Last Updated on August 11, 2021 by
Brand UNIQLO tentunya memiliki berbagai macam pilihan jenis dan warna pakaian, dari banyaknya pakaian yang ada ini kerap kali menimbulkan masalah bagi para konsumen. Salah satunya, konsumen bingung memilih baju yang tepat. Yaps! Pasti Anda yang pernah berbelanja di UNIQLO pernah merasakannya juga.
Brand baju terkenal dan legendaris dari Jepang, UNIQLO menyadari salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh konsumennya ini. Oleh karena itu, UNIQLO di
Australia menghadirkan inovasi baru yang dapat membantu para konsumennya untuk memilihkan lebih dari 600 jenis t-shirt yang cocok untuk konsumen sesuai dengan mood mereka. Inovasi teknologi ini bernama UMOOD.
Daftar Isi
Apa itu UMOOD?
UMOOD adalah sebuah teknologi baru yang memberikan pengalaman digital bagi para konsumen UNIQLO yang mampu memilihkan jenis dan warna t-shirt yang sesuai dengan suasana hati para konsumennya. UMOOD ini dikembangkan oleh UNIQLO dengan kolaborasi bersama Isobar Australia, Melbourne University dan perusahaan Dentsu Aegis Network.
UMOOD menggunakan teknologi berbasis neuroscience. Neuroscience adalah ilmu yang mencoba untuk mengungkapkan misteri otak dengan menangkap gelombang-gelombang yang dikirim oleh otak manusia. Teknologi neuroscience ini merupakan teknologi yang juga mempelajari berbagai algoritma yang berhubungan dengan reaksi-reaksi yang terjadi pada otak manusia.
UNIQLO juga mengklaim bahwa UMOOD juga merupakan neuroscience stylist, karena UMOOD dapat memberikan rekomendasi pakaian yang tepat kepada para konsumen layaknya fashion stylist pada umumnya. Hanya saja fashion stylist ini berbentuk mesin pintar dan canggih yang mendeteksi algoritma pikiran dan reaksi emosional dalam otak konsumen, lalu mencocokkannya dengan berbagai jenis pilihan warna atau motif t-shirt yang dimiliki oleh UNIQLO.
Perasaan dan reaksi otak konsumen yang mampu ditangkap oleh UMOOD ini diantaranya adalah perasaan tenang, stress, atau suka berpetualang. Sehingga pelanggan akan mendapatkan rekomendasi pilihan t-shirt yang sempurna yang mencerminkan keadaan pikiran mereka.
UMOOD juga merupakan salah satu kampanye iklan yang dilakukan oleh UNIQLO. Teknologi yang digunakan pada UMOOD ini juga menunjukkan bagaimana reaksi otak manusia dalam menanggapi sebuah kampanye iklan.
Keunikan teknologi dari UMOOD ini menghadirkan pengalaman digital yang sangat personal dan berkesan bagi para konsumen. UMOOD memberikan pilihan cara baru untuk memberikan rekomendasi pilihan baju yang tentunya juga meningkatkan pembelian t-shirt UNIQLO.
Bagaimana Cara Kerja UMOOD?
UMOOD ini berbentuk mesin yang diletakkan di dalam store UNIQLO. Cara kerja UMOOD untuk menangkap gelombang otak konsumennya adalah dengan cara konsumen akan duduk di mesin UMOOD dan dipasangkan alat menyerupai headset yang ditempelkan di dahi konsumen. Headset neuro ini selanjutnya akan menangkap gelombang reaksi otak manusia, dan menganalisis respon gelombang yang ada di dalam otak.
Analisis data yang dilakukan oleh UMOOD akan ditampilkan di suatu layar yang berada di depan konsumen. Selanjutnya, analisis data ini akan berhubungan dengan emosional atau suasana hati yang dirasakan konsumen saat itu.
Lalu, UMOOD akan memilihkan pakaian yang sesuai dengan suasana hati pelanggan. Pilihan t-shirt dari UMOOD ini juga akan ditampilkan di layar yang ada di hadapan konsumen.
Hasil rekomendasi dari UMOOD terdiri dari gambar baju yang tepat, persentase kecocokan antara pakaian dengan suasana hati, harga dari pakaian tersebut, dan hingga rekomendasi lain yang juga sesuai dengan suasana hati dan perasaan konsumennya. Maka konsumen akan mendapatkan t-shirt yang sesuai dengan perasaan yang dirasakan di hari itu.
Inovasi Teknologi dalam Bisnis Fashion
Brand UNIQLO menunjukkan salah satu contoh dari penerapan inovasi teknologi ke dalam dunia fashion. Melalui penerapan teknologi yang dilakukan, UNIQLO juga mampu memberikan pengalaman fashion yang menarik dan unik dengan tujuan membantu konsumennya mendapatkan produk yang sesuai dengan personalisasi para konsumennya, dalam hal ini adalah emosi yang dirasakan konsumennya.
UMOOD dari UNIQLO ini juga menunjukkan bahwa teknologi juga dapat membantu perkembangan bisnis di dunia fashion. Penerapan dan perpaduan teknologi dengan dunia fashion saat ini mempengaruhi perkembangan kreatifitas yang ada di dalam dunia fashion. Penerapan teknologi dapat digunakan sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis fashion Anda.
Penerapan dan juga kemunculan teknologi di dalam dunia fashion pada awalnya akan terkesan aneh dan mungkin juga terdapat ketakutan dalam penerapannya untuk menjalankan bisnis, takut akan kecanggungan dan penolakan yang diberikan oleh masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu berbagai teknologi yang diterapkan di dunia fashion faktanya sangat membantu menyelesaikan permasalahan yang kerap dialami dalam dunia bisnis fashion.
Hambatan yang mampu dibenahi oleh teknologi terkait permasalahan yang ada di dunia fashion adalah permasalahan pemasaran toko-toko pakaian yang masih menggunakan pemasaran tradisional, teknologi juga mampu mengatasi permasalahan dalam proses produksi produk fashion, teknologi juga mampu membantu memprediksi perkembangan dunia fashion ke depannya sehingga dapat dijadikan strategi bagi pengembangan bisnis.
Inovasi teknologi juga tidak hanya sekedar membantu dari sisi produsen, teknologi juga membantu para konsumen. Dengan penerapan teknologi ke dalam bisnis fashion juga dapat membantu mempermudah interaksi konsumen dengan penjual, sehingga penjual mengetahui apa yang paling dicari, diperlukan, dan diinginkan para konsumennya.
Teknologi yang seringkali digunakan dalam dunia fashion adalah penerapan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kedua teknologi ini memberikan wajah baru bagi dunia fashion.
Teknologi AR dapat membantu para pelaku usaha di dunia fashion untuk menyesuaikan langkah strategis ke depannya untuk terus memberi layanan terbaik bagi para pelanggan. Teknologi AR penerapannya dapat memberikan sudut pandang baru bagi pelanggan untuk memutuskan membeli pakaian yang mereka inginkan. Sudut pandang baru ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang baik bagi para pelanggan.
Teknologi VR biasanya diterapkan dengan memberikan sensasi baru bagi konsumen untuk melihat dunia yang berbeda. Dalam dunia fashion teknologi VR akan membantu pelanggan dapat melihat dirinya menggunakan baju yang ada di toko tersebut tanpa harus pergi ke ruang ganti, dengan demikian hal ini akan membantu mempercepat pengambilan keputusan pelanggan dalam membeli produk di suatu toko pakaian. Kedua teknologi ini sangat membantu dalam berbagai aspek bagi perkembangan di dunia fashion.
Kini Saatnya Anda Menerapkan Teknologi ke Bisnis Fashion Anda
Penerapan teknologi terbukti mampu membantu dan memberikan masa depan baru bagi perkembangan bisnis di dunia fashion. Beberapa pelaku usaha di dunia fashion tentunya menyadari hal tersebut, sehingga mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi terbaik yang mampu memberikan pengalam digital dan penyelesaian masalah dalam bisnisnya.
Sekarang saatnya bagi Anda pelaku usaha di dunia fashion yang masih mengandalkan berbagai hal tradisional dalam pengembangan bisnis Anda untuk beralih. Sekarang saatnya bagi Anda untuk melirik keunggulan yang diberikan teknologi dalam membantu mempercepat perkembangan bisnis Anda.
Penggunaan teknologi tentunya dapat memberikan peluang dan sasaran target pasar yang lebih luas bagi bisnis Anda seperti yang dilakukan oleh brand UNIQLO. Melalui UMOOD, brand fashion UNIQLO ini menawarkan pengalaman digital dan penyelesaian permasalahan rekomendasi baju bagi para pelanggannya.
Bagi Anda yang ingin menerapkan teknologi ke dalam bisnis Anda, namun bingung ingin mulai dari mana. Hal pertama yang perlu Anda lakukan pertama adalah mengetahui permasalahan dan kelemahan toko atau bisnis yang Anda jalankan saat ini. Permasalahan bisa muncul dari kegiatan produksi, layanan kepada pelanggan, ataupun promosi.
Langkah yang selanjutnya Anda perlu lakukan adalah menerapkan inovasi teknologi untuk memecahkan permasalahan yang Anda alami. Kedua langkah ini tentunya tidak mudah dilakukan sendirian dan tentunya akan menyita waktu Anda.
Oleh karena itu, langkah tercepat untuk menyelesaikan permasalahan dalam bisnis Anda dan juga menginginkan solusi dengan sentuhan teknologi? Anda bisa mulai dengan langkah kecil dan singkat ini yaitu menghubungi Tim APPKEY dan konsultasikan semua permasalahan bisnis Anda dengan tim IT profesional.
APPKEY adalah perusahaan jasa pengembang aplikasi dan website bisnis untuk banyak kategori usaha dan menyediakan berbagai jasa digital marketing lainnya. Pastinya setiap aplikasi yang dikembangkan oleh APPKEY juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru sekaligus tercanggih dengan harga terjangkau.
Mengkonsultasikan permasalahan bisnis Anda dengan APPKEY membantu Anda untuk menerapkan dan mengkolaborasikan penggunaan teknologi ke dalam bisnis fashion Anda. Dengan memadukan inovasi teknologi maka Anda dapat mengikuti trend dan menentukan strategi bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis fashion Anda.
Segera konsultasikan dan susun strategi penerapan teknologi dalam bisnis fashion Anda dengan langsung menghubungi Tim APPKEY di https://appshop.co.id/
Simak terus dan nantikan artikel terbaru dari kami yaa hanya di https://markey.id/
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.