Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Mendulang Sukses dari Momen “Black Friday Sale” | Pengertian,...

Mendulang Sukses dari Momen “Black Friday Sale” | Pengertian, Tips dan Peluang Bisnis Online Unik

-

Selain momen Harbolnas, Anda juga bisa meraup omset tinggi dari bisnis online lewat momen Black Friday Sale Indonesia, lho! Seperti apa peluang bisnis unik satu ini?

Perayaan Black Friday adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu di Amerika Serikat dan Eropa, baik oleh pebisnis online maupun masyarakat konsumen. Pada hari tersebut semua toko akan memberikan diskon besar-besaran kepada masyarakat. Otomatis, jumlah pembelian dan omset pada hari tersebut akan meningkat tajam.

Konsep Black Friday memang sekilas mirip dengan Harbolnas yang sudah lama diadakan di Indonesia. Namun hal tersebut tetap tak menghalangi sebagian bisnis lokal Tanah Air yang ikut merayakan Black Friday dan sukses mendapat untung berlipat ganda.

Anda pun juga bisa memanfaatkan momen Black Friday sale Indonesia tahun ini untuk mendapat untung besar. Yuk kita mulai persiapkan diri dengan mengenal apa itu Black Friday, peluang keuntungannya dan juga tips-tips berbisnis saat momen tersebut tiba pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Apa Itu Hari “Black Friday Sale”?

black-friday-1

Belakangan ini, trend Black Friday Sale sudah mulai ramai diadaptasi di Indonesia. Di tahun 2021 ini, Black Friday diperkirakan jatuh pada hari Jumat, tanggal 26 November 2021. Namun sebelum mulai mengaplikasikan tips bisnis khusus untuk momen tersebut, sudahkah Anda tahu apa itu “Black Friday”?

Jika diterjemahkan secara harfiah, maka arti Black Friday adalah “Jumat Hitam”. Sesuai namanya, momen bisnis ini selalu diperingati pada hari Jumat. Akan tetapi bukan sembarang hari Jumat, Black Friday hanya dirayakan pada minggu keempat di bulan November setiap tahunnya.

Black Friday adalah momen spesial di mana semua bisnis online memberikan diskon dan penawaran super miring terhadap produk-produk yang ia jual. Alhasil, momen ini sangat ditunggu-tunggu oleh konsumen yang ingin puas berbelanja produk bagus murah-meriah.

Memang sejatinya momen Black Friday adalah milik negara Eropa dan Amerika. Akan tetapi belakangan ini tidak sedikit pebisnis online Indonesia yang menunggu dan ikut merayakan Black Friday. Para pebisnis ini tidak ingin melewatkan kesempatan bagus untuk mendapat penjualan yang lebih tinggi dari biasanya. Begitupun konsumen lokal yang ingin mendapat produk branded dengan harga miring.

Sejarah Black Friday

Tidak pernah ada yang benar-benar tahu persis bagaimana, kapan dan siapa yang memulai Black Friday pertama kali. Selain itu ada cukup banyak sejarah Black Friday yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat Eropa dan Amerika Serikat. Salah satu teori sejarah Black Friday yang populer menyebut bahwa istilah “Black Friday” digunakan pertama kali oleh polisi daerah Philadelphia tahun 1950.

Kala itu, polisi setempat mengalami kewalahan mengatasi kerumunan dan lalu lintas akibat masyarakat yang ramai berbelanja untuk kebutuhan Natal. Akibatnya para polisi harus tetap bekerja lembur sampai akhir pekan. Dari sanalah istilah “Black Friday” muncul karena para polisi merasa “sedih” dan “berduka” harus kerja lembur di akhir pekan.

Ada juga teori lain yang menyatakan arti kata “Black Friday” berkaitan dengan laporan keuangan yang surplus atau positif. Warna hitam selalu digunakan untuk menandai hasil laporan keuangan yang untung dan mengalami kenaikan; sementara warna merah menandai hasil yang sebaliknya. Masuk akal juga, ya?

Intinya, setiap teori terkait sejarah Black Friday memang berkaitan dengan momen belanja dan perekonomian. Terlebih lagi hari Black Friday selalu jatuh setelah perayaan hari raya Thanksgiving. Momen ini juga menjadi penanda dimulainya musim libur Natal dan tahun baru di akhir tahun.

Jika diamati menurut waktu pelaksanaannya, maka tidak mengherankan Black Friday selalu dinanti-nanti. Momen tersebut nyatanya merupakan waktu yang sangat strategis bagi masyarakat untuk berbelanja.

Artikel terkait  Cara Membangun Kerangka Strategi Konten Marketing

Peluang Berbisnis di Black Friday Sale Indonesia

Apakah Black Friday hanya berlaku untuk masyarakat Eropa dan Amerika saja? Tadinya memang begitu. Namun sekarang, Indonesia pun turut merayakan momen penjualan khusus ketika hari Black Friday tiba. Sebab tak dapat dipungkiri bahwa momen Black Friday menyimpan peluang bisnis yang amat menjanjikan.

Black Friday menjadi momen yang tidak sepatutnya dilewatkan karena jumlah omset yang didapat bisa sangat besar mencapai $142,5 miliar atau sekitar 1,9 triliun rupiah. Sangat fantastis!

Di Indonesia sendiri, momen Black Friday mayoritas diikuti oleh bisnis-bisnis online atau e-commerce melalui tawaran diskon dan promo. Ada juga beberapa toko online yang menyelenggarakan promo Black Friday selama 2-3 hari demi meraih keuntungan yang paling maksimal.

Bayangkanlah berapa untung yang bisa Anda peroleh pada akhir tahun 2021 nanti jika menyelenggarakan penjualan Black Friday dan Harbolnas secara berurutan. Auto jadi kaya raya!

Jadi tunggu apa lagi? Jangan buang-buang kesempatan dan mari kita mulai persiapkan diri untuk menghadapi momen Black Friday Indonesia tahun ini.

5 Tips Sukses Berjualan Online Ketika Black Friday Sale Indonesia 2021

black-friday-3

Nah, kalau Anda tertarik dan ingin mengetahui strategi penjualan yang paling pas untuk menyambut Black Friday, kami punya solusinya. Di bawah ini kami sudah rangkum 5 tips sukses berjualan online ketika Black Friday Indonesia tiba:

1. Memilih Strategi Diskon untuk Black Friday

Trik pertama untuk sukses merayakan Black Friday adalah dengan memilih strategi diskon yang tepat. Dalam dunia bisnis online ada banyak sekali taktik dan bentuk diskon yang bisa disajikan kepada konsumen. Contohnya seperti voucher, potongan harga, kode promo, flash sale, bundling, beli 1 gratis 1, dan seterusnya.

Setiap strategi tentunya mempunyai ciri khas masing-masing. Jika Anda memilliki stok produk yang banyak, maka Anda bisa memilih strategi diskon potongan harga. Cara ini efektif untuk mendorong pembelian produk dengan cepat. Anda pun tidak perlu khawatir jika produk habis diborong konsumen, sebab Anda bisa langsung mengisi ulang stok.

Sedangkan trik diskon dengan voucher lebih cocok untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Anda bisa memanfaatkan momen Black Friday untuk memberikan voucher belanja kepada konsumen yang belum pernah sama sekali mengunjungi toko Anda.

Kalau Anda menjual produk-produk mahal dan branded, maka ada baiknya menyelenggarakan promo pengiriman satu hari gratis untuk konsumen. Konsumen akan lebih tertarik membeli produk Anda karena bisa langsung menerimanya sesegera mungkin setelah pembayaran. Taktik ketiga ini sudah terbukti sukses diaplikasikan oleh brand Apple.

2. Menentukan dan Mengelompokkan Produk Jualan

Tidak hanya promonya saja, Anda juga harus menentukan dan mengelompokkan produk-produk mana yang akan dijual ketika Black Friday tiba. Hal ini penting untuk mencegah Anda memberi promo yang salah dan mengalami kerugian.

Cara ini cocok untuk Anda yang menjual banyak jenis produk di toko. Tentunya setiap produk memiliki “daya jual” yang berbeda-beda di masyarakat, bukan?

Nah, untuk mempermudah, Anda bisa mengelompokkan produk dengan sistem ABC. Sistem ini membantu mengelompokkan produk berdasar keuntungan yang bisa didapat:

  • Produk kategori A: produk-produk paling laku “best-seller” Anda. Berjumlah 20% dari total stok dan untung 70% dari omset.
  • Produk kategori B: produk dengan tingkat laku standar. Berjumlah 30% dari stok dan untung 25% dari omset.
  • Produk kategori C: produk yang tidak begitu laku. Berjumlah paling dominan dari stok tapi membawa untung hanya 5% saja.

Ketika Black Friday tiba, jangan memberi diskon terlalu banyak untuk produk kategori A. Namun permintaan akan produk A bisa melonjak sangat tajam, jadi Anda wajib untuk memastikan stok produk kategori A selalu tersedia selama Black Friday.

Sementara produk B dan C Anda bisa jual dengan diskon yang lebih besar atau fleksibel. Dengan begini, produk-produk tersebut lebih mudah laku terjual.

Artikel terkait  Inovasi Fitur Belanja Terbaru YouTube 2021 | Pedoman Terlengkap Berjualan Online di YouTube

3. Gunakan Aplikasi Bisnis Online Canggih dan Anti Lemot

black-friday-2

Salah satu kendala yang sering dihadapi pebisnis online ketika Black Friday atau Harbolnas adalah aplikasi bisnis online mereka mendadak lemot, tidak merespon dan tidak bisa dipakai. Hal ini dikarenakan tingginya jumlah orang yang mengakses aplikasi bisnis Anda demi mengejar promo. Hasilnya, sistem di aplikasi tidak kuat dan nge-down.

Jangan sampai hal tersebut menimpa bisnis Anda dan mengakibatkan kerugian! Cara terbaik untuk mencegah aplikasi e-commerce Anda mendadak “rusak” adalah dengan memaksimalkannya dari jauh-jauh hari. Apabila perlu, Anda bisa meningkatkan kapasitas di aplikasi supaya bisa menampung lebih banyak pembeli yang datang saat Black Friday.

Namun kalau Anda tidak mau ribet atau tidak begitu paham cara memaksimalkan aplikasi bisnis sendiri, kami punya solusinya. Mulailah beralih menggunakan aplikasi e-commerce APPKEY untuk melancarkan bisnis online Anda dari sekarang!

Mengapa harus aplikasi e-commerce APPKEY? Tidak seperti aplikasi lain, aplikasi e-commerce APPKEY membawa banyak keuntungan untuk usaha Anda, seperti:

  • Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih terbaru dan lengkap selayaknya pada aplikasi e-commerce populer (Tokopedia, Amazon, Zalora, Shopee, dan seterusnya).
  • Menggunakan sistem dan mesin terbaru. Kapasitas aplikasi e-commerce APPKEY juga bisa diupdate untuk bisa menampung banyak konsumen saat momen Black Friday dan Harbolnas.
  • Bebas dikustomisasi dan disesuaikan dengan profil bisnis Anda.
  • Terdapat tim IT khusus untuk membantu mengatasi segala permasalahan dengan aplikasi Anda.

Yuk dapatkan aplikasinya langsung di https://appshop.co.id/appshopping/ sekarang juga! Plus, Anda bisa melakukan konsultasi gratis bersama tim ahli APPKEY untuk mencari solusi permasalahan bisnis online Anda.

4. Infokan Promo Black Friday Jauh-Jauh Hari di Sosmed

Sudah siap dengan produk yang akan dijual dan aplikasi bisnis? Sekarang tiba waktunya untuk menginfokan promo Black Friday di sosial media bisnis Anda.

Sosial media menjadi sarana terbaik untuk mengetahui beragam promo yang Anda tawarkan, termasuk promo Black Friday. Apalagi kalau sasaran pasar Anda adalah orang-orang yang tidak pernah mengikuti Black Friday sale sebelumnya. Dijamin mereka akan antusias dan tertarik berbelanja ketika Black Friday tiba!

Ada beberapa cara yang baik untuk mempromosikan bisnis menjelang Black Friday, yaitu:

  • Memasang iklan berbayar di sosial media. Iklan berbayar bisa tersebar ke berbagai pengguna sosmed, baik lokal maupun internasional.
  • Rajin memposting konten promosi terkait Black Friday di sosial media Anda.
  • Sering-sering berinteraksi dengan pengikut sosial media Anda, seperti membalas pesan dan komentar mereka. Cara ini bisa menumbuhkan antusias dari konsumen.
  • Bekerjasama dengan influencer atau artis untuk mempromosikan iklan Black Friday. Influencer memiliki pengaruh yang kuat di kalangan masyarakat. Jadi, mereka dapat dengan mudah meyakinkan orang-orang untuk ikut berpartisipasi di promo Black Friday Anda.

5. Buat Desain Khusus untuk Toko selama Black Friday

Tips terakhir untuk sukses menyambut Black Friday adalah dengan membuat desain khusus bagi toko Anda. Cara ini banyak dipraktekkan oleh bisnis online luar negeri. Anda bisa membuat tema khusus untuk diterapkan sebagai tampilan bisnis online demi menarik rasa penasaran dan perhatian konsumen.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat tampilan tema toko online bernuansa serba gelap untuk menyambut “Black Friday”. Pasang banner diskon online bertuliskan “Black Friday” di setiap laman aplikasi. Tidak ada salahnya juga untuk membuat kategori khusus promo “Black Friday” untuk memudahkan konsumen menemukan diskon yang dicari.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar momen unik Black Friday sale Indonesia! Semoga artikel di atas mampu menjadikan Anda lebih sigap dalam memanfaatkan peluang Black Friday 2021.

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Jangan lupa untuk mendownload aplikasi baru MARKEY di Google Play (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appkey.markey) untuk belajar bisnis online gratis yang lebih baik, mudah dan nyaman. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya