Media Bisnis Online | by APPKEY

Blog Bisnis Waralaba Adalah | Jenis-Jenis Waralaba

Waralaba Adalah | Jenis-Jenis Waralaba

-

Apakah Anda pernah mendengar istilah waralaba? Jika Anda adalah seseorang yang bergerak dalam dunia bisnis pastinya sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Waralaba adalah salah satu bisnis yang dianggap sangat menguntungkan untuk dijalankan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak terkait waralaba, Anda membaca artikel yang tepat karena kali ini kami akan membahas berbagai hal terkait waralaba yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Waralaba Adalah?

waralaba

Dalam bahasa Prancis, waralaba disebut franchise yang berarti hak atau kebebasan. Disebut juga sebagai hak-hak untuk menjual produk baik barang ataupun jasa dalam Wikipedia Inggris. Sementara menurut pemerintah Indonesia, pengertian waralaba adalah perikatan di mana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan hak kekayaan intelektual atau pertamuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan mendapat imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain dalam rangka penyediaan atau penjualan produk barang dan jasa.

Sederhananya, pengertian waralaba adalah hubungan kerja sama yang mempunyai kontrak atau perjanjian di antara pemilik waralaba atau franchisor dengan penerima atau franchise. Seringnya, bisnis waralaba dijalankan dalam bentuk pertukaran uang berdasarkan perjanjian kontrak dengan rentang atau jangka waktu tertentu. Dalam aktivitasnya, franchise bertugas menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapan bersama franchisor. Sedangkan franchisor bertugas melakukan pengembangan bisnis.

Artikel terkait  Manfaat dan Keuntungan Perusahaan Berstatus Go-Public

 

Jenis-jenis Waralaba

FRANCHISE2

Waralaba dibedakan berdasarkan kriteria produk yang ditawarkan dan jenis waralaba menurut asalnya. Berikut penjelasannya.

1. Waralaba Berdasarkan Kriteria Produk

  1. Waralaba Produk

Waralaba produk adalah produk yang djual dalam bentuk barang sepeti makanan. Contoh jenis waralaba makanan adalah produk Mc Donald, KFC, Cakekinia, Kebab Turki, dan banyak lainnya.

  1. Waralaba Jasa

Waralaba jasa adalah waralaba yang menjual produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya ialah dalam bidang Pendidikan, studia photo, jasa agen penjualan, jasa travel, serta jasa agen pembayaran, juga banyak lainnya.

  1. Waralaba Gabungan

Produk yang dijual dalam jenis waralaba ini adalah dalam bentuk barang dan jasa.

2. Jenis Waralaba Menurut Asalnya

  1. Waralaba Dalam Negeri

Dalam jenis ini waralaba adalah kategori waralaba yang termasuk dalam pilihan investasi untuk seseorang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat namun terkendala kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana mengawali dan melanjutkan usaha waralaba. Dalam jenis waralaba satu ini akan lebih mudah untuk bergabung dan tidak perlu gencar melakukan promosi karena sudah terkenal dan memiliki nama. Contoh waralaba ini ialah waralaba makanan restoran cepat saji.

b. Waralaba Luar Negeri

Waralaba yang satu ini cenderung lebih disukai oleh masyarakat dan konsumen karena waralaba ini telah memiliki sistem yang jelas serta merk perusahaan yang terkenal di seluruh dunia. Selain itu, karena berasal dari luar negeri maka dinilai lebih bergengsi. Contoh waralaba luar negeri adalah Mc Donald dan KFC.

Artikel terkait  15 Cara Membuka Online Shop yang Praktis Untuk Pemula

 

Waralaba Makanan yang Trend 2020

waralaba makanan

Bisnis makanan tidak ada matinya, oleh karena itu waralaba makanan merupakan bisnis yang sangat digemari bagi pelaku bisnis pemula. Kegemaran makan banyak orang menjadi alasan mengapa usaha waralaba makanan menjadi pilihan tepat. Apalagi jika makanan yang Anda jual adalah makanan yang terkenal, maka Anda tidak perlu susah membangun dan melakukan promosi dari nol.

Sayangnya, di balik ramainya usaha waralaba makanan, tidak banyak yang mampu bertahan dalam waktu lama. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri sebagai pertimbangan. Namun jangan berkecil hati karena banyak juga yang mampu bertahan dan menjadi usaha jangka panjang. Untuk itu, berikut beberapa waralaba manakan yang popular dan harus Anda coba sekarang.

1. Kebab Baba Rafi

Waralaba makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda karena sudah sangat terkenal sejak didirikan pada 2005 lalu. Dari awal berdiri waralaba makanan satu ini sudah menawarkan sistem waralaba hingga sekarang telah terkenal tidak hanya di seluruh Indonesia bahkan sampai ke Malaysia dan Filiphina. Tentunya dapat Anda simpulkan betapa popular dan suksesnya makanan satu ini.

Jika Anda ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi, Anda harus menyediakan modal setidaknya Rp75juta. Dengan modal itu Anda akan mendapatkan kedai dari model gerobak hingga container, karyawan, bahkan akan dicarikan lokasi yang strategis untuk berjualan. Untuk pendapatan, bersumber dari websitenya, rata-rata pendapatan yang diterima Kebab Baba Rafi setiap harinya ialah Rp650 ribu yang artinya setiap bulan omset yang didapatkan dapat mencapai Rp19.5 juta.

2. Sabana Fried Chicken

Bagi Anda penggemar ayam goreng tentu tidak asing dengan waralaba makanan yang satu ini. Mirip KFC, Sabana Fried Chicken memiliki penggemar tersendiri dengan produk yang dijual dengan harga murah, yaitu Rp15 ribu dengan menu ayam plus nasi. Untuk bermitra dengan waralaba ini dibutuhkan modal Rp17 juta dan akan diasisteni selama tiga bulan untuk memantau perkembangan usaha Anda. jika berhasil, satu bulannya Anda akan menerima omset hingga Rp20 juta.

3. Martabak San Fransisco

Meski bernama Martabak San Fransisco, waralaba makanan yang satu ini asli dibuat oleh orang Indonesia yang sudah ada bahkan sejak tahun 1965. Bermula dari Bandung, makanan ini sudah tersebar di wilayah Jabodetabek sampai beberapa kota besar di Sumatera. Nilai investasi untuk bermitra dengan waralaba yang satu ini cukup besar, yakni dimulai dari Rp90 juta. Namun tidak perlu khawatir karena dalam waktu sebulan saja, Anda akan meraup omset mencapai Rp30 juta. Ini berarti hanya dalam waktu tiga bulan, Anda akan mendapat kembali modal yang sebelumnya di investasikan.

Artikel terkait  Bisnis Digital | Pengertian, Faktor Pendukung, dan Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi

Waralaba Minuman yang Trend 2020

Selain waralaba makanan, waralaba minuman juga digandrungi banyak orang. Banyak minuman kekinian yang dilirik orang. Penomena ini menjadi isnpirasi untuk mengembangkan usaha minuman dengan peluang yang cukup besar. Saat inipun banyak perusahaan yang membuat waralaba minuman kekinian agar mencapai berbagai penjuru pangsa pasar.

Waralaba minuman ini menjadi semakin menarik karena modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Bagi Anda yang berminat, berikut beberapa jenis waralaba minuman yang dapat Anda coba.

1. Waralaba Eight Ice Blend dan Squash

Waralaba minuman ini berdiri semenjak 2014 lalu di kota Cirebon. Kini waralaba minuman ini dapat Anda temukan di beberapa kota besar di Indonesia. Sesuai Namanya, minuman ini terdiri dari 8 rasa utnuk menu ice blend serta 6 rasa untuk squash. Variasi rasa inilah yang menjadi daya tarik waralaba ini sehingga mampu bertahan hingga saat ini. Untuk memulai bisnis ini Anda memerlukan modal sekita 3-7 juta tergantung jenis minuman serta booth yang dipilih.

2. Waralaba Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Waralaba makanan berikutnya yang laris ialah waralaba minuman. Walaupun ini adalah waralaba yang sudah ada sejak lama, namun masih popular hingga saat ini dengan semakin banyaknya modifikasi atau variasi cincau dengan minuman jenis lain. Untuk Anda yang ingin membuka waralaba minuman yang satu ini cukup menyiapkan modal 2 juta rupiah saja. Ini karena peralatan yang digunakan tidak begitu banyak dan ribet.

3. Waralaba Mang Kacau

Waralaba minuman Mang Kacau ini menggunakan bahan dasar parutan cincau atau buble yang kemudian di blend dengan es. Minuman ini memiliki 11 rasa yang tentu disukai semua orang muali dari Thai Milk tea, green tea latte, taro, white coffee, dark chocolate, matcha, strawberry, chocolate mocca, dan banyak lainnya. Minuman ini juga telah mendapat label halal dari MUI serta dibuat tanpa pengawat. Modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp5 juta untuk mendaptkan bahan-bahan persachet serta cup dengan booth mini yang eye catching.

Nah, itulah dia berbagai penjelasan terakit waralaba. Waralaba adalah bisnis yang sangat mudah dan dapat menguntungkan bagi Anda. Kunci sukses bisnis waralaba adalah ketekunan dan keahlian memilih waralaba yang cocok dengan Anda serta memiliki kualitas baik dan brandnya sudah terkenal. Waralaba adalah bisnis yang sangat cocok untuk memulai bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses!

 
[business-about]


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya