Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 56

Sejarah Gojek Lengkap : Pemilik Saat Ini, Inovasi dan Keunggulannya

0
sejarah-gojek

Sejarah Gojek lengkap telah kami rangkum di sini spesial untuk Anda! Mulai dari gojek berdiri tahun berapa dan dimana, kumpulan manfaat Gojek, sampai siapa pemilik Gojek sekarang. Yuk disimak!

Gojek adalah layanan transportasi online pertama Indonesia yang memiliki dampak besar bagi kehidupan kita saat ini. Tak tanggung-tanggung, Gojek adalah salah satu perusahaan inovatif dalam negeri yang sukses merevolusi Indonesia.

Lalu seperti apa kisah sejarah Gojek lengkapnya? Mari langsung cari tahu pada penjelasan di bawah – selamat membaca!

Sejarah Gojek Lengkap : Apa Itu Gojek?

Gojek adalah perusahaan teknologi digital Indonesia yang berkolaborasi dengan ranah transportasi. Gojek menjadi perusahaan pertama yang berhasil memodernisasi jasa ojek tradisional dengan teknologi online.

Dengan Gojek, masyarakat tidak perlu pusing lagi mencari layanan antar jemput ke pos ojek. Cukup order jasa angkutan lewat smartphone dan bayar pakai saldo digital saja. Dijamin pasti dapat tumpangan dimanapun dan kapanpun.

Laman Gojek Wikipedia menyebutkan perusahaan ini sempat berganti nama dari GO-JEK ke Gojek. Sampai hari ini, layanan Gojek selalu bertambah dan terus dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

sejarah-gojek

Bahkan pada 17 Mei 2021 kemarin, Gojek dan Tokopedia ecommerce terbesar Indonesia resmi melakukan merger (bersatu). Kolaborasi dua startup Unicorn Anak Bangsa ini menghasilkan Grup GoTo (GOjek-TOkopedia dan GOTOng-royong). Kabar membahagiakan ini pun turut dimuat langsung dalam laman resmi Gojek Wikipedia.

Gojek Berganti Identitas

Gojek sempat berganti identitas pada tahun 2019. Jadi, logo Gojek yang kita kenal dan sering lihat saat ini bukanlah logo brand Gojek pertama.

Perubahan mencolok dari brand Go jek adalah logo dan penulisan namanya. Dulu, nama Gojek ditulis “GO-JEK”. Sekarang namanya sudah menjadi “Gojek” tanpa tanda strip penghubung.

Sedangkan logo terbaru Go jek adalah logo pengendara motor yang dibentuk serupa sinyal internet. Logo tersebut jauh lebih sederhana, tapi melambangkan nilai esensial perusahaan dengan baik.

Maksud dari logo terbaru Go jek adalah peluasan layanan yang bisa diberikan kepada masyarakat. Gojek bermaksud menghadirkan layanan terbaik dan tak hanya fokus pada satu jasa antar-jemput ojek online saja. Kini masyarakat bisa menikmati layanan Gojek dengan praktis, baik untuk delivery makanan, tumpangan ataupun pembayaran e-wallet.

Logo Gojek juga memiliki nama sendiri, lho! Nama logo Go jek adalah Solv, diambil dari kata “Solve” yang berarti “penyelesaian”. Perubahan identitas ini sudah sangat jelas menunjukkan upaya Gojek menjadi yang terbaik untuk menyelesaikan kebutuhan banyak masyarakat.

Sejarah Gojek Lengkap (2010 – Sekarang)

Sampai hari ini, Gojek telah berdiri selama kurang lebih 11 tahun lamanya. Tanggal lengkap pendirian perusahaan Gojek adalah 13 Oktober 2010. Sedangkan lokasi peresmian bisnis Gojek adalah DKI Jakarta.

Pendiri sekaligus pemilik Gojek pertama adalah Nadiem Makarim. Saat pertama kali diresmikan, Gojek adalah perusahaan kecil dengan 20 orang pengemudi saja. Keduapuluh mitra tersebutlah yang bekerja mengantar penumpang atau melakukan jasa delivery.

Teknologi awal milik perusahaan Gojek pun tidak langsung secanggih saat ini. Selama empat tahun pertama beroperasi, teknologi Gojek adalah call center biasa. Konsumen harus menelepon kantor Gojek untuk memesan driver atau jasa delivery makanan.

Aplikasi Gojek android dan iOS baru dirilis pada 7 Januari 2015 setelah Gojek menerima dana investasi pertamanya. Setelah aplikasinya dirilis, Gojek berhenti menerima pesanan lewat call center. Perjalanan kesuksesan Gojek justru baru dimulai saat ini.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai melirik aplikasi Gojek sebagai alternatif Uber. Kala itu kepopuleran Uber memang sedang lumayan tinggi. Pada tahun 2016, jumlah download aplikasi Go jek adalah 10 juta kali di Google Playstore serta Apple Store.

Angka tersebut terus bertambah ketika Gojek menghadirkan lebih banyak inovasi. Sebut saja GoPay, GoFood, sampai memfasilitasi pembayaran aplikasi streaming populer Spotify, Netflix, investasi reksadana, dan layanan kesehatan ternama Halodoc.

Kita akan melihat lebih banyak lagi seputar keunggulan Gojek terbaru 2021 pada bagian selanjutnya di artikel ini.

Pemilik Gojek Sekarang

Berita mengejutkan sempat datang pada tahun 2020 lalu bagi warga Indonesia. Soalnya, pendiri sekaligus pemilik Gojek, Nadiem Makarim, diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Pemilik Gojek Nadiem Makarim terpilih sebagai menteri karena kegeniusan sekaligus kontribusi besarnya dalam memajukan perekonomian bangsa. Berkat Gojek, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan teknologi untuk hal yang positif. Pun banyak pula warga kecil yang terbantu memperoleh pekerjaan tetap dengan mudah.

Namun siapa pemilik Gojek sekarang? Setelah resmi bergabung ke kabinet kementerian RI, pemilik Gojek sekarang adalah Andre Soelistyo (Presiden Gojek sekaligus Chief Information Officer) serta Kevin Aluwi (co-CEO Gojek).

Sedangkan pemilik saham Gojek saat ini adalah para pendiri, investor dan karyawan awal Gojek yang bertahan dari dulu sampai sekarang.

Kisah Nadiem Makarim Menemukan Gojek

Nadiem Makarim adalah seorang pengusaha lulusan Harvard Business School dengan gelar MBA (Master of Business Administration). Lulus kuliah, Nadiem sempat bekerja sebagai CIO Kartuku dan Managing Director Zalora.

Ide membuat perusahaan Gojek muncul tanpa sengaja dari pengalaman pribadinya yang kesulitan mencari tumpangan ojek untuk berangkat ke kantor. Dari sana ia justru mendapat pencerahan untuk menciptakan layanan transportasi yang lebih efektif, bisa dipesan dari mana saja, dan menguntungkan baik konsumen maupun pengemudi.

Daftar Pendanaan dalam Sejarah Gojek

Perkembangan perusahaan Gojek tak lepas dari pendanaan yang mereka terima. Menurut laman Gojek Wikipedia, berikut adalah daftar pendana atau investor yang berkontribusi dalam kemajuan Gojek Indonesia:

  • NSI Ventures (Juni 2015): nominal dirahasiakan.
  • Sequoia Capital (Oktober 2015): nominal dirahasiakan.
  • Warburg Pincus, Capital Group Private Markets, KKR, Frallon Capital (Agustus 2016): 7,2 triliun rupiah.
  • Google – pendanaan pertama untuk startup Asia (Januari 2018): 1,3 triliun rupiah.
  • JD, Tencent, Meituan-Dianping, Temasek (seri pendanaan 2018): 16 tiriliun rupiah.
  • Astra Internasional (Februari 2018): 2 triliun.
  • Djarum Group lewat GDN (Februari 2018): nominal dirahasiakan.
  • Facebook dan Paypal (Juni 2020): nominal dirahasiakan.

Daftar Investasi, Akuisisi dan Kerjasama dalam Sejarah Gojek

Tidak terbatas pada pendanaan biasa, Gojek juga menerima banyak sekali investasi, akuisisi dan kerjasama di sepanjang perjalanan karirnya. Berikut ini daftar lengkap untuk ketiga kategori tersebut menurut Gojek Wikipedia:

Investasi

  • Kumparan, startup media lokal Indonesia. Gojek diketahui melakukan investasi ke Kumparan, namun tahun dan jumlah investasi yang dilakukan tidak disebutkan.
  • ph, fintech Filipina berbasis blockchain. Dana investasi sebesar 1 triliun rupiah (2019).
  • Rebel Foods, startup makanan online “cloud kitchen” di India. Dana investasi: 70 miliar rupiah (2019).
  • Pluang, fintech lokal. Dana investasi: 42 miliar rupiah (2019).

Akuisisi

  • Sejumlah perusahaan India yang namanya tidak disebutkan. Gojek membuka kantor di Bengaluru, India (2015).
  • C42 Engineering da CodeIgnition, perusahaan TI India (2016).
  • Pianta, startup lokal India yang bergerak di layanan kesehatan (2016).
  • LeftShift, perusahaan android, iOS dan web India (2016).
  • Ponselpay dan MVComerce, perusahaan fintech yang kelak menjadi cikal-bakal GoPay (2016).
  • Kartuku, Mapan dan Midtrans, perusahaan fintech lokal (2017).
  • LOKET, perusahaan event management dan ticketing lokal, cikal-bakal GO-TIX (2017).
  • Promogo, perusahaan pemasangan iklan di Vietnam (2018).
  • Goventures, unit pemodalan Gojek (2018).

Kerjasama

  • Blue Bird, layanan taksi Indonesia (2016).
  • Layanan taksi lokal Singapura, nama tidak disebutkan (2017).
  • Astra, layanan kendaraan bermotor listrik (2019).

Sejarah Gojek dan Fitur-Fitur Terlengkapnya

Fitur layanan Gojek saat ini jelas jauh lebih lengkap dan canggih dibandingkan pada masa awal kemunculannya. Beberapa layanan yang bisa Anda nikmati saat ini di Go jek adalah:

1. GoPay

GoPay adalah fitur e-wallet milik Gojek yang bisa Anda gunakan untuk transaksi. Caranya pun cukup gampang. Anda hanya perlu mengisi saldo GoPay dari bank, transfer atau top-up via merchant.

Nantinya saldo tersebut bisa digunakan untuk transaksi online, offline di minimarket atau merchant, dan transfer ke sesama GoPay. Kini saldo GoPay juga bisa digunakan untuk membayar jasa langganan selain Gojek, misalnya Netflix, VIU, Spotify, YouTube, Halodoc, sampai investasi reksadana dan emas!

2. GoPaylater

“Belanja dulu bayar kemudian” adalah semboyan yang cocok disematkan pada fitur ini. Layanan Paylater adalah fitur baru dari GoPay yang diluncurkan pada tahun 2020. Dengan fitur Gopaylater, Anda bisa menggunakan saldo pinjaman dari Gopay dan dibayar kemudian dengan suku bunga yang berlaku.

3. Go-Tagihan

Punya banyak tagihan bulanan dan merasa repot harus membayar manual satu per satu? Aktifkan fitur Go-Tagihan dari GoPay! Fitur ini akan membantumu mengelola tagihan bulanan seperti listrik, air (PDAM), kuota, BPJS dan lain-lain dengan baik.

4. Go-Food

Go-Food menjadi fitur terbaik sekaligus favorit masyarakat dari Gojek. Lewat fitur ini, kita bisa pesan makanan maupun minuman siap santap dengan praktis kapan saja. Selain itu harganya pun lebih murah karena banyak voucher diskon Go-Food yang bisa digunakan gratis.

Ratusan makanan lezat tersaji di sini, karena sekarang layanan Go-Food sudah merambah restoran besar, franchise, hingga warung makan kecil dan UMKM lokal. Go-Food pun dinilai sangat membantu pedagang kecil selama masa pandemi karena menyediakan layanan delivery tanpa susah payah.

5. Go-Mart

Go-Mart adalah toko online dari Gojek. Anda bisa memesan barang-barang kebutuhan rumah tangga dari supermarket lewat fitur ini.

Ketika Anda memesan layanan Go-Mart, driver Gojek akan siap mengambilkan pesanan sesuai daftar belanja yang dirincikan. Anda tidak perlu repot lagi berbelanja keluar sendiri.

6. Go-Med

Fitur unggulan Gojek lainnya adalah Go-Med. Sesuai namanya, layanan ini berfokus pada pesan antar obat online dari apotek. Fitur Go-Med tersinkronisasi langsung dengan aplikasi konsultasi online Halodoc dan sejenisnya.

7. Go-Ride

Go-Ride adalah layanan pertama Gojek Indonesia. Jasa Go-Ride adalah tumpangan ojek online sepeda motor. Anda bisa memesan layana Go-Ride dimana saja dan kapan saja dengan tarif 10 ribu.

8. Go-Car

Sama seperti Go-Ride, bedanya, Go-Car adalah jasa ojek dengan mobil (kendaraan roda empat). Tarifnya pun cukup terjangkau. Jasa Go-Car banyak dipesan konsumen untuk membantu bepergian jarak jauh atau bersama keluarga.

9. Go-Blue Bird

Kolaborasi Gojek dengan taksi terpopuler di Indonesia, Blue Bird. Anda bisa memesan layanan taksi standar Blue Bird dengan harga murah meriah. Supir Blue Bird juga terbantu mendapat pemasukan tambahan lewat kepraktisan order jasa dengan aplikasi Gojek.

10. Go-Send

Jasa ekspedisi same day (1 hari) untuk produk selain makanan. Misalnya paket yang dibeli via online shop. Pengantaran Go-Send cocok untuk barang yang kecil dan bisa muat untuk ukuran kendaraan sepeda motor.

11. Go-Box

Layanan ekspedisi satu hari (same day) untuk paket yang ukurannya lebih besar. Pengantaran dilakukan dengan mobil boks, pick-up ataupun truk. Jasa Go-Box sering dimanfaatkan untuk membantu jasa angkutan perabotan saat pindah rumah, misalnya.

12. Merchant Go-Food

Terakhir ada merchant Go-Food yang ditujukan untuk pemilik usaha makanan. Dengan memakai app ini, usaha Anda akan terdaftar di Gojek dan bisa dikelola secara online. Download aplikasi Merchant Gojek di Playstore atau Apple Store, lalu ikuti tutorial pendaftaran selengkapnya di artikel ini untuk mencoba.

Demikianlah pembahasan kali ini seputar sejarah Gojek lengkap dari dulu sampai sekarang. Dari sejarah di atas kita belajar bahwa perjalanan menuju kesuksesan memiliki lika-liku yang tak mudah.

Namun jika kita terus berusaha berinovasi dan tak pantang menyerah, niscaya bisnis yang kita rintis sendiri pun bisa mencapai kesuksesan besar seperti Gojek saat ini. Tetap semangat dan jangan menyerah, ya!

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Ikuti terus website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapat lebih banyak tips-trik serta inspirasi bisnis online kekinian. Bisa juga download aplikasinya di Google Play (android) atau Apple Store (iOS), gratis! Sampai bertemu lagi.

Kode Referral Adalah : Trik Jitu Cepat Kaya Terbaru Saat ini

0
referral-adalah

Kode referral adalah trik promosi kekinian unik yang menguntungkan bisnis sekaligus pembeli. Survey membuktikan, tingkat keberhasilan marketing referral adalah 80%. Jadi Anda wajib mencoba strategi bisnis satu ini untuk mendongkrak omset!

Trik marketing dengan kode referral adalah yang terbaik sekaligus paling manjur di antara strategi-strategi olshop lainnya. Ini terbukti dari banyaknya contoh kode referral bertebaran di dunia maya belakangan ini.

Setiap contoh kode referral bisa diklaim konsumen untuk mendapat keuntungan langsung dari sebuah toko. Pun tak hanya menguntungkan pembeli, pebisnis yang menyebarkan kode-kode referral pastinya ikut memperoleh banyak profit.

Sebelumnya kami telah membahas materi tentang referral ini pada artikel ini.

Kira-kira seperti apa strategi marketing kode referral terbaik di saat ini? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Kode Referral Adalah

referral-adalah

Istilah kode atau bonus referral adalah hal yang sering kita dengar belakangan ini. Banyak orang menawarkan kode referral masing-masing untuk diklaim. Sebenarnya apa itu kode referral?

Referral adalah sebutan untuk rangkaian kode huruf ataupun angka dari sebuah toko/bisnis dan disebarkan kepada konsumen. Contoh kode referral misalnya REF1425, PREMIUM100, LABA50, dan lain-lain

Ya, referral adalah sebutan untuk kombinasi huruf dan angka yang unik dan bersifat individu. Biasanya setiap konsumen akan diberi contoh kode referral yang berbeda ketika mendaftar akun. Jadi jangan heran ketika mendapati sebuah toko online mempunyai banyak stok kode referral.

Ada juga yang menyatakan referral adalah sebutan untuk kode promo dan bonus gratis dari bisnis kepada konsumen. Ketika menerima sebuah kode referral, konsumen biasanya akan dengan gencar mengajak rekan-rekannya mengklaim kode tersebut.

Sejarah Kode Referral

Sejarah kemunculan kode referral cukup unik. Dalam bahasa Inggris, referral adalah sebutan untuk “rekomendasi” (to refer). Bonus referral adalah inovasi baru dari strategi promosi tradisional mulut ke mulut (word to word).

Sedari dulu para ahli marketing menyadari bahwa trik promosi berdasarkan rekomendasi (testimoni) orang lain adalah yang paling manjur. Anda sendiri pastinya lebih yakin untuk mencoba belanja di sebuah toko yang direkomendasikan kenalan, bukan?

Berbekalkan kecanggihan teknologi, kini promosi word to word bisa dilakukan dengan lebih praktis. Dari sinilah muncul konsep bonus referral. Dinamakan bonus referral karena konsumen yang mau mempromosikan kodenya akan mendapat bonus keuntungan, bisa berupa saldo, cashback ataupun voucher diskon cuma-cuma.

3 Jenis Bonus Referral Adalah

Masih tidak banyak yang tahu bahwa sejatinya ada banyak sekali jenis bonus yang bisa Anda dapat dari kode referral. Anda juga bisa menyesuaikan sendiri bentuk bonus referral yang ingin diberikan kepada konsumen.

Berikut ini adalah 3 jenis bonus referral yang sering digunakan online shop kekinian:

1. Direct Referral (Referral Langsung)

Direct referral merupakan sistem undangan referral yang bisa didapat lewat link yang dikirim langsung oleh orang lain. Misalnya teman Anda mempromosikan sebuah link referral ke sosmed. Lalu Anda tertarik untuk mendaftar atau berlangganan lewat link referral tersebut secara langsung

2. Bonus Komisi Belanja

Bonus referral berupa komisi belanja bisa didapat konsumen saat ada seseorang yang mencantumkan kode referral miliknya ketika berbelanja di sebuah online shop. Semisal Budi mencantumkan kode referral Ani saat hendak check out dari sebuah online shop. Nantinya Budi akan mendapat komisi 1% sampai 10% dari transaksi tersebut.

3. Bonus Komisi Upgrade

Bonus yang ini mirip dengan tipe sebelumnya. Bedanya, komisi didapatkan jika member baru melakukan upgrade. Misal kali ini Budi mendapat komisi 5% jika Ani mengupgrade keanggotaan online shopnya dengan kode referral milik Budi.

4 Keuntungan Bonus Referral Adalah

Bonus referral menyimpan banyak sekali keuntungan bagi bisnis online sampai hari ini. Beberapa keuntungan utama menyediakan bonus referral yakni:

1. Tidak Perlu Susah Payah Berpromosi

Ketika menyediakan kode referral kepada konsumen, maka Anda tidak perlu lagi repot mempromosikan produk ke masyarakat luas. Ini karena konsumen sendirilah yang tergerak mempromosikan bisnis Anda kepada rekan-rekannya.

Bonus referral menyediakan berbagai hadiah menarik yang pastinya tak ingin dilewatkan konsumen. Nah, supaya bisa mengklaim hadiah, konsumen lama harus mengajak orang lain mengklaim kodenya di olshop Anda. Alhasil para konsumen Anda lah yang akan aktif mempromosikan toko Anda agar banyak orang mengklaim kode referral mereka.

Promosi antar konsumen seperti ini tentunya sangat menguntungkan! Promosi bisa bergerak lebih luas, cepat dan menjangkau kelompok-kelompok masyarakat yang tak tersentuh iklan utama olshop Anda.

2. Mendatangkan Banyak Konsumen Baru

Buah manis dari promosi memakai bonus referral adalah mendatangkan lebih banyak konsumen baru ke olshop Anda. Para pembeli baru akan mengalir berdatangan berkat ajakan para kenalan mereka yang sudah menjadi konsumen lama di olshop Anda.

Hal ini mungkin saja terjadi karena kekuatan utama promosi referral dan word to word adalah kepercayaan. Menurut hasil penelitian psikologi terbaru, lebih dari 92% masyarakat memercayai rekomendasi produk atau jasa dari orang-orang yang mereka kenal (keluarga, rekan, sahabat dan kekasih).

Bahkan mungkin Anda sendiri pernah meminta rekomendasi dari kenalan terlebih dahulu, bukan? Referral pastinya diberikan karena kenalan Anda sudah berpengalaman belanja di sebuah toko dan ingin merekomendasikannya ke orang lain.

3. Meningkatkan CLV Olshop

CLV adalah singkatan dari Customer Lifetime Value alias Nilai Pelanggan Seumur Hidup. Menurut teori marketing online, CLV adalah jumlah nilai total dari konsumen untuk waktu tertentu terhadap bisnis Anda.

Memiliki nilai CLV yang bagus sangat penting untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Olshop ber-CLV tinggi selalu dipandang memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, CLV juga bisa menunjukkan seberapa besar keuntungan yang bisa dihasilkan dari hubungan antara konsumen dan online shop. Maka dari itu bisa dikatakan semakin bagus nilai CLV maka akan semakin besar pula prediksi keuntungan yang didapat.

Strategi referral merupakan cara termudah untuk meningkatkan CLV. Bukan tanpa sebab, karena konsumen yang datang dari penawaran referral terbukti bertahan menjadi pembeli setia dan aktif berinteraksi dengan toko Anda.

4. Meningkatkan dan Menjaga Loyalitas Konsumen

Keuntungan bonus referral selanjutnya adalah mampu meningkatkan sekaligus menjaga loyalitas konsumen terhadap brand dengan signifikan. Bisa saja saat ini toko Anda laris manis, tapi seiring berjalannya waktu, satu per satu konsumen berjalan meninggalkan Anda karena berbagai alasan.

Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu, pertahankan konsumen lama Anda dengan memakai strategi referral. Bonus-bonus menarik yang mereka dapatkan lewat referral cukup untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Tahukah Anda? Sebuah bisnis yang sukses baik itu bisnis online atau offline disebabkan oleh pelanggan lama yang setia berbelanja di toko tersebut. Konsumen lama yang datang berbelanja lagi dan lagi jauh lebih menguntungkan dibandingkan pembeli baru.

Mempertahankan konsumen lama juga jauh lebih simpel dan hemat biaya ketimbang berpromosi besar-besaran untuk menarik minat pembeli baru. Konsumen loyal juga terbukti 5x lipat mengutamakan toko Anda sebagai pilihan belanja pertama ketimbang toko-toko lain yang sejenis.

Apalagi kalau toko Anda menyediakan kode referral dengan berbagai bonus menarik untuk konsumen lama. Dijamin mereka akan semakin betah menjadi pelanggan setia Anda!

6 Tips Membuat Promosi Kode Referral Adalah

Tibalah kita di pembahasan yang paling dinanti-nanti: cara membuat kode referral. Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba promosi olshop lewat kode referral, cobalah ikuti 6 tips dan trik berikut:

1. Kenali Target Konsumen Anda

Sebelum mulai membuat dan menyebarkan kode, kenali terlebih dahulu siapa target konsumen Anda. Mengenali target konsumen akan membantu mempermudah Anda dalam menentukan bentuk referral yang hendak dibuat.

Bentuk referral juga memengaruhi kesuksesan strategi marketing ini. Sebab tidak semua konsumen mau menyebarkan kode referral mereka walaupun mereka punya kode masing-masing. Beberapa penyebabnya bisa jadi karena hadiah yang kurang menarik atau sistem referral yang rumit.

2. Pilih Hadiah Bonusnya

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kini pilihlah bonus referral yang sesuai dan pas dengan kebutuhan Anda. Hadiah yang menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen secara otomatis akan mendorong mereka untuk mempromosikan kode referral sebanyak mungkin.

Beberapa pertanyaan yang sering dipertimbangkan saat memilih hadiah bonus referral yakni:

  • Siapa saja yang berhak mendapat hadiah? Apakah hanya sang pemilik kode atau juga pengguna baru yang mengklaim kodenya (two-sided incentives)?
  • Apa jenis bonus yang mau dihadiahkan? Apakah berupa poin reward, saldo cashback, atau produk hadiah gratis?
  • Berapa maksimal hadiah yang bisa diklaim oleh seseorang lewat kode referral?
  • Adakah aturan lain yang ingin Anda buat untuk mengatur sistem klaim hadiah referral?

3. Lakukan Analisa dan Pelacakan (Tracking)

Merumuskan strategi marketing referral yang baik sekaligus matang memerlukan segenap percobaan, bahkan uji coba trials dan errors. Untuk mengoptimalkan strategi, Anda mungkin perlu melakukan analisa serta pelacakan perkembangan kampanye kode referral di masyarakat (tracking).

Dari sini Anda bisa mengetahui seberapa efektif dan antusiasme masyarakat menyambut penawaran kode referral dari bisnis Anda.

4. Selaraskan dengan Kualitas Produk dan Layanan Olshop

Kode referral hanyalah pemancing agar masyarakat mau melirik toko Anda. Supaya benar-benar berhasil dengan maksimal, Anda tetap harus menyediakan layanan olshop yang prima. Selain itu, produk yang dijual di toko pun harus berkualitas dan berharga terjangkau.

Jangan sampai promosi kode referral yang sudah dibuat dengan apik justru mengarah pada kekecewaan karena toko online Anda gagal memenuhi ekspektasi pembeli. Misalnya pelayanan toko justru buruk, produk yang dijual tak berkualitas, dan sebagainya.

Jika sudah begitu, konsumen pastinya tidak ingin lagi berbelanja di toko Anda. Cobalah untuk menjaga ekspektasi pembeli dengan menghadirkan pelayanan maksimal. Tidak ada salahnya juga untuk menawarkan sisi unik dari toko yang bisa memikat perhatian konsumen.

5. Cari Feedback dari Konsumen

Jangan lupa untuk mencari feedback dari konsumen. Setelah promo kode referral dijalankan, cari tahu bagaimana kesan, kritik dan saran dari konsumen yang mengikuti program referral tersebut.

Sering kali konsumen kecewa karena kode referral yang dikampanyekan ternyata error atau gagal diklaim. Buruknya lagi, pemilik toko tidak tahu menahu dengan masalah tersebut gara-gara tidak pernah menanyakan feedback dari konsumen.

Feedback konsumen selalu penting untuk meningkatkan kualitas promosi yang Anda lakukan. Masukan konsumen yang diterima hari ini pun bisa bermanfaat sebagai acuan referensi iklan berikutnya.

6. Berterima Kasih pada Konsumen

Terakhir namun tak kalah penting, jangan lupa untuk berterima kasih pada semua orang yang berpartisipasi dalam program kode referral Anda. Anda bisa menyelipkan pesan-pesan terima kasih ketika ada kode atau hadiah bonus yang diklaim. Satu ucapan terima kasih dari bisnis sering kali ampuh membuat konsumen merasa lebih gembira.

Demikianlah pembahasan artikel spesial kali ini seputar kode referral marketing. Selamat mencoba kiat-kiat di atas dan semoga sukses!

Jangan lupa ikuti website MARKEY di https://markey.id/ atau download aplikasinya di Google Play dan Apple Store karena ada lebih banyak artikel tips trik marketing online menarik lainnya yang wajib Anda coba. Sampai bertemu lagi di pembahasan berikutnya.

Apa Saja Prinsip-Prinsip Desain? 9 Prinsip Desain Grafis Saat Ini

0
prinsip-desain-grafis

Prinsip desain dalam seni rupa adalah hal yang harus Anda kuasai ketika belajar desain grafis karena, prinsip prinsip desain grafis adalah elemen yang berperan penting dalam menyusun berbagai desain: logo, baliho/spanduk/banner, karya seni, layout sosial media, gambar merchandise dan sebagainya.

Prinsip prinsip desain pun bisa Anda manfaatkan untuk membuat berbagai karya seni yang estetik dan disukai banyak orang. Kira-kira apa sajakah prinsip prinsip desain dalam seni rupa itu? Yuk langsung cari tahu jawabannya pada seri belajar desain grafis terbaru berikut ini!

Prinsip Desain Adalah Hal Penting dalam Desain Grafis

prinsip-design-1

Ketika berbicara soal desain grafis, maka kita tidak akan bisa lepas dari yang namanya teori prinsip desain. Pada dasarnya, prinsip prinsip desain grafis adalah hal yang serupa dengan prinsip desain dalam seni rupa.

Apa itu desain grafis? Pengertian desain grafis adalah karya seni visual yang dibuat menggunakan unsur-unsur grafis tertentu. Adapun unsur yang sering dibicarakan saat belajar desain grafis misalnya: teks, gambar, bentuk, warna dan garis. Simak artikel lainnya dari situs kami yang membahas tentang prinsip desain pada artikel ini 

Pemakaian unsur-unsur desain tadi akan menjadikan karya desain grafis Anda lebih estetik, mudah dimengerti sekaligus menarik bagi penonton. Anda bisa menyimak bahasan khusus seputar unsur grafis pada artikel belajar desain grafis ini

9 Prinsip Desain dalam Seni Rupa

Ketika belajar desain grafis, Anda mungkin menemukan sejumlah referensi yang menyebut berbagai jenis prinsip prinsip desain. Dirangkum dari sejumlah sumber terupdate saat ini, ada 9 jenis prinsip desain meliputi: hirarki, kontras, keseimbangan, warna, ruang kosong, pengulangan, penyelarasan, kedekatan, penekanan.

Penjelasan masing-masing prinsip desain grafis adalah sebagai berikut:

1. Hirarki

Prinsip desain dalam seni rupa pertama adalah hirarki. Hirarki sendiri memiliki arti berupa “kedudukan” atau “urutan”.

Prinsip hirarki sangat penting dalam dunia desain grafis, terutama jika karya yang Anda memuat lebih dari 1 informasi atau berisi banyak elemen visual. Konsep hirarki akan memudahkan Anda dalam menentukan elemen atau info mana yang harus ditonjolkan/diutamakan dalam desain.

Hirarki juga memudahkan penonton dalam mencerna pesan yang terkandung di karya desain Anda. Semisal dengan meletakkan judul teks paling penting di bagian atas desain, lalu ditambahkan deskripsi pendukung di bawah.

Pengaplikasian hirarki dalam desain bisa dilakukan dengan beragam cara. Semisal dengan:

  • Menggunakan mode bold (tebal), italic (garis miring), atau underline (garis bawah).
  • Menggunakan frame tambahan untuk membingkai informasi penting.
  • Meletakkan informasi penting di bagian tengah atas.
  • Memperbesar tulisan-tulisan yang paling penting untuk menarik perhatian.
  • Menggunakan warna-warni mencolok pada info penting.
  • Menerapkan efek bayangan guna mempertegas info penting, dan lain-lain.

Tips:

Tentukan terlebih dahulu urutan informasi yang akan dimuat dalam desain, mulai dari yang paling penting sampai yang sifatnya hanya elemen pendukung. Kemudian, cek kembali dan cari tahu apakah informasi terpenting sudah cukup jelas dan eye-catching. Mintalah pendapat orang lain jika masih ragu-ragu.

2. Kontras

Prinsip desain meliputi kontras. Kontras terjadi ketika ada dua elemen desain yang saling bertentangan, tapi diletakkan dalam satu tempat dalam desain.

Contoh kontras misalnya perpaduan warna hitam dan putih, gaya desain tradisional dan modern, pemakaian garis tebal dan tipis, dan seterusnya. Prinsip kontras tidak bermakna negatif. Justru pengaplikasian kontras bisa mempercantik desain grafis yang Anda buat.

Kontras membantu agar elemen-elemen atau info terpenting bisa tampil menonjol. Kebanyakan desainer memakai prinsip kontras untuk menegaskan atau memberi penekanan pada desainnya. Tapi ada juga lho yang memainkan kontras untuk memperlihatkan unsur “berani” dalam desain.

Tips:

Penerapan kontras yang tinggi bisa menarik perhatian penonton dalam hitungan detik. Perhatian mereka bisa langsung tertuju pada bagian terpenting dalam desain Anda.

Namun ingat, gunakan prinsip kontras sepenuhnya saja, ya. Mengaplikasikan kontras ke seluruh desain justru tidak akan menonjolkan elemen tertentu. Sebaliknya, audiens bisa tidak nyaman saat memandang desain Anda.

3. Keseimbangan

Berikutnya adalah prinsip keseimbangan. Sesuai namanya, yang dimaksud dengan keseimbangan adalah keselarasan dari setiap elemen yang ada dalam desain Anda.

Goal utama dari prinsip keseimbangan adalah menjadikan desain Anda tampak utuh, menyatu jadi satu-kesatuan. Pastinya Anda sendiri juga lebih senang melihat karya seni yang seluruh komponennya tampak lengkap dan utuh menyatu, bukan?

Keseimbangan prinsip desain meliputi dua tipe yang berbeda, yakni keseimbangan simetris dan asimetris.

Keseimbangan Simetris (Formal)

Keseimbangan simetris adalah prinsip seimbang yang setara. Maksudnya, semua bobot visual dalam desain Anda memiliki besar yang sama dan rata. Keseimbangan simetris biasanya identik dengan tampilan desain yang rapi, memiliki bentuk dan ragam yang sejenis, atau terpusat (misalnya rata dari kiri ke kanan).

Keseimbangan Asimetris (Informal)

Lawan dari keseimbangan simetris adalah keseimbangan asimetris. Prinsip keseimbangan asimetris cukup unik karena menciptakan harmoni dari unsur-unsur yang “tidak rapi” atau “tidak simetris”.

Saat memainkan keseimbangan asimetris, desainer berusaha membuat karyanya tampak selaras dengan memainkan ukuran elemen, warna, bentuk dan juga teksur dalam desain. Bisa saja sisi kanan desain tampak lebih padat, sedangkan sisi kiri lebih lengang.

Contoh lain dari keseimbangan asimetris misalnya penggunaan kontras untuk mempertegas beberapa unsur desain. Atau penyeimbangan elemen-elemen gelap dengan warna-warna terang.

4. Warna

prinsip-design-2

Warna merupakan prinsip penting lainnya dalam desain. Tanpa warna, desain grafis Anda pasti tampak kurang menarik dan hidup di mata penonton.

Anda juga tidak bisa sembarangan memilih warna untuk diterapkan pada karya desain grafis. Soalnya setiap warna memiliki pesan dan emosi yang tersirat. Menurut penelitian psikologi, setiap warna mengandung arti yang berbeda. Misal:

  • Merah: mencerminkan keberanian, emosi, dorongan untuk bertindak.
  • Biru: melambangkan ketenangan, kepercayaan, dan kestabilan emosi.
  • Hijau: menunjukkan sikap kepedulian terhadap alam, keteduhan.
  • Kuning: memancarkan keceriaan, kebahagiaan, semangat.
  • Hitam dan ungu: memperlihatkan ketegasan, elegan, sikap profesional.

Tips:

Pahamilah teori tentang warna agar Anda mudah dalam memilih warna desain terbaik. Pilih warna-warna yang dirasa mendukung atau memperkuat pesan yang ingin Anda komunikasikan ke penonton desain. Semisal elemen desain yang berupa ajakan untuk bertindak diberi warna merah.

Selain itu, pilih juga warna-warna yang mudah diselaraskan, memiliki kontras dan bisa menciptakan harmoni pada desain. Anda bisa memilih warna-warna desain terbaik menggunakan aplikasi palet warna atau color picker gratis kekinian. Misalnya Adobe color picker atau Photoshop.

5. Ruang Kosong)

Prinsip desain meliputi ruang kosong atau space. Ada juga yang menamai prinsip ini dengan “white space” atau “negative space”.

Arti ruang kosong dalam prinsip desain grafis adalah sisi-sisi kosong (blank) berwarna putih yang Anda biarkan begitu saja dalam desain. Kebanyakan desainer grafis pemula mengira desain yang baik harus tidak menyisakan ruang kosong dalam karyanya. Namun ternyata tidak juga.

Kehadiran white space dalam desain grafis sama pentingnya dengan space yang Anda penuhi dengan warna, bentuk pola, teks dan lain-lain. Lalu apa gunanya ruang kosong ini?

Peranan ruang kosong dalam prinsip desain meliputi:

  • Membantu mempertegas komponen penting.
  • Memudahkan membuat bentuk tertentu.
  • Menuntun penonton dalam menerima dan mencerna pesan dalam desain.
  • Mempermudah penonton dalam membedakan satu elemen dengan yang lain.
  • Membuat tampilan desain lebih simpel, menenangkan dan menambah nilai estetikanya.

