Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategyPersaingan Bisnis : Ulasan Lengkap dan Cara Mendominasinya!

Persaingan Bisnis : Ulasan Lengkap dan Cara Mendominasinya!

-

Last Updated on September 21, 2023 by

Jika Anda adalah pemilik toko roti atau toko pakaian atau toko lainnya, calon pembeli Anda setiap hari memilih apakah akan membeli dari Anda atau toko yang ada di sekitar Anda. Persaingan bisnis merupakan hal yang lumrah terjadi dalam dunia bisnis

Mengawasi kompetisi lokal bisnis Anda akan berguna, mulai dari mempelajari diskon mereka hingga secara kreatif menciptakan ide untuk konten bisnis e-Commerce Anda. Jadi, kali ini kita akan membahas bagaimana Anda dapat mendominasi persaingan bisnis lainnya dan bagaimana hal tersebut mendatangkan manfaat untuk Anda dan juga bisnis Anda.

Persaingan Bisnis Adalah

persaingan bisnis, persaingan bisnis adalah, riset pasar

Persaingan bisnis adalah hal yang lumrah dalam dunia bisnis dan pasti akan terjadi bagi yang menjalankan sebuah bisnis, ini terjadi karena adanya satu atau dua atau bahkan lebih bisnis yang berada dalam bidang yang sama dengan jarak yang terbilang cukup dekat. Selain hal tersebut, masih ada penyebab lain atas terjadinya persaingan ini. Diantaranya :

1. Ketidakmampuan Pebisnis Menciptakan Produk atau Jasa

Pesaing tercipta apabila seorang pebisnis tidak mampu menyediakan barang/produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen, maka menjadikan hal tersebut sebagai celah untuk pebisnis lain dalam menjalankan bisnisnya sendiri. Motto berbisnis yaitu “Pembeli adalah Raja”, hal tersebut yang menjadikan para pebisnis berlomba-lomba untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumennya.

Contoh kecil, Anda dan pebisnis lain berada dalam bisnis toko baju, tetapi Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen Anda (seperti tidak ada size yang dicari, atau model yang tidak sesuai dengan keinginan konsumen), tentunya konsumen Anda akan mencari toko yang lebih lengkap produknya.

Atau bahkan mungkin Anda memiliki toko online, tetapi admin toko online Anda slow respon untuk menjawab pesan dari konsumen Anda, tentunya konsumen lebih memilih berbelanja di toko online atau toko offline lainnya.

Dan juga bisa saja jumlah kebutuhan konsumen dengan jumlah produksi barang tidak seimbang yang menyebabkan kekecewaan konsumen yang akan berakhir konsumen mencari toko yang lebih lengkap dengan jumlah produk yang sesuai dengan yang diinginkan.

2.  Kesalahan dalam Memilih Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Memiliki lokasi yang strategis merupakan suatu anugerah atau nilai plus bagi para pebisnis, konsumen Anda tentunya akan memilih menuju toko yang berada di dekat mereka dibandingkan harus mencari toko yang jauh dari mereka.

Sehingga, apabila ada pebisnis yang salah dalam memilih lokasi, tentunya hal tersebut akan dimanfaatkan oleh pebisnis lain untuk menciptakan pasarnya sendiri. Contoh singkat, ada banyak toko buku yang beredar, tetapi tentunya toko buku yang berada di sekitar sekolah yang akan dituju terlebih dahulu, apalagi notabene harga buku memiliki harga yang relatif sama, bagaimana tidak mungkin para konsumen memilih toko buku yang jauh dari lokasi mereka.

Persaingan bisnis pada intinya terjadi karena kesalahan dalam strategi marketing para pebisnis, hal tersebut menjadikan sebuah celah yang dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh para pesaing. Oleh sebab itu, tak heran jika sudah wajar para pebisnis mengerti, memahami dan menyusun strategi marketing dengan teliti.

Hal itu menyebabkan persaingan bisnis bukanlah suatu momok yang mengerikan dan harus dihindari begitu saja tanpa melihat sisi kelebihannya.

Artikel terkait  Komunikasi Pemasaran | Definisi, Strategi & Manfaat

Manfaat Persaingan Bisnis

persaingan bisnis, persaingan bisnis adalah, riset pasar

Persaingan ini juga menghadirkan manfaat bagi para pelaku bisnis yang sering kali tidak terpikirkan.

1. Menciptakan Motivasi dalam Persaingan

Kesalahan atau kekurangan dalam suatu produk atau jasa pasti ada. Tetapi, bagaimana pebisnis dapat mempertahankan bisnisnya dari ketatnya persaingan, pasti membutuhkan motivasi tinggi. Persaingan yang ketat seringkali menyebabkan pebisnis menjadi pesimis dan menciptakan kondisi yang tidak nyaman.

Contohnya dengan menunjukkan kelebihan yang menjadi karakter Anda dan berbeda dari produk atau jasa dari pesaing. Tentunya hal tersebut akan menjadikan sebagai nilai yang dipertimbangkan oleh pelanggan Anda untuk pindah ke pesaing.

2. Membantu Keluar dari Zona Nyaman

Persaingan bisnis merupakan tempat yang menantang, dan para pelaku bisnis dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya. Bukan memulai kembali hal yang telah dijalankan, tetapi lebih ke arah memutar strategi kembali, serta mencoba hal baru. Hal tersebut akan membuat Anda melakukan hal lain, supaya tidak tertinggal di tengah-tengah persaingan yang ketat.

3. Meningkatkan Kinerja Bisnis

Motivasi tinggi dalam menjalankan bisnis, akan meningkatkan kinerja Anda dalam bersaing dalam dunia bisnis di pasar luar. Hal ini terjadi karena berkat adanya persaingan, Anda akan terpacu untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen. Karena jika tidak meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan mungkin saja konsumen mendapatkan produk atau jasa yang lebih bagus.

4. Terciptanya Konsumen yang Setia

Konsumen yang setia adalah hal yang penting untuk bisnis. Dengan dihadapkan oleh kompetisi, para pebisnis akan memperbaiki kualitas produk atau jasa mereka, bahkan kualitas customer servicenya. Apabila sudah melakukan peningkatan kualitas produk dan jasa Anda, maka akan tercipta konsumen yang loyal, dan tidak akan pindah ke pesaing lainnya tapi akan menetap dengan Anda.

Artikel terkait  20 Contoh Inovasi Produk di Indonesia yang Kreatif dan Inovatif

Mengumpulkan Informasi Pasar Lokal

Proses memahami pelanggan Anda dan persaingan disebut riset pasar. Ini dibagi menjadi dua kategori:

  • Riset utama: Anda bertanya langsung kepada pelanggan tentang segala hal yang berkaitan dengan masalah mereka, kemungkinan solusi, produk Anda, pesaing Anda, kenyamanan, dan sebagainya.
  • Penelitian sekunder: Di sini, Anda berurusan dengan informasi yang tersedia secara terbuka, seperti penelitian lain, artikel, tren, pendapat ahli, dll.

Bagaimana Menemukan Pesaing Lokal?

Kemungkinan besar Anda akan hafal pesaing lokal utama Anda, apabila mereka berada di bidang yang sama. Namun, mungkin ada pesaing yang kurang jelas dan mungkin tidak Anda ketahui.

Coba googling untuk mengetahui apa yang dilakukan bisnis Anda (dalam kata-kata yang berbeda) + kata-kata lokal seperti “di Denpasar” atau “dekat kampus UNUD, Denpasar” dll. Halaman yang akan muncul disebut SERP dan biasanya mencakup :

  • Hasil pencarian organik;
  • iklan;
  • Cuplikan peta;
  • Entitas dari Google Bisnisku.

Pelajari dengan cermat dan tuliskan pesaing yang Anda lihat di sana. Dari situ, Anda dapat melanjutkan ke riset pasar yang lebih mendetail untuk setiap pesaing utama Anda.

Jenis riset pasar

persaingan bisnis, persaingan bisnis adalah, riset pasar

Saat melakukan riset pasar, pendekatan yang tepat adalah beralih dari pandangan yang lebih luas ke pandangan spesifik yang lebih sempit. Jadi, Anda dapat mulai dengan pemahaman umum tentang pelanggan potensial dan masalah mereka, kemudian turun ke spesifik tentang bagaimana mereka menggunakan produk atau layanan, dan menindaklanjuti dengan memahami pesaing Anda, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka cocok dengan gambaran ini.

1. Riset pelanggan

Sekali lagi, mulailah menelusuri dari atas. Jika Anda memiliki anggaran untuk riset pemasaran, Anda dapat melakukan survei pelanggan atau hanya mencari studi dan laporan tentang Statista yang sudah ada untuk lebih memahami klien Anda. Pikirkan customer persona Anda, tipikal pelanggan Anda, jenis kelamin, usia, hobi, pendapatan bulanan, tempat tinggal mereka, dll.

Jika Anda sudah menjalankan bisnis untuk waktu yang lama, Anda pasti memiliki beberapa pelanggan setia. Buat segmentasi pelanggan di Google Analytics dan bagi menjadi 2-5 grup tergantung informasi yang Anda dapatkan. Data dari Google Analytics akan berguna di sini untuk lebih memahami pelanggan Anda.

Artikel terkait  Tutorial Google QR Code : Cara Buat Katalog Online Terpraktis

2. Riset penggunaan Produk/Layanan

Lanjutkan dengan mengidentifikasi bagaimana tepatnya layanan atau produk Anda digunakan oleh pelanggan. Misalnya, bagaimana sebenarnya pengunjung menggunakan situs Anda. 

Banyak alat yang dapat merekam perilaku pengguna di situs Anda di mana Anda dapat meninjau rekaman ini nanti. Mereka akan efektif dalam memahami kemacetan di situs eCommerce Anda, seperti tombol “Beli” yang tidak jelas atau kondisi pengiriman yang tidak jelas.

3. Riset pesaing

Sekarang saatnya untuk riset pesaing secara menyeluruh. Data terbuka tersedia dengan layanan informasi profesional, dan akan memberi Anda banyak informasi tentang bisnis mereka, terutama tentang promosi bisnis online mereka.

Jika Anda ingin mendominasi persaingan lokal, Anda mungkin sangat memperhatikan SEO. Cari tahu kata kunci apa yang digunakan pesaing Anda, halaman mana yang mendapatkan pengunjung paling banyak, dan posisi peringkat mereka. 

Banyak alat yang dapat membantu Anda dengan analisis ini, memberikan Anda informasi yang lengkap pada promosi SEO website pesaing Anda dan strategi pemasaran mereka. Secara khusus, dalam alat penelitian pesaing, ia memeriksa data berikut :

  • Volume lalu lintas web
  • Kata kunci dan halaman mereka yang berperingkat tinggi
  • Perubahan peringkat
  • Kepercayaan domain.
  • Selain itu, lacak upaya periklanan berbayar dari pesaing Anda. Gunakan alat Peringkat SEO yang sama untuk melihat kegiatan berbayar mereka, kata kunci yang mereka gunakan dalam iklan mereka, dan bahkan teks iklan mereka.
  • Tetapkan posisi kompetitif Anda
Artikel terkait  Strategi Pemasaran Jasa Untuk Tingkatkan Omset

4. Fokus menjalankan SEO lokal untuk bisnis Anda

SEO adalah sumber pelanggan potensial Anda yang hampir gratis. Jika Anda berada di puncak hasil pencarian untuk target dan pencarian lokal, Anda sudah menang dari bisnis pesaing Anda. SEO lokal yang tepat dan konsisten terdiri dari tiga elemen dasar, diantaranya :

  • Situs web: Pastikan berfungsi dengan baik, memuat dengan cepat, dan tidak diisi dengan spanduk dan pop-up yang mengganggu. Untuk memastikan situs Anda terbaik, jalankan audit situs web secara teratur. Misalnya, dengan bantuan alat Audit Situs Web Peringkat SEO.
  • Konten: Menghasilkan dan mempublikasikan konten bermanfaat yang diisi dengan kata kunci. Anda dapat menggunakan alat analisis SEO untuk mengetahui posting blog baru pesaing Anda, sebutan mereka, dan pembagiannya. Itu akan memberi Anda gambaran tentang jenis konten yang paling cocok untuk mereka.
  • Kutipan: Hal ini merupakan referensi situs Anda dari situs web lain yang menyebutkan nama, alamat, telepon, dan/atau situs web Anda. Anda dapat mengaturnya secara manual atau menggunakan layanan pihak ketiga.

5. Kekuatan ulasan

Ulasan adalah senjata terkuat Anda melawan pesaing lokal Anda dan faktor SEO yang kuat . Ada beberapa cara untuk meningkatkan jumlah ulasan untuk bisnis Anda :

  • Google Bisnisku. Daftar di sana jika Anda belum melakukannya. Selain itu, pastikan bisnis Anda terwakili dengan baik, misalnya foto dan video berkualitas tinggi dan menunjukkan fitur bisnis Anda secara positif.
  • Mintalah ulasan dari pelanggan pada kesempatan tertentu. Minta mereka untuk meninggalkan ulasan di Google Bisnisku, halaman Facebook Anda, atau di media sosial mereka sehingga Anda dapat memposting ulang, atau bahkan meminta mereka untuk merekam testimonial video 10 detik. Selain itu, mereka dapat meninggalkan ulasan di situs ulasan produk atau forum ulasan khusus industri.

6. Tingkatkan Pengalaman Konsumen

Ingatlah bahwa perjalanan konsumen dapat dimulai dari berbagai titik : Google Maps, hasil penelusuran, toko offline, situs web, dll. Untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik kepada calon pelanggan , ikuti aturan sederhana berikut :

  • Pastikan identitas bisnis Anda (nama, alamat, telepon) dan jam kerja outlet Anda selalu terupdate dan aktual.
  • Tingkatkan kecepatan pemuatan halaman dari perangkat yang berbeda;
  • Jadikan semua elemen terpenting di situs web Anda terlihat jelas (tombol, CTA, formulir kontak, dll.);
  • Menyediakan navigasi sederhana dan tautan internal;
  • Pikirkan petunjuk visual untuk memandu pengunjung Anda melalui halaman ke tindakan yang mereka inginkan.
Artikel terkait  10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

Penutup

Untuk bisnis apa pun yang beroperasi secara lokal, sangat penting untuk mengungguli atau menonjol dari persaingan untuk menarik lebih banyak calon pelanggan. Jika layanan atau produk Anda terbatas secara geografis, sangat penting bagi Anda untuk mengungguli pesaing online dan offline Anda. 

Kebutuhan konsumen harus diimbangi dengan produksi barang atau jasa yang Anda sediakan. Jika hal tersebut tidak seimbang maka konsumen akan lebih memilih untuk mencari barang atau jasa ditempat lain.

Dengan mempelajari lebih lanjut tentang strategi marketing mereka, produk mereka, dan pelanggan potensial Anda, Anda akan dapat bekerja lebih baik dalam pemasaran lokal untuk mendominasi persaingan regional.Dan sangat penting untuk mengawasi pasar lokal bisnis Anda, jangan sampai Anda tertinggal satu langkah dibelakang para pesaing. 

Kami terus memotivasi Anda untuk memenangkan persaingan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan Anda. Anda percaya bahwa dalam persaingan, Anda tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menciptakan standar baru. Anda terus berusaha untuk menjadi pemimpin dalam industri ini.

Jadi, sudah semua kami ulas mengenai persaingan bisnis dan bagaimana cara mendominasi pasar lokal. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan kinerja dan kualitas bisnis Anda.Anda harus terus berinovasi untuk memenangkan persaingan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan Anda. Dengan fokus pada kualitas, maka akan selalu siap menghadapi persaingan dengan kepala tegak.

Kami mengundang Anda bergabung bersama kami untuk perjalanan ini. Mari bersama-sama menghadapi persaingan bisnis dengan semangat yang penuh semangat untuk mencapai kesuksesan bersama. Di tengah persaingan yang sengit, kami tidak pernah melupakan bahwa pelanggan adalah yang terpenting. 

Kami berkomitmen untuk memberikan mereka layanan terbaik. Kami menghadapi persaingan dengan integritas tinggi dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip etika bisnis yang kuat. Kepercayaan pelanggan bagi kami adalah yang utama.

Selain mendominasi persaingan bisnis di pasar lokal, masih banyak strategi marketing online yang dapat Anda lakukan, tentunya bisa ditemukan hanya di MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis dan bisa juga diunduh di Google Play Anda! Atau bisa juga klik di sini. Masih banyak ulasan dan tips-tips, serta ide-ide menarik lainnya yang bisa Anda temukan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya