna untuk meningkatkan rating app Anda walaupun terjadi perubahan gaya penelusuran aplikasi selama pandemi.

Ikuti terus MARKEY | Media Berita Online untuk memperluas wawasan Anda terkait tips dan trik bisnis online kekinian secara gratis. Sampai jumpa lagi di pembahasan menarik berikutnya, sayonara!

Dapatkan lebih banyak artikel MARKEY: website | Android (Google Play) | aplikasi iOS (Apple Store).

Baca juga

Testimoni adalah : Inilah Cara Menjual Testimoni Pembeli yang Benar

0
testimoni-thumbnail

Anda sudah mendapatkan testimoni pelanggan setelah selesai transaksi. Selanjutnya apa? Tentu saja promosikan kata-kata testimoni tersebut untuk menarik lebih banyak calon pembeli baru!

Testimoni adalah elemen pendukung bisnis online yang sangat penting. Data perkembangan olshop menunjukkan, 97% konsumen selalu mengecek testimonial pembeli terdahulu sebelum memutuskan hendak belanja di sebuah toko online atau tidak.

Semakin banyak testimoni yang dimiliki sebuah olshop, maka dampaknya bisa semakin baik. Semua olshop yang memasang testimoni terbukti mampu memperoleh penjualan 65% lebih tinggi. Sedangkan konsumen yang melihat-lihat testimoni toko Anda berpotensi 115% lebih mantap untuk men-check out produk.

Sayangnya, manfaat testimoni tersebut masih belum dirasakan maksimal oleh banyak pebisnis. Ini karena tidak semua pebisnis tahu bagaimana cara promosi yang menarik dengan testimoni. Tapi Anda tidak perlu khawatir sebab kami punya solusi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Testimoni Olshop?

testimoni-1

Testimoni adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apalagi saat ini dunia bisnis online sudah merebak luas hingga ke berbagai penjuru wilayah. Tentunya peranan kata-kata testimoni dalam mendukung kelancaran bisnis online menjadi semakin penting.

Singkatnya, testimoni adalah konten dari pembeli yang berisi review/ulasan mereka terhadap pembelian yang sudah dilakukan. Ulasan tersebut memuat apresiasi rasa puas atau kekecewaan konsumen atas pelayanan dan produk yang diterima.

Banyak hal juga bisa diungkapkan konsumen ke dalam kata-kata testimoni. Mulai dari review produk/jasa yang dibeli, pelayanan toko, kecepatan pengiriman dan lain-lain. Jadi, 1 testimoni sudah memuat penilaian untuk seluruh pelayanan di toko online Anda.

Baik-buruknya testimoni pun sangat bergantung terhadap kelancaran transaksi. Semakin baik kualitas produk/jasa serta pelayanan, secara otomatis kata-kata testimoni yang Anda terima akan bagus. Begitu juga sebaliknya.

Manfaat Testimoni Konsumen untuk Bisnis

Bukankah testimoni konsumen hanya salah satu pertimbangan bagi konsumen sebelum belanja saja? Selain bisa membantu calon konsumen membuat pilihan, ternyata ada banyak sekali manfaat testimoni untuk bisnis Anda. Untuk Anda yang belum tahu apa saja manfaat testimoni konsumen, berikut jawabannya:

  • Iklan gratis – Anda tidak perlu lagi susah payah membuat iklan yang meyakinkan. Testimoni bintang 4 dan 5 dari konsumen lama sudah cukup untuk menggaet minat pembeli baru. Tentunya testimoni juga bisa Anda dapatkan secara gratis!
  • Meningkatkan kepercayaan pembeli – Pembeli baru tidak perlu khawatir atau takut mencoba belanja di toko Anda. Semakin banyak testimoni positif yang Anda peroleh, maka semakin besar juga rasa keberanian pembeli baru untuk mencoba bertransaksi.
  • Membantu evaluasi kinerja – Beberapa konsumen mungkin saja memberikan testimoni negatif, kritik dan saran untuk Anda. Terima dengan lapang dada dan jadikan saran-saran tersebut sebagai bahan evaluasi untuk memaksimalkan pelayanan di masa depan.
  • Sarana baru mengapresiasi pembeli – Banyak pembeli yang senang ketika review mereka dipajang secara khusus di etalase toko online Anda. Mereka merasa dihargai dan efeknya, mereka akan menjadi pelanggan tetap toko Anda.

Cara Promosi yang Menarik dengan Testimoni Pembeli

testimoni-2

Masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara promosi yang menarik dengan testimoni konsumen. Sebagian besar orang masih hanya sekadar memposting ulang testimoni konsumen tanpa strategi sama sekali. Hasilnya, toko tersebut tetap saja sepi pengunjung (performa toko tidak maksimal).

Kunci utama keberhasilan promosi menarik dengan testimoni adalah fokus menghadirkan informasi yang ingin diketahui calon pembeli. Calon pembeli membaca ulasan bukan tanpa alasan. Mereka mencari informasi spesifik dan jika berhasil menemukannya, maka mereka akan memutuskan hendak membeli produk atau tidak.

Nah, supaya tidak salah tindakan, mari pelajari step by step menyusun promosi yang benar sekaligus menarik dengan testimoni konsumen:

1. Kenali Bentuk-Bentuk Penampilan Testimoni

Pertama, tentukan dulu Anda ingin menampilkan testimoni dalam bentuk apa. Banyak olshop sengaja mengemas kata-kata testimoni konsumen dalam berbagai wujud supaya lebih menarik.

Testimoni bisa hadir dalam berbagai bentuk, misalnya:

  • Review “Snippet” – kumpulan ulasan simpel pada produk; ditampilkan dalam jumlah total rating produk dan volume produk terjual saja, bisa ditempatkan di bagian atas produk/pada posisi strategis yang mudah dilihat di katalog. Semisal produk A pada toko online ditampilkan dengan volume terjual 1000/bulan dan rating bintangnya 4,5.
  • Q&A (Tanya & Jawab) – pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen disandingkan dengan ulasan/jawaban dalam bentuk Q&A.
  • Review “Snapshot” – ulasan konsumen dikumpulkan di bagian bawah deskripsi produk, lengkap dengan bintangnya. Berbeda dengan Snippet, model review Snapshot ditampilkan secara jelas dan rinci.
  • Pembeli Bertanda Verified – testimoni ditulis langsung oleh konsumen dan dilengkapi dengan logo “Verified”. Logo tersebut menunjukkan bahwa penulis testimoni benar-benar konsumen yang terpercaya.
  • Visual Display – testimoni dikumpulkan bukan dalam bentuk kata-kata, tetapi berupa foto atau video pendek.
  • Filter dan Pencarian – fitur tambahan yang bisa Anda pasang di toko online untuk memudahkan calon konsumen mencari testimoni yang relevan/sesuai dengan pertanyaan mereka. Semisal konsumen hanya ingin membaca review seputar kecepatan pengiriman produk, lalu mereka bisa mengklik filter “Review Pengiriman”.

2. Utamakan Penempatan Q&A

Belajar dari situs e-commerce terbesar dunia Amazon, mereka mengedepankan halaman Q&A (tanya jawab) di atas kolom testimoni konsumen. Bahkan, peneliti dan pengamat bisnis online sepakat bahwa taktik tersebut adalah langkah yang benar. Mengapa?

Dalam dunia e-commerce, halaman Q&A terbukti mempunyai tingkat konversi yang lebih tinggi daripada testimoni ataupun foto produk. Penelitian yang ada juga sudah membuktikan bahwa konten-konten tanya jawab seputar produk berhasil meningkatkan angka penjualan sampai 153%.

Secara psikologis pun hal ini masuk akal. Faktanya, orang-orang tidak akan bertanya tentang produk jika mereka tidak tertarik dari awal. Ketika seorang calon pembeli tertarik dengan produk, mereka pasti akan mencari informasi tersebut dengan sendirinya. Di sinilah peranan halaman/postingan Q&A Anda untuk meyakinkan calon pembeli terhadap produk.

Terakhir, barulah keinginan tersebut “diperkuat” dengan cara menyuguhkan testimoni konsumen terdahulu. Calon pembeli yang tertarik dan sudah clear mengerti spesifikasi produk lewat Q&A pasti semakin mantap ingin check out produk usai membaca review bintang 5 dari konsumen lama.

3. Jangan Berlebihan

Kesalahan besar bisnis online saat memajang testimoni adalah mereka terlalu menyusun sedemikian rupa postingan testimoni tersebut.

Alasannya mungkin sudah bisa diperkirakan: mereka ingin tampilan testimoni bisa seragam mencirikan karakteristik usaha. Ada juga yang ingin supaya postingan testimoni tampak profesional.

Akhirnya, sebagian pebisnis terlalu sibuk brainstorming memikirkan cara terbaik, paling estetik, untuk memposting testimoni konsumen. Sebenarnya hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, namun ada hal lain yang lebih baik Anda fokuskan.

Betul, sebaiknya fokuskan bagaimana caranya agar informasi review tersebut bisa sampai dengan nyaman ke konsumen baru. Menambah banyak pernak-pernik editan bisa mengaburkan fokus konsumen terhadap testimoni. Alih-alih membaca review dengan baik, bisa jadi mereka justru teralihkan dengan editan pemanis yang Anda beri.

Selain itu, proses edit foto dan video testimoni bisa memakan waktu yang lama. Sedangkan setiap testimoni yang masuk memiliki waktunya sendiri-sendiri. Ada konsumen yang meyakini bahwa semakin lama tanggal atau waktu testimoni diberikan, maka isinya bisa semakin tidak relevan dengan kondisi terkini.

Bisa saja kualitas produk Anda saat ini sudah diperbarui sehingga tidak sama persis dengan produk yang dibeli oleh konsumen lama, bukan?

Jadi sebaiknya cobalah untuk membuat postingan testimoni yang simpel saja. Editan simpel akan menjaga calon pembeli tetap fokus saat membaca isi review. Selain itu review-review baru yang didapatkan bisa langsung terbit terunggah di web/app/sosmed e-commerce Anda. Calon konsumen pun senang bisa membaca review paling fresh dan up-to-date!

4. Bantu Konsumen Menemukan Testimoni yang Relevan

Testimoni mempunyai beragam isi. Setiap konsumen pasti mempunyai pola pikir yang berbeda-beda terhadap sebuah produk, oleh sebab itu, review mereka terhadap 1 produk yang sama akan berlainan.

Pada beberapa kasus, seorang calon konsumen bisa kesulitan menemukan review/testimoni produk yang benar-benar sesuai dengan pertanyaan mereka. Jadi Anda harus selalu sigap dalam membantu konsumen menemukan testimoni yang relevan.

Bagaimana caranya? Minimal sediakan fitur filter testimoni atau pencarian testimoni yang bisa dioperasikan sendiri oleh konsumen. Mereka dapat dengan mudah memasukkan kata kunci yang ingin ditelusuri sendiri pada kolom testi, ataupun mengklik filter yang ada.

Jika toko Anda melayani transaksi internasional, usahakan agar tersedia fitur terjemahan agar konsumen bisa membaca semua review tanpa kendala.

5. Tunjukkan Testimoni dalam Bentuk Gambar

Konsumen zaman sekarang sudah cerdas. Banyak orang sudah paham bahwa foto produk (katalog) bisa tidak sesuai dengan aslinya. Mereka sudah tahu bahwa foto katalog yang menarik pasti sudah diedit sedemikian rupa oleh penjual.

Oleh karena itu, konsumen yang ingin mencari penampilan asli produk akan menelusuri kolom testimoni. Di sinilah semua informasi sebenarnya terhadap produk terungkap dengan jujur. Demi kenyamanan konsumen, usahakan kolom testimoni toko Anda menyediakan tempat khusus untuk upload foto/video.

Jangan takut konsumen memposting produk Anda apa adanya sebagai testimoni. Faktanya, 72% orang membeli produk setelah mereka melihat foto asli barang tersebut di kolom testimoni.

6. Jangan Abaikan Testimoni Negatif

Terakhir, jangan abaikan testimoni negatif. Kita tidak bisa mengatur agar semua konsumen mau memberikan bintang 4–5 untuk produk. Apabila pembeli tidak puas dengan pelayanan atau produk mengalami masalah, maka konsumen tidak akan segan memberi bintang 1.

Namun Anda tidak perlu menghapus testimoni buruk bintang 1 atau 2 tersebut. Jangan takut, review dengan bintang kecil tidak akan langsung membuat konsumen kabur. Justru sebaliknya testimoni buruk bisa mendorong reputasi bisnis Anda menjadi kian baik.

Penelitian dari Power Review membuktikan, 82% konsumen sengaja mencari testimoni negatif dari sebuah olshop. Tujuannya adalah untuk memastikan kelemahan dari sebuah produk. Dengan mengetahuinya, konsumen bisa memikirkan cara terbaik untuk mengatasi kelemahan tersebut dan tidak terlalu kecewa.

Saran kami, jangan lupa juga untuk menjawab atau menanggapi testimoni buruk konsumen dengan bijak. Beberapa toko online sengaja menawarkan garansi pada konsumen yang memberi testimoni bintang 1 – 2. Efeknya, rasa aman dan nyaman akan muncul dalam diri calon pembeli. Mereka sudah melihat sendiri bagaimana penjual bertanggung jawab penuh untuk produk-produk yang mengalami masalah ataupun keluhan konsumen lain.

Demikianlah pembahasan artikel cara promosi yang menarik dengan testimoni. Semoga pembahasan di atas bisa menjadi pencerahan bagi Anda, ya!

Yuk temukan lebih banyak tips dan trik menarik seputar dunia bisnis online dari MARKEY. Follow websitenya di www.markey.id atau baca lebih nyaman via aplikasi download di Google Play atau klik di sini.

Sampai jumpa lagi di artikel edukatif menarik lainnya, sayonara!

Baca juga

Iklan Online adalah : Iklan Pasif VS Aktif Manakah yang Terbaik untuk Olshop Anda?

0
iklan-online

Dunia iklan online saat ini terbagi ke dalam dua kelompok baru yaitu iklan pasif dan iklan aktif. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa kedua iklan online ini bertolak belakang. Alhasil, muncul pertanyaan manakah contoh iklan online yang lebih menguntungkan.

Menurut pengamatan berbagai ahli dan lembaga digital marketing, iklan online adalah elemen bisnis yang dijalankan semua pengelola olshop. Orang-orang cenderung menggunakan iklan aktif daripada yang pasif, namun ternyata, iklan pasif pun tak kalah bermanfaat.

Jadi seperti apa perbedaan kedua contoh iklan online ini? Manakah pula iklan online yang paling pas untuk olshop Anda? Semuanya telah kami rangkum spesial untuk Anda di artikel berikut ini, selamat membaca!

Apa Itu Iklan Pasif dan Iklan Aktif?

ikan-online

Iklan online adalah salah satu hal yang pasti kita temui ketika berselancar di internet. Beraneka contoh iklan online tersebar di berbagai linimasa: sosial media, e-mail, aplikasi, hingga website. Namun tahukah Anda bahwa iklan-iklan tersebut bisa dikategorikan menjadi dua kelompok utama?

Dua kelompok umum iklan online adalah iklan aktif dan iklan pasif. Keduanya sering kali bisa kita simak langsung pada berbagai website ataupun aplikasi e-commerce. Nah, walaupun bisa berada dalam satu tempat yang sama, karakteristik kedua contoh iklan online ini sangat berbeda drastis.

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

Definisi Iklan Aktif

Iklan aktif adalah iklan online yang “agresif” tampil di layar kaca Anda. Tipe iklan online aktif akan berusaha tampil menonjol mencuri perhatian Anda dari konten yang ingin disimak dari website atau aplikasi. Alhasil Anda bisa dengan mudah menyadari bahwa yang muncul di layar Anda adalah sebuah iklan.

Contoh iklan aktif paling terkenal adalah pop up website dan app. Iklan pop up bisa muncul secara otomatis setibanya Anda di sebuah laman web atau baru membuka sebuah app. Walaupun Anda tidak bermaksud melihat iklan, nyatanya iklan tetap akan menyambangi Anda dan meminta diperhatikan.

Banyak orang menggunakan iklan online aktif seperti pop up karena dirasa lebih menguntungkan. Keuntungan iklan online aktif yang paling jelas adalah iklan terpampang nyata persis di hadapan konsumen. Calon pembeli tidak mungkin melewatkan informasi dari iklan, sehingga kesempatan mereka tertarik dengan produk juga lebih besar.

Contoh iklan online aktif lainnya adalah iklan yang Anda terima pada inbox e-mail. Iklan-iklan ini sering datang sendirinya ke inbox Anda, meminta untuk dilihat. Begitu juga iklan-iklan yang terselip dalam video online yang memaksa Anda untuk menontonnya sebelum bisa lanjut menyimak isi video.

Sayangnya, iklan-iklan aktif sering dirasa mengganggu sejumlah konsumen. Mereka yang tidak suka disodori iklan bisa saja langsung meninggalkan website atau menutup aplikasi Anda.

Definisi Iklan Pasif

Iklan pasif adalah kebalikan dari iklan online aktif. Iklan ini hadir di platform yang sama dengan iklan aktif, tetapi ia cenderung hanya diam saja di satu posisi. Sesuai namanya, iklan ini tidak agresif meminta untuk disimak oleh calon konsumen.

Contoh iklan online pasif misalnya banner promosi yang tersedia di bagian bawah atau samping website. Iklan tersebut tidak bergerak persis ke tengah layar seperti pop up. Ia hanya menayangkan konten promosi dari posisi yang sama, menunggu calon konsumen menyadari keberadaannya dan jika tertarik mengkliknya.

Contoh iklan online pasif lainnya adalah iklan sosial media. Jika diperhatikan, iklan-iklan sosial media memang kerap kali berada dalam posisi yang “menyatu” dengan konten unggahan biasa. Mereka sengaja ditata dengan rapi dan tak begitu mencolok untuk menjaga kenyamanan pengguna sosial media.

Itulah mengapa kita sering tidak menyadari keberadaan iklan di sosmed. Mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya. Beberapa orang baru sadar sesungguhnya sedang menyimak iklan ketika melihat label khusus seperti “Sponsored” yang ditulis kecil pada bagian pojok postingan. Sungguh mengecoh!

Keuntungan iklan online pasif adalah tidak mengganggu konsumen. Calon pembeli bisa dengan nyaman berlama-lama menyimak konten website atau aplikasi Anda. Mereka tidak perlu risih terganggu iklan, dan Anda tidak perlu khawatir kehilangan loyalitas konsumen.

Sisi buruknya, iklan ini bisa dengan mudah diabaikan oleh pembeli. Alhasil tingkat efektifitasnya dalam menggaet minat belanja tidak begitu bagus. Jadi para pebisnis yang memanfaatkan iklan online pasif dituntut untuk cermat sekaligus kreatif dalam memosisikan iklan.

Iklan Pasif VS Iklan Aktif: 4 Perbedaan Utama

saluran-iklan

Memilih tipe iklan online adalah tugas wajib bagi setiap pebisnis yang ingin sukses. Sebab tidak semua jenis iklan cocok atau efektif dalam mempromosikan produk ke masyarakat. Nyatanya semua jenis iklan memiliki keuntungan, kelemahan dan daya pikat masing-masing.

Begitu juga dengan iklan online pasif dan aktif. Sebelum menentukan hendak beriklan yang mana, pastikan Anda sudah tahu karakteristik dari keduanya. Adapun 4 perbedaan kedua iklan online adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Pemasaran

Iklan-iklan online aktif lebih cocok untuk Anda yang memiliki maksud dan tujuan pemasaran yang jelas, kuat dan lugas. Sebab iklan-iklan ini bisa dengan cepat sekaligus efektif menjaring perhatian konsumen, bahkan dalam hitungan detik.

Anda bisa mengandalkan iklan online aktif untuk tujuan pemasaran tertentu. Semisal meningkatkan penjualan, menyebarkan promosi/diskon, menawarkan flash sale atau penjualan terbatas, dan lain-lain.

Sebaliknya, iklan online pasif lebih cocok untuk tujuan pemasaran yang lebih halus. Saat ini kebanyakan orang beralih menggunakan iklan yang pasif demi menjaga kenyamanan pengunjung di web atau app e-commerce. Anda tidak secara terang-terangan memperlihatkan iklan, tapi iklan tetap bisa menjaring rasa penasaran konsumen ketika mereka menyimak konten tertentu.

2. Upaya Pemasaran

Upaya pemasangan iklan online pasif dan aktif pun berbeda. Iklan yang pasif memerlukan waktu lebih lama untuk disusun sedemikian rupa. Tujuannya tentu untuk menjaga kualitas dan kenyamanan pengguna tanpa menghilangkan informasi persuasif iklannya.

Iklan-iklan yang pasif dibangun sedemikian rupa dengan mendetail dan strategis. Semisal website Anda mengelola blog tambahan untuk memposting konten harian. Di sana Anda bisa menyelipkan iklan-iklan halus dan pasif secara terselubung.

Atau, Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui topik-topik pembahasan yang disukai konsumen. Selanjutnya Anda bisa memasang iklan di postingan-postingan yang sesuai. Walaupun memakan waktu, hasil iklan online pasif biasanya cukup sukses, tahan lama dan mampu menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Tapi kalau Anda ingin hasil iklan yang lebih cepat dan praktis, maka iklan online aktif bisa menjadi pilihan. Keuntungan iklan online aktif adalah lebih mudah dibuat, bisa diposting di mana saja bahkan tanpa perlu menyesuaikan diri dengan isi konten tertentu. Meski demikian Anda tetap harus telaten dalam membuat dan menyebarkan iklan setiap hari demi mencapai hasil maksimal.

3. Model Bisnis dan Karakteristik

Mungkin Anda pernah mendengar seorang ahli dunia bisnis, teori ataupun pebisnis profesional menyarankan begini, “Pilihlah jenis iklan online yang sesuai dengan model bisnis Anda.” Ungkapan tersebut ada benarnya.

Jangan heran jika model iklan A tidak cocok untuk bisnis Anda tapi menghasilkan keuntungan bagi bisnis pesaing. Nyatanya, sebuah bisnis bisa saja lebih condong mengandalkan sebuah model iklan tertentu.

Misalnya perusahaan yang baru berdiri pasti akan lebih gencar menggunakan iklan online yang aktif untuk menjaring konsumen dan membangun reputasi. Iklan-iklan jenis tersebut tentu efektif menarik perhatian masyarakat serta memenangi persaingan yang kompetitif.

Berbeda dengan perusahaan yang sudah punya pelanggan, stabil dan terkenal. Mereka akan cenderung memakai tipe iklan online pasif karena pada dasarnya konsumen sudah bisa datang sendiri menggunakan jasa/membeli produk mereka tanpa perlu banyak diiklankan lagi.

4. Biaya

Terakhir, biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing iklan berbeda. Seperti yang bisa Anda tebak, iklan online aktif memakan biaya yang lebih banyak. Pasalnya Anda akan memerlukan banyak komponen dan publikasi agar iklan bisa secara aktif beredar menggaet perhatian dimana-mana.

Kebalikannya, iklan-iklan yang pasif jauh lebih irit biaya. Bahkan bisa juga Anda tidak perlu merogoh kocek sama sekali, semisal dengan menjalankan iklan online pasif lewat strategi marketing konten. Jadi Anda hanya perlu daya kreasi dan ide-ide segar saja untuk dijadikan bahan promosi.

Sudah Memutuskan Iklan Online Mana yang Terbaik?

Faktanya, perdebatan iklan online pasif versus aktif tidak bisa ditentukan secara sepihak. Bagi perusahaan yang sedang berkembang,  jelas mereka akan mengatakan iklan online aktif sebagai pilihan terbaik. Sedangkan perusahaan yang sudah stabil akan memilih memakai iklan yang pasif saja.

Namun tetap tidak ada salahnya untuk mengombinasikan kedua jenis iklan sebagai strategi promosi olshop Anda saat ini. Pastikan saja bagaimana kondisi bisnis Anda, modal, target konsumen dan tujuan yang ingin dicapai. Niscaya Anda akan lebih mudah dalam menentukan jenis iklan online yang terbaik.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar perbedaan dua kelompok iklan online terbaru, yakni iklan online pasif dan aktif. Mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik beriklan online yang sukses? Temukan semuanya dengan memfollow website MARKEY di https://markey.co.id/ atau download aplikasinya di Google Play sekarang via link ini.

Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, sayonara!

Cara Memulai Bisnis Sejak Mahasiwa? Yuk Simak Tips Berikut!

0
cara-memulai-bisnis

Apakah Anda pernah mendengar cerita pendiri perusahaan Facebook, atau sudah mendengar cerita tentang pendiri perusahaan Microsoft. Tokoh pebisnis seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates mendirikan sebuah perusahaan mereka saat masih sedang berkuliah. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba memulai bisnis saat ini juga?

Jika jawabannya “Ah masih menjadi Mahasiswa, takut ga bisa membagi waktu” “Aku pingin sih jadi pebisnis walau masih berkuliah, tapi aku tidak tau cara memulai bisnis yang baik dan benar”. Itu merupakan alasan klasik dan stigma yang wajib diubah.

Apa salahnya terinspirasi dari cerita tokoh-tokoh tersebut? Bukannya lebih baik apabila memulai bisnis sejak menjadi mahasiswa? Tetapi bagaimanapun juga, keputusan ada di tangan Anda sendiri. Bagaimanapun juga, nantinya Anda akan menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang untuk membuat bisnis Anda berjalan apabila sudah tiba waktunya.

Jadi memang betul, diperlukan pertimbangan yang sangat matang untuk melangkah menjadi pebisnis. Plus, turun ke dalam dunia bisnis tanpa persiapan yang matang, mungkin bukan ide yang bagus.

Tetapi, menjadi pebisnis saat menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Yuk! Simak apa-apa saja yang harus dipersiapkan apabila ingin menjadi pebisnis walau masih ber-status menjadi mahasiswa.

Prioritas Anda harus jelas sejak awal mulai berbisnis

bisnis-sambil-kuliah

Menjalankan sebuah bisnis mirip dengan pekerjaan full time (Tapi yang ini lebih sedikit flexible, gaperlu absen, gaperlu terikat peraturan). Anda mungkin berfikir seperti ini, “Waw, nggak perlu ikut aturan tapi bisa dapat uang untuk makan dan kebutuhan sehari-hari!”. Tapi hal yang seperti itu sangat jarang terjadi pada kenyataannya.

Tetapi, Anda seharusnya tidak perlu berharap untuk mendapatkan uang dari awal. Dan jangan berharap bisa memperlakukannya sebagai kegiatan yang dapat dilakukan saat waktu luang, seperti halnya Anda memiliki hobi, maka Anda akan melakukan hobi hanya pada waktu luang saja.

Apabila menjadi pebisnis, Anda kemungkinan besar akan menyelesaikan pekerjaan Anda siang dan malam, hanya menyisakan sedikit waktu untuk senang-senang dan bahkan waktu untuk belajar.

Beberapa orang mungkin mengatakan sangat mungkin untuk melakukan kuliah bersamaan dengan bisnis, tapi untuk pendapat ini sangat sulit untuk setuju.

Menciptakan produk yang layak, menguji produk, dan meningkatkan produk itu sendiri akan membutuhkan usaha yang luar biasa. Dan tentunya, pelanggan Anda tidak mungkin memberikan kelonggaran untuk Anda karena Anda memiliki tugas yang harus diselesaikan.

Jadi, putuskan sejak dini bagaimana Anda akan mengatur waktu Anda. Dan yang namanya  “Pengorbanan” harus dilakukan. Itu berarti Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk modal bisnis Anda , keluar dari ekstrakurikuler (jika perlu), dan mengurangi waktu untuk bersenang-senang tentunya.

Gunakan kelas untuk keuntungan bisnis yang Anda lakukan

bisnis-mahasiswa-1

Jika jurusan kuliah Anda terkait dengan industri atau administrasi bisnis secara umum, maka gunakanlah peluang tersebut. Praktekkan teori yang Anda pelajari saat di dalam kelas dengan segera. Yaa, seperti pepatah mengatakan Sambil menyelam-minum air.

Apalagi saat di kelas, profesor Anda memiliki pengetahuan dan jam terbang yang sudah lebih lama. Jadi, jangan ragu untuk mengangkat tangan Anda (atau bisa mendekati mereka setelah kelas selesai) dan ajukan beberapa pertanyaan terkait dengan bisnis Anda.

Pengetahuan dan pengalaman mereka adalah sumber daya yang tak ternilai dan tentunya yang sangat Anda inginkan.

Jika Anda belum memiliki kelas seperti itu di dalam kurikulum kuliah Anda, jangan khawatir. Anda pasti dapat menemukan pilihan lainnya yang akan mengatasi seluruh masalah dalam ‘perjalanan bisnis’ yang Anda lakukan.

Dalam hal ini, sarannya sama, yaitu carilah teori sebagai dasar praktek bisnis Anda, lalu gunakan dalam dunia nyata, dan perhatikan serta pelajari sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman terkait bisnis yang telah dilakukan.

Almamater memiliki banyak keuntungan untuk membantu bisnis Anda

Ini adalah salah satu alasan utama kenapa mahasiswa merupakan tempat terbaik untuk memulai bisnis mereka sendiri. Ada begitu banyak sumber daya yang tersedia untuk keuntungan Anda hanya karena Anda seorang mahasiswa, keren bukan!

Berikut ini contoh-contoh tentang apa yang dapat dimanfaatkan dari almamater Anda:

  • Wifi gratis;
  • Ruang pertemuan, rekan kerja, dan hub gratis;
  • bahan perpustakaan;
  • Diskon pelajar untuk beberapa produk dan layanan, terutama untuk perangkat lunak;
  • Sesi orientasi dan penasehat;
  • Kompetisi business plan;
  • Pameran dan acara kampus;
  • Program inkubator bisnis dan mentoring.

Produk paling keren pun tidak ada artinya, jika tanpa adanya pelanggan

cara-mulai-bisnis

Sebelum Anda menginvestasikan sejumlah besar uang ke dalam modal usaha Anda, pastikan Anda memiliki pelanggan untuk menjual produk bisnis Anda. Bagaimana caranya? Cuma ‘Dua kata’ : Riset Pasar.

Ya, mungkin terdengar lumayan membosankan (terutama jika Anda merupakan bukan tipe orang yang menyukai fakta dan angka). Tapi itu sangat diperlukan,  Anda perlu mengetahui, apakah ada permintaan untuk apa yang Anda tawarkan nantinya. Jika tidak ada, Anda berisiko menjadi salah satu dari 42% usaha kecil yang gagal karena mereka tidak memiliki pasar untuk memasarkan produk mereka.

Inilah yang harus diperhitungkan saat Anda menyusun catatan riset pasar :

  • Karakteristik pembeli Anda: usia, lokasi, jabatan, dll.;
  • Tantangan, preferensi, dan kebiasaan yang mereka lakukan;
  • Pesaing langsung dan tidak langsung.

Berikut adalah tips-tips tentang ‘bagaimana’ melakukan riset pasar : statistik itu penting, tetapi begitu juga komunikasi dengan calon pelanggan Anda. Jadi, bertanyalah kepada mereka dan diskusikan apakah mereka memiliki masalah yang ingin Anda atasi dan tanyakan apa pendapat mereka tentang produk Anda.

Pengujian produk apa pun sangat penting dilakukan

Kebanyakan ide bisnis jenius bukanlah hasil dari momen yang mendadak terbesit oleh para pengusaha saat mereka mandi. Tetapi, ide-ide tersebut merupakan produk dari banyak siklus ‘coba-coba’.

Tentunya, setidaknya ide awal harus layak. Tetapi kemudian Anda harus melalui siklus ini beberapa kali sebelum Anda memiliki produk yang benar-benar hebat, inilah yang harus Anda lakukan :

  • Mendapatkan versi prototipe atau produk awal yang layak untuk diuji;
  • Mempresentasikannya ke kelompok diskuksi dan mendengarkan umpan balik mereka : apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil;
  • Meningkatkan kualitas produk dan mengulanginya.

Anda tidak perlu melakukan ini dengan sendirian

Tahukah Anda? apa yang membuat bisnis lebih mudah untuk memulai dan melanjutkan perjalanan bisnis Anda ?  Memiliki seseorang untuk memantulkan ide-ide Anda, memberi Anda umpan balik, berbagi ilmu pengetahuan mereka yang telah teruji waktu dengan Anda dan jika memungkinkan bermitra dengan orang lain.

Di sinilah (masa kuliah) jaringan bisa dimulai dan orang-orang dari segala jenis karakter dan aspek ilmu lebih banyak memungkinkan untuk mematangkan ide Anda. Berikut ini penjelasan singkat tentang siapa yang mungkin harus Anda dekati :

  • Rekan-rekan Anda : mereka dapat menjadi mitra bisnis, rekan pendiri, atau kelompok diskusi Anda;
  • Alumni : mereka dapat mendanai start-up bisnis Anda, berbagi pengalaman dengan Anda, atau bahkan menjadi mentor Anda ;
  • Profesor: biasanya mereka adalah sumber pengetahuan, dan mereka tentunya tidak keberatan untuk membantu siswa mereka sendiri ;
  • Pengusaha sukses: mereka lebih dari siap dijadikan panutan oleh para mahasiswa

Jadi, lanjutkan dan temukan seorang mentor untuk bisnis Anda. Orang ini akan memandu Anda dalam perjalanan bisnis Anda dan menggunakan pengalaman dunia nyata mereka, dan mereka tentunya akan membantu Anda dalam menghindari banyak hambatan dan kesalahan yang tidak diketahui oleh seorang pemula.

Sukses dalam waktu semalam adalah mitos

Menjadi sukses besar dalam waktu semalam hanyalah mimpi belaka yang tidak memiliki kesamaan dengan kenyataan dunia bisnis. Bersiaplah untuk kemungkinan bahwa, berjam-jam dan kelelahan yang Anda lalui, tetapi Anda masih belum berhasil.

Tidak semua start-up bisnis lancar pada kenyataannya, sekitar tiga perempat dari bisnis baru tidak berhasil untuk menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Jadi, bersikaplah realistis mengenai peluang dan tujuan Anda. Jangan mengharapkan dapat jutaan rupiah dalam beberapa bulan kerja keras. Berharap untuk terus berusaha walau dihadang kegagalan dan pertahanan yang kuat adalah kuncinya di sini.

Kuliah adalah waktu yang tepat untuk menjadi seorang pebisnis

Perguruan tinggi bisa dibilang waktu yang terbaik untuk terlibat dalam dunia bisnis. Anda masih belum terikat oleh banyak komitmen, terutama dalam hal keuangan. Anda memiliki banyak fasilitas gratis atau hampir gratis untuk meningkatkan peluang sukses yang Anda inginkan untuk berbisnis.

Singkatnya, resiko Anda rendah sementara keuntungan yang Anda dapatkan tinggi.

Dengan kata lain, hal ini sangat patut untuk dicoba. Jika Anda berhasil, Anda tidak perlu khawatir mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Jika tidak, Anda masih memiliki pengalaman yang berharga untuk dimasukkan kedalam resume atau CV Anda. Plus, ini akan membuat Anda lebih dewasa dan cepat dalam berproses.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi penyemangat untuk Anda yang mulai ingin berbisnis. Dan jangan lupa untuk mengunduh MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis di Google Play Anda! Banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide yang menarik lainnya khusus untuk refrensi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Canggih! Bisnis Kuliner Online Ini Beroperasi 90% dengan AI [Review PopMeals]

0
bisnis-kuliner-online

Setiap hari, selalu ada saja cara-cara mengembangkan bisnis kuliner online terbaru dan canggih. Setelah ada inovasi aplikasi restoran online ambil sendiri, sekarang hadir inovasi bisnis kuliner online baru “Pop Meals”.

Pop Meals adalah bisnis kuliner online asal Malaysia. Tidak seperti aplikasi untuk jualan kuliner online biasa, Pop Meals disebut-sebut sebagai restoran online masa depan. Bagaimana tidak, sebab 90% sistem operasionalnya dijalankan oleh kecerdasan buatan (AI). Mulai dari rekomendasi menu, pengelolaan logistik, penetuan harga sampai ke pengiriman!

Kira-kira seperti apa, ya, kehebatan aplikasi untuk jualan kuliner online Pop Meals? Yuk kita cari tahu ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Cara Mengembangkan Bisnis Kuliner Online Ala Pop Meals

food-delivery-1
bisnis kuliner online

Perkembangan teknologi selalu membuat kita terkesan. Semenjak inovasi toko online ditemukan, orang-orang juga berhasil mengembangkan restoran online. Tak perlu waktu lama sampai bisnis kuliner online digemari masyarakat luas sebab praktis dan lebih murah.

Inovasi restoran online tidak hanya berkembang pesat di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Salah satunya adalah aplikasi untuk jualan kuliner online “Pop Meals”. Pop Meals adalah perusahaan resto yang beroperasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Perusahaan ini tidak hanya terkenal karena kelezatan makanannya, tetapi juga berkat pelayanan unik dan efisiennya lewat teknologi AI.

Apa Itu AI?

AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan dalam bahasa Indonesia. AI sendiri merupakan bagian teknologi komputer modern. AI bisa bekerja selayaknya otak manusia dengan kepintaran otomatis. Dengannya, Anda bisa mengoperasikan banyak peralatan IT tanpa perlu bersusah payah.

Bagaimana Cara Pop Meals Memanfaatkan AI?

Teknologi AI sudah digunakan di banyak perusahaan online modern. Pop Meals juga merupakan salah satunya. Diketahui Pop Meals memakai AI untuk mengotomatisasi proses pembuatan makanan, pengelolaan logistik resto, dan pengiriman pesanan ke konsumen.

Belum ada satupun perusahaan restoran online yang menggunakan AI selayaknya Pop Meals. Biasanya, aplikasi untuk jualan kuliner online berbasis AI hanya sebatas untuk sortir menu atau mempermudah konsumen menemukan makanan terbaik sesuai selera. Tetapi Pop Meals memaksimalkan semua cara mengembangkan bisnis kuliner onlinenya dengan AI.

Perkembangan Pop Meals Malaysia

food-delivery-2 bisnis kuliner online

Berkat terobosan cara mengembangkkan bisnis kuliner onlinenya yang inovatif, Pop Meals pun kini sukses menjadi salah satu usaha kuliner online terbesar di Malaysia. Namun tentunya perusahaan ini tidak mendapatkan kesuksesannya secara instan.

Pop Meals dulunya hadir dengan nama “Dah Makan” dan bertahan selama 6 tahun lamanya. Sayangnya, perkembangan Dah Makan menjadi tidak sebagus yang diperkirakan lagi.

Akhirnya pada November 2020 lalu, restoran tersebut berganti nama (re-branding) menjadi Pop Meals. Di saat yang sama mereka juga memaksimalkan layanan aplikasi kuliner online mereka. Pesanan Pop Meals kini lebih digencarkan via website (https://popmeals.com.my/) atau aplikasi (https://app.popmeals.com.my/download-popmeals-for-android).

Usaha tersebut tidak sia-sia. Kesuksesan Pop Meals bertambah pesat dalam dunia bisnis kuliner online se-Malaysia. Mereka pun berhasil mendapat pendanaan tambahan dari 21 investor sebesar total $27 juta Ringgit Malaysia. Kini, Pop Meals juga sudah sukses mengembangkan sayap hingga ke Thailand dan Taiwan.

Layanan Unik Restoran Online Pop Meals : Kelebihan dan Cara Pesan Makan

Pop Meals terkenal sebagai resto online tercepat di Malaysia. Tidak hanya pelayanan di outlet saja, proses penyiapan dan pengiriman paket makan onlinenya pun selalu dalam mode kilat. Semua kinerja baik tersebut, kembali lagi, diakibatkan oleh pemanfaatan AI pada aplikasi Pop Meals.

Konsumen benar-benar dimanjakan oleh kepraktisan pesan makan online Pop Meals. Inilah beberapa kelebihan aplikasi Pop Meals:

1. Praktis Pilih Makanan dengan Ranking Menu

Setiap orang bebas memilih menu-menu yang sedang ngetrend atau sesuai kesukaan masing-masing. Pun untuk memudahkan pemilihan menu, sistem AI Pop Meals sengaja menyusun setiap menu dalam menu ranking 1 2 3.

Makanan yang paling banyak diorder dalam kurun waktu terkini (best-seller) akan menduduki peringkat 1 ranking menu Pop Meals. Alhasil, konsumen yang tidak punya rekomendasi makanan untuk dicoba bisa lebih gampang membuat keputusan.

Sistem kecerdasan buatan juga akan selalu mengupdate ranking menu secara otomatis menggunakan rekapan data penjualan. Jadi, pengelola Pop Meals tidak perlu repot memantau atau menelaah menu manakah yang best-seller hari ini.

2. Update Katalog Menu Setiap Hari

Konsumen juga dijamin tidak akan bosan dengan menu-menu di Pop Meals, sebab ada tim khusus yang bertugas merilis menu baru ke aplikasi. Secara berkala menu-menu makanan di aplikasi dan website Pop Meals akan diupdate, tidak hanya dengan menu kuliner lokal khas Malaysia saja, tetapi juga menu khas daerah lain (internasional)!

3. Konsumen Bisa Menilai Makanan

Perusahaan Pop Meals juga terbukti amat peduli dengan kepuasan pelanggan. Buktinya, setiap kali konsumen selesai memesan dan menyantap hidangan, secara otomatis aplikasi akan meminta mereka untuk memberi penilaian: “Bagaimana pengalaman Anda setelah menyantap pesanan?”

Konsumen bisa dengan praktis menilai makanan yang mereka pesan dengan rating bintang dan kolom opini yang tertera. Baik atau buruknya pelayanan serta kualitas makanan akan mempengaruhi posisi menu tersebut di jajaran ranking best-seller.

Dengan begini, komunitas pengguna Pop Meals bisa saling membantu untuk mempopulerkan makanan yang sungguh-sungguh berkualitas.

Begitu pula sebaliknya. Makanan yang tidak bagus cita rasanya akan dengan mudah tereliminasi dari daftar. Alhasil masyarakat hanya akan mendapat rekomendasi makanan yang sudah terbukti enak saja.

4. Rekomendasi Otomatis Berdasar Selera Konsumen

Sistem AI pada aplikasi membantu setiap konsumen menemukan makanan sesuai kesukaan masing-masing. Semisal Anda sering memesan menu vegetarian lewat Pop Meals. Sistem AI akan memahami dan mengingat kalau Anda vegetarian. Kemudian ia akan memberikan lebih banyak rekomendasi makanan vegetarian.

Selain itu, setiap rekomendasi makanan yang disuguhkan dalam aplikasi Pop Meals dilengkapi dengan persentase jumlah orang yang menyukainya. Semisal pada menu A tertera “95% konsumen akan memesan lagi”, menu B tertulis “70% konsumen akan memesan lagi,” dan seterusnya. Semakin tinggi persentase pesan ulang di sebuah menu, biasanya semakin enak rasa makanan tersebut.

5. Notifikasi Otomatis untuk Koki

Pop Meals tidak hanya menyediakan aplikasi untuk jualan kuliner online saja. Pengaturan AI ikut membantu memudahkan kinerja para koki restoran dalam menyiapkan makanan.

Kapanpun ada pesanan baru yang masuk, aplikasi akan menyortirnya dalam hitungan detik sebelum disalurkan kepada koki yang bertugas. Notifikasi akan segera mereka terima secara otomatis. Koki pun bisa langsung mengecek detil menu dan jumlahnya lewat notifikasi yang sama.

Begitu pesanan selesai, mereka hanya perlu mengonfirmasi bahwa pesanan sudah siap lewat aplikasi. Sangat praktis!

6. Sortir Makanan dengan Harga

Ingin makan enak tapi keuangan pas-pasan? Kecerdasan buatan di aplikasi Pop Meals bisa membantu Anda!

Cukup masukkan rentang harga makanan yang bisa dibeli, pilih kategori menu, dan klik tombol sortir. Aplikasi pintar akan memilihkan rekomendasi makanan terbaik sesuai yang Anda minta dalam hitungan detik. Jadi Anda tetap bisa makan enak tanpa peduli berapapun uang yang dipunya.

7. Sinkronisasi Pengiriman dan Logistik Otomatis 24 Jam

Terakhir, sistem AI pada aplikasi Pop Meals bisa bekerja memudahkan sinkronisasi pengiriman pesanan maupun logistik resto. Sistem akan mengirimkan notifikasi pada pembeli ketika pesanan mereka diantar. Anda juga bisa mengecek sudah sejauh mana proses pengiriman makanan.

Begitu juga untuk manajemen restoran. Pemilik resto dapat selalu mengecek update stok lewat aplikasi saja. AI akan mencatat setiap transaksi masuk atau keluar; begitu juga dengan perkiraan bahan baku yang ada di outlet. Ketika ada pesanan dibuat, sistem secara otomatis akan mengurangi stok bahan baku sesuai jumlah yang diperlukan untuk membuat menu.

Dari semua paparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada banyak sekali kegunaan AI di aplikasi untuk jualan kuliner online. Pop Meals telah berhasil mengaplikasikan teknologi tercanggih sebagai cara mengembangkan usaha kuliner onlinenya. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga sudah siap untuk menaikkan level usaha kuliner online Anda?

Telah Hadir! Aplikasi Resto Online Secanggih Pop Meals Ada di Sini

Anda sedang mencari cara mengembangkan usaha kuliner online yang praktis dan menguntungkan? Atau, Anda ingin menjadikan usaha rumah makan online Anda secanggih Pop Meals di atas?

Tentu saja Anda bisa melakukannya! Sekarang sudah ada lho aplikasi untuk jualan kuliner online dengan kecanggihan setara Pop Meals dari APPKEY.

Aplikasi bisnis online dari APPKEY satu ini bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan perkembangan usaha Anda secara online. Cara ini bisa turut menjadi strategi terbaik mempertahankan bisnis saat ini, khususnya di masa pandemi 2021 ketika banyak larangan untuk belanja secara langsung (offline).

Aplikasi bisnis online APPKEY menyediakan sistem pesan online sekaligus delivery otomatis yang cocok untuk berbagai tipe bisnis online: restoran, warung, toko kelontong, butik, toko buku, dan lain-lain. Anda bebas memodifikasi tampilan dan fitur aplikasi agar sesuai dengan tema atau karakteristik khas toko.

Plus, Anda akan mendapatkan beragam bonus berlimpah juga dari kami yaitu:

  • Gratis konsultasi dengan staf ahli. Silahkan tanya kami untuk jawaban atas beragam permasalahan bisnis online Anda.
  • Gratis update dan perbaikan aplikasi seumur hidup. Tidak perlu membayar biaya tambahan perbaikan jika kelak terjadi kerusakan pada aplikasi.
  • Fitur-fitur aplikasi kekinian. Aplikasi Anda sudah pasti akan dilengkapi dengan fitur-fitur fungsional, persis seperti yang digunakan oleh aplikasi modern kekinian.
  • Aman dan bergaransi. Tersedia sistem keamanan data terbaru untuk melindungi data-data penting bisnis Anda.

Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera kembangkan bisnis kuliner online ataupun UMKM Anda bersama APPKEY! Download aplikasi bisnis online APPKEY di sini atau kunjungi https://appshop.co.id/ dan langsung tingkatkan omset penjualan Anda.

Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya dari APPKEY, sayonara!

Strategi Facebook Marketing untuk Menggaet Konsumen via Chat Facebook

0
facebook-marketing-thumbnail

Cara promosi produk lewat Facebook dengan iklan itu sudah biasa. Yuk coba strategi Facebook marketing terbaru kekinian bernama “Facebook Messenger Marketing”!

Bisnis online tidak hanya bisa dilakukan di Instagram, Twitter ataupun WhatsApp saja. Banyak pebisnis online tertarik mencari aneka fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing.

Facebook adalah tempat bisnis online terbaik karena jumlah penggunanya yang sangat besar dan berskala internasional. Siapapun bisa menjadi konsumen Anda di Facebook!

Nah, salah satu fitur Faceboook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing saat ini adalah Facebook Messenger. Ini adalah fitur pesan langsung Facebook yang sering kita pakai untuk chatting dengan sesama pengguna FB lain.

Kira-kira bagaimana cara pemakaian fitur Messenger untuk Facebook Marketing? Selengkapnya sudah kami jabarkan lengkap pada artikel edisi kali ini. Ayo teruskan membaca untuk mengetahui jawabannya!

Apa Itu Facebook Messenger Marketing?

facebook-messenger-marketing-1

Facebook bisa dikatakan sebagai sosial media yang paling mendukung perkembangan bisnis online. Sebab, ada banyak fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing, mulai dari Marketplace, Business Page, Ads, hingga yang paling baru: Facebook Messenger Marketing.

Sesuai namanya, Facebook Messenger Marketing merupakan taktik promosi dengan memanfaatkan fitur Messenger. Penjual bisa bercakap-cakap langsung dengan konsumen via Messenger persis seperti sedang chatting biasa. Namun biasanya, pesan-pesan yang ingin disampaikan ke konsumen sudah ditargetkan dan disiapkan dengan cermat.

Sepintas, strategi Facebook marketing dengan Messenger ini mirip seperti taktik email marketing. Anda mengirimkan pesan ke setiap konsumen, satu per satu, dan menyesuaikan isi penawaran dengan minat atau kebutuhan masing-masing.

Namun trik Facebook Messenger marketing jauh lebih unggul dibandingkan email karena menggunakan fitur live chat. Percakapan bisa lebih mudah mengalir, natural, interaktif sekaligus cepat tanggap. Tidak seperti email yang bisa memakan waktu berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan, untuk direspon konsumen.

Perkembangan Facebook Marketing

Aktivitas dan ilmu Facebook marketing sesungguhnya bukan barang baru dalam dunia bisnis online, khususnya sosial media marketing. Ada banyak fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing dan para ahli senantiasa mempelajari cara pemanfaatannya untuk disebarkan ilmunya ke masyarakat.

Dunia Facebook marketing sendiri berkembang secara natural. Pada awalnya, orang-orang mencoba berbagai cara promosi produk lewat Facebook. Mulai dari memposting katalog produk di timeline, sharing di forum-forum komunitas, atau menawarkan produk via chat.

Seiring berjalannya waktu, tim Facebook menyadari besarnya peluang serta nilai transaksi yang terjadi di platformnya. Akhirnya mereka pun menghadirkan berbagai fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing secara gratis. Salah satunya adalah Messenger.

Manfaat Facebook Marketing dengan Messenger

Mengapa Anda harus mencoba cara promosi produk lewat Facebook Messenger? Bagi yang belum tahu, ini dia beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari strategi FB Messenger Marketing:

1. Meningkatkan Interaksi (Engagement) dengan Pembeli

Interaksi dengan konsumen (engagement) adalah hal yang penting dalam bisnis online. Tanpanya, reputasi bisnis Anda tidak akan mampu berkembang. Engagement juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pembeli dengan signifikan.

Facebook Messenger bisa meningkatkan jumlah engagement secara maksimal. Studi dari perusahaan Digital Marketing Institute menunjukkan kemampuan Messenger menciptakan engagement hingga 70%-80%.

2. Dilengkapi Berbagai Tools Berguna

Fitur Messenger FB bukan hanya fitur chat biasa, lho. Messenger mempunyai banyak sekali additional tools alias fitur-fitur tambahan canggih. Tentunya fitur-fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk melancarkan promosi bisnis!

Beberapa fitur tambahan pada Facebook Messenger adalah:

  • Greetings: Pesan sapaan otomatis yang diterima konsumen ketika mereka menghubungi Anda terlebih dahulu.
  • Chatbot: Fitur robot penjawab otomatis untuk melayani konsumen selama 24 jam, bahkan di saat Anda tidak bisa online secara langsung.
  • Customer Cards: Fitur yang membantu pebisnis mengetahui informasi seputar konsumen, seperti identitas, nama pengguna Facebook, history belanjanya di toko Anda, dan lain-lain.

3. Saved Replies (Balasan yang Disimpan)

Kelebihan lainnya dari FB Messenger adalah adanya saved replies. Fitur ini berguna untuk menyimpan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung. Jadi Anda tidak perlu repot mengetik ulang jawaban yang sama berkali-kali. Cukup kirimkan saja jawaban di saved replies.

5 Contoh Kreatif Penggunaan Facebook Messenger Marketing

Kita sudah tahu bahwa Messenger adalah salah satu fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing. Tapi seperti apa contoh nyata penggunaan Messenger dalam Facebook Marketing?

Berikut ini ada 5 contoh aktivitas bisnis online nyata yang bisa Anda coba dengan Messenger:

1. Mempromosikan Konten/Katalog

Messenger paling banyak digunakan untuk mempromosikan konten/katalog bisnis kepada masyarakat secara langsung. Penggunaan Messenger untuk menawarkan dagangan dirasa praktis, ringkas dan tidak bertele-tele baik untuk pedagang maupun calon pembeli.

Anda pun tidak perlu lagi repot membujuk calon pembeli memberikan alamat emailnya, karena seluruh informasi bisa disampaikan langsung via chat. Penelitian terbaru dari HubSpot juga menunjukkan bahwa tingkat engagement masyarakat terhadap promosi via Messenger bisa mencapai 242%; sedangkan daya minat belanja mencapai 619%. Angka yang luar biasa, bukan?

2. Customer Service yang Lebih Baik

Messenger memungkinkan bisnis online Anda memberikan pelayanan konsumen (customer service) yang lebih baik. Di era 2021 sekarang, sebagian besar orang lebih suka menghubungi layanan customer service via sosial media atau chat.

Pola tersebut muncul bukan tanpa alasan. Masyarakat kita sudah terbiasa berkomunikasi cepat, instan dan gratis via chat sosmed. Alhasil orang-orang malas menghubungi perusahaan lewat e-mail yang lambat dibalas, atau via telepon karena menghabiskan banyak biaya. Studi dari FB sendiri juga menunjukkan lebih dari 56% orang suka komunikasi chat daripada jalur lain.

Jadi inilah kesempatan Anda memaksimalkan pelayanan konsumen dengan Messenger. Manfaatkanlah fitur tersebut tidak hanya untuk promosi katalog, tapi juga menjawab pertanyaan, keluhan serta saran konsumen.

3. Menawarkan Katalog Sesuai Kebutuhan

Setiap konsumen pastinya mempunyai minat dan kebutuhan produk yang berbeda-beda. Contohnya dalam sebuah toko buku, pembeli A suka novel romantis; B suka cerita horor; dan C suka buku non-fiksi. Jadi sebagai seorang penjual, Anda harus cermat mengenali kebutuhan dan minat dari setiap pengunjung toko.

Bagaimana caranya? Tenang, sekarang Anda punya fitur Messenger yang siap membantu. Gunakan chatbot pada Messenger untuk mencari tahu topik yang disukai oleh setiap pengunjung. Begitu data terkumpul, Anda bisa dengan mudah menawarkan produk sesuai kesukaan setiap orang.

4. Meyakinkan Pemirsa Iklan FB Anda

Iklan Facebook terkadang cukup ampuh menjadikan orang tertarik dengan dagangan Anda. Namun sekadar memasang iklan saja tidak cukup. Anda tetap perlu meyakinkan dan menarik minat mereka lebih dalam via komunikasi Messenger.

Biasanya, orang-orang yang tertarik dengan iklan pasti akan mencari tahu lebih lanjut seputar bisnis yang memasang iklan tersebut. Dengan kata lain, iklan FB adalah jembatan pertama yang mendatangkan konsumen ke toko online Anda. Selanjutnya di tahap kedua adalah tugas Anda untuk meladeni mereka via Messenger.

Trik tersebut terbukti berhasil efisien mendorong seseorang membeli produk Anda. Lebih canggihnya lagi, sekarang Anda bisa mengustomisasi iklan Facebook supaya langsung terhubung dengan Messenger. Jadi lebih gampang deh dalam menjangkau konsumen baru!

5. Berinteraksi dalam Event Toko

Contoh kreatif terakhir dalam penggunaan Facebook Messenger Marketing adalah berinteraksi saat event toko. Kegunaan FB Messenger yang satu ini ditemukan pertama kali oleh lembaga HubSpot.

Menurut mereka, Messenger dapat meningkatkan engagement saat sebuah bisnis mengadakan event online. Selama masa pandemi, beragam bisnis mencoba berpromosi halus lewat sesi event online, seminar atau kelas pelatihan skill gratis. Harapannya tak lain supaya peserta acara tertarik untuk menjadi konsumen baru.

Katakanlah Anda mengadakan sesi kelas seminar online gratis dan pendaftaran dilakukan melalui FB Messenger. Peserta yang mendaftar bisa langsung mengisi formulir pendaftar, bertanya terkait event, bahkan diingatkan untuk hadir pada H-1 melalui 1 aplikasi Messenger saja!

Follow up juga bisa dilakukan lebih mudah oleh panitia kepada peserta, baik sebelum atau setelah event dengan Messanger. Anda pun bebas meminta feedback konsumen pasca acara demi peningkatan kualitas atau dijadikan sebagai materi promosi lanjutan.

3 Tips Memulai Facebook Messenger Marketing Pemula

facebook-messenger-marketing-2

Sekarang tibalah kita di bagian terakhir sekaligus dinanti-nanti: cara promosi produk lewat Facebook Messenger untuk pemula!

Kabar gembiranya, menjalankan Messenger Marketing tidak sulit sama sekali. Alat-alat yang diperlukan juga sudah tersedia langsung di Facebook. Jika belum punya aplikasi Messenger, kami sarankan untuk terlebih dahulu mendownloadnya di Google Play.

Kalau sudah siap semua, langsung aplikasikan 3 tips Facebook Marketing Messenger berikut ini:

1. Aktifkan App Messenger

Aktivasi aplikasi FB Messenger Anda terlebih dahulu. Setelah menginstal aplikasi, login ke Messenger menggunakan akun Facebook bisnis Anda. Lebih baik gunakan akun FB khusus bisnis agar sesi obrolan tampak lebih profesional daripada memakai akun pribadi.

Sisanya Anda sudah bisa melakukan eksplorasi mandiri untuk membuat chatbots, mengatur pesan sapaan (greetings), dan jam operasional Messenger membalas pesan konsumen.

2. Menjalankan Customer Service

Mulailah menginformasikan kepada konsumen Anda bahwa layanan customer service bisa dilakukan via Messenger. Bubuhkan kata-kata yang menarik dan meyakinkan, seperti “Siap membantu setiap saat”. Tujuannya supaya konsumen merasa aman saat bertransaksi di toko Anda.

Anda juga bisa mengatur supaya ada pop-up pesan Messenger sapaan yang muncul otomatis saat seorang pengunjung baru mendatangi toko. Jadi Anda tidak harus menunggu adanya pertanyaan atau keluhan konsumen untuk melaksanakan customer service.

3. Pasang Plugin Reminder (Pengingat)

Konsumen punya pesanan yang belum di-check out dari keranjang? Tenang, Anda bisa menambahkan plugin pengingat otomatis pada Messenger bisnis. Plugin tersebut bernama “Send to Messenger” yang sudah banyak juga digunakan oleh para pebisnis online di FB.

Ketika plugin diaktifkan, Anda bisa bebas mengirim pesan apa saja dari website ke Messenger. Ketika Anda ingin menawarkan produk baru dari website, atau mengingatkan belanjaan yang belum di-check out, cukup ketik pesannya lalu kirim ke Messenger. Beres!

Sebagai pemula, Anda bisa memulai cara promosi produk lewat Facebook dengan 3 cara di atas. Maksimalkan Messenger untuk hal-hal sederhana seperti promosi katalog dan customer service sebelum akhirnya memperluas penggunaan fitur seperti  membuat pengingat event, pengingat check-out, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Nantikan lebih banyak tips Facebook marketing lainnya dari MARKEY|Media Bisnis Online. Follow websitenya sekarang di https://markey.id/ atau download aplikasinya gratis di Google Play. Sampai bertemu lagi!

Baca juga

Bagaimana Trik Mengadakan Gratis Ongkir yang Benar untuk Olshop Kecil?

0
gratis-ongkir

 

Free ongkir adalah tawaran paling ampuh untuk memikat keinginan belanja konsumen. Maka tidaklah mengherankan jika belakangan ini banyak toko online menawarkan gratis ongkir. Bahkan ada juga yang memberi gratis ongkir tanpa minimal pembelian.

Tidak hanya toko-toko besar saja, online shop (olshop) kecil pun dituntut untuk menyediakan fitur gratis ongkir demi memaksimalkan kepuasan pembeli. Tetapi Anda harus waspada dan hati-hati saat menyusun trik gratis ongkir. Jika salah perhitungan, maka Anda otomatis akan bertemu dengan kerugian besar.

Jadi seperti apa trik gratis ongkir yang benar, khususnya bagi online shop kecil? Mungkinkah olshop baru menawarkan gratis ongkir tanpa minimal pembelian?

Semuanya telah kami rangkum dan jawab khusus untuk Anda di artikel edisi kali ini. Mari kita lanjutkan membaca sampai tuntas!

Arti Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian Sesungguhnya

free-shipping-1 gratis ongkir

Faktanya, banyak orang tidak senang ketika dimintai biaya tambahan saat berbelanja online. Baik itu biaya tambahan untuk pengemasan, administrasi, dan juga ongkos pengiriman barang (ongkir). Penelitian psikologi pun menunjukkan bahwa seseorang lebih senang membayar paket 50 ribu dan gratis ongkir, ketimbang belanja 40 ribu tapi ada ongkir 10 ribu.

Oleh sebab itulah, trik gratis ongkir mulai ramai digunakan oleh berbagai toko online. Mulai dari olshop kecil hingga e-commerce populer, semuanya memfasilitasi pelayanan toko dengan gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Namun apakah gratis ongkir tanpa minimal pembelian tersebut benar adanya?

Free ongkir adalah trik yang menguntungkan penjual serta konsumen. Tapi, tentu saja, penjual sudah melakukan strategi khusus supaya tidak rugi akibat trik gratis ongkir. Bahkan pengamat dunia bisnis online menilai bahwa gratis ongkir tanpa minimal pembelian adalah akal-akalan promosi para pemilik olshop saja. Tidak ada tawaran gratis ongkir yang 100% gratis bebas syarat.

Free Ongkir adalah Alat untuk Meningkatkan Penjualan

Kehadiran free ongkir adalah hal pertama yang menarik konsumen datang ke toko Anda. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan cukup menggiurkan bagi mereka. Ditambah dengan adanya free ongkir, konsumen cenderung tidak ragu lagi berpikir untuk membeli barang.

Namun peranan trik gratis ongkir belum berakhir sampai di sana. Free ongkir juga mampu mendorong konsumen untuk berbelanja sebanyak mungkin dengan beberapa permainan psikologis.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada gratis ongkir yang benar-benar gratis. Biasanya, e-commerce atau online shop yang menawarkan free ongkir mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku. Gratis ongkir baru akan diberikan ketika belanjaan konsumen memenuhi batas minimal tertentu yang ditetapkan penjual  bisa 30, 40, 50, atau 100 ribu.

Ketika pembeli terbuai dengan produk maupun promo free ongkir, mereka cenderung tidak menyadari kehadiran syarat tersebut. Akhirnya, mereka pun “terjebak”. Kini, mau tak mau konsumen harus menambah barang belanjaan mereka demi mendapat free ongkir.

Konsumen pun cenderung memilih menambah belanjaan atau membeli produk yang lebih mahal ketimbang batal belanja. Mereka merasa sayang jika harus batal membeli produk yang diinginkan, terutama dengan adanya voucher gratis ongkir di depan mata. Menambah belanjaan sedikit lagi pun dirasa bukan masalah.

Hampir semua toko online yang ada menerapkan taktik di atas. Meskipun promosinya berbunyi “Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian”, nyatanya Anda tetap harus menetapkan syarat dan ketentuan agar tidak rugi.

4 Jenis Trik Gratis Ongkir yang Berlaku di E-Commerce

Sebagai pemula, tentu Anda perlu tahu apa-apa saja jenis trik gratis ongkir yang biasanya diterapkan oleh e-commerce. Anda bisa menjadikan jenis-jenis trik gratis ongkir tersebut sebagai acuan untuk dilakukan di olshop milik sendiri:

1. Gratis Ongkir Bersyarat

Jenis pertama free ongkir adalah gratis ongkir bersyarat. Penjual bisa memberikan free ongkir kepada seluruh pembeli, asalkan transaksi yang berlangsung sudah memenuhi syarat.

Syarat yang berlaku bisa apa saja, sesuai perhitungan penjual. Yang terpenting adalah syarat tersebut tetap menjaga keuntungan bagi pemilik toko walaupun ada gratis ongkir.

Beberapa contoh gratis ongkir bersyarat:

  • Gratis ongkir untuk pesanan seberat 1 kg. Jika pesanan melebihi bobot tersebut, maka pembeli ikut menanggung sisa ongkir. Penjual hanya menanggung gratis ongkir untuk beban 1 kg saja.
  • Gratis ongkir dengan minimal pembelian. Jumlah minimal belanjaan tersebut bisa diatur oleh penjual: misal 30 ribu, 50 ribu, 100 ribu dan seterusnya.
  • Gratis ongkir dengan jarak tertentu. Misalnya gratis ongkir untuk wilayah pengiriman dalam kota (alamat toko dan rumah konsumen masih dalam 1 areal yang sama).
  • Gratis ongkir dengan metode pembayaran tertentu, semisal dengan e-wallet khusus milik toko saja.
  • Gratis ongkir memakai kode voucher khusus dan terbatas. Jadi tidak semua konsumen bisa mendapat free ongkir. Hanya mereka yang punya voucher saja yang bisa memanfaatkan fitur tersebut.
  • Gratis ongkir dalam periode tertentu. Di luar tanggal atau waktu yang ditetapkan, ongkir tetap berlaku.
  • Gratis ongkir hingga jumlah maksimal tertentu. Semisal gratis ongkir tapi maksimal hanya sampai 20 ribu. Jika ongkos kirim seharga lebih dari 20 ribu, maka sisa tagihan tetap ditanggung oleh konsumen.

Anda diperbolehkan menggabungkan beberapa syarat di atas sebagai aturan mendapatkan promo gratis ongkir. Rata-rata toko online bebas dan marketplace menerapkan lebih dari 1 syarat gratis ongkir.

2. Gratis Ongkir Non-Permanen

Tipe kedua adalah gratis ongkir non-permanen. Yang dimaksud dengan “non-permanen” adalah fitur gratis ongkir yang hanya diberikan pada momen tertentu saja (tidak selamanya).

Hampir semua marketplace menerapkan taktik ini, terutama saat baru hadir ke masyarakat. Mereka akan memberikan gratis ongkir untuk semua pembelian saat periode awal beroperasi. Lama-kelamaan, fitur gratis ongkir tanpa minimal pembelian tadi mulai dibatasi atau bahkan dihilangkan.

3. Gratis Ongkir Khusus Event

Ada juga jenis trik gratis ongkir khusus saat event tertentu. Semisal Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), Black Friday Sale, perayaan hari ulang tahun olshop, dan hari raya lainnya.

Selama momen tersebut, toko Anda boleh mengadakan gratis ongkir tanpa minimal pembelian untuk meningkatkan penjualan. Namun saat perayaan berakhir, sistem ongkos kirim otomatis kembali normal seperti pada hari biasa.

4. Gratis Ongkir dengan Permainan Harga

Anda bisa pula memberikan gratis ongkir dengan siasat harga. Semisal harga barang aslinya 30 ribu dan ongkir ke pembeli seharga 20 ribu. Daripada menawarkan harga terpisah, penjual cerdik akan mempromosikan produk seharga 50 ribu dan free ongkir.

Pembeli pun bisa tergiur dengan penawaran free ongkir, sebab kembali lagi, secara psikologis masyarakat enggan membayar lebih banyak dari apa yang mereka pesan.

Pedoman Membuat Free Ongkir untuk Olshop Kecil

free-shipping-2 gratis ongkir

Sekarang tibalah kita pada bagian terpenting: cara membuat layanan gratis ongkir bagi online shop kecil. Menyusun free ongkir adalah tugas yang harus dilakukan dengan cermat. Jika tidak, Anda justru bisa merugi.

Nah, daripada salah langkah, lebih baik ikuti pedoman mengadakan free ongkir berikut ini:

1. Tentukan Waktu Promo

Pertama, tentukan waktu promo gratis ongkir tanpa minimal pembelian akan berlangsung. Entah Anda akan melakukannya pada Harbolnas, hari raya besar, atau di tanggal-tanggal cantik tertentu, semuanya bebas Anda sendiri yang menentukan.

Menentukan tanggal promo free ongkir akan membawa dampak positif bagi bisnis. Pertama, Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan untuk mengadakan event gratis ongkir dengan baik sekaligus maksimal. Anda masih punya banyak waktu untuk menghitung harga jual, mempersiapkan stok, menyebar pengumuman, dan lain-lain.

Kedua, masyarakat akan antusias dan menanti-nanti momen tersebut. Mereka akan menunda belanja dari tempat lain dan memilih menunggu sampai momen free ongkir dari Anda tiba. Hasilnya, toko online Anda bisa meraup keuntungan maksimak.

2. Tentukan Wilayah Free Ongkir

Tidak hanya tanggal pelaksanaan saja, Anda juga perlu menetapkan wilayah pemberlakuan gratis ongkir. Apakah promo gratis pengiriman bisa dinikmati untuk masyarakat seluruh Indonesia atau hanya di wilayah tertentu saja?

Marketplace besar tentu sudah bisa melakukan pengiriman gratis ke seluruh provinsi Indonesia – bahkan luar negeri. Namun sebagai pemula, Anda tidak perlu terburu-buru. Cobalah untuk melakukan promo gratis ongkir di wilayah Anda saja, seperti pengiriman dalam kota. Jika sudah terbiasa, lebarkan lagi areal free ongkir hingga ke wilayah lain.

3. Jaga dan Maksimalkan Kualitas Produk

Selama masa persiapan, tugas Anda yang lain adalah menjaga dan sebisa mungkin, memaksimalkan kualitas produk. Jika kualitas produk buruk, konsumen tetap akan merasa kesal dan kecewa meskipun Anda getol menawarkan gratis pengiriman.

Ingat, gratis ongkir hanya magnet dan bonus untuk menarik perhatian konsumen berbelanja di tempat Anda. Supaya produk laku dan toko selalu laris, maka kuncinya adalah menawarkan barang-barang berkualitas baik.

Jadi janganlah terlalu mengandalkan fitur gratis biaya kirim saja. Tetaplah berusaha maksimalkan kualitas produk serta harganya, memberi pelayanan optimal, menerima review konsumen, menyiapkan kemasan menarik dan seterusnya.

4. Buat Aturan Promo Free Ongkir

Lanjutkan persiapan Anda dengan membuat aturan promo untuk mendapatkan free ongkir. Sekali lagi, syarat dan ketentuan bebas ongkir adalah hal terpenting supaya toko tidak bangkrut gara-gara promo.

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan, Anda bisa menetapkan syarat minimal belanja untuk mendapat free ongkir. Akibatnya konsumen akan memborong produk lebih banyak dari toko. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan survey dan pengamatan terlebih dahulu untuk mengetahui aturan gratis ongkos kirim mana yang paling tepat diterapkan.

5. Buat Perhitungan Cermat

Saat membuat aturan promo, lakukan juga kalkulasi atau perhitungan cermat agar tidak rugi. Beberapa hal yang wajib Anda hitung seperti stok produk dan keuntungan yang diperoleh ketika semua produk laku terjual. Sebisa mungkin pastikan masih ada sisa keuntungan penjualan setelah jumlah omset dikurangi biaya ongkos kirim yang Anda tanggung.

6. Pilih Produk yang Hendak Dijual

Demi menekan peluang kerugian, Anda tidak wajib memberi free ongkir untuk semua produk yang dijual. Gratis ongkir bisa diberikan untuk produk-produk tertentu yang nilainya memungkinkan. Tentunya hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan keadaan masing-masing saat ini. Jika toko Anda sudah sebesar marketplace, maka tidak ada salahnya memberikan gratis ongkir pada semua barang yang dijual.

Anda juga bisa membuatkan paket-paket promo menarik untuk menarik pembeli dengan harga beragam. Semisal produk A bisa mendapat gratis ongkir, sedangkan produk B ada diskon 50%. Penawaran yang berbeda bisa mendorong konsumen untuk memborong sebanyak mungkin barang yang promo.

7. Jangan Naikkan Harga Barang

Walaupun ada penjual yang memilih naikkan harga demi menawarkan free ongkir, sebisa mungkin jangan meniru langkah tersebut. Cara ini hanya akan membuat konsumen menilai toko Anda buruk dan manipulatif. Sistem bebas ongkir yang baik dilakukan dengan mengurangi keuntungan 1 produk demi memaksimalkan penjualan keseluruhan.

8. Pakai Aplikasi Gratis Ongkir

Tips terakhir, gunakan aplikasi gratis ongkir untuk mempermudah semua persiapan penyelenggaraan free-ong Anda. Aplikasi gratis ongkir bisa menyediakan beragam voucher free-ong untuk diklaim langsung oleh pembeli. Selain itu, Anda juga bisa menginfokan promo ke pembeli secara praktis lewat push notification pada aplikasi gratis ongkir

Nah, Anda juga beruntung karena sekarang sudah ada aplikasi gratis ongkir e-commerce terbaru dari APPKEY. Aplikasi ini dibuat dengan teknologi canggih mirip marketplace ternama. Bedanya, tentu saja, aplikasi e-commerce APPKEY bisa dikustomisasi sesuka hati sehingga menjadi toko online dengan brand sendiri.

Sudah banyak orang membuktikan langsung kecanggihan aplikasi e-commerce APPKEY. Anda juga bisa mendapat layanan konsultasi gratis dengan staf ahli kami terkait beragam masalah bisnis online. Kami akan membimbing Anda dari nol sampai mencapai target bisnis dengan senang hati.

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan aplikasi gratis ongkir e-commerce APPKEY di sini atau kunjungi https://appshop.co.id/ untuk informasi lebih lanjut. Sayonara!