6. Pengulangan

Ingin mempertegas pesan atau karakteristik brand Anda dalam desain? Aplikasikan prinsip pengulangan (repetisi)!

Pengulangan unsur-unsur dalam desain grafis – misalnya pengulangan warna, bentuk, kata-kata (teks) ataupun bentuk font – bisa memperkuat “karakter” Anda dalam karya. Setiap desainer pasti memiliki ciri khas atau image masing-masing.  Biasanya mereka menunjukkan identitas diri lewat prinsip pengulangan ini.

Prinsip pengulangan adalah taktik terbaik untuk memperkuat ide maupun informasi yang mau Anda sampaikan lewat desain. Selain itu, pengulangan bisa menyatukan seluruh komponen yang ada dalam desain dengan mudah (menciptakan prinsip keseimbangan).

Contohnya begini: desain grafis yang menggunakan terlalu banyak warna atau komponen bentuk akan dinilai berantakan, tidak fokus dan tak nyaman untuk dilihat. Kita bisa menghindari desain tersebut dengan cara mengaplikasikan teknik pengulangan. Pilih 2-3 warna dasar atau bentuk, lalu aplikasikan secara berulang dalam desain.

Tips:

Prinsip pengulangan juga sering digunakan bersamaan dengan strategi konsistensi. Sejumlah desainer sengaja menggunakan warna, bentuk, dan font yang sama secara konsisten pada setiap desainnya. Tujuannya tak lain untuk membangun image atau karakteristik khas mereka di benak penonton.

7. Penyelarasan

Penyelarasan juga prinsip penting yang wajib diperhatikan dalam desain grafis. Prinsip ini membantu ketika Anda ingin membuat bentuk-bentuk yang tajam sekaligus menatanya agar tampak rapi, utuh dan selaras.

Prinsip penyelerasan menciptakan harmoni desain. Dengan mengedepankan prinsip ini, seluruh elemen visual dalam desain Anda bisa tampak saling terhubung satu sama lain. Jadinya penonton akan menilai desain Anda sebagai satu kesatuan yang cantik.

Tips:

Penyelarasan juga sering diaplikasikan untuk unsur visual teks. Dalam desain grafis, Anda bisa mengatur penyelerasan teks dalam 4 posisi:

  • Tengah (center): seluruh teks berada dalam posisi tengah.
  • Kanan (right): ketikan dimulai dari arah kanan.
  • Kiri (left): ketikan dimulai dari arah kiri.
  • Rata kiri-kanan: teks dimulai dari kiri ke kanan namun memiliki panjang yang sama per barisnya.

8. Kedekatan

Perhatikan beberapa contoh desain grafis yang ada di sekitar Anda. Mungkin Anda akan melihat sejumlah desain yang sengaja mengelompokkan elemen-elemen tertentu. Trik seperti ini juga termasuk dalam teori desain dasar bernama “prinsip kedekatan”.

Prinsip kedekatan membantu desainer menciptakan desain yang terorganisir dan lebih enak dilihat mata. Cara melakukannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengelompokkan dan menata elemen-elemen yang mirip ke satu tempat tertentu dalam desain.

Contoh desain grafis yang paling jelas menekankan prinsip kedekatan misalnya menu, daftar produk, pamflet yang berupa list atau schedule (jadwal), dan desain undangan.

9. Penekanan

Prinsip penting terakhir dalam desain grafis adalah penekanan. Di sini tugas Anda adalah menentukan elemen mana yang lebih ditekankan untuk ditonjolkan dalam desain untuk menarik perhatian penonton.

Prinsip penekanan bekerja selaras dengan prinsip hirarki. Biasanya, elemen yang berada di posisi teratas desain adalah elemen yang paling ditekankan atau ditonjolkan.

Misalnya pada desain poster film. Bagian judul film selalu menjadi elemen yang ditekankan – baru kemudian Anda melihat nama pemain atau nama sutradaranya. Penekanan pada judul film sengaja dilakukan karena masyarakat selalu memilih film tontonan berdasarkan judulnya.

Ada 3 cara umum yang digunakan desainer untuk melakukan penekanan dalam sebuah desain yakni:

  • Berdasarkan hirarki.
  • Memainkan teknik kontras.
  • Menggunakan aturan skala dan proporsi tertentu. Semisal menonjolkan informasi terpenting dengan proporsi yang paling besar dibanding elemen lain di desain.

Tips:

Agar berhasil dengan maksimal, selalu pikirkan matang-matang unsur mana yang seharusnya ditonjolkan dalam desain. Salah memilih elemen yang ditonjolkan bisa berakibat fatal karena pesan yang tersampaikan otomatis akan berbeda.

Demikianlah pembahasan kali ini seputar aneka prinsip desain dalam seni rupa! Mempelajari prinsip desain grafis adalah hal yang penting sebelum mulai berkarya. Nah setelah mengenal prinsip-prinsip di atas, kini Anda bisa lebih mudah menciptakan berbagai desain yang menarik dan informatif. Selamat mencoba!

Temukan juga lebih banyak artikel belajar desain grafis untuk mendukung bisnis online di MARKEY. Follow websitenya di https://markey.id/, atau download aplikasinya di Google Play (android) dan Apple Store (iOS). Sayonara!

Inilah 11 Model Unik Notifikasi PopUp : Anti Diskip Pengunjung!

0
notifikasi-popup

Gunakan notifikasi popup website untuk menambah interaksi konsumen di toko online Anda! Kabar bagusnya, Anda pun kini bisa berkreasi dengan aneka jenis notifikasi popup berikut ini.

Pop up ecommerce adalah jendela kecil yang muncul “melayang” di sebuah halaman website. Jendela ini umumnya memuat sejumlah informasi tertentu: misalnya iklan, promosi ecommerce, ajakan berlangganan newsletter dan lain-lain.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan notifikasi pop up untuk menarik minat belanja konsumen? Yuk langsung simak artikel tips ecommerce store berikut ini sampai tuntas.

11 Cara Unik Memanfaatkan Notifikasi Popup di Ecommerce

notifikasi-popup-1

Tidak perlu keliling mencari berbagai tips ecommerce store yang ampuh. Anda sudah bisa meningkatkan penjualan di website toko online dengan mudah memakai notifikasi popup saja.

Notifikasi popup adalah fitur yang sering kita jumpai ketika mengunjungi sebuah website ecommerce. Mungkin Anda pernah harus menutup jendela pop up yang “menghalangi” konten dari sebuah website. Nah, jendela itulah yang dikenal sebagai popup website.

Walaupun terkesan “mengganggu” pengunjung, nyatanya pemanfaatan notifikasi popup bisa ampuh mendorong penjualan di toko online Anda, lho. Bagaimana caranya? Langsung coba ikuti 11 cara unik memodifikasi pop up ecommerce di bawah ini yuk:

Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”

1. Gunakan untuk Menyapa Konsumen

Penggunaan pop up ecommerce paling umum adalah untuk menyapa konsumen yang datang ke toko online Anda. Baik itu konsumen baru ataupun lama. Pesan popup website yang sengaja di-setting agar muncul otomatis ke hadapan konsumen akan meninggalkan kesan bahwa kehadiran mereka diperhatikan oleh Anda.

Konsep ini sama saja dengan prinsip layanan di toko offline. Ketika konsumen datang, Anda lalu menyambut mereka dengan riang. Namun karena tidak mungkin menyambut pembeli secara tatap muka, maka tugas tersebut dilakukan via notifikasi popup.

2. Tawarkan Diskon atau Hadiah Gratis (Freebies)

Pancing perhatian konsumen Anda dengan menawarkan diskon belanja atau hadiah gratis lewat notifikasi pop up ecommerce. Trik ini selalu sukses mendorong pengunjung mau berinteraksi dengan toko online Anda entah itu langsung berbelanja, mengklaim voucher atau mendaftar akun dan berlangganan email newsletter.

3. Sampaikan Pesan Penting yang Bermanfaat

Pop up ecommerce tidak selalu digunakan untuk mempromosikan diskon atau produk kepada pengunjung. Anda juga bisa memakainya untuk menyampaikan pesan-pesan penting yang bermanfaat pula bagi konsumen.

Contohnya, notifikasi popup dipakai untuk menyampaikan ada layanan free ongkir se-Indonesia di toko Anda. Atau ada informasi penting bahwa toko Anda melayani konsumen dengan protokol kesehatan ketat selama pandemi.

Informasi-informasi tersebut mungkin terkesan sepele. Tapi jangan salah, dampaknya bisa luar biasa untuk meyakinkan konsumen mau mencoba belanja di toko Anda.

4. Ciptakan “Urgensi” untuk Belanja

Pernah mendatangi toko online dan menemukan popup muncul berisi timer (jam hitungan mundur)? Nah, ini adalah tips ecommerce store lain yang sering digunakan pebisnis kekinian.

Beberapa pebisnis sengaja memasang popup yang memuat timer untuk momen penjualan tertentu. Misalnya: SISA WAKTU DISKON SUMMER SALE: 24 JAM, 15 MENIT, 09 DETIK.

Pemanfaatan jam hitungan mundur ini bukan tanpa sebab. Ketika konsumen melihat waktu diskon atau penawaran semakin menipis, maka ia tidak akan buang-buang waktu untuk segera belanja.

5. Bagikan Kode Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Faktanya semua orang suka diskon. Toko yang sering mengadakan diskon terbukti sering ramai dikunjungi konsumen.

Anda bisa dengan mudah membagikan voucher atau kode diskon secara gratis memakai popup website. Cukup masukkan kode voucher yang bisa diklaim gratis oleh pengunjung lalu sebarkan lewat popup secara otomatis.

Dijamin deh, konsumen yang tadinya hanya ingin mampir melihat-lihat akan tergoda untuk belanja karena ada penawaran diskon gratis.

6. Adakan Flash Sale

Flash sale adalah momen belanja kilat yang ngetrend di ecommerce. Selama flash sale, barang-barang akan dijual dengan harga super miring untuk periode waktu tertentu misalnya hanya 30 menit, 1 jam, atau sampai seluruh sisa stok habis terjual.

Flash sale juga termasuk tips ecommerce store terbaik untuk meningkatkan penjualan. Jadi jangan ragu untuk mengombinasikan flash sale dengan notifikasi pop up ecommerce guna mendapatkan lebih banyak perhatian konsumen.

7. Promosikan Produk-Produk Best-Seller

Perkuat keinginan belanja konsumen Anda dengan mempromosikan produk-produk unggulan, best-seller atau brand terbaik yang dijual di toko Anda.

Sengaja memajang produk-produk terbaik di pop up bisa menumbuhkan keinginan belanja konsumen atau membuat mereka penasaran ingin menelusuri isi toko lebih lanjut. Ini karena produk-produk best-seller mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat orang-orang tergoda untuk mencobanya.

8. Memikat Ulang Pengunjung Lama

Tidak semua pengunjung toko online Anda akan langsung menjadi konsumen yang berbelanja saat pertama kali datang ke website. Terkadang Anda harus melakukan beberapa kali pendekatan supaya pengunjung tersebut akhirnya mau berbelanja.

Bagaimana caranya? Notifikasi popup website bisa menjadi solusi terbaik. Anda bisa menawarkan diskon kepada mereka, mengarahkan fitur “Check Out” langsung dari popup, atau merekomendasikan produk-produk yang sedang ngetrend di popup.

9. Munculkan Popup Sebelum Konsumen Pergi

Sejumlah website ecommerce sengaja memasang lebih dari satu popup untuk mempertahankan konsumen yang datang. Misalnya mereka memasang sebuah popup untuk menyambut pengunjung dan memasang satu lagi ketika konsumen hendak menutup browser website.

Trik ini bisa dibilang seperti “penawaran di detik-detik terakhir”. Terkadang ada konsumen yang awalnya tak tertarik dengan isi website, tapi setelah ditawari popup kedua, ia berubah pikiran dan tertarik belanja.

Sayangnya memasang popup kedua seperti ini butuh strategi cermat. Anda harus tahu info-info apa yang bisa memancing keinginan pengunjung untuk terus menetap di website. Jadi Anda tidak boleh asal membuat pop up ecommerce.

10. Tawarkan Rekomendasi Produk

notifikasi-pop-up-2

Jika pada poin sebelumnya Anda menawarkan produk best-seller atau branded di popup, tips ecommerce store lain yang bisa dicoba sekarang adalah menawarkan rekomendasi produk di popup.

Rekomendasi yang dimaksud di sini lebih berfokus pada produk-produk yang sekiranya dibutuhkan oleh konsumen jadi tidak hanya sekadar branded saja. Trik ini pun tak kalah sukses jika diterapkan karena konsumen pasti akan tertarik membeli barang yang mereka butuhkan.

11. Tawarkan Produk Pelengkap

Tips ecommerce store terakhir dengan notifikasi pop up ecommerce adalah dengan menawarkan produk pelengkap kepada konsumen. Misalnya seorang konsumen membeli produk makanan kaleng. Anda bisa memunculkan popup website berisi penawaran produk makanan lain.

Pop up website jenis ini juga banyak diterapkan di berbagai website. Umumnya popup ini muncul dengan nama, “Mungkin Anda Juga Akan Suka” atau “Rekomendasi Produk Lainnya”, dan lain-lain.

Penawaran produk-produk pelengkap akan mendorong pembeli menambahkan item belanja ke keranjang. Misal pembeli yang tadinya hanya ingin membeli makanan kaleng, jadi tertarik untuk ikut memborong telur, susu, spageti, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan +10 tips ecommerce store dengan fitur pop up ecommerce yang bisa Anda praktekkan. Menambahkan notifikasi pop up ke website sekarang bukan lagi hal sulit. Anda bisa langsung mendapat paket website ecommerce dengan berbagai fitur canggih kekinian dari APPKEY.

APPKEY adalah jasa pengembang website dan aplikasi ecommerce canggih kekinian. Kami menyediakan software bisnis online yang mirip seperti ecommerce ternama Indonesia (misal Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain-lain). Yuk segera dapatkan website bisnis pertama Anda di https://appkey.co.id/ atau klik di sini!

Ikuti pula website MARKEY di https://markey.id/ untuk memperoleh lebih banyak tips ecommerce store kekinian. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, sayonara!

Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Unik “WeCook”: Berbagi Dapur Korea

0
inspirasi-bisnis

Sedang mencari inspirasi konsep bisnis kuliner unik dan masih jarang dilakukan? Anda bisa mencoba bisnis kuliner unik “berbagi dapur” ala WeCook Korea.

Konsep bisnis kuliner berbagi dapur WeCook dipandang menjanjikan omset lumayan pada tahun 2021. Tidak seperti bisnis kuliner biasa, WeCook tidak menyediakan jasa restoran dimana seseorang bisa memesan dan menunggu pesanan. Bisnis kuliner unik satu ini justru mempersilahkan pengunjung untuk memasak sendiri sesuai keinginannya!

Kira-kira seperti apa cara kerja dan keuntungan inspirasi bisnis kuliner WeCook? Berikut ulasan selengkapnya.

Inspirasi Bisnis Kuliner Unik : WeCook Berbagi Dapur

Dalam konsep bisnis kuliner biasa, pengunjung bisa menyantap beraneka makanan tanpa perlu susah payah. Ada koki yang siap memasakkan makanan untuk para tamu. Namun Anda pasti terkejut jika datang berkunjung ke WeCook.

WeCook adalah perusahaan makanan Korea yang sukses mencuri perhatian banyak orang akhir-akhir ini. Tidak seperti restoran biasa, WeCook adalah bisnis kuliner unik yang menawarkan para pengunjung untuk datang dan memasak sendiri pesanan mereka.

Bisnis kuliner unik satu ini menawarkan layanan “Berbagi Dapur” yang masih jarang dilakukan. Jadi ketika Anda mendatangi resto satu ini, siap-siap untuk bertemu dengan fasilitas khas dapur mewah dengan berbagai perabot memasak dan bahan baku makanan lengkap.

Inspirasi Bisnis Dapur Bersama Pertama di Korea

we-cook-1

Konsep bisnis kuliner unik WeCook adalah yang pertama di Korea. WeCook tidak hanya menjual makanan kepada masyarakat, tetapi juga menyewakan fasilitas dapur lengkap untuk disewa siapa saja: masyarakat umum, enterpreneur, perusahaan/kantor, dan lain-lain.

Uniknya lagi, konsep bisnis kuliner dapur bersama ini justru mendatangkan omset cukup tinggi selama masa pandemi. Melalui fasilitas dapur umum, orang-orang bisa lebih mudah membuat dan menjual masakan sendiri.

Seiring berjalannya waktu, kehadiran dapur bersama WeCook justru menguatkan perekonomian masyarakat Korea. Omset WeCook diperkirakan sanggup menyentuh 22,2 miliar won atau setara 18,6 juta dolar Amerika. Nominal pemasukan ini sukses tercatat sebagai jumlah yang terbesar di antara bisnis-bisnis dapur bersama yang ada di seluruh dunia!

Sampai saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 20 outlet dapur bersama WeCook tersebar di seluruh Korea Selatan. Untuk memesan tempat atau menyewa, Anda bisa melakukannya secara online via website resminya https://www.wecook.co.kr/ .

Lika-Liku Perjalanan Inspirasi Bisnis WeCook

Menemukan konsep bisnis kuliner unik sekaligus tak biasa seperti WeCook bukanlah perkara mudah. Sang CEO sekaligus penemu WeCook, Kim Ki-woong, mengaku memerlukan waktu bertahun-tahun mencari inspirasi bisnis dan mengembangkannya.

Inspirasi bisnis WeCook pertama kali didirikan pada tahun 2014. Saat itu, Ki-woong memutuskan berhenti dari pekerjaan lamanya dan banting setir mendirikan startup makanan di Gangnam, Korea. Saat itu bisnisnya belum berupa dapur bersama seperti sekarang, melainkan jasa delivery makanan lunch box biasa.

Setelah 3 tahun berjalan, Ki-woong memutuskan mengubah haluan bisnisnya. Bukan karena bisnis delivery yang dirintisnya gagal  tetapi ia menginginkan pencapaian yang unik, fresh dan lebih menguntungkan.

Pria asli Korea tersebut pun akhirnya memutuskan mendirikan layanan kuliner yang bisa merangkul banyak orang. Tidak hanya memanjakan konsumen umum dengan makanan lezat saja, tetapi juga menyediakan layanan delivery dan fasilitas untuk pebisnis kuliner kecil lainnya.

Dari sana lahirlah ide untuk mengembangkan WeCook. Ki-woong ingin usahanya bisa menyasar masyarakat sekaligus mendukung pebisnis lokal yang mempunyai modal usaha terbatas. Akhirnya pada tahun 2015, WeCook resmi didirikan dan beroperasi di berbagai wilayah Korea.

Macam-Macam Layanan Unik WeCook

Kisah inspirasi bisnis WeCook yang tidak biasa cukup menyita perhatian. Pastinya Anda juga penasaran bukan bagaimana model-model pelayanan di WeCook?

Berikut adalah beberapa jasa WeCook yang sering digunakan oleh masyarakat Korea sekaligus bisa menginspirasi bisnis kuliner Anda sendiri:

1. Memproduksi Makanan dan Mendistribusikannya

Salah satu tujuan WeCook adalah membantu masyarakat kecil yang bermodal pas-pasan untuk mengembangkan usaha kulinernya. Dapat dikatakan, WeCook menyediakan cara memulai usaha kuliner tanpa modal bagi warga Korea.

WeCook mempunyai tim khusus yang sigap membantu Anda mengembangkan bisnis di bidang makanan. Tak hanya sampai di situ saja, perusahaan ini turut menyediakan suplai bahan baku makanan, peralatan masak, dan bantuan pendistribusian hasil olahan makanan yang Anda buat. Semuanya sudah dipastikan sesuai dengan aturan bisnis makanan yang sah di Korea Selatan.

2. Jasa Delivery Makanan

food-delivery-1

WeCook selalu berupaya melengkapi pelayanan kulinernya sedetil mungkin. Salah satu realisasi cita-cita tersebut adalah dengan menyediakan jasa pesan antar (delivery) makanan.

Jadi tidak hanya bisa memasak saja, proses pengiriman pesanan ke rumah pembeli juga tersedia dengan praktis dan bisa dilakukan secara online. Segera setelah makanan siap, pesanan akan langsung dikirimkan kurir ke alamat konsumen. Konsumen yang tidak sempat mampir ke outlet tetap bisa menikmati hidangan tanpa ribet.

3. Pesan Makanan Fresh Sekaligus Siap Santap

Salah satu alasan lahirnya dapur bersama WeCook adalah kesadaran Kim Ki-woong terhadap pola konsumsi masyarakat Korea. Menurutnya orang-orang Korea tidak begitu tertarik untuk membeli makanan mentah secara online. Namun di sisi lain, masyarakat tetap menginginkan makanan yang fresh.

Alhasil ia pun berinovasi menghadirkan makanan siap saji yang baru dimasak (fresh) dan bisa dibeli secara online. Sejauh ini bisnis e-commerce kuliner memang cenderung hanya menyajikan makanan dalam bentuk belum dimasak seperti frozen food.

Sebagian orang tidak tertarik membeli makanan yang belum matang, apalagi kalau mereka tidak sempat memasak sendiri. Membuka dapur umum online lantas menjadi pilihan terbaik karena konsumen bisa memilih sendiri makanan yang mau dinikmati dengan praktis.

4. Alternatif Katering untuk Hajatan

Kantor Anda ingin mengadakan event, gathering, atau acara besar tapi kekurangan budget untuk memesan katering? Jasa WeCook bisa menjadi pilihan yang pas sebagai pengganti katering!

Tidak jarang perusahaan atau organisasi Korea menyewa fasilitas dapur umum WeCook ketika hendak mengadakan event besar. Nantinya penyewa bisa bebas memasak sendiri makanan yang hendak disajikan. Aktivitas memasak sendiri saat gathering bisa menjadi pengalaman yang unik, berkesan, sekaligus menekan budget acara.

Plus, WeCook juga menyediakan sarana meja serta ruang makan yang cukup luas. Jadi semua orang bisa bersantap bersama hasil masakan sendiri di ruangan yang sama. Cukup unik, ya!

5. Penyewaan Restoran

Terakhir, Anda bisa bekerjasama dengan WeCook dan membangun restoran milik sendiri tanpa bersusah payah. Layanan yang satu ini juga cukup populer diminati di Korea, mulai dari bisnis kuliner kecil yang baru merintis usaha hingga bisnis besar yang ingin memperluas jangkauan pasarnya dengan praktis sekaligus hemat biaya.

Orang-orang yang punya bisnis makanan tapi tidak punya tempat sendiri bisa menghubungi tim WeCook untuk berkolaborasi. WeCook akan menyediakan tempat beserta segenap peralatan memasak yang Anda butuhkan. Sisanya Anda bisa berbisnis sesuai keinginan dan membayar komisi (pembagian hasil) dengan pihak WeCook.

Cara Memulai Usaha Kuliner Tanpa Modal

Kisah WeCook sungguh inspirasi bisnis yang patut dicontoh! Siapa bilang Anda tidak bisa memulai bisnis kuliner sendiri sembari menolong sesama seperti Kim Ki-woong? Sekarang, mendirikan bisnis dapur umum seperti WeCook dapat Anda lakukan dengan mudah memakai aplikasi “Real Estat” dari APPKEY.

Anda bisa mempraktekkan trik WeCook dengan mudah memakai app Real Estat APPKEY. Semisal Anda sudah punya gedung atau areal strategis yang tak digunakan dan peralatan memasak lengkap. Daripada disia-siakan, lebih baik disewakan kepada pedagang-pedagang kecil yang membutuhkan fasilitas restoran sederhana!

Iklankan gedung Anda sekarang juga memakai aplikasi Real Estat APPKEY. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS, sudah teruji fungsi kegunaannya, dan bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Melalui app ini, calon penyewa bisa menghubungi Anda secara online dan praktis.

E-Commerce Khusus untuk Hunian

Aplikasi Real Estat APPKEY sangat unik karena merupakan aplikasi e-commerce pertama untuk bisnis properti. Anda bisa menyewakan atau jual-beli rumah, kos-kosan, villa dan gedung-gedung lain ke masyarakat lewat 1 aplikasi ini saja.

Calon pembeli pun tidak perlu repot melakukan survey, bernegosiasi tatap muka atau membayar sewa dengan uang tunai yang banyak. Mereka bisa memilih gedung, tawar-menawar dan membayar transaksi secara online.

1001 Keuntungan Bisnis Aplikasi Real Estat APPKEY

Aplikasi APPKEY menawarkan banyak sekali keuntungan utama untuk Anda yang tak tersedia di tempat lain:

  • Mudah dioperasikan – aplikasi sengaja disusun dalam tampilan sepraktis mungkin agar siapapun bisa menggunakannya (baik Anda familiar atau tidak dengan penggunaan aplikasi).
  • Bebas sesuaikan konten iklan – lengkapi informasi bisnis properti Anda di aplikasi seperti saat Anda menjual produk biasa di e-commerce. Aplikasi Real Estat menyediakan kolom deskripsi rinci, foto dan video gedung serta tag kategori yang bisa mempermudah konsumen menemukan produk.
  • Dukungan tim ahli 100% – segera hubungi tim APPKEY jika aplikasi Anda mengalami masalah. Seluruh perbaikan tidak dikenakan biaya tambahan sama sekali!
  • Fitur-fitur khas e-commerce kekinian – aplikasi Real Estat dilengkapi fitur yang sama lengkapnya dengan aplikasi e-commerce populer masa kini. Mulai dari fitur live chat, deskripsi item, kolom pencarian pintar, bookmark, riwayat beli/sewa, maps lokasi gedung, dan masih banyak lagi.
  • Konsultasi gratis – butuh bantuan dengan strategi bisnis online atau ada masalah usaha yang dihadapi? Tidak perlu panik! Tim APPKEY juga akan dengan senang hati membantu Anda menemukan solusinya sampai tuntas.

Bagaimana, menarik sekali bukan tawaran dari APPKEY? Dengan aplikasi Real Estat APPKEY Anda tidak perlu lagi mencari cara memulai usaha kuliner tanpa modal. Pun Anda bisa berbisnis sekaligus berkontribusi memberdayakan UMKM kuliner lokal seperti yang dilakukan WeCook.

Dapatkan segera aplikasi Real Estat APPKEY dari https://appshop.co.id/real-estat/. Jangan ragu juga untuk menghubungi kami di sini apabila Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut.

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Sampai bertemu lagi di sharing inspirasi bisnis menarik dan unik lainnya dari MARKEY. Sayonara!

Trik Jitu Mendapat Banyak Repeat Order dengan Email Marketing

0
repeat-order

Pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda terus-menerus merupakan keinginan yang selalu didambakan oleh para pelaku bisnis. Namun Anda sebagai pelaku bisnis belum sanggup mewujudkannya walaupun Anda sudah memasang iklan hingga membuat konten menarik?

Lalu, sudahkah Anda memaksimalkan email marketing dalam meningkatkan penjualan? Simak jurus jitu memaksimalkan email marketing untuk menjadikan pelanggan Anda repeat order terus!

Repeat Order melalui Email Marketing: Definisi dan Fungsi Email Marketing

email-marketing-2

Keberadaan email dijadikan untuk alat komunikasi digital sejak internet muncul pertama kali, eksistensi email yang bukan merupakan hal baru terkadang diabaikan begitu saja. Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena email jika dimaksimalkan keberadaannya dapat membantu meningkatkan penjualan bagi para pelaku bisnis atau pemilik usaha.

Email yang dapat dimanfaatkan dan membantu sebuah perusahaan untuk melakukan pemasaran merupakan email marketing. Email marketing merupakan strategi pemasaran digital yang masih efektif dan relevan sejak tahun 1978. Email marketing dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dan perkembangan.

Para pemilik usaha dapat memanfaatkan email marketing untuk mempromosikan produk, layanan bisnis, atau promo-promo yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian email marketing membantu para pelanggan lama hingga calon konsumen untuk mengetahui produk atau penawaran terbaru.

Email marketing juga berfungsi untuk mendapatkan prospek lebih tinggi dan meningkatkan brand awareness dari masyarakat, dan menjalin hubungan dengan para pelanggan lama. Penggunaan email marketing sangat membantu perusahaan dalam pemasaran digital, berikut adalah manfaat email marketing

Baca juga : Email Marketing : Tips Mudah untuk Membangun Daftar Email Kuat

1.  Menghemat Biaya Pemasaran

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan menggunakan email sebagai salah satu alat untuk melakukan pemasaran, itu berarti Anda sudah memilih jalur yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda dengan biaya serendah mungkin.

2. Indikator Keberhasilan Kampanye

Email marketing juga membantu Anda untuk melihat bagaimana respon para pelanggan atau calon pelanggan Anda menanggapi pesan atau promo yang Anda kirimkan. Oleh karena itu, email marketing dapat digunakan untuk menilai kampanye atau pemasaran yang Anda lakukan. Kampanye pemasaran yang efektif tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan.

3. Menjalin Kedekatan Personal dengan Pelanggan

Menemukan pelanggan baru tentunya bukan perkara sulit bagi seorang marketer, namun untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan menjadikannya selalu datang kembali adalah hal yang sulit.

Email marketing dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut, dengan menggunakan email marketing maka perusahaan atau brand Anda dapat membangun kedekatan yang lebih personal dan jangka panjang kepada konsumen.

Email marketing yang menarik, dan disampaikan dengan konsiten tanpa harus menganggu atau spamming kepada pelanggan, akan membuat pelanggan memberi kepercayaannya kepada produk atau brand Anda dalam jangka waktu yang lama.

4. Media Melakukan Survey

Suatu perusahaan ketika ingin mengeluarkan suatu produk atau layanan jasa terbaru, tentunya akan melakukan pengumpulan data-data yang berhubungan dengan produk yang akan dikeluarkan tersebut.

Melakukan survey tentunya memerlukan biaya yang banyak, dengan adanya email marketing maka biaya untuk survey produk baru dapat membantu mengendalikan cashflow perusahaan. Melalui email marketing juga dapat membantu mempersingkat waktu melakukan survey.

Jenis Email Marketing

Email marketing yang dapat dikirimkan oleh para pemilik bisnis kepada pelanggan dapat dibagi berdasarkan tujuannya

1. Invitation Email

Email marketing membantu Anda untuk memberikan informasi terkini terkait informasi dan acara-acara yang diselenggarakan oleh perusahaan. Jenis email invitation ini dikirimkan kepada pelanggan untuk mengundanng pelanggan untuk hadir ke acara yang akan diselenggarakan.

2. Digest Email

Email jenis ini adalah email yang dikirimkan otomatis dengan menggunakan mailing list elektronik. Kelebihan email ini adalah kita dapat menentukan periode pengiriman email kepada para pelanggan, misalnya menggunakan harian, mingguan, bulan, ataupun tahunan.

3. Newsletter

Email ini adalah jenis email yang isinya mengenai pemberitahuan atau update terbaru dari perusahaan atau brand Anda kepada pelanggannya. Newsletter ini biasanya dikirimkan kepada daftar pelanggan tertentu.

Bagaimana Email Marketing membantu Anda Meraih Repeat Order

Email marketing merupakan media promosi digital yang terbukti relevan dari tahun ke tahun, email marketing juga merupakan media promosi yang memerlukan biaya yang terjangkau. Sehingga saat ini banyak perusahaan yang mengandalkan email marketing sebagai media mempromosikan produk atau layanannya.

Bagi Anda yang baru mengetahui keahlian yang ditawarkan email marketing tentunya akan bertanya-tanya bagaimana email marketing dapat membantu mendatangkan ‘repeat order’ bagi para pelaku usaha. Menggunakan email marketing mampu membantu mengirimkan buletin, promosi, undangan acara kepada para pelanggan.

Selain itu, email marketing juga membantu menargetkan kepada siapa saja email akan dikirim. Pelanggan yang sudah tertarget ini juga dapat merupakan pelanggan potensial yang telah menanti-natikan informasi atau penawaran khusus terbaru terkait produk Anda. Email marketing dapat membantu membangun hubungan yang lebih personal kepada para pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau menggunakan jasa Anda sebelumnya. Hubungan personal yang terjalin akan menciptakan loyalitas konsumen kepada produk atau jasa Anda.

Apabila Anda berhasil membuat konsumen loyal kepada produk atau jasa Anda, maka konsumen akan memikirkan bahwa memang hanya produk Anda yang terbaik. Hal ini akan mendorong kosnumen tersebut untuk selalu datang kembali membeli produk Anda, dengan demikian Anda

Menjadikan email marketing sebagai media untuk meningkatkan loyalitas dari para pelanggan dan menjadikan pelanggan berdatangan terus, maka email marketing yang dikirimkan haruslah dengan cara yang baik. Sebab pengiriman email marketing yang tidak tertarget atau asal-asalan akan menumbuhkan persepsi masyarakat bahwa email tersebut adalah email yang tidak penting dan spam.

Strategi Jitu Email Marketing Mendapa Repeat Order

Memaksimalkan email marketing sebagai alat promosi yang mampu mendatangkan repeat order tentunya harus menggunakan beberapa strategi jitu untuk meluluhkan hati para konnsumen. Berikut adalah strategi email marketing yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan penjualan Anda, sebagai berikut

1. Buat dan Ketahui Target Pelanggan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan database pelanggan Anda. Setelah memiliki database customer, maka selanjutnya Anda dapat melakukan segmentasi dan targeting kepada pelanggan yang Anda miliki

Segmentasi berfungsi untuk memilih pelanggan yang lebih spesifik, sehingga kampanye atau penawaran yang Anda kirimkan juga spesifik, sehingga email yang Anda kirimkan akan lebih berkualitas dan terarah.

2. Struktur Email

Saat Anda mengirimkan email marketing, Anda harus memperhatikan judul email, subject email dan header pada email. Memahami penekanan pada struktur email ini sangat penting untuk membantu mencuri perhatian para calon pelanggan atau pelanggan lama terhadap email yang Anda kirimkan.

Subject dan judul email yang Anda kirimkan sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan hindari kata-kata yang menimbulkan persepsi spamming, seperti “klik disini”, “besok harga sudah naik”, dan “giveaway alert”. Judul dan subjek email yang baik adalah judul yang jelas dan ringkas serta dapat mewakili isi email.

Setelah memahami bagaimana sebaiknya judul email yang baik, maka selanjutnya Anda harus melakukan penekanan yang cukup kuat di bagian preheader. Preheader merupakan bagian email yang terlihat di bawah judul email marketing. Preheader dapat Anda tuliskan dengan tulisan yang menarik sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

3. Waktu dan Frekuensi Pengiriman

Strategi email marketing yang harus Anda ketahui berikutnya adalah berkaitan dengan waktu dan frekuensi pengiriman email. Walaupun email merupakan pesan yang dapat dikirmkan kapanpun, namun khusus email marketing pengiriman pada waktu yang tidak tepat tentunya tidak akan membantu meningkatkan penjualan.

Email yang tidak mendatangkan efek apapun akan berujung pada email spam bahkan email yang tidak terbaca. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui prime time dalam mengirimkan email. Waktu yang tepat mengirimkan email biasanya berada pada uluk 14.00 – 17.00, namun waktu ini dapat disesuaikan lagi dengan perilaku dan kebiasaan para konsumen Anda.

Selain waktu pengiriman, frekuensi pengiriman juga harus diperhatikan. Terlalu sering mengirimkan email akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan Anda. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi bisnis Anda.

4. Perhatikan Konten Email

content

Konten yang terdapat di dalam email yang Anda kirimkan tentunya sangat dipengaruhi olh segmentasi yang telah Anda buat di awal tadi. Konten dan pesan yang ingin disampaikan kepada para pelanggan sebaiknya harus sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Sehingga pesan yang Anda sampaikan menjadi lebih bermanfaat dan bahkan menjadi solusi bagi para pelanggan Anda.

5. Perjelas Call to Action

Pemanfaatan email marketing untuk membantu peningkatan penjualan, maka email marketing tersebut secara tidak langsung akan memiliki tujuan untuk mengajak para pelanggan melakukan sesuatu, baik itu melihat promo terbaru, mengundang dalam acara yang Anda selenggarakan, atau mengarahkannya ke website Anda.

Email marketing yang Anda kirimkan sebaiknya memiliki tujuan yang jelas dan disertai ajakan kepada para customer untuk melakukan suatu tindakan, atau yang biasa disebut dengan call to action. Call to action ini juga dapat berguna untuk meningkatkan conversion dan traffic bagi sosial media bisnis Anda.

Setelah membaca ulasan di atas tentunya Anda sekarang telah memahami bahwa email bukanlah hanya media untuk bertukar pesan biasa, namun email dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan penjualan. Email marketing merupakan media promosi digital yang murah dan dapat meningkatkan penjualan, pasalnya email marketing dapat membantu untuk menjalin hubungan yang lebih personal kepada para pelanggan.

Hubungan personal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas dari para konsumen, sehingga hal ini membantu munculnya pembelian lagi dari para kostumer yang sudah pernah membeli produk atau jasa Anda sebelumnya atau yang biasa disebut dengan repeat order.

Untuk mendapatkan tips dan strategi terkait pemasaran melalui email marketing Anda dapat membaca artikel lain kami disini

Jasa Pembuatan Aplikasi

Pemasaran digital saat ini sudah berkembang menjadi banyak cara mulai dari email marketing, website dan bahkan aplikasi daring yang membantu peningkatan penjualan melalui promosi digital.

APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan kami menyediakan aplikasi-aplikasi terbaik khusus untuk Anda. Pastinya setiap aplikasi kami juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih.

Berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan APPKEY sebagai jasa pengembang aplikasimu:

  • Pembuatan Aplikasi yang Cepat dan Murah

APPKEY tidak hanya melayani jasa pembuatan aplikasi berbasis android saja, namun akan memprioritaskan kebutuhan dan pendapat dari pelanggan.

  • Kemampuan Teknis dan Struktur Pengembangan

APPKEY juga memiliki teknisi yang berpengalaman di bidang sistem server sehingga Anda tidak perlu meragukan sistem yang dirancang untuk aplikasi yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda

  • Mendukung Penuh dalam Strategi Mobile

Bagi Anda yang baru pertama kali mengembangkan sebuah aplikasi untuk bisnis, tidak hanya akan memberikan jasa pembuatan aplikasi saja, namun akan mendukung bisnis Anda hingga aplikasi Anda dapat digunakan oleh para konsumen Anda.

  • Memberikan Dukungan pasca rilis

Jangan khawatir kami akan membantu Anda saat pasca rilis aplikasi, mulai dari promosi hingga berlangsungnya pengoperasian aplikasi.

  • Gratis konsultasi dengan tim profesional.
  • Bantuan penggunaan aplikasi.
  • Dampingan tim IT profesional seumur hidup.

Kalau Anda punya pertanyaan lebih lanjut, bisa hubungi APPKEY klik disini

 

Aplikasi Shopee vs Aplikasi Lazada? | Mana yang Cocok untuk Mendukung Bisnis Anda?

0
aplikasi shopee

Tentunya kita semua pernah mendengar cerita sebelumnya, tentang dua sosok platform e-Commerce raksasa di Asia Tenggara, yaitu Shopee dan Lazada. Baik aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada, mereka sudah lumayan lama berdiri dan membantu para konsumen dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan membantu bisnis e-Commerce di Indonesia.

Walau dari sekian banyak platform, rata-rata bisnis e-commerce di Indonesia cenderung menggunakan platform yang berasal dari aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada.

Tingkat konsumtif masyarakat terhadap belanja online mengalami peningkatan, walau belanja online di aplikasi Shopee atau aplikasi Lazada didominasi oleh kaum remaja, tetapi kaum-kaum yang sudah dewasa juga sering menggunakan fitur belanja online di platform tersebut. Alasannya kemungkinan besar ada 2, yaitu “Bebas Ongkir” atau “Barang disana lebih banyak”.

Pertempuran Antar E-Commerce Raksasa Asia Tenggara

Bisnis e-Commerce adalah sebuah hal yang sudah lumrah dilakukan. Jika Anda pelaku bisnis e-commerce di Asia Tenggara yang sedang berkembang pesat, maka Anda mungkin sudah akrab dengan pertanyaan yang terlalu umum: “Shopee atau Lazada — mana yang lebih baik untukku?“.

Meskipun dihadapkan kepada 2 pilihan platform bisnis e-Commerce, keputusan tertinggi terletak di tangan Anda sendiri. Tetapi, pada faktanya dalam menentukan pilihan yang lebih baik antara Shopee dan Lazada melibatkan lebih banyak faktor dan pertimbangan daripada yang “katanya-katanya”.

Ketika memilih antara dua raksasa e-Commerce Asia Tenggara, penting untuk dipahami bahwa ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan platform mana yang lebih baik, seperti:

  • Jenis produk yang ingin Anda pasarkan
  • Beban biaya platform yang nyaman untuk bisnis Anda
  • Tarif pengiriman sistem logistik internal dari masing-masing platform
  • Garis waktu operasi standar yang diikuti oleh setiap opsi, serta bagaimana Anda dapat menyesuaikan atau bekerja dengan platform tersebut.

Dari semua cara diatas yang bisa Anda gunakan untuk pertimbangan keunggulan dari  aplikasi Shopee dan aplikasi Lazada sebagai media pendukung bisnis e-Commerce Anda, ada satu metode yang dapat membantu Anda menentukan pilihan untuk berbisnis, yaitu Memahami dan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform.

Raksasa Asia Tenggara : Lazada

ecommerce

Lazada sering dianggap sebagai platform untuk memulai bisnis karena basis pengguna yang luar biasa. Hal ini sangat menarik bagi para pedagang, memiliki basis pengguna yang lebih besar dapat meningkatkan pendapatan untuk para pedagang.

Sebagai anak perusahaan dari platform e-commerce raksasa China yang sukses, Alibaba. Lazada telah dilengkapi fitur untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman, mudah, dan banyak pilihan yang bisa dinikmati oleh siapa pun, khususnya yang berada di negara ASEAN.

Selain dari fakta bahwa ia telah beroperasi untuk periode waktu yang lebih lama, terutama dalam menikmati kesuksesan. Hal itu berkat berbagai keunggulan, manfaat, fungsi, dan fitur yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Lazada secara lebih rinci:

Kelebihan dari aplikasi Lazada

Platform ini hadir berkat dukungan dan pengembangan yang disokong oleh perusahaan besar yang ada di China, Alibaba. Lazada hadir dan telah mengemas berbagai manfaat yang menarik bagi calon pebisnis e-Commerce. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang akan didapatkan dengan menggunakan Lazada sebagai platform e-Commerce Anda:

1. Basis pengguna yang lebih besar

Mengingat fakta bahwa Lazada memiliki salah satu basis pengguna terbesar di dunia hingga saat ini, bukan sebuah rahasia lagi bahwa Lazada juga memiliki berbagai potensi untuk memperoleh lebih banyak penjualan dan membangun merek bisnis Anda.

Ketika melakukan cara berbisnis dengan benar, tentunya dalam waktu yang relatif singkat Anda akan mendapatkan keuntungan, karena daya tarik Lazada yang memiliki basis pengguna yang lebih besar.

Dapat dikatakan, jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan Lazada untuk strategi bisnis e-commerce Anda, maka disarankan agar Anda mengoptimalkan daftar produk dan jelas mengidentifikasi audiens Anda tanpa harus kehilangan penjualan akibat pesaing Anda.

2. Serangkaian upgrade yang diinginkan

Lazada menawarkan beberapa fitur yang mudah bagi para pedagang dalam meraup keuntungan yang besar dan tentunya fitur ini telah efektif untuk diterapkan di pasaran, hal ini sangat membantu para pedagang yang menggunakan platform Lazada.

Salah satunya, Lazada menawarkan fitur iklan untuk mengiklankan produk Anda di internet. Lazada menawarkan bantuan ini, baik Anda seorang penjual yang masih baru atau bahkan penjual yang sudah berpengalaman, tak perlu khawatir. Dan ini tentunya sangat membantu mendongkrak penjualan Anda.

3. Bantuan pengiriman in-house yang mudah

Lazada tidak perlu kesusahan dalam mengatur pengiriman barang Anda, karena Lazada menyediakan beberapa fitur logistik. Apabila Anda tidak memiliki gudang untuk penyimpanan produk, Anda dapat menggunakan fasilitas penyimpanan milik Lazada yang berada di Hong Kong, China, dan Singapura. Tentunya dengan harga yang relatif terjangkau untuk para penjual.

Kekurangan dari aplikasi Lazada

Lazada juga rentan terhadap beberapa kendala yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Tingkat persaingan yang lebih tinggi dengan produk-produk asal Cina

81% dari Lazada didukung oleh Alibaba. Hal ini berarti Anda tidak akan memiliki eksklusivitas terhadap produk dan menghadapi kesulitan bersaing dengan produk buatan China yang lebih murah (tentunya yang sering belanja lewat aplikasi Lazada sudah mengetahui hal ini).

2. Biaya pasar yang lebih mahal dan pembayaran tambahan dari setiap penjualan

Biaya tambahan dari platform Lazada kerap dianggap suatu permasalahan yang krusial bagi para pedagang. Hal ini karena akibat dari potongan laba yang signifikan untuk setiap toko para penjual.

Biaya komisi dan biaya penjualan tetap adalah harga yang kecil, tetapi harus dibayarkan untuk menggunakan basis pengguna yang besar. Ini membuat sangat penting untuk meningkatkan volume penjualan Anda untuk melewati titik balance untuk bisnis e-Commerce Anda.

Pendatang Baru Terkuat Yang Harus Diperhatikan : Shopee

aplikasi shopee

Aplikasi Shopee telah menjadi platform raksasa bisnis e-Commerce dalam pembuatan yang pasti akan mengambil alih pasar bisnis e-Commerce Asia Tenggara yang terus meluas.

Kelebihan dari aplikasi Shopee

Sebagai pendatang yang lebih belakangan hadir, apalagi mitra-nya memiliki klaim pengguna yang berbasis lebih besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, belakangan ini Shopee mampu mengimbangi hambatan berkat beberapa keunggulan utama yang membuatnya menonjol (Khususnya bagi kaum anak muda).

1. Penjualan bebas komisi

Dalam setiap transaksi, ada biaya tertentu yang harus dibayarkan oleh penjual. Namun, sistem penjualan tersebut tidak mengharuskan Shopee untuk mengambil komisi dari tiap penjual. Hal ini memungkinkan para penjual menghasilkan uang yang lebih besar di platform Shopee.

2. Gratis Ongkos Kirim

Keuntungan yang paling menarik yaitu Shopee menawarkan gratis biaya pengiriman untuk kg pertama. Hal ini tentunya membuat perbedaan bagi pedagang yang menjual barang yang lebih kecil. Contohnya ketika kita membuka aplikasi Shopee, kita akan menjumpai pedagang yang menjual baju, photocard, dan barang kecil lainnya.

Kekurangan dari aplikasi Shopee

Meskipun memiliki kelebihan yang menarik, Shopee juga memiliki hal-hal potensial yang harus diwaspadai oleh para penjual, diantaranya :

  1. Pangsa pasar yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Lazada

Shopee tidak memberi Anda pasar sebanyak yang Lazada berikan. Shopee menawarkan penjual banyak fasilitas. Namun, perusahaan masih mencari cara untuk menyingkirkan penjual buruk pada saat yang bersamaan. Hal ini menjelaskan mengapa Shopee dikatakan memiliki pasar yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Lazada.

  1. Tidak ada komunikasi langsung dengan pembeli itu sendiri (selain dari komentar dan ulasan)

Hal krusial dari seluruh pengalaman dari penjualan Shopee adalah bahwa platform tersebut belum menerapkan tindakan perlindungan kepada penjual. Hal ini terutama berlaku dalam kendala kasus komunikasi yang terbatas antara penjual dan pembeli. Tanpa garis kontak antara Anda dan pelanggan, servis pembeli dapat menjadi rumit dikala Anda sedang melindungi keuangan pada saat yang bersamaan.

Penutup

Dihadapkan pilihan antara berbisnis di Shopee atau Lazada merupakan hal yang membingungkan, dan bahkan bisa menimbulkan kecemasan kegagalan kepada bisnis Anda. Untungnya, mengetahui dan memahami kelebihan & kekurangan kedua platform dan mencocokkannya dengan preferensi bisnis e-Commerce Anda sendiri dapat membantu tugas Anda menjadi lebih mudah.

Namun, terlepas dari platform apa yang akan Anda pilih untuk berbisnis, keberhasilan dan potensi bisnis online Anda sebenarnya dapat diraih dengan Strategi penjualan yang tepat bagi bisnis Anda.

Untuk lebih lanjut mengenai tentang Cara untuk menjadikan bisnis e-Commerce Anda menjadi lebih efisien dan mendorong penjualan, bisa dibaca pada MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis dan dapat diunduh di Google Play Anda! Atau bisa klik di sini. Serta masih banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide yang menarik lainnya khusus untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Inilah Cara Membuat Storytelling Branding yang Memikat untuk Brand Bisnis

0
storytelling-branding

Anda punya skill menulis yang baik? Yuk jangan sia-siakan bakat tersebut dengan mencoba mempromosikan bisnis lewat skill Storytelling Branding!

Media tulisan sudah lama terkenal ampuh untuk promosi bisnis online maupun offline. Ada satu skill kepenulisan yang amat populer untuk mempromosikan produk, yakni skill copywriting. Copywriting adalah taktik menuliskan keunggulan produk supaya pembaca artikel terpikat ingin mencoba membeli barang.

Namun selain copywriting, ada tips branding lewat tulisan lain yang tak kalah unggul yakni Storytelling Branding. Apa itu taktik storytelling dan bagaimana cara membuat story telling yang bagus untuk mempromosikan usaha?

Semua sudah kami jawab secara lengkap pada artikel edisi kali ini.

Tips Branding Unik : Storytelling Branding

storytelling-branding-1

Pernahkah Anda merasa tergugah, terharu atau larut dalam suasana ketika menyimak sebuah cerita yang menarik? Studi psikologi membuktikan bahwa otak dan perasaan manusia mudah merespon atau terhanyut ke dalam cerita yang seru. Itulah mengapa taktik storytelling bisnis hadir.

Tips branding Storytelling adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk mempererat hubungan emosional antara masyarakat dengan brand Anda. Taktik Storytelling terbukti bisa meningkatkan rasa kepercayaan, loyalitas dan juga interaksi (engagement) dengan konsumen.

Seperti Apa Storytelling Branding Itu?

Kata “storytelling” diambil dari bahasa Inggris yang berarti menceritakan sebuah kisah. Dalam dunia marketing, Storytelling Branding adalah metode promosi unik di mana Anda tidak hanya sekadar memperkenalkan keunggulan produk.

Mempromosikan keunggulan produk atau diskon promo mungkin sudah biasa kita jumpai. Namun branding storytelling menceritakan hal-hal yang lebih menyentuh hati seperti latar belakang didirikannya bisnis, visi-misi serta ide yang menggugah, serta orang-orang hebat yang mendirikan usaha dengan penuh perjuangan.

Terdapat tiga elemen utama yang biasanya ditonjolkan dalam branding storytelling, yaitu:

  • Apa yang bisnis Anda lakukan/perbuat.
  • Bagaimana cara bisnis Anda memberikan pelayanan dan memenuhi visi-misi usaha.
  • Mengapa Anda melakukan pelayanan yang dimaksud tersebut (catatan: ini adalah poin yang terpenting sekaligus paling menggugah emosi audiens).

Mengapa Berpromosi dengan Storytelling Branding?

Konsumen tahun ini mempunyai pola pikir yang berbeda dibandingkan konsumen lama. Saat ini, orang-orang tidak hanya tertarik pada penawaran atau kualitas dari produk/jasa yang Anda tawarkan. Mereka juga bisa tergugah untuk belanja di toko Anda jika mengetahui sepak terjang dan visi-misi yang melatarbelakangi Anda membuka usaha.

Itulah mengapa kita mungkin pernah menjumpai toko yang laris manis gara-gara kontribusinya ke masyarakat. Ambil contoh story telling produk dari perusahaan asal Inggris bernama “Mermaid’s Straw”.

Perusahaan ini menjual pipet stainless steel dan peralatan makan lainnya yang ramah lingkungan. Yang menjadikan toko ini unik dan best-seller internasional bukan produknya, tetapi kisah serta visi-misi tim Mermaid’s Straw untuk menekan pencemaran lingkungan oleh sampah plastik.

Storytelling tersebutlah yang sukses mengajak orang-orang ikut berkontribusi menjaga lingkungan dengan menggunakan produk-produk keluaran Mermaid’s Straw. Bisnis Anda pun juga bisa lebih terkenal dengan tips branding storytelling seperti ini.

Cara Membuat Storytelling yang Bagus untuk Promosi

story-telling-branding-2

Bagaimana cara membuat story telling yang bagus untuk promosi usaha? Sesungguhnya tidak ada aturan baku terkait menulis kisah Storytelling. Anda bebas berkreasi menulis kisah brand dengan gaya kepenulisan masing-masing.

Nah, walaupun bebas berkreasi, sebaiknya contoh story telling produk Anda tetap memenuhi poin-poin berikut agar mampu menarik perasaan pembaca:

1. Jujur Kepada Pembaca

Pertama, Anda harus jujur kepada pembaca cerita brand Anda. Jangan pernah meniru (plagiat) storytelling perjalanan brand lain. Mau sebaik apapun kebohongan yang Anda buat, pada akhirnya ia pasti akan terungkap juga dan bisa menghancurkan reputasi bisnis.

Oleh sebab itu, ungkapkan saja pengalaman, nilai-nilai dan ide-ide yang memang dimiliki oleh brand apa adanya. Setiap brand mempunyai kisah uniknya sendiri, jadi jangan berpikir bahwa cerita perusahaan Anda kurang menarik untuk dibagi ke masyarakat.

2. Tonjolkan Fakta-Fakta Penting dan Menarik

Cara membuat story telling menarik berikutnya adalah dengan menonjolkan fakta-fakta penting, unik atau khas dari bisnis. Menyuguhkan fakta-fakta unik yang melatarbelakangi bisnis bisa membuat pembaca terus penasaran dan membaca kisah Anda sampai tuntas.

Mencantumkan fakta-fakta menarik tentang bisnis adalah tugas yang “susah-susah gampang”. Kebanyakan orang masih menulis dengan intonasi yang datar dan tidak menonjolkan keunikan brand dengan rinci. Sebaiknya hindari cara penulisan yang seperti itu pada storytelling Anda.

Lebih baik coba tonjolkan fakta-fakta bisnis dengan cara ini:

  • Bagikan insight atau pandangan Anda terkait bisnis dengan mendetil.
  • Ceritakan kejadian-kejadian unik yang berkesan selama Anda mendirikan bisnis.
  • Masukkan juga fakta-fakta unik menarik yang dimiliki bisnis. Bagian ini bisa menjadi ciri khas spesial dari bisnis Anda.
  • Gali topik-topik yang sekiranya menarik rasa penasaran konsumen, lalu bahas.
  • Cantumkan keuntungan, kelebihan dan hal-hal positif lainnya dari produk atau jasa yang ditawarkan apa manfaatnya untuk konsumen?

3. Gunakan Strategi 4C

Selanjutnya gunakan strategi 4C (Conflict, Characters, Community, dan Confidence). Ini adalah pedoman termudah untuk membuat cerita branding yang menarik.

Conflict (Konflik)

Pertama adalah konflik. Semua cerita pasti mempunyai konflik yang menjadikannya menarik. Di sini Anda bisa memaparkan masalah konsumen dan bagaimana cara Anda menyelesaikannya lewat produk atau jasa bisnis.

Konflik adalah unsur yang wajib ada dalam sebuah cerita. Pada dasarnya, cerita tidak mungkin terjadi kalau tidak ada konflik di dalamnya. Begitupun dengan bisnis. Jika tidak ada permasalahan di masyarakat, maka tidak mungkin ada tawaran produk atau jasa, bukan?

Characterts (Karakter)

Unsur kedua adalah karakter alias orang-orang yang berada di balik brand bisnis. Jangan ragu menceritakan dan menyebut diri Anda sendiri, serta orang-orang lain yang berkontribusi dalam perjalanan bisnis Anda.

Menceritakan orang-orang yang terlibat dalam pengembangan bisnis bukan bentuk pamer kesuksesan. Justru bagian ini bisa memberikan inspirasi bagi pembaca cerita. Pastinya Anda pernah merasa kagum setelah membaca kisah sukses orang lain, bukan?

Supaya tidak kaku, Anda juga bisa menonjolkan gaya tulisan khas Anda di sini. Seperti menyelipkan kata-kata puitis atau humor.

Community (Komunitas)

Bisnis Anda lahir dengan visi-misi mensejahterakan komunitas? Bagus! Anda bisa memasukkan kisah ini ke dalam story telling.

Banyak cerita bisnis sukses menggugah emosi dan penuh haru ketika melibatkan komunitas di sekitarnya. Misalnya bisnis Anda menghadirkan produk dan kemasan eco-friendly demi menjaga kelestarian alam; toko menawarkan solusi bantuan untuk masyarakat yang terdampak pandemi; layanan jasa yang ramah terhadap kelompok masyarakat minoritas, dan lain-lain.

Faktanya, orang-orang masa kini lebih menyukai bisnis yang mengerti sekaligus menghargai permasalahan mereka. Konsumen saat ini tidak suka sekadar dianggap sebagai pembeli – mereka ingin diperlakukan manusiawi seperti biasa.

Confience (Kepercayaan Diri)

Terakhir, bubuhkan butir-butir kepercayaan diri pada tulisan Anda. Semua poin di atas tidak akan berhasil membuat cerita menarik kalau Anda masih menunjukkan keraguan, malu-malu apalagi tidak percaya diri dengan apa yang ditulis.

Kebanyakan orang masih malu menunjukkan perjalanan brand mereka secara gamblang. Mereka memilih untuk merendah dan menganggap kisah bisnis sebagai aksi “pamer gembar-gembor kesuksesan”. Alhasil, cerita branding masih dibuat sekadarnya dan cuma diposting pada halaman “Tentang Kami” saja.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya mulailah lebih berani lagi menunjukkan kisah perusahaan Anda. Tidak ada salahnya memperlihatkan karakteristik usaha di sosial media, website, ataupun pada deskripsi produk, strategi marketing dan pengumuma-pengumuman publik lainnya.

Studi menunjukkan, brand yang berani memperlihatkan cerita atau visi-misinya pada setiap bentuk pelayanan/interaksi dengan konsumen terbukti lebih cepat sukses daripada bisnis yang “malu-malu”.

Sekali lagi ingat: setiap brand mempunyai kisah, perjalanan, ciri khas serta suka-duka yang unik. Walaupun bisnis Anda baru dirilis atau belum begitu besar, tetaplah bangga dengan apa yang sudah Anda kembangkan sampai sekarang. Perjalanan Anda masih sangat panjang!

4. Pakai Struktur yang Jelas

Poin cara membuat story telling brand yang menarik terakhir adalah menggunakan struktur yang jelas. Membuat kerangka alur cerita akan memudahkan Anda dalam menulis – begitu juga dengan pembaca saat menyimak kisah Anda.

Struktur umum sebuah tulisan adalah:

  • Intro atau pembukaan (bisa diisi dengan latar belakang permasalahan di masyarakat).
  • Badan tulisan (memuat visi misi, nilai brand, informasi tentang bisnis dan solusi yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat).
  • Penutup atau kesimpulan.

Sesungguhnya ada banyak pola-pola tulisan yang bisa Anda kreasikan. Anda bisa menulis secara runut dari awal sampai akhir (struktur kronologis); membagi kisah dalam sub-sub tema tertentu; atau menuliskan dalam sudut pandang orang pertama.

Apapun pilihan Anda nantinya, yang terpenting pastikan cerita Anda mampu betul-betul memikat pembaca. Tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan berbagai gaya kepenulisan dan meminta orang lain untuk membaca serta memberi masukan.

3 Contoh Story Telling Produk yang Sukses

Masih membutuhkan inspirasi seputar membuat Storytelling? Tenang, berikut ini kami sajikan 3 contoh story telling produk berbagai brand yang sukses:

1. AirBnB

Perusahaan travelling dan akodomodasi liburan AirBnb menggunakan strategi Storytelling untuk mempromosikan bisnisnya. Mereka menggunakan gaya kepenulisan dari sudut pandang konsumen/komunitas pecinta AirBnB.

Pun judul tulisan story telling AirBnB adalah “Stories From The AirBnB Community” (Cerita dari Komunitas AirBnB). Dari kisah ini, para calon konsumen bisa mengetahui seperti apa pelayanan yang bisa mereka dapatkan di AirBnB.

2. Nike

Brand pakaian dan peralatan olahraga dunia, Nike, juga menggunakan strategi Storytelling produk untuk berpromosi. Cerita-cerita Nike juga cenderung otentik original, dan sangat kuat mencirikan kekhasan brand. Bahkan jauh sebelum taktik storytelling terkenal di dunia maya seperti sekarang, perusahaan Nike sudah gencar berpromosi dengan cara ini.

3. Heinz

Contoh story telling produk sukses terakhir datang dari Heinz, sebuah perusahaan sup instan terkenal luar negeri. Heinz sukses mempromosikan produk lewat kampanye storytelling. Melalui cerita, mereka memperkenalkan produk terbaru bernama sup “Get Well Soon” yang kemasannya bisa dipersonalisasi dengan menambahkan nama penerima makanan.

Tim Heinz juga berharap bahwa inovasi produknya bertujuan membantu pelanggan mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayangnya kepada orang-orang terkasih. Inovasi yang unik, ya?

Demikianlah pembahasan artikel kali ini terkait tips branding Storytelling. Selain Storytelling Branding, tentunya masih banyak lagi tipe, contoh serta strategi branding yang bisa Anda praktekkan untuk bisnis. Jangan lewatkan semuanya dengan memfollow website MARKEY | Media Bisnis Online di https://markey.id/ ya!

Anda juga bisa mendownload aplikasi MARKEY di Google Play atau Apple Store untuk mode membaca yang lebih praktis. Terima kasih sudah mengikuti, sampai bertemu lagi!