Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Online Service Cepat Tanggap Atasi Keluhan Konsumen Olshop Anda dengan Aplikasi...

Cepat Tanggap Atasi Keluhan Konsumen Olshop Anda dengan Aplikasi Penjawab Komplain Otomatis

-

Semua bisnis pasti pernah menerima komplain dari konsumen, termasuk bisnis online. Tidak peduli mau sesukses apapun, sebuah perusahaan pasti pernah membuat kesalahan dalam proses kerjanya.

Bisnis online juga tak luput dari kekurangan ini. Sebagai sebuah usaha yang dijalankan manusia, wajar saja kalau masih terdapat sejumlah kelebihan dan kekurangan bisnis online. Di satu sisi, bisnis online sangat mudah, praktis dan bisa dimulai tanpa modal. Di sisi lain, tantangan mengatasi komplain pelanggan terasa dua kali lebih berat bagi bisnis online.

Buktinya, masih banyak bisnis online yang kewalahan ketika mengatasi komplain konsumen secara jarak jauh mengandalkan fitur chat. Belum lagi jika komplain tersebut datang dari banyak konsumen dan Anda hanya bekerja seorang diri sebagai admin di online shop Anda. Pasti rasanya sangat merepotkan menjawab semua komplain sendirian.

Apakah Anda sendiri pernah mengalami serangan komplain konsumen yang sulit dikendalikan? Jika iya, maka kami punya kabar gembira untuk Anda! Sekarang sudah ada aplikasi khusus untuk mengatasi komplain bernama “Zendesk” yang siap membantu Anda. Aplikasi ini sangat praktis, mudah dipakai dan pastinya cekatan dalam menyelesaikan permasalahan dari konsumen Anda.

Seperti apa cara kerja dan manfaat dari aplikasi Zendesk? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya bersama-sama pada artikel Markey kali ini. Selamat membaca!

Mengenal Berbagai Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya

menangani-komplain-customer-1

Pepatah “Konsumen adalah raja” nampaknya selalu berlaku dalam dunia bisnis, baik bisnis toko tradisional maupun bisnis online modern. Tanpa adanya konsumen, jelas bisnis Anda tidak akan sukses mendapatkan untung. Oleh sebab itu, Anda wajib untuk selalu membangun dan memelihara loyalitas konsumen.

Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen tersebut? Salah satu jawabannya adalah dengan menguasai berbagai contoh komplain pelanggan dan cara mengatasinya.

Komplain selalu datang dari konsumen yang tidak puas dengan pelayanan ataupun produk Anda. Kebanyakan konsumen cenderung tidak ragu melontarkan komplain karena mereka sudah rela membayar untuk bisa mendapatkan pelayanan terbaik.

Di sini Anda wajib berhati-hati. Sebab, apabila konsumen tetap tidak puas dengan solusi yang Anda tawarkan maka mereka sudah tidak mau lagi belanja di tempat Anda. Mereka akan langsung pergi mencari toko baru. Anda pun otomatis merugi karena sudah kehilangan loyalitas konsumen.

Daripada menyesal di kemudian hari, yuk kita pelajari dulu beberapa contoh komplain pelanggan dan cara mengatasinya berikut ini.

Artikel terkait  8 Produk Online Shop Paling Laku dan Laris di Indonesia

1. Pelanggan yang Mengeluh Sudah Menunggu Lama

Tidak ada seorangpun yang senang menunggu lama, apalagi seorang pembeli. Ada cukup banyak alasan mengapa seorang pembeli terpaksa harus menunggu sebelum bisa mendapatkan pelayanan, seperti kurangnya tenaga admin di toko online Anda.

Dalam kasus bisnis online, cukup banyak konsumen merasa kesal karena penjual tidak mampu menjawab pertanyaan mereka sesegera mungkin. Hasilnya, calon konsumen membatalkan niatnya untuk belanja di tempat Anda.

Sebagai solusinya, Anda bisa menambah tenaga admin olshop atau memasang chat bot alias robot penjawab pertanyaan konsumen secara otomatis. Namun apabila Anda tetap menerima komplain, maka jangan ragu untuk mengakui kesalahan. Katakan kepada konsumen: “Terima kasih sudah menunggu. Kami menyadari permasalahan dan sedang berusaha mengupayakan solusi yang terbaik”.

2. Produk yang Tidak Sesuai Deskripsi

Contoh komplain pelanggan dan cara mengatasinya yang kedua datang dari produk. Masalah ketidaksesuaian produk sangat sering terjadi semenjak bisnis online semakin marak.

Dalam sistem bisnis online, konsumen hanya dapat melihat deskripsi dan foto produk sebelum membeli. Alhasil, tak sedikit pelanggan akhirnya protes karena merasa produk yang diterima tidak sesuai dengan foto atau deskripsi di toko online. Ini juga merupakan salah satu kelebihan dan kekurangan bisnis online lainnya.

Ada sejumlah penyebab mengapa produk asli bisa dinilai tidak sesuai deskripsi. Alasan pertama, bisa jadi pembeli tidak teliti atau malas membaca deskripsi dengan jelas. Apabila hal ini terjadi, cobalah untuk menjelaskan ulang dengan sabar terkait deskripsi produk

Alasan kedua, mungkin saja memang terjadi kesalahan manusiawi dari pihak Anda seperti salah mengirimkan produk pesanan. Kalau penyebabnya adalah yang ini, maka jangan ragu untuk menawarkan solusi berupa pengembalian dana atau penukaran barang.

3. Penyelesaian Masalah Pelanggan yang Bertele-tele

Tipe komplain yang ketiga adalah pelanggan merasa masalahnya diselesaikan secara rumit, bertele-tele, dan mungkin saja dioper-oper dari satu pihak ke pihak lain. Semisal ada konsumen yang mengajukan komplain produk, tetapi pihak customer service toko online Anda justru “melempar” permasalahan ke pihak admin, manajer ataupun pihak-pihak lain. Jelas saja konsumen akan merasa kesal karena masalah mereka malah dioper-oper dan tidak ditangani sesegera mungkin.

Solusinya minta maaf kepada konsumen dan langsung bantu selesaikan masalah, tak peduli apakah permasalahan ada di ranah pekerjaan Anda atau tidak. Kemudian, lakukan evaluasi terhadap tim internal Anda. Jangan ragu untuk mengubah sistem kerja yang dirasa masih tidak efektif.

Gunakan Aplikasi Penanganan Komplain Otomatis: Solusi Baru Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen

menangani-komplain-customer-3

Anda tidak akan bisa membangun loyalitas konsumen kalau masih tidak tahu bagaimana cara mengatasi komplain dengan tepat. Beberapa bentuk komplain konsumen yang sudah dibahas memang tampak mudah untuk diatasi. Namun apa jadinya kalau jumlah konsumen yang mengajukan komplain ada puluhan atau ratusan secara sekaligus? Sudah pasti Anda akan kewalahan!

Lagi-lagi, inilah kelebihan dan kekurangan bisnis online. Bisnis online memudahkan interaksi antara konsumen dan penjual melalui fitur chat. Di sisi lain, fitur chat yang ada juga masih menyulitkan penjual untuk mengatasi komplain dengan baik.

Tetapi Anda tetap tidak perlu cemas, sebab sudah ada terobosan bagaimana cara membangun loyalitas konsumen dengan mudah. Caranya adalah memakai aplikasi penanganan komplain otomatis “Zendesk”. Berikut kami sertakan link aplikasinya https://www.zendesk.com/.

Apa Itu Aplikasi Penanganan Komplain Otomatis?

Sesuai namanya, aplikasi penanganan komplain otomatis adalah teknologi yang bisa membantu Anda memahami serta mengatasi keluhan konsumen secara online.

Aplikasi penanganan komplain ini diciptakan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, “Zendesk” pada tahun 2007 silam. Tujuannya tak lain adalah untuk mempermudah setiap bisnis mengatasi komplain. Dari sisi konsumen, mereka dapat terbantu terkait keluhan dan bisa merasa lebih puas berbelanja.

Aplikasi unik Zendesk ini sangat fleksibel dan mudah dipasang pada semua jenis media bisnis online. Zendesk bekerja selayaknya robot komputer pintar yang bisa berinteraksi dengan konsumen olshop melalui email, chat, sosial media, hingga keluhan via telepon.

Setelah aplikasi Zendesk dipasang dan diaktifkan, Anda tidak perlu pusing dan repot lagi berurusan dengan keluhan konsumen. Robot Zendesk bekerja dengan mendeteksi kata kunci keluhan konsumen, semisal “produk tidak sesuai”, “menunggu lama”, atau “paket belum tiba”. Kemudian, ia akan memberikan jawaban atau solusi yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Praktis, bukan?

Kapanpun konsumen mengajukan keluhan, robot Zendesk siap mengatasinya selama 24 jam penuh. Lebih hebatnya lagi, Zendesk bisa menjawab keluhan yang datang dari berbagai saluran komunikasi perusahaan secara bersamaan. Aplikasi ini juga mampu mengatasi puluhan hingga ratusan komplain sekaligus. Jadi, Anda dapat lebih tenang dan fokus mengerjakan pekerjaan penting lainnya.

6 Fitur Unggulan pada Aplikasi Penanganan Komplain

menangani-complain-customer-2

Aplikasi penanganan komplain Zendesk bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Ia hanya perlu menganalisa tipe keluhan, kemudian mencarikan solusi yang sesuai. Namun di balik kinerjanya yang berkualitas dan praktis, terdapat sejumlah fitur unggulan pendukung aplikasi yang satu ini.

1. Pengelompokan Tipe Komplain

Pertama, ada fitur pengelompokan tipe komplain yang bisa menyortir beragam jenis keluhan pelanggan. Fitur ini bermanfaat untuk memilah setiap komplain yang masuk, lalu mengelompokkannya. Alhasil, Anda akan tahu apa saja keluhan yang paling sering diutarakan pembeli.

Aplikasi juga dapat lebih mudah mengenali keluhan yang diterima karena sudah dikelompokkan berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan begini solusi yang diberikan pun akan tepat sasaran.

2. Riwayat Komplain Konsumen

Semua komplain yang diterima akan dicatat secara otomatis oleh aplikasi menjadi laporan. Anda bisa melihat riwayat komplain yang diterima kapan saja untuk dijadikan bahan evaluasi kinerja bisnis.

3. Bebas Akses di Website atau Smartphone

Aplikasi Zendesk sangat fleksibel, bisa diakses menggunakan website ataupun smartphone. Keleluasaan akses ini akan mempermudah Anda untuk bekerja dari perangkat mana saja, kapan saja seta di mana saja. Anda tetap dapat mengakses data komplain dari konsumen serta solusinya meskipun Anda sedang berlibur dan hanya membawa smartphone.

4. Pengelola Umpan Balik (Feedback)

Anda bisa menyempurnakan sistem kerja aplikasi Zendesk melalui fitur pengelola umpan balik keluhan konsumen. Untuk beberapa permasalahan tertentu yang spesifik, Anda dapat mengatur aplikasi untuk memberikan jawaban tersendiri atau mengarahkan konsumen untuk menghubungi Anda secara personal.

5. Fitur Integrasi dengan Sistem Toko

Aplikasi Zendesk dapat dipasang dan disesuaikan supaya menjadi satu-kesatuan dengan sistem toko Anda. Jadi, konsumen tidak perlu mengajukan komplain ke aplikasi eksternal atau di luar aplikasi toko online yang Anda pakai.

Selain itu, mengaktifkan fitur integrasi pada aplikasi Zendesk bisa mempercepat kinerja aplikasi saat mengatasi komplain. Ini dikarenakan aplikasi Zendesk sudah secara otomatis menerima data-data terkait toko online Anda, seperti tipe produk yang dipesan konsumen dan proses pengiriman paket.

6. Keamanan Data Konsumen

Terakhir namun tak kalah pentingnya adalah fitur keamanan data konsumen. Anda tidak perlu cemas karena aplikasi Zendesk dilengkapi dengan sistem keamanan canggih untuk melindungi seluruh data transaksi, komplain konsumen dan informasi penting lainnya dari bisnis Anda yang diintegrasikan ke Zendesk.

Artikel terkait  Apa itu Six Sigma? Konsep, Manfaat dan Contohnya

4 Ragam Manfaat Aplikasi Penanganan Komplain untuk Bisnis Anda

Setelah mengenal apa itu aplikasi Zendesk beserta fitur-fiturnya, sekarang ayo kita lihat apa saja manfaat pemakaian aplikasi penanganan komplain untuk olshop Anda!
Tentunya selain mempermudah dalam menjawab komplain konsumen, aplikasi Zendesk juga punya 4 manfaat lainnya untuk bisnis online Anda:

1. Menyortir Semua Bentuk Komplain secara Rinci

Aplikasi Zendesk bisa mengatasi beragam jenis komplain dari berbagai sumber: konsumen, distributor, hingga supplier. Sistem komputernya juga dapat merekam dan menyortir berbagai jenis komplain dari tipe, kata kunci yang digunakan, dan mendapatkan informasi-informasi penting lainnya dalam komplain untuk menyempurnakan pelayanan.

2. Merespon Komplain Secara Cepat dan Tepat

Tak perlu diragukan lagi, sistem aplikasi Zendesk dapat merespon setiap komplain secara cepat, tepat dan akurat sesuai keinginan setiap konsumen. Konsumen tidak perlu khawatir menunggu lama untuk mendapatkan solusi permasalahan ataupun bernasib “dioper-oper” dari karyawan satu ke yang lainnya.

3. Hemat Biaya Penanganan

Banyak bisnis tertarik menggunakan aplikasi Zendesk sebagai pengganti tenaga customer service di toko online mereka. Pasalnya, sistem robot aplikasi jauh lebih murah dan hemat biaya.

Daripada menggaji banyak tenaga admin, Anda cukup membayar $5 sebulan atau kira-kira 70 ribu rupiah untuk menggunakan layanan Zendesk premium. Sangat murah bukan? 1 aplikasi ini saja sudah cukup untuk mengatasi ratusan keluhan konsumen sekaligus.

4. Membantu Mengevaluasi Bisnis

Aplikasi Zendesk bisa menyediakan laporan hasil penanganan keluhan secara real-time. Laporan ini dapat Anda pakai untuk mengevaluasi kinerja bisnis serta tingkat kepuasan konsumen.

Demikianlah pembahasan artikel kelebihan dan kekurangan bisnis online kali ini, khususnya terkait bagaimana cara membangun loyalitas konsumen dengan aplikasi inovatif penanganan komplain.

Ingatlah untuk tidak memandang komplain pelanggan sebagai hal negatif yang harus dihindari. Menerima komplain adalah hal yang wajar, bahkan komplain pelanggan bisa membawa sisi positif bagi bisnis Anda.

Cobalah untuk memilah setiap komplain dan menjadikannya sebagai “cambuk” untuk memperbaiki pelayanan toko online Anda. Dijamin, konsumen di masa yang akan datang pasti akan lebih terpuaskan dengan layanan maupun produk Anda!

Terima kasih sudah mengikuti sampai di sini. Jangan lupa selalu pantau website dan sosial media MARKEY agar tak ketinggalan lebih banyak wawasan menarik seputar bisnis online. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya