Media Bisnis Online | by APPKEY

Home Blog Page 58

Strategi Facebook Marketing untuk Menggaet Konsumen via Chat Facebook

0
facebook-marketing-thumbnail

Cara promosi produk lewat Facebook dengan iklan itu sudah biasa. Yuk coba strategi Facebook marketing terbaru kekinian bernama “Facebook Messenger Marketing”!

Bisnis online tidak hanya bisa dilakukan di Instagram, Twitter ataupun WhatsApp saja. Banyak pebisnis online tertarik mencari aneka fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing.

Facebook adalah tempat bisnis online terbaik karena jumlah penggunanya yang sangat besar dan berskala internasional. Siapapun bisa menjadi konsumen Anda di Facebook!

Nah, salah satu fitur Faceboook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing saat ini adalah Facebook Messenger. Ini adalah fitur pesan langsung Facebook yang sering kita pakai untuk chatting dengan sesama pengguna FB lain.

Kira-kira bagaimana cara pemakaian fitur Messenger untuk Facebook Marketing? Selengkapnya sudah kami jabarkan lengkap pada artikel edisi kali ini. Ayo teruskan membaca untuk mengetahui jawabannya!

Apa Itu Facebook Messenger Marketing?

facebook-messenger-marketing-1

Facebook bisa dikatakan sebagai sosial media yang paling mendukung perkembangan bisnis online. Sebab, ada banyak fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing, mulai dari Marketplace, Business Page, Ads, hingga yang paling baru: Facebook Messenger Marketing.

Sesuai namanya, Facebook Messenger Marketing merupakan taktik promosi dengan memanfaatkan fitur Messenger. Penjual bisa bercakap-cakap langsung dengan konsumen via Messenger persis seperti sedang chatting biasa. Namun biasanya, pesan-pesan yang ingin disampaikan ke konsumen sudah ditargetkan dan disiapkan dengan cermat.

Sepintas, strategi Facebook marketing dengan Messenger ini mirip seperti taktik email marketing. Anda mengirimkan pesan ke setiap konsumen, satu per satu, dan menyesuaikan isi penawaran dengan minat atau kebutuhan masing-masing.

Namun trik Facebook Messenger marketing jauh lebih unggul dibandingkan email karena menggunakan fitur live chat. Percakapan bisa lebih mudah mengalir, natural, interaktif sekaligus cepat tanggap. Tidak seperti email yang bisa memakan waktu berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan, untuk direspon konsumen.

Perkembangan Facebook Marketing

Aktivitas dan ilmu Facebook marketing sesungguhnya bukan barang baru dalam dunia bisnis online, khususnya sosial media marketing. Ada banyak fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing dan para ahli senantiasa mempelajari cara pemanfaatannya untuk disebarkan ilmunya ke masyarakat.

Dunia Facebook marketing sendiri berkembang secara natural. Pada awalnya, orang-orang mencoba berbagai cara promosi produk lewat Facebook. Mulai dari memposting katalog produk di timeline, sharing di forum-forum komunitas, atau menawarkan produk via chat.

Seiring berjalannya waktu, tim Facebook menyadari besarnya peluang serta nilai transaksi yang terjadi di platformnya. Akhirnya mereka pun menghadirkan berbagai fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing secara gratis. Salah satunya adalah Messenger.

Manfaat Facebook Marketing dengan Messenger

Mengapa Anda harus mencoba cara promosi produk lewat Facebook Messenger? Bagi yang belum tahu, ini dia beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari strategi FB Messenger Marketing:

1. Meningkatkan Interaksi (Engagement) dengan Pembeli

Interaksi dengan konsumen (engagement) adalah hal yang penting dalam bisnis online. Tanpanya, reputasi bisnis Anda tidak akan mampu berkembang. Engagement juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pembeli dengan signifikan.

Facebook Messenger bisa meningkatkan jumlah engagement secara maksimal. Studi dari perusahaan Digital Marketing Institute menunjukkan kemampuan Messenger menciptakan engagement hingga 70%-80%.

2. Dilengkapi Berbagai Tools Berguna

Fitur Messenger FB bukan hanya fitur chat biasa, lho. Messenger mempunyai banyak sekali additional tools alias fitur-fitur tambahan canggih. Tentunya fitur-fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk melancarkan promosi bisnis!

Beberapa fitur tambahan pada Facebook Messenger adalah:

  • Greetings: Pesan sapaan otomatis yang diterima konsumen ketika mereka menghubungi Anda terlebih dahulu.
  • Chatbot: Fitur robot penjawab otomatis untuk melayani konsumen selama 24 jam, bahkan di saat Anda tidak bisa online secara langsung.
  • Customer Cards: Fitur yang membantu pebisnis mengetahui informasi seputar konsumen, seperti identitas, nama pengguna Facebook, history belanjanya di toko Anda, dan lain-lain.

3. Saved Replies (Balasan yang Disimpan)

Kelebihan lainnya dari FB Messenger adalah adanya saved replies. Fitur ini berguna untuk menyimpan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung. Jadi Anda tidak perlu repot mengetik ulang jawaban yang sama berkali-kali. Cukup kirimkan saja jawaban di saved replies.

5 Contoh Kreatif Penggunaan Facebook Messenger Marketing

Kita sudah tahu bahwa Messenger adalah salah satu fitur Facebook yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing. Tapi seperti apa contoh nyata penggunaan Messenger dalam Facebook Marketing?

Berikut ini ada 5 contoh aktivitas bisnis online nyata yang bisa Anda coba dengan Messenger:

1. Mempromosikan Konten/Katalog

Messenger paling banyak digunakan untuk mempromosikan konten/katalog bisnis kepada masyarakat secara langsung. Penggunaan Messenger untuk menawarkan dagangan dirasa praktis, ringkas dan tidak bertele-tele baik untuk pedagang maupun calon pembeli.

Anda pun tidak perlu lagi repot membujuk calon pembeli memberikan alamat emailnya, karena seluruh informasi bisa disampaikan langsung via chat. Penelitian terbaru dari HubSpot juga menunjukkan bahwa tingkat engagement masyarakat terhadap promosi via Messenger bisa mencapai 242%; sedangkan daya minat belanja mencapai 619%. Angka yang luar biasa, bukan?

2. Customer Service yang Lebih Baik

Messenger memungkinkan bisnis online Anda memberikan pelayanan konsumen (customer service) yang lebih baik. Di era 2021 sekarang, sebagian besar orang lebih suka menghubungi layanan customer service via sosial media atau chat.

Pola tersebut muncul bukan tanpa alasan. Masyarakat kita sudah terbiasa berkomunikasi cepat, instan dan gratis via chat sosmed. Alhasil orang-orang malas menghubungi perusahaan lewat e-mail yang lambat dibalas, atau via telepon karena menghabiskan banyak biaya. Studi dari FB sendiri juga menunjukkan lebih dari 56% orang suka komunikasi chat daripada jalur lain.

Jadi inilah kesempatan Anda memaksimalkan pelayanan konsumen dengan Messenger. Manfaatkanlah fitur tersebut tidak hanya untuk promosi katalog, tapi juga menjawab pertanyaan, keluhan serta saran konsumen.

3. Menawarkan Katalog Sesuai Kebutuhan

Setiap konsumen pastinya mempunyai minat dan kebutuhan produk yang berbeda-beda. Contohnya dalam sebuah toko buku, pembeli A suka novel romantis; B suka cerita horor; dan C suka buku non-fiksi. Jadi sebagai seorang penjual, Anda harus cermat mengenali kebutuhan dan minat dari setiap pengunjung toko.

Bagaimana caranya? Tenang, sekarang Anda punya fitur Messenger yang siap membantu. Gunakan chatbot pada Messenger untuk mencari tahu topik yang disukai oleh setiap pengunjung. Begitu data terkumpul, Anda bisa dengan mudah menawarkan produk sesuai kesukaan setiap orang.

4. Meyakinkan Pemirsa Iklan FB Anda

Iklan Facebook terkadang cukup ampuh menjadikan orang tertarik dengan dagangan Anda. Namun sekadar memasang iklan saja tidak cukup. Anda tetap perlu meyakinkan dan menarik minat mereka lebih dalam via komunikasi Messenger.

Biasanya, orang-orang yang tertarik dengan iklan pasti akan mencari tahu lebih lanjut seputar bisnis yang memasang iklan tersebut. Dengan kata lain, iklan FB adalah jembatan pertama yang mendatangkan konsumen ke toko online Anda. Selanjutnya di tahap kedua adalah tugas Anda untuk meladeni mereka via Messenger.

Trik tersebut terbukti berhasil efisien mendorong seseorang membeli produk Anda. Lebih canggihnya lagi, sekarang Anda bisa mengustomisasi iklan Facebook supaya langsung terhubung dengan Messenger. Jadi lebih gampang deh dalam menjangkau konsumen baru!

5. Berinteraksi dalam Event Toko

Contoh kreatif terakhir dalam penggunaan Facebook Messenger Marketing adalah berinteraksi saat event toko. Kegunaan FB Messenger yang satu ini ditemukan pertama kali oleh lembaga HubSpot.

Menurut mereka, Messenger dapat meningkatkan engagement saat sebuah bisnis mengadakan event online. Selama masa pandemi, beragam bisnis mencoba berpromosi halus lewat sesi event online, seminar atau kelas pelatihan skill gratis. Harapannya tak lain supaya peserta acara tertarik untuk menjadi konsumen baru.

Katakanlah Anda mengadakan sesi kelas seminar online gratis dan pendaftaran dilakukan melalui FB Messenger. Peserta yang mendaftar bisa langsung mengisi formulir pendaftar, bertanya terkait event, bahkan diingatkan untuk hadir pada H-1 melalui 1 aplikasi Messenger saja!

Follow up juga bisa dilakukan lebih mudah oleh panitia kepada peserta, baik sebelum atau setelah event dengan Messanger. Anda pun bebas meminta feedback konsumen pasca acara demi peningkatan kualitas atau dijadikan sebagai materi promosi lanjutan.

3 Tips Memulai Facebook Messenger Marketing Pemula

facebook-messenger-marketing-2

Sekarang tibalah kita di bagian terakhir sekaligus dinanti-nanti: cara promosi produk lewat Facebook Messenger untuk pemula!

Kabar gembiranya, menjalankan Messenger Marketing tidak sulit sama sekali. Alat-alat yang diperlukan juga sudah tersedia langsung di Facebook. Jika belum punya aplikasi Messenger, kami sarankan untuk terlebih dahulu mendownloadnya di Google Play.

Kalau sudah siap semua, langsung aplikasikan 3 tips Facebook Marketing Messenger berikut ini:

1. Aktifkan App Messenger

Aktivasi aplikasi FB Messenger Anda terlebih dahulu. Setelah menginstal aplikasi, login ke Messenger menggunakan akun Facebook bisnis Anda. Lebih baik gunakan akun FB khusus bisnis agar sesi obrolan tampak lebih profesional daripada memakai akun pribadi.

Sisanya Anda sudah bisa melakukan eksplorasi mandiri untuk membuat chatbots, mengatur pesan sapaan (greetings), dan jam operasional Messenger membalas pesan konsumen.

2. Menjalankan Customer Service

Mulailah menginformasikan kepada konsumen Anda bahwa layanan customer service bisa dilakukan via Messenger. Bubuhkan kata-kata yang menarik dan meyakinkan, seperti “Siap membantu setiap saat”. Tujuannya supaya konsumen merasa aman saat bertransaksi di toko Anda.

Anda juga bisa mengatur supaya ada pop-up pesan Messenger sapaan yang muncul otomatis saat seorang pengunjung baru mendatangi toko. Jadi Anda tidak harus menunggu adanya pertanyaan atau keluhan konsumen untuk melaksanakan customer service.

3. Pasang Plugin Reminder (Pengingat)

Konsumen punya pesanan yang belum di-check out dari keranjang? Tenang, Anda bisa menambahkan plugin pengingat otomatis pada Messenger bisnis. Plugin tersebut bernama “Send to Messenger” yang sudah banyak juga digunakan oleh para pebisnis online di FB.

Ketika plugin diaktifkan, Anda bisa bebas mengirim pesan apa saja dari website ke Messenger. Ketika Anda ingin menawarkan produk baru dari website, atau mengingatkan belanjaan yang belum di-check out, cukup ketik pesannya lalu kirim ke Messenger. Beres!

Sebagai pemula, Anda bisa memulai cara promosi produk lewat Facebook dengan 3 cara di atas. Maksimalkan Messenger untuk hal-hal sederhana seperti promosi katalog dan customer service sebelum akhirnya memperluas penggunaan fitur seperti  membuat pengingat event, pengingat check-out, dan lain-lain. Selamat mencoba!

Nantikan lebih banyak tips Facebook marketing lainnya dari MARKEY|Media Bisnis Online. Follow websitenya sekarang di https://markey.id/ atau download aplikasinya gratis di Google Play. Sampai bertemu lagi!

Baca juga

Bagaimana Trik Mengadakan Gratis Ongkir yang Benar untuk Olshop Kecil?

0
gratis-ongkir

 

Free ongkir adalah tawaran paling ampuh untuk memikat keinginan belanja konsumen. Maka tidaklah mengherankan jika belakangan ini banyak toko online menawarkan gratis ongkir. Bahkan ada juga yang memberi gratis ongkir tanpa minimal pembelian.

Tidak hanya toko-toko besar saja, online shop (olshop) kecil pun dituntut untuk menyediakan fitur gratis ongkir demi memaksimalkan kepuasan pembeli. Tetapi Anda harus waspada dan hati-hati saat menyusun trik gratis ongkir. Jika salah perhitungan, maka Anda otomatis akan bertemu dengan kerugian besar.

Jadi seperti apa trik gratis ongkir yang benar, khususnya bagi online shop kecil? Mungkinkah olshop baru menawarkan gratis ongkir tanpa minimal pembelian?

Semuanya telah kami rangkum dan jawab khusus untuk Anda di artikel edisi kali ini. Mari kita lanjutkan membaca sampai tuntas!

Arti Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian Sesungguhnya

free-shipping-1 gratis ongkir

Faktanya, banyak orang tidak senang ketika dimintai biaya tambahan saat berbelanja online. Baik itu biaya tambahan untuk pengemasan, administrasi, dan juga ongkos pengiriman barang (ongkir). Penelitian psikologi pun menunjukkan bahwa seseorang lebih senang membayar paket 50 ribu dan gratis ongkir, ketimbang belanja 40 ribu tapi ada ongkir 10 ribu.

Oleh sebab itulah, trik gratis ongkir mulai ramai digunakan oleh berbagai toko online. Mulai dari olshop kecil hingga e-commerce populer, semuanya memfasilitasi pelayanan toko dengan gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Namun apakah gratis ongkir tanpa minimal pembelian tersebut benar adanya?

Free ongkir adalah trik yang menguntungkan penjual serta konsumen. Tapi, tentu saja, penjual sudah melakukan strategi khusus supaya tidak rugi akibat trik gratis ongkir. Bahkan pengamat dunia bisnis online menilai bahwa gratis ongkir tanpa minimal pembelian adalah akal-akalan promosi para pemilik olshop saja. Tidak ada tawaran gratis ongkir yang 100% gratis bebas syarat.

Free Ongkir adalah Alat untuk Meningkatkan Penjualan

Kehadiran free ongkir adalah hal pertama yang menarik konsumen datang ke toko Anda. Apalagi jika produk yang Anda tawarkan cukup menggiurkan bagi mereka. Ditambah dengan adanya free ongkir, konsumen cenderung tidak ragu lagi berpikir untuk membeli barang.

Namun peranan trik gratis ongkir belum berakhir sampai di sana. Free ongkir juga mampu mendorong konsumen untuk berbelanja sebanyak mungkin dengan beberapa permainan psikologis.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada gratis ongkir yang benar-benar gratis. Biasanya, e-commerce atau online shop yang menawarkan free ongkir mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku. Gratis ongkir baru akan diberikan ketika belanjaan konsumen memenuhi batas minimal tertentu yang ditetapkan penjual  bisa 30, 40, 50, atau 100 ribu.

Ketika pembeli terbuai dengan produk maupun promo free ongkir, mereka cenderung tidak menyadari kehadiran syarat tersebut. Akhirnya, mereka pun “terjebak”. Kini, mau tak mau konsumen harus menambah barang belanjaan mereka demi mendapat free ongkir.

Konsumen pun cenderung memilih menambah belanjaan atau membeli produk yang lebih mahal ketimbang batal belanja. Mereka merasa sayang jika harus batal membeli produk yang diinginkan, terutama dengan adanya voucher gratis ongkir di depan mata. Menambah belanjaan sedikit lagi pun dirasa bukan masalah.

Hampir semua toko online yang ada menerapkan taktik di atas. Meskipun promosinya berbunyi “Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian”, nyatanya Anda tetap harus menetapkan syarat dan ketentuan agar tidak rugi.

4 Jenis Trik Gratis Ongkir yang Berlaku di E-Commerce

Sebagai pemula, tentu Anda perlu tahu apa-apa saja jenis trik gratis ongkir yang biasanya diterapkan oleh e-commerce. Anda bisa menjadikan jenis-jenis trik gratis ongkir tersebut sebagai acuan untuk dilakukan di olshop milik sendiri:

1. Gratis Ongkir Bersyarat

Jenis pertama free ongkir adalah gratis ongkir bersyarat. Penjual bisa memberikan free ongkir kepada seluruh pembeli, asalkan transaksi yang berlangsung sudah memenuhi syarat.

Syarat yang berlaku bisa apa saja, sesuai perhitungan penjual. Yang terpenting adalah syarat tersebut tetap menjaga keuntungan bagi pemilik toko walaupun ada gratis ongkir.

Beberapa contoh gratis ongkir bersyarat:

  • Gratis ongkir untuk pesanan seberat 1 kg. Jika pesanan melebihi bobot tersebut, maka pembeli ikut menanggung sisa ongkir. Penjual hanya menanggung gratis ongkir untuk beban 1 kg saja.
  • Gratis ongkir dengan minimal pembelian. Jumlah minimal belanjaan tersebut bisa diatur oleh penjual: misal 30 ribu, 50 ribu, 100 ribu dan seterusnya.
  • Gratis ongkir dengan jarak tertentu. Misalnya gratis ongkir untuk wilayah pengiriman dalam kota (alamat toko dan rumah konsumen masih dalam 1 areal yang sama).
  • Gratis ongkir dengan metode pembayaran tertentu, semisal dengan e-wallet khusus milik toko saja.
  • Gratis ongkir memakai kode voucher khusus dan terbatas. Jadi tidak semua konsumen bisa mendapat free ongkir. Hanya mereka yang punya voucher saja yang bisa memanfaatkan fitur tersebut.
  • Gratis ongkir dalam periode tertentu. Di luar tanggal atau waktu yang ditetapkan, ongkir tetap berlaku.
  • Gratis ongkir hingga jumlah maksimal tertentu. Semisal gratis ongkir tapi maksimal hanya sampai 20 ribu. Jika ongkos kirim seharga lebih dari 20 ribu, maka sisa tagihan tetap ditanggung oleh konsumen.

Anda diperbolehkan menggabungkan beberapa syarat di atas sebagai aturan mendapatkan promo gratis ongkir. Rata-rata toko online bebas dan marketplace menerapkan lebih dari 1 syarat gratis ongkir.

2. Gratis Ongkir Non-Permanen

Tipe kedua adalah gratis ongkir non-permanen. Yang dimaksud dengan “non-permanen” adalah fitur gratis ongkir yang hanya diberikan pada momen tertentu saja (tidak selamanya).

Hampir semua marketplace menerapkan taktik ini, terutama saat baru hadir ke masyarakat. Mereka akan memberikan gratis ongkir untuk semua pembelian saat periode awal beroperasi. Lama-kelamaan, fitur gratis ongkir tanpa minimal pembelian tadi mulai dibatasi atau bahkan dihilangkan.

3. Gratis Ongkir Khusus Event

Ada juga jenis trik gratis ongkir khusus saat event tertentu. Semisal Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), Black Friday Sale, perayaan hari ulang tahun olshop, dan hari raya lainnya.

Selama momen tersebut, toko Anda boleh mengadakan gratis ongkir tanpa minimal pembelian untuk meningkatkan penjualan. Namun saat perayaan berakhir, sistem ongkos kirim otomatis kembali normal seperti pada hari biasa.

4. Gratis Ongkir dengan Permainan Harga

Anda bisa pula memberikan gratis ongkir dengan siasat harga. Semisal harga barang aslinya 30 ribu dan ongkir ke pembeli seharga 20 ribu. Daripada menawarkan harga terpisah, penjual cerdik akan mempromosikan produk seharga 50 ribu dan free ongkir.

Pembeli pun bisa tergiur dengan penawaran free ongkir, sebab kembali lagi, secara psikologis masyarakat enggan membayar lebih banyak dari apa yang mereka pesan.

Pedoman Membuat Free Ongkir untuk Olshop Kecil

free-shipping-2 gratis ongkir

Sekarang tibalah kita pada bagian terpenting: cara membuat layanan gratis ongkir bagi online shop kecil. Menyusun free ongkir adalah tugas yang harus dilakukan dengan cermat. Jika tidak, Anda justru bisa merugi.

Nah, daripada salah langkah, lebih baik ikuti pedoman mengadakan free ongkir berikut ini:

1. Tentukan Waktu Promo

Pertama, tentukan waktu promo gratis ongkir tanpa minimal pembelian akan berlangsung. Entah Anda akan melakukannya pada Harbolnas, hari raya besar, atau di tanggal-tanggal cantik tertentu, semuanya bebas Anda sendiri yang menentukan.

Menentukan tanggal promo free ongkir akan membawa dampak positif bagi bisnis. Pertama, Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan untuk mengadakan event gratis ongkir dengan baik sekaligus maksimal. Anda masih punya banyak waktu untuk menghitung harga jual, mempersiapkan stok, menyebar pengumuman, dan lain-lain.

Kedua, masyarakat akan antusias dan menanti-nanti momen tersebut. Mereka akan menunda belanja dari tempat lain dan memilih menunggu sampai momen free ongkir dari Anda tiba. Hasilnya, toko online Anda bisa meraup keuntungan maksimak.

2. Tentukan Wilayah Free Ongkir

Tidak hanya tanggal pelaksanaan saja, Anda juga perlu menetapkan wilayah pemberlakuan gratis ongkir. Apakah promo gratis pengiriman bisa dinikmati untuk masyarakat seluruh Indonesia atau hanya di wilayah tertentu saja?

Marketplace besar tentu sudah bisa melakukan pengiriman gratis ke seluruh provinsi Indonesia – bahkan luar negeri. Namun sebagai pemula, Anda tidak perlu terburu-buru. Cobalah untuk melakukan promo gratis ongkir di wilayah Anda saja, seperti pengiriman dalam kota. Jika sudah terbiasa, lebarkan lagi areal free ongkir hingga ke wilayah lain.

3. Jaga dan Maksimalkan Kualitas Produk

Selama masa persiapan, tugas Anda yang lain adalah menjaga dan sebisa mungkin, memaksimalkan kualitas produk. Jika kualitas produk buruk, konsumen tetap akan merasa kesal dan kecewa meskipun Anda getol menawarkan gratis pengiriman.

Ingat, gratis ongkir hanya magnet dan bonus untuk menarik perhatian konsumen berbelanja di tempat Anda. Supaya produk laku dan toko selalu laris, maka kuncinya adalah menawarkan barang-barang berkualitas baik.

Jadi janganlah terlalu mengandalkan fitur gratis biaya kirim saja. Tetaplah berusaha maksimalkan kualitas produk serta harganya, memberi pelayanan optimal, menerima review konsumen, menyiapkan kemasan menarik dan seterusnya.

4. Buat Aturan Promo Free Ongkir

Lanjutkan persiapan Anda dengan membuat aturan promo untuk mendapatkan free ongkir. Sekali lagi, syarat dan ketentuan bebas ongkir adalah hal terpenting supaya toko tidak bangkrut gara-gara promo.

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan, Anda bisa menetapkan syarat minimal belanja untuk mendapat free ongkir. Akibatnya konsumen akan memborong produk lebih banyak dari toko. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan survey dan pengamatan terlebih dahulu untuk mengetahui aturan gratis ongkos kirim mana yang paling tepat diterapkan.

5. Buat Perhitungan Cermat

Saat membuat aturan promo, lakukan juga kalkulasi atau perhitungan cermat agar tidak rugi. Beberapa hal yang wajib Anda hitung seperti stok produk dan keuntungan yang diperoleh ketika semua produk laku terjual. Sebisa mungkin pastikan masih ada sisa keuntungan penjualan setelah jumlah omset dikurangi biaya ongkos kirim yang Anda tanggung.

6. Pilih Produk yang Hendak Dijual

Demi menekan peluang kerugian, Anda tidak wajib memberi free ongkir untuk semua produk yang dijual. Gratis ongkir bisa diberikan untuk produk-produk tertentu yang nilainya memungkinkan. Tentunya hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan keadaan masing-masing saat ini. Jika toko Anda sudah sebesar marketplace, maka tidak ada salahnya memberikan gratis ongkir pada semua barang yang dijual.

Anda juga bisa membuatkan paket-paket promo menarik untuk menarik pembeli dengan harga beragam. Semisal produk A bisa mendapat gratis ongkir, sedangkan produk B ada diskon 50%. Penawaran yang berbeda bisa mendorong konsumen untuk memborong sebanyak mungkin barang yang promo.

7. Jangan Naikkan Harga Barang

Walaupun ada penjual yang memilih naikkan harga demi menawarkan free ongkir, sebisa mungkin jangan meniru langkah tersebut. Cara ini hanya akan membuat konsumen menilai toko Anda buruk dan manipulatif. Sistem bebas ongkir yang baik dilakukan dengan mengurangi keuntungan 1 produk demi memaksimalkan penjualan keseluruhan.

8. Pakai Aplikasi Gratis Ongkir

Tips terakhir, gunakan aplikasi gratis ongkir untuk mempermudah semua persiapan penyelenggaraan free-ong Anda. Aplikasi gratis ongkir bisa menyediakan beragam voucher free-ong untuk diklaim langsung oleh pembeli. Selain itu, Anda juga bisa menginfokan promo ke pembeli secara praktis lewat push notification pada aplikasi gratis ongkir

Nah, Anda juga beruntung karena sekarang sudah ada aplikasi gratis ongkir e-commerce terbaru dari APPKEY. Aplikasi ini dibuat dengan teknologi canggih mirip marketplace ternama. Bedanya, tentu saja, aplikasi e-commerce APPKEY bisa dikustomisasi sesuka hati sehingga menjadi toko online dengan brand sendiri.

Sudah banyak orang membuktikan langsung kecanggihan aplikasi e-commerce APPKEY. Anda juga bisa mendapat layanan konsultasi gratis dengan staf ahli kami terkait beragam masalah bisnis online. Kami akan membimbing Anda dari nol sampai mencapai target bisnis dengan senang hati.

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan aplikasi gratis ongkir e-commerce APPKEY di sini atau kunjungi https://appshop.co.id/ untuk informasi lebih lanjut. Sayonara!

QRIS adalah : QR Code Kekinian Penambah Omset

0
aplikasi-QRIS

Kecanggihan teknologi sekarang sudah merambah ke dunia bisnis tradisional. Jika diperhatikan, belakangan ini ada banyak sekali toko kelontong, warung, hingga restoran kecil yang menyediakan pembayaran dengan QR Code “QRIS”.

Pernahkah Anda mendengar apa itu QRIS sebelumnya? Pemakaian QRIS untuk transaksi juga diminati bukan tanpa alasan. Pasalnya, QRIS adalah teknologi pembayaran digital simpel yang bisa meningkatkan omset bisnis dengan mudah.

Ingin tahu bagaimana cara daftar QRIS serta manfaatnya untuk mengoptimalkan bisnis Anda? Yuk langsung simak penjelasan lengkapnya pada ulasan berikut ini!

Apa Itu QRIS? Mengenal Teknologi Pembayaran Masa Kini

scan-qr-code-payment

Saat ini, kita semakin mudah dalam melakukan pembayaran berkat teknologi. Jika dulu semua tagihan bisa dilunasi hanya dengan uang tunai, sekarang sudah ada teknologi e-wallet dan barcode untuk membayar belanjaan.

Di Indonesia sendiri ada banyak alat pembayaran non-tunai yang sah dan populer digunakan masyarakat. QRIS adalah salah satunya. Apa itu QRIS?

Meskipun sempat viral dan gencar diiklankan oleh pemerintah, nyatanya masih banyak juga orang yang belum tahu apa itu QRIS. QRIS adalah sebuah teknologi QR Code yang memungkinkan pembeli terhubung dengan akun rekening penjual.

Pembeli bisa menransfer uang kepada pemilik usaha dengan hanya men-scan QR Code QRIS saja. Kepraktisannya inilah yang menjadikan banyak pedagang memilih mendaftar QRIS untuk mengoptimalkan bisnisnya.

Sedangkan nama QRIS sendiri merupakan sebuah singkatan. Kepanjangan QRIS adalah “Quick Response Code Indonesia Standard”.

Apa Itu QR Code dan Cara Kerjanya?

Teknologi QR Code sesungguhnya sudah banyak dimanfaatkan di masyarakat. Sebelum diinovasikan sebagai alat pembayaran, QR Code umumnya dipakai untuk mendeteksi label produk.

QR Code umumnya berbentuk persegi (kotak) dengan garis-garis abstrak hitam putih di dalamnya. Dalam dunia teknologi, garis-garis abstrak tersebut adalah kode matriks dua dimensi. Agar bisa bekerja dan dideteksi dengan baik pun, QR Code umumnya dilengkapi dengan beragam penanda khusus: modul hitam titik atau persegi, penanda tiga pola di masing-masing sudut, dan kemampuan menyimpan data karakter tersendiri.

Cara pakai QR Code cukup sederhana. Sebagai penjual, Anda hanya perlu menempelkan QR Code yang siap discan pada posisi yang strategis  loket kasir dan halaman pembayaran pada e-commerce/website bisnis.

Nah, kapanpun konsumen hendak membayar, mereka hanya perlu menscan kode tersebut dengan beragam aplikasi QR Code atau e-wallet. Praktis, bukan?

QRIS adalah QR Code yang Dilindungi Bank Indonesia

Bagaimana dengan sistem keamanannya? Apakah aplikasi QRIS terpercaya?

Anda tidak perlu khawatir karena QRIS sudah dilindungi, diawasi dan bekerja dalam aturan standar Bank Indonesia. Bahkan Anda bisa mendaftar QRIS dari berbagai bank negeri atau swasta yang beroperasi di dalam negeri.

Akun rekening bisnis Anda akan disinkronisasikan dalam bentuk QRIS QR Code. Tujuannya tentu saja supaya setiap transaksi langsung masuk dan diamankan ke dalam rekening.

4 Manfaat Utama QRIS untuk Bisnis Online dan Offline

Mengapa Anda wajib menambahkan metode pembayaran QRIS ke bisnis? Tentunya ada segudang manfaat yang bisa diperoleh lewat QRIS, yakni:

1. Fleksibel dan Nyaman bagi Konsumen

Konsumen kebetulan tidak bawa uang cash yang pas dan tidak ada kembalian di mesin kasir? Tenang, Anda bisa mengarahkan mereka untuk membayar lewat QRIS.

Melalui QRIS, pembeli bisa membayar pesanan mereka dalam jumlah pas tanpa ribet. Mereka hanya perlu membuka aplikasi e-wallet atau m-banking masing-masing, menscan kode, masukkan nominal tagihan dan konfirmasi pembayaran.

QRIS juga terintegrasi dengan semua bank atau e-wallet, jadi konsumen bebas mau membayar lewat mana saja.

2. Hemat Biaya

Cara daftar QRIS ternyata tidak memakan banyak modal, jadi sangat cocok untuk digunakan oleh pebisnis kecil sekalipun. Biaya pembuatan QRIS hanya dikenakan sekali di awal dan mempunyai tarif yang terjangkau. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi dengan pihak QRIS atau bank yang Anda gunakan karena setiap bank mempunyai syarat dan ketentuannya masing-masing.

3. Akurasi Tingkat Tinggi

Tidak perlu takut rincian transaksi bisnis tercecer, keliru atau hilang sebab QRIS dilengkapi sistem komputer pintar. Sistem tersebut secara otomatis merekam seluruh riwayat pemasukan dan pengeluaran usaha Anda. Akibatnya, tingkat kesalahan catatan transaksi jauh lebih kecil ketimbang dihitung manual.

4. Cepat Beres, Tak Perlu Antre

Manfaat terakhir memakai QRIS adalah meningkatkan kualitas pelayanan toko Anda. Konsumen tidak perlu antre lama menunggu Anda menghitung dan mencari uang kembalian. Semua diatur oleh komputer pintar yang secara otomatis memotong saldo konsumen sesuai tagihan pesanan. Super praktis!

Dua Model Pembayaran QRIS

Ada dua jenis model pembayaran yang dapat Anda lakukan dengan QRIS, yakni Merchant Presented Mode dan Customer Presented Mode. Apa perbedaan dan kegunaan masing-masing? Ini jawabannya:

Merchant Presented Mode

Merchant Presented Mode QRIS adalah sistem di mana penjual yang memperlihatkan kode QR untuk discan pengunjung. Ketika konsumen hendak membayar, cukup tunjukkan kode QRIS bisnis Anda kepada mereka.

Supaya lebih efektif, Anda bisa menempelkan kode tersebut di dekat mesin kasir (untuk bisnis offline) atau memasangnya di halaman check-out (untuk bisnis online). Konsumen tinggal mengeluarkan smartphone dan menscan kode tersebut untuk memproses pembayaran.

Customer Presented Mode

Berkebalikan dengan sistem sebelumnya, di sini konsumenlah yang akan menunjukkan kode QR QRIS kepada penjual. Pihak kasir tinggal menscan kode tersebut dengan alat scanner yang dimiliki. Biasanya kode-kode seperti ini sering juga disebut sebagai “Kode Bayar”.

Meski kode ditunjukkan oleh konsumen, nominal tagihan juga tetap akan menyesuaikan dengan jumlah belanjaan konsumen. Jadi konsumen tidak bisa memanipulasi harga yang harus dibayar.

Cara ini umumnya hanya berlaku untuk pembayaran secara tatap muka di toko-toko offline. Fitur Customer Presented Mode baru-baru ini populer setelah adanya inovasi pesan makan online tapi ambil sendiri (self-pick up).

Baca juga: 5 Keuntungan Bisnis Makanan dengan Fitur Ambil Sendiri di Resto

Cara Daftar QRIS : Mudah dan Praktis untuk Pemula

scan-qr-code-payment-2

Nah, Anda sudah tahu banyak seputar apa itu QRIS untuk bisnis. Sekarang tibalah kita pada pembahasan yang penting dan sudah dinanti-nanti: cara daftar QRIS untuk pemula.

Sampai hari ini, tercatat sudah ada 4,3 juta bisnis di seluruh Indonesia yang menggunakan QRIS sebagai salah satu alat transaksi. Pastinya jangan sampai Anda kehilangan konsumen hanya karena belum update pakai QRIS!

Yuk langsung persiapkan diri dan kebutuhan mendaftar QRIS dengan mengikuti langkah-langkah runut di bawah ini:

1. Kunjungi Laman Website QRIS

Pendaftaran QRIS bisa dilakukan dari laman website resminya di www.qris.id/register. Di sana sudah tersedia pedoman runut untuk memudahkan Anda dalam mendaftar QRIS.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa mendaftar QRIS via layanan InterActive. InterActive adalah perusahaan teknologi yang banyak memfasilitasi produk IT di Indonesia.

Untuk mengakses QRIS di InterActive, Anda bisa mengklik www.interactive.co.id/qris/register. Namun pembuatan QRIS lewat InterActive akan dibebankan biaya awal sebesar 25 ribu rupiah.

2. Persiapkan Dokumen Bisnis Anda

Jangan lupa siapkan beberapa dokumen terkait bisnis Anda demi memenuhi syarat dan ketentuan yang disediakan pihak QRIS. Adapun dokumen yang diperlukan adalah:

  • KTP pemilik usaha (file jpg/jpeg/gambar).
  • Akte Perusahaan milik bisnis Anda (file jpg/jpeg/gambar).
  • NPWP perusahaan (file jpg/jpeg/gambar).
  • Nomor KK sesuai KTP (nomor ini diinput secara manual pada form registrasi).
  • Surat Kuasa Asli, jika Anda adalah wakil dari perusahaan (file jpg/jpeg/gambar).

3. Mengisi Formulir

Setelah semua berkas siap, lanjutkan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan di website QRIS. Upload juga dokumen yang dibutuhkan pada kolom yang ditentukan. Terakhir, lakukan tanda tangan online di halaman “Formulir Syarat dan Ketentuan QRIS yang Berlaku”.

4. Menunggu Validasi Data

Di sini mau tak mau Anda harus sabar. Proses validasi data dan dokumen di QRIS umumnya memakan waktu paling cepat 2 minggu, dan paling lambat 1 bulan.

Jika data sudah valid, Anda bisa melanjutkan registrasi ke PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN). Kemudian Anda akan mendapatkan NMID (National Merchant ID) yang sah untuk digunakan dalam transaksi.

5. Mendapat Username dan Password

Proses cara daftar QRIS belum selesai setelah Anda mendapat NMID. Bisnis-bisnis yang sudah lolos sampai tahap ini akan mendapat username dan password otomatis dari pihak QRIS via email. Username dan password ini adalah akses menuju akun QRIS bisnis Anda. Anda juga akan langsung mendapatkan barcode yang bisa digunakan untuk transaksi.

6. Desain dan Cek Kualitasnya

Tahap terakhir, Anda akan dibantu untuk melakukan desain barcode. Tujuan desain ini adalah supaya barcode QRIS Anda sesuai dengan tampilan standar QRIS menurut ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).

Kualitas barcode juga akan dicek kembali oleh tim QRIS supaya bisa benar-benar digunakan untuk menerima transaksi. Proses pengecekan umumnya berupa pemeriksaan nama usaha dan uji tes scan barcode dengan aplikasi e-wallet.

Download QRIS Gratis dan Mudah Di Sini

Tertarik untuk mulai menggunakan QRIS? Anda juga bisa lho mendownload QRIS dalam bentuk aplikasi demi menunjang kenyamanan transaksi. Aplikasi QRIS ini juga gratis 100% dari Google Play Store.

Download QRIS dari Google Play via link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bdv.qris. Alternatif lainnya, Anda boleh mendownload QRIS dari websitenya di https://qris.id/homepage/ . Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan lengkap artikel MARKEY kali ini seputar alat pembayaran canggih: QRIS! Yuk follow website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapatkan lebih banyak artikel informatif seru seputar dunia bisnis digital. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya!

101 Cara Menekan Rencana Anggaran Biaya Klinik Online | 100% Lebih Untung!

0
aplikasi-klinik

 

Modal untuk buka klinik tradisional terkenal cukup mahal hingga ratusan juta rupiah. Begitu juga modal untuk buka klinik online franchise yang nominalnya masih di taraf puluhan juta. Namun Anda tidak perlu langsung menyerah, sebab sudah ada cara-cara strategis untuk membuat rencana anggaran biaya klinik online cuma 10 juta rupiah saja lho.

Walaupun bermodal kurang dari 10 juta rupiah, bisnis konsultasi dokter online 24 jam Anda tetap bisa meraih omset ratusan juta seperti klinik tradisional ataupun franchise. Yuk langsung simak bagaimana cara berbisnis aplikasi klinik murah meriah pada pembahasan berikut ini!

Besarnya Peluang Bisnis Konsultasi Dokter Online 24 Jam

dokter-online

Tidak hanya toko yang beralih online, jasa konsultasi dokter pun ikut bertransformasi ke dalam bentuk aplikasi klinik. Konsultasi dokter online 24 jam menjadi terobosan baru modern yang bermanfaat luar biasa bagi masyarakat.

Masyarakat lebih terbantu dengan adanya peluang konsultasi via aplikasi klinik. Mereka tidak perlu lagi jauh-jauh pergi dan mengantre di rumah sakit, puskesmas atau tempat layanan kesehatan lain. Konsultasi kesehatan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan biaya yang lebih murah.

Menggunakan aplikasi klinik tidak jauh berbeda dari e-commerce biasa. Anda hanya perlu mendownload aplikasi, memilih dokter, dan membayar jasa konsultasinya saja sesuai harga yang sudah ditetapkan. Konsultasi pun bisa dilakukan via chat, telepon, ataupun video call.

Lebih menariknya lagi, masyarakat bisa sekaligus mendapat obat-obatan pasca pemeriksaan online. Obat bisa dipesan melalui fitur apotek online dan dikirimkan menggunakan jasa ojek online atau ekspedisi kilat. Praktis, bukan?

Sedangkan dari sisi pebisnis, usaha konsultasi dokter online 24 jam dan apotek ini menjanjikan keuntungan dobel. Anda bisa mendapat pemasukan dari sesi praktek dokter sekaligus penjualan obat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang orang-orang lebih banyak mengandalkan jasa aplikasi klinik ketimbang mengantre panjang di rumah sakit.

Jadi kesimpulannya, sekaranglah waktu terbaik untuk mulai menyusun rencana anggaran biaya klinik online pertama Anda.

Fantastis, Omset Bisnis Klinik Online Menyentuh 582 Miliar Rupiah

Fakta mencengangkan baru datang dari laporan studi lembaga Statista. Melalui survey dan riset, mereka menemukan bahwa pertumbuhan pasar jasa klinik online akan terus bertumbuh pesat dewasa ini. Sebuah jasa konsultasi dokter online 24 jam diprediksi mampu meraih omset sampai 40 juta dollar atau setara dengan 582 miliar rupiah per tahun 2025.

Anda juga tidak perlu khawatir tidak dapat pasien karena bisnis yang satu ini dijamin tidak akan pernah sepi. Dalam laporan yang sama, tertera pula hasil di mana 75% masyarakat lebih suka mengandalkan aplikasi klinik untuk berobat.

Peluang Anda untuk sukses berbisnis klinik amat tinggi, terutama di Indonesia yang belum banyak ada jasa konsultasi dokter via aplikasi. Inilah waktunya bagi Anda untuk bersaing.

7 Strategi Jitu Membuat Rencana Anggaran Biaya Klinik yang Efektif

strategi-bisnis-2021

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kita memerlukan modal sebelum mulai berbisnis. Begitu pula dengan jasa layanan dokter online. Agar usaha dapat berkembang dengan baik dan mendatangkan omset, Anda harus mempersiapkan modal untuk buka klinik terlebih dahulu.

Ada banyak pula cara gampang untuk membuka bisnis klinik sendiri. Mulai dari membuka klinik tradisional, membeli paket franchise brand klinik online kekinian, atau bekerja sama dengan dokter dan merintis klinik sendiri. Setiap jalur pastinya mempunyai jumlah modal yang bervariasi. Namun rata-rata modal untuk buka klinik di Indonesia masih menyentuh nominal ratusan juta.

Nah, untuk Anda yang tidak punya modal banyak tetap tidak perlu berkecil hati. Berikut ini adalah sejumlah strategi untuk menyusun rencana anggaran biaya klinik yang terjangkau:

1. Kenali Sistem Kerja Aplikasi Klinik

Cara terbaik untuk menekan rencana anggaran biaya klinik adalah dengan mengenali sistem kerja aplikasi klinik yang hendak digunakan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui secara pasti modal yang akan dikeluarkan.

Pebisnis yang tidak tahu secara rinci apa-apa saja kebutuhan usahanya cenderung meraba-raba jumlah modal. Bahkan tidak sedikit juga yang “tertipu” membayar mahal untuk membeli komponen usaha yang tak dibutuhkan.

Jadi lakukan riset terlebih dahulu terkait hal-hal yang umumnya dibutuhkan oleh sebuah bisnis klinik online.

2. Gunakan Satu Aplikasi Lengkap

Sebisa mungkin jangan gunakan aplikasi terpisah demi menghemat modal untuk buka klinik. Maksud aplikasi terpisah di sini adalah satu aplikasi untuk konsultasi, dan aplikasi berbeda untuk layanan apotek. Dengan kata lain, Anda menggunakan 2 aplikasi berbeda untuk layanan kesehatan yang saling terhubung.

Menggunakan banyak aplikasi berarti memperbesar pula jumlah modal yang Anda perlukan. Tidak hanya biaya pembuatan aplikasinya saja, tetapi juga biaya pemeliharaannya. Lebih baik pilih satu software aplikasi klinik yang bisa menampung semua bentuk pelayanan sekaligus.

3. Pesan Aplikasi dari Jasa Pengembang Profesional

Strategi ini juga berguna untuk menekan modal bisnis klinik Anda. Mengandalkan jasa pengembang/programmer aplikasi profesional jauh lebih baik. Sebab mereka sudah tahu persis bagaimana cara membuat aplikasi dokter online yang berkualitas, kuat, dan tidak abal-abal.

Selain itu, jasa pengembang profesional bisa turut membantu memberi rekomendasi software yang terbaik atau populer digunakan masa kini. Alhasil Anda tidak akan salah pilih aplikasi untuk berbisnis.

4. Susun Layanan yang Ingin Disediakan

Bisnis kesehatan bergerak di bidang jasa. Oleh karena itu, Anda wajib menyusun layanan yang ingin disediakan sebaik-baiknya. Sebuah bisnis klinik pada umumnya bisa melayani banyak keluhan, seperti:

  • Cek kesehatan secara umum.
  • Pembelian obat online.
  • Konsultasi dengan dokter psikolog dan psikiater.
  • Konsultasi penyakit spesifik/spesialis.
  • Pemeriksaan tahap pertama untuk mendapat rujukan ke rumah sakit.
  • Check up kondisi lansia, dan masih banyak lagi.

Menentukan jenis layanan apa saja yang ingin Anda buka bisa membantu menekan budget modal usaha. Anda jadinya akan terfokus mempersiapkan kebutuhan untuk pelayanan yang dipilih saja.

5. Tersedia Jaminan Garansi

Daripada mengambil resiko merugi karena kesalahan teknis, pastikan jasa programmer aplikasi pilihan Anda menyediakan garansi. Memanfaatkan garansi adalah cara mudah untuk mencegah pengeluaran modal tambahan.

Bayangkan aplikasi bisnis Anda tiba-tiba rusak dan perlu perbaikan segera. Jika Anda menggunakan layanan non-garansi, tentu saja pihak pengembang akan membebankan biaya perbaikan tambahan. Terkadang biaya tersebut pun tidak murah lho.

Tapi lain cerita ketika Anda menggunakan jasa pengembang yang memberikan garansi. Ketika terjadi apa-apa dengan app, Anda bisa langsung klaim garansi dan mendapat perbaikan gratis atau pengembalian modal.

Maka dari itu ingatlah untuk selalu membaca baik-baik syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh sebuah layanan pengembang aplikasi.

6. Dilengkapi Fitur-Fitur Populer

Langkah berikutnya, pastikan aplikasi dokter online Anda dilengkapi fitur-fitur populer yang ada pada aplikasi lain sejenis. Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat memakai aplikasi Anda.

Semakin lengkap aplikasi konsultasi dokter online 24 jam Anda, maka akan semakin baik pula hasil yang didapat. Konsumen cenderung lebih betah berlangganan memakai aplikasi yang lengkap fitur serta layanannya. Ketika semua kebutuhan mereka tersedia di aplikasi Anda, otomatis mereka tidak akan mau lagi berpaling mencoba app lain.

Beberapa fitur yang wajib ada di aplikasi bisnis klinik:

  • Booking online sesi konsultasi dengan dokter umum atau spesialis. Bagian ini hendaknya dilengkapi juga dengan informasi detil terkait dokter dan jadwal prakteknya untuk memudahkan pasien saat memilih dan booking
  • Fitur chat konsultasi, bisa dengan chat (standar), telepon atau video call.
  • Pembayaran online, usahakan variasinya beragam (e-wallet, transfer bank, debit/kredit, dan seterusnya).
  • Registrasi/login dan pengelola akun pengguna supaya konsumen bisa lebih mudah memakai app.
  • Kolom pencarian untuk memudahkan pengguna mencari dan memilih dokter tertentu.
  • Pemesanan obat online agar konsumen bisa langsung pesan obat dari rumah.
  • Push notification yang bisa memberitahu konsumen jika ada perubahan sesi konsultasi lebih lanjut, informasi promo, atau mengingatkan jadwal konsultasi.

Dan masih ada banyak lagi fitur yang bisa Anda tambahkan, misalnya fitur cashback, riwayat konsultasi, poin rewards (hadiah), dan ubah jadwal booking.

7. Pastikan Nyaman dan Gampang Dipakai

Tips terakhir, pastikan aplikasi bisnis online Anda selalu nyaman dan gampang digunakan. Tampilannya harus simpel dan sederhana – terutama bagian menu dan fitur agar mudah dicari oleh pasien.

Ingat, tidak semua konsumen Anda jago atau familiar dengan pemakaian aplikasi. Faktanya pun hampir 100% orang lebih mengutamakan pemakaian app yang simpel, praktis dan cepat. Jadi pilih aplikasi yang paling nyaman dan gampang digunakan siapa saja supaya aplikasi dokter online Anda lebih cepat terkenal.

Beberapa kategori yang harus dipenuhi oleh sebuah aplikasi bisnis online terbaik:

  • Fitur-fiturnya jelas dan mudah ditemukan. Jangan menampilkan fitur yang tak jelas fungsinya dalam aplikasi karena hanya akan memperberat sistem kerjanya.
  • Cepat me-loading atau memproses permintaan konsumen (tidak nge-lag).
  • Menggunakan ikon-ikon tombol yang jelas bentuknya sesuai fungsi.
  • Konten-konten penting tidak tertutup oleh elemen-elemen yang mengganggu seperti tombol atau iklan.
  • Dilengkapi panel admin yang mudah dikelola pemilik bisnis.

Dapatkan Aplikasi Klinik Online Terbaik Murah di Sini!

klinik-online-2

Setelah mengetahui apa saja strategi menyusun rencana anggaran biaya klinik, tak lupa kami juga punya rekomendasi jasa pengembang aplikasi bisnis terbaik yaitu APPKEY. Semua strategi membangun bisnis klinik online di atas bisa diwujudkan dengan mudah memakai aplikasi dokter online APPKEY.

APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan website ternama Indonesia yang sudah merampungkan banyak project online milik bisnis kecil maupun besar. Kali ini APPKEY secara spesial menghadirkan aplikasi dokter online murah dengan penawaran lengkap:

  • Fitur-fitur terlengkap berkualitas tinggi. Anda juga bebas menambahkan atau mengustomisasi fitur sesuai keinginan pada aplikasi secara gratis.
  • Layanan konsultasi gratis dengan tenaga ahli profesional untuk mencari solusi atas permasalahan bisnis online Anda.
  • Jaminan garansi dari tim IT berpengalaman. Bebas minta update atau perbaikan error aplikasi seumur hidup. Aplikasi Anda juga akan selalu diuji terlebih dahulu sebelum digunakan secara umum.
  • Dilengkapi sistem keamanan terbaru untuk mencegah kemungkinan peretasan dari oknum hacker usil. Alhasil data-data bisnis Anda terjaga aman 100%.
  • Pengerjaan aplikasi yang singkat dan efisien. Tidak perlu keluar banyak modal atau menunggu lama karena aplikasi akan dikerjakan dalam langkah-langkah paling efisien. Tim kami juga yang akan membantu mendaftarkan aplikasi ke Google Play dan Apple App gratis tanpa biaya tambahan apapun!

Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari APPKEY. Jadi tunggu apa lagi, segera download aplikasi klinik dokter online Anda di sini dan mulailah karir sukses bisnis Anda di bidang kesehatan online!

Silahkan pula hubungi APPKEY di sini untuk pertanyaan lebih lanjut. Jangan ragu untuk mempercayakan pembuatan aplikasi bisnis Anda kepada APPKEY karena kami hanya memberikan yang terbaik. Sampai bertemu lagi!

UMOOD : Teknologi Neuroscience Stylist dari UNIQLO Bantu Pilih Baju Sesuai Mood Kamu

0
brand-baju-terkenal

Brand UNIQLO tentunya memiliki berbagai macam pilihan jenis dan warna pakaian, dari banyaknya pakaian yang ada ini kerap kali menimbulkan masalah bagi para konsumen. Salah satunya, konsumen bingung memilih baju yang tepat. Yaps! Pasti Anda yang pernah berbelanja di UNIQLO pernah merasakannya juga.

Brand baju terkenal dan legendaris dari Jepang, UNIQLO menyadari salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh konsumennya ini. Oleh karena itu, UNIQLO di

Australia menghadirkan inovasi baru yang dapat membantu para konsumennya untuk memilihkan lebih dari 600 jenis t-shirt yang cocok untuk konsumen sesuai dengan mood mereka. Inovasi teknologi ini bernama UMOOD.

Apa itu UMOOD?

augmented-reality-in-fashion

UMOOD adalah sebuah teknologi baru yang memberikan pengalaman digital bagi para konsumen UNIQLO yang mampu memilihkan jenis dan warna t-shirt yang sesuai dengan suasana hati para konsumennya. UMOOD ini dikembangkan oleh UNIQLO dengan kolaborasi bersama Isobar Australia, Melbourne University dan perusahaan Dentsu Aegis Network.

UMOOD menggunakan teknologi berbasis neuroscience. Neuroscience adalah ilmu yang mencoba untuk mengungkapkan misteri otak dengan menangkap gelombang-gelombang yang dikirim oleh otak manusia. Teknologi neuroscience ini merupakan teknologi yang juga mempelajari berbagai algoritma yang berhubungan dengan reaksi-reaksi yang terjadi pada otak manusia.

UNIQLO juga mengklaim bahwa UMOOD juga merupakan neuroscience stylist, karena UMOOD dapat memberikan rekomendasi pakaian yang tepat kepada para konsumen layaknya fashion stylist pada umumnya. Hanya saja fashion stylist ini berbentuk mesin pintar dan canggih yang mendeteksi algoritma pikiran dan reaksi emosional dalam otak konsumen, lalu mencocokkannya dengan berbagai jenis pilihan warna atau motif t-shirt yang dimiliki oleh UNIQLO.

Perasaan dan reaksi otak konsumen yang mampu ditangkap oleh UMOOD ini diantaranya adalah perasaan tenang, stress, atau suka berpetualang. Sehingga pelanggan akan mendapatkan rekomendasi pilihan t-shirt yang sempurna yang mencerminkan keadaan pikiran mereka.

UMOOD juga merupakan salah satu kampanye iklan yang dilakukan oleh UNIQLO. Teknologi yang digunakan pada UMOOD ini juga menunjukkan bagaimana reaksi otak manusia dalam menanggapi sebuah kampanye iklan.

Keunikan teknologi dari UMOOD ini menghadirkan pengalaman digital yang sangat personal dan berkesan bagi para konsumen. UMOOD memberikan pilihan cara baru untuk memberikan rekomendasi pilihan baju yang tentunya juga meningkatkan pembelian t-shirt UNIQLO.

Bagaimana Cara Kerja UMOOD?

UMOOD ini berbentuk mesin yang diletakkan di dalam store UNIQLO. Cara kerja UMOOD untuk menangkap gelombang otak konsumennya adalah dengan cara konsumen akan duduk di mesin UMOOD dan dipasangkan alat menyerupai headset yang ditempelkan di dahi konsumen. Headset neuro ini selanjutnya akan menangkap gelombang reaksi otak manusia, dan menganalisis respon gelombang yang ada di dalam otak.

Analisis data yang dilakukan oleh UMOOD akan ditampilkan di suatu layar yang berada di depan konsumen. Selanjutnya, analisis data ini akan berhubungan dengan emosional atau suasana hati yang dirasakan konsumen saat itu.

Lalu, UMOOD akan memilihkan pakaian yang sesuai dengan suasana hati pelanggan. Pilihan t-shirt dari UMOOD ini juga akan ditampilkan di layar yang ada di hadapan konsumen.

Hasil rekomendasi dari UMOOD terdiri dari gambar baju yang tepat, persentase kecocokan antara pakaian dengan suasana hati, harga dari pakaian tersebut, dan hingga rekomendasi lain yang juga sesuai dengan suasana hati dan perasaan konsumennya. Maka konsumen akan mendapatkan t-shirt yang sesuai dengan perasaan yang dirasakan di hari itu.

Inovasi Teknologi dalam Bisnis Fashion

bisnis-fashion

Brand UNIQLO menunjukkan salah satu contoh dari penerapan inovasi teknologi ke dalam dunia fashion. Melalui penerapan teknologi yang dilakukan, UNIQLO juga mampu memberikan pengalaman fashion yang menarik dan unik dengan tujuan membantu konsumennya mendapatkan produk yang sesuai dengan personalisasi para konsumennya, dalam hal ini adalah emosi yang dirasakan konsumennya.

UMOOD dari UNIQLO ini juga menunjukkan bahwa teknologi juga dapat membantu perkembangan bisnis di dunia fashion. Penerapan dan perpaduan teknologi dengan dunia fashion saat ini mempengaruhi perkembangan kreatifitas yang ada di dalam dunia fashion. Penerapan teknologi dapat digunakan sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis fashion Anda.

Penerapan dan juga kemunculan teknologi di dalam dunia fashion pada awalnya akan terkesan aneh dan mungkin juga terdapat ketakutan dalam penerapannya untuk menjalankan bisnis, takut akan kecanggungan dan penolakan yang diberikan oleh masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu berbagai teknologi yang diterapkan di dunia fashion faktanya sangat membantu menyelesaikan permasalahan yang kerap dialami dalam dunia bisnis fashion.

Hambatan yang mampu dibenahi oleh teknologi terkait permasalahan yang ada di dunia fashion adalah permasalahan pemasaran toko-toko pakaian yang masih menggunakan pemasaran tradisional, teknologi juga mampu mengatasi permasalahan dalam proses produksi produk fashion, teknologi juga mampu membantu memprediksi perkembangan dunia fashion ke depannya sehingga dapat dijadikan strategi bagi pengembangan bisnis.

Inovasi teknologi juga tidak hanya sekedar membantu dari sisi produsen, teknologi juga membantu para konsumen. Dengan penerapan teknologi ke dalam bisnis fashion juga dapat membantu mempermudah interaksi konsumen dengan penjual, sehingga penjual mengetahui apa yang paling dicari, diperlukan, dan diinginkan para konsumennya.

Teknologi yang seringkali digunakan dalam dunia fashion adalah penerapan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kedua teknologi ini memberikan wajah baru bagi dunia fashion.

Teknologi AR dapat membantu para pelaku usaha di dunia fashion untuk menyesuaikan langkah strategis ke depannya untuk terus memberi layanan terbaik bagi para pelanggan. Teknologi AR penerapannya dapat memberikan sudut pandang baru bagi pelanggan untuk memutuskan membeli pakaian yang mereka inginkan. Sudut pandang baru ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik bagi para pelanggan.

Teknologi VR biasanya diterapkan dengan memberikan sensasi baru bagi konsumen untuk melihat dunia yang berbeda. Dalam dunia fashion teknologi VR akan membantu pelanggan dapat melihat dirinya menggunakan baju yang ada di toko tersebut tanpa harus pergi ke ruang ganti, dengan demikian hal ini akan membantu mempercepat pengambilan keputusan pelanggan dalam membeli produk di suatu toko pakaian. Kedua teknologi ini sangat membantu dalam berbagai aspek bagi perkembangan di dunia fashion.

Kini Saatnya Anda Menerapkan Teknologi ke Bisnis Fashion Anda

bisnis-fashion-2

Penerapan teknologi terbukti mampu membantu dan memberikan masa depan baru bagi perkembangan bisnis di dunia fashion. Beberapa pelaku usaha di dunia fashion tentunya menyadari hal tersebut, sehingga mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi terbaik yang mampu memberikan pengalam digital dan penyelesaian masalah dalam bisnisnya.

Sekarang saatnya bagi Anda pelaku usaha di dunia fashion yang masih mengandalkan berbagai hal tradisional dalam pengembangan bisnis Anda untuk beralih. Sekarang saatnya bagi Anda untuk melirik keunggulan yang diberikan teknologi dalam membantu mempercepat perkembangan bisnis Anda.

Penggunaan teknologi tentunya dapat memberikan peluang dan sasaran target pasar yang lebih luas bagi bisnis Anda seperti yang dilakukan oleh brand UNIQLO. Melalui UMOOD, brand fashion UNIQLO ini menawarkan pengalaman digital dan penyelesaian permasalahan rekomendasi baju bagi para pelanggannya.

Bagi Anda yang ingin menerapkan teknologi ke dalam bisnis Anda, namun bingung ingin mulai dari mana. Hal pertama yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengetahui permasalahan dan kelemahan toko atau bisnis yang Anda jalankan saat ini. Permasalahan bisa muncul dari kegiatan produksi, layanan kepada pelanggan, ataupun promosi.

Langkah yang selanjutnya Anda perlu lakukan adalah menerapkan inovasi teknologi untuk memecahkan permasalahan yang Anda alami. Kedua langkah ini tentunya tidak mudah dilakukan sendirian dan tentunya akan menyita waktu Anda.

Oleh karena itu, langkah tercepat untuk menyelesaikan permasalahan dalam bisnis Anda dan juga menginginkan solusi dengan sentuhan teknologi? Anda bisa mulai dengan langkah kecil dan singkat ini yaitu menghubungi Tim APPKEY dan konsultasikan semua permasalahan bisnis Anda dengan tim IT profesional.

APPKEY adalah perusahaan jasa pengembang aplikasi dan website bisnis untuk banyak kategori usaha dan menyediakan berbagai jasa digital marketing lainnya. Pastinya setiap aplikasi yang dikembangkan oleh APPKEY juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih dengan harga terjangkau.

Mengkonsultasikan permasalahan bisnis Anda dengan APPKEY membantu Anda untuk menerapkan dan mengkolaborasikan penggunaan teknologi ke dalam bisnis fashion Anda. Dengan memadukan inovasi teknologi maka Anda dapat mengikuti trend dan menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis fashion Anda.

Segera konsultasikan dan susun strategi penerapan teknologi dalam bisnis fashion Anda dengan langsung menghubungi Tim APPKEY di https://appshop.co.id/

Simak terus dan nantikan artikel terbaru dari kami yaa hanya di https://markey.id/

Jual Hasil Karya Seni dan Handmade Anda dengan Moselo!

0
product-handmade

Pemasaran merupakan hal yang selalu melekat dalam bisnis apapun, karena dengan melakukan pemasaran para konsumen dapat mengetahui, berkenalan hingga membeli produk dari para produsen.

Tidak terkecuali bisnis dalam bidang ekonomi kreatif, salah satu kegiatan dalam bisnis ekonomi kreatif adalah menghasilkan produk kreatif. Produk kreatif yang dihasilkan ini dapat berupa hasil karya seni atau produk hasil buatan tangan (handmade).

Permasalahan yang Dihadapi Pelaku Usaha Kreatif

handmade-bisnis-2

Kendala yang kerap kali dihadapi oleh para pelaku usaha kreatif adalah cara memasarkan produk kepada konsumen. Memasarkan produk kreatif bukanlah perkara mudah, karena produk hasil karya seni dan produk handmade bukan merupakan produk yang dikonsumsi oleh masyarakat luas dan tidak dikonsumsi sehari-hari.

Melainkan, produk hasil karya seni dan produk handmade ini memiliki target konsumennya tersendiri dan biasanya sangat spesifik. Hal ini disebabkan oleh produk-produk kreatif ini mengandung nilai estetika dan nilai guna yang berbeda-beda bagi setiap konsumennya.

Selain itu, masih banyak pula para pelaku usaha kreatif yang masih hanya mengandalkan cara konvensional untuk dapat memasarkan produknya. Pemasaran secara konvensional akan mengakibatkan adanya kendala ruang dan waktu yang dapat membatasi distribusi produk kepada konsumen.

Pemasaran konvensional yang dilakukan akan menyebabkan para konsumen sulit untuk mengakses informasi dan bahkan tidak mengetahui keberadaan produk atau bisnis kreatif Anda. Hal ini tentunya sangat disayangkan dan akan menghambat perkembangan bisnis Anda.

Potensi Industri Kreatif

Cara menjual produk kreatif selalu saja menjadi kendala bagi para pelaku kreatif, pengerajin, ataupun seniman. Permasalahan ini jika tidak segera diselesaikan lambat-laun akan mempengaruhi atmosfer perkembangan industri kreatif di Indonesia. Perkembangan industri kreatif di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat.

Industri kreatif dapat dijadikan garda utama untuk membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada tahun 2019 industri kreatif menyumbang sebesar Rp1.105 triliun terhadap produk domestic bruto Indonesia.

Produk dari industri kreatif sangat berpeluang besar untuk menjadi sektor industri ekspor. Perkembangan industri kreatif juga akan membantu meningkatkan peluang terbukanya lapangan pekerjaan.

Tahun ini Indonesia menjadi inisiator dalam menunjang kebangkitan sektor ekonomi kreatif di di dunia. Indonesia berhasil memprakarsai resolusi PBB terkait dukungan untuk kebangkitan dan kemajuan ekonomi dan industri kreatif.

Potensi besar yang dimiliki industri kreatif sudah sebaiknya dikelola dengan baik untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satunya adalah dengan menciptakan ekosistem yang baik bagi para pelaku kreatif di Indonesia.

Moselo : E-commercenya Produk Kreatif Lokal

handmade-bisnis-1

Untuk mendorong perkembangan bisnis industri kreatif dapat dilakukan dengan membantu penyediaan ekosistem yang memadai bagi para pelaku kreatif. Penyelesaian kendala-kendala yang dialami para pelaku kreatif merupakan langkah awal untuk membantu perkembangan bisnis industri kreatif.

Kendala yang harus diselesaikan pertama kali adalah terkait cara pemasaran para pelaku usaha kreatif yang masih konvensional. Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pemasaran juga dapat membantu mengoptimalkan kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif. Penyelesaian masalah ini disadari oleh salah satu perusahaan yaitu PT Komunitas Karya Kencana pada tahun 2017.

Perusahan ini menghadirkan sebuah aplikasi bernama “Moselo”. Moselo hadir sebagai platform yang mampu menghubungkan antara para pelaku usaha kreatif dengan konsumennya hanya dengan satu aplikasi.

Aplikasi Moselo ini juga disebut sebagai creative service marketplace, karena di dalam aplikasi ini pelaku usaha kreatif tidak hanya satu atau dua orang saja yang dapat memasarkan produknya, tetapi akan ada banyak pelau usaha kreatif yang dapat memasarkan dan menggunakan aplikasi Moselo sebagai tempat berjualan secara daring. Banyaknya pelaku usaha yang ada di dalam Moselo juga akan menguntungkan serta memudahkan para konsumen untuk mencari produk sesuai keinginan atau kebutuhannya.

Moselo saat ini fokus menyediakan produk-produk kreatif berupa produk handmade seperti hand painted mug, 3D custom clay, hasil karya seni, dan produk kreatif yang ada dalam industri ekonomi kreatif. Moselo juga menawarkan cara pembayaran online, sehingga Moselo tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan para konsumen namun juga memberikan kemudahan bertransaksi sehingga konsumen dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Tidak hanya menguntungkan bagi para konsumen, Moselo juga sangat amat menguntungkan bagi para creativepreneur dan para expert lokal. Menjual produk hasil karya seni atau buatan tanganmu bisa membantu meningkatkan penjualan. Kehadiran moselo ini juga memiliki misi untuk mengoptimalkan dan membantu para pelaku usaha kreatif untuk dapat memadukan teknologi dan krreatifitas, sehingga akan terbentuk ekosistem yang bagus bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indoensia.

Tunggu apa lagi? Sudah saatnya bagi kamu para pelaku usaha kreatif sebaiknya mulai beralih menggunakan Moselo untuk membantu mempermudah promosi dan transaksi yang dilakukan dengan para konsumen. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi fitur-fitur yang disajikan oleh Moselo, Anda bisa menggali informasi lebih dalam dengan mengunduh aplikasi Moselo disini

Peluang Besar Bagi Solopreneur Pemula

Potensi bidang industri kreatif di Indonesia kini yang sangat pesat, ditambah juga dengan kehadiran Moselo. Perpaduan ini dapat menjadi angin segar bagi Anda yang baru ingin memulai berbisnis, namun masih bingung ingin merambah ke bidang apa.

Bidang industri reatif nampaknya perlu dimasukkan ke dalam pertimbangan Anda. Bidang industri kreatif terutama pada produk hasil karya seni dan produk handmade saat ini tengah dilirik oleh konsumen terutama konsumen generasi milenial.

Hasil produk kreatif yang terkesan unik dan menyuguhkan ide dan inovasi cemerlang memberikan ciri khas tersendiri bagi para pelaku kreatifnya, sehingga nilai keunggulan antara produk kreatif dari pelaku usaha kreatif satu dengan yang lainnya tidak akan sama. Hal ini menjadikan persaingan antar pelaku usaha kreatif menjadi tidak terlalu ketat.

Keunggulan industri kreatif menjadi peluang besar bagi para pendatang baru terutama bagi para pelaku usaha kreatif yang masih solopreneur atau mengerjakan semua pekerjaannya sendiri.

Masyarakat yang saat ini memulai usaha di bidang industri kreatif biasanya diawali dengan mengerjakan produk handmade ini sendirian. Mulai dari produksi hingga ke pemasaran. Saat ini dengan hadirnya Moselo para solopreneur dapat mempercayakan metode promosinya dengan menggunakan aplikasi Moselo.

Moselo akan membantu Anda untuk bertemu dengan konsumen yang potensial dari seluruh Indonesia. Untuk dapat berjualan di Moselo caranya sangat mudah, hanya dengan melakukan pendaftaran menjadi pengguna Moselo, lalu apply sebagai expert dan lengkapi form serta potofolio. Pendaftaran akan diproses selama 3-7 hari kerja.

Setelah resmi menjadi penjual atau yang disebut Moselo Expert maka langkah selanjutnya Anda sudah dapat mengunggah foto produk, verifikasi akun expert. Kemudian, Anda bisa daftar bank, dan mengatur akun Anda melalui aplikasinya langsung.

Pelanggan Anda juga akan dimudahkan karena Moselo membantu konsumen untuk dapat melakukan transaksi pembayaran dalam berbagai metode. Transaksi pembayaran yang dilakukan konsumen melalui Moselo akan masuk ke dalam saldo akun Moselo, dan dapat ditarik kapan saja dan di transfer ke rekening kamu.

Setelah mendaftarkan diri menjadi Moselo Expert terdapat beberapa hal yang juga harus diperhatikan agar usahamu di bidang industri kreatif dapat berkembang dengan pesat. Berikut kunci sukses dalam menjalani usaha industri kreatif, yaitu.

1. Bentuk Ciri Khasmu

Akhir-akhir ini banyak pelaku bisnis yang memulai usaha kreatif hanya karena mengikuti trendy dan merasa cemas apabila tertinggal hal-hal yang sedang trendy. Dalam menjalani usaha di bidang kreatif tentunya hal ini perlu dihindari.

Sebagai pelaku usaha kreatif Anda harus menemukan passion dan ciri khas tersendiri dalam produk yang Anda ciptakan. Ciri khas dalam produk tentunya akan membuat produk Anda memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan tersendiri ini jika dipertahankan dengan baik dapat membantu bisnis yang Anda lakukan saat ini akan mampu bertahan lama.

2. Temukan Komunitas yang Dapat menjadi Target Konsumenmu

Komunitas merupakan cara terbaik untuk menemukan target market Anda. Menemukan banyak komunitas berarti Anda akan menemukan banyak calon konsumen. Dalam penentuan komunitas yang akan dijaring, pastikan Anda mengetahui dengan jelas target market Anda yang sesuai dengan produk dan ciri khas yang sudah Anda bentuk.

Selain menemukan calon konsumen yang potensial, Anda juga dapat menemukan mitra yang tepat melalui komunitas tersebut. Mitra yang tepat juga dapat membantu percepatan pertumbuhan bisnis Anda

3. Jangan Lelah Belajar dan Berinovasi

Sebagai pelaku usaha, sudah seharusnya Anda mampu untuk memprediksi pergerakan dan perubahan di dunia bisnis yang sangat cepat dan dinamis. Dengan mempelajari beberapa hal yang mempengaruhi dunia bisnis yang Anda geluti juga akan mampu untuk membantu Anda peka terhadap perubahan dan dapat dengan cepat mengaplikasikan perubahan yang ada di produk hasil karya seni atau produk handmade Anda.

Hal ini juga akan mendorong Anda untuk selalu berinovasi pada produk-produk kreatif yang Anda hasilkan. Inovasi yang Anda lakukan pada produk Anda akan menyelamatkan dari serangan hadirnya pendatang baru yang mungkin produknya terinspirasi bahkan menyamai produk Anda.

Kehadiran Aplikasi Moselo mampu membawa pengaruh besar bagi perkembangan ekonomi kreatif dan industry kreatif di Indonesia. Dengan menggunakan Moselo, hanya tinggal upload produk kamu dan konsumen akan berdatangan. Ayo, gunakan aplikasi Moselo untuk solusi cerdas pemasaran produk kreatif atau produk handmademu.

Buat Anda yang ingin juga memiliki aplikasi e-commerce seperti Moselo untuk membantu memudahkan pemasaran produk, Anda juga tidak perlu khawatir APPKEY punya solusinya!

APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan website bisnis untuk banyak kategori usaha. Mulai dari e-commerce, ojek online, real estate hingga klinik online, Appkey menyediakan paket aplikasi terbaik khusus untuk Anda. Pastinya setiap aplikasi kami juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih dengan harga terjangkau.

APPKEY juga menyediakan servis bantuan gratis berupa:

  • Gratis konsultasi dengan tim profesional APPKEY. Tim profesional kami akan membantu mencarikan solusi dari permasalahanmu
  • Bantuan penggunaan aplikasi. Tidak ada lagi kata takut menggunakan aplikasi karena tidak paham menggunakannya? Tenang saja, kami juga menyediakan bantuan penggunaan aplikasi
  • Dampingan tim IT profesional seumur hidup. Ada eror di aplikasimu atau ternyata aplikasimu memerlukan tambahan fitur? Mudah saja, tinggal kontak saja Tim APPKEY!

Tunggu apalagi? Segera buat aplikasi e-commercemu sendiri, jika ada pertanyaan lebih lanjut Anda dapat langsung menghubungi Tim APPKEY di https://appshop.co.id/

Ide Bisnis Fashion : Layanan Bisnis Jahit Online

0
bisnis-fashion

Bisnis fashion di Indonesia bisa dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan hasil besar untuk para pebisnis yang menggelutinya. Asal mampu mengikuti tren pasar dan memiliki manajemen bisnis yang baik, maka income akan mengikuti pebisnis tersebut secara terus menerus.

Di zaman yang serba online, hal apapun bisa didapatkan secara praktis. Seperti halnya yang sering kita jumpai, kita bisa mendapatkan baju atau celana atau bahkan setelan hanya dari rumah saja.

Tetapi, hal tersebut tidak menjamin mendapatkan semua yang kita inginkan, misalnya ada ukuran baju atau celana yang tidak menyediakan ukuran tubuh kita. Solusinya yaitu menghubungi penjahit untuk menciptakan baju atau celana yang sesuai dengan keinginan kita.

Artikel kali ini akan membahas seputar tentang dunia bisnis fashion, serta memberikan solusi dari berbagai permasalahan dalam memenuhi keinginan masyarakat akan fashion.

Bisnis Fashion Online

bisnis-jahit-online

Ketika mendengar kata fashion, tentunya kita langsung memikirkan “Baju, Celana, Rok, Seragam”. Fashion sendiri sudah dijadikan sebagai tolak ukur popularitas suatu individu, saat ini ketika orang ingin datang ke suatu acara atau hanya sekedar jalan-jalan ke supermarket sudah memikirkan ingin mengenakan fashion yang seperti apa.

Bisnis fashion online merupakan salah satu terobosan untuk bersaing dalam pasar fashion yang sudah sangat banyak bertebaran di Indonesia, bahkan dunia. Bagaimana tidak mungkin, di dunia yang semuanya sudah bisa diakses secara digital akan mempermudah konsumen dalam bertransaksi.

Dalam memulai bisnis fashion, tidak boleh sembarangan. Sangat penting melakukan dan memilih langkah yang tepat supaya tidak berhenti ditengah jalan. Yaa,sebenarnya langkah-langkah untuk berbisnis  bisa dipelajari sembari perjalanan melakukan bisnis, tetapi bukankah lebih baik apabila kita sudah mengetahui langkah-langkah dalam berbisnis, khususnya dalam dunia fashion.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang langkah-langkah berbisnis secara garis besar dalam bisnis dunia fashion. Jangan sampai ketinggalan, Let’s get start it!

7 Tips Langkah Memulai Bisnis Fashion Online

1. Melakukan Riset Produk

Riset produk merupakan langkah yang paling awal untuk memulai bisnis dari sini kita bisa menentukan produk apa yang akan kita pasarkan. Pada langkah ini kita tidak bisa asal memilih produk yang akan dipasarkan, kita harus melakukan riset berdasarkan tren yang sedang berkembang.

cari-trend-pasar

Bisnis fashion sendiri memiliki sifat yang berubah-ubah tiap tahunnya, itu sebabnya kita perlu meriset apa-apa saja yang sedang tren di pasar. Ada banyak cara untuk meriset tren pada saaat itu, salah satunya bisa melalui dari Google Trend, bisa melakukan riset dengan cek tren dari sosial media, atau bahkan Anda bisa melakukan riset berdasarkan survei konsumen.

Apabila kita sudah melakukan riset produk, kita akan mengetahui perkembangan tren yang sedang banyak digeluti dipasaran. Sehingga di pertengahan jalan, kita tidak mengalami kerugian karena sudah berusaha untuk mengikuti tren yang ada di pasaran.

2. Amati Kompetitor Bisnis

Saat akan memulai bisnis, tentunya sering kali kita sudah menemui pebisnis yang berada di bidang yang sama. Hal tersebut membuat pertanyaan-pertanyaan dalam benak kita, apasih kelebihan produk dia? Apasih kekurangan produk dia? Hal tersebut sangat mudah diamati.

Mulailah mengelompokkan kompetitor Anda, Anda bisa mengelompokkan kompetitor utama, kompetitor sekunder, kompetitor tersier. Kompetitor utama merupakan kompetitor yang memiliki bisnis yang sama, pangsa pasar yang sama juga.

Sedangkan kompetitor sekunder yaitu kompetitor yang memiliki bisnis di bidang yang sama tetapi pangsa pasarnya berbeda. Dan kompetitor tersier adalah kompetitor yang tidak secara langsung berkompetisi dengan bisnis Anda, tetapi produk yang dipasarkan kompetitor masih berhubungan langsung dengan produk bisnis Anda.

Pelajari produk kompetitor adalah langkah yang selanjutnya, dari sana dapat mengetahui dimana letak kelebihan dan kekurangan dari produk sang kompetitor. Jangan malas untuk mengecek websiste ataupun sosial media kompetitor, karena dari hal tersebut dapat mengetahui mulai dari seperti apa produk yang dipasarkan kompetitor, harga dari produk tersebut hingga ulasan yang ditinggalkan konsumen kepada kompetitor bisnis.

Langkah terakhir melakukan perbandingan harga produk, dari hal tersebut Anda dapat mengetahui kisaran harga untuk produk yang sama di pasaran pada saat ini.

3. Membuat Bussiness Plan

Setelah menentukan produk, mengenali pangsa pasar dan mengamati kompetitor, selanjutnya perlu melakukan pembuatan Bussiness Plan / Perencanaan Bisnis. Hal tersebut akan menjadi pedoman Anda dalam berbisnis kedepannya. Oleh karena itu, tidak boleh membuat rencana bisnis yang asal-asalan.

4. Mempersiapkan Anggaran atau Modal

Dalam bisnis dunia fashion, besar-dikit modal yang dikeluarkan bukanlah penentu keberhasilan bisnis fashion. Yang terpenting harus lihai dalam mengatur dan mengelola modal untuk menjalankan bisnis fashion yang sedang dilakukan.

Oleh karena itu, sangat penting membuat rincian anggaran dengan tepat dan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis fashion yang sedang dilakukan.

5. Persiapan Produk

Produk fashion harus dapat bersaing dengan produk kompetitor, sebisa mungkin produk yang akan dipasarkan harus memiliki keunggulan dari produk sang kompetitor. Jadi, sangat penting dalam menyiapkan produk yang orisinil dan memiliki kualitas yang baik.

Dalam bisnis dunia fashion, tentunya harus memikirkan dari segi pemilihan bahan untuk produk dan memikirkan desain untuk produk serta mencari produsen untuk keperluan produk bisnis Anda.

6. Desain dan Logo

Mungkin untuk desain dan logo dianggap hal sepele bagi para pebisnis. Padahal, desain dan logo merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Desain dan logo itu sendiri merupakan ciri khas pebisnis dalam mengenalkan produknya kepada konsumen.

Menurut riset, 93% logo top brand dalam dunia fashion dibuat dengan desain yang simple. Hal tersebut bertujuan supaya brand lebih dikenal dan diingat oleh konsumen.

7. Buat Website atau Sosial Media Toko Online

Sangatlah hal yang memungkinkan, membuat website dan sosial media untuk bisnis akan mendongkrak dan memperluas pangsa pasar. Bagaimana tidak? Saat ini kebanyakan orang sudah menggunakan internet untuk mencari semuanya.

Selain itu, manfaat membuat website atau sosial media merupakan investasi yang menguntungkan untuk memasarkan bisnis. Bayangkan saja apabila melakukan pemasaran bisnis dengan cara konvensional, bukankah mengeluarkan lebih banyak biaya dan tenaga? Yap, membuat website dan sosial media toko online untuk bisnis merupakan hal yang sangat menguntungkan.

Beberapa kegunaan memiliki website dan sosial media toko online, yaitu :

  1. Menampilkan katalog produk,
  2. Menjual produk,
  3. Menampilkan launching produk terbaru,
  4. Menampilkan informasi profil bisnis,
  5. Membuat informasi kontak bisnis.

Nah, sudah tau belum jasa pembuatan website bisnis dan pengembang aplikasi dari APPKEY? APPKEY adalah jasa pengembang aplikasi dan website bisnis untuk banyak kategori usaha.

Mulai dari e-commerce, ojek online, real estate hingga klinik online, kami menyediakan aplikasi-aplikasi terbaik khusus untuk Anda. Pastinya setiap aplikasi kami juga dilengkapi  dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih.

Plus mendapatkan tambahan servis bantuan gratis dari APPKEY, meliputi:

  • Gratis konsultasi dengan tim profesional APPKEY. Jelaskan semua permasalahan bisnis online Anda, lalu kami akan membantu mencarikan solusinya.
  • Bantuan penggunaan aplikasi. Punya masalah atau tidak paham bagaimana cara memakai aplikasi? Tenang, tim kami akan membantu menjelaskan cara menggunakannya sampai bisa!
  • Dampingan tim IT profesional seumur hidup. Bebas mengajukan penambahan update atau perbaiki error pada aplikasi tanpa biaya tambahan. Cukup kontak ke tim APPKEY saja, masalah segera teratasi.

Menarik sekali bukan pelayanan dari APPKEY?  tidak perlu pikir panjang, segera dapatkan website dan aplikasi untuk bisnis Anda sekarang di sini! Jika ada pertanyaan lebih lanjut, sangat bisa hubungi APPKEY di https://appkey.co.id/

Bisnis Jahit Online

bisnis-jahit-online-2

Mungkin kita sudah sering bertemu dengan toko jahit disekitar rumah, atau bahkan Anda merupakan pelaku usaha bisnis jahitnya? Sadar atau tidak, saat ini usaha jahit baju sudah perlahan mulai menghilang. Walau ada penjahitnya, pasti terletak sangat jauh dari rumah kita.

Sedangkan kita sangat membutuhkan jasa dari seorang penjahit, tapi karena jarak menjadikan kita mengurungkan niat untuk mencari penjahit. Mau beli seragam, baju, celana, rok atau setelan lebih memilih melalui cara online.

Hal ini yang menyebabkan tingkat konsumtif masyarakat sangat tinggi, dan berimbas kepada sepi peminat untuk para penggelut bisnis jahit.

Di Indonesia sudah memiliki beberapa platform untuk penjahit untuk memasarkan binis jahitnya secara online yang bernama  Kostoom Untuk pemesanan, kostoomer bisa memesan lewat situs online.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari memilih produk, menulis detil, mengunggah desain, dan melakukan customize. Selain itu, Kostoom menyediakan layanan pick up material untuk wilyah Jabodetabek, sehingga para konsumen tidak perlu keluar rumah.

Setelah langkah-langkah pemesanan dilakukan, selanjutnya kostoomer memilih penjahitnya. Jadi secara garis besar, Kostoom merupakan jembatan antara konsumen dengan penjahitnya. Hal tersebut merupakan contoh betapa sangat potensial apabila melakukan pemasaran bisnis jahit online sebagai penggelut bisnis fashion di Indonesia.

Karena semua topik sudah dibahas pada artikel kali ini, semoga artikel kali ini bisa memberikan inspirasi untuk memperluas pangsa pasar untuk bisnis Anda. Eits, buat yang belum tau inspirasi untuk memperluas pangsa pasar untuk bisnis Anda.

Eits, buat yang belum tau MARKEY | Media Bisnis Online dapat diunduh secara gratis di Google Play! Banyak ulasan dan tips-tips yang menarik dalam menginspirasi bisnis online Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Cara Masuk FYP TikTok : Belajar Algoritma TikTok untuk Bisnis Online

0
algoritma-tiktok

Sudah capek-capek bikin video promosi olshop, tapi hasilnya tidak memuaskan? Video bisnis Anda susah masuk daftar video Tik Tok viral minggu ini? Bisa jadi akar masalahnya adalah Anda tidak tahu soal algoritma TikTok.

Cara promosi lewat TikTok memang terbilang unik dan seru. Tidak seperti sosial media video lainnya yang rumit, TikTok menyediakan cara termudah untuk membuat konten secara langsung. Juga ada banyak filter, fitur editing dan efek animasi yang bisa Anda kreasikan supaya video promosi tampak menarik.

Tetapi jangan asal sekadar joget dan rekam saja lho. Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja algoritma TikTok supaya video Anda bisa masuk laman FYP (For Your Page). Apa itu FYP, algoritma TikTok dan tips cara promosi lewat TikTok yang 100% sukses? Semuanya sudah kami rangkum lengkap pada artikel berikut ini.

Baca juga : Tiktok Affiliate : Definisi, Cara Daftar & Omsetnya yang Selangit

Apa Itu Algoritma TikTok?

algoritma-tiktok-2

Istilah “algoritma” sangat sering muncul dalam topik bahasan teknologi karena peranannya yang sangat penting. Algoritma tidak hanya digunakan dalam sistem komputer saja, tetapi juga pada Google serta sosial media termasuk TikTok.

Walaupun sudah cukup lama dirilis, nama sosmed TikTok baru melejit viral di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu. Platform ini mirip seperti YouTube, yakni sosial media khusus untuk konten video. Bedanya, TikTok mempunyai tampilan yang lebih ringkas, filter-filter yang khas dan lebih banyak konten seru seputar berbagai topik.

Itulah mengapa nama TikTok akhirnya populer, khususnya di kalangan anak muda. Sampai saat ini tercatat ada sekitar 800 juta pengguna TikTok dari seluruh dunia. Pesatnya perkembangan TikTok pun sukses menarik minat banyak orang untuk berbisnis di platform tersebut.

Salah satu kunci sukses berbisnis di TikTok adalah dengan mempelajari algoritmanya. Algoritma TikTok adalah cara-cara sistem TikTok memunculkan video yang tepat sesuai kesukaan penonton. Memahami Algoritma TikTok jelas akan mempermudah Anda membuat konten video yang bisa selalu muncul di FYP penonton.

Misteri TikTok Algoritma

Tidak semua orang memahami bagaimana cara kerja sistem algoritma di TikTok. Tidak sedikit pula orang yang kebingungan karena laman FYP TikTok cenderung tidak tertebak. Anda bisa menyimak banyak sekali video baru di FYP, baik dari orang-orang yang di-follow maupun yang tidak.

Sebagian orang mengernyitkan dahi karena mendapati konten yang kurang bagus kualitas rekaman gambarnya, tapi sukses menjadi video Tik Tok viral minggu ini. Sebaliknya, konten-konten yang bagus dan apik justru sepi penonton. Pengalaman-pengalaman “aneh” seperti itulah yang membuat banyak orang menyerah memahami algoritma Tik Tok.

Sistem tersebut cukup berbeda dari algoritma sosial media lainnya seperti Instagram. Algoritma Instagram masih jauh lebih terprediksi. Ketika Anda memfollow dan rajin memberi likes pada postingan akun-akun fashion, misalnya. Instagram akan mengerti bahwa Anda suka konten fashion, dan otomatis ia akan memunculkan lebih banyak rekomendasi postingan seputar topik tersebut.

Walaupun agak rumit dimengerti, memahami cara kerja algoritma di TikTok tetap dipandang sebagai bentuk investasi yang baik bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. Pemahaman terkait algoritma akan membantu Anda lebih mudah mencapai target promosi (KPI marketing) di TikTok.

Dampak Positif Menguasai Algoritma Tik Tok

Kenapa orang-orang tetap berusaha mempelajari algoritma Tik Tok meskipun sulit dan penuh misteri? Jawabannya karena ada banyak dampak positif yang bisa Anda dapatkan dari konten yang viral di sosmed ini, terutama untuk bisnis.

Berikut beberapa manfaat dari sukses membuat video Tik Tok viral minggu ini:

  • Masuk ke laman FYP (For Your Page). Ada dua jenis tab TikTok, yaitu “Following” (berisi konten dari akun yang Anda ikuti) dan “FYP” (berisi konten-konten viral yang sesuai dengan selera Anda). Video-video yang masuk ke FYP dipastikan viral plus sukses mendulang banyak likes, comments dan share.
  • Video ditonton oleh lebih banyak pemirsa. Video yang pas sesuai karakteristik algoritma akan lebih mudah direkomendasikan untuk setiap pengguna TikTok. Hasilnya video Anda akan selalu ramai dan engaging (memikat).
  • Menambah followers dengan gampang. Video yang menarik akan mengundang penonton untuk memfollow akun TikTok Anda. Mereka tentu tidak ingin kelewatan update video baru.
  • Kampanye iklan Anda sukses mencapai target. Semakin banyak yang menonton video promosi bisnis Anda di TikTok, alhasil akan semakin besar pula kesuksesan kampanye iklan Anda. Orang-orang yang tadinya belum tahu bisnis Anda bisa langsung tertarik untuk berbelanja (menjadi konsumen baru).

Cara Algoritma TikTok Bekerja Membuat Konten Viral

algoritma-tiktok-3

Ada jutaan video TikTok yang beredar setiap harinya dan bisa kita simak. Namun tentunya TikTok tidak akan menampilkan semua video tersebut kepada Anda sekaligus. Berkat algoritma canggih, TikTok mempunyai mekanisme khusus untuk memilih, menyortir dan menampilkan video-video terbaik saja kepada setiap pengguna.

Rahasia algoritma di TikTok adalah sebuah sistem komputer khusus bernama Open Social Network. Sistem tersebut memungkinkan setiap pengguna TikTok memperoleh rekomendasi video dari pengguna lainnya. Terdapat pula beberapa indikator yang dipakai oleh TikTok saat memilih sebuah video yaitu:

  • Riwayat konten yang disukai.
  • Riwayat penelusuran topik, nama pengguna, lagu, atau hashtag.
  • Daftar orang-orang dan topik yang diikuti seorang pengguna.

Semisal Dina adalah pengguna TikTok yang menggemari konten-konten Kpop. Setiap hari Dina memberi likes dan komentar pada postingan TikTok Kpop; memfollow akun-akun kreator Kpop video; serta membagikan konten Kpop kesukaannya dari TikTok ke sosmed lain.

Alhasil, TikTok akan lebih banyak merekomendasikan konten Kpop di laman FYP Dina. Namun tetap tak menutup kemungkinan juga bagi Dina untuk melihat video viral tentang hal lain di laman FYP-nya. Sistem Open Social Network bisa bekerja setiap saat dan untuk semua orang, asalkan si pengunggah tidak mengatur akunnya dalam mode privat (terkunci).

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Algoritma Tik Tok

Ada sejumlah faktor yang bisa menentukan apakah video Anda masuk daftar video Tik Tok viral minggu ini atau tidak. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Interaksi Pengguna

Faktor pertama adalah pola interaksi Anda dengan konten-konten yang ada di TikTok. Interaksi di sini mencakup video yang Anda sukai, bagikan, dan komentari setiap hari. Selain itu, peranan hashtag sangat berpengaruh terhadap popularitas video TikTok.

Semakin banyak pula video Anda menerima interaksi dari penonton, maka akan semakin tinggi ranking video Anda dalam kategori hashtag. Contoh: Anda memposting konten promosi skincare dengan hashtag #bisnisskincare. Jika konten Anda berhasil mendapat ribuan interaksi, otomatis video Anda akan muncul pertama kali di jajaran hashtag #bisnisskincare.

Ranah cakupan interaksi pengguna di TikTok adalah yang terluas dibandingkan sosial media lain. Bahkan Anda bisa lho mendapat banyak interaksi dengan membuat video memakai lagu atau filter yang lagi hits. Sama seperti hashtag, pengguna bisa mendapatkan daftar rekomendasi konten berdasarkan filter atau lagu yang dipakai di TikTok.

2. Setting Akun Pengguna

Sistem algoritma juga bisa bekerja menentukan konten terbaik ketika Anda membuat akun. Saat mengatur setting akun TikTok pertama kali, Anda diarahkan untuk memilih topik-topik konten yang disuka.

Misal Anda memilih konten tertentu seperti bisnis online. Pilihan tadi akan memengaruhi konten yang Anda tonton nanti di TikTok. Jadi konten seputar bisnis onlinelah yang akan paling sering Anda lihat.

Pengguna juga bisa menyortir sendiri kalau ada tipe konten yang tak sesuai minat mereka.

3. Tingkat Penyelesaian Menonton

Terakhir ada faktor “Completion Rates” atau tingkat penyelesaian menonton sebuah video. Semakin banyak audiens yang menonton video Anda sampai tuntas, maka TikTok akan memberikan penghargaan berupa peluang viral yang lebih besar.

Video-video yang ditonton sampai habis oleh pengguna dinilai lebih berkualitas dan menarik oleh tim TikTok. Buktinya masyarakat betah menonton sampai akhir.

Cara Promosi Lewat TikTok Termudah, Dijamin Masuk FYP

Sekarang tibalah kita pada pembahasan spesial terkait cara promosi lewat TikTok yang sukses masuk FYP. Mari langsung saja ikuti tips-tips berikut ini:

1. Pastikan Kualitas Rekaman Baik

Kualitas rekaman yang baik akan menjadikan audiens betah menyimak konten Anda sampai akhir, memberi likes, komentar atau membagikan ulang postingan Anda ke sosmed lain. Jadi buatlah konten yang enak dan nyaman untuk ditonton. Tidak hanya sekadar jernih saja, usahakan konten Anda cukup estetik, memuat informasi dan suara yang jelas, serta disusun secara apik agar mudah dipahami isinya!

2. Pakai Musik yang Sedang Hits

Inilah keuntungan membuat konten di TikTok. Anda tidak perlu repot mencari musik dari perangkat lain. Cukup gunakan lagu-lagu yang sedang hits di TikTok supaya konten Anda lebih cepat viral.

3. Rajin Berinteraksi

Rajin berinteraksi dengan sesama pengguna TikTok lain juga bisa membantu konten Anda cepat viral masuk laman FYP. Selain itu, reputasi akun bisnis Anda bisa ikut terbangun perlahan-lahan di mata konsumen. Masyarakat akan lebih mudah mengingat brand bisnis yang selalu menanggapi interaksi mereka dengan ramah.

4. Pastikan Pengaturan Sudah Benar

Jangan lupa untuk memastikan hal-hal seperti lokasi dan preferensi bahasa di setting akun TikTok sudah benar. Informasi kecil-kecilan ini tetap bermanfaat untuk memperlancar distribusi video ke kelompok pemirsa yang tepat. Akun-akun yang berlokasi di Indonesia sudah pasti akan menerima lebih banyak update postingan video dari pengguna Indonesia juga. Promosi Anda jelas akan sia-sia kalau video justru kesasar ke timeline FYP pengguna luar negeri.

5. Ide Konten Kekinian dan Segar

Semua konten viral pasti mempunyai isi yang kekinian, segar dan unik. Orang-orang selalu menyukai bahasan video yang baru dan menarik. Jadi cobalah untuk membuat video promosi yang seru, antimainstream dan memuat info-info kekinian supaya asyik saat ditonton.

Anda tidak melulu harus melakukan promosi secara langsung (hard-selling). Beriklan sambil diselipi humor parodi, dance kekinian, membahas permasalahan/isu sosial, dan mengadaptasi lagu-lagu yang sedang populer adalah alternatif yang patut dicoba.

6. Menggunakan Hashtag

Perhatikan baik-baik setiap video yang lewat di beranda FYP Anda. Hampir semua video pasti menggunakan hashtag tertentu, minimal #FYP. Keberadaan hashtag berpengaruh besar terhadap kesuksesan video TikTok karena mempermudah sistem dalam menyortir kategori video sebelum ditampilkan ke pengguna.

Hashtag juga bisa membantu penonton mencari video bisnis Anda dengan gampang. Mulai hari ini, pastikanlah konten-konten TikTok Anda sudah dilengkapi hashtag.

7. Mengikuti Challenge Viral TikTok

Terakhir, Anda bisa mengikuti challenge-challenge yang lagi viral di TikTok. Trend tantangan atau challenge di TikTok memang tidak akan ada habisnya. Setelah sebuah challenge sukses viral, maka pasti akan muncul lagi tantangan seru lainnya.

Challenge TikTok bisa hadir dalam beragam bentuk. Mulai dari challenge dance, lagu, prank, photomodel, dan sebagainya. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara promosi lewat TikTok terbaik. Yuk perkaya lagi wawasan Anda dengan rajin membaca tips-trik gratis dari MARKEY! Follow website MARKEY di https://markey.id/ atau download aplikasinya gratis di Google Play demi kenyamanan membaca yang lebih maksimal.

Sampai bertemu lagi di topik dunia bisnis menarik berikutnya, sayonara!