Media Bisnis Online | by APPKEY

Bisnis Model bisnis 9 Komponen dalam Bisnis Online Adalah?

9 Komponen dalam Bisnis Online Adalah? [Kiat Usaha Kekinian]

-

Ingin bisnis online Anda sukses? Pastikan 9 komponen bisnis online ini sudah terpenuhi.

Saat ini, hampir semua orang bisa memulai bisnis online tanpa modal. Namun sekadar membuat toko ecommerce atau menjadi reseller saja masih belum cukup.

Sebelum mulai berpromosi, Anda wajib melengkapi toko dengan 9 komponen bisnis online terpenting berikut ini supaya usaha benar-benar membuahkan hasil.

Apa sajakah kesembilan komponen bisnis online tersebut? Daripada penasaran, mari langsung simak jawaban selengkapnya pada ulasan berikut ini!

9 Komponen dalam Bisnis Online Adalah

komponen-dalam-bisnis-online-adalah

Apa itu komponen dalam bisnis online? Secara harfiah, komponen dalam bisnis online adalah hal-hal penting yang melengkapi usaha Anda.

Ada juga yang mendefinisikan komponen dalam bisnis online adalah elemen yang berguna untuk memperlancar cara kerja bisnis online.

Faktanya memanglah demikian. Terbukti banyak orang gagal mengelola toko online karena tidak mengetahui komponen-komponen penting dalam bisnis online.

Apalagi mendirikan toko online saat ini sudah sangat gampang. Jadi tak heran kalau banyak orang tergesa-gesa langsung mempromosikan barang tanpa memikirkan 9 komponen penting dalam bisnis online ini.

Nah, supaya usaha Anda berjalan dengan maksimal, mari perhatikan terlebih dahulu 9 komponen bisnis online yang wajib ada berikut ini:

1. Channel Bisnis

Pertama, Anda akan membutuhkan channel bisnis untuk memperlancar strategi dan cara kerja bisnis online.

Channel adalah media-media atau sarana yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan barang dan jasa ke konsumen.

Saat ini sudah ada banyak sekali channel bisnis online yang gratis, mudah digunakan dan sering diakses masyarakat. Sebut saja seperti website, sosial media, webinar, siaran video streaming, dan lain-lain.

Tugas Anda adalah memilih channel promosi yang tepat sesuai kebutuhan usaha. Memakai channel bisnis yang tepat secara otomatis akan mempermudah masyarakat menangkap nilai-nilai produk atau jasa yang ditawarkan.

Beberapa tips memilih channel bisnis yang tepat adalah:

  • Pertimbangkan media apa yang sedang ramai dikonsumsi atau diakses masyarakat kekinian.
  • Sesuaikan syarat, aturan dan layanan kerja channel dengan kondisi Anda (seperti budget, jangkauan siaran, dan lain-lain).
  • Apakah channel mempunyai reputasi yang positif (baik) di masyarakat, dan sesuai dengan karakteristik brand Anda?
  • Apakah channel bisa menyalurkan seluruh informasi penting terkait produk atau jasa dengan baik ke audiens?
  • Adakah target konsumen Anda yang mengakses channel tersebut?
  • Apakah Anda mempunyai sumber daya atau kemampuan untuk membuat konten yang sesuai dengan channel? (Misalnya membuat video marketing untuk YouTube, artikel untuk website, Stories, feed dan short clip untuk sosmed lain).

2. Segmentasi Pembeli

Berikutnya ada komponen segmentasi pembeli. Komponen bisnis ini akan membantu Anda menentukan target pembeli yang tepat sesuai karakter produk atau jasa yang dijual.

Segmentasi pembeli adalah upaya untuk mengelompokkan masyarakat ke dalam tipe tertentu (segmen). Kemudian, Anda bisa memilih segmen konsumen mana yang paling pas sebagai target promosi.

Setiap bisnis online mempunyai segmen pembeli yang berbeda. Misalnya brand skincare memiliki dua segmen pembeli dengan kebutuhan berbeda : jerawat dan ingin mencerahkan kulit.

Otomatis, brand tersebut akan merilis produk treatment jerawat dan brightening supaya bisa memuaskan seluruh segmen konsumen target.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk menyusun segmentasi pembeli ini, antara lain:

  • Customer jobs – cari tahu apa hal-hal yang ingin diselesaikan oleh konsumen dengan bantuan produk atau jasa Anda, baik secara fungsional, sosial, maupun emosional.
  • Customer gain – apa saja manfaat produk atau jasa yang diharapkan oleh konsumen? Manfaat bisa datang dalam berbagai wujud, seperti manfaat sosial, fungsi, efisiensi biaya dan pemenuhan emosi.
  • Customer pain – apa sajakah resiko atau kelemahan-kelemahan yang bisa didapat konsumen ketika menggunakan produk dan jasa? Adakah solusi yang bisa Anda tawarkan juga kepada mereka?

Ketiga poin di atas akan membantu Anda mengetahui tipe konsumen seperti apa yang paling membutuhkan produk maupun jasa yang dijual.

Nantinya Anda bisa mengurutkan setiap segmen untuk mengetahui kelompok mana yang paling pas sebagai target.

Artikel terkait  Aplikasi Shopee vs Aplikasi Lazada? | Mana yang Cocok untuk Mendukung Bisnis Anda?

3. Search Engine Marketing

Search engine marketing atau pemasaran melalui mesin pencari juga termasuk sebagai komponen bisnis online kekinian. Adapun contoh search engine yang dimaksud seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain.

Mengapa search engine marketing ini penting? Faktanya, dewasa ini hampir semua orang mencari informasi dari search engine – termasuk informasi terkait produk dan jasa yang dijual secara online.

Di Indonesia sendiri pun, Google menduduki ranking 1 sebagai search engine yang digunakan masyarakat sehari-hari. Inilah peluang besar Anda untuk memasang iklan dan menggaet sebanyak mungkin konsumen online!

Sejumlah tips mempraktekkan search engine marketing:

  • Mempunyai website bisnis yang dikelola dengan baik.
  • Mendaftarkan profil usaha ke Google My Business.
  • Melakukan optimalisasi SEO dan SEM.
  • Memasang iklan Google Adwords.

4. Customer Relationship

Jangan lupa juga untuk membina customer relationship yang baik. Inilah kunci penting kesuksesan bisnis-bisnis online kekinian.

Customer relationship adalah cara-cara pelaku usaha menjalin hubungan yang baik, hangat dan mengayomi dengan konsumen mereka.

Semakin dekat dan kuat ikatan brand dengan konsumen, maka otomatis, mereka akan betah berbelanja di tempat Anda (menjadi pelanggan setia). Begitupun sebaliknya.

Membina hubungan dengan pembeli memang terkesan sepele. Namun jangan salah, faktanya, ada banyak toko online yang bangkrut ditinggal konsumen lantaran gagal berkomunikasi dengan baik ke pelanggan.

Kondisi tersebut menjadi kian mengkhawatirkan, sebab, sebagian besar konsumen kekinian terbukti ‘tidak loyal’ terhadap 1 brand. Banyak studi digital marketing terbaru menemukan bahwa orang-orang kini cenderung berbelanja di toko yang memberi diskon saja.

Tapi Anda tidak perlu cemas, sebab masih banyak pula konsumen yang mau berlangganan di toko-toko pilihan mereka. Untuk itu, Anda harus mulai memperkuat komunikasi demi mempertahankan konsumen loyal.

Beberapa tips membangun customer relationship:

  • Pahami karakteristik dari pembeli Anda.
  • Buat pesan secara personal untuk menyapa konsumen.
  • Sigap, cepat dan solutif dalam menangani keluhan konsumen.
  • Memberikan voucher atau hadiah sebagai bukti terima kasih karena sudah berlangganan.
  • Memahami minat dan kebutuhan konsumen sehingga Anda bisa menawarkan produk favorit mereka.

5. Kerjasama atau Kemitraan

Jika Anda perhatikan kembali, ada banyak bisnis yang melakukan upaya kerjasama untuk meningkatkan brand awareness maupun profit.

Elemen kerjasama atau key partnership memang terbukti bermanfaat untuk memperlancar cara kerja bisnis online kekinian.

Model kerjasama yang dibuat pun bisa beraneka ragam, seperti kerjasama dengan agen pemasok, distributor, maupun influencer. Kerjasama yang baik akan membantu usaha Anda lebih cepat berkembang sesuai ekspektasi.

Beberapa tips menjalankan kerjasama program kemitraan adalah:

  • Membuat list tugas, kewajiban dan hak yang jelas untuk setiap pihak yang bekerjasama.
  • Membuat model bisnis, konsep kerja dan alur atau prosedur kerjasama yang rinci.
  • Membuat perjanjian kemitraan yang sah dan diakui oleh hukum.
  • Melakukan background check ketika memilih mitra untuk kerjasama.
  • Mempertimbangkan segala aspek keuntungan maupun resiko yang bisa didapat lewat program kemitraan tersebut.

6. Social Media Marketing

Selain berpromosi di search engine, ada baiknya untuk turut memaksimalkan kinerja olshop dengan social media marketing.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna sosial media tertinggi di dunia. Orang-orang tidak menggunakan sosmed untuk hiburan semata, tetapi juga untuk belajar, menggali wawasan, berkomunikasi dan berjualan.

Maka dari itu, tak heran jika banyak brand turut mengandalkan sosial media sebagai wadah promosi mereka. Sosmed juga membawa dua keuntungan baik bagi promosi bisnis, yakni gratis dan berdaya jangkau luas.

Anda wajib mulai memaksimalkan promosi di sosial media dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Memilih sosial media yang paling banyak digunakan target konsumen Anda.
  • Membuat konten-konten promosi mengikuti gaya dan isu kekinian.
  • Rajin mengepos konten setiap hari secara teratur (1-2 konten sehari).
  • Mengadakan games, giveaway atau promo untuk meningkatkan awareness.
  • Membuka channel customer service agar masyarakat lebih mudah menjangkau info dari toko Anda.
  • Rajin berinteraksi dengan masyarakat pengguna sosmed.
  • Memantau pertumbuhan engagement, feedback, followers, dan lain-lain yang diperoleh di sosmed.

7. Revenue Streams

Komponen dalam bisnis online yang berikutnya adalah revenue streams atau sumber pendapatan bisnis. Poin ini juga jarang dipertimbangkan oleh pemilik bisnis online baru.

Sejatinya, revenue streams adalah unsur bisnis yang sangat penting. Elemen ini berbicara soal asal-muasal usaha Anda mendapat seluruh pemasukan dari konsumen.

Untuk bisnis online yang menjual produk, cobalah mencari tahu berapa persentase keuntungan yang bisa Anda peroleh dari penjualan per item.

Adakah cara-cara untuk memaksimalkan profit yang sudah didapat? Adakah bahan baku, tenaga dan sumber daya lain yang terbuang?

Sedangkan untuk bisnis online di bidang jasa, Anda bisa meninjau kembali apakah metode pembayaran konsumen saat ini sudah menguntungkan.

Apakah strategi berlangganan mendatangkan hasil lebih banyak? Atau, Anda bisa mendapat profit tinggi dari pembayaran terpisah per pesanan? Apakah strategi free trial juga bermanfaat bagi bisnis, atau justru sebaliknya?

8. Cost Structure

Walaupun bisnis online bisa dimulai tanpa biaya modal, bukan berarti kelak tidak akan ada biaya pengeluaran untuk memaksimalkan kinerja usaha.

Setiap bisnis, termasuk bisnis online, wajib mempunyai rincian cost structure atau struktur biaya pengeluaran yang baik. Rincian ini memuat seluruh modal yang Anda keluarkan ketika mengelola usaha.

Dengan melihat daftar rincian pengeluaran, maka selanjutnya Anda bisa menilai apakah beban modal tersebut sepadan dengan pendapatan dan nilai bisnis.

Beberapa tips ketika merancang cost structure adalah:

  • Menetapkan budget maksimal untuk kebutuhan promosi, distribusi, promo diskon, dan lain-lain.
  • Mencari tahu biaya-biaya yang bisa dipangkas untuk membuat pengeluaran tetap efisien.
  • Menghitung besaran resiko dan kerugian yang mungkin terjadi.
  • Mencari cara meminimalisir resiko kerugian yang ada.
  • Mencari alternatif sumber daya pengganti apabila terdapat masalah pada sumber daya utama.

9. Evaluasi Usaha

Komponen dalam bisnis online yang terakhir adalah evaluasi usaha secara rutin. Evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui kondisi usaha saat ini, apakah usaha sudah berhasil mencapai goals atau justru sedang dalam bahaya.

Melalui evaluasi, Anda bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki dan dimaksimalkan dari penjualan yang telah berlangsung.

Namun jangan terlalu sering mengadakan evaluasi atau terlalu dekat jarak waktunya. Kegiatan evaluasi ideal bisa dilakukan selama sebulan sekali, 3 bulan atau 6 bulan.

Demikianlah 9 komponen bisnis yang wajib ada untuk memaksimalkan cara kerja bisnis online. Sudahkah bisnis Anda saat ini memuat poin-poin di atas?

Ingat, melengkapi komponen dalam bisnis online adalah kunci kesuksesan usaha saat ini. Jadi jangan sampai Anda melewatkan salah satu elemen yang telah dijabarkan di atas, ya!

Mau mendapat lebih banyak info update dan tips sukses bisnis online kekinian? Yuk baca ratusan artikel gratis seputar digital marketing di MARKEY. Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing


- Advertisement -

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads Adalah : Panduan Utama Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

11 Aplikasi Desain Jersey Terbaik Untuk Android

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Bisnis fashion atau baju...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya