Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran ASO 7 Strategi Pemasaran Aplikasi yang Baik Menurut ASO dengan...

7 Strategi Pemasaran Aplikasi yang Baik Menurut ASO dengan Media Screenshot [Dilengkapi Contoh]

-

Tak melulu soal keyword, pemasaran aplikasi dengan sistem ASO juga bisa dimaksimalkan dengan screenshot, lho! Screenshots menjadi salah satu elemen penting yang ada di halaman download aplikasi Anda guna meyakinkan calon pengguna untuk mendownload lalu mencoba aplikasi.

Jadi, cobalah untuk meninjau kembali tampilan screenshot yang Anda gunakan untuk mempromosikan aplikasi di Google Play Store atau AppStore supaya Anda dan tim bisa meningkatkan angka konversi aplikasi.

Sayangnya, masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara membuat atau memilih tampilan screenshot aplikasi yang pas untuk mendongkrak ranking app mereka sesuai aturan ASO. Kini, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi!

Berikut ini kami hadirkan +7 cara membuat screenshot aplikasi terbaik menurut ASO Google Play dan AppStore disertai contoh-contoh screenshot app terbaik. Pastikan Anda membaca sampai tuntas, ya!

Kenapa Screenshot adalah Strategi Marketing yang Baik menurut ASO?

ASO adalah singkatan dari App Store Optimization. Dengan kata lain, ASO adalah proses optimalisasi visibilitas dan kedudukan aplikasi di laman toko app (Google Play dan AppStore). ASO adalah hal penting, mengingat ada ratusan ribu aplikasi dengan beragam fungsi beredar secara online.

Jika tidak dibantu oleh sistem perankingan penelusuran ASO, mustahil bagi masyarakat untuk bisa menemukan aplikasi yang mereka butuhkan.

Namun kenapa screenshot tergolong penting untuk strategi ASO? Jawabanya tak lain karena screenshot adalah elemen visual yang terpampang paling jelas di halaman profil aplikasi Anda. Screenshot dengan proporsi tampilan visual paling besar itu pun lantas memberikan daya tarik sekaligus kesan pertama yang paling kuat ke calon pengguna.

Oleh sebab itulah, Anda tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan keyword saja untuk mengoptimalisasi ASO aplikasi. Kenyataannya, seorang calon pengguna app selalu lebih dulu menangkap kesan pertama dari aplikasi melalui screenshot di 3-6 detik pertama mereka tiba di halaman aplikasi Anda.

Kejadian ini terjadi baik di Google Play maupun AppStore. Setelah mendapatkan kesan pertama, barulah sang calon pengguna akan memutuskan tindakan selanjutnya: entah mereka tertarik untuk menginstal aplikasi atau beralih ke halaman lain.

Penggunaan screenshot sebagai strategi marketing yang baik bahkan sudah dipraktekkan ketika Google Play dan AppStore dirilis pertama kali. Namun pada waktu itu, screenshot yang ditampilkan masih sebatas menunjukkan fitur utama app, fungsionalitas keseluruhan dan tampilan sederhana lainnya. Hampir semua aplikasi di toko app menampilkan screenshot berpola monoton serupa.

Akan tetapi hari ini, Anda akan kalah telak dalam persaingan pemasaran aplikasi jika masih mengandalkan screenshot yang dibuat terlalu sederhana dan hanya sekadar gambar biasa saja. Untuk menyiasatinya, mari cari tahu bagaimana cara membuat screenshot sekaligus menggunakannya sebagai strategi marketing yang baik di mata ASO.

Artikel terkait  Mempopulerkan Aplikasi dengan E-mail Marketing

7 Cara Membuat Screenshot yang Menarik menurut ASO

Inilah bagian yang kita nanti-nantikan! Yuk dicatat, 7 cara membuat screenshot yang menarik dan baik menurut ASO adalah:

1. Menjelaskan Tentang Aplikasi

Prinsip terpenting kegunaan screenshot menurut ASO adalah harus menjelaskan tentang aplikasi kepada calon pengguna. Sebagai permulaan, Anda bisa memastikan screenshot yang dibuat sudah memenuhi kriteria berikut ini:

  • Memberikan inspirasi, ekspektasi atau gambaran manfaat kepada pengguna dari aplikasi.
  • Menjelaskan fitur-fitur utama di aplikasi.
  • Menunjukkan review pengalaman pengguna sebelumnya.
  • Menggunakan judul/caption singkat dan berukuran besar untuk mempertegas penyampaian informasi.

Selebihnya, semua terserah kepada Anda terkait bagaimana menyusun poin-poin informasi di atas dalam screenshot. Beberapa developer memilih menggunakan tampilan screenshot sederhana dengan menonjolkan fitur-fitur utama.

Agar tidak membosankan atau mainstream, Anda bisa mendesain kembali tampilan screenshot supaya lebih menarik dan kreatif. Semisal dengan menambahkan teks caption singkat (usahakan hanya 1-4 kata), atau men-highlight fitur-fitur tertentu.

2. Cermat Menggunakan Mode Portrait dan Landscape

Trik kedua membuat screenshot untuk ASO adalah memilih mode tampilan screenshot itu sendiri: portrait atau landscape. Masing-masing toko aplikasi mempunyai kecenderungan orientasi tampilan screenshot ideal:

Google Play Store

Di sini, Anda bisa menggunakan screenshot mode portrait dan landscape sekaligus. Untuk mempublikasikan screenshot di Google Play, Anda hanya akan memerlukan minimal 2 screenshot dengan rentang dimensi 320 px sampai 3840 px. Format screenshot bisa dalam 24-bit PNG atau JPEG.

AppStore

Apple Store lebih menspesifikkan jenis tampilan screenshot menurut jenis gadget di mana aplikasi dapat digunakan. Jika tujuan penggunaan aplikasi adalah pada iPhone dan desktop (iTunes), maka screenhot yang diperbolehkan adalah landscape dan portrait. Jika aplikasi dirilis untuk iPad, Anda tetap bisa menggunakan screenshot versi landscape dan portrait hanya saja dalam ukuran dan dimensi yang berbeda.

3. Yang Paling Menarik adalah Yang Paling Pertama

Misalkan Anda memiliki banyak bahan screenshot untuk diposting di halaman profil aplikasi. Kira-kira, screenshot manakah yang harus diposting pertama? Jawabannya sederhana: yang paling menarik.

Selalu dahulukan screenshot terbaik atau yang paling menarik di posisi awal, karena screenshot pertamalah yang paling berperan membentuk kesan pertama app bagi calon pengguna. Buat screenshot yang menonjol, super eye-catching dan menggunakan warna-warni menonjol bila perlu.

Kalau Anda masih bingung bagaimana menentukan screenshot terbaik, tidak ada salahnya untuk menggunakan A/B testing. A/B testing akan mempermudah Anda mengetahui screenshot dengan performa paling bagus untuk meningkatkan konversi download.

4. Screenshot untuk 1 Fitur

Jangan timpa 1 screenshot dengan banyak informasi sekaligus. Cara ini hanya akan menjadikan screenshot Anda tidak enak dilihat, “terlalu penuh”, dan membuat sesak dipandang. Apalagi jika calon pengguna mengunjungi halaman profil app Anda melalui smartphone dengan ukuran layar yang kecil.

Lebih baik, fokuskan 1 screenshot untuk menonjolkan atau membahas 1 fitur saja. Pilih fitur-fitur terbaik di aplikasi Anda, kemudian buatlah screenshot yang bisa menggambarkan masing-masing fitur dengan baik.

5.  Sesuaikan untuk Semua Tipe Perangkat

Salah satu kunci sukses sederhana dari ASO adalah menghadirkan informasi yang bisa berlaku pada semua jenis perangkat. Begitu halnya dengan screenshot. Sangat disarankan untuk Anda menggunakan semua format screenshot yang tersedia untuk mengoptimalkan angka download aplikasi: format screenshot dalam tampilan smartphone, tablet, desktop, smartwatch, hingga smart TV.

Semakin banyak variasi yang ditampilkan, maka akan semakin baik. Jika aplikasi Anda memang bisa dijalankan pada smartphone, tablet dan smartwatch, maka jangan ragu untuk menampilkan screenshot aplikasi ketika berjalan pada ketiga media tersebut! Kabar gembiranya, Google Play memungkinkan Anda untuk mengunggah 8 screenshot per tipe perangkat, sementara AppStore menyediakan 10 slot upload screenshot.

Artikel terkait  ASO vs SEO 2021 : Mana yang Terbaik untuk Memaksimalkan Aplikasi Bisnis?

6. Lokalisasi

Screenshot pun perlu untuk dilokalisasi, alias disesuaikan isi tampilannya dengan negara di mana aplikasi ditayangkan. Khususnya untuk Anda yang ingin memasarkan aplikasi ke banyak negara (go internasional).

Semisal Anda mempublikasikan aplikasi di Indonesia dan Singapura. Untuk aplikasi yang beredar di Indonesia, maka screenshot Anda bisa dilengkapi dengan caption memakai bahasa Indonesia dan memasukkan unsur-unsur budaya Indonesia ke dalam desain. Begitu pula dengan aplikasi yang beredar di Singapura, maka bahasa dan unsur budaya yang dimasukkan ke desain screenshot haruslah dari tanah Singapura sendiri.

Lokalisasi ini cukup penting karena studi membuktikan bahwa lebih mudah meyakinkan orang mencoba sebuah produk atau aplikasi yang dirpomosikan memakai bahasa ibu mereka.

7.  Pantau Para Kompetitor

Poin terakhir yang juga tak kalah penting dalam strategi ASO adalah selalu memantau gerak-gerik para kompetitor. Usahakan untuk mengecek pergerakan dan kemajuan dari aplikasi pesaing secara berkala. Bahkan untuk Anda yang masih ragu bagaimana memilih screenshot terbaik untuk ditayangkan, tidak ada salahnya melirik ke halaman profil kompetitor untuk memperoleh inspirasi.

Tak hanya belajar dari kompetitor yang terkenal, Anda juga bisa menganalisis kesalahan-kesalahan dari pesaing yang tidak begitu sukses guna menghindari kesalahan yang sama.

Saat memantau kondisi para pesaing, ada baiknya untuk mengingat bahwa screenshot bukan satu-satunya elemen yang harus diperhatikan. Sebab, ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan ASO, mulai dari screenshot, keyword, icon, deskripsi, dan judul. Dengan begini, Anda tidak akan repot berkali-kali menganalisa halaman aplikasi pesaing.

Artikel terkait  Panduan Lengkap untuk Pemasaran Aplikasi -Basics, Flow, Studi Kasus Terbaru Pengembangan Aplikasi

Contoh Screenshot Terbaik untuk ASO

Untuk melengkapi pemahaman Anda, berikut kami turut hadirkan contoh screenshot yang memenuhi kriteria ASO dari 2 aplikasi ternama yakni Prisma dan Waze. Screenshot yang kami tampilkan di bawah ini diambil dari halaman Google Play Store. Anda tentunya bisa menjadikan contoh berikut sebagai referensi dalam membuat screenshot terbaik sendiri.

Prisma

Prisma adalah aplikasi pengedit gambar kekinian. Screenshot milik aplikasi Prisma memenuhi 3 aspek desain yang baik menurut ASO, yaitu:

  • 1 screenshot untuk 1 fitur, lengkap caption besar sebanyak 1-4 kata.
  • Desain yang kohesif, di mana setiap screenshot memberikan informasi yang bersifat sambung menyambung.
  • Desain yang menarik sekaligus sederhana (tidak banyak icon atau informasi), sehingga pengguna bisa fokus dan mudah menangkap informasi yang disampaikan.

Contoh screenshot dari Prisma:

screenshoot prisma

Waze

Berbeda dari Prisma, Waze adalah aplikasi GPS alias penunjuk arah. Screenshot aplikasi Waze yang ditampilkan di Google Play tergolong unik karena menerapkan gaya desain visual pop-off alias desain timbul (3D).

Desain screenshot visual pop-off ini sudah sangat terkenal semenjak era iOS 11 ASO. Selain menyediakan tampilan yang unik dan super eye-catching, tampilan pop-off memiliki daya guna fungsional membantu user melihat rincian informasi detil dengan mudah tanpa perlu melakukan zoom. Tertarik untuk mencoba screenshot desain pop-off seperti Waze?

Tak hanya terhenti sampai desain pop-off, screenshot aplikasi Waze juga menjadi contoh baik dalam strategi ASO lokalisasi. Seperti pada contoh Waze Indonesia berikut ini, caption informasi pada screenshot yang ditampilkan memuat fitur deteksi aturan plat kendaraan ganjil genap yang berlaku di Jakarta. Sedangkan untuk Waze negara lain, fitur dan informasi yang ditampilkan sebagai caption juga pastinya akan berbeda.

screenshoot waze

Solusi Praktis Pengembangan Aplikasi Anda Ada di Sini

Anda telah menyimak sejumlah trik ASO dengan screenshot untuk mengoptimalkan tingkat download aplikasi. Namun bagaimana dengan optimalisasi elemen-elemen lain di halaman profil aplikasi dengan ASO? Bagaimana cara mengembangkan aplikasi sekaligus menguploadnya ke toko app (Google Play dan AppStore) dengan benar?

Dunia teknologi modern saat ini memang menjadikan bisnis aplikasi sebagai sebuah prospek usaha yang menjanjikan. Kami berusaha untuk selalu memahami betul keinginan Anda untuk bisa berkembang jauh tanpa keterbatasan, untuk itu, kami menghadirkan layanan pengembangan aplikasi android terbaik sekaligus terlengkap di APPSHOP khusus untuk Anda.

Bersama APPSHOP, Anda tidak perlu lagi pusing bagaimana melaksanakan strategi ASO untuk memaksimalkan download. APPSHOP adalah perusahaan pengembang aplikasi android terbaik di Indonesia yang menyediakan paket layanan lengkap pengembangan aplikasi: mulai dari konsultasi kebutuhan bersama tenaga ahli IT, pembuatan aplikasi android ataupun iOS sesuai permintaan, hingga bantuan pengunggahan aplikasi ke toko app dan pemeliharaan app pasca rilis (pemberian update dan perbaikan error atau bug). Semua tersaji lengkap dan dipersonalisasi khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda!

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengomunikasikan seluruh kebutuhan Anda kepada APPSHOP, ya! Tim APPSHOP akan siap sedia membantu memberikan jalan keluar terbaik. Plus, ada beragam penawaran menarik lain yang sudah menanti Anda jika mengunjungi APPSHOP sekarang!

Tunggu apa lagi, segera klik link APPSHOP di https://appshop.co.id/ sekarang dan mulailah meraih kesuksesan serta keuntungan besar melalui aplikasi Anda sendiri! Kami tunggu kedatangan Anda di APPSHOP ya, sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya