Google Bisnis : Panduan Lengkap 2020

Siapa yang tidak kenal dengan kata Google? Tetapi bagaimana dengan kata Google Bisnis? Setiap orang yang berkecimpung di dalam dunia bisnis pasti pernah mendengar kata tersebut atau bahkan sudah menggunakan fitur Google yang satu ini. Menjelang tahun 2020, pemerintah Indonesia menetapkan target untuk menjadi kekuatan ekonomi di bidang digital terbesar di ASEAN, melalui e-commerce dengan proyeksi nilai transaksi mencapai 130 juta US Dollar.

Hal ini dikarenakan fakta bahwa masyarakat Indonesia berorientasi pada dunia digital, terutama internet. Berdasarkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dan We Are Social, persentase pengguna internet di Indonesia adalah 52% dan mayoritas mengakses internet selama empat jam sehari. Dikarenakan laju perkembangan bisnis di bidang digital, maka hal ini dapat menjadi ancaman bagi sebuah bisnis konvensional yang masih mengandalkan cara-cara konvensional.

Namun bukan berarti bisnis konvensional tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperluas pangsa pasar adalah menggunakan Google Bisnis. Apa itu Google Bisnis? Google Bisnis adalah bagian dari Google yang dikhususkan bagi pemilik suatu bisnis yang dapat digunakan bagi calon konsumen untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai suatu bisnis seperti lokasi bisnis, nomor telepon, website perusahaan, foto perusahaan, dan informasi berguna lainnya. Lalu, bagaimana cara memulainya? Berikut ini akan dipaparkan bagaimana langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memulai Google Bisnis.

Langkah-Langkah Memulai Google Bisnis

google bisnis

Google Bisnis atau Google My Business adalah tool yang menjadi bagian dari Google yang berfungsi membuat bisnis terdaftar dalam mesin pencarian Google secara gratis. Bisnis atau bisnis di bidang yang sama akan muncul dalam search engine saat calon konsumen melakukan pencarian bisnis tersebut dan juga Google Maps. Selain itu, website ini dapat digunakan untuk memperbaharui informasi bisnis secara online dengan praktis. Bagaimana tampilan dari bisnis yang terdaftar dalam Google Bisnis?

Saat calon konsumen menemukan bisnis yang sesuai dengan kriterianya, pada saat meng-klik judul bisnis tersebut, maka akan muncul tampilan detail bisnis di sebelah kanan. Inilah yang dilakukan oleh Google Bisnis, yaitu meningkatkan visibilitas dalam search engine.

Membuat Akun Google dengan Gmail

Sebelum memulai, hal dasar yang harus dilakukan adalah memilki akun Google. Dengan akun Google ini pemilik bisnis dapat menggunakan semua fasilitas Google seperti Gmail, Google+, Drive, Maps, dan sebagainya. Jika pemilik bisnis sudah mempunyai domain sendiri maka menggunakan fasilitas Google seperti G-Suite, tetapi jika tidak maka Gmail saja sudah cukup.

Masuk ke Halaman Google My Bussiness

Hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke akun Google kemudian cari halaman Google Bisnis dan meng-klik Mulai Sekarang. Setelah itu akan muncul field-field berupa hal-hal dasar yang harus diisi mengenai bisnis tersebut seperti nama bisnis, perusahaan, atau produsen. Setelah itu adalah alamat bisnis dan di bagian ini terdapat dua pernyataan yang bisa diberi checklist sesuai dengan kebutuhan.

Pernyataan pertama, pemilik bisnis bisa memilih untuk menyembunyikan alamat lengkap bisnisnya dan hanya menampilkan wilayah tempat bisnis berada, jika bisnis tersebut tidak berbentuk seperti toko atau perusahaan. Pernyataan kedua, pemilik bisnis bisa memberi checklist pada pernyataan bahwa bisnisnya memberikan jasa pelayanan pengiriman barang atau jasa kepada pelanggan, dan saat pernyataan tersebut diberi checklist maka pemilik bisnis harus mengisi data-data yang berhubungan dengan jasa pengiriman yang pemilik bisnis sediakan.

Data-data tersebut adalah berupa pilihan, yaitu pilihan pertama, pemilik bisnis memberikan jasa pengiriman langsung di dalam wilayah, kota, atau kode pos. Jika field ini yang dipilih, maka pemilik bisnis harus menyediakan informasi mengenai wilayah, kota, bahkan kode pos-nya. Kemudian, pilihan kedua, jasa pengiriman pemilik bisnis hanya untuk pengiriman langsung untuk jarak tertentu dari lokasi bisnis. Disini harus memasukkan berapa batas jarak dalam kilometer yang dapat pemilik bisnis lakukan. Dan untuk kepentingan ini pemilik bisnis diminta untuk menunjukkan melalui Google Maps.

Memilih Kategori Bisnis

Setelah semua sudah selesai diisi, pemilik bisnis akan disuruh memilih kategori bisnis dan informasi kontak bisnis. Ada pertanyaan dari Google apakah pemilik bisnis ingin mendapatkan update dari Google Bisnis atau tidak. Lalu website ini akan melakukan verifikasi terhadap akun.

Pemilik bisnis meng-klik di bagian Lanjutkan di field Memverifikasi Hubungan Anda dengan Bisnis ini kemudian diminta untuk memilih salah satu cara verifikasi, yaitu menerima kartu pos melalui surat atau verifikasi akun di hari lain. Profil sebuah akun bisnis tidak akan berjalan selama pemilik bisnis tidak memverifikasi akun miliknya.

Lakukan Verifikasi Akun

Google Bisnis hanya memverfikasi akun dengan menggunakan telepon, email dan listing untuk beberapa jenis bisnis saja. Verifikasi akun dengan menggunakan telepon atau e-mail, Google akan mengirimkan kode telepon dan email yang pemilik bisnis sediakan dan pemilik bisnis cukup memasukkan kode yang telah dikirimkan.

Sedangkan verfikasi dengan menggunakan listing, pemilik bisnis hanya bisa menggunakan ini jika menggunakan Google Search Console. Metode ini membuat pemilik bisnis bisa melakukan verifikasi secara instan, tetapi hanya beberapa kategori bisnis saja yang diperbolehkan untuk menggunakan verifikasi instan. Cukup dengan masuk ke Google Bisnis melalui akun yang digunakan pemilik bisnis untuk memverifikasi website pemilik bisnis di Google Search Console.

Verifikasi Akun dengan Kartu Pos

Verifikasi akun dengan menggunakan kartu pos adalah metode verfikasi yang bisa diaplikasikan kepada semua jenis bisnis. Kartu pos dari Google akan dikirim dalam waktu dua belas hari dan pemilik bisnis tidak boleh mengubah informasi alamat bisnisnya dalam jangka waktu dua belas hari tersebut.

Setelah kartu pos datang, ada hal-hal yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis. Log in ke akun yang sudah dibuat sebelumnya, pilih opsi Manage Location, klik tombol Enter Code yang terletak di banner biru, kemudian masukkan lima digit kode verifikasi lalu klik Submit. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, pemilik bisnis akan menerima pemberitahuan bahwa profil bisnisnya sudah diverifikasi. Website ini akan membuka sebuah window berisi detail dengan bisnis dan pemilik bisnis perlu member checklist pada box disamping pernyataan I am authorized to manage this business and I agree to Terms of Service, kemudian klik Continue.

Optimalisasi Profil Bisnis

Setelah proses verifikasi selesai, pemilik bisnis sebaiknya mengoptimalkan profil bisnisnya. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah Informasi Bisnis, Google Post, foto kantor, dan yang terakhir yaitu pengaturan pada review. Di bagian Informasi Bisnis setelah mendapatkan akses dashboard secara penuh, seluruh detail bisnis harus diisi dengan baik, termasuk informasi tambahan lainnya seperti waktu operasional, link untuk pembuatan janji atau appointment, detail pembayaran dan juga foto.

Google Post dalam dashboard website ini berfungsi sebagai tempat untuk mendeskripsikan bisnis milik pemilik bisnis dalam tiga ratus kata. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi atau konten-konten menarik lainnya.

Foto perusahaan merupakan hal yang tidak kalah penting karena akan membuat calon konsumen mendapatkan ide tentang sebuah bisnis dengan lebih baik. Berdasarkan survei, bisnis yang memberikan foto profil perusahaannya mendapatkan tingkat persentase 35% lebih banyak dikunjungi dibandingkan yang tidak memberikan foto profil.

Ada beberapa syarat mengenai foto yang dapat digunakan di sebuah akun bisnis, sebagai contoh, adalah resolusi foto yang berbeda-beda untuk foto profil, foto cover, dan logo perusahaan. Dan juga ada fitur-fitur untuk foto-foto lain seperti foto interior bisnis, foto eksterior, foto produk dan juga foto tim. Bahkan terdapat foto pilihan lainnya yang akan ditampilkan di samping nama bisnis yang didaftarkan dalam Google Bisnis.

Menyetel Pengaturan Review

Dan hal terakhir adalah, pengaturan review. Review, ulasan, atau testimoni, merupakan pendapat customer yang sudah memakai produk atau layanan yang ditawarkan sebuah bisnis dan hal ini dapat menjadi salah satu faktor penentu tingkat keberhasilan bisnis juga karena saat ini konsumen hampir selalu melakukan riset online sebelum memutuskan untuk memakai suatu produk atau layanan.

Tugas dari pemilik bisnis adalah mengelola review tersebut yaitu dengan cara menanggapi semua jenis review baik itu respon positif atau negatif.

Manfaat Menggunakan Google Bisnis

Website ini merupakan jenis fitur Google yang paling cocok digunakan oleh jenis bisnis yang dapat melakukan kontak langsung dengan calon konsumen di jam-jam tertentu, tetapi tidak hanya diperuntukkan bisnis yang dioperasikan secara online, bisnis penyewaan atau penjualan rumah juga dapat menggunakan fasilitas ini. Bahkan website ini juga menawarkan fitur-fitur untuk bisnis yang skalanya besar dengan menggunakan tool-tool yang dapat digunakan untuk mengelola banyak lokasi.

Adapun manfaat lain dari menggunakan fasilitas Google yang satu ini adalah sebagai berikut.

Bersifat Gratis

Pemilik bisnis dapat mengoptimalkan bisnisnya hingga mendapatkan peringkat pertama dalam mesin pencarian Google. Website ini juga berfungsi sebagai media promosi, meningkatkan online presence, serta pemasukan lebih meningkat yang diiringi dengan berkurangnya biaya untuk berpromosi dikarenakan fitur ini adalah fitur yang bersifat gratis.

Memudahkan Akses Toko atau Perusahaan

Calon konsumen dapat pergi mengunjungi lokasi bisnis tertentu dengan menggunakan Google Maps yang tentunya akan memberikan nilai positif lebih dibandingkan jika calon konsumen harus menggunakan peta tradisional atau menuliskan alamat bisnis saat akan mengunjungi lokasi bisnis.

Visibilitas yang Tinggi di Search Engine

Panel visibilitas terletak di bagian atas page, tepat dibawah ads dan diatas hasil pencarian. Pada umumnya, panel visibilitas berisi tiga peringkat teratas bisnis lokal yang mendapatkan kesan positif beserta informasi mengenai bisnis tersebut.

Panel ini memudahkan calon konsumen mendapatkan informasi mengenai bisnis karena akan menghubungkan calon konsumen dengan website atau nomor telepon bisnis secara langsung.

Menyediakan Informasi Lengkap Tentang Bisnis 

Informasi mengenai bisnis akan muncul di suatu tempat khusus atau biasa disebut list Google Bisnis. Informasi-informasi seperti work hours, jam sibuk, direction, foto, fitur Call Now, hingga deskripsi bisnis akan ditampilkan semuanya.

Dan yang paling menarik adalah list Google Bisnis adalah mobile-friendly sehingga mudah diakses menggunakan tablet atau smartphone. Selain itu, aspek ini juga dapat menjadi alat komunikasi dengan calon konsumen.

Google Hangout

Google Hangout adalah tools yang memungkinkan pemilik bisnis berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu kelompok di saat bersamaan sehingga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam bisnis dan pemilik bisnis.

Selain itu, komunikasi dengan menggunakan fitur ini dapat melalui pesan, audio, visual, atau video, dan yang terakhir yaitu pesan status, serta dapat melalui smartphone, Personal Computer (PC) juga laptop. Hal menguntungkan lainnya adalah, pesan yang dikirimkan dapat tetap terkirim sekalipun sedang tidak ada koneksi internet.

Insight Customer  

Tab Insight merupakan tool yang memberikan data lengkap mengenai website bisnis. Visibility, engagement, dan audience adalah tiga bagian utama dari tab Insight.

Visibility adalah jumlah kunjungan terhadap profil, konten yang di-post, dan foto yang sebuah bisnis dapatkan. Engagement adalah respon dari pengunjung terhadap konten-konten yang ditawarkan. Audience memberikan informasi tentang orang-orang yang mengikuti profil bisnis. Khusus bagian ini bahkan memberikan informasi mengenai umur, jenis kelamin dan negara asal followers akun profil bisnis. Inilah informasi-informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis.

Tracking Traffice Website dan Audience Bisnis

Dalam website ini terdapat fitur Google Analytic yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai traffic website juga audience sebuah bisnis. Sementara Insight pada Google Bisnis memberikan fokus pada traffic yang akun Google Bisnis terima, Google Analytics memberikan laporan tentang traffic website pemilik bisnis.

Meningkatkan Pengelolaan Online Presence

Website ini dapat dikatakan penghubung antara  fitur-fitur lain seperti Google Adwords, Google Insights, Google+, Google Maps dan Google Search. Fitur-fitur ini dapat dipergunakan secara kreatif untuk meningkatkan online presence sebuah bisnis sehingga lebih mudah untuk diakses juga dikenali.

Demikian informasi-informasi penting terkait Google Bisnis, langkah-langkah dalam memulai akun tersebut termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan, juga manfaat dari menggunakan fitur Google yang satu ini. Hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis tidak terletak dari bagaimana mengoptimalkan penggunaan Google Bisnis, tetapi mengoptimalkan kinerja dari suatu bisnis. Sementara, website ini bersifat sebagai media untuk membantu suatu bisnis dapat lebih dikenali secara luas melalui riset online calon konsumen.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol