Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Trik Terbaik Mengubah Testimoni Online Shop Negatif jadi Positif

Trik Terbaik Mengubah Testimoni Online Shop Negatif jadi Positif

-

Pernah menerima testimoni online shop negatif atau bad review? Testimoni negatif pasti membuat hati terasa sakit. Tapi tidak perlu galau, sebab kami punya cara mengubah testimoni online shop yang buruk menjadi baik dalam sekejap!

Artikel kali ini akan menjawab kegelisahan Anda tentang:

  • Alasan mengapa testimoni online shop itu penting.
  • 3 manfaat bad review yang Anda belum ketahui.
  • 8 trik jitu mengatasi bad review konsumen.
  • Kumpulan contoh kata kata testimoni yang baik.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita langsung meluncur ke pembahasan pertama, selamat membaca!

Mengapa Testimoni Online Shop Penting?

customer-testimoni-1

Jangan pernah mengabaikan testimoni online shop. Dalam dunia e-commerce masa kini, ada 3 alasan utama mengapa testimoni pembeli di toko kita sangat penting untuk didengar.

Alasan 1 : Meyakinkan Calon Pembeli

Seorang konsumen cenderung lebih memercayai kata-kata sesama pembeli. Apabila pembeli terdahulu mengatakan produk Anda bagus dan bermanfaat untuknya, maka besar kemungkinan calon pembeli akan mencoba produk yang sama.

Contoh kata kata testimoni yang baik dari pembeli bisa menunjukkan betapa terpercaya dan berkualitasnya toko Anda. Apalagi di ranah bisnis online, calon konsumen tidak bisa melihat langsung bentuk, rupa, dan kualitas produk asli yang dijual. Alhasil mereka pun semakin bergantung kepada testimoni.

Alasan 2 : Meningkatkan Ranking Toko

Olshop yang memiliki beragam contoh kata kata testimoni yang baik sanggup menduduki peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google. Sistem terbaru Google bisa menilai kualitas bisnis online melalui sejumlah faktor  salah satunya adalah testimoni toko.

Semakin baru testimoni yang diterima sebuah online shop, maka nilai bisnis tersebut akan semakin baik. Bisnis Anda bisa dengan mudah menduduki posisi teratas Google kalau sanggup mengumpulkan banyak review positif setiap hari.

Alasan 3: Memberikan Bukti Sosial

Testimoni online shop adalah promosi “mulut ke mulut” versi digital. Semakin sering Anda memperlihatkan contoh kata kata testimoni yang baik dari konsumen ke masyarakat, maka akan semakin besar pula kemungkinan calon pembeli baru datang berkunjung.

Sudah ada banyak sekali toko online yang sukses mendatangkan omset besar hanya karena mereka sering membagikan review pembeli sebelumnya. Pengunjung baru cenderung tertarik ketika melihat orang lain menyukai, merekomendasikan dan menggunakan sebuah produk bagus.

3 Manfaat Bad Review yang Anda Belum Tahu

testimoni-2

Testimoni online shop terdiri dari dua jenis: good review (review yang baik) dan bad review (review yang buruk). Kebanyakan orang awam menganggap testi yang bagus dan bermanfaat hanyalah good review saja. Akibatnya, orang-orang cenderung menghindari, mengabaikan dan menghapus bad review.

Tapi jangan salah, bad review juga bermanfaat, lho! Berikut ini adalah sejumlah manfaat testimoni buruk yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Memberi Masukan Perbaikan

Testimoni buruk memberikan Anda masukan perbaikan atau improvisasi bisnis yang jujur. Jadi ketika Anda sengaja mencari cara menghapus review pembeli di Shopee, Tokopedia, dan e-commerce lain, maka itu sama dengan ikut menghapus poin-poin perbaikan yang seharusnya dilakukan.

Faktanya, konsumen adalah orang yang berinteraksi langsung dengan toko, pelayanan dan produk Anda. Mereka yang mengetahui langsung apa saja kelebihan dan kekurangan toko Anda. Jadi ketika mereka merasa dikecewakan atau mengalami kendala, maka semuanya akan dituangkan ke dalam testimoni buruk.

Tapi di sisi lain, suara komplain serta saran konsumen membantu Anda lebih cepat dalam memperbaiki kesalahan atau kekurangan di toko.

2. Membangun Kepercayaan

Betul, Anda tidak salah baca. Review buruk pun bisa membangun kepercayaan sama baiknya dengan review baik.

Konsumen masa kini sudah sangat cerdas. Mereka sudah paham bahwa tidak ada satupun produk yang sempurna di dunia ini. Walaupun Anda mengiklankan sisi terbaik produk, nyatanya konsumen masa kini tetap cermat saat berbelanja online.

Oleh sebab itulah mereka sering melihat poin review buruk sebuah produk. Terbukti, ada 82% orang yang sering mengecek testimoni buruk dan baik sebuah produk sebelum memutuskan membeli.

Mengapa konsumen sengaja mengecek sisi buruk produk? Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi asli dari produk tersebut. Andai kata keburukan produk tidak dirasa mengganggu atau masih bisa disiasati, maka mereka bisa mencari solusi dan tidak merasa kecewa terlalu dalam.

3. Membuka Kesempatan Menunjukkan Jati Diri

Review buruk mungkin memperlihatkan sisi kelemahan dari toko maupun produk Anda. Akan tetapi, review jenis ini juga membuka kesempatan Anda untuk menunjukkan jati diri atau image ke masyarakat lewat cara menanggapi komplain.

Mungkin Anda pernah mendengar atau melihat sebuah brand yang bangkrut karena tidak bisa menanggapi kritik konsumen dengan baik. Alih-alih meletakkan masalah konsumen sebagai prioritas, bisnis justru balik mencaci-maki konsumen. Hindari sikap arogan seperti ini karena akan berbalik menyerang image bisnis Anda.

Lebih baik manfaatkan momen bad review untuk memperlihatkan betapa profesionalnya bisnis Anda dalam melayani kebutuhan pembeli. Bisnis yang tahu bagaimana caranya menyenangkan konsumen akan lebih mudah menarik perhatian dan selalu laris-manis dikunjungi.

8 Trik Jitu Mengatasi Bad Review Konsumen

Sekarang tibalah kita pada poin terpenting: bagaimana caranya mengatasi testimoni olshop buruk dari konsumen? Anda tidak boleh melewatkan bagian ini karena cara penanganan komplain bisa berdampak langsung bagi keberlangsungan usaha!

Mengatasi ulasan buruk pembeli sejatinya tidak sulit. Yuk coba terapkan … cara ampuh di bawah ini:

1. Jangan Hapus Review Buruk

Meskipun sekarang sudah ada banyak tips cara menghapus review pembeli di Shopee, Tokopedia, dan e-commerce lain, kami sarankan bagi Anda untuk jangan pernah menghapus review buruk dari toko.

Mengapa? Kembali lagi, konsumen saat ini tidak hanya mengandalkan review baik saja untuk memutuskan hendak membeli barang. Mereka juga turut mencari review buruk untuk menilai produk.

Cara menghapus review pembeli di Shopee, Tokopedia, dan e-commerce lain justru akan membuat konsumen ragu atau merasa ada hal yang Anda sembunyikan (tidak jujur).

2. Beri Respon Secepat Mungkin

Keunggulan online shop adalah kecepatan. Apalagi dengan teknologi smartphone dan internet canggih masa kini, apapun bisa terasa serba instan. Oleh sebab itu, usahakan merespon ulasan negatif pembeli secepat mungkin. Pemberian respon balik yang cepat dan tepat menunjukkan bahwa bisnis Anda selalu memperhatikan dan peduli dengan suara konsumen.

3. Awali dengan Maaf

Terlepas dari apapun masalahnya dan siapa yang salah (terkadang, beberapa kendala belanja online datang dari pihak pembeli), Anda wajib mengawali respon balik ke konsumen dengan kata maaf.

Kata maaf menunjukkan kerendahan serta kebaikan hati. Ketika konsumen komplain dan marah-marah, Anda tidak bisa menimpalinya dengan amarah juga. Jika dilakukan, permasalahan justru tidak akan pernah mencapai titik terang.

Ingat, meminta maaf (baik Anda salah atau tidak) tidak selalu menunjukkan bahwa Anda kalah dan salah. Justru kata maaf juga bisa menunjukkan bahwa Anda berempati dengan permasalahan konsumen. Pada akhirnya, emosi konsumen bisa mereda dengan sendirinya.

4. Curahkan Perhatian Anda Sepenuhnya

Fokuskan seluruh perhatian Anda kepada konsumen dan permasalahannya. Jangan sampai Anda hilang fokus, teralihkan, ataupun menunjukkan kesan tidak niat mengurus permasalahan pembeli. Bisa-bisa konsumen akan semakin marah jadinya.

Cara Anda mengatasi permasalahan konsumen tidak hanya akan berlaku untuk satu orang saja melainkan untuk semua konsumen. Ketika Anda gagal atau terkesan “ogah-ogahan” mengurus  permasalahan satu orang, akibatnya semua konsumen Anda akan merasa dirinya juga akan mendapat perlakuan yang sama.

Untuk menghindari munculnya kesan negatif, Anda harus selalu menuntaskan komplain dengan sepenuh hati, sekecil apapun masalahnya.

5. Berikan Tanggapan Sendiri (Bukan Copas atau Bot)

Beberapa olshop sengaja memasang sistem Bot otomatis atau pesan copy-paste untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan pembeli (FAQ).

Tapi ketika menangani review negatif, jangan coba-coba untuk menggunakan teks copy-paste atau Bot otomatis. Hal ini tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya akan menambah kekesalan pembeli. Ingat, teks copy-paste dan Bot tidak bisa merasakan perasaan kecewa konsumen. Hanya hati nurani Anda yang bisa

Untuk mengembalikan rasa percaya konsumen, Anda harus memberikan tanggapan sendiri. Berinteraksilah langsung dengan konsumen, tanya permasalahannya lalu sebisa mungkin beri solusi terbaik.

6. Bersikap Jujur dan Ungkap Fakta

Saat mengatasi komplain, kedepankanlah sikap jujur kepada konsumen. Jika memang ada masalah dalam transaksi, akuilah kesalahan dengan lapang dada. Anda juga wajib untuk memaparkan fakta yang ada supaya meminimalisir kesalahpahaman dengan konsumen. Berani bersikap terbuka akan menolong bisnis Anda keluar dari krisis review buruk dengan gampang.

7. Ucapkan Terima Kasih

Selain kata maaf, jangan lupa untuk mengungkapkan terima kasih atas semua saran serta kritik yang diberikan konsumen. Ungkapan terima kasih mampu menurunkan kadar emosi pembeli. Selain itu, konsumen juga akan merasa pendapatnya didengarkan oleh perusahaan. Setelah emosi mereda, barulah Anda bisa mencari solusi atas kendala yang terjadi.

8. Ajukan Jalur Damai

Terakhir, ajukan jalur perdamaian dengan konsumen. Sejumlah perusahaan melakukan hal ini untuk menjaga citra mereka di mata pembeli.

Ketika masalah terjadi karena kelalaian pihak penjual, Anda bisa menawarkan “perdamaian” dengan memberikan voucher diskon, penggantian item/produk baru, hadiah bonus, atau bahkan menggratiskan transaksi (refund).

Cara-cara tersebut terbukti ampuh untuk membuat konsumen gembira kembali, memaafkan kesalahan, dan mau berbelanja lagi di tempat Anda. Selamat mencoba!

Bonus : Contoh Kata Kata Testimoni yang Baik

Untuk mengimbangi ulasan buruk, kita harus tetap aktif mempromosikan berbagai testimoni yang baik dari konsumen. Apalagi jika testimoni bagus jumlahnya lebih banyak dari review buruk. Calon pembeli pasti akan merasa bahwa kekurangan produk tidak perlu untuk dipermasalahkan berlebihan.

Seperti apa contoh kata kata testimoni yang baik itu? Di bawah ini sudah ada beberapa contoh kata kata testimoni yang baik yang bisa Anda promosikan:

  • “Produk berkualitas bagus, mantap.”
  • “Produk ORI 100%.”
  • “Pengiriman sangat cepat. Pesan barang pagi, sore sudah sampai.”
  • “Pengemasan paket sangat aman, dilapisi bubblewrap dan kardus tebal.”
  • “Paket mendarat dengan selamat.”
  • “Seller komunikatif, ramah, dan selalu membalas pertanyaan dengan cepat.”
  • “Meskipun produk murah tapi kualitasnya juara.”
  • “Toko yang recommended, wajib belanja di sini!”

Review buruk juga tetap bisa dikemas dalam contoh kata kata testimoni yang baik, lho. Misalnya seperti:

  • “Pengiriman paket cepat, namun pengemasan masih perlu ditingkatkan karena kemasan produk sedikit lecet. Mungkin bisa ditambahkan bubblewrap dan kardus. Tapi tidak apa-apa, karena produk berkualitas baik dan worth it dengan harganya.”

Jika membaca contoh kata kata testimoni yang baik di atas, konsumen pasti akan tetap jadi berbelanja. Soalnya kelemahan pada pengemasan sudah ditutupi dengan kualitas produk, harga dan pengiriman yang mumpuni. Jadi tidak perlu lagi deh repot mencari cara menghapus review pembeli di Shopee, Tokopedia, dan e-commerce lain!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar cara mengolah testimoni online shop yang buruk menjadi baik.

Jangan lupa untuk mengikuti website MARKEY di https://markey.id/ untuk mendapatkan lebih banyak artikel tips bisnis online menarik lainnya. Bisa juga dengan mendownload app MARKEY di Google Play (Android) dan Apple Store (iOS). Sampai jumpa lagi!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya