Last Updated on November 4, 2023 by APPKEY-HERI
Promosi adalah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terlebih bagi Anda yang memiliki usaha atau menjadi karyawan pada suatu bidang usaha. Ini juga berlaku bagi Anda yang sering membaca blog seperti Markey.id, tentunya sudah sangat sering melihat kata yang satu ini. Namun apakah Anda telah benar-benar memahami pengertian promosi?
Walaupun sudah sering didengar atau dilihat dalam berbagai kesempatan seperti pada saat berbincang dengan teman atau saudara, membaca media cetak, melihat papan-papan reklame di jalan, mendengar radio, menonton televisi, sampai internet dan lainnya, masih banyak orang yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang promosi.
Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, kami akan membahas berbagai informasi terkait pengertian promosi, jenisnya, serta tujuan promosi. Ini semua perlu kita pelajari karena promosi adalah hal yang sangat penting sebagai upaya pengembangan usaha bisnis Anda.
Daftar Isi
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Harper Boyd
Menurut pria yang merupakan ahli pemasaran ini, promosi adalah upaya membujuk seseorang untuk mau menerima produk, konsep, dan gagasan.
Sistaningrum
Menurut Sistaningrum, Promosi adalah upaya atau kegiatan suatu perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual ataupun konsumen potensial dengan tujuan agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan perusahaan baik saat ini atau dimasa mendatang.
Boone dan Kurtz
Menurut mereka, pengertian promosi adalah suatu proses memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi keputusan pembelian seseorang.
Rambat Lupiyonoadi
Menurutnya, promosi adalah salah satu variable di dalam bauran pemasaran yang sangat penting untuk dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan produk berupa jasa. Promosi bukan saja kegiatan yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara konsumen dengan perusahaan, melainkan juga sebagai alat mempengaruhi konsumen dalam pembelian atau pemakaian jasa sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.
Stanton
Menurut Stanto, promosi adalah kegiatan untuk memberikan informasi kepada kosumen guna memengaruhi dan menghimbau khalayak ramai.
Sesungguhnya banyak sekali pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli di seluruh dunia, namun intinya tetap sama. Dari berbagai pendapat ahli tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian promosi adalah kegiatan menyebarkan informasi produk atau jasa kepada calon konsumen atau target pasar dengan tujuan agar calon konsumen memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
Tujuan Promosi Adalah
Memberikan Informasi
Promosi yang Anda lakukan dapat menambah nilai suatu barang dengan memberikan informasi terbaik tentang produk Anda terkait harga, kelebihan, manfaat serta kondisi lainnya kepada konsumen. Tanpa adanya penyampaian informasi ini, orang akan segan untuk membeli produk Anda karena tidak mengetahui seperti apa produk Anda.
Komunikasi tentu merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan informasi antara penjual dan pembeli. Manfaat promosi sebagai penyampai informasi ini adalah memberi tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh kedua pihak. Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan masing-masing maka akan terjadi pertukaran atau pembelian yang memuaskan sehingga menguntungkan kedua belah pihak.
Membujuk dan Mempengaruhi
Selain bermanfaat sebagai media penyampaian informasi, manfaat promosi lainnya ialah untuk membujuk calon konsumen potensial untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Dengan menguraikan berbagai kelebihan produk Anda dibanding produk lainnya, maka akan mempengaruhi calon pelanggan agar yakin untuk memilih produk Anda sebagai jawaban kebutuhan mereka.
Menciptakan Image
Manfaat berikutnya dari promosi yang Anda lakukan ialah memberikan image atau kesan tersendiri kepada calon pembeli. Oleh karena itu, bagian pemasaran Anda harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang menarik dan menciptakan image tersebut.
Contohnya seperti menggunakan warna, ilustrasi, dan bentuk yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jargon-jargon yang unik. Ini akan membuat pelanggan Anda mengenali produk perusahaan Anda.
Alat Mencapai Tujuan
Manfaat terakhir promosi ialah digunakan sebagai cara untuk menapai tujuan, yaitu agar terjadi pertukaran atau pembelian yang dilakukan pelanggan sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dalam hal ini, komunikasi menjadi cara yang dapat menunjukkan bagaimana pertukaran itu saling memuaskan antara pelanggan dan penjual yang dalam hal ini perusahaan.
Jenis-Jenis Promosi
1. Periklanan atau Advertising
Periklanan atau advertising merupakan bentuk promosi non personal yang menggunakan media dengan tujuan untuk merangsang pelanggan melakukan pembelian. Periklanan berguna untuk menawarkan produk kepada pelanggan dengan memberikan berbagai alasan logis mengapa produk yang ditawarkan adalah pilihan tepat bagi pelanggan.
2. Personal Selling
Penjualan tatap muka atau personal selling termasuk dalam jenis promosi di mana promosi dilakukan secara personal dengan presentasi secara lisan dalam suatu percakapan bersama calon pembeli dengan tujuan merangsang pembelian.
Ini juga dapat diartikan sebagai kegiatan mempromosikan produk dengan cara mendatangi langsung tempat konsumen berada yang dilakukan oleh seorang wiraniaga atau salesperson. Dengan terjadinya kontak langsung ini maka akan terjalin komunikasi dua arah sehingga baik pelanggan maupun salesperson mengetahui keinginan masing-masing.
Adapaun tugas seorang wiraniaga atau salesperson adalah:
- Memberikan informasi terkait produk pada konsumen
- Menjelaskan manfaat serta berbagai hal terkait produk pada konsumen
- Mejawab argumentasi atau pertanyaan yang diajukan konsumen
- Mengarahkan konsumen untuk melakukan transaksi
- Memberikan layanan purna jual
Adapun sifat penjualan tatap muka ialah :
- Dilakukan secara personal atau terjadinya kontak langsung dengan konsumen
- Tanggapan diberikan secara langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
- Mempererat hubungan antara konsumen dengan perusahaan, tentunya apabila layanan diberikan dengan memuaskan.
3. Publicity
Yang termasuk dalam jenis promosi berikutnya ialah publicity atau publisitas yang merupakan bentuk promosi non personal terkait pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas berbagai informasi mengenai produk yang pada umumnya bersifat ilmiah. Ini juga merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk dengan cara non personal yang bersifat komersial.
Produk akan diiklankan melalui media cetak dan media elektronik serta hasil wawancara yang ditampilkan melalui media terkait. Cara ini sangat tepat sebagai ajang memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan. Ini karena publisitas dapat mencapai pembeli potensial yang tidak dapat dicapai hanya dengan advertising dan personal selling.
4. Sales Promotion
Jenis promosi selanjutnya ialah promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan atau sales promotion melakukan penawaran produk dengan memberikan perangsang supaya terjadi pembelian. Perangsang ini dapat berupa uang, barang, ataupun pelayanan tambahan lain yang biasanya tidak disertakan bersama produk tersebut. Pada umumnya, sales promotion dilakukan untuk hal berikut ini:
Meluncurkan Produk Baru Perusahaan
Cara promosi dengan memberikan insentif jangka pendek dapat Anda gunakan untuk membantu peluncuran produk baru atau formula baru dari produk yang ada sebelumnya. Ini berguna untuk memberi efek jangka panjang, produk yang diluncurkan harus menjanjikan manfaat yang menguntungkan konsumen, jika tidak demikian pembelian ulang tidak akan terjadi.
Membangun Pola Belanja
Dengan membujuk para pembeli pertama melakukan pembelian ulang, maka keberhasilan terletak dan bergantung pada produk. Semakin menguntungkan produk yang dijanjikan, maka semakin besar promosi yang dilakukan dan membuat terjadinya pembelian ulang produk. Nantinya, pola belanja konsumen atas produk tersebut terbentuk dengan sendirinya.
Meningkatkan Penjualan Produk Pengiring
Sales promotion tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk utama, tapi juga produk pendukung dari produk utama tersebut. Misalnya ketika melakukan promosi produk roti dan terjadi peningkatan penjualan, maka selai sebagai produk pendukung juga akan mengalami peningkatan.
Meningkatkan Pemakaian Produk
Memperkenalkan penggunaan produk baru atau tambahan produk yang ada melalui promosi penjualan, maka akan membuat pemakaian dapat mengalami peningkatan.
Menetralisir Promosi Pesaing
Promosi penjualan juga dapat dilakukan sebagai cara untuk mengimbangi kegiatan promosi yang dilakukan pesaing, khususunya pesaing yang menggunakan kampenye efektif. Tujuan kegiatan ini adalah memelihara konsumen yang ada saat ini. Perusahaan market leader memiliki kepentingan untuk melindungi market share terhadap serangan dari luar, ini dilakukan dengan menggunakan promosi penjualan.
Itulah berbagai informasi terkait promosi yang harus Anda ketahui untuk memasarkan produk Anda. berbagai jenis promosi di atas dapat Anda terapkan agar manfaat promosi dapat Anda rasakan karena promosi adalah cara utama untuk melakukan penjualan. Semoga beruntung!
Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!
Baca juga
Apa itu Customer Retention? Serta Tips Cara Mempertahankan Pelanggan
Apa Fungsi Promosi Dalam Pemasaran? Simak Uraian Lengkapnya di Sini
10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan
Cara Promosi Produk Paling Efektif Untuk Meningkatkan Omzet
10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian Tanpa Modal
Seperti Apa Perencanaan Promosi yang Akurat? Ini 8 Tipsnya!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.