Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Iklan Manfaatkan Youtube sebagai Media Mempromosikan Bisnis Anda

Manfaatkan Youtube sebagai Media Mempromosikan Bisnis Anda

-

YouTube adalah salah satu jejaring sosial terbesar dan terpopuler di dunia, faktanya YouTube adalah situs web terbesar kedua di dunia. YouTube memiliki jangkauan yang sangat besar dan memiliki kemungkinan yang besar untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Tentunya hal inilah yang akan mendorong lebih banyak traffic, keterlibatan, dan menghasilkan lebih banyak prospek. Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada Anda mengapa dan bagaimana cara menggunakan YouTube untuk mempromosikan bisnis.

Kenapa Harus YouTube?

pemasaran-youtube

Sebelum kita membahas mengapa dan bagaimana, berikut beberapa statistik berguna yang akan membantu Anda memahami mengapa YouTube adalah platform yang hebat untuk berbisnis:

  • YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia, serta situs web terbesar kedua, dengan memiliki lebih dari 1 miliar pelanggan terdaftar.
  • Orang-orang menonton 1 miliar jam video di YouTube setiap hari.
  • YouTube menjangkau lebih banyak anak berusia 18-49 tahun pada perangkat seluler daripada saluran TV atau jaringan TV kabel mana pun.
  • YouTube menjangkau lebih banyak orang berusia 18-34 tahun di AS daripada jaringan TV mana pun.

Artikel terkait  Ingin Memasang Programmatic Ads? Pikir Lagi, Sebab Faktanya Anda Justru Merugi

YouTube tidak pernah menunjukkan tanda-tanda melambat, yang memperjelas: orang-orang dari segala usia, dari seluruh dunia, suka menonton video melalui YouTube. Ini tentu saja, merupakan salah satu manfaat terbesar dari sudut pandang promosi yakni YouTube adalah tempat pemirsa Anda berada. Strategi YouTube yang baik dapat membantu menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan hasil Anda secara keseluruhan.

Buat Strategi Youtube

Pertama-tama, tentukan apa yang ingin Anda capai dengan YouTube dan pemasaran video seperti apa yang akan Anda buat? Lalu pastikan apa tujuan Anda sebenarnya? Sebagai contoh:

  • Meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek
  • Menghasilkan lebih banyak prospek dan konversi
  • Mendorong lebih banyak traffic ke situs web Anda
  • Meningkatkan penjualan

Mengetahui tujuan, akan membantu Anda membuat video yang tepat untuk saluran Anda.

Jenis Video Apa yang Dapat Anda Buat?

Dizaman yang serba canggih ini, sebenarnya tidak sulit untuk membuat video berkualitas tinggi, Anda bahkan tidak memerlukan kamera dan cukup menggunakan Smartphone dengan kualitas kamera yang tinggi dan jika menyangkut jenis video merek dan pemasaran yang dapat Anda buat, ada banyak opsi untuk berbagai tahapan corong penjualan:

Di Bagian Atas Corong Penjualan

Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, video berikut akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut:

  • Video merek yang menampilkan bisnis dan nilai inti Anda
  • Video edukasi dan cara (orang menyukai video panduan di YouTube!)
  • Video animasi
  • Dokumenter tentang pemasaran konten
  • Video wawancara antara influencer dan petinggi atau pemikir pada bisnis Anda yang akan memberikan pengetahuan baru.

Di Bagian Tengah Corong Penjualan

Setelah Anda menarik perhatian orang, Anda dapat menggunakan video untuk lebih mengembangkan potensi prospek berikut:

Artikel terkait  Meningkatkan Angka Penjualan Bisnis Online Dengan Teknik Cross Selling, Up Selling & Down Selling

  • Video produk yang mendemonstrasikan apa yang dapat dilakukan produk Anda untuk audiens target Anda
  • Video review, daripada mendapatkan testimoni/review tertulis seperti biasa dari klien Anda, Anda dapat merekam review tersebut sekeren mungkin seperti yang sudang banyak dilakukan oleh YouTuber-YouTuber lainnya.

Mengelola Saluran YouTube Anda

mengelola-saluran-youtube

Jika Anda belum pernah menggunakan YouTube untuk bisnis, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa sebenarnya tidak banyak alat manajemen yang digunakan untuk mengelola jejaring sosial yang satu ini.

Salah satu dari sedikit alat yang digunakan untuk mengelola YouTube adalah Agorapulse, alat ini merupakan alat manajemen media sosial yang bekerja dengan sebagian besar jejaring sosial utama. Salah satu hal terbaik yang dimiliki alat ini adalah Anda dapat memantau dan mengelola semua komentar YouTube Anda di satu tempat dan itu termasuk menanggapinya.

Selain itu, Anda dapat memoderasi komentar dan memutuskan kapan dan apa yang akan dipublikasikan, dan Anda dapat menyimpan balasan umum untuk menanggapi komentar dengan lebih cepat dan efisien.

Selain itu, Anda dapat bekerja sebagai bagian dari tim dan berkolaborasi dengan orang lain dalam menanggapi komentar. Dan yang tak kalah pentingnya, Anda dapat memantau nama bisnis Anda di YouTube dan memastikan untuk menangkap video atau sebutan lain tentang bisnis Anda sehingga Anda dapat bertindak secepat mungkin.

Gunakan Alat untuk Membantu Anda Membuat Konten Video

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, pembuatan video untuk bisnis lebih mudah diakses daripada sebelumnya karena ada banyak alat pemasaran video untuk membantu Anda membuat video dengan stock footage, audio, dan voice over.

Sekarang Anda dapat membuat hampir semua jenis video yang dapat Anda pikirkan, dengan alat: video animasi, video live action bahkan dengan video stop motion. Ada beberapa pilihan alat yang bagus, seperti:

  • Slidely Promo, untuk video live action (yaitu menggunakan stock footage)
  • Wave, untuk video live action (Anda dapat dengan mudah membuat video yang sama untuk jejaring sosial apa pun, untuk membantu Anda menggunakan kembali konten video Anda)
  • Vorse, karena membuat video animasi

Jangan Lupa Tentang Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Anda mungkin ingat dari awal bagaimana YouTube adalah salah satu mesin pencari terbesar di dunia. Tetapi jika Anda ingin orang-orang dapat menemukan video Anda melalui pencarian, maka Anda perlu mengoptimalkan saluran dan video Anda untuk mesin pencari YouTube.

Artikel terkait  Panduan Awal Membangun Bisnis Blog Makanan Enak

Ketika berbicara tentang SEO, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Kata kunci saluran Anda: pilih kata kunci yang mewakili bisnis dan konten video Anda untuk membantu YouTube memahami tentang saluran Anda
  • Judul dan deskripsi video: gunakan kata kunci yang relevan di kedua judul dan deskripsi video Anda, ini juga membantu YouTube memahami tentang apa video Anda
  • Tag video: seperti kata kunci saluran, Anda perlu menambahkan tag yang relevan ke setiap video yang Anda posting untuk memastikan visibilitas yang lebih tinggi
  • Waktu tonton: semakin banyak waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video Anda, semakin baik SEO Anda. Pada dasarnya, YouTube akan mempromosikan video yang ditonton orang untuk waktu yang lebih lama, daripada video yang dibuka dan ditutup dengan cepat (sangat mungkin berasumsi bahwa video tersebut tidak sebagus atau tidak sesuai dengan apa yang mereka janjikan di judul dan deskripsi)
  • Metrik keterlibatan: YouTube juga peduli tentang seberapa banyak keterlibatan entah itu komentar, suka / tidak suka, berbagi untuk video Anda itu artinya semakin baik!
  • Jumlah pelanggan: YouTube memang mendorong saluran yang lebih besar, tapi bukan itu saja; ini juga melihat berapa banyak pelanggan baru yang Anda dapatkan segera setelah menonton salah satu video Anda

Untuk mengoptimalkan video Anda dengan benar dan menemukan tag serta kata kunci yang bagus untuk digunakan, Anda dapat menggunakan alat seperti TubeBuddy, alat pengelolaan YouTube bersertifikat YouTube, dengan beberapa fitur SEO video, seperti saran tag, audit praktik terbaik, dan pelacakan peringkat kata kunci untuk YouTube.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menyusun strategi pemasaran video yang mendapatkan hasil, Anda pasti harus mempertimbangkan pemasaran YouTube. Ini akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan menghasilkan lebih banyak keterlibatan, lalu lintas, dan prospek.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Pemasaran Internal : Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Dalam dunia bisnis, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus mengetahui dan mengerti mengenai strategi pemasaran. Dengan demikian, setiap pihak...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya