Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tentunya dengan bantuan adanya internet. Maka terciptalah terobosan-terobosan baru. Bisnis E commerce adalah salah satu terobosan baru dalam dunia bisnis.
Namun, tahukah Anda apa itu ecommerce? Akankah bisnis ini menguntungkan Anda? Bagaimana perkembangannya di Indonesia?
Daftar Isi
Apa itu Bisnis E-Commerce?
Bisnis E Commerce merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan dengan media elektronik. Walaupun sarananya bisa melalui televisi dan telepon, kini bisnis E Commerce lebih sering dilakukan melalui media internet.
Oleh karena definisi tersebut, terjadi salah kaprah antara E Commerce dengan marketplace. Istilah E Commerce mendeskripsikan semua kegiatan transaksi yang menggunakan media elektronik, sedangkan marketplace itu sendiri merupakan salah satu model E Commerce, yang dimana memiliki fungsi sebagai media perantara antara penjual dan pembeli.
Penjual yang berada di marketplace hanya perlu melayani proses pembelian konsumennya. Semua aktivitas yang lainnya seperti mengelola website sudah dikerjakan oleh platform tersebut. Situs-situs seperti Shopee dan Lazada adalah dua contoh marketplace, dan tentunya masih banyak situs marketplace lainnya yang bisa digunakan.
Bagaimana Bisnis E-Commerce di Indonesia?
Bisnis E commerce berkembang sangat pesat di Indonesia belakangan ini, walau di tengah pandemi. Bisnis E commerce di Indonesia diproyeksi tumbuh 33,2% dari tahun 2020 yang mencapai Rp. 253 triliun menjadiRp. 337 triliun pada tahun ini.
Menurut data statistik tersebut, memiliki sebuah situs E commerce tentunya akan sangat mendatangkan keuntungan, baik bagi Anda yang sudah memiliki bisnis atau yang baru akan memulai bisnis. Apalagi, E commerce menawarkan banyak manfaat.
Simak!! Tips membangun bisnis E- Commerce Anda lebih efisien dan lebih menguntungkan
Menjalankan toko E commerce bisa menjadi kerja keras, terutama jika Anda melakukannya sendiri. Seiring dengan menjaga dan menjalankan situs web inti Anda, Anda harus menjaga inventaris, memenuhi pesanan, menangani layanan pelanggan dan pertanyaan, dan lain-lain, itu pastinya membuat kepala Anda pusing.
Beruntung bagi pemilik toko online, berbagai cara dibuat setiap hari untuk membuat beban kerja menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, para pebisnis online yang sudah sukses banyak menerbitkan cerita dan saran untuk dipelajari dan dikembangkan oleh orang lain. Berikut adalah langkah sukses dalam membangun bisnis e commerce yang sudah dirangkum untuk membuat toko Anda lebih mudah dikelola.
1. Gunakan platform E-Commerce khusus
Lebih dari 75,5 juta situs web eCommerce telah dibangun menggunakan kombinasi WordPress dan WooCommerce, yang menjadikannya solusi situs web eCommerce paling populer. Namun, salah satu masalah yang ditemukan belakangan ini adalah tidak ramah pengguna bagi pemilik toko online baru, terutama mereka yang tidak paham teknologi .
Jika Anda adalah seorang pengusaha dan ingin menjalankan toko tanpa repot mencari tahu nuansa desain web dalam prosesnya. Solusi yang lebih baik menggunakan platform seperti Shopee atau Tokopedia dan masih banyak platform e commerce lainnya yang populer di Indonesia.
Platform tersebut menyediakan fitur-fitur mudah yang akan membantu Anda menangani pembaruan inventaris, mengumpulkan pembayaran, dan memenuhi pesanan dengan mudah.
2. Fokus pada produk atau audiens tertentu
Mencoba bersaing dengan bisnis ecommerce yang sudah duluan terkenal adalah hukuman mati otomatis untuk toko online Anda dan merupakan masalah besar bagi Anda. Alih-alih, temukan audiens khusus (seperti orang yang berkeliling dunia sambil menjalankan bisnis, atau penggemar kebugaran yang peduli dengan lingkungan) atau menjadi otoritas utama untuk jenis produk tertentu.
Ketika Anda jelas dengan siapa Anda berbicara, anggaran dan preferensi mereka, dan cakupan produk yang mereka butuhkan, akan jauh lebih mudah untuk menemukan produk yang tepat untuk toko Anda dan menyajikannya dengan cara yang menarik.
Anda tidak perlu khawatir tentang memenangkan orang acak yang terjadi di situs Anda. Fokus saja pada orang-orang Anda, dan mereka akan menghadiahi Anda dengan kesetiaan mereka dan, tentu saja, pembelian berulang.
3. Pertimbangkan dropship
Faktor logistik dalam menjalankan toko E-Commerce bisa jadi rumit, apalagi kalau bisnis sudah mulai naik daun, belum lagi memakan waktu apabila menemukan masalah karena kendala logistik.
Tidaklah cukup bahwa Anda harus duduk di depan komputer sepanjang hari mengelola toko Anda, Anda harus mengemas, mengirimkan, dan menangani pengembalian juga. Belum lagi apabila masih menunggu proses dari pihak logistik pilihan Anda, itu cukup untuk membuat beban fikiran.
Jika kendala logistik menghampiri Anda, ada solusi sederhana yang dapat dilakukan, biarkan orang lain yang mengurusnya. Ini berarti mengalihdayakan porsi pemenuhan bisnis Anda dengan mengirimkan produk Anda ke gudang dan meminta mereka menangani pengiriman (packing).
Atau, Anda dapat berhenti menangani inventaris secara keseluruhan dan mengirimkan barang Anda langsung dari produsen atau pemasok langsung ke pembeli Anda.
Jika Anda khawatir tentang faktor dan risiko yang tidak diketahui, Anda akan senang mengetahui bahwa ada sumber daya dropshipping yang andal yang tersedia yang akan memberi Anda semua informasi yang Anda butuhkan dan merekomendasikan alat dan pemasok tepercaya yang bekerja secara khusus dengan bisnis seperti milik Anda.
Jadi, jika bisnis Anda mengizinkan outsourcing manajemen inventaris, pengemasan, dan pengiriman, opsi ini layak dipertimbangkan.
4. Buat kalender untuk promosi
Tidak ada yang lebih baik daripada menyadari bahwa ini adalah dua minggu sebelum Black Friday dan Anda tidak memiliki inventaris, grafik, atau rencana promosi untuk memanfaatkannya. Anda mungkin berpikir bahwa dapat menggabungkan sesuatu, tetapi itu tidak akan pernah seefektif seperti sesuatu yang direncanakan sebelumnya.
Cara terbaik untuk memastikan promosi Anda memiliki dampak maksimal adalah merencanakannya jauh-jauh hari. Buat jadwal tahunan dari semua hari khusus dan periode terkait industri yang ingin Anda manfaatkan momennya, lalu buat to-do-list semua hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan dan kapan Anda perlu melakukannya.
Menjalankan promosi toko online yang menguntungkan tidak berarti menciptakan kerugian untuk bisnis Anda, dan hal ini justru sebaliknya. Pelajari apa yang berhasil untuk orang lain dan gunakan untuk keuntungan Anda.
Yang terpenting, buat hal-hal sesederhana mungkin dan fokuslah untuk menemukan dan menyenangkan audiens Anda, sehingga mereka akan dengan senang hati mendukung bisnis Anda berkali-kali.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa mengunduh MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis di Google Play Anda! Banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide yang menarik lainnya khusus untuk Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.