Media Bisnis Online | by APPKEY

PemasaranMarketing strategySeperti Apa Perencanaan Promosi yang Akurat? Ini 8 Tipsnya!

Seperti Apa Perencanaan Promosi yang Akurat? Ini 8 Tipsnya!

-

Last Updated on September 24, 2022 by

Perencanaan promosi harus dipersiapkan dengan matang agar bisnis online Anda lebih cepat menarik keuntungan. Nah, berikut ini juga ada 8 tips perencanaan promosi bisnis online terbaik yang wajib Anda coba!

Semua usaha pasti perlu melakukan promosi, termasuk toko-toko online. Hanya dengan cara inilah produk atau jasa online Anda lebih cepat dikenal masyarakat.

Sayangnya, tidak semua orang menguasai cara menyusun strategi promosi yang tepat dan menghasilkan. Apakah Anda juga masih bingung?

Tenang, inilah ulasan lengkap cara membuat rencana promosi olshop yang sudah terbukti ampuh menggaet konsumen. Yuk langsung scroll ke bawah!

Apa Itu Perencanaan Promosi?

Perencanaan promosi adalah serangkaian proses optimalisasi strategi dan sumber daya marketing Anda. Adapun tujuan perencanaan promosi adalah meningkatkan jumlah pembelian produk/jasa sehingga perusahaan dapat mencapai goals yang diinginkan.

Selain itu, rencana promosi juga membantu menciptakan strategi marketing yang efisien dan tepat sasaran. Bisnis dengan strategi promosi yang baik cenderung terhindar dari pemborosan biaya serta masalah-masalah marketing lainnya.

8 Langkah Perencanaan Promosi Bisnis Online Anti Gagal

perencanaan-promosi

Sudah siap menyusun rencana promosi bisnis? Masih bingung darimana sebaiknya mulai menyusun sebuah rencana promosi?

Gunakan pedoman lengkap berikut ini agar strategi promosi Anda kian tepat sasaran, yuk simak sampai habis!

1. Menganalisis Kebutuhan Promosi

Tahap paling pertama dalam membuat rencana promosi adalah menentukan kebutuhan pemasaran Anda. Masih banyak orang melewatkan step ini, sehingga promosi menjadi kurang terarah serta tidak nampak hasilnya.

Kebutuhan promosi bisnis umumnya menyangkut:

  • Tipe jasa atau barang (produk) yang hendak dipromosikan.
  • Calon target konsumen atau audiens yang dituju oleh promosi.
  • Pesan atau informasi utama yang ingin disampaikan.
  • Alat-alat atau aplikasi analisis yang akan digunakan untuk mengukur hasil kampanye.
  • Jumlah anggaran biaya promosi.
  • Bentuk strategi promosi dan media yang hendak digunakan.
  • Durasi waktu promosi.
  • Hasil (goal) yang hendak dicapai melalui kampanye.

Dengan mengetahui seluruh informasi dasar ini, Anda dapat lebih mudah membayangkan alur promosi yang tepat sekaligus menghindari aksi pemborosan sumber daya marketing (waktu, biaya, dan tenaga).

2. Buat Goals Promosi

Langkah selanjutnya, susun target alias goals promosi Anda. Target dapat menjadi tolak ukur dalam proses evaluasi kampanye nantinya.

Semisal goal promosi Anda adalah menjual 500 produk seminggu. Kemudian, Anda bisa mengecek keberhasilan promosi dengan mencocokkan angka penjualan yang diperoleh usai kampanye. Jika transaksi mencapai 500 (sesuai goal) atau bahkan lebih, itu artinya promosi Anda berjalan sukses begitupun sebaliknya.

Target kampanye bisa berbeda-beda sesuai keinginan Anda selaku marketer. Beberapa contoh goal perencanaan promosi adalah :

  • Menambah jumlah followers.
  • Meningkatkan eksposur atau brand awareness bisnis.
  • Meningkatkan angka penjualan dan omset.
  • Mendorong transaksi dari konsumen lama.
  • Menjaring pembeli-pembeli baru.
  • Mengungguli kompetitor dengan meningkatkan jumlah pengguna produk/jasa.
  • Dan masih banyak lagi.

Tips tambahan :

  • Buatlah goal yang rinci dan konkret agar lebih mudah dijalankan dan dicapai.
  • Jangan menerapkan terlalu banyak target pemasaran karena dapat membuyarkan fokus promosi. Cukup pilih 2-3 target untuk setiap kampanye.
  • Sesuaikan bentuk dan strategi promosi dengan tujuan.

3. Merancang Perencanaan Promosi

Apabila Anda sudah mengetahui target dan kebutuhan promosi, kini tiba waktunya untuk merancang rencana pemasaran. Proses ini mencakup teknis kampanye yang akan dilakukan kelak.

3.1 Menentukan Durasi Promosi

Tentukan berapa lama waktu promosi yang ingin dilakukan. Setiap perusahaan memiliki timeline pemasaran yang berbeda-beda, tergantung pada goals yang hendak dicapai.

Semisal Anda ingin menambah awareness toko di masyarakat. Proses penumbuhan image bisnis tentu tidak bisa secepat kilat, sehingga Anda perlu melakukan promosi secara kontinyu dan lama.

Tapi kalau Anda ingin menjual produk dengan sistem flash sale atau diskon terbatas, proses pemasarannya bisa berlangsung lebih cepat.

Tips tambahan :

  • Tentukan juga waktu pengunggahan atau penayangan iklan Anda. Sebisa mungkin terbitkan iklan di prime time jam terbaik ketika konsumen paling aktif menyimak sebuah media.

3.2 Memilih Alat dan Media Promosi

Bagaimana konten promosi akan disebarkan ke audiens? Itulah yang menjadi fokus utama Anda di sini.

Saat ini ada banyak alat dan media yang dapat digunakan untuk berpromosi. Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus jeli dalam memilih.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran yang lebih cepat, luas dan murah, maka cobalah memakai media online seperti sosial media, website, email, ecommerce dan iklan online.

Namun kalau Anda ingin menjangkau target konsumen tertentu, menggunakan media pemasaran offline sejenis baliho, TV, koran dan brosur adalah pilihan terbaik.

Tips tambahan :

  • Selalu sesuaikan media pemasaran dengan target audiens Anda. Gaya pendekatan pada konsumen di desa dan kota tentu akan berbeda, begitu juga model iklan yang disukai remaja dan orang tua akan berlainan.

3.3 Personalisasi Pesan Promosi

Jangan lupa cantumkan pesan yang menggugah dalam setiap konten promosi Anda. Iklan Anda akan kurang menarik tanpa adanya pesan yang memikat.

Gunakan bahasa yang lugas dan to the point supaya isi pesan bisa langsung dipahami audiens. Anda juga dapat mengemas pesan memakai CTA (call to action) dan copywriting.

Tips tambahan :

  • Jadikan solusi masalah audiens sebagai pesan utama iklan. Misalnya, “Serum penyembuh jerawat 5x lebih cepat, bikin lebih pede depan doi!” atau “Mau makan enak akhir bulan? Cus ada promo beli 1 gratis 1 hanya hari ini!”
Artikel terkait  Personalized Marketing Adalah: Arti, Contoh & Cara Kerjanya

4. Merancang Budget Promosi

Merancang taktik promosi juga mencakup proses pembuatan budget yang efisien. Langkah ini sebaiknya jangan dilewatkan demi mencegah pemborosan dana.

Banyak bisnis berakhir gulung tikar akibat salah kaprah. Mereka menganggap memperbesar dana promosi sebagai bentuk optimalisasi marketing. Padahal hasil yang diperoleh belum tentu sebanding dengan biaya yang keluar.

Membakar terlalu banyak modal hanya untuk promosi dapat merusak sistem serta menghambat laju bisnis. Sebaiknya tentukanlah budget iklan dengan memperhitungkan hal-hal dasar seperti :

  • Laporan hasil pemasukan/pendapatan dari iklan.
  • Target pemasaran.
  • Durasi waktu pemasaran.
  • Media promosi.
  • Daya jangkau iklan.
  • Faktor-faktor tak terduga yang perlu diantisipasi oleh bisnis Anda.

Tips tambahan :

  • Manfaatkan aplikasi perancangan budget atau software akuntansi untuk mempermudah menyusun anggaran marketing.
  • Apabila Anda sudah pernah mengadakan kampanye iklan sebelumnya, gunakanlah laporan tersebut sebagai bahan referensi penyusunan budget berikutnya.

5. Belajar dari Kompetitor Bisnis

Tidak ada salahnya untuk belajar atau memetik inspirasi dari strategi iklan kompetitor. Langkah ini sangat disarankan, khususnya bagi pemula yang belum banyak memiliki pengalaman mengadakan kampanye.

Cobalah untuk mengamati para pesaing Anda, kemudian cari tahu cara mereka memasarkan produk/jasanya. Dari sini Anda dapat mengumpulkan lebih banyak ide atau trend yang sedang viral sebagai bahan inspirasi konten promosi.

Tips tambahan :

  • Anda boleh belajar dari pesaing, namun jangan sekali-kali mencontek konten mereka hingga mirip 100%. Tindakan ini merupakan aksi plagiat dan dapat merusak nama baik brand.
  • Pilihlah brand-brand yang memang setipe atau mempunyai niche bisnis sama dengan Anda. Ini karena target konsumen mereka pasti mirip dengan Anda sehingga pendekatan marketingnya jauh lebih pas.

6. Lakukan Uji Coba

Seluruh rancangan promosi Anda sudah hampir siap! Sekarang Anda perlu melakukan uji coba sebelum benar-benar memulai kampanye.

Mengapa perencanaan promosi wajib diuji coba? Tindakan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang tak disadari dalam iklan. Anda juga bisa segera memperbaiki masalah tersebut demi mencapai hasil akhir yang lebih baik.

Uji coba rencana marketing mencakup poin-poin berikut ini:

  • Efektivitas pemakaian budget modal.
  • Daya kemampuan konten memikat konsumen (baik itu copywriting deskripsinya, foto atau video iklan).
  • Tingkat respon audiens pada konten.
  • Keakuratan isi iklan (menghindari kesalahan ejaan, editing, dan memastikan tidak ada elemen dalam iklan yang bersifat menyinggung).

7. Mulai Berkampanye!

Inilah waktu yang kita tunggu-tunggu! Anda boleh mulai menjalankan kampanye begitu strategi promosi dinyatakan lolos proses uji coba.

Perhatikan juga lead time dan sell in time yang berlangsung selama masa promosi. Lead time adalah durasi yang dibutuhkan dari proses pemesanan bahan baku hingga kedatangannya.

Sementara sell in time adalah periode dari pertama kali konten iklan dirilis sampai terjadinya penjualan. Angka lead time bisa bersifat tetap maupun tidak, sedangkan persentase ukuran sell in time umumnya mencapai 90-95% transaksi.

Artikel terkait  Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

8. Lakukan Evaluasi

Proses terakhir dari menyusun strategi promosi adalah melakukan evaluasi akhir. Evaluasi bertujuan untuk memeriksa ketercapaian target kampanye. Jika evaluasi menunjukkan hasil negatif, maka Anda perlu mengganti strategi pemasaran ke depannya—begitu juga sebaliknya.

Tips tambahan:

  • Manfaatkan aplikasi analisis manajemen untuk mempermudah mengolah data kampanye dengan akurat.
  • Gunakan target promosi sebagai acuan keberhasilan promosi.
  • Pilih metode perhitungan kuantitatif dalam evaluasi untuk memperoleh kesimpulan yang benar.
  • Disarankan untuk mengesampingkan faktor-faktor eksternal (di luar kendali bisnis) seperti bencana alam, resesi, permintaan musiman, dan lain-lain demi mendapat hasil yang objektif.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini seputar perencanaan promosi bisnis online. Jadi mau tunggu apa lagi? Yuk segera ramaikan online shop Anda dengan mencoba tips-tips di atas!

Gali lebih banyak tips, strategi dan inspirasi bisnis online gratis hanya di MARKEY. Baca gratis artikel-artikel terbarunya sekarang juga di https://markey.id/ atau via MARKEY APP (tersedia di Playstore dan AppStore). Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya