Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranInternet marketingTrik Cara Berjualan di Marketplace Facebook

Trik Cara Berjualan di Marketplace Facebook [Update Lengkap]

-

Last Updated on June 4, 2022 by appkey

Ingin punya penghasilan tambahan tanpa perlu repot bekerja di kantor? Coba berjualan di marketplace Facebook, yuk! Dijamin mudah, praktis dan untung hingga jutaan rupiah sebulan!

Siapa yang tidak kenal Facebook? Aplikasi media sosial buatan Mark Zuckenberg ini sangat populer sejak tahun 2010 dan sampai hari ini masih digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Bahkan sebelum ragam media sosial menjadi sebanyak sekarang, Facebook adalah salah satu media sosial yang hadir pertama kali di masyarakat alias pelopor, lho.

Bagi Anda pengguna setia aplikasi Facebook, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa media sosial ini memiliki fitur khusus untuk menjual dan membeli barang secara online. Fitur ini bernama Marketplace Facebook.

Tidak seperti forum Facebook lainnya, khusus dalam ruang virtual ini Anda bisa menjual barang apa saja secara online kepada jutaan pengguna Facebook. Begitupun Anda bisa membeli aneka barang via online yang ditawarkan oleh pengguna Facebook lain.

Tertarik untuk mencoba berjualan di halaman khusus milik Facebook? Ingin tahu cara jualan di marketplace Facebook yang dijamin laris manis diborong konsumen?

Yuk lanjut simak artikel kali ini tentang cara pasang iklan serta berjualan di Facebook marketplace! Pastikan membaca sampai tuntas ya, supaya lapak dagangan Anda terjamin laris manis diserbu konsumen di Facebook. Selamat membaca!

Baca juga : Strategi Facebook Marketing untuk Menggaet Konsumen via Chat Facebook

Peluang Raih Omset Besar Per Bulan dengan Bisnis Online di Facebook

facebook-bisnis-1

Kegunaan media sosial memang sejatinya tidak terbatas. Sebagai sebuah dunia virtual, media sosial sukses memberikan banyak manfaat positif bagi masyarakat. Mulai dari berkenalan dengan orang baru, bergabung berkomunitas dengan grup sesuai hobi, mendapatkan banyak ragam informasi menarik, hingga memasarkan barang secara online.

Facebook adalah media sosial yang tepat untuk melakukan semua aktivitas di atas. Di Facebook, Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang, menyimak berita baru, bergabung ke komunitas hingga berjualan. Oleh sebab itulah, banyak orang akhirnya menobatkan platform ternama satu ini sebagai rajanya media sosial.

Ketenaran Facebook jelas sudah tak perlu diragukan lagi. Saking banyaknya jumlah pengguna Facebook dari seluruh dunia, maka alhasil tidak mengherankan jika banyak orang mencoba peruntungan dengan membuka lapak jualan di Facebook. Sebab tentu saja, bagi seorang pebisnis, setiap pengguna Facebook lain yang mereka temui adalah calon konsumen yang potensial.

Aktivitas jual beli pada Facebook memang tergolong tinggi seperti pada e-commerce. Kegiatan transaksi dagangan online Facebook berawal dari timeline, kemudian merambah kepada komunitas, grup dan forum. Hingga akhirnya, pihak Facebook menyadari potensi forumnya sebagai tempat jual beli yang menjanjikan dan secara resmi membuatkan forum marketplace khusus.

Facebook Marketplace merupakan suatu wadah khusus untuk pedagang atau seller agar bisa menggelar lapak bisnisnya secara online di Facebook. Melalui fitur ini, pihak Facebook memfasilitasi kegiatan pemasangan iklan dagangan agar lebih mudah, cepat dan praktis. Terdapat pula beragam fitur khusus yang mempermudah bisnis Anda, seperti filter produk, live chat dengan seller, nego harga, dan seterusnya.

Di Facebook Marketplace, Anda dapat menemukan beragam tipe serta kategori produk yang ditawarkan oleh para seller mulai dari kosmetik, perangkat elektronik, pakaian anak, dan masih banyak lainnya. Selain itu, marketplace menjadi tempat negosiasi antara penjual dan pembeli sebelum proses transaksi resmi berlangsung baik secara COD maupun pengiriman paket via ekspedisi.

Melalui fitur chat yang disediakan, Anda selaku penjual bisa berdiskusi dengan calon pembeli terkait penawaran harga, mengatur pertemuan untuk transaksi langsung atau COD, dan menentukan metode pembayaran plus pengiriman produk.

Menarik sekali, bukan? Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengikuti cara jualan di Facebook. Apabila dipraktekkan dengan tepat pun, cara-cara jualan di Facebook ini terbukti sukses mendatangkan omset tinggi hingga jutaan rupiah sebulannya! Bisnis Facebook ini sangat cocok untuk mahasiswa, ibu rumah tangga atau pekerja kantoran yang ingin memperoleh penghasilan tambahan tanpa mengganggu aktivitas utama sehari-hari.

Nah tunggu apa lagi, mengambil peruntungan dengan mencoba cara pasang iklan di marketplace Facebook menjadi salah satu hal yang tak boleh Anda lewatkan! Tetapi bagaimana cara pasang iklan di Facebook? Apa saja syarat dan ketentuan yang akan diperlukan untuk memenuhi cara daftar marketplace Facebook? Jawaban lengkapnya tersedia pada poin selanjutnya.

Artikel terkait  10 Cara Bisnis Online Ebook Gratis dengan Untung Maksimal!

Cara Daftar Marketplace Facebook untuk Pemula

Tips-Jualan-marketplace

Tidak perlu khawatir, karena mendaftar di marketplace Facebook sejatinya tidak sulit! Cara daftar marketplace Facebook tak lain adalah dengan membuat akun pribadi Facebook milik Anda sendiri. Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buat akun Facebook milik sendiri jika belum punya akun sebelumnya atau ingin menggunakan akun bisnis sendiri supaya lebih profesional. Namun Anda tetap bisa menggunakan akun pribadi kalau tidak ingin repot membuat akun baru. Yang penting, penuhi syarat yang diperlukan untuk menjadi pengguna Facebook yakni harus sudah berusia diatas 18 tahun.
  2. Jika sudah memenuhi syarat, maka Anda boleh melanjutkan ketahap pertama pendaftaran.
  3. Buka aplikasi atau laman Facebook di www.facebook.com terlebih dahulu.
  4. Sign up atau log in ke akun Facebook Anda. Untuk sign up, Anda akan memerlukan identitas seperti nomor telepon dan e-mail aktif beserta password. Demi alasan keamanan, usahakan menggunakan password yang kuat dan tidak mudah tertebak, seperti kombinasi angka dan huruf. Kemudian, pastikan akun Facebook untuk bisnis Anda sudah memiliki identitas lengkap seperti nama, deskripsi, alamat, hingga foto profil.
  5. Setelah masuk ke halaman Facebook, carilah ikon marketplace.
  6. Ikon Marketplace berbentuk berupa toko kecil yang biasanya terletak di bagian bawah halaman atau aplikasi Facebook.
  7. Klik ikon tersebut, kemudian Anda akan tiba di halaman tersebut.
  8. Nantinya, Anda akan disambut dengan beragam foto barang dagangan dari seller yang berlokasi di dekat wilayah Anda.

Selamat, Anda sudah tiba di Facebook marketplace! Sekarang, bagaimana cara agar Anda bisa mulai berjualan di marketplace tersebut? Mari lanjut simak bagian selanjutnya!

Cara Jualan di Marketplace Facebook yang Tepat dan Dijamin Untung

Membuka bisnis sampingan di masa kini memang sudah bukan hal yang sulit. Bahkan dengan bermodalkan media sosial dan koneksi internet saja, Anda sudah bisa berjualan!

Setelah mengetahui bagaimana cara login ke Facebook marketplace, kini tiba waktunya untuk berjualan! Namun sebelum mulai memasarkan barang dagangan, Anda harus memahami poin penting terlebih dahulu: Anda bisa menjual produk apa saja, baik produk baru maupun preloved (barang bekas pakai milik pribadi yang masih layak digunakan). Hanya saja, Facebook tidak menyediakan jasa pengantaran barang ke alamat pembeli. Sistem ini sangat berbeda dengan e-commerce yang menyediakan jasa pengantaran barang sendiri.

Facebook Marketplace hanya dimanfaatkan untuk memasarkan barang dan melakukan kesepakatan dengan calon pembeli. Oleh sebab itu, setiap seller harus mengusahakan sendiri mekanisme pengiriman barang kepada pembeli, baik dengan sistem COD (cash on delivery) serta ojek online untuk pengiriman dalam satu domisili, atau pengiriman ekspedisi untuk konsumen antar provinsi.

Selanjutnya, terdapat empat langkah simpel untuk mulai mengupload produk dan berjualan di marketplace Facebook. Langkah-langkah ini pun cukup mudah untuk diaplikasikan pada level pemula. Berikut penjelasan lengkapnya, dicatat baik-baik, ya!

1. Membuat Foto Produk

Langkah pertama dari proses menjual barang di Facebook marketplace adalah dengan membuat foto produk yang hendak dipasarkan. Tanpa adanya foto produk, pembeli tentu tidak akan mengetahui barang apa yang Anda tawarkan sekaligus tidak akan merasa tertarik untuk berbelanja. Foto produk menjadi representasi dari produk yang Anda jual di dunia maya.

Dalam satu kali upload, Facebook marketplace memungkinkan Anda untuk bisa memasukkan hingga 10 foto atau video. Jumlah ini sudah sangat memadai bagi Anda untuk menampilkan tampilan asli produk dari beragam sisi dan mendetail.

Sebaiknya buatlah foto produk secara original, memakai pencahayaan alami, serta tidak menggunakan filter. Hal ini penting supaya konsumen bisa mendapatkan bayangan asli dari produk dan tidak akan merasa tertipu jika produk yang tiba tidak sesuai ekspektasi.

Setelah memiliki foto produk, Anda bisa mulai membuat postingan di halaman marketplace. Cara-caranya adalah

  1. Buka laman beranda Facebook, lalu cari dan klik ikon marketplace.
  2. Klik bagian “+ buat tawaran baru”.
  3. Klik “barang dijual”.
  4. Klik “tambahkan foto”.
  5. Pilih foto produk yang sudah siap untuk dipublikasikan.

2. Menulis Deskripsi Produk

Langkah selanjutnya setelah mengunggah foto adalah menulis deskripsi produk. Di sini, Anda harus mencantumkan informasi sejelas mungkin seperti nama produk, harga dan deskripsi lainnya. Deskripsi memiliki peranan penting supaya konsumen bisa mengetahui spesifikasi dari produk dan mencocokkan produk Anda dengan kebutuhan mereka.

Kolom deskripsi produk juga bisa dijadikan laman promosi secara tidak langsung, lho. Caranya, Anda cukup menulis deskripsi menarik atau keunggulan-keunggulan produk yang membedakannya dari produk milik kompetitor. Dengan membaca caption menarik serta keunggulan produk, calon konsumen dijamin akan lebih tertarik untuk men-check out produk Anda.

Uniknya, Facebook marketplace menyediakan fitur di mana Anda bisa memberikan produk secara gratis. Khusus untuk produk yang ingin ditawarkan secara gratis, cukup input harga sebesar 0 rupiah saja. Begitu selesai menulis deskripsi, jangan lupa mengklik ikon “berikutnya” agar proses upload dapat dilanjutkan.

Artikel terkait  10+ Contoh Kalender Konten Terbaik Tahun Ini [Free Template]

3. Menginput Kategori dan Lokasi Penjual

cara-jual-marketplace

Data terakhir yang harus Anda input sebelum meluncurkan iklan di Facebook marketplace adalah kategori produk dan lokasi dari penjual. Kedua informasi ini merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan, sebab pembeli di marketplace cenderung mencari produk berdasarkan kata kunci atau kategori produk dan lokasi penjual.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat yang berbelanja online cenderung enggan membayar lebih untuk ongkos kirim. Oleh karena itu, mereka biasanya memanfaatkan fitur gratis ongkir supaya tidak perlu merogoh kocek lebih dari jumlah belanjaan.

Sayangnya, Facebook marketplace tidak menyediakan fitur gratis ongkir selayaknya pada e-commerce. Jadi, para pembeli menjadi lebih selektif memilih pedagang yang domisilinya sama supaya bisa melakukan COD tanpa perlu bayar ongkos kirim.

Jadi, selalu pastikan untuk menginput kategori dan lokasi dengan benar, agar pembeli mudah menemukan lapak dagangan Anda, ya!

4. Posting Iklan Anda

Setelah memastikan semua data yang dibutuhkan telah terinput dengan benar, maka langkah terakhir adalah memposting iklan Anda. Cukup klik tombol “terbitkan” dan selesai sudah! Kini, iklan dagangan produk online Anda sudah meluncur di timeline kalangan pengguna Facebook marketplace.

Tips Jualan di Marketplace Facebook Praktis dan Mendatangkan Omset Jutaan

Sebagai forum khusus jual beli yang ramai, Facebook marketplace tentunya memiliki jumlah persaingan yang cukup ketat. Jadi, bagaimana caranya agar bisnis Anda bisa unggul dalam persaingan tersebut?

Kuncinya, Anda harus menguasai aneka tips jualan di marketplace Facebook dengan tepat. Tekun menjalani bisnis dan rajin berpromosi saja nyatanya masih belum cukup. Bahkan jika Anda sekadar memposting produk saja tanpa mengikuti aneka tips bisnis di marketplace dengan tepat, maka bukannya untung, Anda bisa jadi malah akan merugi akibat salah strategi. Hal ini karena kembali lagi, sistem marketplace Facebook pada dasarnya berbeda dengan sistem digital marketing untuk platform media sosial lain ataupun e-commerce.

Cara paling jitu agar bisnis Anda ramai pembeli dengan sendirinya di Facebook adalah dengan memasuki daftar “top picks” dari marketplace. Saat ini, setiap pedagang di marketplace saling berlomba-lomba agar bisa memasuki daftar tersebut.

Anda pun tentu bisa mengantarkan bisnis ke daftar urutan top picks dengan mengikuti tips jualan di marketplace Facebook yang satu ini:

1. Memberikan Harga Kompetitif dan Jujur

Tips sukses berjualan di marketplace yang pertama yaitu dengan memberikan harga produk yang kompetitif. Memberikan harga yang jujur dan sesuai dengan kualitas produk adalah kunci kesuksesan bisnis online, sebab dengan bersikap jujur, Anda akan berhasil meraih rasa percaya dari pelanggan.

Jika pelanggan telah memiliki rasa percaya terhadap toko Anda, maka mereka akan datang untuk terus berbelanja. Selain itu, reputasi toko Anda pun akan ikut terbangun dengan baik di masyarakat.

Hindari memberikan harga yang terlalu tinggi karena akan menjadikan produk susah laku. Pun usahakan juga agar tidak memberikan harga terlalu rendah sebab akan mematikan harga produk di pasar. Memilih harga produk terbaik di titik ideal adalah jalan paling baik yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda masih bingung berapa rentang harga produk yang Anda jual di pasaran, maka tidak ada salahnya untuk melakukan surey kecil-kecilan mengamati harga produk serupa yang dijual di toko lain.

2. Mengunggah Foto Produk yang Menarik

Pastikan foto produk yang Anda unggah tampak menarik, diambil dari beragam sisi, dan merupakan gambar asli tanpa editan. Seperti yang sudah sempat dijelaskan pada poin sebelumnya, foto produk yang baik, menarik dan terlihat asli akan menjadi sinyal kuat bagi pelanggan bahwa barang jualan Anda memiliki kualitas baik.

Selain itu, cara ini akan turut memperkuat rasa percaya pembeli terhadap penawaran di toko Anda. Akhirnya, mereka pun akan merasa tertarik untuk mencoba berbelanja. Namun jangan lupa untuk memberikan watermark kecil atau tulisan samar berupa nama toko Anda pada foto produk. Pemberian watermark kecil ini cukup penting guna menghindari aksi pencurian gambar produk oleh oknum penjual marketplace nakal.

3. Lokasi Toko yang Dekat dengan Konsumen Target

Tips berikutnya adalah menggunakan lokasi penjualan yang dekat dengan lokasi pasar sasaran. Pembeli di marketplace juga cenderung melakukan pencarian produk yang dekat dengan lokasi mereka demi menghindari kewajiban membayar ongkos kirim (ongkir) paket.

Sistem jualan di marketplace Facebook memang unik dan tidak seperti paham bisnis online kebanyakan. Jika pada platform lain Anda justru dianjurkan untuk menyasar konsumen sejauh-jauhnya, maka di marketplace Facebook, memasang rentang posisi yang terlalu luas atau jauh justru akan menambah jumlah pesaing bisnis Anda.

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan rentang jarak ideal sekitar 8 sampai 10 mil untuk informasi di marketplace. Jangan takut jika produk Anda akan sepi pembeli hanya karena dipasarkan untuk ranah lokal.

Sebab apabila produk Anda memang berkualitas dan banyak peminatnya, maka bukan tidak mungkin bagi pembeli dari luar wilayah sengaja datang untuk berbelanja di toko Anda. Atau Anda mendapat kesempatan untuk membuka cabang melalui sistem mitra reseller dan dropshipper.

Artikel terkait  9 Rencana Pemasaran Produk Makanan Online yang Laris Manis

4. Menyebarkan Iklan ke Berbagai Grup Facebook

Tips terakhir untuk memperluas pasar Facebook marketplace Anda adalah dengan menyebarkan iklan dagangan kepada group-group yang Anda ikuti di Facebook. Marketplace menyediakan fitur sharing postingan kepada banyak group dengan 1 kali pengiriman. Cara ini cukup praktis dan efektif untuk menyebarkan iklan Anda kepada seluruh pengguna Facebook.

Namun tetap pastikan untuk menyebarkan iklan kepada group yang relevan dengan domain bisnis Anda, ya! Seperti misalnya Anda berjualan produk gadget. Maka, sebarkan informasi dagangan Anda kepada group yang membahas seputar gadget saja, bukan yang lain. Menyebarkan iklan ke target pasar yang tepat akan lebih memperbesar peluang dagangan Anda laku terjual.

Selain itu, jangan terlalu sering menyebar iklan ke group seperti 5 sampai 10 kali sehari. Menyebarkan iklan yang terlalu intens bisa memancing rasa kesal anggota group karena menganggap Anda melakukan aksi spam iklan.

Lakukan promosi ke group-group secara sewajarnya saja. Anda juga bisa menyiasati promosi melalui trik soft-selling dengan menghadirkan konten informatif seperti artikel berwawasan berbalut promosi secara tersirat.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini terkait cara jualan di marketplace Facebook paling ampuh yang bisa Anda coba. Menarik sekali bukan pembahasan kali ini? Nah, apakah sekarang Anda tertarik untuk mencoba berjualan di marketplace Facebook? Jangan lupa untuk mempraktekkan tips-tips di atas supaya bisnis online Anda bisa segera menghasilkan untung, ya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel sampai di sini. Sampai jumpa lagi di lebih banyak pembahasan menarik lainnya seputar dunia digital marketing dari Markey.id. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya