Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Apa itu Customer Retention? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan

Apa itu Customer Retention? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan

-

Konsumen adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan, sebab mendapatkan konsumen dapat dikatakan sebagai tujuan utama sebuah perusahaan. Oleh karena itu setiap perusahaan selalu mengupayakan berbagai hal agar mendapatkan konsumen baru. Tidak hanya itu, perusahaan juga melakukan berbagai cara dan menyusun banyak strategi agar konsumen sebelumnya melakukan pembelian ulang secara berkelanjutan.

Customer retention adalah salah satu cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menarik konsumen agar kembali berbelanja di toko atau perusahaannya. Retention adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan, sayangnya banyak perusahaan yang hanya fokus untuk menarik pelanggan namun tidak memperhatikan bagaimana cara mempertahankan pelanggan mereka.

Nah, artikel kali ini kami akan membahas apa itu customer retention dan juga bagaimana tips untuk mempertahankan pelanggan. Jadi, terus ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Customer Retention Adalah?

customer-retention

Pengertian customer retention adalah sebuah cara yang dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli kembali produk di sebuuh toko atau perusahaan. Customer retention ini fokus pada bagaimana cara untuk menghasilkan keuntungan lebih dari pelanggan yang sebelumnya sudah pernah berbelanja atau bertransaksi di toko maupun layanan jasa Anda miliki.

Pada umumnya strategi marketing fokus pada bagaimana mendapatkan lebih banyak konsumen baru. Sementara retention adalah strategi yang fokus pada bagaimana caranya membuat pelanggan sebelumnya agar mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Sayangnya sedikit sekali perusahaan yang menerapkan strategi ini. Padahal customer retention adalah penghasil pendapatan yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan cara driving sales. 25%-40% total pendapatan perusahaan yang telah stabil ternyata bersumber dari returning customer.

Selain itu, repeat customer juga mampu melipatgandakan pendapatan perusahaan hingga 3-7 kali lebih banyak daripada hanya dari one-time buyer. Selain itu, cara ini juga secara tidak langsung akan mengurangi biaya pemasaran dan iklan.

Namun kemudian mendapatkan konsumen tidaklah tidak penting untuk dilakukan. Akan tetap Anda harus menyadari bahwa yang jauh lebih penting adalah mempertahankan konsumen lama agar tetap menjadi pelanggan perusahaan Anda. Semakin tinggi customer retention pada perusahaan Anda, maka sudah pasti jumlah profit Anda juga akan semakin tinggi.

Bagaimana cara melakukan customer retention? Ada banyak cara yang dapat dipilih oleh perusahaan. Mulai dari email marketing, memanfaatkan sosial media hingga email automation. Berikut ulasannya.

Artikel terkait  SEO Marketing Adalah? Konsep dan Manfaatnya

 

Email Marketing

Email media komunikasi yang bersifat personal atau pribadi dan menjadi salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk terus terhubung dengan konsumennya. Bahkan menurut Whitepaper, 80% pelaku bisnis memanfaatkan email untuk melakukan customer retention.

Sosial Media

Sosial media memang menjadi solusi paling tepat untuk berinteraksi dengan pelanggan. Masih dari sumber yang sama, Whitepaper menemukan 44% pelaku bisnis mengemukakan bahwa sosial media dapat mendorong terjadinya customer retention.

Email Automation

Cara satu ini mampu memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan customer retention. Email automation bekerja dengan cara mengirimkan pesan yang lebih personal kepada konsumen. Dengan begitu maka konsumen yang mendapat informasi terkait produk secara rinci kemungkinan besar untuk kembali melakukan pembelian di perusahaan Anda.

Artikel terkait  Apa itu Consumer Insight? Mengetahui Konsep dan Tekniknya Untuk Meningkatkan Penjualan

 

Tips Mempertahankan Pelanggan

customer-retention-2

Customer retention adalah sesuatu yang sangat menguntungkan ketika dijalankan oleh sebuah perusahaan. Bahkan, cukup dengan peningkatan sebesar 5% saja mampu menaikkan profit perusahaan Anda hingga 125%.

Ketika perusahaan Anda mulai fokus menerapkan cara ini maka Anda akan merasakan sendiri bagaimana strategi ini akan membawa dampak yang sangat baik bagi perusahaan Anda. Lalu bagaimana agar perusahaan dapat mempertahankan pelanggan? Berikut caranya:

Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Konsumen

Apabila perusahaan Anda gagal dalam usaha membangun customer relationship yang kuat, setidaknya sebesar 20% dari mereka akan meninggalkan dan melupakan perusahaan Anda. Bahkan untuk beberapa industri persentasenya bisa lebih tinggi dari itu.

Hasil dari menerapkan customer retention adalah sesuatu yang tidak dapat dilihat dalam sekejap. Artinya perlu waktu dan bertahap, sekecil apapun perubahan dalam retention dapat menghasilkan pengaruh yang cukup besar. Oleh karena itu, penting untuk mampu membangun komunikasi yang kuat dengan konsumen Anda. Berikan mereka layanan yang ramah dan memuaskan.

Data Konsumen Tidak Aktif

Memang hampir seluruh perusahaan menginvestasikan uang dan waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Akibatnya, seringkali hal ini mereka lupakan ketika ada initial sale. Padahal seperti yang telah beberapa kali disebutkan, mempertahankan konsumen lama adalah cara termudah mengembangkan bisnis sebuah perusahaan.

Hal yang harus Anda lakukan untuk mulai melakukan customer retention adalah dengan melakukan pendataan berapa banyak jumlah konsumen Anda yang tidak lagi aktif, jarang membeli produk Anda, lalu lakukan upaya untuk memperbaiki customer relationship dengan para konsumen tersebut.

Tarik Kembali Konsumen yang Sudah Pergi

Jika Anda mampu melakukan pendekatan yang tepat, maka membawa dan menarik kembali konsumen lama yang sudah tidak aktif untuk kembali membangun hubungan dengan perusahaan tidaklah sulit, karena mereka akan senang hati menerima Anda.

Menarik kembali konsumen lama merupakan cara tercepat meningkatkan jumlah penjualan perusahaan Anda, karena konsumen lama sudah tentu pernah menggunakan produk yang Anda sediakan sebelumnya. Sehingga, pada dasarnya mereka memang memiliki ketertarikan pada produk yang Anda tawarkan. Langsung saja hubungi pelanggan tersebut, cari tahu apa yang membuat mereka tidak lagi membeli produk tersebut pada perusahaan Anda. Tunjukkan perhatian Anda dan rasa senang Anda apabila mereka kembali membeli pada Anda.

Berikan Layanan Terbaik

Meski terkesan sederhana dan sudah sering di bahas, namun memberikan layanan terbaik memang menjadi cara terbaik untuk mempertahankan konsumen Anda. Berikan mereka layanan terbaik dan luar biasa sehingga mereka tidak akan melupakannya.

Cara ini juga sekaligus akan mendatangkan Anda konsumen baru secara gratis. Sebab konsumen lama akan menjadi royal pada perusahaan dengan menceritakan dan merekomendasikan perusahaan Anda tanpa diminta kepada kerabat atau kenalannya. Oleh sebab itu penting untuk memberikan layanan terbaik dan komitmen untuk mempertahankannya. Ini akan menjadi investasi yang akan menguntungkan Anda.

Nah, sampai di sini pembahasan terkait customer retention sekaligus tips mempertahankan pelanggan khusus untuk Anda. Retention adalah cara terbaik untuk meningkatkan profit perusahaan Anda. Ingatlah bahwa mencari konsumen baru adalah hal yang penting, akan tetapi mempertahankan dan memelihara pelanggan lama jauh lebih penting dan urgent untuk dilakukan dan akan membawa keuntungan untuk masa mendatang.

Selain menghemat biaya untuk pemasaran dan iklan. Yang juga penting adalah bagaimana mempertahankan pelanggan Anda dengan empat cara di atas. Pelayanan terbaik menjadi kuncinya, karena dengan begitu pelanggan Anda akan tetap setia pada perusahaan Anda sekaligus memiliki kemungkinan besar mendatangkan pelanggan baru untuk Anda. Terima kasih telah membaca hingga akhir, sampai berjumpa di artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

[marketing-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya